Materi Teks Eksposisi Meliputi 30+ Soal Teks Eksposisi Lengkap Kunci Jawaban

Teks Eksposisi : Pengertian, Contoh, Ciri, Jenis, Struktur, Kaidah

Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah sebuah paragraf atau karangan yang didalamnya terkandung informasi-informasi serta juga pengetahuan yang ditulis dengan tujuan untuk dapat memberikan atau menjelaskan pengertian dengan penulisannya yang singkat, akurat serta padat. sedangkan menurut KBBI: Eksposisi merupakan suatu uraian atau paparan yang bertujuan untuk menjabarkan maksud serta tujuan (misalkan suatu karangan). Paragraf eksposisi ini sifatnya adalah ilmiah atau non-fiksi.
Menurut Wikipedia Eksposisi ini merupakan salah satu jenis paragraf yang yang mana isisnya itu bertujuan untuk bisa memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang padat, singkat serta juga jelas. Contoh tulisan eksposisi ini biasanya berita koran serta petunjuk penggunaan.
Pengertian teks eksposisi merupakan sebuah paragraf yang mengandung pengetahuan yang digambarkan didalam bentuk yang singkat, padat serta jelas.


Tujuan Teks Eksposisi

  • Adalah Untuk menjelaskan informasi tertentu supaya dapat menambah ilmu pengetahuan pembaca, sehingga dengan membaca teks eksposisi maka pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu hal atau kejadian.

 

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Adapun ciri-ciri teks eksposisi yang diantaranya yaitu:
  • Singkat dan Padat
  • Gaya informasi yang mengajak.
  • Penyampaian teksnya secara lugas dan menggunakan bahasa yang baku.
  • Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan.
  • Tidak memihak berarti tidak memaksakan kemauan dari penulis terhadap pembacanya.
  • Teks eksposisi bersifat objektif dan netral.
  • Penjelasannya disertai data-data yang akurat.
  • Fakta digunakan sebagai alat konkritasi dan kontribusi.
  • Umumnya menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana

 

Struktur Teks Eksposisi

Adapun struktur teks eksposisi yang diantaranya yaitu:
  1. Judul

Judul hendaknya menggambarkan sesuatu yang dibahas dalam teks Eksposisi. Judul hendaklah ditulis dengan kata-kata yang singkat, menarik dan sarat akan makna.
  1. Pernyataan Umum atau Tesis

Bagian ini berfungsi untuk memperkenalkan topik sekaligus menempatkan pembaca pada posisi tertentu. Karena dengan teks yang digunakan penulis itu ingin mengemukakan pendapat, maka pembaca bisa berada pada posisi yang sependapat atau pada posisi yang bersebrangan dengannya.
  1. Argumentasi atau alasan

Bagain dari teks Eksposisi adalah argumen atau alasan. Panjang dan pendeknya bagian ini tergantung pada jumlah argumen yang telah kalian kenalkan secara garis besar di dalam pernyataan umum, kemudian kalian menyebutkan ulang dan menjabarkan argumen tersebut dalam paragraf-paragraf. Pengembangan argumen menjadi paragraf ini dilakukan melalui penyajian contoh dan alasan.
  1. Penegasan Ulang Pendapat (Simpulan)

Pengulangan tersebut dilakukan dengan berdasarkan pada argumen yang telah disajikan di dalam bagian sebelumnya. Pengulangan opini bersifat pilihan, sehingga tidak semua teks Eksposisi mempunyainya.


