Materi Paragraf Beserta 30+ Contoh Soal Paragraf Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban [ LENGKAP ]

Paragraf: Pengertian, Tujuan, Jenis, Ciri-Ciri, dan Contoh  Via: Klipingku.my.id
Pengertian Paragraf

Paragraf merupakan sebuah kumpulan dari kalimat kalimat yang berisi tentang satu ide pokok atau gagasan utama. Sebuah paragraf yang baik akan memberikan bantuan pembaca serta penulis dalam membuat artikel yang baik serta memperbaikinya. Tanpa adanya sebuah keteraturan dalam menyampaikan ide atau gagasan dalam paragraf sebuah artikel atau karya tulis akan membuat tulisan yang anda buat tidak terasa dan akan membingungkan pembaca dan bahkan penulisnya untuk tetap mengembangkan artikelnya.
Deifinisi yang lainnya, Paragraf merupakan penyusun dari semua artikel atau karya tulis. Banyak pelajar yang menganggap bahwa pengertian paragraf mempunyai batasan dalam panjang kalimat yakni : paragraf merupakan kelompok kalimat yang sedikitnya terdiri atas 5 kalimat dan bahkan ada yang mengartikan paragraf sebagai setengah dari halaman.
Dalam Lunsford dan Connor dijelaskan bahwa paragraf adalah sebagai kumpulan kalimat atau group of sentences atau satu kalimat yang membentuk sebuah unit. Panjang dan tampilan sebuah bagian dari karya tulis ilmiah bukanlah kriteria dari sebuah paragraf. Sebaagai contoh singkat, sebuah paragraf dalam gaya penulisan jurnalistik bisa terdiri atas satu kalimat yang cukup panjang (dari titik ke titik) . Oleh sebab itu, pengertian paragraf yaitu suatu kalimat atau grup kalimat atua kelompok kalimat atau gabungan kalimat yang menggagas satu ide pokok.


Pengertian Paragraf Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti paragraf, maka kita bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Akhaidah dkk

Menurut Akhaidah dkk (1999:144), pengertian paragraf adalah inti penuangan buah pikiran yang didukung oleh semua kalimat dalam paragraf tersebut, mulai dari kalimat pengenal, kalimat utama atau kalimat topik, kalimat penjelas sampai pada kalimat penutup. Himpunan kalimat ini saling bertalian dalam suatu rangkaian untuk membentuk suatu gagasan.

2. Arifin dan S. Amran Tasai

Menurut Arifin dan S. Amran Tasai (2006:125), pengertian paragraf adalah seperangkat kalimat yang membicarakan suatu gagasan atau topik. Kalimat dalam paragraf memperlihatkan kesatuan pikiran atau mempunyai keterkaitan dalam membentuk gagasan atau topik tersebut.

3. Ramlan

Menurut Ramlan (2010: 23), pengertian paragraf adalah bagian dari suatu karangan yang terdiri atas sejumlah kalimat yang mengungkapkan satuan informasi dengan ide pokok sebagai pengendalinya.

4. Gorys Keraf

Menurut Gorys Keraf (1979:62), alinea atau paragraf adalah suatu kesatuan pikiran, suatu kesatuan yang lebih tinggi atau luas dari kalimat dan merupakan himpunan dari kalimat yang bertalian dalam suatu rangkaian untuk membentuk sebuah gagasan.

5. Lamuddin Finoza

Menurut Lamuddin Finoza (2004:149), pengertian paragraf atau alinea adalah satuan bentuk bahasa yang biasanya merupakan hasil penggabungan beberapa kalimat.


Jenis-jenis Paragraf

Jenis Paragraf Menurut Letak Gagasan Utama

Berdasarkan letak gagasan utamanya, paragraf dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut:

Paragraf Deduktif

Jenis ini memiliki gagasan atau pikiran utama di bagian awal rangkaian kalimat. Biasanya, pada paragraf deduktif, gagasan utamanya berada di kalimat pertama. Sementara itu, kalimat-kalimat lainnya berisi penjelasan yang mendukung gagasan utama yang telah dipaparkan di awal.

Paragraf Induktif

Berkebalikan dengan yang sebelumnya, gagasan utama pada jenis paragraf induktif baru bisa ditemukan di bagian akhir dari rangkaian kalimat dan lebih sering berada di kalimat terakhir. Gagasan utama di akhir ini bersifat menyimpulkan inti dari kalimat-kalimat penjelas yang berada di kalimat sebelumnya.

Paragraf Campuran

Yang dimaksud paragraf campuran adalah gabungan gagasan utama yang berada di awal dan akhir rangkaian kalimat. Gagasan di kalimat awal biasanya berupa inti pikiran dari paragraf tersebut. Sementara itu, di bagian akhir kembali ditekankan mengenai gagasan utama dengan kalimat yang mungkin saja berbeda dari kalimat gagasan utama di awal.

Jenis Paragraf Menurut Tujuannya

Isi dari paragraf tentunya memiliki berbagai tujuan. Ada yang sifatnya memaparkan, mengajak, mendebat, dan lain-lain. Berdasarkan tujuan dari isinya, paragraf dapat dikelompokkan menjadi lima jenis.

Paragraf Narasi

Isi dari jenis paragraf ini bersifat menceritakan suatu hal secara kronologis. Untuk yang bersifat naratif, tiap kalimatnya disusun secara runtut sehingga memudahkan pembaca membayangkan kejadian atau peristiwa yang tengah diceritakan. Karena sifatnya yang “bercerita”, pembaca akan menemukan sudut pandang dalam kalimat-kalimat di paragraf tersebut. Jenis ini biasanya dijumpai pada cerpen, novel, ataupun prosa bebas lainnya.

Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi adalah jenis paragraf yang isinya berupa penjelasan untuk memaparkan fakta-fakta yang ada. Karena fakta yang menjadi dasarnya, tulisan-tulisan eksposisi cenderung bersifat ilmiah. Tujuannya adalah memberikan informasi yang detail kepada pembaca. Ciri-cirinya adalah memiliki fakta yang jelas dari berita ataupun penelitian dan tidak mencampurkan pendapat penulis di dalamnya. Model seperti ini cenderung dijumpai pada artikel-artikel berita.

