Contoh Teks Eksemplum Singkat Beserta Unsur, Ciri, dan Struktur Lengkap

Teks Eksemplum - Pengertian, Ciri, Struktur, Unsur dan Contoh Via: Referensisiswa.my.id

Pengertian Teks Eksemplum

Daftar Isi Artikel Ini :
Teks eksemplum adalah teks cerita yang menceritakan tentang perilaku atau tokoh dari sebuah cerita. Ceritanya diawali dengan pengenalan tokoh, setelah itu membahas peristiwa apa saja yang dilalui oleh tokoh, dan diakhiri dengan interpretasi dari dalam diri tokoh tersebut.
Teks eksemplum termasuk kedalam karya sastra yang isinya menjelaskan tentang pengalaman hidup seseorang. Berawal dari sebuah peristiwa yang dialami oleh tokoh dan kemudian dari peristiwa tersebut terdapat hikmah yang dapat diambil. Tujuannya agar tidak melakukan kesalahan yang sama di kemudian hari.

Ciri-Ciri Teks Eksemplum

Teks eksemplum mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Berisi tentang suatu peristiwa yang tidak di inginkan oleh tokoh.
  2. Mempunyai nuansa naratif.
  3. Pada umumnya menceritakan tentang pengalaman pribadi seseorang.
  4. Terdapat perubahan perilaku pada tokoh untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.
  5. Menunjukkan urutan peristiwa atau kejadian yang jelas.


Struktur Teks Eksemplum

Berikut adalah penjelasan tentang struktur teks eksemplum :
  1. Abstrak, adalah inti dari suatu peristiwa sebagai pengantar yang menggambarkan peristiwa yang akan diceritakan.
  2. Orientasi, adalah bagian awal dari teks eksemplum, biasanya berisi tentang pengenalan tokoh.
  3. Insiden, adalah bagian yang menjelaskan tentang kejadian-kejadian yang dialami oleh tokoh. Biasanya tokoh mendapatkan suatu permasalahan atau persoalan.
  4. Interpretasi, adalah bagian yang menjelaskan tentang pesan moral, evaluasi, dan akibat yang timbul karena tindakan tokoh. Interpretasi hampir sama dengan koda yang terdapat pada struktur teks anekdot.
  5. Koda, adalah bagian penutup dalam cerita

Kaidah Unsur Kebahasaan Teks Eksemplum

Mirip dengan unsur teks prosedur kompleks yang banyak menggunakan konjungsi, nah pada unsur kebahasaan teks eksemplum ini pun terdapat konjungsi, berikut adalah unsur-unsur dalam teks eksemplum ini:
  1. Menggunakan Kalimat Kompleks
  2. Menggunakan Konjungsi (penghubung)
  3. Menggunakan Kata Rujukan
  4. Menggunakan Kata Kerja


Karakteristik Teks Eksemplum

Dibawah ini merupakan beberapa karakteristik dari teks Eksemplum yang wajib untuk kamu ketahui, antara lain sebagai berikut :
  1. Isinya itu berupa sebuah kejadian atau peristiwa mengenai hal yang tidak sering terjadi.
  2. Membuat sang tokoh itu merasa menyesal atas kejadian yang terjadi.
  3. Penulis ada di dalam tulisan tersebut yaitu pada bagian interpretasi serta koda.
  4. Terdapat nilai – nilai yang dapat dijadikan pelajaran bagi tiap-tiap pembaca.


