10 Contoh Teks Anekdot Singkat, Lucu Beserta Penjelasannya dan Struktur Teksnya

30 Contoh Teks Anekdot Singkat, Lucu| Pengertian & Struktur Via: Nekopencil.com

Pengertian Anekdot


Anekdot adalah sebuah cerita singkat dan lucu atau menarik, yang mungkin menggambarkan kejadian atau orang sebenarnya. Anekdot bisa saja sesingkat pengaturan dan provokasi dari sebuah kelakar. Anekdot selalu disajikan berdasarkan pada kejadian nyata melibatkan orang-orang yang sebenarnya, apakah terkenal atau tidak, biasanya di suatu tempat yang dapat diidentifikasi.
Namun, seiring waktu, modifikasi pada saat penceritaan kembali dapat mengubah sebuah anekdot tertentu menjadi sebuah fiksi, sesuatu yang diceritakan kembali tapi “terlalu bagus untuk nyata”. Terkadang menghibur, anekdot bukanlah lelucon, karena tujuan utamanya adalah tidak hanya untuk membangkitkan tawa, tetapi untuk mengungkapkan suatu kebenaran yang lebih umum daripada kisah singkat itu sendiri, atau untuk melukiskan suatu sifat karakter dengan ringan sehingga ia menghentak dalam kilasan pemahaman yang langsung pada intinya.


Ciri-Ciri Teks Anekdot

Setelah kita mengetahui pengertian dari teks anekdot, teks anekdot juga memiliki ciri-ciri yang dapat berguna sebagai pembeda dari teks-teks lainya. Ciri-ciri tersebut dapat kalian lihat sebagai berikut:
  • Teks anekdot bersifat humor atau lelucon, artinya teks anekdot berisikan kisah-kisah lucu atau bualan.
  • Bersifat menggelitik, artinya teks anekdot akan membuat pembacanya merasa terhibur dengan kelucuan yang ada dalam teks.
  • Bersifat menyindir
  • Bisa jadi mengenai orang penting
  • Memiliki tujuan tertentu
  • Kisah cerita yang disajikan hampir menyerupai dongeng
  • Menceritakan tentang karakter hewan dan manusia sering terhubung secara umum dan realistis


Kaidah teks anekdot


Selain adanya struktur dan ciri-ciri teks anekdot dalam sebuah teks dalam bentuk anekdot juga memilii kaidah teks anekdot ataupun kaidah bahasa teks anekdot dimana juga dipakai sebagai pegangan menulis cerita.
Apa saja kaidah-kaidah tersebut?
Kaidah-kaidahnya sebagai berikut:
  1. Memakai pertanyaan dengan keterampilan bahasa yang kreatif dan efektif atau retorik.
  2. Menulis sesuai struktur yaitu diawali dengan bagian abstrak dan diakhir dengan bagian koda.
  3. Menyatakan peristiwa serta bagian dari peristiwa menggunakan konjungsi.
  4. Memakai kata keterangan waktu lampau.
  5. Memakai kata predikat atau kata kerja.
  6. Memakai kalimat yang berbau peritah.
  7. Dibuat secara berurut dan kronologis.
Setelah mengetahui mengenai struktur, ciri-ciri, dan juga kaida-kaidah dalam teks anekdot kamu sudah mulai dapat membuat sendiri teks ini.


Tujuan Teks Anekdot

Seperti teks lainnya, teks ini juga memiliki tujuan yang ditujukan kepada para pembaca terhadap setiap cerita singkat lucu namun menyindir.
Tujuan dari teks anekdot yakni sebagai berikut :
  • Menghibur para pembaca.
  • Membangkitkan tawa para pembaca atau menghibur.
  • Sarana mengkritik dan menyindir.
  • Menggambarkan karakter atau figur dengan singkat dan langsung pada intinya.

 

Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya

Berikut ini adalah contoh teks anekdot beserta strukturnya :
Abstraksi :
Suatu ketika aku dan temanku SMA sedang reuni di suatu tempat pameran.
Orientasi :
Temanku yang bernama Ningsih, ia terlambat ke pameran itu, karena terjebak hujan. Ketika itu hujan deras. Ningsih menyapa teman-teman dan termasuk aku.
Krisis :
Aku : “hei Ning, gimana kabarmu?”
Ningsih: “Alhamdullilah baik, kamu Din gimana?”
Aku : “baik Ning, Apa iya lu sehat Ning kok kaya sakit ya?”
Reaksi:
Ningsih:”iya baik Din, emangg gua kelihatan sakit apa gimana?”
Aku :”Lo keliatannya lagi sakit, cobak liat badan lu, kecil banget, bandingin sama badan gua”
Ningsih:”Badanmu sakit Din? Kok kayak bengkak-bengkak gitu”
Aku :”ini bukan bengkak, emang aku gendut”
Koda:
Aku dan Ningsih tertawa


