Pengertian Komputer Adalah : Menurut Para Ahli, Komponen, Fungsi, Bagian-bagian dan Cara Kerja Komputer


Pengertian Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut sebagai komputer.

Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.

 

Baca Juga: Pengertian Bumi Adalah - Proses Pembentukan, Struktur Lapisan, Karakteristik, Atmosfer , dan Sistem Rotasi Bumi

 

Definisi Pengertian komputer Menurut Para Ahli :

  1. Robert H Blissmer menyatakan bahwa Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampumelakukan beberapa tugas antara lain menerima input,memproses input tadi sesuai denganprogramnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan dan menyediakanoutput dalam bentuk informasi.
  2. Fouri berpendapat bahwa computer adalah suatu alatpemroses data yang mampu melakukanperhitungan dengan jumlah besar dengan cepat,termasuk operasi logika dan aritmatika,tanpamanusia ikut campur.
  3. Jhon J. Longkutoy, berpendapat bahwa computer adalah pemecah persoalan atau pengolahdata yang dapat menghasilkan informasi yang diperlukan.
  4. Donald H.Sanders Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepatdan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima danmenyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatulangkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori.
  5. V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic. S.G. Zaky Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatuprogram yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.
  6. Gordon B. Davis Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentuyang pasti.William M.Fouri Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapatmelakukan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atauoperasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.
  7. Elias M Awad menyatakan bahwa komputer adalah alat hitung yang memproses data yangdisajikan dalam bentuk data diskret (digital) dan data kontinyu (analog).
  8. Larry Long & Nancy Long komputer adalah alat hitung elektronik yang mampumenginterpretasikan dan melaksanakan perintah-perintah terprogram untuk input, output,perhitungan, dan operasi-operasi logik.
  9. June Parsons berpendapat bahwa komputer adalah perangkat serba guna yg menerima input,proses data, penyimpanan data, dan menghasilkan output, semua menurut serangkaianinstruksi di simpan.
  10. Garry b. Shelly & Randolph E. Gunter menyatakan bahwa komputer merupakan perangkatelektronik, beroperasi di bawah kendali instruksi di simpan dalam memori, yang dapatmenerima data, mengelolah data sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

 

Komponen Komputer

Komputer terdiri dari serangkaian komponen yang dikelompokkan menjadi tiga macam unit. Yaitu unit pemasukan (Input), unit pemrosesan (Process), dan unit pengeluaran (Output).

1. Komponen INPUT

Komponen input adalah komponen hardware yang berfungsi sebagai pintu masuk tugas- tugas yang akan diberikan pada komputer. Contohnya adalah:

  • Keyboard. Keyboard merupakan komponen yang berfungsi memberikan masukan berupa data alfanumerik dan interpretasi ASCII lainnya. Pada keyboard terdapat huruf A-Z, angka 0 hingga 9, dan perintah-perintah lainnya.
  • Mouse.  penghubung  antara layar monitor dengan pengguna atau user. Dalam pengoperasiannya, mouse terlihat sebagai pointer di layar monitor.
  • Trackpad. Fungsinya sama dengan mouse, hanya berbeda pada bentuknya saja.
  • Pen. Hanya ada ketika layar yang digunakan merupakan layar sentuh. Fungsinya seperti mouse. Untuk memberi perintah cukup menekankan ujung pen pada layar.
  • Microphone.Komponen yang memberikan masukan dalam bentuk suara
  • Scanner. Untuk memindai gambar yang akan dimasukkan dalam sistem komputer menjadi file digital,


2. Komponen Proses

Komponen proses adalah komponen yang fungsinya memproses perintah yang diberikan oleh user untuk kemudia ditampilkan pada komponen output.

  • Prosesor. Komponen utama untuk pemrosesan data
  • Motherboard. Komponen yang menjadi tempat semua komponen berhubungan. Seperti huubungan antara komponen INPUT, PROSES, dan OUTPUT. 
  • Hard Disk. Untuk menyimpan semua intrpretasi yang diperlukan oleh komputer yang sifatnya permanen. Seperti dan sistem operasi komputer.
  • Memori (RAM). untuk menyimpan segala aktivitas komputer untuk sementara.

3. Komponen Output

Adalah komponen yang berfungsi sebagai alat untuk menampilkan informasi dari perintah yang telah di proses sebelumnya. 

  • Monitor.Komponen yang menampilkan proses yang sedang dikerjakan oleh komputer.
  • Printer. Untuk mencetak data kedalam bentuk hard copy.
  • Speaker. Untuk memberikan output berupa audio kepada pengguna.

 

Fungsi Komputer Secara Umum

  • Data Input

Fungsi Komputer Secara Umum yang pertama adalah sebagai perangkat untuk data input. Fungsi ini adalah memungkinkan komputer menerima berbagai data atau juga informasi yang berasal dari luar lalu dimasukkan pada komputer menggunakan berbagai perangkat keras komputer sebagai sarana pendukung seperti keyboard, mouse, dan beberapa komponen lainnya.

  • Data processing

Dari data yang sudah dimasukkan tersebut, proses selanjutnya adalah dilakukan processing. Pada tahap processing inilah fungsi utama dengan adanya perangkat komputer. Data yang bisa diproses pun bisa bermacam-macam sehingga nanti hasilnya bisa didapatkan sesuai dengan keinginan. Contohnya saja seperti teks, gambar, suara, video, dan lain-lain. Pengolahan data ini diproses melalui processor yang terdapat pada CPU. Fungsi dari processor itulah yang membuat komputer dapat menjalankan berbagai macam pengolahan data.

