10+ Contoh Teks Laporan Hasil Observasi dan Strukturnya Secara Lengkap

Materi Teks Laporan Hasil Observasi Lengkap Via: Klipingku.my.id

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Teks Laporan hasil observasi adalah berita atau informasi yang dibuat berdasarkan pengamatan. Menurut Kosasih (2014:43) menyatakan bahwa teks laporan hasil observasi mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh dari hasil pengamatan, bukan hasil imajinasi. Hal ini menegaskan bahwa yang diungkapkan dalam laporan hasil observasi adalah sesuatu yang terjadi.



Pengertian Observasi Menurut Para Ahli

Daftar Isi Artikel Ini :
  • 1.      Prof. Heru

Suatu pengamatan menunjukkan sebuah studi atau pembelajaran yang dilaksanakan dengan sengaja, terarah, berurutan, dan sesuai tujuan yang hendak dicapai pada suatu pengamatan yang dicatat segala kejadian dan fenomenanya yang disebut dengan hasil observasi. Hasil tadi dijelaskan dengan rinci, teliti, tepat, akurat, bermanfaat dan objektif sesuai dengan pengamatan yang dilakukan.
  • 2.      Karl Welck

Definisi observasi merupakan pencatatan, pemilihan, penyusunan, penandaan, penggantian dari serangkaian proses tingkah laku dan suasana yang memiliki hubungan dengan organisasi tertentu.
  • 3.      Gibson, R.L dan Mitchell. M.H

Observasi adalah teknik yang bisa dipergunakan untuk menyeleksi derajat dalam menentukan keputusan dan konklusi terhadap orang lain yang diamati. Pengamatan seperti ini tidak bisa dilakukan sendiri, harus dibantu dengan metode penelitian yang lainnya.
  • 4.      Prof. Dr. Bimo Walgito

Observasi adalah suatu penelitian yang dijalankan secara sistematis dan disengaja diadakan dengan menggunakan alat indra (terutama mata) atas kejadian–kejadian yang langsung dapat ditangkap pada waktu kejadian berlangsung.
  • 5.      Nasution

Menurutnya Observasi adalah dasar semua ilmu pengetahuan. Para ilmuan hanya dapat bekerja berdasarkan data, yaitu fakta mengenai dunia kenyataan yang diperoleh melalui observasi.
  • 6.      Syaodih

Menurutnya Observasi adalah teknik yang digunakan atau cara yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan jalan mengadakan pengamatan terhadap kegiatan yang sudah berlangsung.



Sifat Teks laporan Hasil Observasi

  • Bersifat Informatif
  • Bersifat Komunikatif
  • Bersifat Objektif

 

Fungsi Teks laporan Hasil Observasi

Fungsi yang dimaksud adalah untuk memberitahukan atau menjelaskan suatu kegiatan yang dilakukan. Hasil observasi terhadap suatu objek juga dapat berfungsi untuk memberitahukan kepada pihak berwenang atau terkait suatu informasi. Selanjutnya, informasi tersebut dapat dijadikan sebagai dasar penyusunan kebijakan. Contohnya adalah teks laporan hasil observasi kerusakan lingkungan. Selain itu, banyak teks laporan hasil observasi yang dapat dijadikan bahan informasi untuk berbagai kepentingan. Teks laporan hasil observasi secara umum juga berfungsi sebagai alat pendokumentasian suatu objek atau suatu kegiatan.



