Materi Debat Beserta 30+ Contoh Soal Debat Pilihan Ganda dan Jawabannya [ LENGKAP ]

Pengertian Debat, Unsur, Tujuan, Ciri, Jenis, Tata Cara & Struktur

Pengertian Teks Debat

Debat adalah kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih baik itu perorangan ataupum kelompok dalam mendiskusikan dan memutusakan masalah dan perbedaan. dan AHli Menurut G. Sukadi, Debat adalah saling adu argumentasi antar pribadi atau antar kelompok manusia dengan tujuan mencapai kemenangan.
Menurut Hendri Guntur Tarigan, Debat adalah saling adu argumentasi antar pribadi atau antar kelompok manusia dengan tujuan mencapai kemenangan satu pihak.


Pengertian debat menurut para ahli yaitu:

  • Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
    Debat adalah pembahasan atau pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing.
  • Menurut G. Sukadi
    Debat adalah saling adu argumentasi antar pribadi atau antar kelompok manusia dengan tujuan mencapai kemenangan.
  • Menurut Hendri Guntur Tarigan
    Debat adalah saling adu argumentasi antar pribadi atau antar kelompok manusia dengan tujuan mencapai kemenangan satu pihak.

 

Unsur – Unsur Debat

Suatu kegiatan dapat disebut debat  jika memiliki beberapa unsur-unsur
  1. Memiliki mosi. Emosi adalah topik atau bahasan yang akan diperdebatkan dan mempunyai sifat konvensional. Adanya mosi sangat penting karena di dalam sebuah debat terdapat pihak pro dan kontra.
  2. Debat harus memiliki pihak pro atau pihak afirmatif yang setuju terhadap mosi yang telah diberikan. Pihak pro akan memberikan pidatonya terlebih dahulu mengenai alasan mengapa mendukung pernyatan di dalam mosi.
  3. pihak oposisi atau pihak kontra yang tidak setuju dengan mosi yang sudah diberikan. Pihak kontra akan menyanggah pernyataan dari pihak afirmatif.
  4. pihak netral atau pihak yang tidak menaruh dukungan dan tidak condong terhadap salah satu
  5. Dalam debat harus ada moderator yang bertugas mempin dan mengatur jalannya debat. Tata tertib debat, memperkenalkan masing-masing pihak, dan penyampaian mosi akan dilakukan oleh moderator.
  6. Debat juga harus memiliki peserta debat yang nantinya berhak menentukan keputusan akhir bersama juri debat. Dalam beberapa debat, peserta tidak ikut andil dalam penentuan keputusan akhir namun jika dibutuhkan voting, maka biasanya peserta akan diperhitungkan suaranya.
  7. Unsur yang terakhir yaitu adanya penulis atau notulen acara yang bertugas mencatat hal-hal terkait debat yang sedang berlangsung misalnya mosi debat, pernyataan moderator, penyampaian masing-masing tim atau pihak, dan hasil keputusan akhir.

 

Tujuan Debat

Adapun tujuan debat yaitu:
  1. Melatih keberanian mengemukakan pendapat
  2. Melatih mematahkan pendapat lawan
  3. Meningkatkan kemampuan merespon sesuatu masalah

 

Jenis - Jenis Debat

Berdasarkan bentuk, maksud, dan metodenya, debat dibagi menjadi 4 macam, yakni:
  • 1. Debat Parlementer/ Majelis (Assembly or Parlementary Debating)

Maksud dan tujuan majelis ini yaitu untuk memberi dan menambahi dukungan bagi suatu undang-undang tertentu dan semua anggota yang ingin menyatakan pandangan dan pendapatnya berbicara mendukung atau menentang usul tersebut setelah mendapat izin dari majelis.
  • 2. Debat Pemeriksaan Ulangan Untuk Mengetahui Kebenaran Pemeriksaan Terdahulu (Cross-Examination Debating)

Maksud dan tujuan perdebatan ini yaitu untuk mengajukan serangkaian pertanyaan yang satu sama lain berhubungan erat,yang akan menyebabkan individu yang ditanya menunjang posisi yang hendak ditegakkan dan diperkokoh oleh penanya.
  • 3. Debat Formal, Konvesional, atau Debat Pendidikan (Formal, Conventional, or Educational Debating)

