Pengertian Teks EKSEMPLUM Meliputi Ciri, Jenis, Struktur dan Contoh [LENGKAP]

Contoh Teks Eksemplum Lengkap Beserta Strukturnya Via: jagoberpidato.my.id

Pengertian Teks Eksemplum

Teks eksemplum yaitu teks yang bercerita mengenai tingkah laku tokoh dalam cerita. Seringkali teks eksemplum diawali dengan perkenalan tokoh kemudian peristiwa yang dialami tokoh dan ditutup dengan interpretasi yang muncul dari tokoh.
Definisi lain dari teks eksemplum adalah:
  • Teks eksemplum yaitu teks yang isinya rekaan suatu peristiaw yang tidak diduga dan tidak dikehendaki oleh partisipan (pelakunya)
  • Teks eksemplum yaitu suatu bacaan yang memiliki sifat sebagai penjelas tentang pengalaman hidup seorang manusia
  • Teks eksemplum yaitu suatu teks yang isinya atau ceritanya tentang seorang pelaku.

Ciri Ciri Teks Eksemplum

  • Teks eksemplum berisikan cerita atau sebuah peristiwa pahit atau yang tidak diinginkan oleh si tokoh dalam cerita tersebut.
  • Teks eksemplum biasanya memiliki nuansa naratif.
  • Biasanya mengisahkan atau menceritakan mengenai pengalaman pribadi seseorang baik itu baik maupun buruk.
  • Pada teks eksemplum cerita biasanya akan terjadi perubahan perilaku pada si tokoh agar tidak melakukan perbuatan buruk yang sama seperti sebelumnya.
  • Teks eksemplum memberikan urutan peristiwa dan kejadian secara rinci dan jelas.
 

Struktur Teks Eksemplum

  • Struktur Abstraksi

Abstraksi merupakan inti dari sebuah peristiwa karena struktur ini berfungsi sebagai pengantar yang berfungsi untuk menggambarkan peristiwa secara keseluruhan yang akan terjadi nantinya.
  • Struktur Orientasi

Struktur ini merupakan bagian awalan dari sebuah teks eksemplum, biasanya bagian orientasi ini menjelaskan mengenai sifat atau watak si tokoh dan pengenalan lainnya. Pada bagian ini menjelaskan seperti apa si tokoh ini apakah jahat atau baik.
  • Insiden

Struktur ini merupakan bagian yang mendeskripsikan kejadian-kejadian yang akan dialami oleh si tokoh. Umumnya pada teks eksemplum ini tokoh akan mendapati sebuah persoalan atau permasalahan.
  • Interpretasi

Struktur yang satu ini merupakan bagian yang mendeskripsikan mengenai evaluasi yang perlu dilakukan dari cerita tersebut, pesan moral, serta akibat seperti apa yang ditimbulkan karena perbuatan tokoh didalam cerita tersebut. Struktur interpretasi hampir mirip dengan koda yang merupakan salah satu struktur teks anekdot.
  • Koda

Merupakan struktur yang berfungsi sebagai penutup dalam cerita teks eksemplum tersebut.


Karakteristik Teks Eksemplum

Ada beberapa karakteristik dari teks eksemplum, yakni:
  • Kejadian atau peristiwa yang diceritakan merupakan certia yang tidak dikehendaki
  • Kejadian yang diceritakan merupakan peristiwa yang jarang terjadi dalam kehidupan nyata
  • Kejadian yang diceritakan merupakan peristiwa yang membuat penyesalan untuk partisipan
  • Kejadian yang diceritakan memiliki nilai yang dapat disarankan kepada pendengar atau pembaca
  • Di suatu bacaan menghadirkan diri penulis dalam menginterpretasikan dan koda



Daftar Artikel Lainnya:



