10+ Contoh Surat Pribadi Meliputi Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur Bagian dan Jenis/Macam

Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak, Teman, Sahabat, Orang Tua, Guru Via: kampungilmu.web.id

Pengertian Surat Pribadi

Surat pribadi adalah jenis surat yang berisi keperluan pribadi yang biasanya ditulis secara pribadi dan ditujukan kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang tidak baku.Secara garis besar, sebenarnya surat pribadi tidak memiliki peraturan yang mengikat. Surat pribadi bisa ditulis menurut selera masing-masing penulis.Walaupun begitu,etika dan penggunaan bahasa yang sopan tentu saja harus tetap diperhatikan sesuai latar belakang dan kepada siapa surat itu akan dilayangkan.

Ciri-ciri Surat Pribadi

Surat pribadi setidaknya memiliki 5 ciri berikut:
1. Tidak memiliki kop surat
2. Tidak memiliki nomor surat
3. Salam pembuka ataupun penutup sangat bervariasi dan lebih bersifat santai, non formal
4. Penggunaan bahasa bebas (tidak baku) sesuai keinginan penulis
5. Format surat bebas


Ciri-ciri Kebahasaan Surat Pribadi


Selain ciri-ciri umumnya ada pula ciri-ciri bahasa surat pribadi. Penjelasannya sebagai berikut.
  1. Menggunakan kata sapaan yang bersifat pribadi
  2. Menggunakan bahasa yang tidak formal namun santun
  3. Menggunakan ragam bahasa tergantung pada penerimanya
  4. Menggunakan kata sapaan seperti orang yang sedang berbicara pada umumnya
  5. Menggunakan kata ganti orang pertama untuk pengirim surat dan kata ganti orang kedua untuk penerima surat. 

Dalam Tarigan (1994:33) mengungkapkan dua ciri utama bahasa pribadi dalam surat yakni kewajaran dan keterus-terangan:
  1. Kewajaran dalam tulisan akan datang dengan sendirinya dengan menulis secara efektif, tepat guna, dan untuk mencapai hal itu harus mengenai diri kita sendiri.
  2. Keterus-terangan atau kejujuran dalam menuliskan apa yang dirasakan, percayai, dan pikirkan, bukan hal yang diharapkan orang lain. Ini berarti memberikan kebebasan dalam menulis seperti halnya berbicara dengan teman karib, mengatakan hal-hal yang mungkin/tidak pernah dikatakan pada orang lain sebelumnya. Ini menuntut pengutaraan nada khas dalam tulisan, pilihan kata-kata, penggunaan frase-frase dan pemanfaatan kalimat.

Adapun ciri-ciri yang lain yakni;
  1. Isinya hidup, maksudnya bahasa yang digunakan dalam menulis bersifat komunikatif.
  2. Menarik, bahasa yang digunakan lebih akrab, karena mungkin muncul bahasa yang hanya dipahami oleh kedua belah pihak.
  3. Tidak formal, bahasa yang digunakan tidak terikat pada aturan-aturan yang baku sehingga penggunaannya bebas.
  4. Riang penuh semangat, biasanya bahasa surat pribadi memiliki bahasa yang menyenangkan, karena menceritakan pengalaman-pengalaman yang baru.

Struktur Surat Pribadi

Di atas sudah dijelaskan bahwa teks surat pribadi tidak mempunyai standar resmi atau acuan didalam pembuatanya. Dalam penulisan surat pribadi bebas akan menulis apa sesuka dengan sang penulis.
Tetapi dalam teks surat pribadi juga harus memperhatikan beberapa bagian penting hal tersebut bertujuan untuk menghundari beberapa kesalahan.Oleh karena itu kamu akan menjerlaskan secara lengkap tentang bagian-bagian dari surat pribadi yang wajib diketahui.
Struktur surat pribadi:
  1. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat
  2. Alamat Penerima
  3. Mencantumkan Kata Sapaan
  4. Paragraf Pembuka
  5. Bagian Isi Surat
  6. Bagian Penutup
  7. Nama Penulis dan Tanda Tangan
Penjelasannya:

1. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat

Tempat dan tanggal pembuatan surat merupakan bagian dari surat pribadi yang sangat penting karena sama dengan beberapa surat lainnya yang ditemui.Hal tersebut sangat penting karena tidak boleh dilewatkan untuk bagian tempaty dan tanggal pembuatan surat walaupun yang dibuat adalah surat pribadi.Tempat dari penulisan tempat dan tanggal tersebut pada umumnnya terletak pada bagian sebelah atas kanan atau kiri surat.Pada bagian bulanya lebih baik ditulis dengan huruf kapital. Pada bagian dari pemisah tempat dan tanggal biasanya menggunakan tanda komadan diakhiri dengan tanda titik.Saat surat tersebut dibuat dengan cara diketik lebih baik tempat dan tanggal tulisan dicetak tebal.
Contohnya yaitu sebagai berikut:
  • Semarang, 14 Februari 2019.
  • Semarang, 14-02-2019.
  • Semarang, 14/02/2019

2. Alamat Penerima

Selain dari tempat dan tanggal pembuatan surat sang penulis surat juga harus menyertakan alamat untuk penerimaseperti yang ada pada surat resmi pada umumnya.Pada bagian tersebut juga harus menulis juga sang penerima surat tersebut, dalam hal tersebut biasanya diawali dengan menulis namanya terlebih dahulu.Disamping hal tersebut juga kata sapaan penting untuk dicantumkan didalam surat tersebut. Sebagai contoh dari kata sapaan tersebut adalah seperti temanku, sahabatku,kekasihku dan masih banyak yang lainnya.Selanjutnya adlah menulis nama kota surat pribadi. Penulis tidak harus menuliskan nama asli dari kota tersebut bisa saja dengan menggunakan julukan dari kota tersebut.Contohnya saja yogyakarta kota pelajar, Malang kota pelajar, Dieng negeri atas awan.
Berikut dari contoh penulisan alamat pada jenis surat pribadi.
Kepada Sahabatku Terbaikku, Daniel saputra
Di Bandung
Untuk Teman Terbaikku,
Di Aceh
Dari beberapa contoh tersebut kamu bisa memberikan beberapa kreasi atau variasi sesuai dengan minat masing-masing.Yang paling penting alamatnya dan juga bahasanya juga haris jelas dan mudah untuk dipahami oleh pembaca.

3. Mencantumkan Kata Sapaan

Bagian penting yang tidak boleh terlewatkan sleanjutnya adalah mencantumkan kata sapaan. Sifat dari kata sapaan ini tidak resmi atau non-formal.Sang penulis dan pembaca surat bisa menggunakan bahasa yang pada umumnya digunakan dalam waktu sehari-hari.Tujuan dari penggunaan kata sapaan tersebut adalah untuk mempererat suatu hubungan dari sang penulis dan juga pembaca surat.Walaupun menggunakan bahasa yang sering digunakan dalam sehari-hari tetap harus menggunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti agar tidak melukai atau menyinggung sang pembaca surta.Kami akan memberikan beberapa contoh dari penulisan sapaan surat pribadi yang bisa dijadikan sebagai referensi atau rujukan saat anda ingin membuat teks surat pribadi:
  • Assalamuallaikum
  • Halo temanku
  • Salam kangen
  • Salam manis
  • Hay cantik
  • Kakaku yang baik
  • Dan masih banyak lainnya

4. Paragraf Pembuka

Pada bagian paragraf pembuka dalam surat pribadi masih sama dengan surat-surat pada umumnya, yaitu menggunakan paragraf pembuka.Tetapi penting juga bahwa dari penulisan pembuka surat tersebut berbeda dengan paragraf pembuka surat lainnya. Pada umumnya pada bagian pembuka biasanya meluapkan isi hati baik itu meluapkan suatu kerinduan atau ungkapan atau yang lainnya.
Didalam penulisan pembukan tidak diwajibkan untuk menggunakan bahasa yang formal. Sang openulis bisa menggunkan bahasa yang dipakai sehari-hari agar terkesan lebih santai.Sang penulis biasanya juga memasukan kalimat basa-basi pada bagian pembuka agar terlihat lebih akrab karena sudah lama tidak saling menyapa.Tentu saja sang penerima surat atau sang pembaca juga akan merasa semakin dekat dengan sang pengirim surat walaupun sudah lama tidak bertemu.

