Materi Teks Laporan Hasil Observasi dan Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Pantai & Strukturnya [ LENGKAP ]

Teks Laporan Hasil Observasi : Pengertian, Contoh, Struktur

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi penjabaran umum atau melaporkan sesuatu berupa hasil dari pengamatan (observasi). Teks laporan observasi juga disebut teks klasifikasi karena memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu.
Menggambarkan ciri, bentuk, atau sifat umum seperti benda, hewan, manusia, tumbuh-tumbuhan, atau peristiwa yang terjadi di alam semesta kita. Teks hasil observasi bersifat faktual atau berdasarkan fakta yang ada.

Tujuan teks
  • Mengatasi suatu persoalan.
  • Menemukan teknik atau cara terbaru.
  • Mengambil keputusan yang lebih efektif.
  • Melakukan pengawasan dan/atau perbaikan.
  • Mengetahui perkembangan suatu permasalahan.
Fungsi teks
  • Melaporkan tanggung jawab sebuah tugas dan kegiatan pengamatan.
  • Menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, keputusan dan/atau pemecahan masalah dalam pengamatan.
  • Sarana untuk pendokumentasian.
  • Sebagai sumber informasi terpercaya.
 

Ciri-ciri teks hasil observasi:

  • Bersifat objektif, global, universal.
  • Objek yang akan dibicarakan/dibahas adalah objek tunggal.
  • Ditulis secara lengkap dan sempurna.
  • Ditulis berdasarkan fakta sesuai dengan pengamatan yang telah dilakukan.
  • Informasi teks merupakan hasil penelitian terkini yang sudah terbukti kebenarannya.
  • Tidak mengandung prasangka/dugaan/pemihakan yang menyimpang atau tidak tepat.
  • Saling berkaitan dengan hubungan berjenjang antara kelas dan subkelas yang terdapat di dalamnya.
Sifat teks laporan ini:
  • Bersifat Informatif.
  • Bersifat Komunikatif.
  • Bersifat Objektif.

 

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Terdapat 3 struktur utama yang membangun teks LHO sehingga menjadi satu kesatuan, struktur teks nya yaitu:
  1. Pernyataan umum; mengandung keterangan umum mengenai subjek yang dilaporkan. Pernyataan umum mengandung informasi umum (nama latin, kelas, asal usul, informasi tambahan tentang hal yang dilaporkan).
  2. Deskripsi bagian; mengandung rincian hal-hal yang dilaporkan. Jika binatang bisa berupa ciri fisik, makanan, habitat, perilaku. Jika tumbuhan bisa berupa ciri fisik akar, bunga, buah atau perincian bagian yang lain. Tidak jarang manfaat dan nutrisi juga dipaparkan pada bagian ini. Kalau yang dilaporkan berupa objek, deskripsi bagian berisi klasifikasi objek dari berbagai segi dan deskripsi manfaat suatu objek, sifat-sifat khusus objek.
  3. Simpulan; mengandung ringkasan umum hal yang dilaporkan.

 

Ciri Bahasa

Ciri bahasa atau kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks ini:
  1. Menggunakan frasa nomina yang diikuti penjenis dan pendeskripsi.
  2. Menggunakan verba relasional, seperti : ialah, merupakan, adalah, yaitu, digolongkan, termasuk, meliputi, terdiri atas, disebut, dan lain-lain
  3. Menggunakan verba aktif alam untuk menjelaskan perilaku, seperti : bertelur, membuat, hidup, makan, tidur, dan sebagainya.
  4. Menggunakan kata penghubung yang menyatakan tambahan (dan, serta), perbedaan (berbeda dengan), persamaan (sebagaimana, seperti halnya), pertentangan (tetapi, sedangkan, namun), pilihan (atau).
  5. Menggunakan paragraf dengan kalimat utama untuk menyusun informasi utama, diikuti rincian aspek yang hendak dilaporkan dalam beberapa paragraf.
  6. Menggunakan kata keilmuwan atau teknis, seperti : herbivora, degeneratif, osteoporosis, mutualisme, parasitisme, pembuluh vena, leukimia, syndrom, phobia, dan lain-lain.

