30+ Contoh Paragraf Deduktif Meliputi Pengertian, Ciri, Dan Jenisnya [ LENGKAP ]

Paragraf Deduktif - Pengertian, Contoh, dan Ciri Ciri Via: jendelapintar.com

Pengertian Paragraf Deduktif


Apa itu paragraf deduktif? Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terdapat di awal paragraf kemudian diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas.

Pola paragraf deduktif: umum-khusus.

Paragraf deduktif disusun mengikuti pola penalaran deduktif, yaitu penguraian ke dalam bukti, fakta, data empiris khusus dari sebuah kesimpulan umum yang disajikan. Dengan demikian, penyajian paragraf diawali dengan sebuah kalimat berisi kesimpulan umum untuk diuraikan, dijelaskan, atau dibuktikan dalam kalimat penjelasnya yang bersifat khusus.Intinya paragraf deduktif letak gagasan utamanya berada di bagian awal paragraf.


Ciri-ciri kalimat deduktif

  1. Kalimat utama terletak pada awal paragraf.
  2. Kalimat disusun dari pernyataan umum yang kemudian disusul dengan penjelasan-penjelasan seperti contoh, rincian, dan lain-lainnya.

 

Contoh Paragraf Deduktif

Kemacetan sudah menjadi hal yang biasa di Ibu kota Indonesia yakni Kota Jakarta. Terjadinya kemacetan tersebut disebabkan oleh berbagai faktor seperti jumlah kendaraan yang terlalu banyak yang artinya tidak seimbang dengan luas jalan yang ada. Kurangnya kedisiplinan bagi pengendara ataupun pengguna jalan raya. Adanya tempat-tempat yang menganggu lalu lintas seperti pasar, pedagang kaki lima, halte yang tidak difungsikan, banjir, dan sebagainya. Yang terakhir, Kurang tegasnya aparat yang berwenang dalam menindak para pelanggar lalu lintas.





Daftar Artikel Lainnya:



Contoh Paragraf Deduktif Singkat

1. Komunikasi intrapersonal adalah sebuah komunikasi yang dilakukan antara individu dengan dirinya sendiri. Komunikasi ini dapat berbentuk renungan, introspeksi diri, berpikir, atau berimajinasi. Komunikasi ini sangat penting sekali dilakukan agar individu bisa lebih mengetahui dan memahami dirinya sendiri.
2. Orang pendiam tidak seharusnya dijauhi atau dianggap aneh. Karena tidak semuanya orang pendiam adalah seorang pecandu narkoba, berkepribadian sombong, penderita kelainan jiwa, dan seorang teroris. Orang pendiam hanya berperilaku tidak pandai bicara dan juga tidak terlalu senang berada pada tempat ramai sekalipun.
3. Chairil Anwar merupakan seorang penyair ternama di Indonesia. Penyair asal Medan ini juga menjadi bagian dari sastrawan angkatan ’45 yang terkenal juga selain daripada Asrul Sani dan Rivai Apin. Puisi-puisi Chairil Anwar sangat terkenal dan disukai para masyarakat Indonesia. Salah satunya puisi yang berjudul Aku.
4. Ada beberapa jenis masakan khas Padang yang sangat terkenal sekali di Indonesia, salah satunya adalah rendang. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dipotong menjadi kotak. Daging sapi tersebut kemudian dimasak menggunakan bumbu rendang khas padang. Setelah dicampurkan dengan semua bumbu, tunggu sekitar waktu 2 jam, sampai semua bumbu tersebut meresap dan daging sapi berwarna kecoklatan.

 

Contoh Paragraf Deduktif

Contoh 1
Para masyarakat Jakarta khususnya di tanah abang telah sepakat untuk melaksanakan keliling ronda dimalam hari. Sebelumnya, telah banyak warga yang rumahnya kerampokan dan hewan ternak selalu hilang ketika dimalam hari. Para masyarakat sudah mulai resah dengan munculnya maling tersebut, apalagi sebentar lagi menjelang lebaran, keamanan harus lebih diperketat lagi untuk mengantisipasi hal yang sama terulang kembali. Jika masyarakat melaksanakan ronda dan keliling pada aktifitas malam hari, maling itu tidak akan berani menampakan dirinya. Setidaknya masyarakat memulai ronda keliling di jam 00.00 sampai 04.00, karena biasanya maling bergerak tengah malam.
Kalimat utama pada paragraf di atas adalah “Para masyarakat Jakarta khususnya di tanah abang telah sepakat untuk melaksanakan keliling ronda dimalam hari”.