Contoh Teks Anekdot Sekolah Bertaraf Internasional


Bu Guru memasuki kelas satu demi-persatu saat lonceng sekolah di Kota A mulai bergema. Bu Guru tersebut berdiri di depan kelas sambil menenteng lembaran pengumuman.
“Anak-anak, Ibu punya pengumuman penting dan gemabira untuk kalian. Mulai bulan depan, sekolah kita akan berubah status sebagai sekolah bertaraf internasional. Nah, bagaimana? Apa yang akan kalian lakukan untuk menyambutnya?” Bu Guru mengoper lembaran pengumuman untuk dibagikan.
Jono mengangkat tangan. “Saya mau les bahasa inggris buat mendukung belajar dengan taraf internasional, Bu!”
“Bagus, Jono.” Bu Guru senang mendengarnya, dia melirik ke arah Ical. “Kalau kamu Ical?”
“Saya? Saya mau meminta orangtua saya untuk menyiapkan biaya sekolah lebih banyak lagi.”
“Lho? Kenapa?.”
“Soalnya dengan bergantinya status sekolah ini menjadi bertaraf internasional maka biaya sekolahnya pun pasti lebih mahal. Iurannya akan lebih tinggi, belum bayar ini itu,” jawab Ical.
Bu Guru mengkerutkan kening. “Kok jawaban kamu sinis sekali? Gini, kalau sekolah kita jadi bertaaraf internasional kan jadinya sama kayak sekolah-sekolah luar negeri. Lebih berkualitas.”
“Tapi, Bu, menurut saya sekolah bertaraf internasional itu sebenarnya punya arti sekolah bertarih internasional,” jelas Ical.

Contoh Teks Anekdot Bebas Dari Kemiskinan


jokowi dan obama

Waktunya berdoa untuk membuat negara lebih berkembang dan maju.
Obama: Tuhan, kapan negaraku akan terbebas dari kemiskinan?
Tuhan: 25 tahun lagi.
Obama: *menangis tersedu-sedu.
Tonny Abbott: Tuhan, kapan negaraku akan terbebas dari kemiskinan?
Tuhan: 20 tahun lagi.
Tonny Abbott: *menangis tersedu-sedu.
Jokowi: Tuhan, kapan negaraku terbebas dari kemiskinan?
Tuhan: *menangis tersedu-sedu.

Contoh teks Anekdot Lucu Singkat

Sedekah

Ada suatu hari di pinggir jalan, seorang mahasiswa sedang melewati jalan raya yang biasa ia lewati ketika hendak berangkat ke kampus. Di sebelah jalan tersebut, ada seorang pengemis tua yang sedang meminta sedekah. Pengemis tersebut meminta  sedekah sembari mengangkat kedua tangannya tepat di hadapan mahasiswa tersebut.
Pengemis: “Mas minta sedekahnya mas” Kata pengemis tersebut memohon kepada pemuda  itu.
Mahasiswa : (mencari dompet dan mengeluarkan uang sebesar Rp. 20.000 sembari berkata “Ini pak, kembalian Rp. 15.000 ya”
Pengemis : “Ini mas kembaliannya” sembari menyerahkan kembalian kepada pemuda.
Mahasiswa : “Loh pak, kenapa kembaliannya Rp. 16.000?”
Pengemis : Tidak apa-apa mas, seribunya saja sedekahkan juga ke masnya”
Mahasiswa tersebut kemudian pergi dengan wajah heran dan aneh