Paragraf Argumentasi

Jenis paragraf yang bertujuan memberikan pandangan kepada para pembacanya ini tidak hanya menyajikan fakta ataupun isu permasalahan dalam isinya, namun juga memberikan pendapat-pendapat dari sang penulis. Jadi, data maupun fakta hanyalah pelengkap dari opini sang penulis. Pada jenis paragraf argumentasi, akan dijumpai kesimpulan dari rentetan pendapat penulis di dalam rangkaian kalimat tersebut. Kesimpulan tersebut cenderung diletakkan di akhir paragraf.

Paragraf Persuasi

Hampir sama dengan paragraf argumentasi, paragraf persuasi biasanya menampilkan pendapat-pendapat dari sang penulis terhadap suatu berita atau isu tertentu. Perbedaannya, kalimat-kalimat yang isinya bertujuan memengaruhi pembaca ini cenderung mengandung kata-kata ajakan atau imbauan, seperti ayo dan mari. Kata dan gaya bahasa yang digunakan pun dipilih yang semenarik mungkin untuk semakin meyakinkan pembaca atas ajakan tersebut.

Paragraf Deskripsi

Jenis paragraf yang satu ini bertujuan membuat pembaca dapat merasakan ataupun membayangkan hal yang dideskripsikan secara jelas dan nyata, seolah-olah pembaca dapat melihat, mendengar, ataupun mencecap objek yang dijelaskan tersebut. Karena itulah, isinya merupakan gambaran lengkap dari sebuah objek yang disusun dalam kalimat-kalimat.


Syarat-Syarat Paragraf


Adapun syarat-syarat paragraf adalah sebagai berikut:
  • Paragraf merupakan kesatuan yang bulat.
  • Dalam satu paragraf hanya terdapat satu pikiran umum. Jadi, jika ada dua pikiran umum, hendaknya paragraf itu dijadikan dua paragraf.
  • Tiap kalimat dalam paragraf harus padu, yakni adanya kesinambungan antarkalimat.
  • Kalimat yang digunakan harus efektif.

Fungsi Paragraf Secara Umum

Paragraf memiliki beberapa fungsi di dalam suatu tulisan atau karangan. Adapun fungsi paragaf adalah sebagai berikut:
  1. Mengekspresikan Gagasan; maksudnya, paragraf dapat memberikan suatu gagasan atau perasaan melalui rangkaian kalimat yang disusun sehingga menjadi membentuk suatu kesatuan ide pokok.
  2. Menandai Peralihan Gagasan Baru; maksudnya, setiap tulisan atau karangan terdiri dari beberapa paragraf dan di dalam setiap paragraf tersebut terdapat gagasan yang berbeda namun masih berhubungan dengan ide pokok.
  3. Memudahkan Menulis dan Membaca: maksudnya, dengan adanya paragraf maka seorang penulis dapat lebih mudah dalam menuangkan gagasannya. Di samping itu, paragraf juga lebih mudah memahami ide pokok di dalam suatu tulisan bila penulisannya dibuat dalam paragraf yang baik.
  4. Membantu Pengembangan Topik; maksudnya, pengembangan topik tulisan dalam bentuk yang lebih kecil akan lebih mudah disampaikan melalui pembagian paragraf.
  5. Mengendalikan Variabel; paragraf juga memudahkan penulis untuk mengendalikan variabel di dalam karangannya sehingga lebih mudah dimengerti.

Ciri-Ciri Paragraf

Suatu paragraf dapat dikenali dengan memperhatikan karakteristiknya. Adapun ciri-ciri paragraf adalah sebagai berikut:
  1. Di dalam suatu paragraf terdapat gagasan utama yang disampaikan melalui setiap kalimat yang ditulis oleh pengarang.
  2. Pada paragraf terdapat kalimat topik dan kalimat pengembang untuk menyampaikan gagasan utama penulis dalam karangannya.
  3. Di dalam paragraf juga terdapat kalimat penjelas yang berisi tentang rincian dari kalimat topik. Dengan kata lain, suatu karangan hanya terdapat satu kalimat topik namun terdiri dari beberapa kalimat penjelas.
  4. Pada jenis karangan biasa, penulisan setiap awal paragraf dibuat agak menjorok ke dalam beberapa ketukan spasi.
  5. Setiap paragraf dalam suatu tulisan terdiri dari minimal 2 baris kalimat.

Jenis-Jenis Paragraf Menurut Para Ahli

Macam-macam paragraf dapat dibedakan menjadi 5 jenis, apa sajakah itu? Berikut ini kami akan menguraikannya.

1. Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Kalimat Utama


a. Paragraf Induktif


Paragraf induktif adalah paragraf yang diawali dengan menyebutkan atau membahas masalah-masalah khusus untuk memperoleh suatu kesimpulan umum yang mencakup seluruh peristiwa khusus sebelumnya. Dalam pola pengembangan paragraf induktif, kesimpulan berada di akhir paragraf.

Contoh paragraf induktif:

Entah berapa kali sudah. Damayanti mengepalkan kedua belah tangannya. Bibirnya berulang-ulang dikatupkannya, menahan air matanya yang sebentar-bentar hendak keluar. Dicobanya melupakan kemalangan yang sedang menimpa dirinya, tetapi tidak berhasil. Ia kecewa, sedih berkepanjangan sehingga menyesakkan dadanya.

b. Paragraf Deduktif


Apa itu paragraf deduktif? Paragraf deduktif yakni paragraf yang diawali dengan menyebutkan atau membahas masalah-masalah umum untuk memperoleh suatu kesimpulan khusus. Dalam pola pengembangan paragraf deduktif, kalimat utamanya berada di awal paragraf.

Contoh paragraf deduktif:

Setiap orang dilahirkan dan dibesarkan di dalam lingkungan keluarga. Tidak seorang pun yang tidak mengalami kehidupan di dalam keluarga. Pemeliharaan dan pembinaan seorang anak adalah perwujudan cinta kasih orangtua. Secara alamiah, orangtua mempunyai rasa cinta kepada anak. Bagaimanapun keadaannya, orangtua tetap akan memelihara dengan penuh kasih sayang terhadap anaknya.

c. Paragraf Campuran


Paragraf campuran merupakan campuran antara paragraf deduktif dan induktif. Dengan demikian, letak kalimat utamanya di awal dan di akhir paragraf. Kalimat utama yang terletak di akhir paragraf merupakan penegasan kembali dengan susunan yang agak berbeda.

