Materi Teks Tanggapan Kritis dan 30+ Contoh Soal Teks Tanggapan Kritis beserta Jawabannya

Teks Tanggapan Kritis: Pengertian, Contoh, Ciri dan Struktur Via: kampoengartikel.web.id


Pengertian Teks Tanggapan Kritis

Teks tanggapan kritis adalah jenis teks yang memuat reaksi atau respons terhadap suatu karya, seperti buku, film, artikel, pidato, atau karya seni lainnya. Tujuan utama dari teks tanggapan kritis adalah untuk mengevaluasi, menganalisis, dan memberikan pandangan atau pendapat pribadi terhadap karya yang dinilai.

Dalam teks tanggapan kritis, penulis menyajikan argumen, penilaian, dan analisis mereka terhadap karya yang mereka tanggapi. Mereka dapat memperjelas apa yang mereka sukai atau tidak sukai dari karya tersebut, mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan, serta memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pesan, tema, atau tujuan karya tersebut.

Ciri-ciri umum dari teks tanggapan kritis meliputi:

  1. Analisis mendalam: Penulis mengeksplorasi berbagai aspek karya yang mereka tanggapi, termasuk struktur, gaya penulisan, karakter, plot, dan tema.

  2. Argumentasi yang kuat: Penulis menyajikan pendapat atau evaluasi mereka secara logis dan terorganisir, seringkali didukung oleh bukti atau kutipan langsung dari karya yang dinilai.

  3. Penilaian subjektif: Meskipun berusaha untuk obyektif, teks tanggapan kritis sering kali mencerminkan pendapat pribadi dan preferensi penulis.

  4. Bahasa yang reflektif: Penulis menggunakan bahasa yang kritis dan reflektif untuk menyampaikan pemikiran mereka dengan jelas dan meyakinkan.

  5. Penghormatan terhadap karya: Meskipun memberikan kritik, teks tanggapan kritis umumnya menghormati usaha dan karya seni yang dihasilkan oleh pembuat karya.

Teks tanggapan kritis dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, termasuk ulasan buku, esai film, analisis sastra, ulasan karya seni, dan banyak lagi. Mereka memainkan peran penting dalam membantu pembaca atau penonton untuk memahami dan menghargai karya yang mereka konsumsi, serta memberikan masukan kepada pembuat karya untuk perbaikan di masa mendatang.



Ciri Ciri

Ciri-ciri yang dimiliki teks tanggapan kritis sangat khusus, karena pasti di dalamnya terhadap tanggapan-tanggapan berbeda. Ciri-cirinya:
  • Teks ini memuat tanggapan terhadap fenomena yang terjadi di sekitar (disertai fakta dan alasan).
  • Struktur terdiri dari Evaluasi, Deskripsi Teks, dan Penegasan Ulang.
  • Kaidah kebahasaan dengan ciri terdapat kata rujukan.

 

Struktur Teks Tanggapan Kritits

Seperti yang ada pada ciri-ciri teks tanggapan kritis, teks ini disusun oleh 3 elemen yaitu:
  1. Evaluasi: berisi pernyataan umum mengenai suatu yang akan disampaikan.
  2. Deskripsi Teks: bagian isi yang memuat informasi tentang data-data dan pendapat-pendapat yang mendukung pernyataan atau melemahkan pernyataan.
  3. Penegasan Ulang: bagian terakhir teks, berisi penegasan ulang mengenai suatu yang sudah dilakukan atau diputuskan.

