10+ Contoh Teks Eksplanasi : Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidahnya [ LENGKAP ]

Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya / Alam, Sosial, Budaya, Ilmiah Via: ilmupedia.web.id

Pengertian Teks Eksplanasi

pernahkah kalian membaca teks atau berita tentang bencana alam seperti gempa bumi atau tsunami? Atau kalian pernah membaca teks tentang unjuk rasa di suatu daerah? Yap, teks yang memuat informasi tadi disebut dengan teks eksplanasi. Jadi, apa sebenarnya teks eksplanasi? Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial. Pada teks eksplanasi juga sebuah peristiwa timbul karena ada peristiwa lain sebelumnya dan peristiwa tersebut mengakibatkan peristiwa yang lain sesudahnya.


Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Para Ahli

Eksplanasi berasal dari bahasa asing (Inggris) yang berarti tindakan menerangkan atau menjelaskan dan keterangan, pernyataan atau fakta yang menjelaskan (The Contemporary English-Indonesian Dictionary: 651). Pengertian Teks Eksplanasi (Explanation Text) adalah sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya.
  • Sedangkan MENURUT Restuti (2013:85)

mengatakan bahwa pengertian teks eksplanasi adalah teks yang menerangkan atau menjelaskan mengenai proses atau fenomena alam maupun sosial.
  • Dan Menurut (Mahsun, 2013: 189) :

Teks ini disusun dengan struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang memperlihatkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan interpretasi/penutup. Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat tentang apa yang dibicarakan. Bagian deretan penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang peristiwa yang terjadi. Sementara itu, bagian interpretasi berisi pendapat singkat penulis tentang peristiwa yang terjadi. Bagian ini merupakan penutup teks eksplanasi yang boleh ada atau tidak ada.


Tujuan Teks eksplanasi

Setelah mengerti mengenai pengertian dari teks eksplanasi ini, lantas apa tujuan dari teks eksplanasi ini. Dibawah ini merupakan tujuan dari Teks eksplanasi diantaranya sebagai berikut ::
  1. Menjelaskan fenomena yang terjadi
  2. Menjelaskan sebab-akibat suatu peristiwa
 

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

untuk membedakan teks eksplanasi dengan jenis teks lain ini cukup mudah.  Dikarenakan teks eksplanasi ini mempunyai ciri-ciri yang sangat khusus. Ciri-cirinya diantaranya sebagai berikut:
  1. Strukturnya itu terdiri dari penyataan umum, urutan sebab akibat, serta juga interpretasi.
  2. Informasi yang dimuat itu dengan berdasarkan fakta (faktual).
  3. Faktual tersebut memuat informasi yang sifatanya itu ilmiah/keilmuan, contohnya seperti sains.
  4. Sifatnya itu informatif serta tidak berusaha untuk mempengaruhi pembaca untuk bisaa percaya terhadap hal yang dibahas.
  5. Memiliki / menggunakan sequence markers. contohnya pertama, kedua, ketiga, dan sebagainya. Bisa juga dengan menggunakan: pertama, berikutnya, terakhir.
  6. Artikel pendukung : Contoh seperti Teks Eksplanasi Sosial Beserta Strukturnya.

Struktur Tulisan Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi ditulis dalam struktur yang memuat akan 3 poin penting, yakni: pernyataan umum, penjelasan, dan interpretasi. Karena kelengkapan informasi yang disampaikan, dapat dikatakan bahwa teks ini merupakan sebuah artikel ilmiah singkat. Berikut adalah struktur dari teks eksplanasi:

1. Pernyataan Umum (Gambaran Umum)

Merupakan penjelasan secara umum mengenai fenomena yang terjadi. Berperan sebagai pengantar tentang apa yang akan dibahas atau dijelaskan dalam tulisan. Jika topik tulisan adalah tsunami, maka pada bagian ini memuat mengenai apa itu tsunami dan bagaimana proses terjadinya tsunami.

2. Penjelasan (Urutan Sebab dan Akibat)

Bagian ini menjelaskan secara lebih detail dan terperinci mengenai topik yang dibahas dalam tulisan. Disajikan secara runtut dan jelas menggunakan teknik sequence markers seperti yang telah disebutkan dalam ciri-ciri.
Mengikuti contoh pada poin pertama, maka di sini akan menjabarkan mengenai apa yang menyebabkan tsunami dan bagaimana akibatnya. Poin ini bisa lebih dari satu paragraf.