 

Jenis Teks Laporan Hasil Observasi

Teks observasi mempunyai berbagai macam tergantung pada objek yang diamati, tujuan pembuatan, dan lainnya. Misalkan objek yang diamati adalah:
  • Observasi mengenai kondisi sosial, ekonomi, politik
  • Observasi mengenai kondisi lingkungan dan ekosistem
  • Observasi mengenai keadaan yang sedang terjadi (acara HUT RI)
  • Dan sebagainya.
Misal juga tujuan pembuatan nya:
  • Teks observasi eksposisi.
  • Teks observasi identifikasi.
  • Teks observasi klasifikasi.
  • Dan sebagainya.
Jenis hasil teks observasi dibagi menjadi 2 yaitu:

1. Laporan Observasi Formal

Yaitu laporan hasil observasi mengenai objek yang diamati dengan memakai kaidah format dalam menyusun laporan (struktur lebih rinci, ragam bahasanya baku, terdapat header/kop). Umumnya diajukan untuk acara resmi seperti kepentingan politik, laporan berita, dan lainnya.

2. Laporan Observasi Non Formal

Yaitu laporan hasil observasi yang mempunyai struktur lebih sederhana dan umumnya ditulis secara popular.



Daftar Artikel Lainnya:


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Keindahan Alam Pantai

Pantai Santolo


Jawa Barat terkenal sebagai provinsi yang kebudayaannya sangat kental, ini terlihat jelas pada kehidupan sosial budaya nya yang masih terjaga. Berbagai kegiatan kesenian masih dapat dinikmati di setiap sudut kota. Suasana yang tentram dengan keramahan masyarakatnya membuat saya selalu ingin berlama-lama menikmati kota Bandung khususnya. Wisata alam yang ingin sekali saya kunjungi adalah Pantai Santolo.

Suasana pantai ini masih sangat alami. Pantai Santolo memiliki pasir berwarna putih agak kecoklatan, warna air laut terlihat gradasi, hijau kebiruan menuju biru tua. Pemandangan yang sangat indah sekali.


Pantai ini sudah dikelola oleh resort dengan manajemen yang baik, membuat kebersihan di Pantai Santolo tetap terjaga. Juga telah tersedia tempat sampah yang memadai merupakan salah satu kiatnya. Ini lah yang seharusnya diterapkan di pantai-pantai seluruh Indonesia.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Keindahan Alam Pantai Anyer

Deskripsi Umum


Anyer atau Anyar memiliki sebuah pantai yang cukup terkenal di kalangan wisatawan, khususnya wisatawan dosmetik bernama Pantai Anyer. Walaupun demikian, tak jarang pula kita menemukan wisatawan mancanegara yang berkunjug dan menjadikan Pantai Anyer sebagai salah satu destinasi wisata mereka.

Deskripsi Bagian


Pantai ini terletak sekitar 38 km dari pusat kota Serang, Banten sehingga tidak memerlukan waktu yang lama untuk tiba di objek wisata pantai ini. Dengan perjalanan darat kita dapat mencapai lokasi ini hanya dalam waktu 30 menit - 1 jam dari pusat kota Serang.

Pantai Anyer terkenal dengan pasir putihnya yang membentang sepanjang bibir laut. Selain itu, para wisatawan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Rakata yang merupakan anak Gunung Krakatau. Banyak pula tempat penginapan di sekitar pantai Anyer mulai dari motel kelas menengah ke bawah hingga hotel-hotel berbintang. Kita juga dapat menyewa beberapa wahana air seperti speed boat, banana boat, dan lain sebagainya.

Deskripsi Manfaat

Potensi Pantai Anyer sebagai destinasi favorit di wilayah Prov Banten begitu besar. Keindahan alamnya serta nilai sejarah yang ditawarkan menjadikan Pantai Anyer menjadi salah satu sumber pendapatan daerah maupun negara dengan terus melakukan promosi baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu juga, masyarakat di sekitar Pantai Anyer juga merasa diuntungkan dengan adanya perkembangan infrastruktur yang telah dibangun di sekitar objek wisata ini karena mereka dapat memperoleh pundi-pundi rupiah dengan menjual berbagai aneka makanan, inuman, hingga menjadi pemandu wisata.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Hewan Komodo