Contoh Teks Eksemplum / Pengalaman / Pendidikan / Sahabat / Singkat

 
Contoh Teks EKSEMPLUM Terlengkap

1.Contoh Teks Eksemplum Kucing dan Kelinci

Kelinci dan Kucing
Bermula dari seekor kucing yang selalu menyendiri, ketika berada di rumah. Karena dia tidak memiliki teman yang dapat diajak untuk bercanda.
Suatu hari kucing bermain – main di rumah bersama majikannya. Kucing sangat di manja oleh majikannya. Dia selalu diberikan makanan kesukaannya secara tepat waktu. Dia tidak pernah sekalipun dibiarkan kelaparan.
Hingga suatu hari, sang majikan sibuk dengan pekerjaan barunya. Si kucing jarang diajak untuk bermain – main seperti biasanya. Setiap kali kucing itu mendekat, “meong…meong” sang majikan selalu mengatakan “bentar, aku lagi sibuk”. Si kucing terus berusaha mendekati majikannya, setiap hari. Berharap suatu hari nanti sang majikan mengajaknya bermain.
Namun usaha si kucing sia – sia, sang majikan terus sibuk dengan pekerjaannya dan sang kucing terus merasa kesepian. Akhirnya, si kucing lebih memilih utuk menyendiri di ruangan favoritnya, di salah satu sudut ruang tamu.
Kucing selalu memandang majikannya yang lewat, berharap akan diajak bercanda. Sayangnya, semua itu sia – sia. Hingga suatu hari, sang majikan membawakan kucing, teman baru. Seekor kelinci. Kucing berusaha untuk mendekati teman barunya tersebut dan berharap bisa diajak untuk bermain bersama
Lambat laun, kelinci itu menerima kehadiran kucing dan mereka sering bercanda bersama. Seolah, kelinci itu mampu menghibur kucing yang merasa kesepian, karena sang majikan sudah tidak pernah mengajaknya bermain.
Dalam hidup kita membutuhkan orang lain untuk memberikan kita kebahagiaan dan membagi kebahagiaan dalam suatu persahabatan.

2.Contoh Teks Eksemplum Kesombongan Burung Pipit

Kesombongan Burung Pipit
Orientasi :
Di sebuah hutan dikisahkan bahwasanya telah hidup sekelompok burung pipit. Ningsih, adalah salah satu nama dari sekelompok burung pipit tersebut. Ningsih tinggal bersama sekawanan hewan lainnya. Ningsih dikenal sebagai seekor burung pipit yang suka hidup memisahkan diri dari hewan lainnya dan juga sombong karena ia selalu merasa bahwa hanya dirinya yang paling mampu dan paling benar diantara semua hewan yang ada di hutan itu.
Insiden :
Di suatu ketika sekawanan burung pipit tersebut membuat sarangnya dari tumpukan jerami. Mereka membuat sarang itu dengan sabar sehingga sarangnya terlihat rapi, kokoh, dan bagus. Namun, berbeda dengan Ningsih, ia membuat sarangnya dari potongan kertas yang berwarna-warni.
Menurut Ningsih, sarangnya lah yang lebih bagus dan terlihat lebih cantik dibanding milik teman-temannya. Padahal pada saat pembuatan sarangnya, Ningsih tidak memikirkan ketahanan dari sarang yang dibuat. Disebelah Ningsih ada pula burung pipit lain yang tengah membuat sarang dari tumpukan jerami. Wati adalah nama burung pipit yang berada di sebelah sarang Ningsih. Wati merupakan seekor burung pipit yang rendah hati dan dermawan. Sifat Wati, tentu saja berbanding terbalik dengan sikap Ningsih.
Seringkali Ningsih mengejek sarang milik Wati, katanya sarang Wati warnanya sangat membosankan karena hanya terbuat dari tumpuka jerami. Ningsih mencoba membandingkan sarangnya dengan milik Wati, karena sarang Ningsih terbuat dari kertas yang berwarna-warni. Wati pun hanya diam saja tak menghiraukannya.
Ningsih merasa bangga dengan sarangnya, dia terus saja membuat sarang dari tumpukan kertas warna-warni. Di suatu kesempatan Wati memberi saran pada Ningsih agar ia membuat sarang dari tumpukan jerami supaya lebih kuat. Namun, sayang sekali Ningsih tidak menghiraukannya, ia tetap membuat sarang dari kertas warna-warni. Beberapa jam kemudian, semua burung pipit sudah selesai membuat sarangnya masing – masing termasuk Wati dan Ningsih.
Namun tidak disangka hujan pun turun dengan lebatnya, semua burung ke dalam sarangnya masing – masing. Akan tetapi, sarang milik Ningsih rusak terkena air hujan dan tak bisa melindunginya karena sarangnya terbuat dari kertas warna – warni.
Tubuh Ningsih pun basah kuyup karena diguyur hujan yang sangat deras, ia pun panik dan kebingungan. Dan Wati burung yang baik hati dan dermawan itu dengan senang hati memberikan tumpangan kepada Ningsih untuk berlindung. Akhirnya, Ningsih merasa sangat menyesal atas apa yang telah dibuatnya.
Ningsih menyesal karena menghiraukan teman – temannya dan dengan bangganya ia membuat sarang dari kertas warna – warni. Tidak hanya itu, ia juga menyesali perbuatannya yang telah sombong dihadapan teman – temannya. Dengan begitu, setelah hujan mulai reda ia pun kembali membuat sarangnya dengan tumpukan jerami.
Interpretasi :
Setelah kejadian tersebut, Ningsih tidak lagi sombong dan tidak bersikap buruk pada temannya. Ia berjanji kepada dirinya sendiri bahwa dirinya tidak akan lagi sombong. Ningsih sadar, bahwasanya kesederhanaan lebih utama jika dibandingkan dengan kemewahan. Dan satu lagi, Ningsih sadar bahwa dirinya merupakan makhluk sosial yang sangat butuh teman dalam menjalani hidupnya.