Tujuan debat formal ini adalah untuk memberi kesempatan bagi dua tim pembicara untuk mengemukakan kepada pendengar sejumlah argument yang menunjang atau yang membantah suatu usul. Setiap pihak diberi jangka waktu yang sama bagi pembicara-pembicara konstruktif dan bantahan.
  • 4. Debat Kompetitif

Debat kompetitif dalam pendidikan tidak seperti debat sebenarnya dalam parlemen, debat kompetitif tidak bertujuan untuk menghasilkan keputusan tetapi lebih diarahkan untuk mengembangkan kemampuan tertentu di kalangan pesertanya, seperti kemampuan untuk mengutarakan pendapat secara logis, jelas dan terstruktur, mendengarkan pendapat yang berbeda, dan kemampuan berbahasa asing (Jika debat dilakukan dalam bahasa asing).

Ciri Ciri Debat

Adapun ciri-ciri debat, diantaranya:
  1. Debat memiliki pihak yang mengarahkan jalannya debat. Biasanya yang melakukan tugas ini adalah seorang moderator.
  2. Hasil akhir atau kesimpulan debat didapat dengan cara voting maupun keputusan juri debat.
  3. Terdapat hanya dua sudut pandang yaitu pro dan kontra.
  4. Terjadi kegiatan saling beradu argumentasi untuk memperoleh kemenangan salah satu pihak.
  5. Terdapat suatu proses untuk saling mempertahankan argumentasi di antara kedua belah pihak yang sedang berdebat (pihak pro dan kontra).
  6. Di sesi tertentu terdapat kegiatan tanya jawab antar pihak yang berdebat dengan dipimpin oleh moderator

 

Etika dan Tata Cara Debat

Bagaimana tata cara melakukan debat yang baik dan benar? Berikut ini adalah tata cara yang dapat anda lakukan.
  1. Memahami dan menjalankan peraturan debat yang telah disepakati oleh peserta dan anggota debat. Jika seorang anggota debat melanggar peraturan maka akan berpengaruh kepada timnya.
  2. Pertanyaan yang diajukan sebaiknya disampaikan dengan profesional, tidak menghina, menguji, maupun merendahkan lawan, pertanyaan juga tidak boleh menyerang lawan secara pribadi namun fokus ke permasalahan yang sedang dibahas.
  3. Ajukan argumen dengan analisis yang kritis, masuk akal, dan runtut. Ketiga hal ini akan lebih baik jika dilakukan dengan kemampuan retorika yang baik.
  4. Dalam menyampaikan gagasan kenali dan pahami kelemahan maupun kelebihan yang dimiliki lawan. Hal ini sangat penting untuk menyusun strategi debat sehinggaefektif dalam menyangkal dan mempengaruhi lawan bahkan seluruh peserta debat.
  5. Argumen yang disampaikan tidak perlu terlalu banyak karena waktu yang terbatas. Susun argumen ke dalam poin-poin yang singkat dan lugas yang merujuk langsung ke permasalahan yang sedang didebatkan.
  6. Memahami dengan baik tentang kesalahan-kesalahan dalam berpikir terutama pada penyelesaian masalah. Hal ini juga berfungsi untuk mengetahui kelemahan argumentasi yang diberikan oleh lawan.
  7. Menyajikan gagasan yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Sertakan juga data-data yang valid yang dapat mendukung argumen atau gagasan.
  8. Buatlah kesimpulan yang menunjukkan pernyataan final dengan kalimat yang lugas dan langsung menuju ke titik celah lawan. Penyampaian kesimpulan tidak perlu terlalu panjang cukup poin-poin yang menegaskan argumentasi dan disampaian dengan tegas untuk menunjukkan rasa percaya diri bahwa argumentasi tersebut.
Langkah-langkah debat yang biasanya diterapkan di kelas dalam lingkup sekolah menengah atas:
  1. Guru membagi siswa menjadi dua kelompok peserta debat, yang satu pro dan yang lainnya kontra.
  2. Guru memberikan tugas untuk membaca materi yang akan diperdebatkan oleh kedua kelompok di atas.
  3. Setelah selesai membaca materi, guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara saat itu, kemudian setelah selesai ditanggapi oleh kelompok kontra. Demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
  4. Sementara siswa menyampaikan gagasannya, guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan sampai mendapatkan sejumlah ide yang diharapkan.
  5. Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkapkan.
  6. Dari data-data yang diungkapkan tersebut, guru mengajak siswa membuat
Kesimpulan atau rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin dicapai.

