Materi Bola Voli dan Soal Bola Voli Beserta Jawabannya Secara Lengkap

Pengertian Bola Voli


Bola voli merupakan salah satu cabang permainan olahraga dari bola yang cara bermainnya dengan dapat menjatuhkan bola ke dalam sebuah petak lapangan lawan dan untuk mencari kemenangan dalam bermain. Dalam menjatuhkan bola tersebut net ialah sebagai penghalang antar masing-masik tim.Permaianan bola voli merupakan salah satu olahraga permainan yang dimainkan oleh dua tim, setiap tim terdiri atas 6 pemaian bola voli sehingga apabila dijumlah maka seluruh dari pemain bola voli adalah 12 orang.

Permainan bola voli ini adalah salah satu olahraga dunia yang sangat diminati banyak orang. Sementara Di negara Indonesia sendiri, penggemar bola voli mulai banyak bermunculan.Hal ini ditandai dari banyaknya berbagai pertandingan resmi bola voli yang di adakan, dan munculnya komunitas-komunitas penggemar bola voli di tanah air. Salah satu dari pertandingan resmi yang ada di Indonesia yaitu proliga.Olahraga voli pada tingkat dunia dinaungi oleh FIVB (Federation Internationale de Volleyball), sedangkan di negara Indonesia dinaungi oleh suatu organisasi PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).



Sejarah Permainan Bola Voli

Pada awalnya Olahraga/permainan bola voli ditemukan oleh William G. Morgan, seorang instruktur pendidikan jasmani. Olahraga ini ditemukan pada tanggal 9 Februari 1985 di Holyoke, Amerika Serikat. Awalnya nama permainan ini adalah Mintonette.
Olahraga ini sebenarnya diciptakan dengan mengkombinasikan beberapa jenis permainan, dimana empat macam karakter olahraga permainan digabungkan menjadi satu, yaitu bola basket, baseball, tenis, dan bola tangan.
Sejarah mengenai permainan bola voli bukan hanya tentang siapa pendirinya dan kapan berdirinya, pemberian namanya juga harus diikut sertakan. Awalnya bernama Mintonette, namun berubah menjadi volley ball atau bola voli di tahun 1896.
Perubahan nama ini terjadi saat adanya demonstrasi di International YMCA Training School sesi pertama. Karena permainan ini sudah mengalami perkembangan pesat sejak awal kemunculannya. Dan untuk merespon hal tersebut, maka diadakanlah sebuah perlombaan dan kejuaraan bola voli tingkat nasional yang kemudian menyebar dengan cepat menjadi tingkat dunia.



Teknik dasar Bola Voli

Servis

Servis pada sat ini bukan lagi sebagai awal dari suatu permainan atau sekedar menyajikan bola, tetapi sebagai suatu serangan pertama bagi tim yang melakukan servis. Servis terdiri dari dari dua jenis yaitu servis tangan bawah dan servis tangan atas. Servis tangan atas dibedakan menjadi dua jenis yaitu tennis servis, floating dan cekis.

Servis tangan bawah
Pemain berdiri di petak servis dengan kaki kiri lebih ke depan daripada kaki kanan.Bola dipegang menggunakan tangan kiri.Bola dilambungkan tak terlalu tinggi,tangan kanan ditarik ke bawah belakang.Setelah bola kira-kira setinggi pinggang,lengan kanan diayunkan lurus ke depan untuk melakukan pemukulan pada bola.Telapak tangan mengarah ke bola dan tangan ditegangkan untuk mendapat pantulan yang sempurna, tangan bisa juga menggenggam.

