Pengertian BROSUR Meliputi Fungsi, Tujuan, Ciri-ciri dan Contoh Gambarnya [ LENGKAP ]

Pengertian Brosur, Cara Membuat, Desain, Fungsi, Tujuan dan Contoh

Pengertian Brosur

Brosur merupakan salah satu media yang digunakan untuk dapat menyampaikan promosi. Brosur ini berfungsi memberikan informasi produk yang di tawarkan kepada calon konsumen. Umumnya, brosur ini berbentuk selembaran kertas yang berisi barisan kata serta juga informasi suatu produk dan ditambah sedikit gambar pendukung. Biasanya brosur ini dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat umum dengan harapan masyarakat dapat mengetahui produk tersebut. Brosur yang sering ditemukan itu diantaranya brosur mengenai makanan, bahasa inggris, sekolah, serta juga lain sebagainya.
Brosur sendiri merupakan buku yang diterbitkan itu secara tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, serta juga selesai dalam sekali terbit. Halamannya sering dijadikan satu dengan stapler, benang, atau juga kawat, biasanya mempunyai sampul, tapi tidak menggunakan jilid keras.
Apabila terdiri dari satu (1) halaman, brosur atau juga pamflet umumnya itu dicetak pada kedua sisi, serta dapat dilipat dengan pola lipatan tertentu hingga dapat membentuk panel yang terpisah. Pamflet yang hanya terdiri dari satu lembar atau halaman ini juga sering disebut dengan sebutan selebaran. Selain dari itu, untuk brosur  yang memuat informasi mengenai produk disebut dengan sebutan katalog produk atau sering hanya disebut dengan katalog saja.
Brosur atau pamflet memuat informasi atau penjelasan tentang suatu produk, layanan, fasilitas umum, profil perusahaan, sekolah, atau dimaksudkan sebagai sarana beriklan. Informasi dalam brosur ditulis dalam bahasa yang ringkas, dan dimaksudkan mudah dipahami dalam waktu singkat. Brosur juga didesain agar menarik perhatian, dan dicetak di atas kertas yang baik dalam usaha membangun citra yang baik terhadap layanan atau produk tersebut.
Menurut definisi UNESCO, brosur merupakan terbitan tidak berkala yang tidak dijilid lengkap (dalam satu terbitan), mempunyai paling sedikit 5 halaman namun tetapi tidak lebih dari 48 halaman, diluar perhitungan sampul.


Fungsi brosur, dibagi menjadi 3 (tiga) bagian di antaranya.

  • Yang pertama Fungsi informatif adalah brosur biasanya dipakai untuk menginformasikan kepada para konsumen potensial kamu berkaitan dengan perusahaan kamu. Informasi ini berkaitan dengan presentasi perusahaan kamu, produk baru atau layanan yang perusahaan yang ingin kamu tawarkan, ataupun perubahan terbaru dalam nama perusahaan kamu, dan lain-lain.
  • Lalu yang kedua Fungsi iklan adalah brosur benar-benar sangatlah penting sebagai alat iklan atau alat promosi, yang menarik dan juga memungkinkan kamu untuk mempromosikan satu atau lebih produk maupun jasa.
  • Dan yang ketiga Fungsi Identifikasi adalah desain dari brosur yang baik memungkinkan kamu untuk mempertahankan kriteria yang sama melalui semua brosur perusahaan kamu. Jika kriteria tersbut (kadang disebut dengan konsep) disatukan dalam semua jenis brosur, itu akan membuat perusahaan kamu sangat mudah di identifikasi. Ini akan memberikan prestise dan juga kredibilitas perusahaan kamu. Hal ini sangat penting untuk brosur perusahaan kamu tidak hanya memiliki “konsep”, akan tetapi juga memiliki logo, sebuah logo yang dirancang dengan baik sangatlah penting bagi setiap perusahaan, yaitu salah satu langkah pertama untuk memulai kampanye iklan.