Contoh paragraf campuran:

Chairil Anwar terkenal sebagai penyair. Ia disebut sebagai penyair yang membawa pembaharuan dalam puisi, ada yang mengatakan dia sebagai seorang individualis. Ada yang menilai bahwa ia seorang yang kurang bermoral dan plagiat karena ada sebagian kecil dalam gubahannya merupakan jiplakan dari puisi asing. Dalam sajak-sajaknya yang dikumpulkan dalam "Deru Campur Debu" memperlihatkan adanya perbedaan bentuk, corak, gaya, dan isi. Tanggapan orang terhadap Chairil berbeda-beda. Namun, bagaimanapun ia tetap seorang penyair besar yang membawa kesegaran baru dalam bidang puisi pada 1945.

2. Jenis Paragraf Menurut Fungsinya


Menurut Mustakim (1994:120-122), paragraf pada dasarnya dapat dibedakan menjadi berbagai jenis. Jika dilihat dari fungsinya paragraf dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:
  1. Paragraf pengantar, merupakan jenis paragraf yang berfungsi untuk mengantarkan pembaca pada pokok-pokok persoalan yang akan dikemukakan. Oleh karena itu, paragraf ini hendaknya dibuat semenarik mungkin agar dapat memikat pembaca.
  2. Paragraf pengembang merupakan paragraf yang terletak antara paragraf pengantar dengan paragraf penutup. Fungsinya untuk mengembangkan pokok persoalan yang telah ditentukan.
  3. Paragraf penutup merupakan paragraf yang berfungsi mengakhiri karangan atau penutup karangan, oleh karena itu paragraf ini terletak pada bagian akhir suatu karangan atau karya tulis.

3. Jenis Paragraf Menurut Sifat Isinya


Menurut Finoza (2008:201) mengatakan bahwa berdasarkan sifat isinya paragraf dapat digolongan atas lima macam, yaitu:
  1. Paragraf persuatif, yaitu alinea yang mempromosikan sesuatu dengan cara memengaruhi atau mengajak pembaca.
  2. Paragraf argumentatif, yaitu alinea yang membahas suatu masalah dengan bukti-bukti atau alasan yang mendukung.
  3. Paragraf naratif, yaitu alinea yang melukiskan atau memberikan sesuatu.
  4. Paragraf ekspositoris, yaitu alinea yang memaparkan suatu fakta atau kejadian tertentu.

4. Jenis Paragraf Berdasarkan Tempat dan Fungsi dalam Karangan


Berdasarkan tempat dan fungsi karangan, paragraf dapat dibedakan menjadi tiga jenis.
  1. Paragraf pembuka, memiliki peran sebagai pengantar bagi pembaca untuk sampai pada masalah yang akan diuraikan oleh penulis.
  2. Paragraf penghubung, semua paragraf yang terdapat di antara paragraf pembuka dan paragraf penutup. Berfungsi menguraikan masalah yang akan dibahas oleh penulis.
  3. Paragraf penutup, berfungsi untuk mengakhiri karangan atau bagian karangan.

5. Jenis Paragraf Berdasarkan Isi


Berdasarkan isinya, paragraf dibedakan menjadi lima macam, yakni:
  1. Paragraf narasi, yaitu berisi cerita suatu persoalan.
  2. Paragraf deskripsi, yaitu paragraf yang dibuat untuk menyampaikan gambaran secarao bjektif suatu keadaan sehingga pembaca memiliki pemahaman yang sama dengan informasi yang disampaikan.
  3. Paragraf eksposisi, adalah karangan yang dibuat untuk menerangkan suatu pokok persoalan yang dapat memperluas wawasan pembaca.
  4. Paragraf argumentasi, adalah karangan yang berisi gagasan lengkap dengan bukti dan alasan serta dijalin dengan proses penalaran yang kritis dan logis.
  5. Paragraf persuasi, adalah karangan yang disampaikan dengan menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan menarik.


Daftar Artikel Lainnya:


1,Perkebunan teh Malabar dibangun pada tahun  1890  pada ketinggian 1550  m di atas permukaan  laut.  Lokasinya berada  45 km di Selatan Kota Bandung dengan udara sedang 16 C sampai 26 C.  Perkebunan ini  dibenahi hingga pemandangannya   sangat indah. Hamparan pegunungan   diliputi   oleh    tanaman   teh  yang  rnenghijau.   Teh dari perkebunan  ini sudah dikenal orang di dunia.

Gagasan utama paragraf tersebut  adalah ....
A. Bandung terkenal dengan tehnya
B.  Perkebunan teh  Malabar
C.  Pegunungan Malabar   di  Bandung
D. Teh Malabar   terkenal di dunia


2.Sebentar  lagi musim penghujan  akan tiba.  Sejumlah  persiapan  pun dilakukan   Pemerintah   Provinsi  DKI  Jakarta   untuk   mengantisipasi masalah banjir yang kerap menjadi langganan kala musim penghujan datang.   Selain  rnelakukan   normalisasi   waduk,   Pemprov  DKI  pun mulai  melakukan  simulasi  terkait   penyaluran  logistik   kepada  warga saat banjir.  Pemprov  DKI mempelajari    berdasarkan  hasil  evaluasi   dari musibah banjir yang terjadi  pada awal tahun sebelumnya.

Gagasan utama paragraf tersebut  adalah  ....
A.  Pemprov DKI mempelajari  hasil evaluasi banjir
B.  Persiapan Pemerintah  Provinsi DKI Jakarta
C.  Pemprov DKI langganan banjir  setiap tahun
D.  Antisipasi  Pemprov DKI terhadap  banjir


3.(1) Obesitas yang mewabah di Amerika Serikat mulal  menjangkiti Indonesia. (2) Tanpa kenal  batasan  kelas sosial jumlah obesitas terus meningkat,    (3) Masalah    yang    disekat-sekat    sebagai penyakit  gaya  hidup   ini.  (4)  Penyebab utamanya   adalah pola makan yang tidak teratur.

Kalimat utama  paragraf  tersebut  terdapat   pada kalimat nomor. ...
A.   (1)
B.   (2)
C.   (3)
D.   (4)

4.Stroke tidak hanya terjadi  pada otak. Hal yang sama terjadi  pada mata.  Stroke  di otak terjadi karena adanya sumbatan pernbuluh darah  otak.   Hal   ini dapat    menyebabkan  kelumpuhan   sebagian anggota   tubuh.   Adapun  stroke   mata   terjadi    karena   adanya hambatan suplai darah  ke saraf rnata.

