Pengertian Brosur Adalah : Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri, Fungsi, Tujuan, dan Cara Pembuatan Brosur


Pengertian  Brosur

Brosur adalah buku yang diterbitkan secara tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit. Halamannya sering dijadikan satu (antara lain dengan stapler, benang, atau kawat), biasanya memiliki sampul, tetapi tidak menggunakan jilid keras. Menurut definisi UNESCO, brosur adalah terbitan tidak berkala yang tidak dijilid keras, lengkap (dalam satu kali terbitan), memiliki paling sedikit 5 halaman tetapi tidak lebih dari 48 halaman, di luar perhitungan sampul

 Adapula pengertian yang lain mengenai brosur yakni ialah sebuah alat publikasi yang resmi dari sebuah perusahaan yang mempunyai bentuk cetakan, yang memiliki berbagai informasi tentang sebuah produk , layanan, program dan yang lainnya, dan ditujukan pada pasar sasaran dan juga sasaran tertentu yang lainnya.

 

Baca Juga: Pengertian Lambung - Fungsi, Anatomi Lambung, Bagian Dinding Lambung, Unsur – Unsur , dan Sistem Kerja Lambung Pada Manusia

 

Definisi tentang Brosur yang di keluarkan oleh Prof. Drs.Onong.U.Effendy dalam Kamus Komunikasinya (1989 : 130),yakni :
”Brosur merupakan buku kecil yang tipis yang berisikan keterangan mengenai suatu hal atau kegiatan.”
Sebagai salah satu media informasi eksternal dalam menyampaikan sebuah pesan atau informasi, brosur ini tentunya mempunyai beberapa kelebihan dalam menjangkau banyak indera manusia pada umumnya, dan dalam hal ini para pelanggan pada khususnya. Karena dengan beberapa karateristik di dalamnya, media eksternal dapat cepat menangkap lebih banyak stimuli yang ditujukan oleh si komunikannya, karena pada dasarnya semakin media merangsang banyak indera manusia, maka semakin efektif media tersebut.
Menurut definisi yang dikemukan oleh Cutlip, Center, and Broom dalam bukunya Effective Public Relations (1994 : 263-273), memgemukakan bahwa : Brosur adalah publikasi singkat yang terdiri beberapa halaman yang berisi keterangan singkat yang berisi tentang organisasi atau perusahaan untuk diketahui umum.
Brosur itu sendiri dapat juga disebut dengan Booklets, yaitu media untuk mempromosikan atau menginformasikan tentang organisasi atau perusahaan yang disajikan dalam bentuk buku kecil yang biasanya tidak dijilid, biasanya pemakaian warna-warna yang menarik dan menjadikan salah satu daya tarik dari brosur tersebut.


Dalam hal ini Humas dari Carrefour menerbitkan salah satu jenis dari media komunikasi eksternal, yaitu brosur. Brosur ini diterbitkan oleh bagian Humas Carrefour dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dalam setiap kegiatannya. Brosur ini diterbitkan oleh Humas Carrefour secara dwi mingguan per edisinya sehingga sifatnya berkala atau periodik yang teratur dalam jangka waktu tertentu.
Oleh karena itu setiap bentuk informasi yang terdapat didalamnya, diharapkan dapat memicu perusahaan Carrefour dalam meningkatkan pemberian pelayanan kepada setiap pelanggannya.
Apabila dikaitkan dengan masalah pokok dalam penelitian ini, maka keberadaan brosur disini memiliki peranan penting dalam menyampaikan setiap informasi kepada publiknya yang dalam hal ini adalah para pelanggan Carrefour.
Selain itu brosur itu sendiri memilik daya tarik tersendiri dalam menjangkau publiknya, sehingga pelanggan yang dalam hal ini merupakan publik eksternal dari Carrefour dapat memanfaatkan brosur sebagai media informasi untuk mengetahui segala jenis produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Dengan kata lain brosur mempunyai pengaruh yang besar terhadap keberadaan dan kesuksesaan sebuah perusahaan pada khususnya Carrefour.
 

 

Ciri-Ciri Brosur

Dari kedua penjelasan yang telah diberikan masih ada yang belum dijelaskan yaitu tentang ciri-ciri dari brosur. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya agar pembahasan artikel kali ini menjadi lebih jelas bagi para pembaca. Untuk itu mari kita lanjutkan menyimak penjelasan yang akan diberikan dibawah ini.

  • Pernyataan dari pesan yang selalu tunggal.
  • Yang bertujuan untuk dapat menginformasikan, mengedukasi, dan juga membujuk ataupun mempengaruhi pelanggan agar dapat membeli dari pesan yang telah disampaikan.
  • Brosur diterbitkan sekali, meski begitu dapat untuk dicetak ulang berkali-kali baik diperbarui ataupun tidak.
  • Brosur sendiri harus dapat menarik perhatian dari pelanggan ataupun publik.
  • Memiliki sistem distribusi sendiri dan bukan merupakan dari bagian media yang lainnya.
  • Copyan yang harus jelas dan juga desain harus menarik.

