10+ Contoh Ceramah Singkat tentang Sedekah, Umum, Shalat ,Jodoh beserta Dalilnya [ LENGKAP ]

Contoh Teks Ceramah Singkat Via: jagoberpidato.my.id

Pengertian Teks Ceramah

Teks ceramah ialah tulisan yang terdiri dari beberapa paragraf yang isinya mengandung informasi pengetahuan atau ajakan kepada khalayak yang mendengarkan. Teks ceramah biasanya memiliki pesan yang bertujuan untuk memberikan nasihat, petunjuk, atau petuah secara lisan.
Khalayak yang mendengarkan pun bisa siapa saja. Tetapi umumnya khalayak dari teks ceramah bersifat spesifik karena diumumkan di komunitas atau kelompok masyarakat tertentu.


Pengertian Ceramah Menurut Para Ahli

  • Menurut Sumantri M. Dkk
Menurut Sumantri M, dkk, metode ceramah diartikan sebagai penyajian pelajaran oleh seorang penceramah dengan cara memberikan penjelasan secara lisan kepada orang yang mendengarkannya.Ceramah merupakan suatu metode yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh para pengajar atau guru di sekolah.Hal ini menunjukkan bahwa dalam ceramah ini mudah digunakan dan efektif dalam menyampaikan informasi.
  • Menurut Dimyati Dkk
Metode ceramah adalah sebuah bentuk interaksi belajar mengajar yang dilakukan melalui penuturan dan penjelasan secara lisan oleh seorang guru terhadap sekelompok anak didiknya.Fakta bahwa ceramah itu sangat dipengaruhi oleh kepribadian dan kemampuan guru yang didapatkan dari pengalaman-pengalaman hidupnya serta bakat yang dimiliki dan penguasaan materi.Seorang guru atau penceramah harus memiliki keterampilan yang baik dalam mengemas sebuah informasi dalam sebuah ceramah lisan dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.Kualitas ceramah ini dipengaruhi oleh gaya bahasa, penampilan suara, prosedur, kelancaran, dan sebagainya yang membuat para audiens lebih mudah menyerap informasi yang disampaikan.
  • Menurut M. Basyiruddin Usman
Metode ceramah adalah sebuah teknik penyampaian pesan dalam pelajaran yang sudah lazim disampaikan oleh seorang guru di sekolah.Ceramah diartikan sebagai sebuah cara penyampaian dan penjelasan bahan secara lisan oleh seorang guru bila mana diperlukan.
  • Menurut Muhibbin Syah
Metode ceramah diartikan sebagai satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk menyampaikan informasi.Selain itu, ceramah juga sangat efektif dalam mengatasi kelangkaan literatur atau rujukan yang sesuai dengan jangkauan daya beli dan daya paham siswa.
  • Menurut KBBI
Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang disebut dengan metode ceramah adalah salah satu cara belajar mengajar yang menekankan pada pemberitahuan satu arah dari seorang pengajar kepada para pelajar.


Ciri-ciri Teks Ceramah

Nah, Quipperian, teks ceramah pun punya beberapa ciri-ciri khusus, nih. Seperti apa sih ciri-ciri teks ceramah? 
  1. Teks ceramah disampaikan oleh seseorang yang ahli dalam bidang atau disiplin ilmu tertentu.
  2. Teks ceramah punya struktur yang lengkap, biasanya terdiri dari pendahuluan, isi, dan penutup. 
  3. Isi teks ceramah disesuaikan dengan pemilihan tema yang sesuai dengan kegiatan yang sedang diselenggarakan.
  4. Bahasa yang digunakan dalam teks ceramah adalah bahasa yang mudah dipahami dan sopan.
  5. Teks ceramah berisi informasi yang bertujuan untuk memberi nasihat, ajakan, menghibur, dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.



Jenis – Jenis Ceramah

  • Ceramah Umum
Ceramah umum merupakan pesan yang tujuannya untuk memberikan sebuah nasehat serta petunjuk-petunjuk yang ditujukan terhadap khalayak ramai, atau masyarakat luas. Pada umumnya ceramah umum bersifat menyeluruh, maksudnya tak ada batasan apapun baik itu dari audiens yang sudah tua maupun yang masih muda, materinya pun tidak ditentukan, sesuai dengan acara.
  • Ceramah Khusus
Ceramah khusus merupakan ceramah yang bertujuan untuk memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk terhadap mad’u atau khalayak tertentu dan bersifat khusus baik itu materinya ataupun yang lainnya. Pada ceramah khusus ini, banyak batasan-batasan yang dibuat contohnya materi yang menyesuaikan dengan keadaan. Misalnya Peringatan Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW.