Jenis-Jenis Teks Eksposisi

Adapun jenis-jenisnya ini terdiri atas 9 (sembilan) bagian diantaranya sebagai berikut.
  1. Eksposisi definisi: sebuah paragraf yang menjelaskan definisi suatu topik tertentu.
  2. Eksposisi proses: jenis ini berisikan langkah-langkah atau juga cara untuk melakukan sesuatu hal dari awal sampai akhir.
  3. Eksposisi ilustrasi: jenis ini adalah jenis yang memaparkan informasi atau juga penjelasan-penjelasan tertentu dengan cara memberikan gambaran secara sederhana mengenai suatu topik dengan topik yang lain yang memiliki kesamaan sifat atau juga kemiripan dalam hal hal tertentu.
  4. Eksposisi laporan: sebuah paragraf eksposisi yang mengemukakan sebuah laporan dari sebuah berita atau juga penelitian tertentu.
  5. Eksposisi perbandingan: suatu paragraf eksposisi yang gagasan utamanya itu tersaji dengan cara membandingkan dengan yang lainnya.
  6. Eksposisi pertentangan: jenis ini berisi tetnagn hal pertentangan akan suatu hal-hal dengan hal yang lain.
  7. Eksposisi berita: berisi pemberitaan tentang suatu kejadian/peristiwa. Jenis ini banyak ditemukan pada surat kabar/koran.
  8. Eksposisi analisis: merupakanproses memisah-misahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama itu kedalambeberapa sub-bagian, setelah itu masing-masing dikembangkan secara berurutan.
  9. Eksposisi klasifikasi: membagi sesuatu serta juga mengelompokkan ke dalam kategori-kategori.

Unsur Kebahasaan

Ciri kebahasaan yang ada pada teks ekposisi:
  • Menggunakan pronomina; jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina.
  • Memakai konjungsi; konjungsi dapat digunakan dalam teks eksposisi untuk memperkuat argumentasi.
  • Memakai kata leksikal tertentu (kata yang mengacu pada kamus); merupakan kata yang mengacu pada benda, baik nyata maupun abstrak. Dalam kalimat berkedudukan sebagai subjek. Dilihat dari bentuk dan maknanya ada yang berbentuk nomina dasar maupun nomina turunan. Nomina dasar contohnya gambar, meja, rumah, pisau.

Cara Membuat Teks Eksposisi

Teks eksposisi ini berbeda dengan narasi serta juga deskripsi. Teks ini digunakan untuk dapat memaparkan suatu masalah atau juga pembicaraan secara terperinci.
Eksposisi ini dapat diartikan ialah sebagai tulisan yang berusaha menerangkan serta juga menguraikan suatu pokok pikiran yang dianggap perlu saja untuk disampaikan kepada pembaca. Pembaca itu diharapkan dapat memperluas pengetahuan serta juga pandangan tentang pokok-pokok yang disampaikan.
Terdapat tiga topik dalam paragraf eksposisi yang wajib untuk diketahui supaya dapat menuliskan sebuah karangan eksposisi yang baik serta benar.
  1. Data faktual, maksudnya ialah suatu kondisi yang benar-benar terjadi serta juga bersifat historis mengenai bagaimana suatu persitiwa terjadi, suatu alat dapat bekerja, serta lain sebagainya.
  2. Suatu analisis atau  juga penafsiran itu dengan secara objektif terhadap seperangkat fakta.
  3. Fakta mengenai seseorang yang berpegang teguh pada suatu pendirian.
Dalam tiap-tiap wacana yang merupakan bagian dari paragraf eksposisi, maka urutan analisis teks tersebut harus juga mencakup empat hal berikut ini:
  1. Urutan kronologis/proses: memberi penjelasan mengenai bagaimana sesuatu itu dapat terjadi atau bekerja.
  2. Urutan fungsional.
  3. Urutan atau analisis sebab akibat.
  4. Analisis perbandingan.
Dibawah ini merupakan langkah-langkah untuk dapat menulis teks eksposisi yang terdiri dari 4 (empat) hal yakni sebagai berikut:
  1. Menentukan tema.
  2. Menentukan tujuan karangan.
  3. Memilih data yang sesuai dengan tema.
  4. Membuat kerangka karangan, mengembangkan kerangan menjadi sebuah karangan eksposisi.