3. Interpretasi

Interpretasi adalah bagian penutup dan tidak harus selalu disertakan dalam tulisan. Artinya, interpretasi dapat dilewatkan. Biasanya berupa intisari dari keseluruhan isi tulisan. Dapat berwujud kesimpulan dan/atau opini dari penulis mengenai topik yang ditulisnya tersebut.



Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Di dalam teks eksplanasi biasanya mengandung ciri kaidah kebahasaan berikut:
  • Fokus pada hal umum (generic), bukan partisipan manusia (nonhuman participants). Contoh: tsunami, banjir, gempa bumi, hujan, dan udara.
  • Dimungkinkan menggunakan istilah ilmiah.
  • Lebih banyak menggunakan verba material dan verba relasional (kata kerja aktif).
  • Menggunakan konjungsi waktu dan kausal. Contohnya penggunaan: sehingga, sebelum, pertama, jika, bila,  dan kemudian.
  • Menggunakan kalimat pasif.
  • Eksplanasi ditulis untuk membuat justifikasi bahwa sesuatu yang diterangkan secara kausal itu benar adanya.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Jenis-Jenis Teks Eksplanasi

Didalam teks eksplanasi mempunyai beberapa jenis didalamnya, ialah sebagai berikut ini :

1. Teks Eksplanasi Tentang Alam

Teks ini memuat suatu tentang bacaan mengenai bencana alam, seperti : gempa, tsunami, gerhana bulan, angin topan, tanah longsor serta bencana lainnya dimana berhubungan terhadap alam.

2. Teks Eksplanasi Tentang Sosial

Teks ini memuat tentang peristiwa dimana terjadi di sekitar lingkungan kita, seperti : demo, rumah roboh, listrik putus, kemiskinan, pengangguran serta yang lainnya.
Pada teks eksplanasi ini bisa diuraikan menjadi banyak seperti mengenai tentang budaya, permasalahan perekonomian masyarakat ataupun masih banyak lainnya.
  • Apakah tujuan adanya teks eksplanasi?
Teks eksplanasi dibuat untuk menjelaskan sebuah proses terciptanya sesuatu yang telah terjadi secara alamiah, maupun proses bekerjanya fenomena alam ataupun sosial.
  • Bagaimana pola pengembangan teks eksplanasi?
1. Pola Pengembangan Deduktif
2. Pola Pengembangan Induktif
3. Pola Pengembangan Proses
4. Pola Pengembangan Contoh
5. Pola Pengembangan Kausalitas
  • Apa saja jenis yang termasuk didalam teks eksplanasi tersebut?
1. Teks Eksplanasi Tentang Alam
2. Teks Eksplanasi Tentang Sosial



Cara Membuat Teks Eksplanasi

Membuat teks eksplanasi sangat mudah dilakukan. Baik itu oleh jurnalis ahli atau oleh para pemula. Terdapat beberapa langkah yang harus Anda ikuti untuk membuatnya. hal ini bertujuan agar teks yang dibuat bisa sesuai dengan kriteria jenis teks. Nah, berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan saat akan membuat teks eksplanasi:
  1. Tentukan topik yang akan dibahas dalam teks
  2. Buatlah sebuah referensi sederhana
  3. Buatlah kerangka teks yang benar saat akan memulai menulis teks
  4. Susunlah kerangka teks tersebut menjadi sebuah karya tulis.
Setelah mengikuti beberapa langkah di atas, selanjutnya buatlah pernyataan umum, deretan penjelas dan interpretasi. Jika sudah selesai, berikanlah teks yang sudah anda buat kepada teman atau siapapun untuk membaca teks tersebut. Mintalah penilaian tentang bagaimana teks yang sudah Anda buat.



Contoh Teks Eksplanasi Gunung Meletus

Pernyataan umum

Gunung meletus merupakan peristiwa yang cukup sering terjadi di wilayah Indonesia. Gunung meletus terjadi disebabkan oleh endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi.