Unsur – Unsur Ceramah

  • Penceramah
    Unsur dari ceramah yang pertama adalah penceramah itu sendiri yaitu orang yang melakukan kegiatan ceramah. Untuk menjadi seorang penceramah, wajib memiliki ilmu yang mumpuni terhadap materi yang diberikan kepada pendengar.
  • Pendengar Unsur ceramah yang kedua adalah pendengar. Pendengar merupakan orang yang menerima nasehat dan petunjuk dari penceramah.
  • Materi Materi yang diberikan dalam ceramah berasal dari ajaran-ajaran suatu agama. Namun, ceramah yang baik adalah ceramah yang mampu dan sanggup membuat pendengar terdorong dan tergugah untuk melakukan nasehat-nasehat yang telah diberikan oleh penceramah. Selain itu, materi ceramah harus disusun secara sistematis agar materi disampaikan dapat diterima dengan baik oleh pendengar.



Daftar Artikel Lainnya:




Contoh Ceramah Pendidikan/Ceramah Singkat/Ceramah Lucu/ Ceramah Srdekah/ Ceramah Bahasa Indonesia/ Ceramah Jodoh/Contoh Ceramah Agama


1.Contoh Ceramah Singkat Manfaat Bersedekah

Assalamualaikum Wr. Wb

Alhamdulillaah, wasyukurillaah. Washolatu wassalaamu alaa Rosuulillaah. Laa nabiyya ba’dah. Amma ba’du.

Pertama-tama dan paling utama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan kasih sayangnya kepada kita semua.
Sholawat beserta salam tidak lupa kita curahkan kepada junjungan nabi besar kita baginda Nabi Muhammad SAW, juga kepada keluarga dan pengikutnya sampai akhir zaman. Amiin.

Dalam kesempatan kali ini izinkan saya memberikan sedikit ceramah yang berjudul Manfaat Bersedekah.

Kata sedekah sudah tidak asing lagi ditelinga kita, namun masih banyak orang yang enggan melakukan amal yang baik ini.

Sedekah banyak sekali manfaatnya dan bagi kita umat Islam disunnahkan untuk melakukan sedekah, karena dengan bersedekah akan mendatangkan kebahagian baik di dunia maupun akhirat.

Ada 3 manfaat utama dalam bersedekah diantaranya adalah:

1. Sedekah menjadi penyebab bertambahnya rezeki seseorang.


Dengan bersedekah itu tidaklah membuat kita menjadi miskin, karena rezeki seseorang itu telah diatur oleh Allah SWT. Akan tetapi sebaliknya, sedekah dapat menyebabkan bertambahnya rezeki, bukan menguranginya.

Adapun sabda Rasulullah SAW yaitu:

" Bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah menyayangi kalian." (Al-Wasail 6: 255, hadis ke 11)

2. Sedekah dapat mengangkat derajat seseorang.

Orang yang selalu bersedekah maka niscaya derajatnya akan diangkat oleh Allah SWT. Orang tersebut akan selalu mendapatkan keberkahan rezeki, akan selalu merasakan cukup.

Berbeda dengan orang kikir, meskipun banyak harta, tetapi hidupnya tidak akan tenang dan selalu banyak pikiran yang melanda. Itulah sebagian bentuk ketidakberkahan harta yang diberikan oleh Allah SWT.

Adapun hadistnya yaitu:

" Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah SAW bersabda, sedekah itu tidak akan mengurangi harta . Allah SWT akan menambah kemulyaan kepada hambanya yang pemaaf dan bagi hamba yang tawadhu karena Allah SWT, Allah SWT akan mengangkat derajatnya." ( H.R Muslim )

3. Malaikat akan mendo'akan orang yang bersedekah dan melaknat orang yang bakhil

Dua Imam, yaitu Ahmad dan Ibnu Hibban meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

" Sesungguhnya satu Malaikat yang ada di sebuah pintu dari pintu-pintu langit berkata: ‘Barangsiapa meminjamkan pada satu hari ini, maka akan dibalas pada esok hari, dan satu Malaikat lainnya yang ada di pintu lain berkata: ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak dan segera hancurkanlah (harta) orang yang kikir. "

Itulah beberapa manfaat dari bersedekah, sebenarnya banyak sekali manfaat-manfat lainnya yang belum sempat saya sebutkan. Setelah mendengarkan ceramah tentang sedekah ini semoga kita semua dapat melaksanakannya dengan semaksimal mungkin agar terhindar dari api neraka.