Contoh Teks Eksposisi Singkat tentang Kesehatan, Ekonomi & Politik

Contoh Teks Eksposisi tentang Kesehatan Mata

Tesis / Pernyataan pendapat


Mata adalah salah satu organ yang paling rentan terkena gangguan jika tidak dijaga kesehatannya. Salah satu cara menjaga kesehatan mata secara alami yaitu dengan mengkonsumsi sayuran wortel.

Kandungan nutrisi dalam wortel kaya akan kalori, karbohidrat, protein, lemak, Vitamin A, Vitamin B1 dan Vitamin C. Selain itu juga kaya akan mineral seperti kalsium, fosfor, beta karoten, serta zat besi.

Argumentasi


Selain itu, wortel dapat dimakan secara langsung, ataupun dibuat menjadi minuman jus yang nikmat.

Sayuran wortel tidak hanya baik untuk kesehatan mata, tetapi juga dapat mencegah resiko kanker, membantu pertumbuhan, mencegah rabun senja dan masih banyak manfaat lainnya.

Penegasan ulang pendapat


Manfaat utama wortel adalah  untuk meningkatkan sistem imun, beta-karoten dari wortel akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A berperan dalam meregulasi sistem imun, melawan infeksi, dan menstabilkan jumlah sel-T sebagai sel petarung di dalam sirkulasi darah.

Contoh Teks Eksposisi Kesehatan Tubuh Mencegah Penyakit Jantung & Stroke

Tesis


Penyakit jantung & stroke merupakan penyakit yang paling berbahaya di dunia. Bahkan penyakit ini menjadi penyebab kematian nomor satu dan dua di Indonesia. Penyakit ini tidak mengenal jenis kelamin dan usia penderitanya. Bahkan penyakit stroke pernah ditemukan pada anak kecil. Sedangkan penyakit jantung, pernah diidentifikasikan menyerang seorang bayi yang baru lahir.

Ada beberapa faktor penyebab penyakit ini pada manusia, diantaranya adalah kebiasaan buruk seperti makan makanan sembarangan, merokok dan minuman keras. Penyakit ini menyerang secara tiba-tiba, kapanpun dan dimanapun. Untuk itu dengan mengetahui cara pencegahan penyakit ini merupakan tindakan yang bijaksana. Dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit jantung dan stroke.

Argumentasi


Cara pertama adalah ketahui apakah Anda beresiko terkena penyakit ini. Dengan mengetahui ini terlebih dahulu, kita bisa lebih menjaga kesehatan tubuh kita. Orang yang sangat beresiko rentan terkena penyakit ini, tetapi tidak menutup kemungkinan bagi orang yang sehat.

Hindari kebiasan-kebiasaan buruk seperrti merokok, makanan berkolesterol, dann minum alkohol. Makanan/minuman tersebut akan memacu organ jantung untuk bekerja lebih keras dari normalnya sehingga akan rentan rusak. Selain itu, makanan berkolesterol yang tinggi dapat menumpuk di pembuluh darah sehingga menyumbat pemburuh darah coroner, yaitu pembuluh darah yang memberikan makanan kepada jantung.


Selanjutnya menjaga tekanan darah agar tetap normal dengan cara hindari stress berlebih dan istirahat yang cukup, selain itu juga jagalah kadar kolesterol di dalam tubuh. Lemak adalah sumber utama penyebab serangan jantung. Jadi, sebaiknya pilihlah makanan yang tidak mengandung kolesterol.

Penegasan ulang pendapat


Terakhir dengan melakukan olahraga secara teratur. Dengan melakukan olahraga teratur membuat tubuh kita sehat dan bugar sehingga memberikan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit. Namun, juga harus diimbangi dengan kebiasaan memakan makanan yang baik.

Contoh Teks Eksposisi tentang Ekonomi Kreatif

Tesis / Pernyataan pendapat


Sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama adalah pengertian ekonomi kreatif.

Kemampuan untuk mewujudkan kreatifitas ynag diramu dengan teknologi, pengetahuan, dan budaya menjadi modal dasar dalam menghadapi persaingan ekonomi, sehingga muncullah ekonomi kreatif sebagai alternatif pembangunan ekonomi guna meningkatkan kesejahteraan di masyarakat.

