Materi Senam Lantai dan Soal Senam Lantai Beserta Jawabannya Secara Lengkap

Pada umumnya, di dalam pertandingan resmi, senam lantai dilakukan di atas lantai yang memiliki ukuran 12×12.Organisasi senam Indonesia diwadahai dalam suatu organisasi yang bernama Persatuan Senam Indonesia atau yang disingkat sebagai Persani.Organisasi tersebut dibentuk pada tanggal 14 Juli 1963 dengan nama PERSANI (Persatuan Senam Indonesia). Atas inisiatif dari para tokoh olahragawan se-Indonesia yang menangani serta memiliki keahlian dalam cabang olahraga senam.

Senam mulai dikenal di negara Indonesia sekitar tahun 1912, teaptnya waktu masa penjajahan Belanda sedang berlangsung.Masuknya olahraga senam ini bersamaan dengan penetapan pendidikan jasmani sebagai salah satu mata pelajaran wajib yang ada di sekolah.Sebab, senam adalah salah bagian dari penjaskes, sehingga dengan sendirinya senam juga otomatis ikut diajarkan di dalam sekolah.Senam yang pertama kali dikenalkan pada waktu itu ialah senam versi Jerman.  Senam yang satu ini menekankan kepada kemungkinan berbagai gerakan yang kaya akan alat pendidikan.Kemudian pada tahun 1916, sistem itu digantikan dengan sistem Swedia yang lebih menekankan kepada manfaat gerak.


Mengapa Disebut Senam Lantai?


Mengapa olahraga ini dinamakan senam lantai? Sesuai dengan namanya, saat melakukan olahraga ini sang atlet hanya menggunakan lantai sebagai medianya tanpa dibantu oleh media apapun untuk menciptakan keindahan gerak kecuali dengan pakaian dan matras yang fungsinya adalah untuk sebagai pengaman bukan sebagai alat pendukung pertunjukan senam lantai ini.
Jadi, olahraga senam lantai benar-benar dilakukan tanpa bantuan alat apapun. Keindahan yang terlihat benar-benar murni dari kehebatan para atlet dalam mengkolaborasikan gerak lentur tubuhnya ke dalam berbagai macam gerakan indah.
Salah satu penyebab munculnya istilah senam lantai dalam olahraga ini karena aktivitas senam ini merupakan olahraga yang membutuhkan keterampilan-keterampilan dasar olah tubuh di atas permukaan lantai yang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Oleh karenanya gerakan atau olahraga ini disebut olahraga senam lantai.

Induk Organisasi Senam Lantai

Di tingkat internasional, terdapat FIG yang merupakan induk organisasi senam artistik internasional dimana olahraga senam lantai termasuk cabang dari senam artistik. FIG ini bertugas untuk menyusun segala petunjuk peraturan, penilaian serta regulasi bagi semua aspek kompetisi senam tingkat internasional.Untuk tingkat nasional, senam diatur oleh cabang masing-masing federasi nasional. Di Indonesia sendiri, terdapat PERSANI atau Persatuan Senam Indonesia yang merupakan induk organisasi senam nasional. PERSANI memiliki tugas untuk membina atlet senam Indonesia untuk siap tampil di ranah kompetisi nasional, sea games, Asian games, olimpiade, dan juga kompetisi senam internasional.


Macam-Macam Gerakan Aenam Lantai

Sikap Lilin

Macam-macam gerakan senam lantai yang pertama adalah sikap lilin. Sikap lilin merupakan sikap senam lantai di mana kaki direntangkan ke atas dan kepala berada di bawah. Agar dapat melakukan ini, kamu harus bertumpu pada punggung bagian atas serta siku dan tangan yang menahan pinggul. Sikap ini bertujuan agar melatih keseimbangan dan ketenanganmu.

Cara melakukan sikap lilin yang benar
  • Langkah awal yang harus dilakukan adalah tidur terlentang dan kedua kaki lurus rapat, sedangkan kedua tangan lurus berada di samping kanan dan kiri 
  • Dengan pandangan lurus keatas, lanjtukan dengan angkat kedua kaki dan pinggul dibantu dengan menggunakan kedua tangan untuk dorongan kaki ke atas. Kaki harus rapat dengan didorong menggunakan tangan yang berbentuk seperti siku. Pastikan kaki dan pinggul lurus, setelah itu jaga keseimbangannya. 
  • Saat melakukan pendaratan atau menurunkan kaki harus pelan-pelan agar tidak terjadi cedera.

Kayang

Macam-macam gerakan senam lantai berikutnya adalah kayang. Kayang merupakan sebuah gerakan senam lantai dengan posisi kedua tangan dan kaki bertumpu pada matras dengan posisi terbalik kemudian meregang dan panggul serta perut diangkat ke atas.Manfaat dari melakukan kayang ini adalah untuk melatih tubuh agar tetap lentur, terutama pada bagian bahu. Untuk melakukan gerakan senam lantai kayang ini bisa dengan dua cara, yaitu sikap tidur dan dari sikap berdiri.