Ciri-Ciri Laporan Hasil Observasi

Yang membedakan dari teks laporan hasil observasi dengan jenis laporan hasil penelitian lainnya adalah sebagai berikut ini.
  • Objektif. Laporan hasil observasi harus disusun berdasarkan keadaan objek amatan tanpa ada pengaruh atau pandangan pribadi dari si penyusun.
  • Faktual. Selain objektif, laporan juga harus disusun berdasarkan kenyataan lapangan. Hal tersebut agar mudah diuji kebenarannya dan dapat dipertanggungjawabkan.
  • Sistematik. Laporan yang disusun pun harus secara sistematik atau harus secara teratur dan beraturan. Laporan juga harus sesuai dengan standar penulisan teks laporan hasil observasi itu sendiri.
  • Ada objek. Dan ciri-ciri laporan hasil observasi sendiri harus ada objek. Objek tersebut bisa berupa hewan, tumbuhan, manusia, atau objek lainnya yang berada di lingkungan dan alam semesta.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Terdapat 3 struktur utama yang membangun teks LHO sehingga menjadi satu kesatuan, struktur teks nya yaitu:
  1. Pernyataan umum; mengandung keterangan umum mengenai subjek yang dilaporkan. Pernyataan umum mengandung informasi umum (nama latin, kelas, asal usul, informasi tambahan tentang hal yang dilaporkan).
  2. Deskripsi bagian; mengandung rincian hal-hal yang dilaporkan. Jika binatang bisa berupa ciri fisik, makanan, habitat, perilaku. Jika tumbuhan bisa berupa ciri fisik akar, bunga, buah atau perincian bagian yang lain. Tidak jarang manfaat dan nutrisi juga dipaparkan pada bagian ini. Kalau yang dilaporkan berupa objek, deskripsi bagian berisi klasifikasi objek dari berbagai segi dan deskripsi manfaat suatu objek, sifat-sifat khusus objek.
  3. Simpulan; mengandung ringkasan umum hal yang dilaporkan.


Jenis Teks Laporan Hasil Observasi

Teks observasi mempunyai berbagai macam tergantung pada objek yang diamati, tujuan pembuatan, dan lainnya. Misalkan objek yang diamati adalah:
  • Observasi mengenai kondisi sosial, ekonomi, politik
  • Observasi mengenai kondisi lingkungan dan ekosistem
  • Observasi mengenai keadaan yang sedang terjadi (acara HUT RI)
  • Dan sebagainya.
Misal juga tujuan pembuatan nya:
  • Teks observasi eksposisi.
  • Teks observasi identifikasi.
  • Teks observasi klasifikasi.
  • Dan sebagainya.


Contoh Laporan Hasil Observasi Kucing

Contoh Laporan Hasil Observasi Kucing

Pernyataan umum (klasifikasi)

Kucing adalah jenis hewan mamalia dari famili Felidae. Hewan ini termasuk golongan karnivora yakni hewan pemakan daging. Kucing dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu kucing besar dan kucing rumahan. Kucing besar meliputi harimau, singa, dan lain sebagainya. Sedangkan kucing rumahan adalah jenis yang sangat populer sebagai hewan peliharaan.

Anggota/aspek yang dilaporkan

Kucing rumahan mencapai tinggi 45 cm, panjang 60 cm, dan berat 16 kg. Kucing memiliki taring yang runcing serta cakar yang dapat ditarik dan dikeluarkan sesuai kebutuhan. Kucing juga mempunyai penglihatan yang baik.

Kucing jenis ini termasuk hewan penyendiri dimana masing-masingnya memiliki wilayah sendiri. Bila ada kucing asing yang masuk ke wilayahnya biasanya akan terjadi perkelahian singkat. Serangan biasanya berupa cakaran, gigitan, dan tamparan. Jantan yang aktif umumnya akan sering terlibat perkelahian.


Pada umumnya kucing peliharaan tidak berbahaya bagi manusia mengingat tubuhnya yang kecil. Namun, tidak menutup kemungkinan kucing peliharaan bisa menularkan penyakit. Penyakit yang mungkin ditularkan diantaranya rabies akibat gigitannya dan gangguan pernapasan oleh bulunya. 
 
 
Baca Juga:
 
 

Contoh Laporan Hasil Observasi Sapi


Definisi umum

Sapi adalah salah satu hewan ternak penghasil daging dan susu yang memiliki tanduk, berbulu tipis, berkuku genap, berkaki empat, bertubuh besar, dan salah satu hewan herbivora dan hewan mamalia yang mempunyai kalenjar susu. Berdasarkan ada atau tidaknya kalenjar susu sapi dibagi menjadi dua jenis yaitu sapi perah dan sapi potong/pedaging.

Deskripsi bagian

Sapi perah adalah sapi betina yang dipelihara untuk menghasilkan susu. Sapi perah yang bisa dipelihara adalah sapi peranakan. Sapi peranakan dapat memproduksi hingga 25 liter/hari tetapi normalnya antara 12-20 liter/hari. Sapi peranakan memiliki bulu berwarna putih dan belang hitam dan terdapat segitiga putih pada kepala sapi peranakan.