Argumentasi


Alasan utama mengapa Indonesia harus mengembangkan ekonomi kreatif, karena berpotensi besar dalam memberikan konstribusi ekonomi yang signifikan, menciptakan iklim usaha yang positif, menciptakan gambaran & bukti diri bangsa, mengembangkan ekonomi berbasis kepada sumber daya terbarukan, membentuk inovasi & kreativitas yang merupakan keunggulan kompetitif suatu bangsa, & memberikan dampak sosial yang positif.
Ekonomi kreatif sangat tergantung kepada sumber daya manusia yang kreatif, mampu melahirkan ide baru dan menterjemahkannya dalam bentuk barang dan jasa yang bernilai ekonomi.

Penegasan ulang pendapat


Kemampuan untuk mewujudkan kreatifitas ynag diramu dengan teknologi, pengetahuan, dan budaya menjadi modal dasar dalam menghadapi persaingan ekonomi. Semua hal itu bila diarahkan menjadi industri ekonomi kreatif, tentunya akan membuahkan hasil yang luar biasa. Apalagi, pada era saat ini yang mengarah pada ekonomi kreatif.

Contoh Teks Eksposisi tentang Ekonomi Indonesia

Tesis


Newsletter resmi yang dibagikan oleh IMF pada seluruh peserta sidang mengangkat satu topik khusus tentang Indoensia. Media itu mengangkat hasil riset dari Mckinsey dan Standar Chartered yang menyatakan bahwa ekonomi Indonesia pada tahun 2030 akan melampaui Jerman dan Inggris.

Argumentasi


Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang berada di kelompok consuming class. Angka itu merupakan angka terbesar di dunia setelah Cina dan India. Dengan begitu, pada tahun 20130 Indonesia menjadi bagian kekuatan ekonomi nomor 7 di dunia.

Indonesia saat ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat menuju ke arah tersebut. Saat ini saja, ekonomi Indonesia telah berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 miliar dolar AS tahun 2011.


Kekuatan terbesar ekonomi Indonesia tidak hanya ekspor yang didukung oleh kekuatan kerja dan komoditas, tetapi juga kekuatan konsumsi domestik dan jasa-jasa yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional.

Saat ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia berada pada kisaran 5 - 6 persen, apabila terus dipertahankan akan menambah jumlah masyarakat kelas menengah hingga 90 juta orang.

Penegasan ulang pendapat


Dalam sidang akbar IMF lalu kembali mengingkatkan kita tentang besarnya potensi Indonesia dan sempitnya momentum yang tengah kita lalui ini. Apabila potensi itu tidak dimaksimalkan dengan baik, maka prediksi para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan.

Contoh Teks Eksposisi tentang Politik

Tesis / Pernyataan pendapat


Pemilu (pemilihan umum) di Indonesia dilakukan dalam 5 tahun sekali. Pemilu dilaksanakan untuk memilih para anggota DPR, DPRD, Presiden dan Wakil Presiden. Akan tetapi, pemilu di Indonesia saat ini masih kurang maksimal, maka Indonesia perlu untuk melakukan pembenahan dalam pemilihan umum yang akan datang.

Argumentasi


Pemilihan umum di Indonesia masih kurang maksimal disebabkan banyaknya kecurangan yang dilakukan oleh para calon legislatif dalam kegiatan kampanye, antara lain suap-menyuap antara caleg dengan warga sekitar supaya waga memilih caleg tersebut untuk duduk di pemerintahan.

Permasalahan berikutnya adalah tingginya angka golput. Masyarakat yang memutuskan tidak memlih pada saat pemilu belangsung dipicu karena adanya kekecewaan sebagian masyarakat terhadap praktek politik di Indonesia yang dilakukan oleh para politisi anggota dewan. Hal yang perlu dibenahi adalah politik uang. Politik uang membuat keyakinan rakyat berkurang makin diperkuat penyataan responden yang menyebut parpol cenderung memberikan laba materi agar terpilih menjadi anggota dewan.