3.Contoh Teks Eksemplum Tentang Pendidikan

Larangan Tidak Diperbolehkan Mengenakan Perhiasan Berlebihan di Sekolah
Perhiasan emas kalung, cincin, gelang, anting-anting sangat digemari kaum wanita. Tidak hanya menjadi impian wanita dewasa untuk mengenakannya melainkan juga para remaja. Mulai dari anak SD,  SMP, SMA, hingga perguruan tinggi ingin memilikinya.
Saat ini anak-anak remaja SMA sudah berani mengenakan perhiasan di sekolah. Sekolah juga telah mengeluarkan larangan dengan maksud melindungi diri murid-muridnya. Hal ini disebabkan karena maraknya tindak kriminal perampokan dan pencurian yang sedang terjadi.
Menurut sebagian besar orang, adanya larangan mengenakan perhiasan merupakan kebijakan yang tidak ada dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Namun, banyak sekolah menetapkan larangan penggunaan perhiasan berlebihan saat mengikuti kegiatan belajar.
Para siswi yang populer tentunya memerlukan aksesoris pendukung untuk mempertahankan kasta mereka. Sayangnya, orang tua mereka tidak protes dengan anaknya yang mengenakan perhiasan ke sekolah.
Selain itu, para siswi selalu membantah bahwa perhiasan yang dikenakan tidak berlebihan. Banyak alasan yang dilontarkan mereka, salah satunya karena fashion dan peninggalan keluarga. Apakah larangan dari pihak sekolah tersebut sudah ketat dan ada hukumannya? Apabila dari pihak sekolah memberikan sangsi tegas dan peraturan baru membutuhkan banyak waktu?
Lantas, bagaimana peran wali kelas yang harus mengetahui perilaku murid-muridnya? Alasan ini sangat akurat dan kuat untuk lebih ditegakkannya sangsi bagi para siswi yang memakai perhiasan berlebihan.
Akhirnya solusi terbaik dari pihak sekolah mengeluarkan surat himbauan kepada para wali murid. Surat himbauan tersebut berisi larangan untuk mengenakan perhiasan berlebihan di sekolah. Selain itu dalam surat tersebut juga memuat tindak kejahatan yang pernah terjadi dan akibat-akibatnya.
Pihak sekolah berharap agar para wali murid dapat menimbang dampaknya. Memang sangat penting untuk mengetahui dampak positif dan negatif ketika mengenakan perhiasan berlebihan di lingkungan sekolah.