 

Kaidah Kebahasaan

Ciri kebahasaan yang biasa dipakai dalam teks tanggapan kritis diantaranya:
  1. Kalimat kompleks: kalimat yang memiliki lebih dari 2 struktur dan 2 verba.
  2. Konjungsi: kata penghubung yang menghubungkan setiap kata dan struktur.
  3. Kata Rujukan: sesuatu yang digunakan oleh penulis untuk memperkuat pernyataan dengan tegas. Dikenal juga dengan sebutan referensi.
  4. Pilihan Kata: pemilihan kata yang sesuai dalam penggunaan sekaligus pembuatan teks tanggapan kritis.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Beserta Strukturnya

Teks Tanggapan Kritis Tentang Kesehatan

Masyarakat dan Rokok
Evaluasi
Di era globalisasi dan dunia serba mudah banyak macam rokok tersedia dan banyak juga masyarakat yang gemar mengkonsumsinya,padahal pada bagian bungkus rokok jelas tertera bahwa rokok sangat berbahaya, menyebabkan banyak penyakit dan menyebabkan polusi udara namun masih ada saja yang mengkonsumsinya bahkan mereka tidak bisa satu hari saya tanpa merokok ditambah lagi dengan banyaknya rokok yang harganya murah sehingga masyarakat golongan rendah pun dapat membelinya.
Deskripsi teks
Banyak macam rokok dengan berbagai macam merk dan harga membuat masyarakat semakin gemar mengkonsumsi rokok,namun apadaya sebenarnya rokok secara perlahan mengurangi hidup penggunanya.Rokok membuat penggunanya ketergantungan sehingga pengguna rokok harus terus menerus membeli rokok yang mengakibatkan borosnya pengeluaran uang terutama para remaja sehingga mereka tidak bisa menyisihkan uang saku mereka dan para orang tua,uang yang seharusnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga malah digunakan untuk membeli rokok dan jika mereka tidak mempunyai uang maka mereka akan melakukan segala cara untuk mendapatkan rokok bahkan mencuri,oleh karena itu pada zaman sekarang banyak terjadi KDRT, selain itu rokok dapat menyebabkan banyak penyakit bahkan masyarakat yang tidak merokok itu terjadi karena asap rokok dan rokok yang sangat berbahaya.
Pendapat itu memang benar tetapi masyarakat perokok berpendapat bahwa yang pertama merokok membuat mereka terlihat lebih laki-laki,yang kedua menurut mereka tidak membuat boros karena mereka akan lebih bisa mengatur uang mereka seperti dengan tidak membeli hal yang tidak penting,yang ketiga meokok dapat mengurangi stres dan mereka pun yakin satu hari tanpa makan asalkan mereka mereka merokok akan kuat bekerja seharian.
Penegasan Ulang
Sebenarnya saya sebagai penanggap setuju dengan pernyataan bahwa rokok sangat berbahaya bagi tubuh,bikan hanya rokoknya saja tetapi asapnya juga berbahaya karena didalam rokok terdapat bahan yang sangat berbahaya yang mengakibatkan penyakit dan membuat ketagihan,selain itu rokok juga menyebabkan kita hidup boros.

Contoh Tesk Tanggapan Kritis Tentang Narkoba

Hukuman Mati Untuk pengedar Barang Haram
Evaluasi
Seperti yang sudah kita ketahui, jika sekarang ini kita telah memasuki zaman modern yang mana semuanya serba canggih. Keadaan seperti ini mau tidak mau menekan peredaran narkoba menjadi semakin menjamur di negara kita ini. Perkembangan buruk ini dapat menyerang masyarakat, pelajar, bahkan sampai pejabat negara sekalipun. Yang menjadi topik perdebatan panas di dalam permasalahan ini yakni hukuman mati untuk mereka yang menjadi pengedar sekaligus pemakai narkoba.
Contohnya saja di saat pemakai ketika mengendarai kendaraan mengalami halusinasi yang dapat menyebabkan kecelakaan beruntun yang berujung maut. Alasan yang kedua yakni narkoba bisa merusak generasi muda sebagai penerus bangsa. Pemakaian narkoba ini juga bisa merubah perilaku remaja semakin hari menjadi semakin buruk.
Deskripsi Teks
Padahal negara kita masih memerlukan generasi penerus yang berperilaku baik dan juga bertanggung jawab untuk memajukan bangsa dan negara. Sebab kalau tidak para remaja mau siapa lagi. Faktor yang ketiga yakni narkoba dapat membuat calon pemakainya penasaran dan alhasil sesudah mencoba maka pemakainya akan merasa ketagihan dan kecanduan. bahkan dapat menimbulkan sakau kalau telah berlebihan. Efek negatif ini juga dapat ditularkan untuk temannya. Kalau orang ini bergaul dengan teman-temannya.
Terdapatnya hukuman mati ini diharapkan dapat memberikan efek jera untuk pemakai dan pengedar narkoba. Sehingga tidak heran lagi kalau banyak masyarakat yang setuju dengan hukuman mati untuk pengedar narkoba.
Tetapi tidak sedikit juga orang yang menolak hukuman mati untuk pemakai dan pengedarnya. Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi penolakan hukuman ini, diantaranya adalah hukuman mati ini dianggap kurang manusiawi. Juga melanggar hak asasi manusia yang telah tercantum dan sesuai apa yang sudah terdapat di UUD 1945.
Penegasan Ulang
Oleh karena itu, adanya hukuman mati untuk pengedar narkoba dan pemakainya memang harus ditinjau ulang dan ditegakkan kembali. Hal ini disebabkan narkoba memang dapat memberikan dampak yang negatif untuk perkembangan generasi muda penerus bangsa.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Pendidikan