Struktur Debat

Struktur debat yang baik dan benar.
  • Perkenalan harus dilakukan oleh masing-masing tim atau pihak (afirmasi, oposisi, dan netral).
  • Penyampaian argumentasi. Dalam debat, masing-masing tim pro maupun kontra menyampaikan argumentasi atau gagasan tentang mosi yang telah diberikan. Penyampaian argumentasi ini dimulai dari tim pro, lalu tim kontra, kemudian diakhiri oleh tim netral.
  • Melakukan debat merupakan hal utama. Masing-masing tim diharuskan menyampaikan argumentasi maupun sanggahan kepada lawan.
  • Kesimpulan merupakan hasil akhir debat yang sebelumnya diawali dengan penutup yang disampaikan oleh masing-masing tim.
  • Keputusan diambil dari hasil voting, mosi, resolusi, dan sebagainya. Jenis keputusan ada tiga yaitu keputusan oleh para pendengar atau decision by the audience, keputusan oleh hakim atau decision by judges, dan keputusan dengan kritik atau decision by critique.

 

Kaidah Kebahasaan Teks Debat

  1. Menggunakan kalimat kompleks, pada teks debat biasanya menggunakan kalimat yang mempunyai lebih dari satu struktur dan lebih dari satu kata kerja (kalimat kompleks).
  2. Menggunakan konjungsi, pada teks debat sering memanfaatkan konjungsi untuk menghubungkan kata-kata atau kalimat.
  3. Menggunakan kata rujukan, pada teks debat biasanya menggunakan kata rujukan sebagai pemberi informasi, seperti ini, itu, dia, beliau, di sini, di sana, dan sebagainya.


Contoh Soal Debat Pilihan Berganda Beserta Kunci Jawabannya


PETUNJUK UMUM

Tulis namamu di sudut kanan atas.

  • Bacalah setiap soal dengan teliti.
  • Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
  • Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan D!

1. Apa tugas dari Moderator dalam debat ?
a.Memipin jalannya diskusi 
b.Menilai peserta
c.Berargumen
d.Menjadi pengamat

2. Apa yang dimaksud mosi debat ?
a. Tema Debat
b. Argumen peserta
c. Penilaian juri
d. Peristiwa penting

3. Apa peran tim pro terhadap mosi debat?
a.Netral
b.Menolak
c.Mendukung 
d.Semua benar

4. Apa peran tim kontra terhadap mosi debat?
a.Netral
b.Menolak 
c.Mendukung
d.Semua benar

5. Berikut yang bukan termasuk aspek yang dinilai dalam lomba debat bahasa Indonesia adalah?
a.Keluasan wawasan
b.Cara pemaparan argumen
c.Kerja team
d.Kemampuan berbahasa asing

6. Kelompok yang mendukung suatu pernyataan disebut...
a.pembela fakta
b.kontra indikasi
c.kontra
d.pro

7. Jelaskan peran tim pro terhadap mosi debat?
a.netral
b.menolak
c.mendukung 
d.semua benar

8. Debat adalah proses komunikasi lisan yang dinyatakan dengan bahasa untuk mempertahankan pendapat. Pengertian tersebut dikemukakan oleh
a. G. Sukardi
b. Menurut KBBI
c. Henry Guntur Tangan
d. Asidi Dipodjojo
e. Ir. Soekarno

9. Berikut ini yang bukan tujuan debat adalah
a. Diakhir debat dapat menghargai pendapat
b. Mendengarkan pendapat-pendapat yang berbeda
c. Berbicara secara meyakinkan
d. Membuat pihak lain mengakui kehebatanya
e. Memberikan informasi

10. Perhatikan tata cara debat berikut

1. Menyatakan argumen-argumen yang logis
2. Menyatakan argumen dengan bahasa yang santun
3. Mengumpulkan informasi berupa fakta yang mendukung argumen
4. Menyatakan sanggahan dengan bahasa yang sopan
5. Tidak menggunakan pernyataan negatif mengenai pribadi pihak lain