4.Contoh Teks Eksemplum Tentang Sahabat

Indahnya Persahabatan
Irma adalah murid yang saat ini sedang mengenyam pendidikan di bangku SD. Selain menjadi murid, ia juga menjual kue di kantin sekolah demi mengurangi beban orang tua membiayai pendidikannya. Berlatar belakang keluarga yang perekonomian rendah tidak menyurutkan niat Irma untuk bersekolah. Suatu hari di tanggal 12 April, tiba-tiba Irma tidak masuk sekolah.
Setelah lebih dari seminggu Irma tidak datang ke sekolah, teman-teman pun mendatangi rumahnya. Teman-temannya mendapatkan berita dari tetangga bahwa sekarang Irma menjual kue di terminal. Ia harus menjajakan kuenya di sana untuk membayar iuran SPP bulan lalu.
Saat ini orang tua Irma sedang tidak mempunyai uang dan uang yang telah Irma kumpulkan diserahkan kepada orang tuanya. Mengetahui hal yang menimpa Irma tersebut, akhirnya teman-teman sekelas berinisiatif menemui Irma di terminal. Mereka mencari di mana keberadaan Irma dan membeli kuenya hingga habis terjual selama satu minggu berturut-turut.
Berdasarkan cerita Irma di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa persahabatan merupakan hal yang indah. Dengan kasih sayang dan tenggang rasa untuk saling membantu akan menimbulkan keikhlasan.



5.Contoh Teks Eksemplum Tentang Pengalaman

Kebahagiaan Sirna oleh Kehilangan Orang yang Dicintai
Sebuah kota hidup sebuah keluarga yang bahagia. Pasangan suami istri yang telah membina rumah tangga selam 16 tahun memiliki buah hati bernama Citra. Sayangnya, keluarga tersebut terlilit banyak utang. Keluarga Citra tidak pernah berhenti berdoa dan bersyukur meskipun tengah dirundung banyak cobaan.
Suatu ketika sang ayah diberhentikan dari perusahaan karena sedang terjadi pemutusan hubungan kerja massal. Akhirnya, ayahnya pulang dengan raut wajah begitu sedih. Kemudian menceritakan kejadian yang menimpanya kepada sang istri. Ia menjelaskan hari itu telah di PHK oleh pihak perusahaan.
Dengan perasaan yang sangat gusar dan bingung bagaimana menghidupi anak dan istrinya kelak. Untuk mendapatkan pekerjaan baru bukan perkara mudah. Meskipun begitu dengan sabar istrinya pun mencoba menenangkan Ayah, dan mengajaknya untuk menikmati makanan terlebih dahulu.
Tiba-tiba Citra telah sampai rumah dan menghampiri kedua orang tuanya dengan raut wajah sedih. Hal ini disebabkan karena Citra memikirkan nilai tidak tuntas yang ia peroleh dari hasil ujian bulanan. Citra merasa takut dimarahi dan bingung tentang apa yang harus disampaikan kepada ayah ibunya.
Ketika sampai rumah, Citra tidak dimarahi oleh orang tuanya. Namun mendapatkan fakta bahwa kedua orang tuanya sedang teramat bersedih. Citra pun menemukan informasi sang Ayah telah diberhentikan dari perusahaan tempat ia mencari nafkah. Hal inilah yang menumbuhkan motivasi dalam diri Citra untuk belajar giat dan meraih cita-citanya agar nanti bisa membantu keluarganya.
Semenjak kejadian menyedihkan itu terjadi, ayah Citra mulai sakit-sakitan. Penyakit yang timbul berasal dari beban pikiran karena menganggur dan belum memperoleh pekerjaan.
Saat ujian akhir semester pun tiba, Citra mengerjakan seluruh ujian dengan baik. Dari jauh-jauh hari Citra telah mempersiapkan diri menghadapi ujian dengan belajar giat. Akhirnya setelah hasil ujian diumumkan, Citra mendapatkan nilai yang memuaskan. Tidak disangka Citra menjadi siswa teladan dengan nilai terbaik di angkatannya.
Bel pulang pun berbunyi menandakan waktu belajar telah selesai. Citra bergegas pulang dengan hati bahagia dan bangga akan jerih payahnya selama ini. Dengan langkah cepat Citra tidak sabar untuk memberitahu orang tua yang sangat dicintainya.
Namun, sayangnya takdir berkata lain, kebahagiaan tersebut sirna dalam hitungan detik. Ketika Citra melihat bendera kuning di pagar rumahnya dan banyak orang berdatangan. Betapa terpukulnya ketika ia mendapati jenazah sang ayah telah terbujur kaku dan ibunya sedang menangis tersedu-sedu di samping jasad ayahnya.
Tidak kuasa menahan kesedihan dan membendung air mata, Citra berlari di depan jasad ayahnya. Sambil beruraian air mata dan memberitahu nilai yang ia dapatkan di depan tubuh ayahnya yang tidak bernyawa. Ia sangat terpukul, ketika ingin membuat bangga orang tuanya, malah mendapati ayahnya yang tidak bernyawa lagi.
Citra sadar bahwa kematian adalah kuasa Sang Pencipta dan tidak dapat dielakkan. Sebagai manusia tidak dapat mengetahui dan menghindari datangnya kematian. Saat itu dia menyadari untuk membuat orang tua bahagia tidak hanya dengan mendapatkan nilai memuaskan.
Banyak cara lain yang dapat ia lakukan untuk membuat kedua orang tuanya bahagia. Mulai saat itu ia berjanji akan merawat ibunya dan bekerja keras untuk mewujudkan mimpi-mimpinya.