Contoh 2
Kemacetan pada kota-kota besar disebabkan oleh beberapa hal. Faktor pertama adalah banyaknya kendaraan – kendaraan roda dua atau sepeda motor di jalan raya. Hal ini disebabkan mudahnya akses untuk mendapatkan kendaraan bermotor. Hanya dengan mempunyai uang sebesar 1 juta rupiah saja saat ini bisa mendapatkan sepeda motor (sistem kredit). Faktor berikutnya adalah tidak seimbangannya jumlah kendaraan sepeda motor dengan pembangunan jalan. Meningkatnya jumlah kendaraan sepeda motor ini tidak diikuti dengan perluasan jalan raya. Akibatnya, jalan menjadi semakin menyempit karena kendaraan yang banyak. Faktor yang terakhir diakibatkan oleh banyaknya lahan yang digunakan seperti trotoar yang dipakai sebagai pasar kaget, banyaknya pedagang kaki lima, dan lain – lain.


Contoh Paragraf Deduktif Singkat

Contoh kalimat deduktif tentang sosiologi 1:
Komunikasi intrapersonal merupakan komunikasi yang dilakukan antara individu dengan dirinya sendiri. Komunikasi ini bisa berbentuk renungan, introspeksi diri, berpikir, dan berimajinasi. Komunikasi ini penting dilakukan agar individu bisa lebih mengetahui dan mengenal dirinya sendiri.
Contoh kalimat deduktif tentang sosiologi 2:
Orang pendiam tidak sepantasnya dijauhi maupun dianggap aneh. Karena tidak selamanya orang yang pendiam adalah pecandu narkoba, berkepribadian sombong, penderita kelainan jiwa, atau seorang teroris. Orang pendiam hanyalah orang yang tidak pandai banyak bicara sekaligus tidak terlalu senang berada di tempat ramai terlalu lama.
Contoh paragraf deduktif singkat 3:
Chairil Anwar adalah salah satu penyair ternama di Indonesia. Penyair kelahiran Medan ini juga menjadi bagian dari sastrawan angkatan ’45 yang terkenal selain Asrul Sani dan Rivai Apin. Puisi-puisi Chairil sangat dikenal dan dicintai masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah puisi berjudul Aku.
Contoh paragraf deduktif tentang kebudayaan 4:
Ada beberapa varian dendeng di dalam masakan khas Padang, salah satunya adalah dendeng balado. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis dan melebar. Daging sapi tersebut kemudian dijemur dibawah sinar matahari sampai kering. Setelah dijemur sampai kering, daging sapi digoreng, kemudian diberi bumbu berbahan dasar cabai atau biasa dikenal dengan bumbu balado.
Contoh paragraf deduktif tentang lalu lintas 5:
Kemacetan telah menjadi hal yang biasa di Jakarta. Kemacetan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantara lain. Pertama, jumlah kendaraan yang ada tidak seimbang dengan luasnya jalan. Kedua, kurangnya rasa disiplin untuk semua pengguna jalan raya.
Ketiga, munculnya tempat-tempat yang mengganggu lalu lintas seperti pasar, rel kereta api, halte yang tidak difungsikan, banjir, pedagang kaki lima, dan sebagainya. Yang terakhir, tidak tegasnya aparat yang berwenang dalam menindak para pelanggar lalu lintas.
Contoh Deduktif tentang sekolah 6:
Walaupun dosen menunjukkan slide materi nya kepada mahasiswa, membeli buku materi perkuliahan tetaplah harus dilakukan. Karena slide yang diberikan oleh dosen hanyalah inti materi saja, dan buku materi perkuliahan memuat pembahasan materi secara mendalam.
Contoh deduktif tentang pekerjaan 7:
Bekerja di perusahaan startup atau rintisan memiliki beberapa kelebihan. Pertama, kamu akan memiliki kesempatan untuk belajar membangun perusahaan dari nol secara langsung. Kedua, kamu bisa bekerja di berbagai posisi yang tersedia di perusahaan, hal ini membuat kamu belajar banyak hal dan kemampuan semakin bertambah dan meningkat.
Contoh deduktif 8:
Di waktu sekarang, para generasi muda tidak lagi mencari kerja demi mendapatkan gaji besar saja. Generasi muda saat ini juga mulai mempertimbangkan aspek kepuasan batin dalam bekerja. Sehingga hal ini memicu para generasi muda ini untuk bekerja sesuai dengan minat dan bakat.
Contoh kalimat deduktif 9:
CV (Curricilum Vitae) merupakan salah satu syarat seseorang yang hendak melamar pekerjaan. CV umumnya berisi data pribadi, pengalaman, riwayat pendidikan, prestasi, dan keahlian, serta data-data pendukung lainnya. CV harus dibuat dengan singkat, padat, dan jelas.