Sekian materi yang dapat saya sampaikan, Wassalamualaikum Warohmatullohi Wr.Wb


2.Contoh Ceramah Singkat Keutamaan Bersedekah

Assalamualaikum Wr. Wb

Alhamdulillaah, wasyukurillaah. Washolatu wassalaamu alaa Rosuulillaah. Laa nabiyya ba’dah. Amma ba’du.

Pertama-tama dan paling utama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan kasih sayangnya kepada kita semua.

Sholawat beserta salam tidak lupa kita curahkan kepada junjungan nabi besar kita baginda Nabi Muhammad SAW, juga kepada keluarga dan pengikutnya sampai akhir zaman. Amiin.
Pada kesempatan yang mulia ini, saya akan membawakan ceramah yang berjudul "keutamaan sedekah".

Sedekah berarti pemberian seorang muslim kepada orang lain secara sukarela tanpa dibatasi jumlah dan waktu, dengan mengharap ridho Allah SWT.

Sebagaimana sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Baihaqi yang artinya "Setiap perbuatan baik adalah sedekah."

Para hadirin yang di rahmati Allah SWT,

Selanjutnya saya akan menjelaskan beberapa manfaat dari sedekah. Apa sajakah itu ?

Pertama, sedekah menjadi penyebab utama bertambahnya rezeki seseorang.

Seperti yang telah dijelaskan dalam surah Al-Baqarah ayat 261 yang artinya:

" Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui."
Kedua, sedekah menjadi penyebab diangkatnya derajat seseorang.

"Allah akan memuliakan bagi hambanya yang pemaaf. Dan bagi hambanya yang tawadhu karena Allah, Allah akan mengangkat derajatnyya." (HR. MUSLIM)

Ketiga, bersedekah kita sudah meningkatkan dan menjaga harta kita.

Keempat, dengan bersedekah kita sudah membuat malaikat sibuk di pagi hari karena mendoakan kita.

" Pada waktu pagi hari 2 malaikat akan turun kepadanya. 1 malaikat berkata Ya Allah, berilah hamba kepada orang-orang yang menginfaqkan hartanya itu. Dan malaikat yang lain pun berkata Ya Allah binasakan lah orang-orang yang bakhil itu (HR. Mutafaq Alaihi)."

Kelima, menjadi amal jariyah yang tidak akan pernah terputus.


Jadi apapun yang kita beri, itu yang akan kita terima. Sedekah dengan senyum, dapatnya senyum. Sedekah dengan do'a, dapatnya do'a. Sedekah dengan uang, dapatnya uang dari Allah, senyum dari penerima, dan do'a dari para malaikat.

Tinggal kalian pilih mau bersedekah dengna cara yang mana. Ingat! uang bukanlah segala-galanya.

Akhir kata marilah kita lebih menggiatkan untuk bersedekah. Baik terang-terangan ataupun secara sembunyi-sembunyi tetap afdhol. Tapi, jangan diam-diam malah tidak bersedekah.

Kurang lebihnya saya mohon maaf, Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wr.Wb.


3.Contoh Ceramah Singkat Kemuliaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Assalamualaikum Wr. Wb

Alhamdulillaah, wasyukurillaah. Washolatu wassalaamu alaa Rosuulillaah. Laa nabiyya ba’dah. Amma ba’du.

Pertama-tama dan paling utama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan kasih sayangnya kepada kita semua.

Sholawat beserta salam tidak lupa kita curahkan kepada junjungan nabi besar kita baginda Nabi Muhammad SAW, juga kepada keluarga dan pengikutnya sampai akhir zaman. Amiin.

Pada kesempatan ini, saya akan membawakan ceramah yang berjudul "kemuliaan sedekah pada bulan Ramadhan."

Salah satu alasan Rasulullah SAW memberi teladan untuk lebih bersemangat dalam bersedekah di Bulan Ramadhan adalah karena bersedekah pada bulan ini lebih dahsyat dibandingkan dengan bulan lainnya.

Diantara keutamaan-keutamaan sedekah di Bulan Ramadhan adalah:

1. Puasa, Sedekah, dan Salat Malam sama dengan Jaminan Surga

Puasa pada bulan Ramadhan adalah ibadah yang agung, bahkan pahala puasa tidak terbatas kelipatannya. Dan juga sedekah, yang telah kita ketahui keutamaannya. Kemudian salat malam, juga merupakan ibadah yang agung.