Simpulan isi  paragraf tersebut adalah   ....
A. Gangguan darah menjadi penyebab stroke otak dan mata,
B. Stroke banyak menyerang otak  melalui  pembuluh  darah.
C. Stroke sangat berbahaya bagi kesehatan mata.       
D. Stroke dapat menyebabkan kelumpuhan pada anggota tubuh.


5.Cokelat yang sering meniadi   primadona   untuk  memulihkan  rasa stres ternyata   dapat  mencegah  pertumbuhan  jerawat  yang sedang  diderita oleh    seseorang.   Sebuah  penelitian   yang  dilakukan   oleh    mahasiswa kedokteran    di   University     of   Miami     School     of   Medicine      berhasil menemukan  cokelat  memiliki    peran  mencegah    pertumbuhan  jerawat. Responden dalam   penelitian  tersebut  terdiri  atas sepuluh   pria  berusia 18 hingga 35 tahun.  Mereka diminta  memakan  cokelat murni sebanyak tiga hingga empat ons. Setelah  itu mereka harus diet  selama  seminggu. Selama proses diet inilah ditemukan  hormon jerawat yang kian hari kian memburuk.

Simpulan  isi  paragraf tersebut  adalah  ....
A. Cokelat  baik  untuk memulihkan stres.
B. Cokelat  diteliti  oleh mahasiswa kedokteran di University  of  Miami.
C. Cokelat  memliki  peran mencegah  pertumbuhan jerawat.
D. Responden mengalami   pertumbuhan  jerawat yang kian  memburuk.


6.Bacalah Paragraf Berikut:

Sayangnya, dalam catatan Badan Pusat Statistik (BPS) 2015 lalu, ‎angka pengangguran di Indonesia meningkat 300 ribu orang selama setahun dari Februari 2014 sampai Februari 2015. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) didominasi penduduk berpendidikan Sekolah Menengah Atas (SMK) sebesar 9,05 persen, lalu disusul pada jenjang Sekolah Menengah Atas 8,17 persen, dan Diploma I/II/III sebesar 7,49 persen. (Kompas.com)

Gagasan utama paragraf tersebut adalah:

A. Angka pengangguran Indonesia berkurang.

B. Angka pengangguran Indonesia bertambah.

C. Angka pengangguran tidak bertambah ataupun berkurang.

D. Angka pengangguran bulan Februari 2014.

E. Tidak ada angka pengangguran.

Untuk dapat menjawab soal tersebut, kamu harus sudah mengerti apa yang dimaksud dengan gagasan utama dalam paragraf. Bila melihat definisinya, gagasan utama atau gagasan pokok merupakan pernyataan umum pada kalimat utama di dalam sebuah paragraf. Kalimat utama itu ditandai dengan keberadaan kata yang merujuk kepadanya. Biasanya, kemunculannya ada di awal paragraf ataupun akhir paragraf.

Nah, bila melihat soal tersebut, kalimat utamanya terdapat pada kutipan “Sayangnya, dalam catatan Badan Pusat Statistik (BPS) 2015 lalu, ‎angka pengangguran di Indonesia meningkat 300 ribu orang selama setahun dari Februari 2014 sampai Februari 2015[…].” Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah B.

7.Bacalah Paragraf Ini dengan Seksama:

(1) Udara di Puncak, Bogor terasa dingin sekali. (2) Dinginnya suhu udaranya mencapai 20ÂșC. (3) Informasi itu berasal dari Google. (4) Dinginnya suhu udara itu membuat tubuh menjadi menggigil.

Dua kalimat pendapat pada teks tersebut ditandai dengan nomor:
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4.
D. 1 dan 4.
E. 1 dan 3.

Untuk menjawab soal tersebut, kamu harus tahu dulu apa itu kalimat pendapat. Secara sederhana, kalimat pendapat merupakan kalimat yang berisikan pendapat dan bersifat subjektif. Pada paragraf di atas, yang termasuk ke dalam kalimat pendapat ialah nomor 1 dan 4. Jadi, jawaban untuk soal tersebut ialah D.


8. Baca Penggalan Berita Berikut:

Budapest Business School (BBS), University of Applied Science, Hungaria, membuka kelas Bahasa Indonesia sebagai salah satu kursus bahasa yang dipilih mahasiswanya untuk menyelesaikan studi. Siaran pers Kedutaan Besar RI di Budapest menyebutkan, Duta Besar RI untuk Hongaria Wening Esthyprobo resmi membuka kursus ini Selasa 14 Februari lalu.

Wening menyampaikan penghargaan kepada BBS yang telah membuka kursus bahasa Indonesia. BBS sendiri mewajibkan mahasiswanya menguasai dua bahasa asing untuk sarjana dan tiga bahasa asing untuk S-2 sebagai syarat kelulusan dan membantu menyediakan kursus bahasa bagi mahasiswa. “Belajar bahasa asing sangat menguntungkan terutama bahasa Indonesia yang dipakai sebagai bahasa utama 258 juta penduduk Indonesia,” kata Wening. (Antaranews.com)

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf berita itu adalah:

A. Belajar bahasa asing tidak menguntungkan.
B. Masyarakat Hongaria tertarik belajar bahasa Inggris.
C. Masyarakat Hongaria tertarik belajar bahasa Indonesia.
D. Masyarakat Indonesia tertarik belajar bahasa asing.
E. Untuk lulus S-2 di Indonesia harus bisa berbahasa asing.

Trik untuk soal semacam ini ialah kamu harus membaca soal dan pilihan jawabannya terlebih dahulu. Biasanya, dengan membaca soal dan pilihan jawabannya, kamu langsung bisa menemukan jawaban yang tepat dari paragraf yang dikutip dalam soal.

Untuk soal tersebut, kutipan beritanya berisikan informasi bahwa bahasa Indonesia diminati di Hongaria. Hal itu terdapat padda paragraf pertama dari kutipan berita itu. Dengan begitu, jawaban yang tepat untuk soal tersebut ialah pilihan jawaban C.

9. Baca Penggalan Artikel Ini dengan Seksama:

Stroke adalah kondisi kesehatan yang serius yang membutuhkan penanganan cepat. Ketika pasokan darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak terputus, maka sel-sel otak akan mulai mati. Oleh karena itu, semakin cepat penderita ditangani, kerusakan yang terjadi pun semakin kecil bahkan kematian bisa dihindari.

