Contoh Teks Cerita Sejarah Meliputi Pengertian, Ciri, Struktur, Jenis [ LENGKAP ]

Contoh Teks Cerita Sejarah Beserta Strukturnya Lengkap Via: proposaldansurat.web.id

Pengertian Teks Cerita Sejarah

Teks cerita sejarah adalah teks yang menjelaskan dan menceritakan tentang fakta dan kejadian masa lalu yang menjadi latar belakang terjadinya sesuatu yang mempunyai nilai sejarah. atau definisi lainnya yaitu teks cerita yang berdasarkan catatan-catatan peristiwa masa lampau dikembangkan berdasarkan bukti bukti yang ditemukan yang nantinya menjadi teks kenyataan sejarah.

Dan sejarah sendiri menurut parah ahli adalah sebagai berikut :
Menurut Muhammad Yamin
Muhammad Yamin mendefinisikan sejarah sebagai ilmu yang disusun berdasarkan hasil investigasi beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan realitas material.
Menurut Mohammad Hatta
Dalam pandangan Muhammad Hatta, sejarah tidak menghasilkan cerita dari peristiwa masa lalu, melainkan memberikan pemahaman tentang masa lalu sebagai masalah.
Menurut Nugroho Notosusanto
Nugroho Notosusanto berpendapat bahwa, Sejarah adalah peristiwa yang melibatkan manusia sebagai makhluk sosial yang terjadi di masa lalu. Sejarah juga diartikan sebagai cerita tentang semua peristiwa ini, ceritanya disusun berdasarkan peninggalan berbagai peristiwa.
Berdasarkan pengertian-pengertian di atas, teks cerita sejarah umumnya mengandung resolusi, struktur teks narasi sejarah, aturan diskusi, dan cerita narasi sejarah untuk memperjelas.
Mempelajari elemen-elemen yang ada dalam teks cerita sejarah tentu sangat diperlukan, sehingga catatan sejarah dapat diatur dengan benar, terhubung, dan mudah dipahami ketika dibaca.
Jika teks cerita sejarah dibuat dengan ceroboh, tentu saja tidak menutup kemungkinan bahwa alur cerita bisa salah, sulit dipahami, dan menghasilkan pengetahuan yang salah tentang sejarah yang sedang dipelajari.
Karena itu, sebelum kita membuat teks sejarah, Anda harus terlebih dahulu mempelajari apa urutan atau tahapannya dalam membuat teks sejarah.
Untuk itu kita perlu mempelajari struktur teks narasi sejarah.

 

Struktur Teks Cerita Sejarah

Struktur teks cerita sejarah adalah deskripsi atau deskripsi tentang bagaimana membangun teks yang menceritakan sejarah.Dalam membuat teks cerita sejarah, kita harus memperhatikan struktur teks, apakah itu sesuai dengan standar untuk membuat teks cerita sejarah atau tidak.Untuk menyederhanakan ini, dalam dunia materi pembelajaran struktur standar teks narasi sejarah telah dibuat.Ini tentunya adalah sesuatu yang telah dibahas oleh pihak berwenang. Bagaimana struktur pembuatan teks cerita sejarah?

1. Orientasi

Orientasi adalah tahap atau struktur pertama yang disampaikan dalam pembuatan teks narasi sejarah. Isi di bagian struktur ini adalah tahap awal dari sebuah kisah sejarah dan sedikit berkaitan dengan tema sejarah yang akan dibahas.

2. Urutan Acara

Dalam urutan struktural ini memuat tahapan-tahapan urutan peristiwa berdasarkan pada sumber-sumber seperti rekaman peristiwa berurutan sejak pertama kali peristiwa historis terjadi.Jadi pada tahap struktur ini Anda harus benar-benar berhati-hati, karena pada tahap ini esensi sejarah diceritakan.