Servis tangan atas
  1. Tennis Service
    Sikap persiapan dimulai dengan cara mengambil posisi kaki kiri lebih ke depan, kedua lutut sedikit agak rendah.Tangan kiri dan kanan secara bersama-sama memegang bola,tangan kiri menyangga bola, sedangkan tangan kanan di atas bola.Bola dilambungkan menggunakan tangan kiri kira-kira setengah meter di atas kepala.Tangan kanan ditarik ke belakang atas kepala, mengarah kedepan.Lakukan gerakan layaknya mensmesh bola, perhatian terpusat pada bola.Lecutan tangan diperlukan ketika perkenaan bola.
  2. Floating servis
    Posisi kaki sama layaknya tennis servis.Tangan kiri memegang bola dan tangan kanan di samping dan setinggi pelipis.Dengan tangan kiri bola di lambungkan sedikit ke arah samping kanan dan tidak terlalu tinggi.Setelah bola melambung ke atas setinggi kepala, tangan kanan dipukulkan kearah bagian tengah bola.Pukulan float bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu Dengan tumit tangan, Dengan tangan, dan dengan tangan tergenggam.
  3. Cekis
    Sikap permulaan yaitu dengan mengambil sikap berdiri menyamping dengan tubuh bagian kiri lebih dekat ke jaring.Bola dipegang dengan tangan kiri dan kanan.Ketika bola dilambungkan, badan diliukkan sedikit ke arah belakang dan lutut ditekuk.Kedua tangan dijulurkan ke arah samping bawah kanan pada keadaan memegang bola.Bola dilambung ke atas kepala dengan kedua tangan.Setelah bola lepas, tangan kanan ditarik ke arah samping kanan bawah, liukkan badan ke kanan.Berat badan di kaki kanan, telapak tangan mengarah ke atas.Setelah bola ada pada jangkauan tangan, secepatnya secara bersama sama lengan, liukkan badan ke samping kiriPerkenaan bola pada bagian bawah belakang bola,pukulan bola dibantu liukkan badan dan lecutan tangan.

Passing

  • Passing Bawah
Badan jongkok, lutut sedikit ditekuk.Tangan dirapatkanGerakan tangan disesuaikan dengan kerasnya kecepatan bola.
  • Passing Ke atas
Badan jongkok, lutut sedikit ditekuk.Badan sedikit condong kemuka, siku ditekuk dan jari-jari terbuka membentuk lengkungan setengah bola.Ibu jari dan jari saling berdekatan kemudian membentuk segitiga.Penyentuhan semua jari serta gerakannya meluruskan kedua tanganmemakai gerakan kaki guna menambah power

Smash (spike)

Membentuk serangan pukulan yang keras saat bola berada di atas jaring untuk di masukkan ke daerah lawan. Untuk melakukan dengan baik perlu memperhatikan awalan, tolakan, pukulan, serta pendaratan.

Teknik smash

Teknik pada permainan bola voli bisa diartikan sebagai cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai suatu hasil yang optimal. Smash merupakan suatu pukulan yang kuat saat tangan kontak dengan bola secara penuh pada bagian atas, hingga jalannya bola terjal dengan kecepatan yang tinggi, jika pukulan bola lebih tinggi berada di atas net, maka bola bisa dipukul tajam ke bawah. Smash adalah pukulan keras yang biasanya mematikan karena bola sulit diterima ataupun dikembalikan.

Spike adalah bentuk serangan yang paling umum dipakai untuk menyerang dalam upaya mendapat nilai suatu tim dalam permainan voli. Dari beberapa pendapat di atas bisa disimpulkan bahwa teknik smash atau spike yaitu cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan guna mencapai pukulan keras yang biasanya mematikan ke daerah lawan.
  • Tes smash
Tes smash yaitu tolak ukur dalam kemampuan smash. Membendung atau biasa disebut blocking

Bola yang melewati tangan bloker.

Pengertian blok pada permainan bola voli yaitu sebuah usaha membendung serangan lawan yang berupa smash agar tak menghasilkan poin. Dengan daya upaya di dekat jaring untuk mencoba menahan ataupun menghalangi bola yang datang dari daerah lawan.

Sikap memblok yang benar
Jongkok, bersiap siaga untuk melompat.
Lompat dengan kedua tangan rapat serta lurus ke atas.
Ketika mendarat hendaknya langsung menyingkir dan memberi kesempatan pada kawan satu tim untuk bergantian melakukan blok.
Blok ada dua macam yaitu :
  1. Blok tunggal yaitu membendung bola yang dilakukan oleh satu orang pemain.
  2. Blok ganda yaitu membendung bola yang dilakukan dua orang pemain atau lebih.

Posisi Pemain Bola Voli

1. Defender
Tugas utama seorang defender yaitu untuk dapat menerima serangan dari lawan.

2. Spiker (Smasher)
Seperti juga namanya, smasher atau spiker juga memiliki tugas untuk dapat melakukan pukulan smash atau serangan. Seorang smasher ini wajib menguasai sebuah teknik smash dan juga blocking agar menghasilkan berbagai poin maksimal dalam permainan ini. Posisi smasher ini terletak di bagian depan, tepatnya pada posisi 2 dan 4.