6.Contoh Teks Eksemplum Tentang Pengalaman Hidup

Orientasi :
Sebuah momen yang membuat saya sadar, bahwa mentaati peraturan ialah suatu kewajiban. Hampir setiap bulan, saya menyempatkan diri untuk pulang ke Demak, mengingat disanalah daerah saya dilahirkan. Kini ini saya tinggal di Semarang, tepatnya saya tinggal di kos-kosan.
Aku kuliah di UNDIP dan jarak rumah saya dengan kampus sungguh-sungguh lah jauh, jadi saya memastikan untuk ngekos di sekitar kampus tersebut. Aku tinggal dengan adik saya yang juga menimba ilmu di salah satu SMA di Semarang.
Saat itu saya berangkat dari kosan sekitar pukul 08.00 pagi dan kemungkinan akan kembali lagi ke Semarang seminggu setelahnya. Aku pulang dengan mengaplikasikan sepeda motor.

Insiden :
Saat diperjalanan saya sungguh-sungguh mengantuk, karena sehari sebelumnya saya tak tidur karena ada tugas dari dosen yang harus saya kerjakan. Dengan keadaan tersebut saya menjadi tak fokus dalam mengendarai sepeda motor.
Untuk mencegah hal-hal yang tak di inginkan, saya kemudian menyuruh adik saya untuk bertukar posisi untuk mengendarai sepeda motor. Akan melainkan adik saya belum bisa mengendarai sepeda motor dan belum mempunyai SIM karena masih berumur 16 tahun.
Aku sempat berpesan kepadanya untuk tak mengebut atau melanggar rambu-rambu lalu lintas dan sekiranya ada operasi zebra stop saja tak usah panik. Setelah seperempat perjalanan, saya memperhatikan tak ada operasi zebra dan adik saya nampak merasakan perjalanan tersebut.
Kemudian saya putuskan untuk beristirahat sebentar. Tak lama bersela, tiba-tiba motor kami oleng dan kemudian terjatuh. “Gimana kok bisa jatuh sih ?” saya bertanya ke adik saya. “Itu kak, didepan ada operasi zebra, jadi saya lantas banting stir ke kiri, eh taunya ada selokan.” Jawabnya. “Kan kakak sudah bilang, jangan panik.”

