Pengertian CSR (Corporate Social Responsibility) Adalah : Model, Bentuk - Bentuk, Manfaat dan Contoh CSR (Corporate Social Responsibility)


Pengertian  CSR (Corporate Social Responsibility)

CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap social maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada, seperti melakukan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan menjaga lingkungan, memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut, dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk membangun desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada

 

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah fenomena dan strategi yang digunakan perusahaan untuk mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stakeholder-nya. CSR dimulai sejak era dimana kesadaran akan sustainability perusahaan jangka panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability perusahaan.

Kegiatan CSR akan menjamin keberlanjutan bisnis yang dilakukan. Hal ini disebabkan karena : 
  1. Menurunnya gangguan social yang sering terjadi akibat pencemaran lingkungan, bahkan dapat menumbuh kembangkan dukungan atau pembelaan masyarakat setempat. 
  2. Terjaminnya pasokan bahan baku secara berkelanjutan untuk jangka panjang. 
  3. Tambahan keuntungan dari unit bisnis baru, yang semula merupakan kegiatan CSR yang dirancang oleh korporat.
Adapun 5 pilar yang mencakup kegiatan CSR yaitu:
  1. Pengembangan kapasitas SDM di lingkungan internal perusahaan maupun lingkungan masyarakat sekitarnya. 
  2. Penguatan ekonomi masyarakat sekitar kawasan wilayah kerja perusahaan. 
  3. Pemeliharaan hubungan relasional antara korporasi dan lingkungan sosialnya yang tidak dikelola dengan baik sering mengundang kerentanan konflik. 
  4. Perbaikan tata kelola perusahaan yang baik 
  5. Pelestarian lingkungan, baik lingkungan fisik, social serta budaya.


 Baca Juga: Pasar Modern Adalah Pengertian, Ciri-Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya Lengkap

 

Model CSR (Corporate Sosial Responbility)

Ada 4 model CSR yang umum diterapkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia, yaitu :

Keterlibatan Langsung

Perusahaan menjalankan program CSR secara langsung dengan menyelenggarakan sendiri kegiatan sosial atau menyerahkan sumbangan langsung ke masyarakat.dalam menjalankan usaha ini biasanya perusahaan menugaskan salah satu penjabat seperti  penjabat public relation atau affair manager.

Melalui yayasan atau organisasi sosial perusahaan

Model ini adalah adopsi model dari model yang biasa di terapkan perusahaan-perusahaan pada negara maju. Biasanya perusahaan menyediakan dana awal, dan dana abadi yang dapat digunakan secara teratur bagi kegiatan yayasan. Beberapa yayasan yang didirikan oleh perusahaan-perusahaan besar, yaitu:

  • Yayasan Coca cola Company
  • Yayasan Sahabat Aqua
  • Yayasan Dharma Bakti Astra, dll

Bermitra dengan pihak lain

Model ini adalah melaui kerjasama dengan lembaga sosial/ organisasi non-pemerintah(NGO/LSM), instansi pemerintah atau universitas dan media massa, baik dalam mengelola dana maupun dalam melaksanakan kegiatannya. Beberapa lembaga sosial yang bekerjasama denga perusahaan dalam menjalakan CSR ,yaitu:

  • Palang Merah Indonesia (PMI)
  • Dompet Dhuafa
  • Kita peduli Indosiar, dll.

Mendukung atau bergabung dalam suatu konsorsium

Dibandingkan dengan model lainnya pola ini lebih berorientasi pada pemberian hibah perusahaan yang bersifat “hibah pembangunan”. Pihak konsorsium biasanya dipercayai oleh perusahaan yang didukungnya mencari mitra kerjasama dari kalangan lembaga operasional dan dikembangkan denganprogram yang disepakati bersama.

 

Bentuk - Bentuk CSR (Corporate Sosial Responbility)

  • Cause promotion

Nah salah satu bentuk csr yang satu ini sangat berguna sekali bagi siapa saja. Perusahaan yang menerapkan bentuk csr yang satu ini adalah dengan program dalam bentuk ketersediaan dana untuk kontribusi atau dengan sumber daya yang lainnya yang sangat berguna sekali dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dengan adanya masalah sosial. Dalam program ini, Csr sangat mendorong antusias masyarakat untuk mendonasikan dana, waktu, uang, dan sumber daya lainnya yang lebih bermanfaat. Hal ini juga merupakan bentuk-bentuk csr suatu perusahaan yang memberikan manfaat cukup banyak sekali.

  • Corporate philanthropy

Perusahaan sangat memberikan dukungan kepada masyarakat tanpa Cuma-Cuma saja, dimana salah satu tujuan utama yang di lakukan untuk meningkatkan kesejahteraan kepada masyarakat. Nah untuk bentuk-bentuk csr yang dapat dilakukan perusahaan ialah dengan memberikan sumbangan dalam bentuk tunai, memberikan tawaran bantuan, memberikan sebuah beasiswa, memberikan donasi dalam bentuk produk milik perusahaan, memberikan pelayanan dan masih banyak lagi untuk memberikan fasilitas terbaik yang bisa di rasakan oleh masyarakat.

