Contoh Teks Diskusi: Pengertian, Struktur, Unsur, Jenis/Macam [ LENGKAP ]

Pengertian, Struktur, Kaidah, Jenis Teks Diskusi Via :Duniapendidikan.co.id
Kata "diskusi" menurut Armai Arief berasal dari bahasa latin, yaitu, "discussus" yang berarti "to examine". "Discussus" terdiri dari akar kata "dis" dan "cuture". "Dis" artinya terpisah, dan "cuture" artinya menggoncang atau memukul.

Secara etimologis, "discuture" berarti suatu pukulan yang memisahkan sesuatu. Atau juga membuat sesuatu menjadi jelas dengan cara memecahkannya.

Apa itu teks diskusi? Secara umum diskusi adalah suatu proses yang melibatkan dua individu atau lebih, berintegrasi secara verbal dan saling berhadapan saling tukar informasi, saling mempertahankan pendapat dalam memecahkan sebuah masalah tertentu.


Pengertian Teks Diskusi

Secara singkat teks diskusi adalah sebuah teks yang memberikan dua pendapat berbeda mengenai suatu hal (satu “pro dan satu” kontra) yang menyebabkan kedua belah pihak menjadi saling membicarakan masalah yang sedang dipersoalkan Atau bisa juga  didefinisikan sebagai tulisan yang mengulas sebuah masalah (isu) dengan disertai argumen/pendapat baik yang mendukung  maupun yang menentang isu tersebut serta diakhiri dengan  simpulan atau rekomendasi penulis.



Struktur Teks Diskusi

Terdapat 4 struktur yang menyusun teks diskusi sehingga menjadi utuh. Struktur tersebut yaitu:
  1. Isu; berisi masalah yang akan didiskusikan lebih lanjut.
  2. Argumen mendukung; berisi argumen yang mendukung hal yang menjadi pokok masalah diskusi.
  3. Argumen menentang; berisi argumen yang bertentangan dengan argumen yang mendukung.
  4. Kesimpulan; berisi kesimpulan dan rekomendasi mengenai isu yang dibahas. baiknya mengambil jalan tengah tentang suatu yang sedang didiskusikan.

Jenis Teks Diskusi

Teks diskusi terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya yaitu antara lain:
  • Seminar.
  • Simposium.
  • Diskusi panel.
  • Kongres.
  • Muktamar.
  • Sarasehan.
  • Lokakarya.



Daftar Artikel Lainnya:



Tujuan Teks Diskusi

Tujuan dilaksankan diskusi yakni untuk meraih kesepakatan atau satu pemahaman pendapat atau gagasan. Yang mana tujuan diskusi antara lain, yakni:
  • Untuk bisa menyadari dan menguji bukti sistem nilai, opini dan respon dari suatu gagasan atau orang lain.
  • Melakukan pengujian secara bersama mengenai suatu gagasan yang dikemukakan orang lain
  • Untuk saling tukar pikiran dan ide
  • Untuk mempelajari mengungkapkan dan juga menanggapi keterangan yang searah
  • Untuk menghubungkan data dan kondisi dari berbagai pandangan oran glain dan latar belakang yang tidak sama.

 

Kaidah Kebahasaan Teks Diskusi

Kaidah kebahasaan atau ciri unsur teks diskusi yaitu sebagai berikut:
  • Penggunaan Konjungsi Perlawanan
Teks diskusi memakai kata penghubung perlawanan misalnya: tetapi, sedangkan, namun, sebaliknya.
  • Penggunaan Kohesi Leksikal dan Kohesi Gramatikal
Kohesi leksikal adalah kepaduan yang didapat dengan cara pemilihan kata. Sedangkan, kohesi gramatikal adalah kepaduan yang didapat dengan memakai elemen dan aturan gramatikal
  • Penggunaan Modalitas
Modalitas adalah kata yang mempunyai arti kemungkinan, kenyataan, dan sebagainya yang dinyatakan dalam kalimat. Seringkali dinyatakan dengan kata misalnya harus, akan, ingin, mungkin.

 

Struktur Teks Diskusi

Struktur dari teks diskusi atau susunan teks diskusi yakni:
  • Isu, dalam isu materi isinya adalah berkaitan msalah yang hendak didiskusikan lebih lanjut
  • Argumen mendukung. Hal ini materi isinya adalah yang mendukung hal yang menjadi pokok masalah dalam diskusi
  • Argumen menentang. Hal ini materi isinya adalah yang bertentangan dengan argumen yang mendukung
  • Kesimpulan. Hal ini berisi tentang kesimpulan dan rekomendasi tentang isu yang menjadi pembahasan yang sebaikny diambil jalan tengah tentang sesuatu yang tengah didiskusikan.