Interpretasi :
Alhasil motor yang kami kendarai masuk keselokan, beruntung ada warga yang ingin menolong kami untuk mengeluarkan motor tersebut dari selokan. Dari kejadian tersebut, saya sadar akan pentingnya mentaati peraturan lalu lintas. Terimakasih Tuhan, karena Engkau masih memberi kami keselamatan.
Demikianlah penjelasan mengenai contoh teks eksemplum yang baik dan benar, semoga bisa bermannfaat bagi kamu yang ingin mencontohnya atau dijadikan bahan referensi pembuatan tugas nantinya.

7.Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya

Putri-Tangguk

    Alkisah, di Desa Bunga Tanjung ada seorang perempuan tua yang mempunyai huma. Humanya tidak begitu luas, hanya seluas tangguk penangkap ikan, tetapi hasilnya melimpah ruah. Putri Tangguk nama perempuan itu. Ia memiliki tujuh orang anak.

    Pada suatu malam, Putri Tangguk dan suaminya sedang berbincang-bincang tentang masa depan keluarganya. Ketika itu, ketujuh anak mereka sudah tidur dengan pulas. “Wahai Kakanda”, kata Putri Tangguk kepada suaminya sambil menghela napas panjang. “Kita telah bekerja terus-menerus dan tidak henti-henti menuai padi. Hamba merasa sangat lelah. Anak-anak kita pun tidak terurus lagi. Lihatlah anak-anak kita yang tidak pernah lagi berdandan. “Ya,” jawab suaminya sambil duduk! Kalau itu keinginan Dinda, Kanda tidak akan berhuma lagi karena ketujuh lumbung padi sudah penuh. Hujan yang turun malam itu sangat lebat membuat suasana tempat tinggal Putri Tangguk semakin sunyi.

    Keesokan harinya, pagi yang masih dingin tidak menghalangi niat Putri Tangguk dan suaminya pergi ke sawah untuk menuai padi. Pekerjaan itu biasa mereka lakukan setiap pagi demi memenuhi kebutuhan keluarga. Jalan menuju huma yang mereka tuju sangat licin sehingga Putri Tangguk beserta suami dan anak-anaknya sering tergelincir. Bahkan, anak- anaknya ada juga yang terjatuh. Perempuan setengah baya itu tampak kesal.

    “Jalan licin!” terdengar Putri Tangguk menyumpah. “Hari ini kita tidak perlu lama bekerja. Padi yang tertuai kita tumpahkan di jalan ini sebagai pengganti pasir. Besok kita masih dapat menuai padi,” kata Putri Tangguk sambil menggerutu. Hari itu mereka cepat kembali ke rumah. Padi yang sudah tertuai, mereka taburkan di sepanjang jalan yang mereka lalui. Mereka berharap jalan yang selalu mereka lalui tidak licin lagi.

    Keesokan malam anak Putri Tangguk terbangun dan menangis meminta nasi untuk makan. Putri Tangguk pergi ke dapur untuk mengambil nasi. Ketika tutup periuk dibuka, Putri Tangguk terkejut karena tidak ada nasi di dalamnya. Kemudian, ia berjalan menuju lumbung yang digunakan untuk menyimpan beras dan padi. Ia sangat terkejut ketika melihat lumbung itu kosong. Dengan setengah berlari, Putri Tangguk menuju lumbung yang lain. Ia semakin terkejut karena di dalam ketujuh lumbung padi yang dimilikinya tidak ada sebutir beras atau padi pun. Setelah menyampaikan apa yang ditemuinya itu kepada suaminya, Putri Tangguk dan suaminya bergegas berangkat menuju huma.

    mereka. Akan tetapi, mereka sangat terkejut karena tidak sebatang padi pun ada di huma mereka. Dalam keadaan sedih, Putri Tangguk pulang ke rumah. Kesedihannya semakin bertambah ketika mendengar tangisan anak-anaknya yang kelaparan. Putri Tangguk jatuh miskin akibat kesombongannya dengan menabur dan membuang-buang padi semaunya di jalan yang dilewatinya.