Contoh teks Anekdot Lucu

Sopir Taksi

Ibu Mita yang hendak pergi ke acara arisan temannya sedang menunggu taksi di tepi jalan. Berhubung suami dan anaknya ada acara di luar kota, maka ia memutuskan untuk pergi sendiri. setelah menunggu cukup lama, akhirnya datanglah taksi yang sedari tadi ditunggunya. Setelah taksi berhenti tepat di hadapannya, bu Mita langsung menaiki taksi tersebut.
Sopir taksi : “Ibu mau saya antar ke alamat mana?”
Bu Mita : “Perumahan asri jalan diponegoro nomor 4 ya pak”
Setelah taksi berjalan, suasana tampak hening. Sopir taksi hanya terdiam menyetir sementara bu Mita sibuk bermain telepon genggam. Setelah taksi berjalan cukup lama bu Mita menyadari bahwa taksi berbelok ke jalan yang salah. Bu Mita yang hendak memberitahukan sopir lalu memegang pundak pak sopir sebagai isyarat agar pak sopir berhenti.
Akan tetapi pak sopir justru membanting setir ke  arah kiri dan kanan hingga akhirnya menabrak trotoar jalan. Keduanya mengalami luka ringan sampai akhirnya bu Mita bertanya pada sopir taksi tersebut.
Bu Mita : “Mengapa bapak membanting setir hingga menabrak trotoar jalan?”
Sopir taksi : “Maaf bu, saya  sangat terkejut bu sebab ibu memegang pundak saya”
Bu Mita : “Loh kenapa sampai terkaget saya hanya mau memberitahukan bahwa arah jalan diponegoro nomor 4 harusnya belok kanan bukan belok kiri”
Sopir taksi : “Maaf bu, ini hari pertama saya bekerja sebagai sopir taksi”
Bu Mita: “Memang sebelumnya bapak bekerja sebagai apa”
Sopir taksi : “ Sopir mobil jenazah bu”
Bu Mita akhirnya melanjutkan pingsannya.


Contoh Teks Anekdot Sosial

Contoh Teks Anekdot Sosial

Pendapat Kakak dan Adik
Di malam hari di depan televisi ada seorang kakak adik dan menonton suatu berita di dalam channel tv terkenal.
Di saat menonton mereka mempunyai pendapat sendiri-sendiri tentang berita yang mereka tonton yaitu organisasi dari istri istri pejabat yang tengah berlibur di luar negeri tepatnnya di Hong Kong.
Lihatlah pakaian dan aksesoris mewah yang ibu-ibu pake dari ujung kaki sampai ujung rambut dek, itu semua adalah barang yang mempunyai harga mahal semua dan ibu ibu itu semua sama seperti itu”.
” Memangnya kenapa kak? bukanya itu hak mereka mau memakai merk berkualitas internasional sesuai dengan kelas mereka semua.
“iya sih berkelas tapi lihatlah rambut dan pakaianya dengan gayanya yang di warnai dengan warna cerah seperti Girl band korea.
Pakaian mereka juga kompak dengan sepatu high heels mereka yang terlalu tinggi padahal gak sadar berapa usia mereka dan orang sekelas pejabat tidaklah pantas berpakaian seperti itu.
” Jelas sang kakak”.”kakak taunya mereka mau konser k-pop di luar negeri, sambung adiknya dengan tertawa geli”

Contoh Teks Anekdot Tentang Hukum


Pencuri Sandal dan Koruptor
Di suatu persidangan, seorang hakim memberikan hukuman 5 tahun penjara terhadap pemuda berusia 22 tahun. pemuda tersebut bernama Alucard karena mencuri ayam jago punya pak RT.
Alucard:” Lah pak hakim tunggu dulu, ayam yang saya curi hanya berharga Rp 100.000. Mengapa saya di jatuhi hukuman 5 tahun penjara?
sementara para koruptor yang mencuri uang rakyat dalam jumlah besar lebih ringan hukumanya?”
Hakim:” saudara Alucard, Anda yelah merugikan pak RT senilai Rp 100.000. Sementara itu, para koruptor merugikan 500 juta orang senilai 5 milyar rupiah.
Jika di rinci kerugian yang di timbulkan dari tindakan korupsi hanya Rp 10 per orang.”
Alucard:” lalu?”
Hakim:” lalu apa? ya sudah jelas tindakan Anda jauh lebih merugikan orang lain. oleh karena itu, sudah sepantasnya Anda saya berikan hukuman yang lebih berat.”
Alucard: (pingsan)

 