Contoh Teks Eksemplum Tentang Pendidikan

contoh teks eksemplum tentang pendidikann

Larangan tidak diperkenankan membawa HP ke Sekolah

HP atau hand phone adalah gadget yang booming di zaman millennial ini. Kini para pengguna Hp bukan hanya orang dewasa saja, tapi juga anak – anak. Kini anak – anak sudah mulai berani membawa HP saat ke sekolah, padahal di sekolah sudah jelas bahwa ada larangan untuk tidak membawa HP. Sekolah mengeluarkan larangan tersebut bukan tanpa maksud. Hal ini dikarenakan seringkali guru memergoki para murid asyik dengan HP nya pada saat jam pelajaran sedang berlangsung.
Menurut banyak orang, adanya larangan membawa HP ini adalah suatu kebijakan yang tidak sesuai dengan kurikulum pendidikan yang tengah dipakai oleh Indonesia ini. Yakni kurikulum 2013 dimana para murid ini dituntut agar lebih mandiri dan akti dalam mencari referensi pelajaran yang sedang diajarkan di dalam kelas. Para murid tentunya membutuhkan HP sebagai media. Bukan hanya itu, para orang tua banyak yang memaksa anaknya untuk membawa HP agar mudah saat melakukan komunikasi.
Selain itu, para murid yag membawa HP ini mempunyai alasan lain yakni berjaga – jaga apabila ada hal darurat yang menimpanya.  Apakah pihak sekolah melarang para murid melakukan antisipasi terssebut? Jika saja sekolah memberikan jalan keluar yakni dengan menggunakan HP milik wali kelas masing – masing, tentu saja membutuhka banyak waktu? Lantas, apakah sang wali kelas ini selalu siaga setiap waktu? Alasan ini adalah salah satu alasan yang cukup kuat dan akurat.
Sebagai bentuk solusi terbaik, pihak sekolah diminta para wali murid untuk menimbang ulang kebijakan tersebut, yakni larangan membawa HP ke sekolah. Pihak sekolah di harapkan menimbang – nimbang dampak positif dan negative dari larangan membawa Hp karena sangat penting perannya dalam menunjag pendidikan.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Sahabat

teks eksemplum tentang sahabatt

Indahnya Persahabatan

Tomi adalah seorang anak yang masih duduk dibangku SD, setiap harinya ia menjual kue – kue di sekolahnya hanya demi mengumpulkan uang untuk membayar biaya sekolahnya. Hal ini dilatar belakangi oleh kedaaan perekonomian orang tuanya yang tidak mampu membiayai dirinya bersekolah. Suatu ketika, pada tanggal 1 di bukan Mei, Tomi tiba – tiba tak masuk sekolah.
Sudah hampir satu minggu, Tomi tidak masuk ke sekolahnya. Semua teman – temannya pun mendatanginya ke rumah, di rumah Tomi teman – temannya mendapatkan informasi bahwa Tomi sekarag berjualan kue di terminal. Ia berjualan ini semata – mata untuk membayar SPP di bulan April yang belum di bayarnya. Uang Tomi yang terkumpul belum cukup untuk membayarnya. Mengetahui hal tersebut semua teman – temannya mendatanginya ke terminal, mereka mencari – cari dimana Tomi berada dan mereka memutuskan untuk membeli semua kue Tomi. Dan teman – temannya melakukan itu selama 3 hari berturut – turut.
Berdasarkan cerita diatas, kita semua bisa menyimpulkan bahwa persahabatan adalah suatu hal yang indah, dengan persahabatan maka sikap saling membantu akan muncul tanpa pamrih. 