Tahukah kalian, Komodo merupakan jenis hewan melata terbesar yang ada di Indonesia dan dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Komodo biasanya hidup di semak-semak dan di sejumlah hutan yang ada di Indonesia. Selain itu, komodo menjadi hewan melata yang terberat di Indonesia karena memiliki berat tubuh sekitar 100 kg bahkan ada juga yang lebih dari itu .
Ada komodo terbesar di Indonesia yang pernah diukur tinggi dan juga beratnya yaitu beratnya mencapai 166 kg dan panjangnya mencapai 3 meter, karena pada umumnya panjang dan berat binatang komodo ini hanya sekitar 2,5 meter dengan berat sekitar 91 kg. Namun, memang beberapa jenis komodo ada yang mencapai panjang dan berat komodo yang biasanya.
Komodo mempunyai jenis kulit yang bersisik, berwarna abu-abu, bentuk moncongnya lancip, bagian tungkai lengannya cukup kuat, serta ekornya berotot. Untuk mendeteksi keberadaan mangsanya, komodo menggunakan indera penciumannya karena penciuman pada komodo cukup kuat untuk medekteksi mangsanya (Bangkai Komodo).
Komodo juga memangsa binatang melata lainnya seperti jenis binatang mamalia yang berukuran besar. Hampir diseluruh bagian gigi komodo tertutup oleh gusi sehingga bagian giginya tidak terlihat. Saat komodo sedang makan dan mengunyah, gusinya akan berdarah sebab itulah menjadi media yang ideal untuk berkembangnya bakteri yang berbahaya.
Bakteri yang hidup dibagian mulut komodo tersebut, bisa menyebabkan darah korban yang ia gigit keracunan. Komodo akan menggigit mangsanya kemudian membuntutinya agar mangsanya lemas dan tidak bisa pergi. Namun sangat disayngkan sekali karena binatang melata ini terancam punah. Hal ini disebabkan oleh para pemburu yang tidak bertanggung jawab yang menjadikan habitatnya rusak.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Tumbuhan Langka di Indonesia

Indonesia memiliki beragam jenis flora atau tumbuhan yang terbilang langka karena Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis dengan tanahnya yang subur. Meskipun begitu, masih ada saja jenis-jenis tumbuhan langka yang punah. Beberapa jenis tumbuhan langka tersebut dainataranya :
1. Tumbuhan damar
Tumbuhan damar yang berasal dari Indonesia ini termasuk jenis tumbuhan langka. Tumbuhan ini bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 60M. Namun, kini tumbuhan damar sering didayagunakan secara berlebihan sehingga pada saat ini tumbuhan ini sulit untuk ditemukan. Tumbuhan damar ini memiliki manfaat bagi manusia yaitu bagian getahnya yang bisa dijadikan vernis, kaca, serta bisa menjadi cairan pelapis kertas.
2. Kantong semar
Tumbuhan kantong semar tergolong jenis tumbuhan karnivora. Hal ini terbukti dari hasil penelitian yakni tumbuhan ini memakan serangga berukuran kecil seperti lalat, semut & lebah. Proses penangkapan serangganya terbilang cukup unik. Caranya yakni dengan membuka kantung mulut tumbuhan selebar-lebarnya.
Di bagian dalam kantung mulut tersebut ada cairan yang menarik para serangga kecil. Ketika ada serangga sudah masuk ke dalam kantung mulut, tumbuhan kantong semar ini kemudian menutup kantung mulutnya. Untuk menjaga perkembangbiakannya, kantong semar pada saat ini telah dikembangkan di beberapa tempat di Indonesia untuk dijaga agar tidak punah.
3. Bunga bangkai
Bunga bangkai merupakan jenis bunga yang ukurannya sangat besar dan berbau tak sedap. Bau tak sedap itu sangat menyengat namun berfungsi sebagai penarik perhatian binatang seperti lalat dan serangga yang membantu proses penyerbukan pada bunga.
Awalnya bunga bangkai ini tumbuh dan berkembang di hutan Sumatera, karena terjadi terancam maka bunga bangkai ini dipindahkan ke Bandung. Ketika bunga ini mekar kelopaknya berwarna putih, sementara untuk mahkotanya berwarna merah keunguan. Bunga ini memang terlihat kokoh, tapi ketahanan hidupnya hanya tujuh hari.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Bulan