Deretan penjelas

Bumi terdiri dari inti bumi yang panas serta bebatuan dan tanah. Karena tertutupi oleh bebatuan dan tanah, permukannya tidak terasa panas. Kemudian, panas dari inti bumi tersalurkan lewat tanah dan bebatuan, sehingga bagian dalam bumi akan bergejolak karena panas.Panas yang dihasilkan oleh inti bumi akan terus membakar bagian bebatuan dan tanah yang melindungi permukaan bumi dan menghasilkan magma.
Magma merupakan cairan pijar yang terdapat dalam lapisan bumi dengan suhu diperkirakan lebih dari 1000 derajat celcius. Namun, mantel yang melindungi bumi tidak sanggup untuk menahan magma inti bumi terlalu lama.

Hal ini mengakibatkan endapan magma inti bumi naik. Apabila magma sudah tidak kuat untuk ditahan, maka akan tersembur keluar bersamaan dengan bebatuan dan asap letusan dari gunung yang meletus.Magma yang tersembur keluar menghasilkan lava. Suhu lava yang dikeluarkan mencapai 700-1200 derajat celcius. Lava yang disemburkan dapat mencapai jarak yang cukup jauh sekitar 40 km. Apabila melewati jarak 40 km, lava berangsur mulai dingin.Lava ini dinamakan dengan lahar. Lava juga mengandung asap. Asap ini mengandung sulfur dioksida yang dapat menjangkau area yang cukup jauh. Zat ini dapat menstimulasi terjadinya hujan asam di daerah sekitar asap. Selain daripada itu asap hasil letusan gunung dapat mengakibatkan sesak napas bagi makhluk hidup.

Interpretasi

Gunung meletus juga mempunyai dampak positif selain dampak negatif yang telah dipaparkan. Pengaruh positif tersebut adalah melimpahnya bahan galian seperti batu dan pasir, serta bahan kimia seperti belerang, zeolit, gipsum dan juga emas (epiternal gold).

Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Pernyataan umum

Gempa bumi adalah goncangan atau getaran yang diakibatkan pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari bawah atau dasar permukaan bumi. Peristiwa alam ini sering terjadi pada daerah dekat gunung berapi dan juga daerah yang dikelelingi lautan luas.

Deretan penjelas

Gempa bumi terjadi karena pergesaran lapisan bawah bumi dan letusan gunung berapi. Gempa bumi terjadi sangat cepat dan dampaknya yang luar biasa. Oleh sebab itu, akibat yang ditimbulkan juga tidak kalah hebat. Getaran gempa bumi sangat kuat dan merambat ke segala arah sehingga dapat menghancurkan bangunan dan menimbulkan banyak korban jiwa.Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dibagi menjadi dua, yakni gempa vulkanik dan gempa tektonik. Gempa vulkanik terjadi karena letusan gunung berapi. Gempa vulkanik lebih jarang terjadi dibandingkan dengan gempa tektonik.Sedangkan, gempa tektonik terjadi karena lapisan kerak bumi menjadi lunak sehingga mengalami pergerakan. Bumi terdiri atas beberapa lapisan batuan menurut teori "Tektonik Plate". Sebagian besar daerah lapisan kerak ini akan hanyut dan mengapung di lapisan seperti halnya salju. Lapisan ini bergerak dengan perlahan sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan antara satu dengan lainnya. Itu yang menjadi penyebab gempa bumi.

Interpretasi

Gempa bumi dapat terjadi kapanpun dan dimanapun. Walaupun begitu, konsentrasi gempa cenderung terjadi pada tempat-tempat tertentu, seperti pada batas Plat Pasifik. Tempat ini dikenal dengan Lingkaran Api karena banyaknya gunung berapi.

Contoh Teks Eksplanasi Angin Topan

Pernyataan umum

Angin topan adalah pusaran angin kencang dengan kecepatan 120 km/jam. Sering terjadi pada wilayah tropis antara garis balik utara dan selatan, kecuali daerah-daerah yang sangat berdekatan dengan khatulistiwa. Angin topan disebabkan oleh perbedaan tekanan dalam suatu sistem cuaca. Angin paling kencang yang terjadi di daerah tropis pada umumnya berpusat pada radius ratusan kilometer di sekitar daerah sistem tekanan rendah yang ekstrem dengan kecepatan kira-kira 20 km/jam. Mengapa dan bagaimana angin topan dapat terjadi?