3. Libero
Dalam permainan bola voli, libero memiliki suatu tugas untuk dapat menerima dan juga menahan serangan dari lawan. Teknik dasar pada permainan bola voli yang wajib dikuasai oleh libero adalah passing, baik pada passing bawah maupun passing atas.
Meskipun posisi liberto ini bisa dimana saja dan bebas keluar masuk, namun seorang liberto tidak boleh melakukan smash dan juga blocking.

4. Set-upper atau Tosser
Set-upper atau tosser merupakan seorang pengatur sebuah tim. Tugasnya yaitu untuk dapat mengumpan bola ke arah teman dalam satu tim yang mempunyai posisi sebagai spiker.
Umpan ini juga bertujuan agar spiker atau smasher dapat melakukan smash. Posisi tosser akan selalu berada di depan. Oleh karena itu, untuk dapat menjadi seorang tosser, Anda wajib menguasai teknik smash dan blocking.


Teknik Dasar Permainan Bola Voli

1.  Pengertian Teknik

Teknik adalah suatu proses melahirkan keaktifan jasmani dan pembuktian suatu peraktek dengan sebaik mungkin untuk menyelesaikan tugas yang pasti dalam cabang olahraga (khususnya cabang permainan bola voli ).Teknik dikatakan baik apabila dari segi anatomis/fisiologis mekanik dan mental terpenuhi secara benar persyaratannya. Apabila diterapkan pencapaian prestasi maksimal untuk menganalisa gerakan teknik, umumnya para guru atau pelatih akan dapat mengoreksi dan memperbaiki (Suharno, HP, 1983 : 3).

2.Kegunaan Teknik Pada Cabang Olahraga
  •  Efisien dan Efektif untuk mencapai prestasi maksimal.
  • Untuk mencegah dan mengurangi terjadinya cidera
  • Untuk menambah macam-macam teknik atlet ada saat pertandingan. (Suharno, HP. 1982 : 30).
  • Atlet akan lebih mantap dan optimis dalam memasuki arena pertandingan (Engkos Kosasih, 1984 : 109).
3.Teknik Penguasaan Bola

Untuk dapat menguasai bola secara maksimal dan sempurna seorang pemain setidaknya harus memiliki kemampuan-kemampuan seperti mampu melakukan passing atas secara baik dan benar dari teknik dasar ini tidak diabaikan dan harus dilatih dengn baik, seseorang harus mengerti dan benar-benar dapat menguasai teknik penguasaan bola  dengan baik dan terus menerus, (Dleter Beullteshtahl. 1986 : 9).

Agar dapat bermain bola voli  dengan baik, seseorang harus mengerti dan benar-berar dapat menguasai teknik penguasaan bola dengan baik. Dengan menguasai teknik penguasaan bola dan latihan yang continue diharapkan nantinya dapat bermain bola voli secara baik dan benar.

4.Passing Bawah

Passing bawah biasanya dipergunakan oleh para pemain jika bola datangnya rendah, baik untuk dioperkan kepada teman seregunya maupun untuk dikembalikan ke lapangan lawan melewati atas jaring atau net.

5. Passing Atas

Passing atas atau passing tangan atas adalah cara pengambilan bola atau mengoper dari atas kepala dengan jari-jari tangan. Bola yang datang dari atas diambil dengan jari-jari tangan di atas, agak di depan kepala (Aip Syarifuddin, 1997 : 69).

Gerakan passing bawah dan passing atas yang menunjukkan bahwa digunakan passing bawah pada saat bola yang datangnya rendah atau berada di depan dada, sedangkan passing atas digunakan apabila bola datangnya di atas atau melambung. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa untuk menerima bola service lebih baik dan tepat menggunakan passing bawah dibandingkan dengan passing atas, karena kebanyakan bola sevice datangnya rendah dan berada di depan dada.

6.Service Bawah

Service bawah adalah cara melakukan pukulan permukaan dari petak service dengan memukul bola dengan tangan dari bawah sebagai usaha menghidupkan bola dalam permainan (Aip Syarifuddin, 1997 : 70).
Service bawah merupakan service yang dilakukan dengan tangan bawah, siku diluruskan dan ayunan tangan dari belakang ke depan melalui samping badan, salah satunya tangan memegang bola dan bola tersebut dilambungkan baru dipukul. Service ini sangat populer dan sering dilakukan oleh pemain pemula.