Penegasan ulang


Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa kurangnya pengawasan ketat dalam pemilu. Oleh karena itu, adabaiknya pemerintah Indonesia dan KPU harus melakukan pengawasan lebih terhadap pelaksanaan pemilu yang akan datang.

Bila pemilihan umum ini sudah dibenahi, maka pilihan-pilihan rakyat akan sesuai dengan harapan rakyat. Kami selaku rakyat Indonesia menginkan anggota dewan yang amanah dan jujur dan selalu dapat mendengarkan aspirasi masyarakat Indonesia.

Daftar Artikel Lainnya:


Soal Teks Eksposisi Lengkap Jawaban


Latihan Soal Pilihan Ganda Bab Teks Eksposisi 
  1. Di bawah ini merupakan struktur teks eksposisi, kecuali....
    a. Pembukaan 
    b. Pendapat
    c. Argumen
    d. Rangkuman
  2. Pada bagian penutup dalam sebuah teks eksposisi harus dilengkapi dengan penegasan yang dikemukakan penulis dalam bentuk....
    a. Sama
    b. Samar-samar
    c. Jelas
    d. Baik
  3. Dalam bagian suatu teks eksposisi terdapat pendapat dari penulis yang dapat dipermasalahkan. Bagian ini merupakan gagasan utama tentang permasalahan teks eksposisi. Permasalahan tersebut harus dilandasi dengan.....
    a. Fakta
    b. Inisial
    c. Nama asli penulis
    d. Data lengkap
  4. Dalam bagian penutup suatu tesis terdapat tentang struktur teks eksposisi. Penulisan teks eksposisi tersebut mengandung beberapa unsur kebahasaan sebagai ciri kebahasaan yang membedakannya. Salah satu ciri kebahasaan dalam teks eksposisi, yaitu.....
    a. Mengunakan kalimat tanya
    b. Menggunakan kalimat perintah
    c. Menggunakan titik dan koma
    d. Menggunakan kalimat pronomina
  5. Penjabaran suatu proses, seperti proses pembuatan suatu objek, langkah-langkah, urutan peristiwa secara lengkap. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari isi teks eksposisi berdasarkan jenis pengembangan....
    a. Klasifikasi
    b. Analisis
    c. Perbandingan
    d. Argumentasi
  6. Suatu teks untuk mengusulkan pendapat pribadi mengenai suatu hal yang didalamnya terdapat argumen-argumen untuk menegaskan atau memperkuat pendapat tersebut. Pernyataan di atas merupakan pengertian dari....
    a. Teks narasi
    b. Teks argumentasi
    c. Teks persuasi
    d. Teks eksposisi
  7. Jenis pengembangan teks eksposisi yang rinciannya digolongkan dalam suatu objek ke dalam bagian-bagian disebut jenis pengembangan....
    a. Definisi
    b. Verifikasi
    c. Klasifikasi
    d. Aktualisasi
  8. Dalam membuat karangan eksposisi, penulis harus mengetahui perincian tentang suatu topik yang ingin dibahas, kemudian membagi perincian tersebut berdasarkan....
    a. Urutannya
    b. Urutan kronologinya
    c. Urutan waktu
    d. Tempat kejadian
  9. Kegiatan menganalisis isi dari teks eksposisi ini dapat menggunakan struktur dan kaidah kebahasaan dalam penyusunan teks eksposisi. Analisis teks eksposisi ini dapat dilakukan mulai dari mengukapkan pembukaan....
    Jawaban yang tepat untuk titik-titik di atas adalah....
    a. Tesis, vokal, dan penutup
    b. Analisis, argumen, dan penutup
    c. Tesis, isi, dan penutup
    d. Tesis, argumen, dan penutup
  10. Teks eksposisi itu sendiri bisa disaksikan di beberapa media massa, seperti....
    a. Koran
    b. Televisi
    c. Radio
    d. Siaran langsung