Simpulan dari artikel tersebut ialah:
A. Stroke bukanlah penyakit.
B. Stroke merupakan penyakit ringan.
C. Penanganan penyakit stroke tidak perlu terburu-buru
D. Penanganan penyakit stroke bisa dibawa ke dukun.
E. Penanganan penyakit stroke harus cepat agar kerusakan yang terjadi semakin kecil.

Simpulan merupakan pendapat akhir dalam sebuah tulisan atau teks bacaan. Untuk dapat menemukan simpulan pada contoh soal tersebut, kamu harus membaca kutipan artikelnya dengan seksama.

Pada contoh soal tersebut, kalimat yang merujuk pada simpulan terdapat pada kalimat “Oleh karena itu, semakin cepat penderita ditangani, kerusakan yang terjadi pun semakin kecil bahkan kematian bisa dihindari”. Jadi, jawaban yang tepat untuk contoh soal tersebut ialah jawaban E.

10. Bacalah Kutipan Kolom Opini Berikut:

(1) Menurut data dari The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), budaya membaca masyarakat Indonesia berada di peringkat terendah di antara 52 negara di Asia.
(2) UNESCO melaporkan pada 2012 kemampuan membaca anak-anak Eropa dalam setahun rata-rata menghabiskan 25 buku, sedangkan Indonesia mencapai titik terendah: 0 persen! Tepatnya 0,001 persen.
(3) Artinya, dari 1000 anak Indonesia, hanya satu anak yang mampu menghabiskan satu buku dalam setahun.
(4) Ini persoalan penting, ini perkara genting. Soal minat baca memang terlihat tidak semendesak persoalan energi atau pangan. Tapi bagaimana menyiapkan masa depan negeri ini jika tingkat literasi begitu rendah? (Kompas.com)

Letak kalimat fakta pada kutipan opini tersebut adalah:
A. 1 dan 2.
B. 3 dan 4.
C. 1 dan 3.
D. 2 dan 4.
E. 2 dan 3.

Untuk menjawab soal seperti itu, kamu harus mengetahui terlebih dahulu definisi kalimat fakta. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), fakta adalah keadaan atau peristiwa yang merupakan kenyataan. Jadi, kalimat fakta adalah kalimat yang berisikan informasi yang benar dan nyata.Dari kutipan opini tersebut, kalimat yang berisikan fakta terdapat pada kalimat nomor 1 dan 2. Sebab, di dua kalimat tersebut terdapat data penelitian yang berasal dari OECD dan UNESCO. Dengan demikian, jawaban yang tepat untuk soal tersebut ialah A.


11. Bacalah dan tentukan simpulan paragraf berikut!
ASI atau air susu ibu adalah sumber makanan utama bagi bayi. ASI mengandung banyak nutrisi penting bagi bayi. ASI mengandung asam amino yang diperlukan untuk proses tumbuh kembang otak bayi. Selain itu, ASI mengandung zat untuk kekebalan tubuh bayi.
Simpulan paragraf di atas adalah ... .
a. ASI adalah sumber makanan utama bagi bayi
b. ASI adalah sumber makanan utama bayi karena mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk bayi
c. ASI mengandung zat untuk kekebalan bayi
d. Asam amino diperlukan untuk proses tumbuh kembang otak bayi

12. Bacalah dan tentukan simpulan paragraf berikut!
Meski terlihat mungil dan berukuran kecil, tetapi menanam bonsai cukup sulit. Teknik menanam bonsai sama sekali tidak bisa disepelekan. Sebab, seorang penanam bonsai harus menguasai berbagai teknik perawatan. 
Simpulan paragraf di atas adalah ... .
a. Teknik menanam bonsai sama sekali tidak bisa disepelekan.
b. Bonsai bentuknya mungil dan berukuran kecil
c. Cara menguasai teknik perawatan bonsai cukup sulit
d. Menanam bonsai cukup sulit karena harus menguasai berbagai teknik perawatan

13. Bacalah dan tentukan simpulan paragraf berikut!
Kadang kita mungkin harus mengonsumsi minuman manis setiap hari. Tapi, hal itu tidak baik bagi tubuh. Untuk mengatasi keinginan itu, kamu bisa menggantinya dengan buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti semangka atau melon.
Simpulan paragraf di atas adalah ... .
a. Minuman manis dapat diganti dengan mengonsumsi buah yang berair banyak
b. Minum minuman manis tidak baik bagi tubuh
c. Semangka dan melon adalah buah yang mengandung banyak air
d. Kita mungkin harus mengonsumsi minuman manis setiap hari

14. Bacalah dan tentukan simpulan paragraf berikut!
Walaupun dianggap sebagai gulma, eceng gondok juga mempunyai manfaat. Eceng gondok dapat dijadikan peluang usaha sebagai bahan dasar kerajinan tangan. Bagian tumbuhan eceng gondok yang sudah dikeringkan ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan tas, kopor, sandal, keranjang, tatakan gelas, tikar, dan sebagainya. Akhir-akhir ini eceng gondok juga banyak dimanfaatkan untuk mendukung industri mebel, yakni sebagai pengganti rotan yang harganya semakin melangit.
Simpulan paragraf di atas  adalah ....
a. Eceng gondok dimanfaatkan untuk bahan kerajinan tangan dan industri mebel
b. Eceng gondok dapat dijadikan bahan kerajinan yang berkualitas tinggi
c. Eceng gondok sebagai pengganti rotan yang harganya semakin melangit.
d. Eceng gondok dibuat tas, kopor, sandal, keranjang, tatakan gelas, dan tikar

15. Bacalah dan tentukan simpulan paragraf berikut!
Permainan sepakbola menuntut kemampuan teknik dasar yang baik. Teknik dasar ini merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki pemain agar dapat mengembangkan kemampuan dan keahliannya lebih lanjut. Penguasaan teknik dasar yang baik akan memberikan suguhan permainan sepak bola yang menarik.
Simpulan paragraf di atas  adalah ....
a. Teknik dasar dalam permainan sepakbola
b. Permainan sepakbola menuntuk kemampuan teknik dasar yang baik supaya menyuguhkan permainan yang menarik
c. Teknik dasar harus dimiliki pemain agar mampu mengembangkan kemampuan dan keahliannya
d. Permainan sepakbola harus disuguhkan secara menarik