3. Reorientasi

Reorientasi adalah tahap yang berisi pendapat atau pilihan yang bersifat pribadi dari penulis, biasanya komentar tentang sejarah yang telah ditulis.Jadi dalam tatanan struktural ini penulis dapat menulis apa saja yang bersifat komentar dan bisa juga berupa undangan atau hal-hal lain yang masih terkait dengan kisah sejarah.Ketiga struktur ini adalah struktur dasar dalam pembuatan teks cerita sejarah atau yang biasa disebut struktur teks cerita sejarah.Jika memenuhi struktur, itu berarti teks tersebut telah memenuhi teks standar dari sebuah kisah sejarah.Pengetahuan tentang struktur teks dari suatu cerita sejarah tentu berguna jika kita akan membuat teks yang berisi cerita sejarah.Selain struktur teks narasi sejarah, ada hal lain yang perlu diketahui dalam teks narasi sejarah, yaitu aturan linguistik yang digunakan dalam teks narasi sejarah.

 

Ciri-ciri Teks Cerita Sejarah

  1. Disajikan secara kronologis atau urutan peristiwa atau urutan peristiwa.
  2. Menghitung ulang bentuk teks
  3. Struktur teks: orientasi, urutan peristiwa, reorientasi.
  4. Sering menggunakan konjungsi temporal.
  5. Isi dalam bentuk fakta.

 

Jenis Teks Cerita Sejarah

1.  Sejarah Fiksi

  • Novel: karya fiksi prosa yang ditulis secara naratif dalam bentuk cerita. Penulis novel disebut novelis. Kata novel berasal dari novella Italia yang berarti “cerita atau berita”.
  • Cerpen: Cerita pendek atau sering disingkat cerpen adalah bentuk prosa naratif fiksi. Cerpen cenderung padat dan langsung dalam tujuannya dibandingkan dengan karya-karya fiksi lain yang lebih lama, seperti novella (dalam arti modern) dan novel.
  • Legenda: cerita prosa rakyat dianggap oleh mereka yang memiliki cerita sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi.
  • Romansa: sejenis karya sastra dalam bentuk prosa atau jejak yang menggambarkan tindakan para pelaku sesuai dengan karakter dan isi jiwa mereka. Itu bisa juga romansa yang berarti “kisah cinta”

2. Sejarah Non-Fiksi

  • Biografi: cerita atau informasi tentang kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang lain.
  • Autobiografi: cerita atau informasi tentang kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang itu sendiri.
  • Travel Certia: teks yang menceritakan tentang perjalanan.
  • Catatan Sejarah: teks yang menjelaskan / menceritakan fakta / peristiwa masa lalu yang merupakan asal dari sesuatu yang memiliki nilai historis.

Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Sejarah

Ciri kebahasaan teks cerita sejarah ditandai dengan adanya pronomina atau kata ganti, kata-kata yang menunjukan kejadian atau peristiwa, adanya kata kerja (verba) material, dan konjungsi (kata penghubung) temporal. Untuk lebih jelasnya bisa sobat lihat dibawah ini.
  • Pronomina (kata ganti)

merupakan kata yang digunakan untuk menggantikan benda dan menamai seseorang atau sesuatu secara tidak langsung.
  1. kata ganti orang pertama tunggal, misalnya : saya, aku, beta, sahaya ;
  2. kata ganti orang pertama jamak, misalnya : kami, kita ;
  3. kata ganti orang kedua tunggal, misalnya : kamu,engkau, kau, anda, dikau ;
  4. kata ganti orang kedua jamak, misalnya : kalian
  5. kata ganti orang ketiga tunggal, misalnya : dia, ia, beliau, -nya
  6. kata ganti orang ketiga jamak, misalnya : mereka
  • Frasa adverbial

merupakan kata yang menunjukan kejadian atau peristiwa, waktu, dan tempat.
  • Verba material

adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan suatu aktivitas yang menggunakan fisik dalam melakukannya, misalnya membaca, melempar, mendorong, dan lainnya.
  • Konjungsi Temporal (kata sambung waktu)

berguna untuk menata urutan-urutan peristiwa yang diceritakan, teks cerita sejarah banya memanfaatkan konjungsi (kata penghubung) temporal. Contohnya yaitu “kemudian”, “setelah”, “lalu” dan lainnya.
  • Kalimat Majemuk

kalimat yang terdiri atas dua kalimat atau lebih yang digabungkan menjadi satu kalimat .
kalimat  :
Pada akhirnya, Belanda mengakui kedaulatan Indonesia dalam konverensi
        Ket.               S                P                             O                               ket.
yang diadakan di Den Haag.
                 Ket.