Ujian Nasional Online, Perlu atau Tidak
Evaluasi
Wacana ujian nasional online sudah diberikan ke masyarakat sejak awal tahun 2014, tetapi kepastian akan hal tersebut masih belum jelas. Pemerintah telah mencanangkan ujian nasional online.
Tetapi Pelaksanaan ujian nasional online harus melewati proses penyesuaian dan menuntut kesiapan infrastruktur teknologi di berbagai daerah.
Deskripsi Teks
Disampaikan bahwa proses Ujian Nasional Online akan diselenggarakan di laboratorium komputer sekolah dan jawabannya akan dikumpulkan oleh sebuah server melalui internet. Sekolah yang terpilih akan mendapatkan kesempatan uji coba ujian nasional online pada tahun 2015.
Salah satu tujuan ujian nasional online diadakan yaitu mengatasi pemborosan penggunaan kertas, keamanan, dan kebocoran soal.
Sisi positifnya yaitu komputer bisa mengetahui nilai dengan cepat dan siswa tidak bisa mencontek pekerjaan orang lain. Sisi negatifnya yaitu jaringan listrik dan koneksi internet bisa saja terputus sewaktu-waktu.
Penegasan Ulang
Sehingga yang bisa diperoleh dari isu diatas bahwa ujian nasional bisa memicu dampak positif maupun negatif. Ujian online itu perlu karena melihat dari sisi positifnya yang cukup menguntungkan, tetapi sayangnya harus adanya fasilitas yang mendukung.

Conton Teks Tanggapan Kritis Tentang Sampah

Tempat Sampah Baru
Evaluasi
Punya lingkungan sekolah yang bersih ,nyaman,dan rindang mungkin menjadi dambaan setiap orang.Begitu juga dengan sekolah kami ,keadaannya yang berada di pedesaan tak menghalangi niat mereka untuk bersaing dengan sekolah di kota. Dengan adanya tempat sampah organik dan tempat sampah anorganik diharapkan siswa-siswi di sekolah kami bisa menciptakan lingkungan yang ramah lingkungan .Namun keberadaannya mendapat tanggapan yang beragam dari siswa-siswi di sekolah kami.
Deskripsi Teks
Banyak siswa-siswi yang senang dengan adanya tempat sampah tersebut .Mereka berfikir dengan adanya tempat sampah tersebut kita bisa berbisnis .Terutama pada sampah anorganik kita bisa mendaur ulang sampah tersebut ataupun dijual di bank sampah ,itu dapat menambah devisa kelas.Selain itu,kita dapat berkarya dan berkreasi tanpa harus kesusahan mencari bahan,karena kita sudah mengumpulkan sampah organik dan anorganik dari sampah saat kita membeli makanan.Tidak hanya itu,sampah organik tadi bisa kita jadikan pupuk,lalu pupuk tadi digunakan untuk tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah .Hal itu dapat menghemat biaya sekolah.
Namun ada juga yang kurang suka dengan adanya tempat sampah tersebut.Mereka berfikir tidak ada gunanya punya tempat sampah seperti itu,ujung-ujungnya sampah tersebut dibuang ke tempat sampah yang lama.Jadi kami sudah memisahkan antara sampah organik dan anorganik ,akhirnya akan menjadi satu lagi .Tidak hanya itu,saat jam kosong beberapa siswa di sekolah kami yang mengisi waktu kosongnya dengan memukuli tempat sampah tersebut untuk di jadikan alat musik sehingga hanya membuat kerugian dengan adanya sampah tersebut.
Penegasan Ulang
Dengan demikian,adanya tempat sampah tersebut memberikan dampak positif dan negatif. Namun hal tersebut tergantung cara kita menggunakan tempat sampah tersebut,jika kita dapat mengolah sampah tersebut dengan baik,kita dapat menambah pendapatan kelas,dan juga sebaliknya jika kita salah menggunakannya itu hanya membuat kerugian saja.