2. Mendapatkan tambahan pahala puasa dari orang lain

Kita sudah tahu betapa besarnya pahala puasa di bulan suci Ramadhan. Bayangkan jika kita bisa menambah puasa kita dengan puasa orang lain, maka pahala kita berlipat ganda. Ini bisa terjadi dengan sedekah, yaitu dengan memberikan hidangkan berbuka kepada orang lain yang berpuasa.

3. Bersedekah di bulan Ramadhan lebih dimudahkan

Salah satu keutamaan dari bersedekah di bulan Ramadhan adalah setiap orang lebih dimudahkan untuk berbuat amalan kebaikan, termasuk sedekah.

Ringkasnya, orang yang bersedekah di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya 10 - 700 kali lipat karena sedekah adalah amal kebaikan.

Sekian kultum yang dapat saya sampaikan, Wassalamualaikum Warohmatullohi Wr.Wb.

4.Contoh Ceramah Singkat Tentang Sabar

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Alhamdulillah kita telah diberi kesempatan pada siang hari ini untuk bertemu di masjid besar ini. Alhamdulillah kita diberi nikmat sehat yang tiada tarannya sehingga kita dapat berkumpul untuk saling bersilaturahim.
Pada kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang sifat dan keutamaan dari ‘’sabar’’. Sabar berasal dari kata sobaro yasbiru yang artinnya menahan.
Menahan disini pengertiannya luas bisa saja kita sedang berpuasa menahan nafsu untuk ini dan itu, kita menahan lapar berarti kita harus bersabar dari rasa ingin makan sampai adzan maghrib yaitu waktu untuk berbuka, kita harus bersabar menghadapi perilaku seseorang yang buruk pada kita berarti kita harus sabar dari kezaliman.
Sekali lagi tidak semua orang bisa memperoleh kemenangan dan kenikmatan dari rasa sabar tersebut karena dari awalnya memang tidak dapat menahan, oleh karena itu saudara-saudara perlunnya kita selalu mendekatkan diri kepada Allah agar selalu diberi kesabaran yang tiada batasnya. Agar kita dapat memperoleh pahala yang seluas-luasnya.
Sebagai mana firman Allah Q.S Albaqarah 153 yang Artinnya :
“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”
Dari penjelasan ayat tersebut bahwa kita sudah ketahui jka Allah selalu memberikan pertolongan pada setiap hambannya yang mau menjalankan perintahnya, didalah ayat tersebut dijelaskan bahwa jika kita mengerjakan sholat wajib dan dapat menahan diri dengan rasa sabar maka Allah menjanjikan pertolongan bagi hambannya yang sedang dalam kesusahan.
Sabar memang tidak mudah, sabar adalah ujian, justru karena ketidakmudahan itulah Allah menguji hambannya seberapa hambannya dapat lolos dari ujian sabar. Jika kita lolos, kita selalu beristigfar dan berfikir positif terhadap segala ketentuan Allah niscaya kita akan mendapat beribu kemuliaan dan keberntungan yang datang dari pintu manapun.
Begitulah gambaran tentang sifat sabar dan keutamaannya di sisi Allah. Sekian sepatah kata dari saya, semoga memberi manfaat bagi kebidupan para jamaan semuannya.
Wasalamualaikum, warahmatullahi wabarakatuh.


5.Contoh Ceramah Singkat Tentang Shalat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Alhamdulillah kita telah diberi kesempatan pada siang hari ini untuk bertemu di masjid besar ini. Alhamdulillah kita diberi nikmat sehat yang tiada tarannya sehingga kita dapat berkumpul untuk saling bersilaturahim.
Pada hari yang berbahagia ini saya akan sedikit menjelaskan tentang ibadah yang selalu dan wajib dikerjakan bagi setiap muslimin dan muslimah sekalian. Iya ’’ibadah sholat’’. Kita sudah tau saudara-saudara bahwa sholat adalah tiang agama, sholat dapat mencegah perbuatan keji dan munkar.
Disitu diartikan bahwa dengan sholat, dengan sholat yang benar dan khusu berarti kita sudah menjalankan satu yang menjadi tiang kehidupan, jika tiang itu tidak benar maka akan roboh seluruh bangunan dan pondasi kehidupan itu sendiri. Banyak orang mengatakan jika ingin melihat bagaimana seseorang lihatlah dari solatnnya.
Jika solat kita baik, InsyaAllah baiklah seluruh amalan kita, karena apabila kita sudah mengerjalan solat itu dengan benar, khusyu dan sepenuh hati karena Allah berarti kita sudah totalitas menjalankan segala yang diperintahkan dan dilarang Allah sebagai bukti ketaqwaan kita.
Tapi jika kita selalu seenaknya dalam mengerjakan sholat baik itu tidak tepat waktu atau seenaknya bacaannya sudah bisa dipastikan amalan yang lain juga tidak jauh berbeda.
Selain itu ada hadis yang mengatakan bahwa sholat dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar, hal itu berarti dengan sholat yang baik dan benar secara otomatis daopat mempengaruhi keseluruhan jiwa nurani kita. Jiwa kita akan selalu dilindungi dari beragam penyakit hati dan perbuatan tercela yang dapat merugikan orang lain.
Sekian wejangan sedikit dari saya, semoga dapat memberikan segudang manfaat bagi saudara sekalian.