    Sebagai ciptaan Tuhan Yang Mahakuasa, manusia tidak boleh sombong dan angkuh. Manusia tidak boleh menghambur- hamburkan kekayaannya karena semuanya merupakan anugerah dan titipan Sang Pencipta. Putri Tangguk yang pada mulanya sangat kaya jatuh miskin karena kesombongan dan keangkuhannya. Ia tidak mensyukuri kekayaan yang telah diberikan Tuhan kepadanya. ...

8.Contoh Teks Eksemplum Tentang Cawi dan Harimau

Cawi dan Harimau


Orientasi :

Pada suatu hari di musim panas, Kancil sedang berjalan-jalan di hutan. Tiba-tiba Kancil mendengar suara burung bernyanyi, lalu ia mencari asal suara itu. Ternyata suara itu berasal dari Burung Cawi. Disana, ia bertemu penghuni hutan lainnya.

Mereka sedang mendengarkan nyanyian dari Burung Cawi. Para penghuni hutan merasa senang dan kagum terhadap Burung Cawi. Selain pandai bernyanyi, ia juga baik hati dan bijak. Oleh karena itu, Kancil ingin menjadikan Cawi sebagai putri rimba. Para penghuni hutan setuju dengan usulan Kancil, terkecuali Burung Elang.

Insiden :

Burung Elang merasa dirinya yang lebih pantas menjadi putri rimba. Tiba-tiba harimau datang menghampiri Elang, dan bertanya tentang kebenaran kabar bahwa Cawi telah dijadikan putri rimba. Rupanya harimau juga tidak setuju kalau Cawi menjadi putri rimba. Mereka merencanakan jebakan untuk mencelakai Cawi.

Harimau memberi tahu Cawi tentang keberadaan emas di hutan yang telah terbakar. Namun itu hanya siasat Elang dan Harimau untuk mencelakai Cawi. Kancil merasa curiga terhadap Harimau, dan ia diam-diam mengikuti mereka.


Sesampainya di hutan, Harimau menyuruh Cawi untuk masuk ke lubang bekas bakaran sebuah pohon. Dengan alasan tubuh Harimau tidak muat untuk masuk kedalamnya.

Cawi bersedia masuk untuk mengambil emas tersebut. Ketika ia berada di dalam lubang, Harimau langsung melompat ke atas sisa pohon yang telah terbakar tersebut, lalu ia merobohkannya.

Seketika Cawi tertimbun reruntuhan pohon yang hangus. Harimau langsung melarikan diri, ia berpikir Cawi telah mati. Kancil yang melihat hal itu langsung menolong Cawi dan akhirnya ia dapat keluar.

Interpretasi :

Kancil mengajak Cawi untuk membersihkan dirinya di danau. Ketika melihat bayangan dirinya di air, Cawi terkejut karena tubuhnya berubah menjadi hitam dan tidak cantik lagi.

Cawi tidak bisa berbuat apa-apa. Semenjak itu, Cawi hanya bisa lebih berhati-hati dan tidak mudah percaya pada seseorang. Kancil menenangkan Cawi dan memberinya sebuah ide untuk membalas perbuatan Harimau.

Cawi dapat berbunyi “kwing.... kwing.... kwing.... kwang.... kwang.... kwang.... kwang...” untuk memberi tahu penghuni hutan jika Harimau sedang mengintai mereka. Jadi, kita dapat belajar bahwa kita harus lebih berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan orang lain.


Demikianlah materi tentang Teks Eksemplum: Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur dan Contoh Lengkap. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.


Penelusuran yang terkait dengan Teks Eksemplum

  • unsur teks eksemplum
  • struktur yang terdapat dalam teks eksemplum adalah
  • contoh teks eksemplum tentang persahabatan
  • berikut ini yang termasuk kedalam struktur teks eksemplum adalah kecuali
  • tujuan teks eksemplum
  • dalam teks eksemplum terdapat struktur yakni insiden yaitu
  • teks eksemplum bahasa sasak
  • contoh teks eksemplum peristiwa alam