Daftar Artikel Lainnya:



Contoh Soal Teks Tanggapan Kritis PG beserta Jawabannya



PETUNJUK UMUM

Tulis namamu di sudut kanan atas.
  • Bacalah setiap soal dengan teliti.
  • Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
  • Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan D!

1. Struktur yang membentuk teks tanggapan kritis adalah....
A.    orientasi, insiden, penegasan ulang
B.     evaluasi, deskripsi teks, penegasan ulang
C.     evaluasi, insiden, penegasan ulang
D.    orientasi, deskripsi teks, penegasn ulang

2.  Bagian tengah teks yang berisi informasi tentang alasan yang mendukung pernyataan dan yang menolak pernyataan dalam teks tanggapan kritis merupakan bagian ....
A.    orientasi
B.     insiden
C.     deskripsi teks
D.    evaluasi

3. Bagian awal teks yang berisi pernyataan umum tentang apa persoalan yang disampaikan penulis dalam teks tanggapan kritis merupakan bagian ....
A.    evaluasi
B.     insiden
C.     orientasi
D.    interpretasi

4.  Bagian akhir teks yang berisi penegasan ulang terhadap apa yang sudah dilakukan dan diputuskan dalam teks tanggapan kritis merupakan bagian ....
A.    evaluasi
B.     insiden
C.     penegasan ulang
D.    interpretasi

5.  Untuk meyakinkan pembaca dalam teks tanggapan kritis merupakan tujuan utama. Faktor ini harus dituliskan dalam teks untuk bukti bahwa tanggapan tersebut disampaikan  dengan cara yang ilmiah. Faktor tersebut adalah....
A.    data dan fakta
B.     keterangan
C.     observasi
D.    pemikiran

6.  Perbedaan antara teks eksemplum dengan teks tanggapan kritis dari segi isinya adalah....
A.    Teks eksemplum bersifat imajinatif sedangkan teks tanggapan kritis bersifat ilmiah hingga perlu data

B.     Teks eksemplum bersifat imajinatif sedangkan teks tanggapan kritis bersifat naratif
C.     Teks eksemplum diawali dengan orientasi sedangkan teks tanggapan diawali dengan insiden
D.    Teks eksemplum bersifat imajinatif sedangkan teks tanggapan kritis bersifat ilmiah tidak perlu data

5.  Dalam teks tanggapan kritis terdapat paragraf-paragraf yang disusun dengan logika yang harus meyakinkan. Dalam setiap paragraf disusun dengan atauran yang benar. Berapa kalimat utama yang seharusnya ada dalam satu paragaraf?
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4

6. Menurut penelitian yang pernah dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics—yang antara lain dilakukan di Seattle Children’s Research Institute (2011), Iowa State University (2010), dan Stanford University School of Medicine (2009), kebanyakan main game bisa mengganggu proses tumbuh kembang anak.
Paragraf di atas dalam teks tanggapan kritis merupakan bagaian dari struktur teks berupa....
A.    insiden
B.     orientasi
C.     evaluasi
D.    narasi