 

Cara Teknik penulisan Teks Cerita Sejarah :

  • Kejadian-kejadian diceritakan dalam urutan kronologis dari awal sampai akhir. Beberapa peristiwa juga perlu diatur menurut urutan kronologis.
  • Dari sekelompok fakta (peristiwa) perlu ada penentuan fakta kausal (penyebab) – fakta peristiwa – fakta penyebab.
  • Bila uraian berupa deskriptif – naratif, maka perlu ada proses serialisasi, yaitu mengurutkan peristiwa-peristiwa berdasarkan prinsip-prinsip diatas.


Perbedaan Sejarah Fiksi dan Non-Fiksi

Sejarah Fiksi :
  • Jalan cerita disusun berdasarkan dunia nyata.
  • Gambaran kehidupan batin seorang tokoh lebih dalam.
  • Pengembangan karakter tokoh tidak sepenuhnya terungkap.
  • Menyajikan kehidupan sesuai pandangan pengarang.
Sejarah Non-Fiksi :
  • Tersusun oleh fakta yang objektif.
  • Gambaran kehidupan tokoh ditulis lebih lengkap berdasarkan fakta.
  • Menyajikan kehidupan sesuai data dan fakta.



Daftar Artikel Lainnya:


Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat dan Strukturnya

Contoh Teks Cerita Sejarah Non-Fiksi

Tsunami Aceh

Tahap Orientasi : 
Peristiwa yang terjadi pada 26 Desember 2004 itu sangat memilukan gempa dan tsunami Aceh.
Sekitar 500.000 orang kehilangan nyawanya dalam waktu singkat di ujung dunia yang berbatasan dengan Samudra Hindia
Urutan Peristiwa :
Gempa yang terjadi saat itu adalah gempa paling parah dalam 40 tahun terakhir. Gempa itu tidak hanya hancur tetapi mencapai Malaysia, Thailand, Sri Lanka, dan bahkan mencapai pantai Timur Afrika.
Gempa pada waktu itu adalah gempa terpanjang yang tercatat sekitar 10 menit. Beberapa ahli mengungkapkan bahwa gempa bumi ini mampu menggetarkan bumi dengan amplitudo getaran di atas 1 cm.
Dan gempa yang berpusat di tengah lautan Indonesia juga memicu gempa bumi di berbagai tempat di dunia
Sebagai akibat dari bencana, delapan negara menderita akibatnya dan 230.000 kehilangan nyawa.
Tetapi jumlah sebenarnya korban di Asia Tenggara, Asia Selatan dan Afrika Timur tidak dapat diketahui secara pasti.
Diperkirakan setidaknya 150.000 orang, PBB memperkirakan bahwa sebagian besar korban tambahan ada di Indonesia.
Di Indonesia, gempa bumi dan tsunami merenggut lebih dari 126.000 jiwa. Dan rumah-rumah penduduk diratakan dengan tanah karena bencana Tsunami.
Tahap Reorientasi :
Bencana ini adalah salah satu peristiwa paling fatal yang terjadi dalam sejarah Indonesia. Semoga ini tidak terjadi lagi di negara kita tercinta.

Contoh Teks Cerita Sejarah Candi Borobudur

Orientasi:


Candi borobudur merupakan peninggalan agama Buddha yang terbesar di dunia. Bangunan ini dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra sekitar tahun 824 M.

Urutan Peristiwa:


Monumen Buddha memiliki luas 123x123 m^2 dengan 504 patung Buddha, 72 stupa terawang dan 1 stupa induk. Candi borobudur beraksitektur Gupta yang menggambarkan kekentalan gaya arsitektur dari India.

UNESCO mengakui dan juga memuji kemegahan dari arsitektur Candi Borobudur sebagai salah satu monumen Buddha terbesar di Indonesia dan dunia.


Dalam menyelesaikan pembangunan Candi Borobudur membutuhkan waktu sekitar 75 tahun. Dibawah komando arsitek Gunadarma dengan 60 ribu meter kubik batuan vulkanik yang diambil di Sungai Elo dan Progo yang letaknya sekitar 2 km sebelah timur candi.