Sapi pedaging atau sapi potong adalah sapi yang dipelihara sebagai penghasil daging. Ciri-cirinya yaitu memiliki tubuh besar, badan berbentuk segi empat atau balok, kualitas daging maksimum, laju pertumbuhan cepat serta sapi yang sehat dan tidak terserang penyakit. Sapi potong/pedaging meliputi Sapi Bali, Sapi Madura, Sapi Sumba Ongole dan masih banyak yang lainnya.

Deskripsi manfaat

Sapi memiliki banyak sekali manfaat dari mulai susunya yang bisa dijual atau diolah menjadi minuman dan makanan yang lezat mengandung protein kalsium yang baik bagi tubuh manusia, dagingnya yang bermanfaat bagi tubuh dan masih banyak manfaat lainnya.


Contoh Laporan Hasil Observasi Kambing

Pernyataan umum (klasifikasi)

Kambing adalah binatang pemamah biak yang berukuran sedang. Kambing ternak adalah subspesies kambing liar yang secara alami tersebar di Asia Barat Daya dan Eropa. Kambing jantan maupun betina memiliki tanduk sepasang, namun tanduk kambing jantan lebih besar.

Anggota/aspek yang dilaporkan

Umumnya, kambing memiliki janggut, dahi cembung, ekor agak ke atas, dan kebanyakan berambut lurus dan kasar. Panjang tubuh kambing liar, tidak termasuk ekornya, adalah 1,3 m - 1,4 m, sedangkan ekornya 12 cm - 15 cm. Bobot yang betina 50 kg hingga 55 kg, sedangkan jantan bisa mencapai 120 kg. Kambing liar tersebar dari Spanyol ke arah timur sampai India, dari India ke utara sampai Mongolia dan Siberia. Habitat yang disukainya adalah daerah pegunungan yang berbatu.

Kambing sudah dibudidayakan sejak kira-kira 8000-9000 tahun yang lalu. Di alam aslinya, kambing berkelompok 5 sampai 20 ekor. Dalam pengembaraannya mencari makanan, kelompok kambing dipimpin oleh betina yang paling tua diantara yang lain, sementara kambing jantan berperan menjaga keamanan kawanan. Waktu aktif mencari makannya siang maupun malam hari. Makanan utamanya adalah rumput-rumputan dan dedaunan.


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Lingkungan Sosial

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi
Teks Laporan Hasil Observasi Lingkungan Sosial
SMP Padamulya Bandung yang tepat berlokasi di Jalan Macan No. 25 Bandung ini merupakan salah satu sekolah yang mempunyai kondisi lingkungan sehat serta bersih. Hal tersebut karena sekolah ini mempunyai 2 jenis lingkungan yaitu lingkungan hidup atau benda hidup yang disebut juga biotik dan lingkungan mati atau benda mati yang sering disebut dengan abiotik.
Lingkungan hidup di sekolah tersebut meliputi tanaman-tanaman hias serta pohon-pohon besar yang terawat dengan baik dan apik. Pohon-pohon tersebut berhasil menaungi lingkungan sekolah sehingga sekolah tersebut menjadi teduh dan sejuk. Sedangkan untuk lingkungan mati atau benda mati sendiri terdiri dari gedung sekolah, peralatan sekolah, serta properti sekolah.
Lingkungan hidup disini pun dimulai dari halaman depan sekolah. Disana terdapat berbagai macam tanaman hias yang sangat indah untuk dipandang. Tanaman hias tersebut disimpan di beberapa tempat yang tersebar di lingkungan sekolah. Misalnya didepan ruang guru, didepan kelas, serta di ruang kepala sekolah.
Jenis tanaman yang ada di SMP Padamulya Bandung ini sangat beragam diantaranya adalah tanaman boungenville, bunga mawar, bunga lili, bunga asoka, bunga anggrek, bunga kembang sepatu, bunga amarilis, serta bunga kemuning semua bunga tersebut dirawat dengan baik sehingga tertata dengan cantik. Baik di halaman sekolah maupun didalam ruangan.
Sedangkan untuk jenis pohon besar yang ada di SMP Padamulya Bandung sendiri terdiri dari pohon bambu jepang yang mempunyai ukuran kecil, pohon mangga, pohon beringin karet, pohon bambu kuning, pohon beringin, pohon cemara, pohon jeruk, serta masih banyak pohon yang lainnya. Yang uniknya lagi, di halaman belakang pekarangan kelas sendiri terdapat beberapa tanaman yakni singkong dan jagung.

