7+ Contoh Teks Cerita Fabel Meliputi Pengewrtian, Ciri - Ciri Beserta Strukturnya

Terbaru, Contoh Cerita Fabel Hewan Panjang, Pendek dan Terbaik Via: proposaldansurat.web.id

Pengertian Cerita Fabel

Fabel (bahasa Inggris: fable) adalah cerita yang menceritakan kehidupan hewan yang berperilaku menyerupai manusia. Fabel adalah cerita fiksi atau khayalan belaka (fantasi). Kadang kala fabel memasukkan karakter minoritas berupa manusia. Cerita fabel juga sering disebut cerita moral karena mengandung pesan yang berkaitan dengan moral. Tokoh-tokoh cerita di dalam fabel semuanya binatang.Binatang tersebut diceritakan mempunyai akal, tingkah laku, dan dapat berbicara seperti manusia. Watak dan budi manusia juga digambarkan sedemikian rupa melalui tokoh binatang tersebut.Tujuan fabel adalah memberikan ajaran moral dengan menunjukkan sifat-sifat jelek manusia melalui simbol binatang-binatang.Melalui tokoh binatang, pengarang ingin mempengaruhi pembaca agar mencontoh yang baik dan tidak mencontoh yang tidak baik.


Struktur Teks Cerita Fabel

Sama seperti jenis cerita pada umumnya, fabel memiliki struktur cerita antaralain:
  1. Judul, yaitu kalimat yang berada di bagian paling atas cerita fabel yang berfungsi untuk mengetahui tema atau gambaran umum dari sebuah cerita fabel.
  2. Orientasi, yaitu bagian awal dalam cerita fabel untuk mengenalkan karakter, tempat dan waktu dalam cerita.
  3. Komplikasi, yaitu bagian teks dimana menceritakan munculnya suatu konflik atau masalah dalam cerita.
  4. Klimaks, yaitu puncak dari suatu konflik atau masalah.
  5. Resolusi, yaitu bagian teks yang berisi tentang penyelesaian masalah yang ada dalam cerita.
  6. Koda, yaitu bagian terakhir dalam teks yang berisi pesan-pesan maupun amanat dari pengarang.
 

Ciri-ciri Cerita Fabel

  1. Tokoh dalam cerita fabel adalah binatang.
  2. Watak tokoh yang digambarkan ada yang baik dan ada yang buruk.
  3. Cerita fabel memiliki alur maju.
  4. Latar yang digunakan adalah latar alam (sungai, hutan, kolam, dan lain-lain).
  5. Mengandung amanat atau pesan moral.
  6. Terdapat rankaian peristiwa yang menunjukkan kejadian sebab-akibat.



Contoh Teks Fabel Merpati Yang Iri Hati

Contoh Teks Fabel Merpati Yang Iri Hati
Dalam cerita fabel ini menceritakan tentang kerugian memiliki hati yang iri. Konflik yang disampaikan bukan antar tokoh, melainkan konflik kepada diri sendiri. Hubungan sosial yang baik tidak hanya diwujudkan dalam sikap nyata, namun juga perlu diwujudkan dalam kecerdasan emosional pada diri sendiri. Pesan moral ini perlu ditanamkan pada anak sejak dini agar jauh dari sifat iri hati.
Di sebuah rumah, ada dua ekor burung yang dipelihara oleh pemiliknya. Yang pertama burung merpati, dan yang kedua burung Tekukur. Setiap hari pemiliknya memberi makanan berupa jagung untuk masing-masing burung. Namun Sang Merpati merasa iri hati karena Tekukur selalu mendapatkan jagung dengan jumlah yang lebih banyak.
Suatu hari, merpati bercerita pada kucing yang juga dipelihara oleh pemiliknya. Dia menceritakan keluh kesahnya tentang pemiliknya yang dianggap tidak adil dalam memberi makanan. Kucing pun mencoba menenangkan merpati. Kucing memberikan pengertian bahwa merpati sengaja diberi makanan lebih sedikit agar tidak menjadi gemuk dan bisa terbang dengan cepat.
Merpati harus bisa terbang dengan cepat, karena sebentar lagi pemiliknya akan mengajak merpati mengikuti lomba terbang. Tentu pemiliknya berharap merpati bisa memenangkan perlombaan itu. Namun merpati tidak percaya, dia mencoba masuk ke dalam sangkar Tekukur dan memakan semua jagung milik Tekukur. Hingga dia kekenyangan dan tertidur pulas.
Tiba saatnya perlombaan dimulai. Merpati yang kekenyangan menjadi lemah saat terbang, sehingga dia kalah dalam perlombaan itu. Pemiliknya pun sedih dan merpati juga merasakan kesedihan yang sama. Merpati menyesali perbuatannya yang telah iri pada Tekukur. Ternyata, sifat iri tidak memberikan keuntungan apa-apa. Semua sudah diberikan sesuai kebutuhan masing-masing.”