Pada saat pembangunan candi ini, sistem metrik belum dikenal dan satuan panjang yang digunakan untuk membuat candi adalah tala yang dihitung dengan cara merentangkan ibu jari dan jari tengah atau pengukur panjang rambut dari dahi sampai dasar dagu.

Reorientasi:


Berdasarkan prasasti Karangtengah dan Kahulunan, sejarawan J.G. de Casparis memperkirakan pendiri Candi Borobudur adalah Raja Mataram Kuno dari dinasti Syailendra bernama Samaratungga, ia membangun candi ini sekiar tahun 824 M. Candi ini baru dapat diselesaikan pada masa Ratu Pramudawardhani yaitu putrinya.

Contoh Teks Cerita Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Orientasi:


Bermula dari pecahnya Perang Asia Timur Raya, dan Amerika menyatakan perang kepada Jepang karena serbuan di Pusat Pertahanan Amerika Serikat "Pearl Harbour" tanggal 8 Desember 1941.

Tentara Jepang semakin agresif beraksi mendarat di wilayah Indonesia, Malaya, Filipina, dan Indocina. Jepang mendarat ke Indonesia dengan tujuan melumpuhkan pasukan Belanda.


Wilayah pendudukan Jepang semakin meluas, dengan dikuasainya Batavia tanggal 5 Maret 1942. Belanda semakin terdesak dengan penyerangan Jepang dan akhirnya Pemerintah Belanda menyatakan "menyerah tanpa syarat".

Urutan Peristiwa:


Awalnya masyarakat Indonesia menyambut dengan ramah kedatangan militer Jepang. Pemerintah Jepang mulai aktif merangkul rakyat Indonesia dengan pembentukan beberapa organisasi masyarakat, yang sebenarnya "ada udang di balik batu" untuk kepentingan Jepang di Perang Dunia II.

Peristiwa penting yang terjadi yaitu pertemuan Soekarno, M Hatta dan Rajiman dengan Jenderal Terauchi di Dalat menyampaikan bahwa pemerintah Jepang telah memutuskan akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia.

Pasukan Jepang mulai melemah, dan pasukan Amerika semakin kuat. Amerika mengamuk sehingga pada tanggal 6 Agustus 1945 menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan 9 Agustus bom atom kedua di Nagasaki.

Akhirnya Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945.

Reorientasi:


Berita kekalahan Jepang tidak dapat ditutupi, dengan perjanjian Post dan Jepang menyerahkan kekuasaanya kepada sekutu, otomatis Indonesia terjadi kekosongan kekuasaan. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia dengan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Contoh Teks Cerita Sejarah Candi Prambanan



Indonesia memang terkenal dengan peninggalan sejarah yang cukup banyak, salah satunya adalah candi Prambanan yang terkenal dengan 1000 candinya. Namun siapa sangka di balik candi megah tersebut tersimpan sebuah cerita sejarah yang menakjubkan.

Sehingga terkadang sejarah candi Prambanan banyak dicari. Berikut contoh teks cerita sejarah candi Prambanan yang wajib diketahui:
Kisah Cinta Pangeran Bondowoso Dan Roro Jonggrang

Sebuah kerajaan besar jatuh ke tangan musuh, dimana kerajaan tersebut memiliki seorang putri cantik bernama Roro Jonggrang. Pangeran Bondowoso yang telah menjatuhkan kerajaan tersebut akhirnya jatuh hati dan berniat menikah putri Roro Jonggrang.

Namun tentu saja Roro Jonggrang tidak menyukai pangeran Bondowoso sehingga meminta sarat yang sulit yaitu membuat seribu candi hanya dalam waktu semalam. Ternyata pangeran Bondowoso menyanggupinya.

Dengan bantuan jin dan roh halus sebelum menjelang fajar persyaratan sudah hampir dipenuhi Pangeran Bondowoso. Tentu saja melihat hal itu Roro Jonggrang panik dan berusaha untuk mencegahnya memenuhi persyaratan.