Hasil dari kebun tersebut biasanya digunakan untuk keperluan penelitian biologi serta dikonsumsi bersama oleh para siswa dan guru. Untuk lingkungan benda matinya sendiri terdapat gedung sekolah yang terdiri dari ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang kelas siswa, ruang tata usaha,  perpustakaan, UKS, aula, koperasi, kantin, kamar mandi serta gudang.
Sedangkan untuk peralatan yang terdapat di sekolah tersebut antara lain meja dan kursi baik bagi para siswa maupun para guru, lemari buku, papan tulis, layar LCD proyektor, globe, alat-alat peraga untuk keperluan pelajaran biologi, serta peralatan lainnya yang mendukung pembelajaran. Selain itu, terdapat juga peralatan olahraga seperti bola sepak, bola basket dan ringnya, bola voli dan jaringnya, bola tenis, jaring bulu tangkis, dan masih banyak lagi peralatan olahraga yang lainnya.
Dibagian lapangnya sendiri terdapat lapangan olahraga yang dapat digunakan untuk bermain voli, basket, sepak bola, lapangan upacara, serta lapangan khusus untuk tempat parkir kendaraan para siswa dan guru. Demikianlah hasil observasi dari lingkungan SMP Padamulya Bandung yang terdiri dari lingkungan benda hidup dan lingkungan benda mati.
Agar kedua jenis lingkungan tersebut dapat digunakan dengan baik, maka diperlukan kesadaran dari seluruh warga sekolah SMP Padamulya Bandung sendiri untuk memelihara dan merawat lingkungannya agar tetap bersih, rapih, serta asri.


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Pemanasan Global

 

Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Pemanasan Global
Pemanasan global secara istilah sering disebut dengan global warming yakni sebuah proses meningkatnya suhu bumi setiap tahunnya yang diakibatkan meningkatnya gas buang karbon yang salah satunya berasal dari aktivitas industri. Terjadinya pemanasan global akibat adanya efek gas rumah kaca yang berupa gas karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO), serta gas metan.
Gas-gas tersebut yang menimbulkan greenhouse effect atau dalam bahasa Indonesianya efek gas rumah kaca pada atmosfer bumi sehingga sinar uv tertahan dari dalam atmosfer. Hal tersebut akan menyebabkan kenaikan suhu rata-rata di bumi. sehingga jika hal ini terjadi dalam jangka panjang, akan mengakibatkan meningkat naiknya air permukaan laut akibat dari es kutub utara dan selatan yang mencair.
Selain itu pemanasan global pun juga diakibatkan oleh penguraiannya ozon (O3) menjadi oksigen (O2) serta unsur O. Jadi ozon tidak bisa menangkal dari sinar UV sehingga secara langsung akan menembus ke permukaan bumi. sedangkan penyebab utamanya sendiri dari efek rumah kaca ini adalah oleh perilaku manusia itu sendiri salah satunya adalah penebangan pohon dan pemakaian listrik secara berlebihan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan (Tumbuhan Langka Di Indonesia)

Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan
Indonesia merupakan negara yang mempunyai beragam jenis flora atau tumbuhan yang terbilang langka didalamnya. Karena Indonesia sendiri merupakan negara yang mempunyai iklim tropis dengan tanahnya yang subur. Meskipun demikian, masih ada jenis-jenis tumbuhan langka tersebut yakni sebagai berikut.
Bunga Bangkai
Raflesia arnoldi atau yang sering biasa disebut dengan bunga bangkai merupakan jenis bunga yang ukurannya sangat besar sekali dan  mempunyai bau yang tidak sedap. Bau tak sedap itu sangat menyengat sekali namun mempunyai fungsi sebagai penarik perhatian binatang seperti lalat dan serangga yang lainnya yang dapat membantu proses penyerbukan bunga.
Pada awalnya, bunga ini tumbuh dan berkembang di hutan Sumatera, namun karena terjadinya kepunahan maka bunga tersebut dipindahkan ke Bandung. Menurut hasil dari observasi, saat bunga ini mekar kelopaknya akan berwarna putih. Sedangkan untuk mahkotanya sendiri akan berwarna merah keungguan. Tampilan bunga ini sangat kokoh, namun ketahanan hidupnya hanya 7 hari saja.
Tumbuhan Damar
Menurut hasil observasi, tumbuhan damar yang berasal dari Indonesia ini tergolong kedalam jenis tumbuhan langka. Tumbuhan ini dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai 60 meter. Namun, kini tumbuhan damar sering didayagunakan secara berlebihan sehingga keberadaannya pun sangat sulit ditemukan. Tumbuhan damar ini mempunyai manfaat bagi manusia yakni pada bagian getahnya yang dapat dijadikan vernis, kaca, serta cairan pelapis kertas.
Kantong Semar
Tumbuhan langka berikutnya adalah kantong semar. Tumbuhan ini termasuk kedalam jenis tumbuhan karnivora. Hal tersebut terbukti dari hasil penelitian yakni tumbuhan ini memakan serangga yang berukuran kecil seperti lalat, semut, serta lebah. Proses penangkapan serangganya pun terbilang unik. Yakni dengan cara membuka kantung mulut tumbuhan selebar-lebarnya.
Didalam kantung mulutnya tersebut terdapat cairan yang bisa menarik para serangga kecil. Saat serangga tersebut sudah masuk kedalam kantung mulut, maka tumbuhan kantong semar ini akan menutup mulutnya. Untuk menjaga perkembagannya, kantong semar kini sudah dikembangkan di beberapa tempat di Indonesia untuk dijaga supaya tidak punah.
Pohon Ulin
Pohon ulin atau yang sering disebut dengan nama kayu besi merupakan tumbuhan akademik yang berasal dari Pulau Kalimantan. Untuk pohon ini dikenal dengan kayunya yang amat kuat sehingga banyak sekali dipakai untuk bahan kontruksi bangunan. Salah satu penyebab pohon ini hampir punah adalah karena dampak dari penebangan liar serta eksploitasi secara berlebihan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.
Pohon Cendana
Pohon cendana merupakan pohon yang mempunyai banyak manfaat diantaranya adalah sebagai bahan baku pembuatan dupa, rempah-rempah, bebatuan terapi, dan yang lainnya. Namun sayangnya pohon ini sering dieksploitasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu tanaman ini pun tidak mudah untuk dibudidayakan, sehingga membuat populasi pohon cendana ini semakin berkurang bahkan hampir terancam punah.
Anggrek Tebu
Anggrek tebu merupakan tanaman yang masih satu rumpun dengan bunga anggrek yang mempunyai berat lebih dari 1 ton dengan panjang yang dapat mencapai 3 meter. Sebab mempunyai ukuran yang besar, tanaman ini pun lazim disebut dengan anggrek raksasa. Bunga anggrek tebu sendiri sangat sedikit keberadaannya. Hal tersebut dikarenakan anggrek tebu sendiri sulit untuk dibudidayakan. Oleh sebab itu, tanaman ini termasuk kedalam tanaman langka di Indonesia.


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Alam


Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Alam
Bulan merupakan satu-satunya satelit alami yang diperuntukkan untuk bumi. Untuk Bulan sendiri menjadi satelit terbesar ke lima dalam urutan tata surya. Bulan juga tidak selalu berada di belahan bumi yang sama, karena bulan sendiri berputar mengelilingi porosnya yakni bumi. Itulah sebabnya kita senantiasa melihat bulan di malam hari, serta cahaya yang dipancarkannya merupakan pancaran dari cahaya matahari.
Jarak antara bumi dan bulan sendiri sangat jauh yakni sekitar 384.405 km yakni tiga puluh kali diameter bumi. sedangkan untuk diameternya sendiri yakni 3.474 km. Bulan mengelilingi bumi setiap 27,4 hari. Sedangkan untuk variasi periodik antara bumi, bulan dan matahari tersebut bertanggung jawab pada fase bulan yang selalu berulang sebanyak 29,5 hari.
Bulan yang ditarik oleh gravitasi bumi tidak jatuh ke bumi karena gaya sentrifugalnya yang diakibatkan dari bulan mengelilingi bumi. Sedangkan besarnya gaya sentrifugal bulan sendiri sedikit lebih besar dari gaya gravitasi antara bumi dan bulan. Hal tersebut yang menyebabkan bulan semakin menjauh dari bumi dengan kecepatan 3,8 cm per tahunnya. Di bulan sendiri tidak ada kehidupan sama sekali.



Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat
Beruang Madu
Beruang madu adalah jenis beruang terkecil di antara delapan jenis beruang yang terdapat di dunia. Tinggi tubuhnya hanya berkisar di angka 140 cm, dengan tinggi punggung 70 cm dan bobot antara 50 hingga 65 kg.
Bulu yang cenderung pendek namun berkilau terlihat menutupi seluruh tubuh beruang madu kecuali telapak kaki. Terdapat ciri yang sangat khas pada tubuh beruang madu yaitu tanda berwarna jingga yang berada tepat di bawah leher.
Beruang madu hidup di pepohonan. Mereka dapat bergerak dengan kecepatan 48 km/jam dan memiliki tenaga yang amat kuat. Karena tergolong mamalia, betina-betina beruang madu menyusui bayi mereka setelah beranak.
Hewan ini tergolong pemakan segala. Mereka tidak hanya mengonsumsi madu sesuai namanya, tapi juga beragam buah dan tumbuhan dalam hutan hujan tropis, termasuk pula tumbuhan jenis palem.
Selain madu dan tanaman, beruang madu juga senang memakan serangga, burung, serta binatang kecil lainnya.
Meski tenaganya amat kuat, beruang madu tergolong binatang yang mudah diserang. Mereka juga terancam punah karena habitat aslinya telah hilang dan dirusak.


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Alam

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Alam
Bulan
Bulan adalah satelit alami planet Bumi. Ia selalu bergerak memutari porosnya, Bumi, setiap 27,3 hari. Oleh karenanya, bulan tidak terlihat di belahan Bumi yang sama sepanjang waktu.
Perputaran bulan mengelilingi Bumi juga yang menyebabkan ia terlihat hanya pada malam hari. Saat malam, bulan seolah-olah terlihat seperti memiliki cahayanya sendiri. Padahal, cahayanya merupakan pantulan dari cahaya matahari.
Di bulan, tidak ditemukan air, udara, serta sistem pelindung sekuat lapisan atmosfer yang melindungi permukaan bulan dari hantaman benda langit, seperti asteroid atau komet. Oleh karena itulah, tidak ada kehidupan di bulan.
Hantaman benda langit tersebut menyebabkan kawah-kawah di permukaan bulan. Kawah paling besar bernama Clavius. Ia memiliki diameter sejauh 230 km dan kedalaman sedalam 3,6 km.
Struktur bulan dari yang terdalam adalah inti, mantel, dan kerak. Inti bulan memiliki bagian dalam yang keras setebal 240 km serta bagian luar berupa cairan setebal 300 km. Terdapat kandungan besi yang sangat banyak dalam inti bulan.
Setelah inti, ada mantel yang amat tebal. Ia disusun oleh sedikit logam besi dan banyak mineral silikat. Kemudian yang terluar adalah kerak. Kerak bulan tersusun atas batuan granit dan juga mineral kalsium dengan ketebalan berkisar antara 48 hingga 74 km.
Jarak bulan dengan Bumi sangatlah jauh. Jika dihitung dari pusat bulan ke pusat Bumi, jarak rata-ratanya adalah 384.405 km atau sejauh 30 kali diameter Bumi. Meski jauh, bulan masih dalam jangkauan gaya gravitasi Bumi tapi ia tak jatuh menimpa porosnya.
Hal demikian terjadi karena gaya sentrifugal yang ditimbulkan oleh pergerakan bulan mengelilingi Bumi. Gaya sentrifugal tersebut sedikit lebih besar daripada tarikan gravitasi Bumi, sehingga bulan tetap pada tempatnya.
Gaya sentrifugal ini pulalah yang menyebabkan bulan bergerak semakin menjauhi bumi dengan kecepatan sekitar 3,8 cm tiap tahunnya.


Demikianlah artikel hari ini tentang Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Terlengkap dan Strukturnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.


Penelusuran yang terkait dengan Teks Laporan Hasil Observasi