Ciri-Ciri Brosur

Dari kedua penjelasan yang telah diberikan masih ada yang belum dijelaskan yaitu tentang ciri-ciri dari brosur. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya agar pembahasan artikel kali ini menjadi lebih jelas bagi para pembaca. Untuk itu mari kita lanjutkan menyimak penjelasan yang akan diberikan dibawah ini.
  • Pernyataan dari pesan yang selalu tunggal.
  • Yang bertujuan untuk dapat menginformasikan, mengedukasi, dan juga membujuk ataupun mempengaruhi pelanggan agar dapat membeli dari pesan yang telah disampaikan.
  • Brosur diterbitkan sekali, meski begitu dapat untuk dicetak ulang berkali-kali baik diperbarui ataupun tidak.
  • Brosur sendiri harus dapat menarik perhatian dari pelanggan ataupun publik.
  • Memiliki sistem distribusi sendiri dan bukan merupakan dari bagian media yang lainnya.
  • Copyan yang harus jelas dan juga desain harus menarik.

Daftar Artikel Lainnya:


Manfaat Brosur

Pentingnya Brosur Untuk Promosi. Brosur adalah secarik kertas yang ada di dalamnya memuat tulisan (tulisan atau gambar) dan akan memiliki tujuan tertentu. Misalnya dalam dunia usaha brosur akan memuat hal-hal yang dapat mengajak agar pembaca tertarik atau membeli atas produk dan jasa yang di tawarkan dalam brosur.
Meskipun sekarang di era digital ada HP (sms), radio, televisi, internet, ataupun yang lain-lain, tapi brosur ini masih saja sangat penting baik bersifat pokok ataupun perlengkapan,terus kenapa?? Jawabannnya adalah yakni:
  1. .Promosi brosur bisa di mulai dengan cara yang paling sederhana dan paling murah.misalnya, tulis tangan, ketikan manual, print computer yang dapat di perbanyak dengan foto copy.
  2. Brosur tidak membutuhkan alat tertentu untuk memperlihatkan isi dan tujuannya hanya butuh mata saja.
  3. Brosur bisa memuat keterangan lebih lengkap sesuai selera, sedangkan media digital sering terbatas.
  4. Brosur bisa di bawa dan langsung di berikan kepada siapa saja yang di tuju (lebih fokus terhadap segmen).
  5. Brosur bisa di simpan dan di baca ulang jika sewaktu-waktu di butuhkan.
  6. Brosur bisa di jadikan barang koleksi yang mengandung nilai edukasi tinggi.
  7. Saat ini hampir setiap orang memiliki HP, kondisi ini sangat mendukung penyebaran brosur karena apabila tertarik dengan brosur yang di sebar akan segera merespon.

Jenis – Jenis Brosur

1. Jenis Brosur Berdasarkan Warna
Warna brosur terkadang juga mempengaruhi harga cetak brosur. Dalam percetakan ada dua tipe jenis brosur berdasarkan warna, yakni: 

A. Brosur Fullcolour
Brosur ini memiliki warna yang menarik dan banyak, warna untuk cetak brosur ini adalah perpaduan antara Cyan, Magenta, Yellow, dan Key (Black). Harga cetak brosur dengan fullcolour tentu berbeda dengan yang BW (Hitam Putih).
Harga cetak brosur yang fullcolour bisa 2 kali lebih mahal daripada brosur B/W (hitam putih).

B. Brosur B/W (Black White)
Brosur Hitam Putih bisa menjadi opsi anda agar lebih ekonomis, karena anda bisa menghemat dana anda hingga 50% jika menggunakan brosur hitam-putih daripada yang full colour.
Brosur hitam putih tetap akan menarik jika anda dapat mendesain nya dengan baik, saya berikan contoh desain brosur hitam putih yang baik di bawah.