Contoh Teks Fabel Semut Dan Lebah

Contoh Teks Fabel Semut Dan Lebah
Contoh cerita binatang berikutnya adalah kisah persahabatan antara semut dan lebah. Konflik yang ada pada cerita ini dikemas dengan kesulitan hidup yang dialami oleh kedua tokoh. Namun setelah itu, ada sebuah solusi yang membuat kesulitan tersebut hilang. Pesan moral ini bermaksud untuk membuat anak bersikap gigih dan pantang menyerah dalam menghadapi kesulitan.
“Di sebuah gurun pasir yang panas, seekor lebah sebatang kara terbang kesana kemari untuk mencari air dan makanan. Dia merasa sangat haus dan lapar, tetapi dia terus berusaha terbang mencari sumber makanan. Hingga lebah bertemu dengan semut yang tengah berjalan sendirian membawa telurnya.
Lebah pun menghampiri semut dan menyapanya. Mereka berkenalan, kemudian bersahabat dengan baik. Rupanya mereka sama-sama sedang mencari makanan dan minuman. Hingga di suatu tempat akhirnya mereka menemukan sumber air dan padang rumput. Mereka makan dan minum sepuasnya, serta mendirikan rumah di sana. Sungguh semua menjadi ringan dan mudah saat saling menolong.”


Contoh Teks Fabel Harimau Suka Menolong

Contoh Teks Fabel Harimau Suka Menolong
Sebuah karakter pada cerita fabel tidak harus sesuai dengan karakter di dunia nyata. Misalnya dalam cerita fabel ini, tokoh utama adalah harimau. Namun cerita ini menampilkan sosok harimau yang baik hati. Meskipun di dunia nyata harimau adalah hewan yang buas dan suka memangsa hewan lain. Dengan konflik yang ringan, pesan moral tetap menjadi prioritas utama dalam teks fabel.
“Siang itu matahari bersinar sangat terik. Harimau sedang malas keluar untuk bermain, dia memilih untuk membaca buku di bawah pohon dan di dekat kolam. Teman-teman harimau tetap asik bermain bola. Di sana ada kambing, rusa dan monyet. Mereka bermain dengan riang meski cuaca sangat terik. Namun tiba-tiba, bola tercebur ke dalam kolam.
Tidak ada yang bisa berenang diantara kambing, rusa dan monyet. Awalnya mereka saling menyuruh untuk berenang mengambil bola. Tiba-tiba harimau berlari dan segera masuk ke kolam, dia berenang untuk mengambilkan bola itu. Akhirnya semua berterima kasih kepada harimau dan kembali melanjutkan bermain bola. Menolong siapapun yang kesulitan merupakan tindakan yang terpuji .”




Baca Juga Artikel Lainnya:


Contoh Teks Cerita Fabel Tiga Ikan

Orientasi

Suatu hari, hiduplah tiga ekor ikan yang berada di sebuah kolam. Pada suatu sore, beberapa nelayan melewati kolam tersebut dan sambil melihat ikan-ikan yang berada di kolam itu."Kolam ini penuh dengan ikan", mereka berbicara satu sama lain.
"Kita belum pernah memancing di sini sebelumnya, besok pagi kita harus datang lagi kesini dengan jaring kita dan menangkap ikan-ikan ini" Kemudian nelayan itu beranjak pulang.