6.Contoh Ceramah Singkat Tentang Menuntut Ilmu

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Alhamdulillah kita telah diberi kesempatan pada siang hari ini untuk bertemu di masjid besar ini. Alhamdulillah kita diberi nikmat sehat yang tiada tarannya sehingga kita dapat berkumpul untuk saling bersilaturahim.
Baiklah bapak ibu dan saudara-saudara sekalian, disini saya akan sedikit membahas tentang menuntut ilmu. sebagaimana firman Allah dalam surah AL-Mujadalah ayat 11 yang artinnya Artinya : “Allah akan mengangkat derajat orang beriman dan yang berilmu dengan beberapa derajat.”
Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa keutamaan orang yang mau menuntut ilmu baik itu ilmu dunia maupun akhirat, karena dengan ilmu kita tidak akan buta saudara-saudara. Kita dapat melihat segala sesuatu dari sudut pandang manapun dan dengan demikian fikiran kita selalu jernh dan bijak dalam mengambil segala keputusan.
Sebagai contoh sejak kecil kita disekolahkan, kita dapat membaca, menulis, berhitung, menganalisa, dan kita mempelajari beraneka ragam ilmu akademik maupun terapan seperti matematika, fisika, bioligi, sosiologi, akutansi, PPKN, pendidikan agama, dan lain sebagainnya.
Dengan ilmu tersebut wawasan kita menjadi semakin beragam, dari fisika kita jadi tahu kalau ait dapat berubah wujud, dari matematika kita dapat berhitung. Dari ilmu agama kita dapat mengetahui sejarah islam, aqidah akhlak dan bagaimana sharusnya kita bersikap kepada Allah dan sesama manusia.
Jika kita hanya berdiam diri tanpa mau belajar kita akan buntu dari melihat segalannya, apalagi sebagaimana pentingnya ilmu agama yaitu untuk masa depan akhirat kita nanti, karena ilmu agama sendiri sangat banyak kita tidak hanya belajar di sekolah dan kajian ilmu saja kita juga belajar dari kehidupan sehari-hari. Baik tu ketika membantu orang, beramal, sedekah, solat dan sebaainnya.
Sekian wejangan sedikit dari saya, semoga dapat memberikan segudang manfaat bagi saudara sekalian.
Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