7. Masalah sosialisasi merupakan masalah dalam tumbuh kembang anak. Berhubung lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain dengan mesin (bukan manusia), si praremaja bisa merasa canggung dan kurang nyaman kala datang kesempatan untuk bergaul dengan temannya.
Paragraf di atas dalam teks tanggapan kritis merupakan bagaian dari struktur teks berupa....
A.    insiden
B.     deskripsi teks
C.     evaluasi
D.    narasi

8. Hal ini berarti game online sangat barbahaya bagi penggunanya, untuk itu kita perlu menyikapinya dengan sangat bijaksana.
Paragraf di atas dalam teks tanggapan kritis merupakan bagaian dari struktur teks berupa....
A.    insiden
B.     deskripsi teks
C.     evaluasi
D.    penegasan ulang

9. Unsur kebahasaan itu menjadi ciri yang dapat membedakan teks tanggapan kritis dengan teks lain. Misalnya, penggunaan ungkapan untuk menguatkan dan melemahkan, ungkapan untuk melihat sudut pandang orang lain, ungkapan untuk menggambarkan penegasan ulang, urutan bilangan, dan gaya bahasa.
Kalimat “ Saya sependapat dengan hal itu.”  merupakan jenis ungkapan yang berfungsi untuk ....

A.    Ungkapan tanggapan yang menguatkan atau menyetujui pikiran penulis atau pelempar gagasan
B.     Ungkapan tanggapan yang menolak atau tidak menyetujui pikiran penulis
C.     Ungkapan tanggapan yang mengungkapkan sudut pandang orang lain
D.    Ungkapan tanggapan yang menggambarkan simpulan dari data orang lain

10. Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar. Akan tetapi, alasan-alasan yang disajikan tentu tidak boleh berdasarkan asumsi. Kajian secara komprehensif yang dibuktikan melalui penelitian atau cara yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademis sangat diperlukan. Akan tetapi, banyak juga sisi positif yang diperoleh anak jika mereka bermain game online tidak secara berlebihan. Ada beberapa alasan yang dapat diterima jika game online dijadikan hobi anak-anak dan remaja kita.
Paragraf ini berdasarkan isi dan cirinya merupakan bagian dari teks ....
A.    teks eksemplum
B.     teks tanggapan kritis
C.     teks cerpen
D.    teks tanggapan deskriptif

11. Cermati kutipan teks tanggapan kritis berikut ini!
Film ini kemudian berbicara tentang keserakahan Wak Weceh yang hendak mengeruk keuntungan sebesar-besarnya dari popularitas Tina. Sutradara Aditya Gumay juga sempat berusaha menyampaikan sindirannya terhadap orang tua atau anggota keluarga yang berambisi agar seorang anak bisa terkenal.
Kutipan teks tanggapan kritis tersebut menjelaskan  ……… film.
a.    kuantitas                                                                  c.  kelebihan
b.    resume                                                                     d.  kekurangan

12.  Bacalah paragraf berikut!
Pentas Seni SMP Denabel telah berakhir dengan sukses. Kerja keras panitia membuahkan hasil yang sangat memuaskan. Mulai dari seksi acara, konsumsi, seksi keamanan semua berjalan baik. Namun, ada satu hal yang terlupakan, yaitu koordinasi. Koordinasi antara panitia dengan pihak sekolah kurang terjalin, sehingga ada beberapa hal yang tidak berjalan. Banyak guru di sekolah tersebut yang tidak hadir karena keterbatasan informasi. Acara lebih didominasi acara siswa. Lebih terkesan, tidak ada guru pun, acara tetap berjalan.
Struktur teks Tanggapan Kritis yang tepat untuk paragraf tersebut adalah ...
A.     Evaluasi 
B.     Tafsiran
C.     Kesimpulan
D.     Abstrak