  • Data storage

Fungsi Komputer Secara Umum lainnya adalah sebagai data storage atau penyimpanan semua data yang telah dibuat sebelumnya. Misalnya saja, jika Anda membuat sebuah file desain grafis yang sudah dicetak sebelumnya, maka data sebelumnya akan disimpan pada komputer sehingga dapat digunakan kembali jika dibutuhkan.

Perangkat keras komputer yang digunakan untuk menyimpan data-data adalah Harddisk. Harddisk pun dibagi menajdi dua jenis lagi, yakni Drive harddisk atau biasa disingkat HDD dan Drive Solid State Disk atau bisa disebut SSD. Fungsi harddisk tersebut adalah dapat menyimpan berbagai data dan informasi yang telah dimasukan pada komputer. Selain itu, dengan adanya harddisk ini juga dapat menjalankan aplikasi maupun software di dalam komputer.

  • Data output

Fungsi terakhir adalah dapat menghasilkan data yang  masih mentah tadi menjadi data jadi. Seperti yang sudah di sebutkan sebelumnya bahwa data mentah yang belum berbentuk sesuai yang diinginkan dapat diubah menjadi data yang jadi yang diinginkan konsumen ataupun user. Contohnya saja, jika kita ingin menggabungkan dua gambar menjadi satu, maka kita dapat melakukannya dengan menggunakan komputer. Hasilnya, bisa bermacam-macam seperti pada kertas khusus foto, kertas biasa, keramik, pakaian, dan macam-macam.Namun, dengan perkembangan zaman, komputer tidak hanya digunakan untuk melakukan hal-hal standar saja. Beberapa fungsi komputer yang saat ini menjadi hal yang umum adalah sebagai berikut .

  • Fungsi bisnis

Perkembangan sistem informasi akuntansi membuat sejumlah perusahaan mulai menggunakan komputer untuk mengerjakan berbagai perhitungan di dalam bisnis mereka. Contoh perangkat lunak aplikasi khusus dalam bisnis adalah software akuntansi. Dengan berbagai macam software akuntansi saat ini, fungsi aplikasi komputer untuk administrasi keuangan menjadi lebih mudah serta cepat. hal ini tentunya sangat membantu mempercepat kinerja karyawan perusahaan.

  • Fungsi pendidikan

Saat ini, sistem ujian sekolah sudah menggunakan komputer sebagai sarana dalam menyelenggarakan ujian. Nama Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK telah menjadi istilah umum untuk anak-anak sekolah sekarang. Peran teknologi dalam pendidikan semkain dirasakan oleh siswa, guru, dan juga orang tua siswa itu sendiri. Sistem ujian dengan komputer dapat memberikan hasil yang lebih akurat serta cepat saat pengumuman hasil ujian dikeluarkan.

  • Fungsi hiburan dan informasi

Komputer saat ini pun juga dapat digunakan sebagai sarana hiburan informasi. Kini kita dapat menonton film, mendengarkan musik, bermain game, sampai mendapatkan informasi juga dapat dilakukan melalui komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Khususnya untuk jaringan internet, kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang sesuai dengan keinginan kita. Begitu juga dengan film dan musik yang bisa kita akses melalui situs Youtube, dan berbagai situs sosial media lainnya.

 

Bagian-bagian komputer

Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).

Perangkat keras

  • Pemroses atau CPU sebagai unit pengolah data
  • Memori RAM, tempat penyimpanan data sementara
  • Hard drive, media penyimpanan data semi permanen
  • Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet
  • Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor, speaker, headset, plotter, proyektor, dan printer

Perangkat lunak

  • Sistem operasi
    Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
  • Program komputer
    Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya

Slot pada komputer

  • ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
  • AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis
  • IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
  • USB, slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)

 

Cara Kerja Komputer 

  1. Input, yaitu media yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam proses. beberapa hardware yang berfungsi sebagai input antara lain: keyboard, mouse, joystick, tombol start & reset yang ada di front panelcpu, tombol eject pada CD/DVD-Rom, webcam
  2. Proses, yaitu suatu alat yang digunakan untuk memproses data dari Input yang nantinya akan dikeluarkan ke system Output. Proses ini berperan penting dalam system komputer. Media untuk proses yang sudah menjadi system yang utuh Mainboard atau sering disebut Motherboard. Dimana di dalam mainboard ini sudah termasuk di dalamnya prosesor yang berfungsi untuk mengolah data yang terletak di dalam CPU (Central Processing Unit). Ketika menerjemahkan data, prosesor dibantu oleh hardware-hardware lainnya seperti memori RAM (kecepatan membaca data), harddisk (menyimpan data), power supply (memberikan asupan daya listrik kepada hardware-hardware lainnya dalam CPU), VGA (ketika data yang diolah berhubungan dengan grafis), soundcard (berhubungan dengan audio-output), modem (untuk internet), dan lain sebagainya, dimana ketika hardware-hardware tersebut bekerja, semuanya terhubung lewat motherboard.
  3. Output, yaitu media keluaran dimana media ini adalah untuk menampilkan hasil data dari proses tersebut. beberapa hardware yang dikategorikan sabagai output adalah sebagai berikut:  monitor, speaker, headset, printer, scanner, dan lain sebagainya.

 

 

Baca Juga: Pengertian ASI Adalah - Rasa ASI, Warna ASI, Kandungan, Hal-hal Yang Mempengaruhi Produksi ASI dan Manfaat ASI

 

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Komputer Adalah : Menurut Para Ahli, Komponen, Fungsi, Bagian-bagian dan Cara Kerja Komputer . Jangan Lupa selalu kunjungi referensisiswa.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Komputer

  • pengertian komputer secara umum
  • fungsi komputer
  • pengertian komputer secara lengkap
  • pengertian komputer menurut para ahli
  • pengertian komputer brainly
  • komponen komputer
  • sebutkan pengertian komputer
  • pengertian komputer dan perangkatnya