Akhirnya sang putri membangunkan pelayan dan menyuruhnya untuk menumbuk lesung. Sehingga jin dan roh halus merasa hari sudah siang dan langsung menghentikan pekerjaannya.
report this ad

Namun cara licik Roro Jonggrang diketahui oleh Pangeran Bondowoso dan membuatnya marah. Kemurkaan pangeran Bondowoso akhirnya dilampiaskan dengan mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca ke 1000 untuk menggenapkan Candi tersebut.

Inilah yang menjadi sejarah di balik kisah candi Prambanan dengan 1000 candinya yang begitu megah. Salah satunya ada candi Roro Jonggrang yang begitu mewahnya.

Contoh Teks Cerita Sejarah Bandung Lautan Api

Orientasi:


Pada Maret 1946, dalam waktu 7 jam, sekitar 200.000 penduduk mengukir sejarah dengan membakar rumah dan harta benda mereka, meninggalkan kota menuju pegunungan di selatan.

Setelah Proklamasi Kemerdekan 17 Agustus 1945, Indonesia belum sepenuhnya merdeka. Kemerdekaan itu harus dicapai dengan sedikit demi sedikit melalui perjuangan rakyat yang rela mengobarkan segalanya.

Urutan Peristiwa:


Ultimatum agar Tentara Republik Indonesia (TRI) meninggalkan kota dan rakyat, melahirkan politik "bumihangus". Rakyat tidak rela bila kota Bandung dimanfaatkan oleh musuh.

Mereka mengungsi ke arah selatan bersama para pejuang. Keputusan untuk membumihanguskan Bandung diambil melalui musyawarah Majelis Persatuan Perjuangan Priangan (MP3) di hadapan semua kekuatan perjuangan, pada 24 Maret 1946.


Kolonel A.H. Nasution selaku Komandan Divisi memerintahkan rakyat untuk meninggalkan Bandung. Hari itu juga, rombongan besar penduduk Bandung mengalir meninggalkan kota.

Bandung dengan sengaja dibakar oleh TRI dan rakyat dengan maksud agar sekutu tidak dapat menggunakannya lagi. Banyak asap hitam mengepul membubung tinggi di udara.

Semua listrik mati, Inggris mulai menyerang sehingga pertempuran sengit terjadi. Pertempuran yang paling menengangkan, di mana terdapat pabrik mesiu milik Sekutu. TRI bermaksud untuk menghancurkan gudang tersebut.

Untuk itu diutuslah pemuda bernama Muhammad Toha dan Ramdan. Kedua pemuda itu berhasil meledakan gudang tersebut dengan granat tangan .Gudang besar itu meledak dan terbakar di dalamnya.

Sejak saat itu, kurang lebih pukul 24.00 Bandung Selatan telah kosong dari penduduk dan TRI. Tetapi api masih membubung membakar kota, dan Bandung berubah menjadi lautan api.

Pembumihangusan tersebut merupakan langkah yang tepat, karena kekuatan TRI dan rakyat tidak akan sanggup melawan pihak musuh yang berkekuatan besar. Selanjutnya TRI bersama rakyat melakukan perlawanan secara gerilya dari luar Bandung.

Reorientasi:


Istilah Bandung Lautan Api muncul dari seorang wartawan bernama Atje Bastaman, yang menyaksikan pemandangan pembakaran Bandung dari bukit Gunung Leutik di sekitar Pameungpeuk, Garut. Dari puncak ia melihat Bandung yang memerah dari Cicadas sampai dengan Cimindi.

Contoh Teks Cerita Sejarah Fiksi "Legenda Kalimantan"

Orientasi:


Di sebuah bukit yang jauh dari desa, di daerah Kalimantan, hiduplah seorang janda miskin dan anak gadisnya. Anaknya sangat cantik cantik jelita. Namun sayang, ia mempunyai perilaku yang amat buruk. Gadis itu adalah seorang pemalas, tak pernah mau membantuk ibunya melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah. Kerjaannya hanya bersolek setiap hari.

Selain pemalas, anak gadis itu sikapnya sangat manja. Segala permintaannya harus dipenuhi. Setiap kali ia meminta sesuatu kepada ibunya harus dikabulkan, tanpa memperdulikan keadaan ibunya yang miskin, setiap hari harus membanting tulang hanya untuk mencari sesuap nasi.