13.  Bacalah teks berikut!
Penggunaan telepon selular di sekolah sering kali menimbulkan persoalan. Persoalan bisa saja disebabkan karena kelalaian si pemilik telponsel sehingga alat tersebut hilang. Lalu, semua pihak, baik guru, maupun peserta didik jadi repot karena mengurusi hal tersebut. Hal lain, dimungkinkan karena peraturan sekolah yang lemah.
Struktur teks Tanggapan Kritis yang tepat untuk paragraf tersebut adalah ...
A.     Evaluasi
B.     Tafsiran
C.     Kesimpulan
D.     Abstrak

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal no.14 dan 15!
Alasan keamanan, keefisienan, keluasan negara, dan kebanggaan merupakan hal yang lebih utama. Dengan demikian, pembelian pesawat kepresidenan sangat relevan dengan kebutuhan mobilitas, keamanan, kenyamanan, dan efektivitas kegiatan presiden yang sangat padat itu.
14.  Struktur teks Tanggapan Kritis yang tepat untuk paragraf tersebut adalah ...
A.     Evaluasi
B.     Tafsiran
C.     Kesimpulan
D.     Abstrak

15.  Makna kata yang bergaris miring adalah   ...
A.     gerakan untuk mempercepat
B.     seperti gerakan mobil
C.     gerakan berpindah-pindah
D.     bergerak sendiri sendiri

16.  Bacalah paragraf-paragraf berikut ini!
1. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa  bagaimana gambaran anak akan dirinya ditentukan oleh interaksi yang dilakukan ibu dengan anak.
2. Peranan ibu sebagai suri teladan bagi anaknya bertujuan agar ibu mampu menjadi contoh bagi anak-anaknya.
3. Jadi, untuk melakukan peran sebagai suri teladan, ibu harus memiliki nilai-nilai baik yang tecermin dalam sikap dan perilakunya.
4. Keluarga merupakan lembaga sosial yang paling besar perannya bagi kesejahteraan dan kelestarian anggotanya, terutama anak-anak.

Paragraf yang merupakan bagian penegasan ulang pada teks tanggapan kritis tersebut adalah paragraf ... 
A.     1 dan 3
B.     2 dan 4
C.     1 dan 2
D.     3 dan 4

17.  Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini!
1. Berangkat dari hal-hal di atas, patut kiranya dikatakan bahwa larangan merokok di tempat umum sebagai upaya menciptakan lingkungan udara yang bersih.
2. Larangan merokok di tempat umum menjadi perdebatan yang marak di masyarakat.

3. Menurut pendapat saya,  materi-materi yang diajarkan di SMK tidak seluas materi yang diajarkan di SMA.
4. ”Siswa SMK dapat pengetahuan tidak lebih banyak daripada siswa SMA”, pendapat ini disampaikan oleh salah seorang blogger pada salah satu postingan blognya.

Dari keempat kalimat di atas, yang termasuk ke dalam struktur tafsiran (teks tanggapan kritis) dan simpulan (teks diskusi) terdapat pada kalimat nomor...
A.  1 dan 4
B.   3 dan 1
C.   2 dan 3
D.   1 dan 2

Bacalah kutipan teks tanggapan kritis berikut untuk nomor 18 dan 19!

Keinginan Pemerintah Indonesia untuk memiliki pesawat khusus kepresidenan sudah lama ada. Sekarang keinginan Pemerintah tersebut sudah direalisasikan meskipun mendapat tanggapan yang beragam dari masyarakat. Pesawat berkategori Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 itu sudah berada di tanah air sejak Kamis, 10 April  2014.

Ada banyak alasan yang memperkuat bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan. Alasan sosialnya adalah pada saat rakyat belum terentaskan dari kemiskinan para pejabat menikmati fasilitas negara yang mewah.

Alasan keamanan, keefisienan, keluasan negara, dan  kebanggaan merupakan hal yang lebih utama jika dibandingkan dengan data-data dari masyarakat yang menolak pembelian itu, sifatnya tampaknya emosional.