7.Contoh Ceramah Singkat Tentang Kematian

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Pertama-tama, mari kita semua memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT, yang telah memberikan kucuran kenikmatan tak terhingga. Mulai dari nikmat iman dan islam, hingga nikmat-nikmat lainnya. Kedua, sholawat dan salam selalu tercurah kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya.
Hadirin yang dimuliakan dan dirahmati Allah.
Sebagian besar orang diluar sana, menganggap kematian merupakan akhir dari kehidupan. Padahal, menurut Al-Quran, kematian dimaknai sebagai perpindahan dari dunia fana ke dunia yang kekal di sisi Allah SWT. Bagaimana sebaiknya sikap seorang Muslim terhadap kematian?
Hal pertama yang harus kita sadari adalah kematian pasti akan datang kepada siapapun yang hidup. Banyak dalil yang menjelaskan tentang kematian di contoh kultum singkat. Salah satunya termaktub dalam surat Ali Imron ayat ke-185, yang menyebutkan: “Setiap makhluk yang bernyawa pasti akan merasakan mati”.
Pernyataan ini dilanjutkan dengan penjelasan mengenai kehidupan pasca-kematian. Dimana, semua perbuatan manusia di dunia akan dibalas pada hari kiamat. Siapa berbuat baik akan mendapat surga. Siapa berbuat jahat akan mendapat neraka. Pernyataan ini ditutup dengan pernyataan yang menyebutkan bahwa kehidupan dunia hanyalah kesenangan belaka yang memperdaya.
Dari satu ayat tersebut terkandung pelajaran bahwa ada kehidupan pasca-kematian, yang berguna untuk membalas semua perbuatan jahat dan baik manusia selama hidup di dunia. Tentu saja, tak seorang pun akan merasakan hal ini, kecuali, orang tersebut sudah meninggal.
Hadirin yang dimuliakan dan dirahmati Allah.
Dalam contoh naskah ceramah tentang kematian ini, seorang Muslim wajib memperbanyak mengingat kematian itu sendiri. Sebab, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengingat kematian. Misalnya, membuat seseorang takut berbuat jahat, baik pada diri sendiri maupun orang lain, karena kematian akan datang sewaktu-waktu tanpa permisi.
Hadirin yang dimuliakan dan dirahmati Allah.
Karena kematian datang tanpa diduga, maka seorang Muslim wajib mempersiapkan diri menghadapi kematian. Tentu saja, cara menghadapi kematian itu dengan memperbanyak perbuatan (beramal) baik, yang berhubungan secara horizontal antar-manusia dan vertikal kepada Allah.
Dalam hadis riwayat Imam Bukhori disebutkan bahwa Rasulullah pernah meminta para sahabatnya untuk mempersiapkan kematian. Dimana, para sahabat dan Rasulullah SAW melihat sekelompok orang tengah menggali kuburannya sendiri. Rasulullah pun bersabda, “Wahai saudaraku, untuk hari inilah (kematian) kalian harus mempersiapkan diri!
Hadis ini menegaskan kepada kita semua yang membaca contoh pidato agama singkat ini untuk mempersiapkan kematian, bukannya berleha-leha. Sebab, kematian itu pasti akan datang.
Hadirin yang dimuliakan dan dirahmati Allah.
Dengan demikian, seorang Muslim sebaiknya memperhatikan tiga hal diatas berkaitan dengan kematian. Di penghujung contoh kultum ini, kita panjatkan doa kepada Allah agar dijauhkan dari kematian yang buruk dan diberikan kematian indah yang Allah ridhoi. Amin!
Wabillahi taufiq wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh.


8.Contoh Ceramah Singkat tentang Cinta Menurut Islam

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Marilah kita semua memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT. Berkat izin dari-Nya, kita semua bisa di tempat yang mudah-mudahan dimuliakan ini. Shalawat serta salam, kita ucapkan untuk mencurahkannya kepada baginda Nabi besar Muhammad SAW, keluarga, dan sahabat-sahabatnya.Pada kultum singkat kali ini, kami akan membahas soal cinta dari perspektif Islam. Siapapun orangnya pasti pernah merasakan cinta, karenanya kami yakin semuanya sudah tidak asing lagi dengan namanya “cinta” atau jatuh cinta.
Dalam Islam, cinta diberi hukum haram! Bagaimana maksudnya? Tentu, cinta haram yang kami maksud adalah cinta yang mendekatkan diri antara dua manusia ke lubang perzinahan, misalnya pacaran. Itu satu sisi.
Di sisi lain, ada juga cinta yang diberi hukum wajib! Seperti apa cinta itu? Yaitu, cinta kepada Allah dan Rasulnya, dan kepada Al-Quran. Itulah cinta wajib dan memiliki derajat tertinggi. Hal-hal inilah yang akan membuat seseorang untuk terus istiqomah dalam menunaikan ibadah kepada-Nya. Shalat tepat pada waktunya, mengaji dan mengkaji Al-Quran dan Al-Hadist, menuntut ilmu, menyerukan kebaikan kepada orang lain merupakan bentuk-bentuk cinta hamba kepada Tuhannya.
Kita akan dianggap bohong jika mengaku cinta kepada Allah SWT, tapi tidak melaksanakan perintah-Nya. Dalam bukunya Doktor A’id menyebutkan dua hal tentang cinta, yaitu:
  1. Cinta duniawi merupakan cinta yang berkaitan dengan hal-hal duniawi. Ini merupakan cinta monyet, cinta murahan, dan cinta bersenda gurau saja.
  2. Cinta ilahiyah merupakan cinta yang berkaitan diketahui sebagai cinta langit. Sebab, kita mencintai dengan tataran yang lebih tinggi yang berfungsi untuk  ibadah.
Demikianlah materi ceramah singkat tentang cinta yang bisa saya sampaikan. Lebih kurangnya, kami mohon maaf dan ucapkan terima kasih.
Wabillahi taufiq wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh.