16. Bacalah dan tentukan simpulan paragraf berikut!
Betakaroten atau vitamin A merupakan zat gizi penting yang diperlukan mata. Zat ini memang tidak dapat menyembuhkan kebutaan, tetapi dapat memperbaiki kondisi mata akibat kekurangan vitamin A. Sifatnya yang antioksidan dapat mencegah penyakit katarak yang kerap menimpa para lansia. Untuk itu, anak-anak perlu mengonsumsi betakaroten sejak dini.
Simpulan paragraf di atas adalah ... .
a. Betakaroten sangat penting untuk mata sehingga anak-anak perlu mengonsumsinya.
b. Betakaroten disebut juga vitamin A
c. Betakaroten tidak dapat menyembuhkan kebutaan
d. Betakaroten dapat mencegah penyakit katarak karena bersifat antioksidan

17. Bacalah dan tentukan simpulan paragraf berikut!
Minggu lalu, saya berekreasi ke Taman Tirta. Suasananya sangat menyenangkan. Sayangnya, ada hal yang membuat kami tidak nyaman. Sampah-sampah berserakan di kawasan Taman Tirta. Ternyata, fasilitas tempat sampah sangat minim sehingga tidak cukup untuk menampung sampah para pengunjung. 
Simpulan paragraf di atas adalah ... .
a. Suasana Taman Tirta sangat menyenangkan
b. Sampah-sampah berserakan di Taman Tirta karena minimnya tempat sampah
c. Taman Tirta adalah tempat rekreasi yang sangat menyenangkan walaupun banyak sampah
d. Tempat sampah di Taman Tirta sangat sedikit sehingga membuat tidak nyaman

18. Bacalah dan tentukan simpulan paragraf berikut!
 Leptospirosis adalah penyakit akibat bakteri Leptospira sp. Bakteri ini dapat ditularkan dari hewan pada manusia atau sebaliknya. Apabila tikus terinfeksi, tinja atau kencingnya dapat menularkan virus pada manusia. Penyakit ini juga disebut penyakit weil, demam sawah, demam pemotong tebu, demam lumpur, dan lain-lain. Oleh karena itu, kita harus menjaga kebersihan lingkungan
Simpulan paragraf di atas adalah ... .
a. Leptospirosis juga disebut penyakit weil, demam sawah, demam pemotong tebu, demam lumpur, dan lain-lain.
b. Leptospirosis dapat ditularkan dari hewan pada manusia atau sebaliknya.
c. Leptospirosis adalah penyakit akibat bakteri Leptospira sp.
d. Kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit leptospirosis.

19. Bacalah dan tentukan simpulan paragraf berikut!
Kantong plastik juga membahayakan penyu. Di dalam air, kantong plastik yang transparan akan terlihat menyerupai ubur-ubur. Sementara itu, ubur-ubur adalah makanan kesukaan penyu. Penyu akan mengira plastik itu adalah ubur-ubur. Jika penyu memakan plastik itu, penyu akan mati.
Simpulan paragraf di atas adalah ... .
a. Bahaya kantong plastik bagi penyu
b. Plastik transparan di laut membahayakan penyu karena bisa dikira makanannya
c. Penyu sangat suka makan ubur-ubur

d. Penyu suka makan kantong plastik yang transparan di laut
20. Bacalah dan tentukan simpulan paragraf berikut!
Pembangunan dan aktivitas manusia juga turut mengancam keberadaan penyu. Penyu bertelur di pinggir pantai. Di sisi lain, aktivitas manusia di pantai terus meningkat. Penyu jadi bingung mencari tempat untuk bertelur. Lama kelamaan, tempat tinggal penyu akan hilang.
Simpulan paragraf di atas adalah ... .
a. Pembangunan dan aktivitas manusia berpengaruh terhadap perilaku penyu
b. Pembangunan dan aktivitas manusia terus meningkat 
c. Pembangunan dan aktivitas manusia yang terus meningkat bisa menghilangkan tempat tinggal penyu.
d. Penyu bertelur di pinggir pantai