Contoh Teks Eksemplum Tentang Pengalaman

contoh teks eksemplum tentang pengalaman

Kebahagian yang terkikis oleh Kesedihan

Di suatu kota hidup sebuah keluarga. Keluarga tersebut memiliki buah hati yang bernama Ayu. Keluarga tersebut hidup dengan terlilit hutang. Keluarga Ayu tak pernah lupa bersyukur meskipun banyak sekali cobaan yang menimpa keluarganya.
Suatu saat, Ayah dari Ayu ini dipecat pekerjaannya karena tidak sengaja merusak mesin yang ada di kantornya. Pada akhirnya, Ayahnya pulang dengan wajah yang begitu kelu dan sedih, lantas ia menceritakan hal ini pada istri tercinta. Ia menjelaskan bahwa ia telah di pecat dari pekerjaannya. Ia merasa amat gusar karena bingung akan mencari nafkah kemana karena untuk mendapatkan pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Sang istri dengan sabar mencoba menenangkannya, lalu mengajak sang Ayah untuk makan terlebih dahulu.
Namun, tiba – tiba saja Ayu pulang dan menghampiri orang tuanya dengan muka yang amat sedih. Hal ini karena smenjak ia pulang sekolah tengah memikirkan nilainya yang berada di bawah rata – rata. Ia merasa bingung dan juga takut apabila di marahi oleh Ayah dan Ibunya.
Saat pulang, bukannya dimarahi Ayu malah mendapati wajah Ayah dan Ibunya yang sedang amat sangat sedih. Mulai dari sinilah Ayu termotivasi untuk belajar dengan lebih giat lagi agar cita – cita yang diimpikan bisa terwujud dan bisa membantu memberikan solusi kedua orang tuanya.
Semenjak itu pula, Ayah Ayu mengalami sakit karena terbebani pikiran menjadi pengangguran yang tak kunjung memperoleh pekerjaan.
Pada suatu hari, Ayu tengah melaksanakan Ujian Akhir Semester. Agar nilainya bagus, Ayu rajin belajar mulai jauh – jauh hari. Beberapa hari kemudian setelah ujian, ia mendapati hasil nilai dalam rapotnya sangat memuaskan. Tak di duga bahwa ia telah mendapatkan nulai terbaik di kelasnya.
Pada saat bel berbunyi menandakan waktu pulang, Ayu berlari pulang dengan hati yang sangat gembira karena ia ingin cepat – cepat memberi tahu Ayah dan Ibunya.
Namun, sayang sekali hal tersebut tidak bertahan lama, rasa bahagia di hati Ayu hilang. Ketika ia melihat banyak orang di rumahnya dan di dapati jasad Ayahnya tak berdaya. Ia mendapati ibunya menangis dengan tersedu – sedu melihati jasad ayahnya.
Ayu pun tak kuasa membendung air matanya, betapa amay sedihnya hati Ayu disaat ia membawa kabar bahagia tentang prestasinya, malah yang dia dapati adalah kematian Ayahnya.
Ayu sadar bahwa kematian adalah suatu hal yang tidak bisa dicegah dan diketahui kapan datangnya, ia mulai menyadari bahwa untuk membuat orang tuanya bahagia lantas tak harus hanya dengan nilai sekolah yag bagus, tapi banyak cara lain untuk membuat orang tuanya bangga.




Contoh Teks Eksemplum berjudul "Kena tilang Polisi" beserta Strukturnya

Orientasi


Budi adalah siswa SMP. Umurnya 14 tahun, setiap hari ia berangkat ke sekolah mengendarai sepeda motor. Namun, karena masih 14 tahun ia belum memiliki SIM. 

Insiden

Pada suatu hari, ia berangkat ke sekolah seperti biasa dan lupa mengenakan helm. Tiba-tiba di perempatan dekat lampu merah, ia dihentikan oleh polisi. Lalu polisi itu meminta Budi untuk mengeluarkan SIM dan STNK, karena belum mempunyai SIM, maka ia pun ditilang.
Karena itu, ia tidak jadi pergi ke sekolah dan memilih pulang ke rumah. Sesampainya di rumah, ayah Budi bertanya "Kenapa pulang?". Budi pun menjawab "Aku kena tilang polisi yah". Lalu ayah Budi bertanya kembali "Loh, kok bisa? Kamu pakai helm dan jaket tidak?". Budi menjawab "Aku lupa pakai helm yah". Ayah Budi menasehati "Kamu itu, sudah tau belum punya SIM malah gak pakai helm juga. Sebenarnya polisi tahu kalau kebanyakan anak sekolah belum punya SIM, mereka membiarkan asalkan menggunakan perlengkapan berkendaran terutama helm".

Interpretasi


Dari kejadian itu, Budi menjadi paham bahwa perlengkapan berkendara harus selalu digunakan. Karena selain membahayan diri sendiri, juga membahayakan pengguna jalan yang lain. Setelah kejadian itu, Budi tidak mau ke sekolah sendiri lagi. Ia lebih memlih diantar oleh ayahnya yang sudah memiliki SIM.

Contoh Teks Eksemplum berjudul "Kejujuran Seorang Anak" beserta Strukturnya


Orientasi


Andi adalah siswa kelas 6 SD. Ia tinggal bersama ibunya. Ibunya adalah seorang penjual kue. Setiap pulang sekolah ia berjualan koran. Ia jual koran karena pendapatan ibunya sebagai penjual kue kurang. Dia bekerja semenjak ayahnya  telah meninggal.

Insiden


Ia tidak melanjutkan sekolahnya karena kekurangan biaya dan juga dia harus membantu ibunya untuk mencari uang. Pada suatu hari, ketika berjualan koran, ia menemukan sebuah "cek" yang bernilai sangat besar atas nama Hamid.