Jenis – Jenis Teks Diskusi

Terdapat beberapa jenis dalam teks ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Sarasehan

Sarasehan merupakan sebuah pertemuan yang diadakan sebagai mendengarkan pendapat seseorang yang ahli dalam bidang tertentu, dalam kegiatan ini dilakukan dengan mengundang atau menghadirkan serangkaian undangan tertentu.

2. Seminar

Seminar merupakan sebuah pertemuan khusus dengan tujuan teknis dan akademik untuk melakukan studi menyeluruh tentang topik tertentu dengan memecahkan masalah yang memerlukan interaksi peserta seminar yang dibantu dengan seorang profesor atau sarjana.

3. Simposium

Simposium merupakan suatu serangkaian dalam jenis pidato singkat yang diberikan seseorang kepada pengunjung atau peserta. Contoh umum : Simposium Akuntansi Nasional.

4. Kongres

Kongres merupakan sebuah pertemuan besar dalam perwakilan organisasi (sosial, politik, profesional) sebagai membahas dan membuat keputusan.

5. Lokakarya

Lokakarya merupakan suatu acara atau pertemuan para ahli di bidang tertentu, yang bertujuan untuk membahas masalah yang berkaitan dengan keahlian mereka dan untuk menemukan solusi dalam masalah ini.

6. Muktamar

Muktamar merupakan sebuah sesi induk atau konsultasi yang diadakan dengan pimpinan pusat organisasi. Dalam perwakilan sebuah organisasi akan berpartisipasi dalam pertemuan ini untuk membuat keputusan tentang masalah yang akan dibahas bersama dengan organisasi.

7. Diskusi Panel

Diskusi panel merupakan sebuah forum curah pendapat yang sebelumnya dilakukan dengan sekelompok orang. sekelompok peserta tentang masalah khusus yang telah dia siapkan. Diskusi panel ialah suatu kelompok orang yang mendiskusikan topik tentang kekuatan dalam komunitas atau pendengar diskusi.


Contoh Teks Diskusi dan Strukturnya

Kumpulan Contoh Teks Diskusi Via: proposaldansurat.web.id

Contoh Teks Diskusi Dampak Menonton Televisi Bagi Remaja

Isu
Didalam era globalisasi ini tayangan televisi sudah tidak bisa dihindari, dengan menonton televisi kita bisa memperoleh bermacam-macam informasi, termasuk di dalamnya hiburan. Pertanyaannya ialah adakah dampak negatif yang ditimbulkan dari menonton televisi??
Sebagian masyarakat menganggap bahwa menonton televisi berdampak positif, tetapi banyak juga masyarakat yang menganggap bahwa menonton televisi berdampak negatif.
Argumen Mendukung
Dampak positif dari menonton televisi ialah sebagai berikut:
  • Pertama, televisi memiliki kelebihan dalam hal penyajian berita, televisi umumnya selalu to date. Hal ini tentu akan membuat remaja tidak ketinggalan informasi dan memberikan wawasan yang cukup luas pada remaja secara cepat.
  • Kedua, jika televisi menyajikan acara-acara yang berhubungan dengan pendidikan, hal ini tentu sangat berguna bagi para pelajar. Seorang palajar bisa mengambil manfaat berupa informasi pendidikan dari acara televisi tersebut.
  • Ketiga, pengaruh positif televisi lainnya ialah remaja bisa menyegarkan otak dengan menonton beragam tayangan hiburan yang disajikan oleh stasiun televisi. Mulai dari acara kuis, film, sinetron atau hiburan-hiburan yang lain.
  • Keempat, acara televisi sering menayangkan tokoh-tokoh yang memiliki pengaruh, baik dalam dunia pendidikan, dunia usaha, hiburan atau yang lainnya. Tokoh-tokoh yang ditampilkan dalam televisi ini bisa memicu remaja untuk mencontoh kesuksesan mereka.
Argumen Menentang
Sementara itu, dampak negatif dari menonton televisi ialah sebagai berikut:
  • Pertama, televisi membuat remaja lupa waktu, bagi pelajar kecanduan nonton televisi menjadi kontra produktif dengan tugas seorang pelajar yang kewajibannya belajar.
  • Kedua, banyaknya acara-acara yang kurang mendidikan di televisi bisa mempengaruhi kejiwaan remaja. Film-film yang menampilkan adegan tidak layak ditonton remaja tanpa ada sensor sangat mudah ditiru oleh remaja.
  • Ketiga, televisi mampu meningkatkan daya konsumtif remaja, karena televisi merupakan media iklan yang memiliki pengaruh tinggi terhadap konsumennya. Iklan yang ditayangkan secara terus menerus sepanjang hari, remaja untuk membeli produk yang dipromosikan oleh produsen.
  • Keempat, banyak acara televisi yang isinya kurang sesuai dengan norma masyarakat Indonesia, termasuk juga dengan berita-berita yang kerap menayangkan kekerasa tanpa disensor terlebih dahulu. Acara demikian jika ditonton oleh remaja yang notabene suka meniru, tentu bisa ditiru oleh mereka.
Simpulan
Dari beberapa pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa televisi mempunyai dampak positif atau negatif, hal itu bergantung pada penonton televisi.