Soal Paragraf Lengkap Jawaban


  1. Seni teater sudah menjadi bagian hidup Selvi. Pertama kali ia berkenalan dengan teater saat duduk di bangku SMA. Kala itu, ia bergabung dengan komunitas teater di sekolahnya. Teater Rupawan nama komunitasnya. Alasan ia begitu menyukai teater lantaran di seni itulah ia mempelajari kehidupan. Dengan memerankan beragam peran, ia bisa memaknai kehidupan manusia. Teater baginya sudah memberikan pelajaran akan kehidupan. 
    Pernyataan berikut yang tidak benar adalah … 
    a. Selvi menyukai seni teater
    b. Pertama kali Selvi berteater ialah saat duduk di bangku SMA
    c. Teater memberikannya sumber pendapatan
    d. Selvi mempelajari kehidupan dari teater.
  2. Tiga contoh soal tersebut mengambil ragam soal dengan kutipan paragrafnya. Soal tipe itu akan selalu muncul dalam beragam tes, baik itu UTS, UAS, maupun UN. Untuk soal nomor 4 dan 5, Quipper Video Blog akan memberikan jenis soal tentang pengetahuan akan paragraf deskripsi. 
    Paragraf deskripsi yang tidak disertai opini penulis disebut … 
    a. Deskripsi subjektif
    b. Deskripsi objektif
    c. Deskripsi spasial
    d. Deskripsi waktu
  3. Di bawah ini yang bukan tujuan dari paragraf deskripsi adalah … 
    a. Memberikan informasi mengenai objek secara umum dan tidak mendetil
    b. Membuat pembaca merasakan apa yang penulis rasakan
    c. Menggambarkan atau melukiskan objek tertentu
    d. Menempatkan pembaca seolah-olah melihat objek yang ditulis
  4. Stroke tidak hanya terjadi pada otak. Hal yang sama terjadi pada mata. Stroke di otak terjadi karena adanya sumbatan pernbuluh darah otak. Hal ini dapat menyebabkan kelumpuhan sebagian anggota tubuh. Adapun stroke mata terjadi karena adanya hambatan suplai darah ke saraf rnata.
    Simpulan isi paragraf tersebut adalah ....
    a. Gangguan darah menjadi penyebab stroke otak dan mata,
    b. Stroke banyak menyerang otak melalui pembuluh darah.
    c. Stroke sangat berbahaya bagi kesehatan mata. 
    d. Stroke dapat menyebabkan kelumpuhan pada anggota tubuh.
  5. Cokelat yang sering meniadi primadona untuk memulihkan rasa stres ternyata dapat mencegah pertumbuhan jerawat yang sedang diderita oleh seseorang. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa kedokteran di University of Miami School of Medicine berhasil menemukan cokelat memiliki peran mencegah pertumbuhan jerawat. Responden dalam penelitian tersebut terdiri atas sepuluh pria berusia 18 hingga 35 tahun. Mereka diminta memakan cokelat murni sebanyak tiga hingga empat ons. Setelah itu mereka harus diet selama seminggu. Selama proses diet inilah ditemukan hormon jerawat yang kian hari kian memburuk.
    Simpulan isi paragraf tersebut adalah ....
    a. Cokelat baik untuk memulihkan stres.
    b. Cokelat diteliti oleh mahasiswa kedokteran di University of Miami.
    c. Cokelat memliki peran mencegah pertumbuhan jerawat.
    d. Responden mengalami pertumbuhan jerawat yang kian memburuk.
  6. Kelapa sawit berbentuk pohon. Tingginya dapat mencapai 24 meter. Akar serabut tanaman kelapa sawit mengarah ke bawah dan samping. Selain itu juga terdapat beberapa akar napas yang tumbuh mengarah ke samping atas untuk mendapatkan tambahan oksigen. 
    Pernyataan sesuai isi paragraf di atas adalah …. 
    a. Tinggi pohon kelapa sawit mencapai 24 cm
    b. Kelapa sawit berakar serabut
    c. Akar napas kelapa sawit mengarah tegak ke atas
    d. Akar napas kelapa sawit berfungsi untuk mengeluarkan oksigen
  7. Apakah kamu tahu? Sayuran hijau memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Kandungan zat gizinya seperti vitamin, zat besi, dan serat sangat diperlukan tubuh kita. Vitamin bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat. Zat besi bermanfaat membantu proses pembentukan sel darah merah. Sementara itu, serat sayuran berguna untuk melancarkan pencernaan. Zat-zat gizi tersebut di antaranya terdapat pada bayam, kangkung, brokoli, dan daun singkong. 
    Pernyataan yang sesuai paragraf di atas adalah … 
    a. Sayuran hijau perlu dimasak dengan benar sebelum dikonsumsi.
    b. Penderita anemia disebabkan jarang mengonsumsi sayuran hijau.
    c. Sayuran hijau mengandung semua zat gizi yang diperlukan tubuh.
    d. Kandungan gizi pada sayuran hijau, seperti serat, vitamin, dan zat besi.
  8. Hutan memiliki manfaat yang luar biasa bagi kita. Di hutan tumbuh bermacam-macam tumbuhan yang dapat mencegah banjir, erosi dan tanah longsor. Hewan-hewan juga dapat hidup bebas di hutan, kita juga dapat memanfaatkan hutan sebagai tempat wisata. 
    Pernyataan yang sesuai paragraf di atas adalah … 
    a. Hutan bermanfaat untuk menghasilkan kayu dari tumbuh-tumbuhan.
    b. Hutan hanya dapat mencegah banjir, erosi, dan tanah longsor.
    c. Hutan dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata.
    d. Bermacam-macam tumbuhan langka hidup di hutan.
  9. Hutan mangrove memiliki tiga fungsi utama, yaitu fungsi fisik, fungsi biologis, dan fungsi sosial ekonomi. Secara fungsi fisik, mangrove tak hanya melindungi pantai dari erosi saja, melainkan juga menjaga garis pantai agar tetap stabil dan mengurangi risiko akibat dampak tsunami. Fungsi mangrove secara biologis, yaitu sebagai habitat organisme biota laut yang hidup di padang lamun atau terumbu karang. Selain itu, mangrove berperan sebagai sumber keanekaragaman bagi hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme. Dalam hal sosial ekonomi, mangrove berfungsi sebagai sumber mata pencarian, tempat wisata alam, serta objek pendidikan dan penelitian. 
    Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah ... 
    a. Mangrove dapat merangkap sisa-sisa bahan organik.
    b. Mangrove dapat mencegah abrasi.
    c. Mangrove dapat menjadi habitat organisme biota laut.
    d. Mangrove dapat mencegah kerusakan ekosistem laut.
  10. Lapisan ozon menipis. Hutan-hutan tropis mulai meranggas. Gurun makin luas. Akibatnya suhu bumi meningkat, cuaca tidak menentu, dan bencana alam makin sering datang. Kesimpulannya, bumi makin kritis. Siapa sesungguhnya yang berperan dalam menjadikan planet bumi ini menjadi demikian ? Jawabnya tentu manusia sendiri!
    Berdasarkan tujuannya, paragraf di atas termasuk paragraf....
    a. Narasi
    b. Deskripsi
    c. Argumentasi
    d. Persuasi
  11. Seorang bayi dilahirkan dalam keadaan suci seperti kertas putih. Bayi akan dibentuk pribadinya sesuai dengan didikan yang diterimanya seperti kertas dapat diisi dengan berbagai hal sesuai dengan keinginan pemiliknya. Bila bayi dididik dengan baik seperti kertas yang terisi dengan hal-hal yang bermanfaat bagi siapa pun yang membacanya.Jadi, membentuk kepribadian baik seorang anak ibarat menulisi kertas putih dengan hal-hal yang bermanfaat.
    Berdasarkan tujuannya, paragraf di atas termasuk paragraf....
    a. Narasi
    b. Eksposisi
    c. Argumentasi
    d. Persuasi
  12. Patih Pranggulang menghunus pedangnya. Ia mengayunkan pedang itu dengan cepat ke tubuh Tunjungsekar. Tapi aneh, sebelum mengenai tubuh Tunjungsekar, pedang itu jatuh ke tanah. Patih Pranggulang memungut pedang dan membacokkan lagi ke tubuh Tunjungsekar.Tiga kali Patih Pranggulang melakukan hal itu. Akan tetapi semuanya gagal.
    Berdasarkan tujuannya, paragraf di atas termasuk paragraf....
    a. Narasi
    b. Eksposisi
    c. Argumentasi
    d. Persuasi
  13. Bertanam hidroponik dapat dilakukan dengan media apa saja, selain itu sistem hidroponik tidak memerlukan air terlalu banyak. Penggunaan pupuk juga tidak mencemari tanah dan lingkungan sekitar. Hasil dari bertanam hidroponik tidak kalah dengan penanaman langsung di tanah. Meskipun begitu biaya awal untuk membuat sistem hidroponik memang agak mahal, tapi ini bisa diakali dengan menggunakan bahan-bahan bekas disekliling. Itulah manfaat dan kekurangan sistem bertanam hidroponik.
    Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf di atas termasuk paragraf....
    a. Deduktif
    b. Induktif
    c. Campuran
    d. Persuasi
  14. Acara tahun baru di desaku dirayakan dengan meriah. Acara tahun baru tersebut diselenggarakan di lapangan terbuka dengan menggelar konser dan menyalakan kembang api. Banyak orang-orang yang datang ke lapangan untuk merayakan tahun baru bersama. Namun, kemeriahan tahun baru tersebut tidak diimbangi dengan kesadaran para pengunjung untuk menjaga kebersihan lapangan. Akibatnya banyak sampah makanan dan minuman yang tertinggal setelah perayaan tahun baru tersebut. 
    Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah ... 
    a. Para pengunjung acara perayaan tahun baru membuang sampah di tempat sampah
    b. Banyak pengunjung yang datang di acara perayaan tahun baru
    c. Acara perayaan tahun baru dirayakan dengan meriah dengan mendatangkan artis ibu kota
    d. Banyak sampah makanan dan minuman yang dibawa pengunjung setelah perayaan tahun baru
  15. Eceng gondok dianggap sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan. Eceng gondok dengan mudah menyebar melalui saluran air. Bagi masyarakat di sekitar pinggiran sungai, eceng gondok adalah tanaman parasit yang hanya mengotori sungai. Eceng gondok dapat menyebabkan sungai menjadi tersumbat atau meluap karena ditumbuhi eceng gondok terlalu banyak. Masyarakat di sekitar pinggiran danau juga menganggap eceng gondok adalah tanaman pengganggu yang menghalangi aktivitas mereka di danau. 
    Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah ... 
    a. Mengapa eceng gondok dianggap sebagai gulma?
    b. Eceng gondok banyak berkembang biak di saluran air
    c. Eceng gondok dikenal sebagai tanaman yang mengotori sungai
    d. Eceng gondok dianggap tanaman pengganggu di sungai karena menghalangi aktivitas penduduk di danau
  16. Buah nangka memiliki serat yang rendah kalori. Serat rendah kalori banyak mengandung kalium. Kalium dapat menurunkan tekanan darah sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung, apalagi yang mempunyai kolesterol tinggi. 
    Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah ... 
    a. Serat dalam buah nangka tidak tinggi
    b. Serat buah nangka mengandung kalsium
    c. Kalium dapat menurunkan tekanan darah
    d. Serat rendah kalori
  17. Seledri merupakan jenis tanaman herbal tegak dengan tinggi sekitar 25-100 cm. Batangnya persegi dan berjalur membujur, dengan bunga kecil putih kehijauan. Seledri berbatang kecil, sehingga seluruh bagiannya digunakan sebagai sayur. Cara mengembangbiakkannya melalui biji dan memindahkan anak rumpunnya. 
    Pernyataan yang sesuai dengan paragraf di atas adalah ... . 
    a. Tinggi seledri sekitar 25 – 100 meter
    b. Seledri termasuk tanaman herbal
    c. Batang seledri berbentuk bulat persegi
    d. Bunga seledri berwarna hijau
  18. Seledri sangat bermanfaat karena mengandung vitamin dan zat gizi. Vitaminnya seperti A, B, dan C. Adapun zat gizinya antara lain serat, sodium, kalium, magnesium, protein. Seledri juga mengandung kalsium, garam pospat, minyak asiri, dan saponin. Karena itu, seledri dapat menyembuhkan panas anak, reumatik, gagal ginjal, dan lain-lain. Seledri juga bisa menurunkan kadar asam urat, hormon stres, tekanan darah tinggi, menormalkan gula darah, serta menjaga kesehatan gigi, jantung, tulang, dan kecantikan.
    Pernyataan yang sesuai dengan paragraf di atas adalah ... . 
    a. Seledri mengandung vitamin B, C, dan D
    b. Seledri dapat menyembuhkan gula darah
    c. Seledri mengandung kalsium dan magnesium
    d. Seledri mengandung vitamin dan zat gizi
  19. Biasanya, gejala penyakit leptospirosis adalah badan kita demam dengan suhu di atas 38 derajat celcius. Kalau diabaikan dan tidak segera diobati, gejalanya akan meningkat menjadi kejang dan kaku otot. Kita harus tahu gejala penyakit ini karena kalau dibiarkan bisa menyebabkan kematian. 
    Pernyataan yang sesuai dengan paragraf di atas adalah ... . 
    a. Tikus adalah hewan penyebar leptospirosis
    b. Gejala leptospirosis adalah demam dengan suhu 38 derajat celcius
    c. Kalau tidak segera diobati, penyakit leptospirosis akan sangat membahayakan bagi yang menderita
    d. Orang yang tahu gejala penyakit lepstospirosis tidak bisa menyebabkan kematian