5. Bagian Isi Surat

Dari beberapa bagian yang sudah dijelaskan selanjutnya adalahinti atau isi dari surat pribadi. pokok dari dibuatnya surat pribadi adalah pada bagian ini.Pada umumnya yang dituliskan pada bagian tersebut adalahg maksud atau tujuan dari dibuatnya surat pribadi tersebut.Contohnya saja seperti mengungkapkan rasa yang ada didalam hatinya atau bisa saja unek-unek yang sedang terjadi pada sang penulis surat.Bisa juga dengan menyertakan rasa kangen yang sedang dirasa atau meberikan kabar baik atau kabar buruk dan masih banyak lainnya.Selain hal tersebut sang penulis juga bisa mengisi bagian surat pribadi dengan pengalam yang berkesan atau penting yang dilaluinya baik itu bahagia ataupun sedih.Pada penulisan bagian isi surat juga tidak harus terlalu formal.Tulis saja dengan bahasa yang sopan dan mudah untuk dimengerti sang pembaca surat dan usahakan tidak berbelit-belit agar sang pembaca tidak kesulitan untuk memahami isi surat tersebut.

6. Bagian Penutup

Bagian selanjutnya yang tidak boleh untuk terlewatkan adalah bagian penutup. Pada umumnya yang ditulis dalam bagian penutup adalah mengatakan permohonan maaf kepada sang pembaca surat.
Selain hal tersebut juga bisa untuk memberikan berbagai ucapan terima kasih dan harapan agar lebih akrab. Dalam bagian penutupp surat sebaiknya ditulis jangan terlalu banyak.
Penulisan penutup yang baik yaitu sekitar 2-3 kalimat saja dan mudah untuk dipahami. Saat menulis bagian penutup dengan cara yang bertele-tele maka akan merusak kerapian dari teks surat pribadi.

7. Nama Penulis dan Tanda Tangan

Pada bagian akhir dari tejks surat pribadi yaitu menulisakan nama terang dan tanda tangan si penulis atau si pengirim. Bagian tersebut biasanya di tulisakn pada bagian bawah pojok kanan atau kiri dari surat.Nama dan juga tanda tangan yang dicantumkan biasanya ditulis dengan cara singkat dan jelas.
Dan jangan lupa juga dengan memberikan tanda tangan pada bagian bagian tersebut karena kebanyakan lupa untuk memberikan tanda tangan.Walaupun itu surat pribadi yang termasuk bukan surat resmi atau formal tetapi sangat penting untuk memberikan tanda tangan.Selain kelengkapan dari surat tersebut tanda tangan juga berfungsi untuk menyakinkan kepada sang pembaca surat kalau surat tersebut benar-benar dari sang penulis.Beberapa dari bagian yang harus ada dalam surat pribadi tersebut harus benar-benar untuk dipahami satu sama yang lainnya.Jangan sampai ada yang tidak ditulis atau terlewatkan dalam surat tersebut atau memberikan efek yang kurang enak untuk dibaca atau kurang sempurna.





Baca Juga Artikel Lainnya:

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Kecil

Malang, 19 November 2018
Untuk Sahabatku,
Okta Via
Di Surabaya
Assalamualaikum, Wr. Wb.
Hallo Vi, gimana kabarmu? Baik-baik saja kan Vi? Aku harap kamu di Surabaya berada dalam keadaan yang sehat. Semoga kamu dan keluargamu juga selalu berada dalam kebahagiaan dan lindungan Allah SWT. Aamiin.
Vi, kangen sekali aku rasanya. Sudah berapa lama ya Vi kita tidak bertemu, tepatnya semenjak kita lulus SD dan kamu memutuskan untuk pindah ke Surabaya. Mungkin sudah sekitar dua tahun yang lalu ya Vi kita terakhir bertemu. Dan sejak saat itu aku tidak pernah lagi mendengar kabar tentangmu. Semoga kamu masih selalu ingat denganku ya Vi.
Oh iya Vi, aku ada kabar baik nih buat kamu. Sepertinya aku dan keluargaku berencana datang ke Surabaya untuk mengunjungi saudaraku yang akan menikah disana. Kemungkinan besar aku akan ikut Vi kalau tidak ada jadwal ujian disini.
Aku harap ketika aku di Surabaya, aku bisa bertemu denganmu ya Vi. Nanti kita main bareng lagi seperti jaman SD dulu. Aku masih ingat sekali dulu saat dimana kamu dan aku mencoba bereksperimen membuat berbagai macam makanan. Walaupun rasanya sedikit aneh dan gosong, tapi kita tetap tertawa sambil memakan makanan itu ya Vi.
Tapi, kalau sekarang ini aku sudah bisa memasak sedikit-sedikit loh Vi. Jadi, kalau nanti aku bertemu kamu, aku udah siap nih memasak segala jenis makanan. Dan pastinya kali ini nggak gosong lagi dan rasanya juga lumayan lah bisa dinikmati.
Vi, sekian dulu ya kabar dari aku, sampaikan salamku sama ibumu yang cantik dan baik hati itu ya. Jaga kesehatan terus ya Vi, jangan sakit sampai aku datang kesana. Sampai berjumpa di Surabaya ya Vi.


