Pengertian POSTER Meliputi Ciri, Macam, Fungsi, Syarat, & Contoh Gambarnya (Lengkap)

engertian Poster – Tujuan, Ciri, Jenis, Cara Membuat, Bahan, Prinsip, Contohnya

Pengertian Poster

Pengertian poster adalah suatu media publikasi yang memadukan antara tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak.
Poster dipasang di tempat keramaian dan strategis, seperti di kawasan sekolah,  pasar, perkantoran, fasilitas kesehatan, dan lainnya. Informasi yang disampaikan oleh poster bersifat mengajak.
Poster juga merupakan salah satu bentuk dari seni grafis dua dimensi yang memadukan antara huruf, angka, dan gambar pada media kertas yang besar. Umumnya ditempelkan di bidang dengan permukaan yang rata, seperti dinding atau papan, di pusat-pusat keramaian.


Pengertian Poster Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu poster, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Nana Sudjana dan Ahmad Rivai

Menurut Nana Sudjana dan Ahmad Rivai (2010:51), pengertian poster adalah kombinasi visual dari rancangan yang kuat, dengan warna, dan pesan, dimana tujuannya untuk menangkap perhatian orang yang melihatnya dan cukup lama menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatannya.

2. Arsyad

Menurut Arsyad (2007), pengertian poster adalah suatu media visual dua dimensi berisikan gambar dan pesan tertulis yang singkat untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu, serta mampu mempenggaruhi dan memotivasi tingkah laku orang yang melihatnya.

3. Sri Anitah

Menurut Sri Anitah (2008:12), pengertian poster adalah suatu gambar yang mengombinasikan unsur-unsur visual seperti garis, gambar dan kata-kata yang bertujuan untuk menarik perhatian serta mengkomunikasikan pesan secara singkat.

4. Rudi susilana dan Cepi Riana

Menurut Rudi susilana dan Cepi Riana (2009:14), pengertian poster adalah sajian kombinasi visual yang jelas, menyolok, dan menarik dengan maksud untuk menarik perhatian orang yang lewat.

5. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud)

Menurut Depdikbud (1988:50), pengertian poster adalah suatu media yang terdiri dari lambang kata atau simbol yang sangat sederhana, dan pada umumnya mengandung anjuran atau larangan.

Ciri-Ciri Poster Yang Baik


Sebuah poster dikatakan baik apabila memenuhi hal-hal dibawah ini yaitu:
  • Segera dapat menarik perhatian orang.
  • Dapat menanamkan pesan yang terkandung didalamnya.
  • Tidak boleh berlebihan.
  • Gambar menarik, jelas, sesuai dengan pesan yang tertulis.
  • Bentuk huruf sederhana, dapat dibaca dengan mudah.
  • Maknanya segera dapat dipahami (pesan singkat dalam kalimat yang jelas).

Syarat-Syarat Poster

Poster memiliki beberapa syarat, diantaranya sebagai berikut ini.
  • Bahasa atau kalimat yang digunakan harus mudah dipahami oleh banyak orang.
  • Kalimat pada poster harus singkat, jelas dan padat.
  • Mengkombinasikan antara gambar yang menarik dengan tulisan.
  • Dibuat semanarik mungkin, supaya menarik perhatian banyak orang.
  • Poster harus ditempelkan atau dipajang di tempat-tempat yang ramai.
  • Bahan-bahan untuk membuat poster harus yang memiliki kualiatas yang baik, supaya tidak cepat rusak.

Daftar Artikel Lainnya:


Tujuan Dibuatnya Poster

Seperti yang telah disebutkan pada penjelasan tentang pengertian poster di atas, tujuan utama dibuatnya poster adalah untuk memberikan informasi atau pesan kepada khalayak. Secara lengkap, adapun tujuan poster adalah sebagai berikut:
  1. Untuk menyampaikan informasi atau pesan tertentu kepada masyarakat sehingga masyarakat memiliki pengetahuan mengenai isi dari poster tersebut.
  2. Untuk mendapatkan lebih banyak perhatian dari publik mengenai suatu informasi/ pesan yang ada di poster.
  3. Untuk mempengaruhi publik agar mau mengikuti isi pesan yang ada pada suatu poster.
  4. Untuk mengingatkan kembali suatu pesan atau informasi penting kepada publik.
  5. Untuk mencari perhatian dan simpati dari publik agar mengingat dan perduli dengan isi pesan dalam suatu poster.