Ia pun mengambilnya dan berusaha untuk mencari pemilik cek tersebut. Lalu, ia bertemu dengan seorang lelaki yang kebingungan, ia pun menanyakan pada lelaki itu "Permisi, ada yang bisa saya bantu pak? Lelaki itu pun menjawab "Saya kehilangan cek yang bernilai besar di jalan ini". Andi pun menunjukkan sebuah cek dan berkata "Apakah cek ini milik bapak?". Bapak itu menjawab "Wah iya, ini milik saya, terimakasih nak kamu sudah menemukannya, kamu sekolah dimana nak?". Andi menjawab "Saya tidak sekolah pak, kekurangan biaya semenjak ayah meninggal". Bapak itu pun tersentuh hatinya dan berniat untuk menyolahkannya. Akhirnya, Andi pun melanjutkan sekolahnya ke jenjang SMP.

Interpretasi


Dari kejadian itu, hikmahnya jika kita menemukan barang milik orang lain, segeralah untuk mengembalikannya karena barang itu bukan milik kita dan kebaikan yang kita perbuat pasti ada balasannya.

Contoh Teks Eksemplum berjudul "Kesombongan Sahabat" beserta Strukturnya

Orientasi

Di suatu kelas, ada 3 orang sahabt bernama Nina, Nani, dan Nova. Nova adalah siswa yang sombong, namun Nani dan NIna tetap menjadikannya sahabat.

Insiden


Saat jam istirahat tiba, Nova pergi ke kantin untuk memesan makanan, lalu Nani dan Nina mengikutinya dan meminta untuk gabung. Nova menolak dan beralasan dia cuma mau makan bersama anak orang kaya saja.Saat itu, Nani dan Nina tetap makan di kantin walaupun tidak sama Nova. Pada saat itu lantai kantin sedang dipel. Nova yang sudah selesai makan, langsung pergi ke kelas, tiba-tiba ia jatuh terpeleset karena lantai yang licin setelah baru dipel. Semua orang disana hanya menertawakannya, kecuali Nani dan Nina yang menolong. Mereka menghampiri Nova dan membawanya ke UKS.

Interpretasi

Setelah keluar dari UKS, Nova meminta maaf kepada Nina dan Nani karena kesombongan dirinya. Nova menyadari, bahwa sahabat akan selalu ada dalam keadaan apapun.


Contoh Teks Eksemplum Orang yang Tak Dikenal


Orientasi


Aku punya pengalaman yang mengerikan bulan lalu. Ketika itu, aku pergi ke sebuah desa terpencil di selatan Jawa Barat. Aku sedang menuju ke kota berikutnya.

Insiden


Dalam perjalanan, seorang pemuda melambai kepadaku. Aku menghentikan mobilku dan dia meminta tumpangan. Begitu dia masuk ke mobil, aku mengucapkan selamat pagi kepadanya dan dia menjawabnya. Tiba-tiba, ia mengambil pisau dari sakunya. Aku sangat takut. Lalu, ia meminta uang padaku. Aku memberinya segera. Setelah itu, dia memantaku untuk menghentikan mobil dan dia pun keluar. Aku berterima kasih pada Tuhan karena menyelamatkanku waktu itu.]

Interpretasi


Sekarang, aku menyadari bahwa jika kita ingin membantu orang lain, kita harus berhati-hati. Hal yang aneh bila kita memberikan tumpangan kepada seseorang di jalan. Padahal kita tidak tahu dan belum pernah bertemu sebelumnya. Hal ini sangat berbahaya bagi diri kita. Mungkin, ia akan menyakiti kita atau meminta uang. Dari kejadian ini, aku belajar untuk berhati-hati.


Demikianlah artikel hari ini tentang contoh teks eksemplum singkat. Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.


Penelusuran yang terkait dengan Teks Eksemplum
  • unsur teks eksemplum
  • contoh teks eksemplum tentang persahabatan
  • struktur yang terdapat dalam teks eksemplum adalah
  • tujuan teks eksemplum
  • berikut ini yang termasuk kedalam struktur teks eksemplum adalah kecuali
  • teks eksemplum bahasa sasak
  • dalam teks eksemplum terdapat struktur yakni insiden yaitu
  • contoh teks eksemplum tentang pengalaman