Contoh Teks Diskusi Kebiasaan Minum Teh Baik Atau Buruk

Isu
Tidak jauh berbeda dengan kopi, seringkali minum teh telah dilakukan dari dulu. Bahkan menjadi bagian dari tradisi. Seringkali teh disajikan pada saat kunjungan tamu, pertemuan, atau bagian dari sarapan pagi dan bersantai pada malam hari.
Teh dikenalkan sejak 5000 tahun lalu bahwa minuman ini memiliki khasiat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Tanaman teh merupakan asli dari Asia Tenggara dan rasanya yang khas membuat minuman ini sangat disenangi oleh semua golongan masyarakat. Walaupun banyak manfaat dari minum teh, tetapi kebiasaan mengonsumsi teh secara berlebih dapat memunculkan kerugian.
Argumen Mendukung
Ada sebagian kandungan aktif dalam teh sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan, seperti polyphenols (10-250%) yang fungsinya sebagai antioksidan yang bisa mencegah sel kanker untuk berkembang, vitamin C (150-250 mg%) dan vitamin E (25-70 mg%) yang bisa membantu untuk memperkuat daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan jantung, ß-carotene (13-20%), caffein (45-50 mg%), dan fluor (0,1-4,2 mg/L) yang fungsinya membantu dalam pencegahan tumbuhny karies di gigi dan juga membuat gigi lebih kuat.
Argumen Menolak
Selain banyak manfaat dari minum teh, kebiasaan minum teh yang tidak wajar memiliki pengaruh yang buruk untuk kesehatan. Karena caffein yang ada dalam teh dapat menjadi penyebab terhambatnya proses penyerapan makanan.
Dan juga caffein mempunyai sifat membuat tubuh ketergantungan sehingag akan merasa tidak fit apabila tidak mengonsumnya. Sehingga pada ibu menyusui, caffein mempengaruhi kelenjar ASI sehingga memperlambat kelancaran dan tersedianya ASI.
Zat caffein yang pada bayi ini bisa mengakibatkan usus bayi menjadi kejang. Kandungan mineral dalam teh juga memiliki kecenderungan membantuk terjadinya batu ginjal.
Simpulan
Apabila ingin mengonsumsi teh yang sehat, sangat disarankan untuk mengonsumsinya sebanyak 5 cangkir dengan ukuran 200 ml setiap harinya. Karena jumlah itu masih dalam batas normal kadar kaffein yang dapat dikonsumsi yakni dengan setara 750 mg/hari.
Upayakan juga menyeduh teh dengan air yang tidak terlalu banyak dan tidak di menambahkan gula, tujuannya adalah mencegah rusaknya zat yang terkandung dan hilangnya manfaat pada teh.
Untuk kebiasaan sehari-hari, sebaiknya menghindari minum pada saat perut kosong karena dapat meningkatkan produksi asam lambung sehingga bisa mempengaruhi pencernaan.

Contoh Teks Diskusi Pendidikan Tema Full Day School

Isu


Full day school merupakan suatu program yang meminta siswa-siswi mengikuti proses belajar
mengajar yang diselenggarakan secara penuh mulai pukul 07.00 - 16.00. Sistem ini mengharuskan siswa berada di sekolah selama sehari penuh maka banyak timbul pro dan kontra dengan diberlakukannya program ini.