Contoh Teks Anekdot  Lucu Dan Menyindir

Contoh Teks Anekdot  Lucu Dan Menyindir
Roger dan Pekerjaan Rumah
Suatu hari di sebuah kelas seorang guru menegur siswanya yang tidak mengerjakan PR.
Guru: Roger!? kamu tahu tidak apa kesalahan kamu?
Roger: saya tidak tahu pak kesalahan saya!
Guru: Dari minggu lalu sudah di beri tugas PR matematika dan tidak dikerjakan. itu kesalahan kamu!
Roger: Saya tidak mengerti pak?!
Guru: kamu itu gimana sih membangkang teguran bapak, hah?!
Roger: memangnya salah pak?! bukanya bapak sendiri yang berkata minggu kemarin waktu saya melamun bahwa tidak bagus masih di sekolahan memikirkan hal hal di luar sekolahan, apa lagi mengerjakan hal hal yang di luar kegiatan pelajaran?
Guru: benar memang itu tidak baik! (memotong ucapan Roger)
Roger: (santai) itu saya terapkan dalam hidup saya pak. Jika memang tidak baik melakukan kegiatan lain di luar pelajaran di luar mata pelajaran sekolah di sekolah.
Maka sebaliknya pak tidak baik pula mengerjakan pekerjaan sekolah di rumah. saya harus mengerjakan pekerjaan rumah agar kebutuhan rumah tercukupi dan bisa makan pak.
Ibu saya sakit Kanker dan 4 adik saya yang masih kecil kecil. artinya saya harus mencari nafkah dan tidak bisa mengerjakan pekerjaan sekolahan agar bisa mencari nafkah.
Karena itu saya tidak mengerti letak kesalahan saya di mana pak. Maaf…
Guru: (tercengang dengan diam seribu bahasa)


Contoh Teks Anekdot Dialog


Hujan Di Kedai Kopi
Dua orang sahabat yang sedang sedang mengobrol di suatu kedai kopi saat hujan deras.
Zacky: Wakil rakyat, bukanya memakmurkan rakyatnya kok malahan hanya memakmurkan dirinya sendiri saja.
Daniel: Parah sekali memang, tidak sedikit yang terlibat dengan kasus korupsi.
Zacky: iya memang parah banget. Wakil Rakyat tambah hari tambah makmur hidupnya Rakyat tambah hari tambah susah.
Sudah semakin banyak orang yang tinggal di jalanan, dan Wakil Rakyat tinggal di rumah yang mewah seperti istana. Sejahtera sekali mereka yang duduk di kursi DPR.
Daniel: Coba kita pikir pikir dulu. Wakil rakyat kan yang mewakili Rakyat.
Zacky: Iya memang benar seperti itu.
Daniel: Kalo rakyat ingin kaya berarti sudah di wakili oleh mereka. Rakyat ingin mobil mewah sudah di wakili oleh Wakil Rakyat.
Rakyat ingin mempunyai rumah mewah bahkan sudah di wakili oleh Wakil Rakyat, bahkan saat rakyat mau bertengkar pun sudah di wakilinya.
Zacky: Hahaha maksudnya gimana sih?
Daniel: Waktu sidang kan juga sering pada ribut dan akhirnya bertengkar juga kan.
Zacky: hahahahahaha……

Contoh Teks Anekdot Berbentuk Narasi

Anekdot Berbentuk Narasi

Go Car Di Tengah Malam
Di saat Layla ingin pulang ke rumahnya dia memesan Go Car di aplikasi smartphonenya. Tak lama kemudian mobil hitam langsung berhenti di pinggir jalan tepat di depan Layla berdiri.
langsung Layla pun masuk ke mobil dan berkata “ke Dieng ya pak” Sopir taksi pun hanya mengangguk, selama perjalanan pulang di dalam mobil sangat hening tidak ada percakapan sedikitpun antara sopir Go Car dengan Layla.
Mungkin karena Layla capek karena bekerja sampai tengah malam. Setengah jam lamanya keheningan di dalam mobil.
Di saat Layla teringat uang yang ada di dalam dompetnya kurang untuk membayar Go Car. Layla pun langsung menepuk pundak sang sopir online dengan maksud untuk mengambil uang di ATM.
Tapi entah mengapa sang sopir langsung membanting stirnya ke kiri dan ke kanan dan sambil terus berteriak histeris sampai Laylapun ikut panik.
Hingga akhirnya mobilnya menabrak sebuah pohon besar di pinggir jalan. untung saja Layla dan si supir Go Car tidak mengalami luka yang serius.
Sang sopir langsung meminta maaf kepada Layla. “Maaf mbak, mbak gimana keadaanya? Mak sih pake nepuk pundak saya tadi saya jadi panik dan kaget setengah mati Mbak!!”
“Lah masa di tepuk pundaknya saja sudah kaget seperti itu??”.”Soalnya ini pertama kalinya saya menjadi sopir online mbak”.”memangnya pekerjaan bapak sebelumnya??” “selama 30 tahun saya jadi SOPIR MOBIL JENAZAH”



Penelusuran yang terkait dengan Teks Anekdot
  • struktur teks anekdot
  • kaidah kebahasaan teks anekdot
  • isi teks anekdot
  • teks anekdot sindiran
  • contoh teks anekdot dialog
  • teks anekdot pendidikan
  • struktur teks anekdot bahasa jawa
  • teks anekdot politik