Sahabatmu,
Abel


Contoh Surat Pribadi Untuk Minta Maaf Pada Teman

Surabaya, 25 April 2018
Putri Puspitasari
Di Yogyakarta
Putri temanku tercinta,
Aku ingin meminta maaf padamu Put atas sikapku yang mungkin keterlaluan waktu itu. Jujur, aku sangat menyesal sudah menuduhmu yang aneh-aneh. Setelah aku telusuri, memang aku yang salah Put. Saat itu, aku terbawa emosi dan tidak bisa berpikir secara jernih.
Aku menulis surat ini untuk meminta maaf sekaligus untuk memberikan penjelasan tentang apa yang sebenarnya terjadi. Saat itu, aku sedang berselisih paham dengan Fatiyah. Kamu tahu sendiri kan Put, kalau aku dan Fatiyah sudah bersahabat sangat lama semenjak kami masih duduk di bangku SMA.
Semenjak Fatiyah mulai ikut kelas tari, aku jarang berkomunikasi dengan dia. Dia sering menghabiskan waktu luangnya bersama kamu dan teman-teman kelas tari lainnya. Sebab hal itu, aku jadi sering sendirian dan mulai berpikir yang macam-macam. Bahkan, aku mulai berpikiran buruk tentangmu yang merebut sahabatku.
Tapi kini aku sadar dan aku juga sudah berbicara mengenai hal ini dengan Fatiyah. Ternyata kami hanya salah paham dan tidak terbuka antara satu sama lain. Dan memang aku yang egois. Aku tidak pernah bisa mendengarkan curahan hati Fatiyah tentang masalahnya, tapi aku selalu bercerita padanya tentang masalahku.
Sekali lagi, aku minta maaf karena marah padamu dan menyalahkanmu Put. Aku hanya sedih saja waktu itu. Aku harap kamu mau menerima permintaan maafku ini. Dan aku harap aku, kamu, dan Fatiyah bisa kembali menjadi teman lagi seperti dahulu. Aku minta maaf yang sebesar-besarnya ya Put kalau misalkan kamu tersakiti dengan kata-kataku.

Salam hangat,
Rina


Contoh Surat Pribadi Menceritakan Keadaan Diri Kepada Sahabat

Solo, 17 Maret 2018
Untuk Sahabat Terbaikku, Nina
Di Palembang
Assalamualaikum Nina.
Hai Nina, Alhamdulillah aku baik-baik saja disini. Aku juga sangat senang mendengar kabar kalau kamu juga baik-baik saja disana. Kamu benar Nin, sekarang aku sudah bertambah tinggi loh. Mungkin bisa lebih tinggi dari kamu. Hehe.
Aku juga sangat rindu dan ingin segera bertemu denganmu. Pastinya kamu juga semakin cantik dan tambah imut ya. Mengenai kehidupanku disini, syukurlah aku sekarang sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar tempat tinggalku. Bahkan, sekarang aku sudah mulai bisa berteman dengan anak-anak di kompleks rumahku.
Disini ternyata orangnya ramah-ramah Nin tidak seperti yang aku pikirkan pertama kali. Aku juga bertemu dengan seorang anak yang bernama Syifa. Dia anaknya cantik dan lucu seperti kamu. Syifa juga suka sekali dengan tokoh doraemon mirip sekali dengan kamu ya kan.
Oh iya Nin, bulan depan aku mengikuti seleksi lomba seni tingkat Provinsi. Jika aku menang, lomba tingkat Nasional berikutnya akan diselenggarakan di Kota Palembang. Jadi, kalau aku bisa menang saat seleksi bulan depan, maka aku bisa pergi ke Palembang.
Doakan aku supaya bisa menang ya Nin biar kita bisa bertemu di Palembang. Soalnya aku sudah kangen berat ini sama kamu. Kangen cerita bareng, makan bareng, bahkan aku kangen sama candaan kamu yang lucu. Nanti, kalau aku ke Palembang, aku bawakan kamu lukisan spesial dari aku khusus buat kamu ya Nin.
Cukup sampai disini dulu ya Nin. Kamu jangan lupa semangat dalam menjalani hari-hari sekolahmu yang luar biasa. Jangan lupa belajar ya Nina. Dan pastinya jangan lupakan aku. Salam kangen juga ya dari aku untuk kedua orang tuamu. Aku tunggu surat balasan dari kamu ya Nin. Sampai jumpa di lain waktu.