  11. Suatu paragraf eksposisi yang memiliki isi mengenai pengertian akan sesuatu hal. Pernyataan tersebut merupakan definisi dari....
    a. Eksposisi proses
    b. Eksposisi klasifikasi
    c. Eksposisi pertentangan
    d. Eksposisi definisi
  12. Perhatikan teks berikut!
    Ternyata jeruk nipis bermanfaat dalam mengobati batuk. Buah ini memiliki kandungan berupa minyak asiri dan zat yang dapat bermanfaat mengendalikan otot-otot pernapasan sehingga mampu meredakan batuk. Adapun cara penggunaannya yaitu dengan meminum air perasan dari jeruk nipis yang dapat dicampur dengan madu, kecap atau gula sehingga rasa asamnya berkurang.
    Teks tersebut termasuk jenis teks eksposisi....
    a. Teks
    b. Analisis
    c. Berita
    d. Perbandingan
  13. Teks berikut yang termasuk ke dalam jenis teks eksposisi berita adalah....
    a. Kebijakan pemerintah seringkali menyusahkan rakyat kecil. Misalnya kenaikan harga BBM sangat meresahkan rakyat menengah ke bawah. Naiknya harga BBM akan membuat harga jasa dan barang menjadi naik. Keadaan seperti ini akna menuntut rakyat mesti memutar otak agar bisa memenuhi kebutuhannya.
    b. Para penjual makanan mengeluhkan atas kenaikan harga BBM. Pasalnya, naiknya harga BBM membuat bahan-bahan baku naik. Alhasil, para penjual harus menyiasati hal ini dengan memperkecil porsi atau menaikkan harga makanan yang mereka jual.
    c. Hukum yang ada di Indonesia ibarat sebuah pisau, di mana tajam ke bawah namun tumpul ke atas pencuri sandal diancam hukuman penjaran 5 tahun. Sebaliknya, koruptor yang telah merugikan uang negara hanya dihukum 1 tahun penjara.
    d. Mengacu dari sifatnya, sampah bisa dikelompokkan menjadi dua jenis. Sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah untuk membusuk seperti kertas, platik pembungkus makanan dan botol. Kemudian sampah organik aalah sampah yang sangat mudah membusuk seperti sayuran, sisa makanan, daun, dan lain-lain
  14. Salah satu contoh pola pengembangan teks eksposisi adalah analogi. Yang dimaksud eksposisi analogi adalah....
    a. Memaparkan sesuatu dengan jelas
    b. Menjelaskan tata cara melakukan sesuatu
    c. Menguraikan maksud dan tujuan
    d. Menilai penyajian teks eksposisi
  15. Perhatikan contoh teks berikut!
    Kadang-kadang kepandaian dan keberuntungan tidak selalu sejalan. Seperti yang terjadi di SMA kelas XII. Misalnya, di setiap tahun selalu ada siswa yang pandai dan mempunyai nilai akademik baik namun siswa tersebut tidak berhsil lolos SNMPTN. Di sisi lain ada siswa yang mempunyai kemampuan akademik yang biasa-biasa saja namun berhasil lolos SNMPTN, bahkan pada jurusan-jurusan favorit.
    Teks tersebut termasuk dalam pola pengembangan teks eksposisi.....
    a. Analogi
    b. Contoh
    c. Sebab-akibat
    d. Akibat-sebab
  16. Perhatikan conth teks berikut!
    Di lapangan, saat ini para petambak justru tengah memberikan benih udang Vannamei. Meski harganya lebih murah dari udang Windu, tetapi udang Windu sangat rentan dengan penyakit, sedangkan udang Windu sangat rentan dengan penyakit.
    Kalimat yang dicetak miring pada teks termasuk jenis teks eksposisi....
    a. Klasifikasi
    b. Ilustrasi
    c. Perbandingan
    d. Definisi