Cara melakukan kayang dari sikap berdiri
  • Persiapkan diri dengan berdiri tegak dan kaki sedikit terbuka. 
  • Posisikan kedua tangan masing-masing berada di samping kaki. 
  •  Gerakkan tangan secara bersamaan atau satu tangan dengan mengayunkannya ke belakang. Kepala menengadah kemudian badan melenting ke belakang, pastikan jika posisi telapak tangan menyentuh atau mendarat pada matras dengan baik. 
  • Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan bantuan tembok. Hal ini untuk menghindari cedera dan tidak membuat kamu terlalu lelah bagi seorang pemula.
Cara melakukan kayang dari sikap tidur
  • Awali gerakan dengan tidur terlentang. 
  • Tekuk kedua lutut kamu, setelah itu rapatkan kedua tumit pada pinggul. 
  • Tekuk kedua siku tangan kamu, kemudian telapak tangan bertumpu pada matras dan tempatkan ibu jari di samping telinga. 
  • Lakukan gerakan badan diangkat pelan pelan keatas, kemudian disusul dengan dorongan dari kedua tangan dan kaki lurus. 
  • Terakhir lakukan gerakan kepala masuk diantara kedua tangan.

Roll Depan

Macam-macam gerakan senam lantai berikutnya adalah roll depan. Gerakan senam ini adalah melakukan gerakan berguling ke depan atas bagian belakang badan (tengkuk, punggung, pinggang, dan panggul bagian belakang).Roll depan ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan guling ke depan dengan sikap awal jongkok atau guling ke depan dengan sikap awal berdiri.

Cara melakukan roll depan yang benar
  • Pertama, lakukan sikap jongkok. Kedua, rapatkan kaki, letakkan lutut ke dada, kedua tangan menumpu di depan ujung kaki kira-kira 40 cm. 
  • Kemudian bengkokkan kedua tangan, letakkan pundak pada matras dengan menundukkan kepala, dagu sampai ke dada. 
  • Lanjutkan dengan melakukan gerakan berguling ke depan, ketika panggul menyentuh matras, peganglah tulang kering dengan kedua tangan menuju posisi jongkok.

Roll Belakang

Macam-macam gerakan senam lantai yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah adalah roll belakang. Roll belakang merupakan kebalikan dari roll depan. Kalau roll depan berguling kearah depan, roll belakang berguling kearah belakang melewati bagian tubuh belakang mulai dari pundak bagian belakang pinggul bagian belakang, punggung bagian belakang, dan tengkuk bagian belakang.

Cara Melakukan Roll Belakang
  • Sikap permulaan dalam posisi jongkok, kedua tangan di depan dan kaki sedikit rapat. 
  • Kepala ditundukkan kemudian kaki menolak ke belakang. 
  • Pada saat panggul mengenai matras, kedua tangan segera dilipat ke samping telinga dan telapak tangan menghadap ke bagian atas untuk siap menolak. 
  • Kaki segera diayubkan ke belakang melewati kepala, dengan dibantu oleh kedua tangan menolak kuat dan kedua kaki dilipat sampai ujung kaki dapat mendarat di atas matras, ke siap jongkok.

Headstand

Macam-macam gerakan senam lantai selanjutnya yang cukup populer adalah headstand. Kamu bisa melakukan di rumah, walaupun gerakan senam lantai ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

Cara Melakukan Headstand
  • Berdiri tegak kedua kaki rapat, dan kedua lengan lurus rapat di samping badan, pandangan ke depan. 
  • Bungkukkan badan ke depan, letakkan kedua telapak tangan di matras. 
  • Letakkan pula dahi di matras di antara kedua tangan. Letakkan kedua tangan dan dahi membentuk segitiga sama sisi. 
  • Angkat pinggul ke atas, badan tegak lurus pada matras. 
  • Luruskan kaki ke atas, jaga keseimbangan dan pertahankan beberapa saat.

Handstand

Handstand juga merupakan macam-macam gerakan senam lantai yang harus kamu ketahui. Tidak berbeda jauh dengan headstand, kamu harus berhati-hati dalam menerapkannya.

Cara Melakukan Handstand
  • Berdiri tegak dengan salah satu kaki berada di depan dan kedua tangan lurus di atas dengan telapak tangan terbuka, kemudian letakkan telapak tangan bertumpu di matras. 
  • Bungkukkan badan ke depan, kedua tangan tetap lurus lalu ayunkan kaki ke belakang atas, diikuti kaki yang satunya dan rapatkan, sehingga membentuk garis vertikal antara lengan, badan, dan kedua kaki lurus ke atas. 
  • Ayunkan kaki kanan dalam keadaan lurus ke atas, sehingga kaki kiri juga ikut terangkat ke atas, pertahankan sikap tersebut beberapa saat, jaga keseimbangan tubuh. 
  • Kembali ke sikap awal yaitu berdiri tegak, kedua lengan lurus di samping badan dan pandangan tetap ke depan

Soal Senam Lantai Beserta Jawabannya


Bagi  para siswa ataupun guru yang sedang membutuhkan soal penjas materi Senam Lantai. Berikut ini kami akan sajikan  soal materi Senam Lantai beserta jawabannya, yang sudah kami susun dari berbagai sumber. langsung saja kita lihat di bawah ini.






Download Filenya


Penelusuran yang terkait dengan Soal Senam Lantai Beserta Jawabannya
  • contoh soal essay senam lantai dan jawabannya
  • soal senam irama
  • kunci jawaban pjok kelas 8 senam lantai
  • buatlah 10 soal pilihan ganda beserta jawabannya dengan materi senam lantai
  • soal pjok kelas 4 tentang senam lantai
  • soal senam lantai lompat kangkang
  • sikap lilin tergolong gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih
  • soal essay senam aerobik