Salam hangat,
Aisyah


Contoh Surat Pribadi untuk Kakak


Semarang, 11 April 2018
Teruntuk Kak Vanya
Di Malang
Asslamu’alaikum
Hai kak, bagaimana kabarnya? Semoga kakak tidak ada kekurangan suatu apapun dan di sini kabarku juga baik-baik saja seperti yang kakak harapkan. Oh ya kak, sudah hampir 3 tahun kita tidak perlu ketemu dan di sini aku sangat merindukanmu. Aku tahu kakak sedang sangat sibuk bekerja dan aku juga disibukkan oleh kegiatan kuliah beserta tugas-tugasnya. Kak, semester ini aku sedang ngerjain skripsi. Doain cepat selesai dan cepat lulus ya. Supaya nanti segera bisa mengunjungi kakak di Malang.
Ayah ibu titip salam buat kakak. Salam rindu dan semoga selalu sehat di sana. Jangan lupa memberi kabar apapun jika ada masalah. Ayah ibu juga bilang sangat kangen dengan cucunya di Malang. Oh ya, nanti kalau aku main ke Malang ajak aku main-main ya, ke Bromo. Sudah dulu ya kak. Sampai ketemu di masa liburan nanti.
Wassalamu’alaikum
Salam kangen


Adikmu

Isna


Contoh Surat Pribadi Pendek untuk Sahabat


Jakarta, 15 Mei 2018
Teruntuk Sahabat baikku,
Di Sumatera
Assalamu’alaikum
Hai vin, syukur Alhamdulillah aku dalam keadaan sehat tanpa halangan suatu apapun. Aku sangat bersyukur kepada Tuhan karena kabarmu juga baik-baik saja. Kita sudah lama ya tidak bertemu. Aku benar-benar sudah tak sabar ingin kembali bertemu denganmu untuk sekedar bercerita tentang pengalaman-pengalaman kita. Pasti sekarang kamu tambah cantik dan dewasa. Oh ya, tentang kehidupanku yang sekarang, aku betah sekali tinggal di tempat ini walaupun awalnya sangat susah untuk adaptasi. Maklumlah karena hiruk pikuknya Jakarta yang sangat sesak dan kurang ramah.
Aku sangat meridukanmu vin. Rindu dengan semua kehidupan dan kebiasaan di desa. Juga sangat rindu dengan teman-teman semua yang ada di sana. Saking kangennya, aku jadi bermimpi bahwa semalam kita bermain bersama. Oh iya, kebetulan ada kabar yang baik untukmu. Kini aku sudah diterima di Universitas Indonesia di jurusan Kajian Perempuan. Aku berhasil bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pendaftar yang lain loh. Aku belajar dengan sangat giat untuk itu dan karena itu aku berhasil diterima di Universitas yang dulu kau bilang sangat bagus ini.
Vin, kamu harus belajar dengan sangat giat agar hidupmu diberi kemudahan. Jangan lupa pula untuk berdoa supaya cita-citamu dikabulkan. Dan yakinlah aku senantiasa mendoakanmu dari sini. Aku akan tunggu kamu di sini. Dan kamu harus semangat ya.
Aku kira cukup sampai di sini dulu kabar dan harapan dariku. Semua keluargamu titip salam kepadamu. Semoga suskes selalu dan dalam lindungan Allah.
Wassalamu’alaikum
Sahabat baikmu
Ttd
Inez

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat Kecil

Bogor, 4 Juni 2018
Sahabatku,
Ari ristiawan
Di Cikadut
Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Hai Ar, apa kabar? Apa kamu sehat-sehat saja? Semoga kamu dan keluarga senantiasa diberikan kesehatan dan kebahagiaan oleh Allah SWT. Aamiiin.
Sudah lama rasanya kita tidak berjumpa, sudah hampir dua tahun yang lalu Ar, tepatnya saat aku dan keluarga memutuskan untuk pindah ke Bogor.
Sejak saat itu aku tidak pernah lagi mendengar kabar tentangmu Ar. Aku berharap kamu senantiasa berada dalam lindungan dan kasih sayang Allah SWT di manapun berada.
Akhir bulan ini aku dan keluarga berencana pulang ke Bandung untuk menjenguk nenek. Aku berharap pada hari itu bisa ikut rombongan untuk menjenguk kampung halaman sekalian bersilaturahmi dan bernostalgia dengan kalian wahai para sahabat kecilku yang sangat ku rindu.
Namun apa boleh buat, Allah berkehendak lain tentang rencana ini. Hari itu ternyata aku ada ujian semester dan juga presentasi di kampus. Dengan berat hati nampaknya perjumpaan kita harus diundur, dan aku belum tahu kapan.
Semoga secepatnya kita bisa bertemu ya Ar.
Oh iya Ar, sekian dulu ya, sampaikan salam sekaligus permintaan maafku kepada sahabat-sahabat yang lain. Katakan pada mereka kalau aku sangat merindukan kebersamaan kita dulu saat masa kecil.
Sahabatmu,