2. Jenis Brosur Berdasarkan Sisi
Brosur bisa anda cetak di salah satu atau di kedua sisinya. Harga cetak brosur satu sisi pun lebih murah dibanding dua sisi. Tetapi untuk brosur dua sisi harganya akan lebih mahal 2 kali lipat dari pada brosur satu sisi.
Satu atau dua sisi adalah tergantung dari selera promosi dan budget anda. Yang terpenting dari brosur dua sisi adalah kesesuaian penempatan konten informasinya.
Sebagai contoh anda bisa melihat contoh brosur Merek Handphone. Di sisi satu dia menampilkan gambar handphone dan spesifikasi secara umum, tetapi di sisi brosur yang lain dia menyampaikan informasi yang lebih spesifisik.


Macam-Macam Ukuran Brosur

Ukuran brosur sangatlah beragam bisa dari ukuran A3 (42 cm x29,7 cm), A4 (21 cm x 29,7 cm), A5 (21 cm x 14,8 cm) dan A6 (10,5 cm x 14,48 cm). Kamu harus menentukan dulu ukuran berapa yang dibutuhkan sebelum memutuskan untuk membuatnya.
Selain ukuran di atas, juga terdapat ukuran yang lebih besar lagi yaitu dengan memanjang ke atas. Ukuran ini dinamakan sebagai ukuran DL dimana dimensinya sebesar 9,9 cm x21 cm.

Cara Pembuatan Brosur

Media untuk untuk pembuatan brosur itu sendiri sangat banyak software yang bisa digunakan, misalnya menggunakan template dari microsoft word, atau software desain lainnya.
Menggunakan Desain atau Templat Brosur
  1. Buka Microsoft Word.
  2. Tikkan brochure pada bilah pencarian yang ada di atas jendela program, kemudian tekan tombol Enter.
  3. Kemudian silahkan anda desain brosur akan dicari di basis data program. Pada Microsoft Word versi Mac, jika
  4. Anda tidak melihat halaman templat, klik pilihan “File” pada bilah menu yang ada di atas layar dan pilih “New from Template…” dari menu drop-down.
  5. Pilih desain brosur. Carilah brosur yang ingin digunakan dan klik desainnya. Setelah itu, halaman pratinjau brosur akan ditampilkan.
  6. Klik tombol Create. Tombol ini berada di sisi kanan pratinjau brosur. Setelah itu, Word akan memuat desain brosur. Proses ini biasanya hanya memakan waktu selama beberapa detik saja.
  7. Masukkan informasi pada brosur. Langkah yang diambil akan beragam, tergantung kepada desain yang Anda pilih.
  8. Simpan brosur yang sudah dibuat. Untuk menyimpannya: Windows – Klik “File”, klik “Save As”

 

Contoh Brosur

Berikut ini akan saya tampilkan beberapa contoh brosur dari berbagai jenis produk yang akan sering ditawarkan dimasyarakat. Poin penting yang akan menjadi fokus perhatian dari contoh brosur dibawah ini adalah bagaimana si pembuat brosur menggunakan pilihan kata, tata warna, dan peletakan gambar.

1. Contoh Brosur Makanan

Brosur makanan biasanya akan memberikan informasi tentang menu makanan yang akan ditawarkan lengkap dengan gambar dan harga makanannya. Berikut ini contoh brosur makanan:


2. Contoh Brosur Bahasa Inggris

Brosur juga biasanya ditulis juga dalam bahasa Inggris, ataupun seluruh informasi yang diuraikan ditulis yang akan menggunakan bahasa Inggris. Berikut ini contoh brosur bahasa Inggris :

3. Contoh Brosur Pendidikan



Demikianlah artikel hari ini tentang Pengertian Brosur, Fungsi, Tujuan, Ciri-ciri dan Contoh Gambarnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian BROSUR

  • pengertian brosur dalam bahasa inggris
  • sebutkan 3 fungsi brosur
  • pengertian leaflet
  • pengertian pamflet
  • pengertian brosur menurut iriantara
  • jenis jenis brosur
  • apa yang dimaksud dengan fungsi informatif pada brosur
  • contoh brosur