Bulan merupakan satelit alami planet Bumi. Bulan selalu bergerak memutari porosnya, Bumi, setiap 27,3 hari. Oleh sebab itu bulan tidak terlihat di belahan Bumi yang sama sepanjang waktu.
Perputaran bulan mengelilingi Bumi juga yang menyebabkan bulan terlihat hanya pada malam hari saja. Saat malam, bulan seakan-akan terlihat seperti memiliki cahayanya sendiri. Sebenarnya, cahayanya itu merupakan pantulan dari cahaya matahari.
Menurut observasi, di bulan, tidak ditemukan air, udara, serta sistem pelindung sekuat lapisan atmosfer yang melindungi permukaan bulan dari hantaman benda-benda langit, seperti asteroid atau komet. Oleh sebab itulah, tidak ada kehidupan di bulan.
Hantaman benda langit itu menjadi penyebab adanya kawah-kawah di permukaan bulan. Kawah paling besar bernama Clavius. Clavius memiliki diameter sejauh 230 Km dengan kedalaman 3,6 km.
Struktur bulan dari yang terdalam merupakan inti, mantel, & kerak. Inti bulan terdapat bagian dalam yang keras setebal 240 km serta bagian luar berupa cairan setebal 300 km. Memiliki kandungan besi yang sangat banyak dalam inti bulan.
Ada pula mantel yang amat tebal. Mantel tersebut disusun oleh sedikit logam besi dan banyak mineral silikat. Kemudian bagian yang terluar adalah kerak. Kerak bulan terdir dari batuan granit serta mineral kalsium dengan ketebalan berkisar antara 48 – 74 km.
Jarak antar bulan dan Bumi sangatlah jauh. Yang mana jika dihitung dari pusat bulan ke pusat Bumi, jarak rata-ratanya yakni 384.405 km atau sejauh 30 kali diameter Bumi. Walapun jauh, bulan tetap dalam jangkauan gaya gravitasi Bumi akan tetapi ia tak jatuh menimpa porosnya.
Hal terseut terjadi karena gaya sentrifugal yang ditimbulkan oleh pergerakan bulan mengelilingi Bumi. Gaya sentrifugal tersebut sedikit lebih besar dibanding tarikan gravitasi Bumi, menjadikan bulan tetap pada tempatnya.
Gaya sentrifugal juga yang menjadi penyebab bulan bergerak semakin menjauhi bumi dengan kecepatan sekitar 3,8 cm setiap tahunnya..