Urutan tata cara debat yang baik yaitu
a. 1-2-3-4-5
b. 3-2-4-1-5
c. 3-1-4-2-5
d. 4-2-1-3-5
e. 3-2-1-4-5

11. Dalam suatu debat, penonton atau juri berperan sebagai
a. Orang yang memberi penilaian dan mengikuti jalannya debat

b. Orang yang bertugas untuk menuliskan hasil debat
c. Orang yang mendukung mosi
d. Orang yang mengetahui jalannya debat
e. Orang yang menolak mosi

12. Pengertian tim Oposisi adalah
a. tim yang tidak mendukung atau menolak mosi
b. tim yang berargumentasi dalam rangka mendukung mosi
c. tim yang memberi penilaian
d. Orang yang menulis hasil debat
e. Tim yang menyampaikan argumen dalam rangka menolak mosi

13. Pengertian dari tim Afirmasi adalah
a. tim yang tidak mendukung atau menolak mosi
b. tim yang berargumentasi dalam rangka mendukung mosi
c. tim yang memberi penilaian
d. Orang yang menulis hasil debat
e. Tim yang menyampaikan argumen dalam rangka menolak mosi

14. Dalam unsur debat, terdapat tim netral. Apa pengertian dari tim netral
a. tim yang tidak mendukung atau menolak mosi
b. tim yang berargumentasi dalam rangka mendukung mosi
c. tim yang memberi penilaian
d. Orang yang menulis hasil debat
e. Tim yang menyampaikan argumen dalam rangka menolak mosi

15. Berikut ini yang termasuk etika yang harus diperhatikan dalam debat yaitu
a. menyatakan pendapat atau sanggahan dengan bahasa yang santun
b. Mengedepankan logika, tidak menggunakan emosi
c. Menghargai pendapat pihak lain
d. Mendengarkan dengan seksama saat pihak lain berbicara
e. benar semua

16. Berikut yang termasuk aspek dalam bahasa baku yang saling menyatu adalah
a. Difungsikan sebagai model
b. Kodifikasi
c. Keberterimaan
d. b dan c benar
e. benar semua

17. Bahasa sandi yang dipakai dan digemari oleh kalangan remaja tertentu adalah pengertian dari bahasa
a. bahasa asing
b. bahasa prokem
c. bahasa gaul
d. bahasa daerah
e. bahasa non baku

18. Perhatikan kata berikut

1. Analogi
2. Pernyataan
3. Generalisasi
4. Sebab Akibat

Yang termasuk pola penalaran induktif yaitu
a. 1 dan 3
b. 1, 2, dan 3
c. 1, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 4
e. 1, ,2, 3 dan 4

19. Perhatikan hal-hal berikut

1. Pernyataan
2. Alasan
3. Bukti
4. Kesimpulan

Yang termasuk hal-hal dalam berargumen yang baik adalah
a. 1, 2, dan 3
b. 1 dan 3
c. 1, 2, 3, dan 4
d. 3 dan 4
e. 1, 2, dan 4

20. Kegiatan debat hampir sama dengan kegiatan
a. dialog
b. negosiasi
c. diskusi
d. pidato
e. monolog

21. Tugas Moderator adalah
a. menjadi penengah antara kedua tim
b. menjadi tim yang mengungkapkan pendapat
c. melawan argumentasi tim lain
d. membantu mendokumentasikan jalannya debat
e. menjadi jembatan antartim

22. Paragraf Argumentasi adalah
a. paragraf yang digunakan untuk menceritakan suatu peristiwa secara kronologis
b. paragraf yang digunakan untuk melukiskan atau menggambarkan keadaan suatu hal secara terperinci
c. paragraf yang digunakan untuk menyampiakan alasan dalam rangka memperkuat atau menolak suatu gagasan
d. paragraf yang digunakan untuk menjelaskan sesuatu agar apa yang dijelaskan itu diikuti oleh orang lain
e. paragraf yang digunakan untuk memaparkan atau menguraikan sesuatu gagasan