Komplikasi

Ikan yang paling tua mendengar para nelayan berbicara, dia pun gelisah. Dia memanggil ikan-ikan yang lain sambil berkata, "Apakah kalian dengar apa yang dikatakan nelayan itu? Kita harus segera meninggalkan kolam ini. Nelayan itu akan kembali lagi dan akan membunuh kita semua!"

"Kamu benar, kita harus meninggalkan kolam ini" Ikan tua lain setuju. Namun, ikan yang paling muda malah tertawa, "Kalian cemas tanpa ada alasan", dia berkata "Kita telah tinggal di kolam ini seumur hidup kita, dan tidak ada satupun nelayan yang datang kesini, kenapa harus mereka itu kembali? Saya tidak akan pergi kemana-mana --- keberuntunganku akan menyelamatkan ku".

Resolusi

Pada sore hari, ikan tua pun meninggalkan kolam itu bersama keluarganya. Dan ikan tua yang lain melihat datangnya nelayan itu dari kejauhan dan ia pun meninggalkan kolam tersebut dengan keluarganya.Namun, ikan muda itu tetap menolak untuk pergi. Sayangnya dia tidak beruntung, nelayan itu pun datang dan menangkap semua ikan yang masih berada di kolam dan membawanya untuk dimakan.

Koda

Iklan yang khawatir akan datangnya nelayan berhasil selamat. Sedangkan ikan yang mempercayakan keselamatannya hanya pada keberuntungan telah mati di tangkap nelayan. Begitu juga pada kehidupan ini.

Contoh Teks Cerita Fabel Seekor Rubah dan Seekor Kucing

Orientasi

Suati hari, ada seekor rubah dan seekor kucing sedang mengobrol. Si rubah adalah hewan yang sombong, yang membual betapa pintarnya dia. "Kenapa, saya tahu setidaknya seribu cara untuk menjauh dari musuh kita bersama, yaitu anjing" katanya.

Komplikasi

"Saya hanya tahu satu cara untuk menjauh dari anjing" kata si kucing. "Kamu harus mengajari saya beberapa trik menjauh dari anjing".

"Oke, mungkin suatu hari nani, saat saya punya waktu, saya bisa mengajarkan kamu beberapa trik sederhana" jawab rubah enteng.

Saat itu mereka mendengar gonggongan dari anjing dari kejauhan. Lama-kelamaan anjing itu datang ke arah mereka.

Resolusi

Seketika itu pun kucing berlari ke arah pohon terdekat dan naik ke cabang di luar jangkauan anjing tersebut "Ini adalah trik yang satu-satunya aku tahu" kata si kucing. "Mana seribu trik yang akan kau gunakan?".

Rubah itu pun duduk diam di bawah pohon, bertanya-tanya pada dirinya trik apa yang harus dipakai. Sebelum dia akan mengambil keputus, anjing-anjing tersebut tiba, dan anjing itu menghajar rubah dan mencabik-cabiknya.

Koda

Pesan moral yang dapat kita ambil dari cerita tersebut adalah satu rencana yang berjalan lebih baik daripada seribu rencana yang masih diragukan.


Contoh Teks Cerita Fabel Beruang dan Lebah


Orientasi

Pada suatu hari ada seekor beruang berjalan di sepanjang hutan sedang mencari makanannya. Beruang beriat mencari buah-buahan untuk bekal makanannya selama beberapa hari.
Tapa disengaja beruang menemukan pohon yang tumbang. Pohon tersebut ternyata dihuni oleh sekelompok lebah yang tengah membuat sarang. Beruang itu pun penasaran dengan sarang lebah tersebut.

Komplikasi

Beruang mulai mengendus-endus sarang lebah dengan hidungnya. Dengan hati-hati ia melihat ke dalam sarang. Beruang berharap lebah tidak sedang berada di dalam sarangnya, sehingga ia bisa mengambil madu yang ada.