Dadang

Contoh Surat Pribadi untuk Keluarga


Contoh surat pribadi yang pertama adalah surat pribadi untuk keluarga. Surat ini biasanya diberikan oleh salah seorang anggota keluarga untuk anggota keluarga yang lain. Biasanya yang mengirim surat pribadi untuk keluarga adalah anggota yang berada di tempat jauh. Bisa anak yang sedang melanjutnya studi, bisa orang tua yang merantau atau tugas di daerah tertentu dan lain sebagainya. Membuat surat pribadi untuk keluarga tidaklah sulit. Berikut ini adalah contoh dari surat pribadi untuk keluarga yang bisa dijadikan sebagai rujukan.
Yang tersayang, keluargaku
Di tempat
Assalamu’alaikum wr. wb.
Ayah, ibu dan kakak adikku semua, bagaimana dengan kabar kalian? Aku berharap senantiasa ada di dalam lindungan Allah SWT. Ku harap semuanya saja dalam kondisi sehat. Ayah dan Ibu tidak kecapean kan? Jangan terlalu memforsir tenaga ya biar tetap sehat.
Sesungguhnya, tujuanku menuliskan surat ini alasannya karena ingin berbagi kabar gembira kepada kalian semua. Dan aku rasa tidak akan lengkap jika ayah, ibu dan keluarga semua tidak mendengar kabar gembira ini. Ayah, ibu dan semua yang ada di rumah, alhamdullillah, kini skripsiku sudah selesai. Sebentar lagi akan mengikuti sidang akhir jika tidak ada kendala. Artinya, beberapa bulan ke depan aku akan diwisuda. Aku sudah gak sabar untuk bisa bertemu dan bersama-sama dengan kalian semua, terutama dengan ibu. Mohon doa agar aku bisa lulus dengan predikat yang baik dan kita bisa berkumpul bersama.
Sekian surat dariku,
Anakmu

Della


Contoh Surat Pribadi untuk Guru


Bandung, 11 Mei 2018
Salam Hormat,
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Halo bagaimana kabar bapak? Apakah bapak masih ingat dengan saya? Saya yakin bapak pasti tidak luipa dengan saya, murid kesayangan bapak di masa sekolah dulu. Saya sejak dulu terkenal sebagai murid bapak yang sama sekali tidak paham dengan yang namanya pelajaran matematika. Karena itu, tidak jarang saya meminta tambahan waktu untuk belajar mandiri kepada bapak sepulang sekolah.
Apakah bapak masih ingat dengan janji saya? Dulu saya pernah memiliki janji kalau suatu hari nanti akan bisa seperti bapak. Sekedar memberikan kabar bahwa sekarang itu sudah saya buktikan pak. Saat ini, Alhamdulillah saya diberi kesempatan untuk menjadi guru SMP di Bandung. Semua yang saya miliki sekarang ini tidak lepas dari bantuan dan doa dari bapak. Karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih untuk semua yang telah bapak berikan kepada saya.
Di masa liburan nanti, saya berencana untuk menemui bapak di Lampung. Apakah bapak masih tinggal di rumahnya yang dulu? Cukup sekian surat dari saya bapak. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Saya sangat menunggu balasan dari bapak. Terima kasih bapak.
Salam muridmu,
Abdi Ramadhan


Demikianlah artikel hari ini tentang Pengertian Surat Pribadi, Ciri-Ciri, Struktur Bagian dan Jenis/Macam. Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Surat Pribadi
  • pengertian surat pribadi menurut para ahli
  • jenis-jenis surat pribadi
  • pengertian surat dinas
  • macam-macam surat pribadi
  • tuliskan bagian-bagian atau struktur dari surat pribadi
  • simpulkan ciri surat pribadi
  • isi surat pribadi lebih dititikberatkan pada
  • prosedur pembuatan surat pribadi