Dengan demikian, pembelian pesawat kepresidenan sangat relevan dengan kebutuhan mobilitas, keamanan, kenyamanan, dan efektivitas kegiatan  Presiden yang sangat padat itu.

18.  Dari teks di atas, yang termasuk ke dalam struktur evaluasi terdapat pada kalimat...
A. Keinginan Pemerintah Indonesia untuk memiliki pesawat khusus kepresidenan sudah lama ada.
B. Dengan demikian, pembelian pesawat kepresidenan sangat relevan dengan kebutuhan mobilitas, keamanan, kenyamanan, dan efektivitas kegiatan  Presiden yang sangat padat itu.
C. Alasan sosialnya adalah pada saat rakyat belum terentaskan dari kemiskinan para pejabat menikmati fasilitas negara yang mewah.
D. Pesawat berkategori Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 itu sudah berada di tanah air sejak Kamis, 10 April  2014.

19.  Dari teks di atas, yang termasuk ke dalam struktur simpulan terdapat pada kalimat...
A. Alasan keamanan, keefisienan, keluasan negara, dan  kebanggaan merupakan hal yang lebih utama jika dibandingkan dengan data-data dari masyarakat yang menolak pembelian itu, sifatnya tampaknya emosional.
B. Dengan demikian, pembelian pesawat kepresidenan sangat relevan dengan kebutuhan mobilitas, keamanan, kenyamanan, dan efektivitas kegiatan  Presiden yang sangat padat itu.
C. Pesawat berkategori Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 itu sudah berada di tanah air sejak Kamis, 10 April  2014.
D. Ada banyak alasan yang memperkuat bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan.

20. Salah satu struktur teks tanggapan kritis...
a. Evaluasi
b. kesimpulan
c. deskripsi prosedur
d. langkah kerja

21. apa yang dimaksud dengan penegasan ulang pada struktur teks tanggapan kritis....
a. bagian awal teks yang berisi pernyataan umum
b. bagian tengah teks yang berisi informasi tentang alasan yang mendukung pernyataan dan menolak pernyataan
c. bagian akhir teks tanggapan kritis yang berisi penegasan pendapat terhadap apa yang dilakukan dan diputuskan
d. nama sebuah karangan

22. salah satu contoh teks tanggapan kristis...
a. Si pitung di Batavia
b. Nelson Mandela
c. SMA atau SMK
d. Prosedur pembuatan SIM

23. Ciri-Ciri Teks Tanggapan kritis...
a. struktur terdiri dari orientasi, Insiden, interpretasi dan amanat
b. ciri-ciri bahasa menggunakan kalimat kompleks, kata rujukan dan konjungsi
c. strukturnya terdiri dari Evaluasi, Deskripsi teks, penegasan ulang.
d. memuat cerita fiski

24. Di Indonesia masih banyak ditemukan layanan yang terkesan tidak menyeluruh, peralatan kurang canggih, dan dokter-dokter yang terlihat tidak percaya diri. Padahal kalau ditilik secara keseluruhan, RS di Indonesia banyak yang memiliki layanan yang lebih bagus serta peralatan lebih lengkap dan tentu saja lebih murah karena lokasinya dekat.
Dilihat dari isinya, teks di atas termasuk jenis teks....
a. Ulasan
b. Tanggapan deskriptif
c. Tanggapan kritis
d. Eksposisi

25. Teks di atas termasuk teks tanggapan kritis bagian....
a. Evaluasi
b. Deskripsi teks
c. Penegasan ulang
d. Refleksi



Demikianlah pembahasan kami mengenai Teks Tanggapan Kritis. Semoga bermanfaat


Penelusuran yang terkait dengan Teks Tanggapan Kritis
  • contoh teks tanggapan kritis kelas 9
  • contoh teks tanggapan kritis tentang narkoba
  • contoh teks tanggapan kritis tentang sampah
  • yang bukan ciri-ciri teks tanggapan kritis adalah
  • contoh teks tanggapan kritis tentang budaya
  • teks tanggapan kritis tentang kenakalan remaja
  • tujuan teks tanggapan
  • contoh teks tanggapan singkat