Jawaban:
  1. c. Teater memberikannya sumber pendapatan
  2. b. Deskripsi objektif
  3. a. Memberikan informasi mengenai objek secara umum dan tidak mendetil
  4. a. Gangguan darah menjadi penyebab stroke otak dan mata,
  5. c. Cokelat memliki peran mencegah pertumbuhan jerawat.
  6. b. Kelapa sawit berakar serabut
  7. d. Kandungan gizi pada sayuran hijau, seperti serat, vitamin, dan zat besi.
  8. c. Hutan dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata.
  9. c. Mangrove dapat menjadi habitat organisme biota laut.
  10. b. Deskripsi
  11. b. Eksposisi
  12. a. Narasi
  13. b. Induktif
  14. b. Banyak pengunjung yang datang di acara perayaan tahun baru
  15. c. Eceng gondok dikenal sebagai tanaman yang mengotori sungai
  16. c. Kalium dapat menurunkan tekanan darah
  17. b. Seledri termasuk tanaman herbal
  18. d. Seledri mengandung vitamin dan zat gizi
  19. c. Kalau tidak segera diobati, penyakit leptospirosis akan sangat membahayakan bagi yang menderita


Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian paragraf, fungsi, ciri-ciri, serta jenis-jenis paragraf yang digunakan dalam penulisan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Paragraf
  • pengertian paragraf menurut para ahli
  • pengertian paragraf menurut widjono
  • pengertian paragraf menurut kbbi
  • pengertian paragraf deduktif
  • syarat paragraf
  • fungsi paragraf
  • pengertian paragraf utama
  • unsur-unsur paragraf