Deretan penjelasan/urutan sebab-akibat

Angin dapat terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara atau perbedaan suhu udara pada suatu daerah atau wilayah. Hal ini berkaitan dengan besarnya energi panas matahari yang diterima oleh permukaan bumi.Setiap kali memasuki musim panas, datang angin topan yang menyebabkan pohon-pohon tumbang dan juga dapat membuat mobil-mobil bertebangan. Mengapa angin topan mengerikan itu bisa terjadi?
Angin topan terjadi di laut sekitar daerah khatulistiwa sekitar 5 derajat LU. Di sana suhu air laut sangat hangat sampai melebihi 27 derajat celcius. Jika suhunya memanas, udara aka nmengalir naik ke atas.Karena udara banyak naik, maka tekanan udara di atas tinggi dan di bawah rendah. Udara yang naik lama-kelamaan mendingin, lalu turun, sementara udara yag menghangat naik ke atas.Proses terjadinya naik turunnya udara dingin dan hangat terjadi berulang-ulang, dan tekanan uap membawa energi yang sangat besar dan suhu udara menjadi sangat rendah, sehingga gumpalan udara yang berputar sangat membahayakan. Gumpalan inilah yang kita sebut angin topan.

Contoh Teks Eksplanasi Puting Beliung

Pernyataan umum

Angin puting beliung adalah angin yang berputar dengan kecepatan lebih dari 63 km/jam yang bergerak secara garis lurus dengan lama kejadian maksimum 5 menit. Angin jenis ini di Amerika disebut Angin Tornado mempunyai kecepatan 320 km/jam dan berdiameter 500 m.

Angin puting beliung terjadi pada siang hari ataupun sore hari pada musim pancaroba. Angin ini dapat menghancurkan apa saja, karena dengan pusarannya benda yang terlewati terangkat dan terlempar.

Deretan penjelas/urutan sebab-akibat

Untuk menambah kewaspadaan ada beberapa gejala awal puting beliung seperti udara terasa panas hingga menyebabkan gerah, di langit ada pertumbuhan awan putih yang membentuk gerombolan berlapis-lapis, diantara banyak awan kumulus tersebut, ada salah satu jenis awan yang memiliki batas tepi dengan warna abu-abu yang sangat jelas.Ada beberapa dampak angin puting beliung yang dapat menimbulkan banyak kerusakan, seperti kerusakan pada rumah serta infrastruktur pada suatu daerah, ada juga beberapa kasus yang menimbulkan korban jiwa.
Untuk mengantisipasi terjadinya angin puting beliung ada baiknya mengenali tanda-tanda yang menandakan terjadinya angin puting beliung, serta dengan melakukan hal-hal seperti mengenali dengan pasti tempat Anda tinggal, melakukan penghijauan, membuat hunian yang kuat.


 Contoh Teks Eksplanasi Tentang Tsunami

Tsunami (tsu= pelabuhan, nami = gelombang, secara harafiah berarti “ombak besar di pelabuhan”) adalah perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba. Perubahan permukaan laut tersebut bisa disebabkan oleh gempa bumi yang berpusat di bawah laut, letusan gunung berapi bawah laut, longsor bawah laut, atau atau hantaman meteor di laut. Gelombang tsunami dapat merambat ke segala arah.

Tsunami dapat terjadi jika terjadi gangguan yang menyebabkan perpindahan sejumlah besar air, seperti letusan gunung api, gempa bumi, longsor maupun meteor yang jatuh ke bumi. Namun, 90% tsunami adalah akibat gempa bumi bawah laut. Dalam rekaman sejarah beberapa tsunami diakibatkan oleh gunung meletus, misalnya ketika meletusnya Gunung Krakatau.Gerakan vertikal pada kerak bumi, dapat mengakibatkan dasar laut naik atau turun secara tiba-tiba, yang mengakibatkan gangguan kesetimbangan air yang berada di atasnya. Hal ini mengakibatkan terjadinya aliran energi air laut, yang ketika sampai di pantai menjadi gelombang besar yang mengakibatkan terjadinya tsunami.