  17. Jenis pengembangan dalam sebuah teks eksposisi yang menjelaskan persamaan dan perbedaan dari suatu objek disebut jenis pengembangan....
    a. Analisis
    b. Definisi
    c. Klasifikasi
    d. Perbandingan
  18. Berikut merupakan langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam pembuatan teks eksposisi yang benar, kecuali....
    a. Menentukan tema
    b. Memilih data-data pendukung yang sesuai dengan tema
    c. Membuat kerangka karangan
    d. Menyimpulkan dengan langkah yang benar
  19. Di bawah ini merupakan pola pengembangan paragraf eksposisi, kecuali....
    a. Pengembangan secara eksploitasi
    b. Pengembangan secara analogi
    c. Pengembangan dengan contoh
    d. Pengembangan dengan sebab akibat
  20. Perhatikan teks berikut!
    Proses belajar yang baik yaitu belajar dengan berkesinabungan. Penyerapan suatu konsep dengan sedikit demi sedikit sesuai dengan kapasitas daya serap otak yang mempunyai keterbatasan. Dengan melakukan belajar secara teratur maka otak akan menyerap dengan mudah, karena otak seseorang mempunyai keterbatasan. Belajar dilakukan sedikit demi sedikit agar dapat dicerna olah otak manusia. Pemaparan teks di atas merupakan pola pengembangan teks eksposisi berdasarkan.
    a. Contoh
    b. Sebab-akibat
    c. Analogi
    d. Generalisasi
  21. Perhatikan teks berikut!
    Dari 2.000 anak usia sekolah di Desa Sukamaju Kecamatan Sukacita diketahui bahwa ada 15 anak yang bersekolah melanjutkan ke jenjang SMA, ada 25 anak yang berhasil melanjutkan ke tingkat SMP, 500 berhasil lulus SD, yang lain tidak tamat sekolah dasar. Hal itu dapat dikatakan bahwa rata-rata anak usia sekolahdi Desa Sukamaju berpendidikan rendah. Pemaparan teks di atas merupakan pola pengembangan teks eksposisi....
    a. Contoh
    b. Sebab-akibat
    c. Analogi
    d. Generalisai
  22. Memaparkan atau menjelaskan informasi-informasi tertentu sehingga pengetahuan para pembaca bertambah. Pemaparan tersebut merupakan tujuan....
    a. Teks narasi
    b. Teks eksposisi
    c. Teks argumentasi
    d. Teks persuasi
  23. Semua orang dapat menyusun berita baik media elektronik maupun media cetak. Salah satu contoh teks eksposisi dapat dilihat di....
    a. Telepon
    b. Koran
    c. Diskusi
    d. Seminar
  24. Alasan berupa bukti yang dapat mendukung tesis penulis. Berisi penjelasan secara lebih mendalam tentang pernyataan tesis (pendapat) yang diyakini kebenarannya melalui pengungkapan fakta-fakta sebagai penjelasan argumen penulis. Hal ini merupakan pengertian dari....
    a. Narasi
    b. Eksposisi
    c. Mediasi
    d. Argumentasi
  25. Dalam suatu teks eksposisi bagian pembuka yagn memuat tentang pandangan awal penulis. Pandangan awal penulis tersebut bersifat opsional. Sifat dari opsional mengandung arti....
    a. Wajib ada dalam suatu teks eksposisi
    b. Setengah ada dalam suatu teks ekspoisi 
    c. Boleh ada dan boleh juga tidak ada dalam suatu teks eksposisi
    d. Topik dalam teks boleh seperti rangkuman



Penelusuran yang terkait dengan Teks Eksposisi

  • contoh teks eksposisi tentang kesehatan
  • struktur teks eksposisi
  • contoh teks eksposisi tentang pendidikan
  • tujuan teks eksposisi
  • contoh teks eksposisi singkat tentang lingkungan
  • contoh teks eksposisi laporan
  • teks eksposisi definisi
  • fungsi teks eksposisi