Malang bagi beruang ternyata pada saat ia menengok ke dalam sarang, kelompok lebah sedang menuju ke sarangnya usai mencari sari makan dari bunga-bunga. Tidak dapat dihindari lagi kawanan lebah yang banyak tersebut menyerang beruang.

Resolusi

Dengan bersusah payah beruang mencoba melawannya dan berlari untuk menuju ke rumahnya. Tetapi kawanan lebah semakin ganas dan justru memanggil lebah lain yang ada di hutan. Pada akhirnya, beruang tidak bisa menghindar dan merelakan tubuhnya disengat oleh kawanan lebah.

Koda

Pesan moral atau amanat yang dapat kita ambil dari cerita di atas adalah tidak boleh tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu hal dan harus memikirkan terlebih dahulu perasaan orang lain yang mungkin terganggu dengan apa yang akan kita lakukan.



Cerita Fabel: Ulat Yang Sombong

Di sebuah hutan yang lebat, hiduplah 2 ekor ulat. Yang satu bernama Fintu yang bersifat ramah, rendah hati dan baik. Sedangkan yang satunya bernama Tuvi yang bersifat angkuh dan suka meremehkan binatang lain.
Pada suatu hari, saat Fintu sedang mencari makanan, ia bertemu Tuvi.
“Hai Tuvi, bolehkah aku meminta sedikit makananmu?” pinta Fintu.
“Hey, Fintu! Ini makananku dan tetap makananku. Sana cari makanan yang lain!” tolak Tuvi.
“B-baiklah…” Fintu menunduk dan berlalu.
Lain hari, akan ada pesta hutan. Semua binatang diundang. Putha si burung hantu dengan gesitnya membagikan undangan berupa daun itu dimalam hari dan menaruhnya di depan pintu rumah para binatang.
Esok harinya, terdengar sorakan dari para binatang.
“Asyik! Pasti di sana ada banyak makanan! Aku bisa makan sepuasnya!” sorak Cattya si anak kucing.
“Aku juga bisa makan biji-bijian, kan? Oh ya, bagi para ulat kalian tenang saja, aku tak akan memakan kalian, kok!” pekik Chacky si ayam jago.
Fintu hanya tersenyum mendengar pernyataan teman-temannya itu
Namun tiba-tiba…
“Ah, ini hanya pesta kecil! Lihat saja, suatu saat nanti, aku akan membuat pesta yang lebih besar!” Dengan angkuh Tuvi berkata.
“Tuvi! Kau tak boleh begitu!” seru Piku si beruang madu.
“Huh! Biarkan saja!” balas Tuvi sambil pergi.
Beberapa hari kemudian, Tuvi dan Fintu sudah menjadi kepompong. Mereka menjalani hidup sebagai kepompong biasa.
Beberapa minggu kemudian, mereka sudah keluar dari kepompongnya. Tak disangka, sayap Tuvi ternyata berwarna hitam! Sedangkan Fintu malah berwarna-warni.
Tuvi tahu, ini akibat keangkuhannya. Ia sangat menyesal.
Tamat