9.Contoh Ceramah Singkat Tentang Hijab

    Bismillahirrahmanirrahim, assalamualaikum wr. wb.

    Mari kita ucapkan pujian kepada Allah SWT yang telah memberikan kita banyak kenikmatan. Salah satunya, nikmat kesempatan untuk bertemu di sini.

    Shalawat serta salam kami curah-limpahkan kepada junjungan kita, Baginda Nabi Muhammad saw, yang telah memberikan keteladanan buat kita sampai yaumul akhir nanti, amin!

    Kita langsung sampaikan saja teks ceramah pendek ini, yang sengaja mengambil topik soal hijab.

    Secara umum, hijab bisa diartikan sebagai penutup. Apakah semua penutup bisa disebut hijab? Pasti tidak begitu ya.

    Sebagaimana teman-teman ketahui bahwa seorang Muslimin wajib hukumnya menutup aurat. Perintah Allah untuk menutup aurat termaktub dalam surat Al-Ahzab ayat 59, yang intinya berbunyi: “Hendaknya, mereka mengulurkan jilbab ke seluruh tubuh!”

    Ayat dalam surat Al-Ahzab ini memberikan perintah kepada Nabi Muhammad SAW untuk menyerukan penggunaan hijab terhadap para istrinya, anak-anak perempuannya, dan istri-istri orang Mukmin. Kenapa? Hal ini bertujuan agar para wanita Mukmin mudah dikenali dan tidak diganggu. Itu salah satu perintah hijab yang tertera di Al-Quran.

    Hijab bukan cuma sekadar penutup kepala, tapi pakaian yang menutupi semua tubuh (aurat) para wanita, selain tangan dan wajah. Dalam berhijab ada aturannya, yaitu seorang wanita diperkenankan mengenakan pakaian yang sesuai syariat Islam, atau dalam kata lain syar’i.

    Hingga sekarang, di teks ceramah singkat ini menyebutkan bahwa banyak wanita Muslimah yang belum memiliki keinginan menutup aurat. Bahkan, mereka ini malah sengaja membukanya demi sensualitas dan popularitas. Mereka sulit betul diajak mengenakan hijab yang sesuai dengan syariat, dengan berbagai alasan.

    Biar bagaimanapun, hijab itu perlu dikenakan oleh setiap wanita Muslimah. Meskipun, mereka merasa belum baik akhlaknya, tapi paling tidak mereka sudah mulai melakukan kebaikan dengan menutup auratnya.

    Demikian tema ceramah hijab yang bisa kami sampaikan. Karena manusia tempatnya lupa dan khilaf, maka kami mohon dimaafkan apabila ada ucapan yang salah. Semoga ceramah kali ini memberikan manfaat bagi kita semua, terima kasih!

    Wassalamualaikum wr. wb.


10.Contoh Ceramah Singkat tentang Jodoh

Assalamualaikum wr. wb.

Hadirin yang dimuliakan dan dirahmati Allah.

Marilah kita semua memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT. Berkat izin dari-Nya, kita semua bisa di tempat yang mudah-mudahan dimuliakan ini. Shalawat serta salam, kita ucapkan untuk mencurahkannya kepada baginda Nabi besar Muhammad SAW, keluarga, dan sahabat-sahabatnya.

Materi kultum singkat padat jelas yang diangkat kali ini adalah soal jodoh.

Sebagaimana kita ketahui bersama jika jodoh itu ada di tangan Allah SWT. Tidak seorang pun mengetahui bahwa orang yang akan dinikahinya adalah jodohnya. Apakah orang yang akan kita nikahi benar-benar diciptakan Allah untuk kita atau bukan.

Hal yang diketahui adalah jodoh yang akan menjadi teman hidup kita merupakan cerminan dari diri kita sendiri. Untuk itu, ada tiga hal yang membuat diri kita yakin pada seseorang yang akan kita nikahi besok, yang sebetulnya menjadi pertimbangan dalam masa ta’aruf (perkenalan), yaitu:

Pilihlah, seseorang yang bisa memahami kita dalam kondisi apapun, baik susah maupun senang. Kemudian, pilihlah seseorang yang bisa memaafkan kesalahan-kesalahan kita. Walaupun sulit mendapatkan pasangan dengan tipe pemaaf seperti ini. Ya, pada dasarnya semua orang bisa memaafkan kesalahan orang lain, hanya batas toleransi yang berbeda-beda.