Argumen mendukung


Pihak yang mendukung diberlakukannya program ini menganggap full day school sebagai solusi tebaik untuk mengantisipasi dampak buruk era globalisasi.

Full day school dianggap dapat memberikan pelajaran, pembiasaan yang baik, pendidikan dan pelatihan yang cukup agar siswa dapat mencapai dan memenuhi program jaminan mutu sekolah. Program ini pun membantu guru-guru untuk lolos sertifikasi guru dengan mengajar 24 jam per minggu.

Argumen menentang


Sedangkan pihak yang tidak setuju atau kontra berpendapat bahwa tingkat konsentrasi anak berbeda-beda. Siswa juga butuh istirahat yang cukup agar konsentrasinya tetap terjaga secara maksimal untuk mampu mencerna pelajaran yang diberikan.

Selain itu, full day school memangkas waktu yang panjang dan hal ini akan menyulitkan siswa untuk melakukan kegiatan diluar sesuai minat masing-masing.

Kesimpulan


Full day school ingin berjalan lancar tergantung pada sarana dan prasarana yang disediakan sekolah. Jika prasarana memadai dan kegiatan sekolah dibuat menarik, maka full day school akan berjalan menyenangkan.

Sebaliknya, jika prasarana sekolah buruk atau kurang memadai maka kegiatan full day school akan membosankan. Hal seperti inilah yang membuat siswa bosan dan pelajaran menjadi tidak efektif.


Jadi ada baiknya, mari kita jadikan kegiatan ini dapat diseimbangkan dengan sarana dan prasarana yang memadai dan kegiatan yang menyenangkan dan juga menarik.

Contoh Teks Diskusi Tema Pro Kontra Ganja sebagai Obat

Isu


Tahun lalu, kita dikejutkan oleh berita ditangkapnya Fidelis Ari Sudarwoto oleh petugas BNN Kabupaten Sanggau karena didapati sengaja menanam pohon ganja sebanyak 39 batang pohon.

Fidelis beralasan ia sengaja menanam ganja untuk mengobati istrinya yang mengidap penyakit syringomyelia yakni kista berisi cairan yang tumbuh di dalam sumsum tulang belakang.


Sebelumnya berbagai upaya pengobatan telah ia lakukan ternyata tidak ada yang membuahkan hasil selain dengan ekstrak ganja. Informasi ini ia dapatkan dari luar yang menyatakan bahwa ekstrak ganja dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit syringomyelia yang diderita istrinya.

Namun istrinya meninggal dunia setelah Fidelis ditangkap oleh BNN. Banyak pro dan kontra yang bermunculan terkait digunakannya ganja sebagai pengobatan.

Argumen mendukung


Dari berbagai literatul disebutkan bahwa ganja digunakan sebagai pengobatan sejatinya telah dilakukan oleh manusia paling tidak selama 3000 tahun. Berbagai hasil studi menunjukkan bahwa ganja dapat digunakan untuk berbagai pengobatan diantaranya menghilangkan rasa sakit, membantu orang kecanduan alkohol, menghilangkan stress, dan lainnya.

Argumen menentang


Sementara itu, mereka yang tidak setuju ganja digunakan sebagai pengobatan berpendapat bahwa ganja sangat berbahaya. Hal ini didasarkan atas beberapa hasil studi yang menunjukkan bahwa ganja dapat menimbulkan masalah kesehatan mental, menyebabkan kanker testis, dan pernapasan terganggu.

Kesimpulan

Dari berbagai hasil studi yang telah dilakukan oleh para pakar menunjukkan bahwa ganja dapat memberikan manfaat dan keburukan sekaligus bagi kesehatan.

Meskipun ganja dapat memberikan manfaat bagi kesehatan manusia namun hal ini tidak memungkinkan untuk melegalkan penggunaan ganja sebagai obat di Indonesia menurut Undang-Undang.

Untuk itu, diperlukan penelitan lebih lanjut untuk mengetahui dampak digunakannya ganja sebagai obat agar kejadian yang dialami Fidelis tidak terulang lagi.

Contoh Teks Diskusi Tema Pro Kontra Dampak Kopi terhadap Kesehatan

Isu


Dampak meminum kopi terhadap kesehatan acapkali menjadi perdebatan. Beberapa studi menyatakan bahwa meminum kopi secara rutin dapat memberikan dampak positif, namun studi-studi lainnya berkata sebaliknya.