Kecepatan gelombang tsunami tergantung pada kedalaman laut di mana gelombang terjadi, dimana kecepatannya bisa mencapai ratusan kilometer per jam. Bila tsunami mencapai pantai, kecepatannya akan menjadi kurang lebih 50 km/jam dan energinya sangat merusak daerah pantai yang dilaluinya.Di tengah laut tinggi gelombang tsunami hanya beberapa cm hingga beberapa meter, namun saat mencapai pantai tinggi gelombangnya bisa mencapai puluhan meter karena terjadi penumpukan masa air. Saat mencapai pantai tsunami akan merayap masuk daratan jauh dari garis pantai dengan jangkauan mencapai beberapa ratus meter bahkan bisa beberapa kilometer.

Gerakan vertikal ini dapat terjadi pada patahan bumi atau sesar. Gempa bumi juga banyak terjadi di daerah subduksi, dimana lempeng samudera menelusup ke bawah lempeng benua.Tanah longsor yang terjadi di dasar laut serta runtuhan gunung api juga dapat mengakibatkan gangguan air laut yang dapat menghasilkan tsunami. Gempa yang menyebabkan gerakan tegak lurus lapisan bumi. Akibatnya, dasar laut naik-turun secara tiba-tiba sehingga keseimbangan air laut yang berada di atasnya terganggu. Demikian pula halnya dengan benda kosmis atau meteor yang jatuh dari atas. Jika ukuran meteor atau longsor ini cukup besar, dapat terjadi megatsunami yang tingginya mencapai ratusan meter.

 

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Banjir


Banjir merupakan fenomena alam berupa naiknya air di suatu kawasan sehingga menutupi permukaan kawasan tersebut. Banjir juga bisa dilihat sebagai bagian dari siklus hidrologi yaitu bagian air di permukaan bumi yang menuju ke laut.Melalui siklus hidrologi tersebut kita melihat bahwa banyaknya air di permukaan bumi dipengaruhi oleh curah hujan dan penyerapan air ke dalam tanah.Secara alamiah banjir disebabkan oleh terjadinya hujan lokal dan propagasi limpasan dari daerah hulu pada satu daerah tangkapan. Secara non ilmiah banjir dapat terjadi karena ulah manusia.

Proses terjadinya banjir secara alamiah itu seperti, turunnya hujan jatuh kepermukaan bumi dan tertahan oleh tumbuh-tumbuhan setelah itu masuk kepermukaan tanah mengalir ketempat yang lebih rendah setelah itu terjadi penguapan dan keluar kepermukaan daratan.Banjir yang terjadi secara almiah dapat menjadi bancana bagi manusia bila banjir itu mengenai manusia dan menyebabkan kerugian bagi manusia.Sedangkan proses terjadinya banjir secara non alamiah karena ulah manusia seperti,membuang sampah tidak pada tempatnya dan menyebabkan aliran air tidak lancar sehingga air tersebut terapung di tempat pembuangannya semakin lama semakin menguap setelah itu tinggi dan keluar sehingga mengenai daratan dan menyebabkan banjir.

Proses banjir itu dapat terjadi secara alamiah dan karena ulah manusia. Manusia dapat mengalami kerugian karena banjir itu karena mereka mendiami tempa tinggal yang secara alamiah merupakan dataran banjir.Jadi bila manusia bertampat tinggal di dataran yg sering terkena banjir bukan banjirlah yg mendatangi manusia tapi manusialah yang mendatangi banjir.

 Contoh Teks Eksplanasi Tentang Sosial Kemiskinan


Kemiskinan adalah tingkat masyarakat dengan pendapatan yang rendah. Dengan pendapatan yang rendah masyarakat tidak mempu untuk mencukupi kebutuhan pokok seperti makan, minum, pakaian, tempat berlindung, dan pendidikan.Biasaya masyarakat miskin cenderung bertempat tinggal dibantaran kali, bawah jembatan, dan tempat-tempat yang justru bukan tempat layak mendirikan bangunan. Terkadang justru mereka membangun tempat tinggal di atas tanah milik negara.Kemiskinan tidak hnaya menjadi fenomena yang terjadi di Indonesia, tetapi juga menjadi fenomena yang terjadi hampir di seluruh dunia. Banyak negara berkembang yang juga memiliki permasalah yang sama tentang kemiskinan seperti negara Indonesia.Banyak faktor terjadinya kemiskinan atau seseorang menjadi miskin. Faktor keterbatasan alat kelengkapan pendidikan dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Selain itu, seperti bangkrut, musibah, prilaku pribadi, perbudakan, dan struktur sosial. Faktor perilaku dan struktur sosial yang lebih banyak mendominasi terjadi kemiskinan secara menglobal.