30+ Soal Teks Laporan Hasil Observasi Lengkap Jawaban


Latihan Soal Pilihan Ganda Bab Teks Laporan Hasil Observasi 
  1. Teks laporan hasil observasi memuat informasi yang disajikan harus sesuai dengan ..... yang didapatkan dari hasil penelitian. Kata yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah
    a. Opini
    b. Fakta
    c. Pendapat
    d. Argumentasi
  2. Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi penjabaran umum/melaporkan sesuatu berupa hasil dari...
    a. Pengamatan
    b. Penilaian
    c. Koreksi
    d. Penulisan
  3. Berikut ini termasuk kaidah-kaidah yang harus diperhatikan dalam pembuatan teks laporan hasil observasi, kecuali....
    a. Bersifat global dan universal
    b. Merupakan hasil penelitian terkini
    c. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
    d. Merupakan hasil kesepakatan bersama
  4. Jenis teks laporan hasil observasi mendeskripsikan atau menggambarkan bentuk, ciri, atau sifat umum, seperti hal-hal berikut, kecuali....
    a. Benda
    b. Hewan
    c. Tumbuh-tumbuhan
    d. Keindahan bumi
  5. Berikut ini termasuk ciri-ciri dari teks laporan hasil observasi, kecuali....
    a. Bersifat objektif
    b. Mengandung pendapat tokoh ahli
    c. Harus ditulis sempurna dan lengkap
    d. Tidak memasukkan hal-hal yang menyimpangm mengandung prasangka, atau pemihakan
  6. Setelah mengamati dan mencatat data yang diperlukan, yang dicatat haruslah data yang akurat sesuai pengamatan dan data yang disajikan dari....
    a. Hasil penelitian terkini
    b. Hasil pengembangan ilmu pengetahuan
    c. Objek yang diteliti
    d. Permasalahan yang diangkat
  7. Analisis teks laporan hasil observasi secara lisan akan menimbulkan saran, tanggapan, atau pendapat yang penyampaiannya harus memenuhi kaidah....
    a. Bahasa
    b. Isi
    c. Struktur teks
    d. Kesantunan berbahasa
  8. Dalam teks laporan hasil observasi tahap pernyataan umum atau klasifikasi merupakan....
    a. Kata penutup dalam teks laporan
    b. Isi dari teks laporan
    c. Menjelaskan manfaat pembuatan teks laporan hasil observasi
    d. Definisi khusus dari teks laporan
  9. Paragraf atau struktur yang berisi manfaat-manfaat dari objek yang diamati dari teks laporan hasil observasi disebut.....
    a. Definisi khusus
    b. Definisi umum
    c. Deskripsi
    d. Deskripsi manfaat
  10. Dalam menganalisis teks laporan, kita harus mengetahui tentang strukturnya. Struktur teks hasil laporan observasi adalah....
    a. Unsur-unsur dalam laporan hasil observasi
    b. Pernyataan klasifikasi
    c. Anggota yang dilaporkan
    d. Definisi umum
  11. Menyampaikan informasi tentang sesuatu, apa adanya sebagai hasil pengamatan sistematis atau analisis. Pernyataan tersebut merupakan tujuan dari....
    a. Teks laporan
    b. Laporan hasil observasi
    c. Komunikatif dari teks laporan
    d. Penelitian hasil observasi
  12. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI: 2008), interpretasi adalah pemberian kesan, pendapat, atau....
    a. Tanggapan tentang sesuatu hal
    b. Pandangan teoritis terhadap sesuatu
    c. Pandangan umum dari suatu teori
    d. Adanya pengembangan dari teks laporan
  13. Berkaitan dengan aspek kebahasaan, dalam pembuatan teks laporan hasil observasi ini harus memperhatikan penggunaan bahasa. Salah satunya memperhatikan penggunaan....
    a. Kelas kata
    b. Paragraf
    c. Hubungan antarkalimat
    d. Hubungan antarparagraf
  14. Berikut ini termasuk ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi, kecuali....
    a. Adanya frasa/kelompok kata
    b. Adanya konjungsi
    c. Adanya kata baru
    d. Menggunakan berbagai istilah
  15. Dalam laporan hasil observasi sering ditemukan penggunaan antonim dan sinonim. Sinonim adalah....
    a. Lawan kata
    b. Persamaan makna kata
    c. Kata baru
    d. Kata-kata indah
  16. Salah satu sifat yang harus dimiliki teks laporan hasil observasi adalah bersifat informatif, kecuali....
    a. Teks laporan hasil observasi sesuai dengan kenyataan
    b. Teks laporan hasil observasi sesuai fakta
    c. Teks laporan hasil observasi dapat dikomunikasikan dengan siapa pun
    d. Teks laporan hasil observasi dapat dijadikan sebagai sumber pengalaman orang lain jika melakukan hal serupa
  17. Dikarenakan teks laporan hasil observasi merupakan laporan, maka harus menggunakan istilah ilmiah. Hal ini dilakukan untuk.....
    a. Meyakinkan pembaca tentang fakta
    b. Penggunaan aspek kebahasaan yang tepat
    c. Meyakinkan pembaca bahwa tulisan tersebut dibuat dengan menyertakan ilmu pengetahuan