 

Fungsi Brosur

Fungsi utama dari sebuah brosur merupakan memberikan informasi kepada masyarakat umum mengenai suatu produk yang akan ditawarkan dengan secara detail. Untuk dapat menarik perhatian masyarakat, umumnya brosur ini dibuat dengan desain yang menarik serta juga isinya jelas.

Lebih jelasnya, fungsi dari brosur diantaranya sebagai berikut:

  1. Untuk menginformasikan kepada para konsumen potensial yang berhubungan dengan perusahaan atau juga produk atau layanan yang akan ditawarkan.
  2. Sebagai alat iklan atauppun juga alat promosi, yang menarik serta juga memungkinkan untuk mempromosikan satu atau lebih produk atau juga jasa.
  3. Untuk mempertahankan kriteria maupun konsep yang sama dengaan melalui semua brosur perusahaan atau produk aatau layanan yang dimiliki.

 

Tujuan Brosur

Sementara itu, tujuan brosur bahasa Inggris adalah:

  • Sebagai Media Informasi
  • Sebagai Media Promosi
  • Dapat meningkatkan daya tarik suatu produk yang dipasarkan
  • Sebagai suatu identitas untuk suatu produk

 

Cara Pembuatan Brosur

Media untuk untuk pembuatan brosur itu sendiri sangat banyak software yang dapat digunakan untuk mendesign brosur contohnya dengan menggunakan Corell Draw, Adobe Ilustrator, Adobe Photosop, Bahkan microsoft word menyediakan template secara gratis.

Menggunakan Desain atau Templat Brosur

  1. Buka Aplikasi Ms Word.
  2. Silakan Cari brochure pada kolom pencarian yang ada di atas jendela program, kemudian tekan tombol Enter.
  3. Untuk memilih template  klik pilihan “File” pada bilah menu yang ada di atas layar dan pilih “New from Template…” dari menu drop-down.
  4. Pilih desain brosur. Carilah brosur yang ingin digunakan dan klik desainnya. Setelah itu, halaman preview brosur akan ditampilkan.
  5. Klik tombol Create. Tombol ini berada di sisi kanan preview brosur. Setelah itu, Word akan memuat desain brosur. Proses ini biasanya hanya memakan waktu selama beberapa detik.
  6. Masukkan informasi yang ingin dibuat pada brosur. silakan gunakan fitur-fitur yang tersedia sesuai dengan kebutuhan design yang Anda pilih.
  7. Simpan brosur yang sudah dibuat. Untuk menyimpannya: Windows – Klik “File”, klik “Save As”
  8. Done Selamat Brosur Anda Sudah Jadi.

 

 

Soal Latihan Tentang Brosur

Sebagai evaluasi Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

  1. Jelaskan pengertian brosur!
  2. Jelaskan fungsi brosur!
  3. Sebutkan ciri-ciri brosur!
  4. Tulislah macam-macam brosur!
  5. Jelaskan manfaat brosur bagi seorang wirausaha!

Jawaban Soal Latihan Tentang Brosur

1. Jelaskan pengertian brosur!

Brosur adalah salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan suatu promosi.

2. Jelaskan fungsi brosur!

Brosur berfungsi memberikan suatu informasi tentang produk yang ditawarkan kepada calon konsumen.

3. Sebutkan ciri-ciri brosur!

Ciri-ciri brosur yang baik:

  1. Berukuran kertas A5 (14,8 cm x 21,0 cm)
  2. Ditempel di dinding atau dibagikan di tempat umum.
  3. Berisi informasi atau ajakan berbuat sesuatu
  4. Berisikan tulisan dan dilengkapi dengan gambar.

4. Tulislah macam-macam brosur!

Brosur memiliki tiga macam bentuk yaitu: (1) brosur tanpa lipat, (2) brosur lipat dua, dan (3) brosur lipat tiga.

5. Jelaskan manfaat brosur bagi seorang wirausaha!

Brosur bermanfaat bagi wirausaha apabila mereka ingin mempromosikan dan menawarkan produknya kepada masyarakat.

 

 Baca Juga: Angin Adalah - Karakteristik, Fungsi, Faktor, Jenis - Jenis Angin, dan Proses Terbentuknya Angin

 

Demikian Penjelasan Tentang  Pengertian  Brosur Adalah : Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri, Fungsi, Tujuan, dan Cara Pembuatan Brosur. Jangan Lupa selalu kunjungi referensisiswa.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Brosur

  • pengertian pamflet
  • pengertian brosur dan poster
  • tujuan brosur
  • apa yang dimaksud dengan brosur
  • ciri-ciri brosur
  • pengertian brosur dalam bahasa inggris
  • contoh brosur
  • sejarah brosur