Perilaku manusia yang konsumtif, mementingkan gengsi daripada kebutuhan, dan penggunaan keuangan yang tidak sesuai dengan pemasukan yang diterima. Jumlah keluarga juga dapat mempengaruhi jika pemasukan tidak sebanding dengan kebutuhan untuk semua keluarga. Faktor struktur sosial lebih mengarah pada turun temurun kemiskinan itu sendiri.Orangtua yang miskin akan besar kemungkinan untuk tidak dapat membiayai pendidikan anak-anak mereka sehingga anak-anak mereka pun akan sulit menjamah pendidikan. Dengan demikian, generasi kebodohan dan kemiskinan akan mudah saja menjadi turun kegenerasi dalam keluara miskin.Faktor gengsi adalah faktor yang juga termasuk ke dalam faktor perilaku pribadi. Masyarakat lebih cenderung mementingkan keinginan daripada kebutuhan pokok.Rokok, Hp, pakaian bermerk, dan jalan-jalan merupakan contoh kesenangan sesaat yang dapat menghabiskan uang yang didapat selama bekerja. Sehingga, uang yang masuk tidak akan cukup lagi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Namun, banyak juga yang dapat dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat untuk menanggulangi fenomena kemiskinan ini. Mulai dari pemerintah menaikan upah minimum pekerja, menyediakan lapangan kerja yang sesuai, memberikan pendidikan gratis, menyediakan tempat tinggal dengan harga terjangkau, dan secara pribadi masyarkat diminta untuk dapat berperilaku sewajarnya.Tidak menghambur-hamburkan uang, mencari pekerjaan yang sesuai, menghilangkan sedikit gengsi dengan menabung, dan bantuan dari masyarakat sekitar. Kerja sama antara penduduk kalangan sedang atau menengah dan kalangan ekonomi atas terhadap masyarakat kalangan bawah sangatlah penting.
Saling mengingatkan, membantu, tetapi juga masyarakat dengan ekonomi rendah tidak lah boleh hanya brpangku tangan saja menerima smeua bantuan yang diberikan.Seharusnya, kemiskinan tidak perlu menjadi fenomena yang besar di Indonesia maupun dunia. Jika, kita secara pribadi mau menerima dan mensyukuri apa yang kita miliki tanpa membandingkan dan ada perasaan isi di dalamnya.

Selain itu, adanya kerja sama antara pemerintah dan masyarakat sekitar tentang penanggulangan atau memberantas kemiskinan, diharapkan negara kita akan terbebas dari fenomena kemiskinan yang makin lama semakin bertambah.


Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial

Fenomena Pengangguran di Indonesia

Fenomena Pengangguran di Indonesia

Pengangguran merupakan sebuah isu nasional bangsa Indonesia yang selalu hangat diperbincangkan. Hingga saat ini isu pengangguran ini masih dicari solusinya secara baik dan efektif. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi hal tersebut seperti dengan pengadaan pelatihan untuk masyarakat usia produktif dan juga program usaha untuk daerah. Namun, hasilnya masih nihil.
Pada dasarnya terdapat beberapa faktor yang menyebabkan banyaknya pengangguran di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah pertumbuhan ekonomi negara yang tidak seimbang dengan jumlah masyarakat usia produktif. Kemudian penyebab lainnya adalah adanya kemampuan sumber daya manusia yang belum memadai dengan persaingan kerja yang semakin tinggi.
Adanya pengangguran dalam jumlah yang tinggi memicu terjadinya berbagai macam dampak negatif Beberapa di antaranya adalah meningkatnya kemisikinan serta menurunnya tingkat kesehatan pada masyarakat. Selain itu di perparah dengan meningkatnya kriminalitas karena tidak jarang pengangguran memilih jalan pintas dengan melakukan tindak kriminal untuk tetap dapat bertahan hidup.
Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat diketahui bahwa pengangguran berperan besar terhadap segala macam dampak negatif yang terdapat di Indonesia. Oleh karena itu, perlu segera ditemukan suatu solusi untuk memecahkan atau meminimalisir dampak negatif tersebut. Caranya dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas pendidikan dan juga mendorong peran orang tua agar mengajarkan keahlian sesuai dengan minat dan bakat anak