Cerita Gajah, Kerbau dan Harimau

Suatu hari ada seekor kerbau mencari gajah didalam hutan. Kerbau tersebut mencari gajah untuk menemaninya mencari makanan dihutan. Setelah lama mencari akhirnya kerbau melihat gajah yang sedang berjalan. Gajah tersebut mau menemani kerbau untuk mencari makanan, tetapi sebelum bertemu gajah sang kerbau menemui harimau terlebih dahulu. Sang kerbau juga meminta harimau untuk menemaninya mencari makanan dihutan dan harimau menerima ajakannya. Setelah kerbau mengumpulkan gajah dan harimau. Kemudian mereka berusaha melakukan perburuan makanan bersama. Mereka berusaha menangkap hewan hewan lain dan merebut makanan hewan lain juga. Ketiga hewan itu bekerja sama untuk memburu makanan dihutan.
Hewan hewan tersebut mulai dari pagi sampai sore mencari makanan. Mereka berhasil menangkap hewan lain dan merebut makanannya. Berbagai jenis makanan dikumpulkan mulai dari buah buahan sampai hewan hewan hidup. Harimau menunjuk kerbau untuk membagi makanannya. Kerbau tersebut menghitung banyaknya makanan dan membagi tiga dengan adil. Sang harimau merasa tidak adil dan marah, akhirnya ia menerkam kerbau dan tumpukan makanannya menjadi bertambah. Setelah itu harimau menunjuk gajah untuk membagi makanannya. Akhirnya karena harimau merasa masih kurang akhirnya ia juga menerkam gajah. Harimau tersebut serakah karena merasa kekurangan makanan dan menerkam kedua temannya tadi.
Pesan moral dari contoh cerita fabel pendek diatas ialah jangan memiliki sifat serakah dan kurang agar tidak dijauhi oleh orang lain. Karena pada suatu hari kita akan membutuhkan bantuan orang lain juga. Namun pada akhirnya orang lain tidak mau untuk membantu kita.

Cerita Fabel: Semut dan Belalang

cerita hewan semut dan belalang
Di musim panas yang hangat dan cerah sedikit menggoda Belalang untuk memainkan biola kesayangan sambil bernyanyi dan menari. Hampir setiap harinya itulah yang dilakukan belalang. Ia tidak terpikir untuk melakukan aktifitas lainnya seperti bekerja atau bersiap untuk mengumpulkan bekal musim dingin.
Sedikit pun tidak pernah terlintas dalam benak belalang bahwa musim panas yang sedang dinikmatinya sekarang sudah akan berakhir. Musim panas yang membuatnya ceria sudah akan berganti ke musim dingin, dimana hujan akan turun dengan lebat disertai suhu udara yang sangat rendah.
Disaat belalang sedang asiknya bermain biola, dia melihat semut yang sedang giat melewati rumahnya. Belalang yang masih riang tersebut ingin mengajak semut bermain bersama dan semut pun diundangnya untuk bersenang-senang ke kediaman belalang.
Tak disangka belalang ternyata semut menolak undangan belalang dengan santun, semut berkata pada belalang,
“Maaf Belalang, aku masih ingin bekerja untuk bekal di musim dingin. Aku harus mengumpulkan cadangan makanan yang banyak serta memperbaiki tempat tinggal agar lebih hangat.”
“Berhentilah memikirkan hal yang tidak penting semut, mari kita bernyanyi dan bersenang-senang, ayolah nikmati hidup kita”, Sanggah belalang. Belalang pun masih dengan kebiasaannya untuk bersenang-senang tanpa memikirkan apapun.
Tidak disangka musim panas berakhir jauh lebih cepat dari pada biasanya. Belalang yang terbiasa gembira lantas panik bukan main. Ia tidak memiliki persediaan makanan yang cukup ditambah rumahnya yang rusak dan tidak layak huni karena diterjang badai.
Dengan harapan tinggi dan lunglai belalang menuju rumah semut dan meminta bantuan untuk diperbolehkan tinggal bersama dan meminta makan. Mendengar permohonan tersebut semut menjawab, “Maafkan aku belalang aku tidak bisa membantumu, rumahku terlalu sempit untukmu, dan bekalku hanya cukup untuk keluargaku saja”.
Belalang akhirnya pun meninggalkan rumah semut dengan rasa menyesal dan sedih. Dalam hati ia bergumam, “Andai saja aku mengikuti nasihat semut saat itu untuk bekerja keras, pasti saat ini aku bisa kenyang dan tidur nyenyak di dalam rumah”.
Tamat.






Penelusuran yang terkait dengan Teks Cerita Fabel
  • contoh teks cerita fabel panjang
  • cerita fabel pendek dan singkat
  • cerita fabel sedang
  • cerita fabel singkat 3 paragraf
  • cerita fabel singkat 5 paragraf
  • cerita fabel dan pesan moralnya
  • cerita fabel singkat 1 paragraf brainly
  • cerita fabel pendek si kancil