Terakhir, pilihlah seseorang yang bisa memberikan kita motivasi untuk menjadi lebih baik. Meskipun, kita semua tahu roda selalu berputar. Namun, ketika kita sedang jatuh, dia akan bisa memotivasi untuk tetap kuat dan tangguh.

Kesimpulan dari apa yang kami sampaikan sebelumnya adalah pilihlah jodoh yang memiliki ketiga hal diatas agar kita senantiasa berada di jalan-Nya. Insya Allah ketiga langkah itu akan mengarahkan kita untuk menemukan jodoh yang tepat. Tentunya, jodoh yang berakhlak mulia.

Kami rasa cukup sekian pembahasan ceramah agama singkat kali ini. Jika ada kekurangan, maka itu datangnya dari diri kami sendiri. Jika ada kebenaran, maka itu datangnya dari Allah SWT. Terima kasih!

Wassalamualaikum wr. wb

11.Contoh Ceramah Singkat tentang Pergaulan Bebas

Assalamualaikum wr. wb.

Hadirin yang dimuliakan dan dirahmati Allah.

Segala puji bagi Allah SWT, yang telah melimpahkan nikmat, rahmat dan karunia-Nya untuk kita. Semoga Allah senantiasa memberikan hidayah-Nya, agar kita bisa mensyukuri semua nikmat yang telah Allah berikan pada kita setiap harinya.
Tak lupa kita sampaikan juga sholawat dan salam, kepada Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun kita. Dari zaman kegelapan menuju ke zaman yang terang benderang, yaitu agama islam yang rahmatan lil alamin.
Saudara saudari sekalian yang saya cintai.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan suatu ceramah singkat. Yang isinya mengenai bahayanya pergaulan bebas di zaman sekarang. Yang kini bahkan telah menjadi momok yang menakutkan bagi setiap masyarakat, khususnya di kalangan remaja.
Setiap orang tua tentunya harus mengawasi anak-anaknya 100%, karena sayangnya kebanyakan orang tua hanya mengawasi anaknya saat anak-anak di rumah atau saat anak-anak masih kecil saja. Namun kita sebagai orang tua harusnya paham, bahwa semakin mereka besar maka pengaruh dari lingkungan luar pun akan semakin besar.
Apalagi jika anak-anak tersebut sudah mulai tertarik pada lawan jenis, maka perhatian orang tua sangat dibutuhkan di sini. Jangan sampai anak-anaknya terjerumus pada pergaulan bebas. Dari rasa tertarik pada lawan jenis tersebut, maka muncullah perasaan cinta. Dari situ kemudian berlanjut pada nafsu seksual.
Walaupun sebenarnya nafsu seksual ini tidak akan menjadi masalah, pada orang dewasa yang sudah halal. Tetapi justru akan menjadi masalah, jika terjadi pada anak-anak remaja yang baru mengenal dunia luar. Yang menyedihkan adalah kehidupan remaja saat ini sudah terbiasa dengan nafsu seksual mereka, bahkan jika tidak melakukannya bisa disebut ketinggalan zaman. Naudzubillah.
Oleh karena itu sebagai orang tua yang baik, Anda harus selalu memberikan perhatian lebih pada anak remaja Anda. Serta mengarahkan mereka ke pergaulan yang positif, dengan cara memilih teman yang baik. Bagi semua Bapak dan Ibu sekalian yang hadir di sini, semoga bisa selalu menjaga anaknya dari pergaulan bebas.
Demikian penjelasan sedikit tentang pergaulan bebas ini, semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua.


Wassalamualaikum wr. wb
Nah itulah contoh ceramah singkat. Mulai dari contoh ceramah tentang fitnah, ceramah tentang ghibah, ceramah tentang generasi muda, contoh ceramah tentang hijrah, contoh ceramah larangan pacaran, contoh ceramah tentang rezeki, contoh ceramah tentang riba, ceramah bulan suci ramadhan, dll.



Penelusuran yang terkait dengan Contoh Ceramah

  • contoh ceramah umum
  • contoh ceramah singkat tentang pergaulan bebas
  • contoh ceramah singkat tentang kebersihan
  • contoh ceramah bahasa indonesia
  • contoh teks ceramah umum
  • teks ceramah lucu
  • contoh ceramah tentang orang tua
  • contoh ceramah, pidato dan khotbah