    d. Menilai suatu karya ilmiah
  18. Perhatikan teks berikut!
    Benca alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia. Bencana alam dapat terjadi dinana pun dan kapan pun, tak terkecuali di Indonesia. Indonesia merupakan negara kepulauan yang rawan bencana alam. Itulah sebabnya Indonesia banyak mengalami bencana alam terutama gempa bumi, gunung meletus, banjir, dan tanah longsor.
    Dari teks tersebut yang termasuk dalam definisi umum laporan adalah....
    a. Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia.
    b. Bencana alam dapat terjadi di manapun dan kapan pun, tak terkecuali di Indonesia.
    c. Indonesia merupakan negara kepulauan yang rawan bencana alam
    d. Itulah sebabnya Indonesia banyak mengalami bencana
  19. Objek yang diamati dalam pembuatan teks laporan hasil observasi haruslah.....
    a. Objek
    b. Objek tunggal
    c. Subjek
    d. Objek ganda
  20. Perhatikan teks berikut!
    Lingkungan RT 03 kurang bersih, karena kurangnya kesadaran masyrakatnya untuk menjaga kebersihan dan kurangnya keberadaaan fasilitas kebersihan, seperti tong sampah. Menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab seluruh masysrakat RT 03. Kerja sama antara pengurus RT dan masyarakat akan lebih meningkatkan upaya kebersihan lingkungan tersebut. Pengurus RT berperan dalam penyediaan fasiitas kebersihan bersinergi dengan kesadaran masyarakat dalam menjaga keberishan lingkungan.
    Dari teks tersebut yang termasuk dalam definisi umum hasil analisis laporan adalah....
    a. Lingkungan RT 03 kurang bersih
    b. Kurangnya kesadaran masyarakatnya untuk menjaga kebersihan
    c. Menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat RT 03
    d. Kerja sama antara pengurus RT dan masyarakat akan lebih meningkatkan upaya kebersihan lingkungan tersebut.
  21. Dalam teks laporan hasil observasi, informasi harus disampaikan secara.....
    a. Nyata
    b. Berdasarkan kenyataan
    c. Global atau menyeluruh
    d. Opini publik
  22. Teks laporan hasil observasi harus disajikan dengan menggunakan bahasa yang jelas, mudah dipahami, dan tidak berbelit-belit. Hal ini dilakukan untuk menghindari....
    a. Kesalahpahaman pembaca
    b. Keterlibatan tokoh masyarakat
    c. Kesalahan penulisan
    d. Salah tafsir
  23. Salah satu tujuan pembuatan teks laporan hasil observasi adalah untuk....
    a. Melaporkan hasil observasi
    b. Melaporkan hasil observasi secara sistematis dan objektif
    c. Menafsirkan hasil observasi
    d. Menginterpretasi hasil observasi
  24. Sebuah teks laporan hasil observasi dapat dikatakan ideal, jika memenuhi kriteria-kriteria berikut, kecuali....
    a. Memiliki struktur teks yang lengkap
    b. Memanfaatkan konjungsi atau kata penghubung yang tepat
    c. Memiliki tata bahasa yang lengkap
    d. Pengelompokkan kata dilakukan berdasarkan kriteria tertentu
  25. Teks laporan disebut juga....
    a. Teks
    b. Teks bacaan
    c. Teks klasifikasi
    d. Teks deskripsi
Kunci Jawaban:
  1. b. Fakta
  2. a. Pengamatan
  3. d. Merupakan hasil kesepakatan bersama
  4. d. Keindahan bumi
  5. b. Mengandung pendapat tokoh ahli
  6. a. Hasil penelitian terkini
  7. b. Isi
  8. c. Menjelaskan manfaat pembuatan teks laporan hasil observasi
  9. d. Deskripsi manfaat
  10. a. Unsur-unsur dalam laporan hasil observasi
  11. c. Komunikatif dari teks laporan
  12. b. Pandangan teoritis terhadap sesuatu
  13. a. Kelas kata
  14. c. Adanya kata baru
  15. b. Persamaan makna kata
  16. d. Teks laporan hasil observasi dapat dijadikan sebagai sumber pengalaman orang lain jika melakukan hal serupa
  17. c. Meyakinkan pembaca bahwa tulisan tersebut dibuat dengan menyertakan ilmu pengetahuan
  18. a. Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia.
  19. d. Objek ganda
  20. a. Lingkungan RT 03 kurang bersih
  21. c. Global atau menyeluruh
  22. a. Kesalahpahaman pembaca
  23. b. Melaporkan hasil observasi secara sistematis dan objektif
  24. c. Memiliki tata bahasa yang lengkap
  25. c. Teks klasifikasi


Penelusuran yang terkait dengan Contoh Teks Laporan Observasi
  • contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan
  • contoh teks laporan hasil observasi hewan
  • contoh teks laporan hasil observasi beserta strukturnya
  • contoh laporan hasil observasi lingkungan sekolah
  • contoh teks laporan hasil observasi tentang bunga mawar
  • contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan rumah
  • contoh teks observasi tentang lingkungan sekolah
  • contoh teks laporan hasil observasi tentang hewan anjing