Jenis-Jenis Poster

Meski pengertian poster pada dasarnya sama saja, yakni sebagai bentuk pemberitahuan kepada khalayak umum. Namun terdapat berbagai jenis poster yang umumnya beredar.
Jenis-jenis ini dibedakan berdasarkan isi dan/atau tujuan dari pembuatan poster itu sendiri. Berikut adalah daftar jenis poster yang sudah banyak dikenal dalam masyarakat:

1. Jenis Poster Berdasarkan Isi

Poster dapat dibedakan berdasarkan isi yang dimuat di dalamnya. Informasi yang disampaikan dalam poster merupakan hal yang sangat penting dan menjadi hal yang paling ditonjolkan. Poster jenis ini menjelaskan mengenai sebuah informasi, bukan kegiatan. Adapun jenis poster menurut kategori ini di antaranya:
  • Poster niaga, yaitu poster yang dibuat dengan tujuan untuk menawarkan barang dan/atau jasa.
  • Poster layanan masyarakat adalah poster yang memuat informasi untuk mengedukasi masyarakat secara umum tentang suatu hal. Misalnya poster tentang bahaya merokok atau poster tentang keluarga berencana (KB).
  • Poster kegiatan, merupakan media untuk memberitahukan tentang suatu kegiatan yang akan diselenggarakan.
  • Poster pendidikan, yakni poster yang memiliki tujuan untuk mendidik masyarakat. Biasanya berhubungan dengan dunia pendidikan dan dipasang di sekolah-sekolah.

2. Jenis Poster Berdasarkan Tujuan

Penekanan pada jenis poster ini adalah pada tercapainya tujuan dari si pembuat poster. Berbeda dengan jenis sebelumnya yang lebih mengedepankan pada penyampaian informasi. Contoh dari jenis poster yang berdasar pada tujuan antara lain:
  • Poster kampanye adalah jenis poster yang mudah ditemukan menjelang pemilihan umum. Digunakan untuk menarik simpati masyarakat terhadap partai politik serta calon yang akan maju dalam pemilihan umum.
  • Poster ‘cheesecake’ adalah sebutan untuk poster yang digunakan untuk menarik perhatian dan minat publik. Misalnya seperti ajakan untuk menjadi penyanyi, artis, model, dan sebagainya.
  • Poster film yaitu poster yang dibuat khusus untuk mempromosikan suatu film yang tengah ditayangkan di bioskop.
  • Poster buku dan/atau komik memiliki pengertian yang sama dengan poster film. Kesamaan tersebut yaitu untuk mempopulerkan suatu buku atau komik yang dijual di toko buku.
  • Poster propaganda yaitu poster yang berisikan kalimat yang bertentangan dengan pemerintahan berwenang. Pada masa penjajahan, jenis poster ini digunakan untuk meningkatkan semangat juang rakyat. Namun pada masa sekarang, poster propaganda dapat dikategorikan sebagai sebuah tindakan makar.
  • Poster ‘dicari’ (dalam Bahasa Inggris poster ‘wanted’) merupakan jenis poster memuat informasi penjahat yang tengah menjadi buronan, orang hilang, atau bahkan mengenai lapangan pekerjaan.
  • Poster riset yaitu poster yang bertujuan untuk menginformasikan mengenai sebuah kegiatan riset. Sehingga dapat menarik minat para akademisi untuk datang dan meramaikan kegiatan tersebut.
  • Poster afirmasi adalah poster yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada yang membaca, misalnya tentang kepemimpinan.
  • Poster komersial memiliki pengertian yang sama dengan poster niaga, yaitu untuk mempromosikan suatu produk agar semakin dikenal masyarakat dan meningkatkan angka penjualan.