23. Pada dasarnya, menulis menulis kerangka sebuah debat tidak jauh berbeda dengan kerangka dasar jurnal atau pidato. Namun, dalam membuat kerangka debat harus .... dengan baik.
a. terlihat
b. terstruktur
c. terakomodir
d. terencana
e. teramati

24. Salah satu bentuk perdebatan yang banyak digunakan. Pada paruh waktu pertama perdebatan, setiap tim memiliki dua segmen untuk menyajikan argumen. Hal tersebut merupakan pengertian debat...
a. antartim
b. publik
c. formal
d. bebas
e. Lincoln-Douglas

25. Dalam kegiatan debat, kita diberi kesepakatan untuk menyampaikan pendapat atau snggahan yang ditujukan pada....
a. narasumber
b. lawan debat
c. moderator
d. pembicara
e. penengah

26. Pentingnya membuat kerangka (bagan) untuk sebuah acara perdebatan merupakan salah satu kewajiaban seseorang .... sebelum melakukan debat.
a. tim debat
b. panelis
c. lawan debat
d. moderator
e. narasumber

27. Dalam kegiatan debat, moderator layaknya seorang wasit dalam pertandingan. Untuk itu, moderator yang dipilih harus....
a. baik
b. memihak salah satu peserta
c. tidak mau peduli terhadap jalannya debat
d. memebuat suasana memanas
e. netral atau tidak memihak salah satu peserta debat

28. Kegiatan adu argumentasi dalam memutuskan masalah dan perbedaan, yang dilakukan dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
a. debat
b. argumen
c. diskusi
d. seminar
e. simposium

29. Kegiatan debat yang dilakukan oleh anggota parlemen termasuk jenis debat....
a. informal
b. formal
c. terstruktur
d. ada aturannya
e. terencana

30. Mungkin sebagian dari kita berfikir bahwa debat merupakan kegiatan mematahkan pendapat lawan. Sebenarnya debat adalah bagaimana cara kita (debater) membuat orang lain....
a. membela kita
b. memberikan yang terbaik
c. terpengaruh dan setuju dengan argumen yang disampaikan
d. membuat audiens terpukau karna kita mampu menjatuhkan lawan debat
e. membuat lawan debat mengamuk.

31. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam debat adalah metode....
a. langka
b. menjatuhkan lawan
c. mengkritik lawan
d. terpatahkan
e. logika

32. Salah satu manfaat membuat kerangka debat adalah....
a. memudahkan menjatuhkan lawan debat
b. menilai kerja lawan
c. membuat argumen-argumen yang tepat
d. memudahkan dalam menentukan sebuah topik
e. memilih cara damai

33. Dapat digunakan jika diperlukan pemahaman dan keterampilan dalam bertanya. Berdasarkan pernyataan tersebut, metode yang digunakan dalam kegiatan debat adalah....
a. metode debat
b. metode logika
c. metode dialektika
d. metode tanya jawab
e. metode impromtu

34. Pada dasarnya, menulis kerangka sebuah debat tidak jauh berdeba dengan kerangka dasar jurnal atau pidato. Namun, dalam membuat kerangka debat harus....
a. rapi dan bijaksana
b. terstruktur dengan baik
c. terorganisir dan dipresentasikan
d. adanya tanya jawab dengan narasumber
e. dapat mengajukan gagasan atau sanggahan yang sesuai dengan topik

35. Perlu disadari bahwa adanya perbedaan pendapat lumrah dalam suatu debat. Kedua belah pihak harus menyadari tujuan mengikuti debat, yaitu....
a. mengikuti ajang bergengsi dari setiap sekolah.
b. mematikan lawan debat dengan sempurna.
c. menilai jalannya kegiatan debat.
d. menyimpulkan hasil debat.
e. menyampaikan pendapat masing-masing.

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Debat, Unsur, Tujuan, Ciri, Jenis, Tata Cara & Struktur, semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian tentang debat. Dan bisa mempraktekkannya disekolah atau dalam forum resmi. Terimakasih telah berkunjung.


Penelusuran yang terkait dengan debat adalah

  • manfaat debat
  • unsur debat
  • etika debat
  • tata cara debat
  • contoh teks debat tentang lingkungan
  • fungsi teks debat
  • materi debat kelas 11
  • contoh teks debat pembicara 2