Bahkan di Amerika Serikat diwajibkan bagi perusahan-perusahaan kopi untuk menyertakan label peringaan di kemasan kopi mereka, akan suatu bahan kimia pemicu kanker yang terkandung di dalam minuman tersebut.

Argumen mendukung


Bahan kimia yang disebut dapat memicu kanker tersebut adalah acrylamide, suatu bahan yang juga dapat ditemukan di beberapa makanan dan asap rokok. Walau acrylamide dalam jumlah besar telah dikaitkan dengan penyakit kanker pada penelitan-penelitian yang telah dilakukan pada tikus, keterkaitan ini tidak ditemukan pada manusia, menurut American Cancer Society.

Argumen menentang


Di sisi lain, sejumlah studi menemukan dampak positif meminum kopi terhadap kesehatan. Studi yang dipublikasi oleh The British Medical Journal menyebut bahwa meminum kopi dapat menurunkan resiko kanker kulit, prostat, hati dan uterus.

Kesimpulan


Menurut Profesor Riset dan Kebijakan Kesehatan Stanford University John loannidis, lebih baik bersikap skeptis terhadap hasil studi-studi ini, baik studi yang menyebut dampak negatif maupun dampak positif meminum kopi.

Untuk benar-benar mengetahui apakah kopi berdampak positif atau negatif bagi kesehatan, peneliti harus melakukan eksperimen yang sangat terkontrol dalam jangka waktu bertahun-tahun.

Contoh Teks Diskusi tentang Lingkungan


Isu Indonesia merupakan negara dengan prouksi sampah plastik terbesar kedua di dunia. Bahkan per tahunnya, jumlah sampah plastik yang dihasilkan mencapai 7,2 juta ton. Besarnya jumlah sampah plastik yang dihasilkan terbukti sangat mencemari lingkungan karena sampah plastik tidak dapat diurai secara alamiah. Untuk mengurangi jumlah penggunaan plastik dan demi menjaga lingkungan, pemerintah berencana mengenakan cukai pada plastik. Tepatkah rencana kebijakan tersebut?
Argumen Mendukung (Pro) Sebagian masyarakat menyatakan setuju pemberlakukan cukai plastik mengingat dampak negatif yang ditimbulkan sampah plastik bagi pengguna maupun lingkungan yang sangat besar. Meskipun begitu, rencana kebijakan pengenaan cukai plastik harus diikuti pula dengan kebijakan lain misalnya seperti membayar plastik yang digunakan di ritel-ritel, menyosialisasikan kepada konsumen agar mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari dan lain sebagainya.
Argumen Menolak (Kontra) Rencana pengenaan cukai plastik ini mendapat tentangan dari berbagai pihak. Selain dipandang tidak cukup efektif untuk mengatasi masalah sampah plastik. Mereka berpendapat bahwa cara yang paling efektif untuk mengurangi jumlah sampah plastik adalah dengan cara memperbaiki serta mendukung sistem pengelolaan dan pengolahan sampah dibandingkan mengenakan cukai pada plastik. Ketidaksepakatan terhadap rencana pengenaan cukai plastik juga disuarakan kalangan industri atau pelaku usaha. Bagi kalangan industri rencana kebijakan ini ditengarai dapat mematikan industri plastik yang selama ini telah berjalan. Alasan lainnya adalah adanya nilai ekonomis yang dimiliki sampah plastik. Selama ini, sampah plastik menjadi sumber ekonomi bagi sebagian masyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang bersedia memilah, menampung serta mengolah sampah plastik menjadi sesuatu yang bermanfaat seperti dijual ke pabrik untuk dijadikan bahan bakar atau didaur ulang menjadi produk-produk baru yang bernilai tinggi.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Teks Diskusi : Pengertian, Tujuan, Kaidah, Struktur dan Contoh, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Penelusuran yang terkait dengan Contoh Teks Diskusi dan Strukturnya
  • contoh teks diskusi tentang sampah beserta strukturnya
  • contoh teks diskusi tentang banjir
  • contoh teks diskusi tentang olahraga
  • contoh teks diskusi tentang pergaulan bebas
  • buatlah satu contoh teks diskusi beserta strukturnya
  • contoh teks diskusi tentang sampah di sekolah
  • contoh teks diskusi tentang internet
  • contoh teks diskusi tentang kedisiplinan