7.Service Atas

Service atas adalah cara melakukan pukulan permulaan dari bawah service dengan memukul bola dari atas kepala sebagai usaha menghidupkan bola ke dalam permainan (Aip Syarifuddin, 1997 : 53).
Servise atas banyak variasinya, bola dapat dilambungkan dengan satu tangan atau dua tangan, tinggi lambungan bola tergantung dari maksud pukulan dan kesenangan pribadi pemain. Namun pada prinsipnya harus diusahakan agar bola dilambungkan sedemikian rupa tingginya, sehingga seluruh rangkaian gerakan memukul menjadi satu gerakan yang tidak terputus-putus.

8.Service Samping

Service samping adalah melakukan pukulan permulaan dari daerah service dengan sikap berdiri menyamping dan berat badan berada di kaki kanan (bagi yang tidak kidal), telapak tangan menghadap ke atas (Mariyanto, 1995 : 119). Adapun pelaksanaan service samping adalah service berdiri menyamping dengan tubuh bagian kiri lebih dekat dengan jaring (bagi yang tidak kidal) kedua tanga bersama-sama memegang bola. Pada saat bola akan dilambungkan, maka badan diliukkan ke belakang dan lutut ditekuk. Kedua tangan dijulurkan ke samping kanan, begitu bola lepas dari tangan, maka tangan ditarik kesamping kanan bawah, berat badan berada di kaki kanan, telapak tangan menghadap ke atas, pukulan tangan pada bola dibantu dengan liukan badan, lecutan lengan dan gerakan pergelangn tangan sehingga bola setelah dipukul melambung dengan keras dan topspin.

9.Service Lompat

Service lompat adalah cara melakukan pukulan permulaan di daerah service dengan melompat setelah bola dilambungkan dengan satu tangan atau dua tangan (Aip Syarifuddin, 1997 : 59). Service lompat dilakukan dengan bola dilambungkan dengan satu atau dua tangan. Begitu bola dilambungkan diikuti dengan melompat dan diusahakan bola berada di atas depan kepala. Bila bola telah berada di atas depan kepala maka segeralah tangan kanan dipukulkan pada bola secepatnya.

10.Smash (Spike)

Smesh atau spike adalah gerakan memukul bola yang dilakukan dengan kuat dan keras serta jalannya bola cepat, tajam dan menukik serta sulit diterima lawan apabila pukulan itu dilakukan dengan cepat dan tepat (Aip Syarifuddin, 1997 : 58). Pada teknik smash inilah letak seninya permainan bola voli , apabila pemain hendak memenangkan pertandingan maka mau tidak mau mereka harus menguasai teknik smash. Pemain yang pandai melakukan smash atau dengan istilah smasher harus memiliki kelincahan, daya ledak, timing yang tepat dan mempunyai kemampuan memukul bola yang sempurna. Pemain bola voli  akan dapat melakukan berbagai variasi smash apabila pemain tersebut menguasai teknik dasar smash secara baik dan benar.

11.Membendung


Membendung (Bloking) adalah bentuk gerakan seseorang atau beberapa orang pemain yang berada didekat net/pemain depan (Aip Syarifuddin, 1997 : 58). Tujuan untuk menutupi atau membendung datangnya bola dari lapangan lawan, caranya dengan menjulurkan kedua tangan ke atas dengan ketinggian yang kanan lebih tinggi dari tepian atau bibir net.

Selama melakukan blocking perhatian harus terus menerus kepada bola, posisi smasher terhadap bola dan pendangan mata dari pada smasher. Untuk menyesuaikan terhadap arah datangnya smash, maka perlu mengadakan langkah atau step ke samping kiri atau ke kanan dengan maksud agar setiap saat dapat melompat ke atas untuk melakukan blocking.


Peraturan Bola Voli

Salah satu syarat untuk bisa memainkan bola voli adalah memahami peraturannya. Olahraga ini pun memiliki sejumlah aturan yang berkaitan dengan hal teknis, pelanggaran, serta penghitungan skor.