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pelangi

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pelangi

Pelangi

Pelangi merupakan suatu fenomena alam yang indah. Pelangi terbentuk dari suatu spektrum warna yang terjadi akibat adanya pembiasan cahaya matahari yang mengenai butir air ketika hujan. Fenomena ini juga disebut sebagai sebuah gejala optik yang tampak sebagai sebuah busur cahaya dengan ujung yang mengarah pada suatu horizon ketika hujan atau pun disekitar air terjun.
Pada dasarnya terjadinya pelangi akan dapat dijelaskan dengan penjelasan fisika optik. Terjadinya pelangi ini terjadi akibat adanya cahaya matahari yang melewati tetes-tetes hujan. Sehingga mengakibatkan cahaya matahari tersebut di biaskan atau di belokan menuju titik tengah tetes hujan yang membuat cahaya putih terpecah menjadi beberapa spektrum warna seperti pada percobaan prisma pada fisika optik.
Berdasarkan penjelasan di atas, diketahui bahwa pelangi hadir ketika terjadi pembiasan cahaya matahari oleh tetes-tetes air hujan menjadi beberapa spektrum warna. Sehingga hanya akan dapat terjadi ketika hujan hampir reda dan muncul matahari. Agar pelangi dapat teramati dengan baik, maka posisi mata pengamat harus satu garis lurus dengan matahari dan pusat busur pelangi.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Kenakalan Remaja

Kenakalan Remaja

Remaja merupakan usia seseorang yang berada di kisaran 13 hingga 18 tahun. Saat remaja merupakan saat dimana seseorang akan selalu ingin mencoba dan belajar hal baru serta mengekspresikan diri mereka untuk mencari jati diri. Namun, tidak sedikit yang berujung pada sebuah perilaku kenakalan remaja yang menyimpang dan memberikan dampak buruk bagi diri mereka sendiri dan orang lain.
Kenakalan remaja dapat terjadi secara perorangan maupun kelompok yang mengakibatkan sebuah tindak pidana yang kecil hingga besar.  Beberapa kenakalan remaja tersebut seperti tindakan bullying, vandalism, pemalakan, pergaulan bebas dan yang terparah adalah yang melibatkan seseorang hingga tewas dalam kasus tawuran atau pun semacamnya.
Kenakalan remaja tersebut biasanya terjadi karena berbagai macam faktor. Seperti faktor internal keluarga yang kurang baik, korban broken home, perekonomian keluarga dan juga kurang perhatian orang tua. Selain itu juga dapat disebabkan oleh faktor eksternal berupa teman pergaulan yang membawa dampak negatif maupun karena ketidakpedulian masyarakat.
Oleh karena itu, dapat diambil suatu kesimpulan bahwa kenakalan remaja merupakan suatu perbuatan negatif yang dapat merugikan diri sendiri dan orang sekitar. Hal ini disebabkan oleh beberapa macam faktor baik internal maupun eksternal. Oleh karena itu, penting peran orang tua dan keluarga atau pun kerabat untuk selalu membimbing anaknya agar tidak salah dalam bergaul dan menyebabkan terjadinya kenakalan remaja.



Sekian dan Terima kasih sudah membaca mengenai Teks Eksplanasi : Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah, dan Contohnya, semoga apa yang dipaparkan diatas bermanfaat untuk anda.

Penelusuran yang terkait dengan Teks Eksplanasi
  • teks eksplanasi, contoh
  • teks eksplanasi banjir
  • jenis teks eksplanasi
  • tujuan teks eksplanasi
  • unsur kebahasaan teks eksplanasi
  • isi teks eksplanasi
  • contoh teks eksplanasi beserta strukturnya
  • manfaat teks eksplanasi