Contoh paragraf deduktif :

  1. Fenomena macet sudah biasa dijumpai di beberapa kota besar di Indonesia. Hal tersebut dapat dikarenakan beberapa sebab diantaranya adalah volume kendaraan yang sudah tinggi dan melampaui target dan kapasitas jalan. Selain itu, tingkat kesadaran warga yang kurang disiplin serta masih banyaknya aparat yang kurang tegas menindak pelanggaran pengguna jalan yang semakin mengakibatkan lalu lintas tidak terkendali.
  2. Internet sangat bermanfaat bagi manusia. Dengan kebebasan mengakses jaringan internet kita dapat mudah mengetahui berbagai informasi di belahan dunia manapun. Disamping menjadikannya media informasi, internet juga digunakan sebagai alat komunikasi bagi sebagian orang yang menggunakan aplikasi sosial media. Banyak hal yang ternyata bisa dijangkau hanya dengan sekali klik menggunakan jasa internet sehingga masyarakat pun sangat terbantu dengan kemudahan ini.
  3. Sosok ibu sangat besar peranannya bagi sebuah keluarga. Sebagian besar orang pasti setuju dengan pernyataan tersebut. Kita tidak bisa melengkapi dan menyiapkan segala keperluan hidup tanpa bantuannya. Sebuah keluarga akan sangat bergantung pada peran seorang ibu. Mulai dari makanan, perlengkapan, dan kebutuhan rumah biasanya dilakukan ibu tanpa mengeluh. Tentunya hal tersebut semakin menyadarkan kita untuk tidak membantah segala nasihat ibu dan menghargainya lebih baik lagi.
  4. Disiplin menjadi permasalahan di lingkungan sekolah belakangan ini. Hal tersebut terjadi karena banyak siswa yang sering datang terlambat. Apalagi beberapa hari ini saat digelar ujian tengah semester masih juga ada yang terlambat. Persoalan tersebut kemudian dirapatkan oleh komite sekolah yang menghasilkan kebijakan soal hukuman lari keliling lapangan jika terbukti terlambat lebih dari sepuluh menit.
  5. Kecelakaan akibat kelalaian kerja masih sering terjadi. Sepanjang tahun 2016, tercatat sudah 15 orang meninggal dikarenakan kecelakaan kerja terutama di pabrik- pabrik wilayah perkotaan. Korban meninggal tidak hanya berasal dari pekerja saja, tetapi beberapa warga sipil yang tinggal di lingkungan pabrik turut menjadi korban. Insiden kecelakaan tersebut banyak yang disebabkan konsleting aliran listrik karena pekerja yang lupa mematikan arus listrik saat meninggalkan pabrik.




Penelusuran yang terkait dengan Paragraf Deduktif
  • contoh paragraf deduktif tentang pendidikan
  • contoh paragraf deduktif induktif campuran tentang kesehatan
  • contoh paragraf deduktif tentang hewan
  • contoh paragraf deduktif 5 kalimat
  • ciri-ciri paragraf deduktif
  • pola paragraf deduktif
  • contoh paragraf deduktif dan induktif tentang lingkungan sekolah
  • contoh paragraf deduktif tentang cinta