Cara Membuat Poster yang Baik

Untuk membuat sebuah poster yang baik serta menarik, anda bias mengikuti langkah dan cara dibawah ini :
  • Menentukan topik dan tujuan yang ingin dicapai melalui poster
  • Merumuskan pesan/amanat yang ingin disampaikan
  • Merumuskan kalimat poster yang singkat, menarik, padat, dan jelas agar mudah dimengerti orang
  • Menggunakan kalimat yang bersifat membujuk, sehingga dapat memengaruhi banyak orang
  • Menggunakan gambar yang mendukung tema dengan warna-warna yang menarik dan serasi
  • Memilih dan menggunakan media yang tepat, misalnya  papan yang luas,kain rentang, seng, atau lainnya



Aplikasi Membuat Poster

Berikut ini adalah daftar software yang dapat digunakan untuk membuat poster.

1. CorelDraw

Coreldraw merupakan aplikasi editing dimana bisa menggambar berbagai macam ilustrasi. Cara editing di coreldraw cukup mudah, hanya menggabungan beberapa bangun2 dimensi menjadi gambar ilustrasi yang berkarakter. Dari gambar 2 dimesi juga bisa dijadikan gambar 3 dimensi.
Sementara untuk font juga bisa menggabungkan bangun 2 dimensi atau menggunakan jenis font yang tersedia. Jenis poster yang sesuai jika dibuat dengan coreldraw seperti poster propaganda, edukasi atau pendidikan, afirmasi dan riset.

2. Adobe Photoshop

Membuat poster dengan photoshop harus mempunyai beberapa gambar terlebih dahulu. Kumpulan gambar bisa dicombain menjadi satu gambar ilustrasi yang berkarater.
Ditambah lagi dengan efek – efek yang terdapat di photoshop yang akan menambah kesan gambar ilustrasi mempunyai pesan yang sangat mudah untuk dicerna. Semua dari jenis poster yang ada dapat dibuat melalui photoshop ini, akan lebih baik lagi jika ditambah dengan hasil editing dari coreldraw.

4. Corel Photopaint

Aplikasi merupakan satu paket dengan aplikasi coreldraw. Cara membuat poster melalui corel photopaint ini hampir sama dengan photoshop. Hanya saja ada efek dari photoshop yang tidak tersedia dalam software ini. Namun hasil poster dari corel photopaint cukup memuaskan.

5. Office Word / Ms Office word

Software ini umumnya digunakan untuk mengolah data. Tetapi juga bisa digunakan untuk menyusun sebuah poster. Sebagai software pengolah data, office word ini tentu mempunyai banyak keterbatasan dalam editing.
Poster yang dapat dibuat di office word ini hanya sekerdar poster afirmasi. Sedangkan untuk poster lainnya harus melalui proses editing terlebih dahulu dengan coreldraw ataupun photoshop.

6. Poster Designer

Software ini dibuat khusus untuk membuat poster. Di dalamnya terdapat berbagai macam template poster yang akan memudahkan untuk menyusun poster.
Jadi gambar ilustrasi dalam poster tidak perlu untuk diedit secara manual seperi pada coreldraw maupun photoshop. Semua jenis poster dapat dibuat melalui softwara photo designer ini. Sayangnya software ini tidak didapat di download secara gratis, seperti beberapa software editing lainnya.


Contoh Poster Bergambar:

Contoh Poster Niaga


Contoh Poster Kegiatan

Contoh Poster Pendidikan

Contoh Poster Layanan Masyarakat

Contoh Poster Karya Seni

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian poster, ciri-ciri, fungsi, tujuan, dan jenis-jenis poster. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Penelusuran yang terkait dengan POSTER ADALAH
  • poster adalah brainly
  • fungsi poster
  • ciri-ciri poster adalah
  • media poster adalah
  • poster pendidikan
  • syarat membuat poster
  • unsur unsur poster
  • konsep membuat poster