1. Aturan Main dan Pelanggaran

  • Setiap tim terdiri dari enam orang. Ada empat peran yang harus dimiliki setiap tim, yaitu spiker, tosser, defender, dan libero.
  • Jumlah pemain dalam satu tim minimal empat orang.
  • Permainan dimulai dengan lempar koin untuk menentukan tim mana yang berhak melakukan servis pertama kali.
  • Servis dilakukan di luar garis lapangan dan bola harus bisa melewati net.
  • Bola dinyatakan out apabila keluar dari garis lapangan.
  • Pemain harus melakukan passing, smash, dan teknik lainnya di area lapangannya sendiri. Artinya, pemain tidak boleh sampai melewati batas net atau masuk ke area lawan.
  • Bola dinyatakan masuk apabila sudah menyentuh lantai dan berada di dalam garis lapangan permainan.
  • Pemain hanya boleh memukul/memantulkan bola, bukan menangkap atau melemparnya seperti pada permainan basket. Menangkap dan melempar bola akan dinilai sebagai suatu pelanggaran.
  • Pemain boleh menggunakan anggota tubuh mana saja untuk memantulkan bola. Pemain dianggap melakukan pelanggaran apabila memantulkan bola dengan cara menendang.
  • Tidak ada batasan untuk pergantian pemain dan boleh dilakukan berkali-kali.
  • Pemain dilarang menyentuh net secara sengaja maupun tidak sengaja.
  • Berbicara kasar, baik kepada tim lawan maupun wasit, bisa dianggap sebagai pelanggaran.

2. Penghitungan skor

Permainan bola voli biasanya berlangsung selama 2–3 set. Dua babak pertama akan menentukan apakah set tambahan perlu dilakukan atau tidak. Apabila ada tim yang langsung memenangkan dua set secara berturut-turut, pertandingan tidak perlu dilanjutkan.
Tim yang menang tadi langsung dinyatakan sebagai pemenang. Bila kedua tim sama-sama menang di dua set pertama, pertandingan akan berlanjut sampai set ketiga. Babak inilah yang akan menentukan siapa pemenangnya.
Sementara untuk penghitungan skor, olahraga ini menggunakan sistem rally point dengan jumlah poin 25. Artinya, tim yang mendapatkan poin 25 terlebih dahulu akan dinyatakan menang di babak tersebut.
Akan tetapi, apabila terjadi skor seri (misalnya 24-24), poin kemenangan akan berubah. Pertandingan otomatis dilanjutkan sampai ada salah satu tim yang berhasil memimpin dengan selisih dua angka.

Ukuran Lapangan Bola Voli

Sama seperti olahraga lainnya, voli juga dimainkan di lapangan dengan ukuran tertentu. Tak hanya luas lapangan, Anda juga harus mengetahui setiap aspek yang ada di dalamnya, termasuk net dan bola.

1. Lapangan Bola Voli

 

  • Panjang : 18 meter
  • Lebar : 9 meter
  • Lebar garis lapangan : 5 cm
  • Area serang : 3 meter dari garis tengah
  • Panjang area servis : 3 meter di belakang garis lapangan

2. Net Bola Voli

  • Tinggi net untuk voli putra : 2,43 meter
  • Tinggi net untuk voli putri : 2,24 meter
  • Panjang net : 9 meter
  • Lebar net : 1 meter
  • Jarak tiang net dengan garis tepi lapangan :  0,5–1 meter
  • Lebar pita tepian net : 5 cm
  • Ukuran jaring : 10 cm (berbentuk persegi)
  • Tinggi antena : 80 cm di atas net

3. Bola Voli

  • Bahan : kulit atau yang sintetis
  • Bentuk : bulat sempurna
  • Diameter : 18–20 cm
  • Keliling lingkaran : 65–67 cm
  • Berat : 260–280 gram
  • Tekanan : 4,26 – 4,61 hPa/psi

 Soal Bola Voli Beserta Jawabannya

Bagi  para siswa ataupun guru yang sedang membutuhkan soal materi bola voli. Berikut ini kami akan sajikan soal tentang bola voli beserta jawabannya, yang berisi soal pilihan ganda 20 dan 5 essay, yang sudah kami susun dari berbagai sumber, langsung saja kita lihat di bawah ini.







Penelusuran yang terkait dengan Materi Bola Voli
  • materi bola voli kelas 12
  • materi bola voli kelas 10
  • peraturan bola voli
  • materi bola basket
  • sejarah bola voli
  • materi bola voli lengkap pdf
  • pengertian bola voli
  • pengertian permainan bola voli