  • Community volunteering

Nah untuk menciptakan hubungan yang lebih baik diantara perusahaan dan juga komunitas maka bentuk csr yang baik untuk di lakukan adalah pilihan yang satu ini. Dimana hal ini memberikan dengan dorongan kepada karyawan, pedagang eceran untuk membantu menyisihkan waktu secara sukarela, dengan tujuan utama untuk memberikan ketentuan program yang di laksanakan. Nah untuk hal ini

  • Corporate social marketing

Sebuah perusahaan tentu sangat ingin memberikan dukungan kepada masyarakat untuk hidup lebih sehat, mendapatkan keselamatan publik, menjaga kelestarian alam bahkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Seperti dengan memperkuat positioning brand dari sebuah perusahaan. Dan bahkan bisa melibatkan karyawan untuk ikut serta terlibat dalam kegiatan kepedulian masyarakat. Yang dimana hal ini untuk meningkatkan dan mendorong kegiatan penjualan, mendorong antusiasme partner perusahaan untuk mendukung program bentuk csr yang baik.

  • Corporate related market

Nah inilah yang juga sering di lakukan dalam bentuk-bentuk csr suatu perusahaan. Dimana perusahaan yang sudah baik akan memberikan persentase tertentu dari jumlah penghasilan dalam bentuk suatu kegiatan yang dimana dalam bentuk penjualan produk. Dimana perusahaan akan menilai terhadap situasi yang ada, dan menetapkan tujuan yang akan di jalankan, memastikan target pasaran, audiensi dan yang terakhir akan melakukan perhitungan baik dengan rencana pemasaran, rencana anggaran, serta rencana implementasi / evaluasi.

  • Socially responsible business practice

Nah ini menjadi dukungan terbaik kepada pihak perusahan yang dimana perusahaan melakukan investasi demi memberikan dukungan pemecahan di masalah sosial demi meningkatkan kesejahteraan komunitas dan juga memberikan perlindungan di lingkungan. Dalam hal ini perusahaan akan melakukan beberapa hal, seperti memberikan fasilitas dimana di sesuaikan dengan standar keamanan yang ada, mengembangkan kegiatan untuk mengurangi limbah bahkan mengelola limbah, melakukan pemberhentian akan produk-produk yang berbahaya, menggunakan material pemasok yang dimana menggunakan material yang lebih ramah dengan lingkungan dan juga memberikan kesejahteraan bagi karyawan.

 

 Manfaat CSR (Corporate Social Responsibility)

 Berikut ini adalah manfaat CSR bagi masyarakat:

  • Meningkatknya kesejahteraan masyarakat sekitar dan kelestarian lingkungan
  • Adanya beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut. 
  • Meningkatnya pemeliharaan fasilitas umum. 
  • Adanya pembangunan desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.


Berikut ini adalah manfaat CSR bagi perusahaan:

  • Meningkatkan citra perusahaan.
  • Mengembangkan kerja sama dengan perusahaan lain.
  • Memperkuat brand merk perusahaan dimata masyarakat.
  • Membedakan perusahan tersebut dengan para pesaingnya.
  • Memberikan inovasi bagi perusahaan

 

Contoh CSR (Corporate Social Responsibility)

CSR (Corporate Social Responsibility) merupakan program yang sangat berguna bagi masyarakat maupun bagi perusahaan itu sendiri. Dimana bagi masyarakat pogram CSR ini akan membantu kesulitan-kesulitan yang mereka alami. Sedangkan bagi perusahaan, program CSR akan memberikan image perusahaan yang baik dimata konsumen dan masyarakat. Saat ini banyak perusahaan-perusahaan yang memberikan perhatiannya terhadap lingkungan dan melakukan program CSR, seperti perusahaan-perusahaan dibawah ini:

  • Danone (Air Mineral Aqua)

Danone melakukan program CSR disebut WASH (Water Access, Sanitation, Hygiene Program) yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan lingkungan masyarakat pra-sejahtera dan berkontribusi secara aktif serta berkelanjutan untuk memberikan solusi atas permasalahan yang berhubungan dengan penyediaan air bersih di Indonesia. Program ini kita kenal dengan “1 Liter Aqua untuk 10 Liter Air Bersih”.

  • PT Sinde Budi Sentosa (Larutan Cap Badak)

PT Sinde Budi Sentosa melakukan program CSR dengan cara melestarikan habitat Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon. Program ini atas kerjasama antara Sinde dan WWF Indonesia, dimana Sinde mendonasikan dana dari hasil penjualan produknya untuk program pelestarian Badak Jawa.

  • Pertamina

Pertamina berkomitmen dalam program CSR-nya dengan membantu pemerintah Indonesia dalam memperbaiki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Indonesia melalui pelaksanaan program-program yang membantu tercapainya target pembangunan, dan membangun hubungan harmonis serta kondusif dengan semua pihak stakeholder (pemangku kepentingan) untuk mendukung tercapainya tujuan perusahaan terutama dalam membangun reputasi perusahaan.

 

 

 Baca Juga: Hujan Salju Adalah Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis, Akibat & Proses Terjadinya Terlengkap

 

Demikian Penjelasan Tentang  Pengertian  CSR (Corporate Social Responsibility) Adalah : Model, Bentuk - Bentuk, Manfaat dan Contoh CSR (Corporate Social Responsibility). Jangan Lupa selalu kunjungi referensisiswa.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Corporate Social Responsibility

  • contoh corporate social responsibility
  • pengertian csr menurut para ahli
  • bentuk csr
  • contoh penerapan corporate social responsibility
  • apa itu csr dan fungsinya
  • tujuan csr
  • pengertian tanggung jawab sosial dan contohnya
  • jelaskan tujuan utama corporate social responsibility (csr)