Urutan Peristiwa:


Pada suatu hari, anak gadis itu diajak ibunya turun ke desa untuk berbelanja. Letaknya amat jauh, sehingga mereka harus berjalan kaki yang cukup melelahkan. Anak gadis itu berjalan melenggang dengan memakai pakaian yang bagus dan bersolek agar orang-orang dijalan melihatnya nanti akan mengagumi kecantikannya.

Sementara itu bunya berjalan di belakang sambil membawa keranjang dengan pakaian yang tak layak/sangat dekil. Karena mereka hidup di tempat terpencil, tak seorangpun mengetahui bahwa kedua perempuan yang berjalan itu adalah ibu dan anak.

Ketika mereka mulai memasuki desa, orang-orang desa memandangi mereka. Mereka begitu terpesona akan kecantikan anak gadis itu, terutama para pemuda desa yang tak puas-puasnya memandang wajah gadis itu.

Namun ketika melihat orang yang berjalan dibelakang gadis tersebut, sungguh kontras keadaannya. Hal itu membuat orang bertanya-tanya.

Di antara orang yang melihatnya itu, seorang pemuda mendekati dan bertanya kepada gadis itu, "Hai gadis cantik. Apakah yang berjalan dibelakang itu ibumu?" Namun , jawaban anak gadis itu "Bukan" katanya dengan angkuh. "Ia adalah pembantuku!" Kedua ibu dan anak itu kemudian meneruskan perjalanan.

Tak seberapa jauh, mendekat lagi seorang pemuda dan bertanya lagi "Hai manis. Apakah yang berjalan dibelakangmu itu ibumu?", "Bukan.. bukan," jawabnya. "Ia adalah budak!". Begitulah sikap gadis itu setiap bertemu seseorang selalu jawabannya begitu.

Pada mulanya mendengar jawaban dari putrinya itu jika ditanya orang, ia masih bisa menahan diri. Namun setelah berulang kali, akhirnya ibu itu berdoa "Ya Tuhan, hamba tak kuat menahan hinaan ini. Anak kandung hamba begitu teganya memperlakukan diri hamba sedemikian rupa. Ya tuhan hukumlah anak durhaka ini! Hukumlah dia..."

Atas kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa, perlahan-lahan tubuh gadis itu berubah menjadi batu. Perubahan itu dimulai dari kaki. Ketika perubahan itu telah mencapai setengah badan, anak gadis itu menangis memohon ampun kepada ibunya "Oh, ibu.. ibu ampunilahsaya, ampunilah kedurhakaan anakmu ini. Ibu... ibu.. ampunilah anakmu.." Anak gadis itu terus meratap dan menangis memohon kepada ibunya.

Akan tetapi, semuanya sudah terlambat. Seluruh tubuh gadis itu akhirnya berubah menjadi batu. Sekalipun telah menjadi batu, orang-orang dapat melihat bahwa kedua matanya menitikkan air mata, seperti sedang menangis. Oleh karena itu, batu yang berasal dari gadi yang mendapat kutukan dari ibunya disebut "Batu Menangis".

Reorientasi:


Demikianlah cerita berbentuk legenda di atas, yang oleh masyarakat setempat dipercaya bahwa kisah itu benar-benar pernah terjadi. Barangsiapa yang mendurhaki ibu kandung yang telah melahirkannya dan membesarkannya, pasti perbuatan laknatnya itu akan mendapat hukuman dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian teks cerita sejarah beserta Struktur, Ciri-ciri, Jenis dan juga Contohnya. Semoga bermanfaat.

Penelusuran yang terkait dengan Contoh Teks Cerita Sejarah
  • contoh teks cerita sejarah tentang pahlawan
  • contoh teks cerita sejarah candi borobudur
  • contoh teks cerita sejarah pribadi
  • contoh teks cerita sejarah kelas xii dan strukturnya
  • kumpulan contoh teks cerita sejarah pribadi
  • kumpulan contoh teks cerita sejarah indonesia
  • contoh teks cerita sejarah pribadi panjang
  • contoh teks cerita sejarah tentang ayah