Pengertian Modem Adalah : Fungsi, Cara kerja, Jenis-Jenis, dan Perkembangan Modem

Table of Contents


Pengertian Modem 

Modem adalah perangkat keras yang digunakan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, dan sebaliknya, sehingga memungkinkan komputer atau perangkat digital lainnya untuk terhubung ke jaringan komunikasi data seperti internet melalui jalur telepon atau kabel serat optik. Istilah "modem" sendiri merupakan singkatan dari "modulator-demodulator".

Secara lebih rinci, ketika komputer mengirim data melalui jaringan, modem akan mengubah data digital tersebut menjadi sinyal analog yang dapat ditransmisikan melalui media transmisi seperti kabel telepon atau kabel serat optik. Di sisi penerima, modem pada ujung penerima akan menerima sinyal analog tersebut, dan kemudian mengubahnya kembali menjadi data digital yang dapat dipahami oleh komputer atau perangkat digital lainnya.

Modem umumnya terhubung ke komputer melalui koneksi port seperti USB atau Ethernet, dan terhubung ke jaringan komunikasi data melalui koneksi telepon, kabel, atau serat optik. Jenis-jenis modem meliputi modem dial-up (yang menggunakan jalur telepon tradisional), modem kabel (yang menggunakan koneksi kabel TV), dan modem DSL (yang menggunakan koneksi DSL melalui jalur telepon).

Modem merupakan salah satu komponen penting dalam infrastruktur komunikasi data modern, memungkinkan pengguna untuk mengakses internet dan berkomunikasi secara digital melalui berbagai media transmisi.

 

Baca Juga: Pengertian Gaya Adalah - Ciri , Jenis-Jenis, Rumus gaya dan Contoh Soal Menggunakan Rumus Gaya

 

 Fungsi Modem

Secara umum, fungsi modem adalah sebagai hardware atau perangkat keras yang berguna untuk mengubah komunikasi 2 arah yaitu mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Fungsi modem lainnya yaitu :

  • Alat pengubah sinyal digital menjadi sinyal analog
  • Menghubungkan perangkat dalam jaringan
  • Melakukan kegiatan modulasi dan demodulasi
  • Melakukan pemeriksaan paket data dan komunikasi
  • Melakukan kompres data yang dikirimkan melalui sinyal

 

Cara kerja modem

Mulanya, data dari komputer yang berbentuk digital diubah oleh modem menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan ke media telekomunikasi lain seperti telepon dan radio. Saat data analog tadi sampai ke komputer tujuan. Maka modem yang ada pada komputer tujuan, mengubahnya menjadi sinyal digital kembali supaya bisa diproses.

 

 

Jenis-Jenis Modem

Modem dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan jaringan dan cara pemasangannya. Adapun beberapa jenis modem adalah sebagai berikut:

1. Modem Eksternal

Merupakan alat yang digunakan komputer agar dapat mengakses internet. Data yang berasal dari komputer berbentuk sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog. Apabila modem menerima data berupa sinyal analog akan diubah menjadi sinyal digital untuk diproses lebih lanjut melalui komputer.

2. Modem Internal

Jenis modem yang terpasang secara internal di mana sinyal analog yang tiba akan diubah menjadi sinyal digital dan secara langsung dikirim ke komputer.

3. Modem ISDN

Modem ISDN atau Integrated Service Digital Network merupakan sistem telekomunikasi yang ada dalam layanan berupa suara data maupun gambar yang kemudian diintegrasikan ke dalam suatu jaringan. Jaringan tersebut menyediakan konektivitas Digital dari ujung ke ujung untuk menunjang pelayanan yang lebih luas.

4. Modem GSM

Jenis modem yang menggunakan telepon seluler sebagai media untuk transfer data. Biasanya jenis modem ini didukung dengan penggunaan kartu koneksi dari provider yang memiliki sifat GSM.

5. Modem Analog

Sesuai dengan namanya bahwa modem ini memiliki fungsi sebagai alat yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.

6. Modem ADSL

Modem ADSL atau Asimetric Digital Subscribe Line adalah alat untuk mengakses internet serta menggunakan telepon analog secara bersamaan. Dalam penggunaannya dibantu alat penghubung seperti splitter.

Fungsi dari Splitter tersebut untuk menghilangkan gangguan agar dapat berjalan secara bersamaan yaitu menggunakan internet dan dapat menggunakan telepon biasa.

7. Modem Kabel

Modem kabel merupakan jenis modem yang digunakan untuk menerima data langsung dari penyedia layanan seperti TV kabel.

8. Wireless Modem

Data dipertukarkan melalui media gelombang cahaya tertentu seperti infrared pada remote TV atau melalui gelombang radio dengan frekuensi tertentu.

9. Modem CDMA

Merupakan jenis modem yang menggunakan frekuensi CDMA 1x atau CDMA 800 MHz. Untuk jenis modem CDMA yang terbaru sudah menggunakan frekuensi EVDO Rev-A setara 3G.

 

Perkembangan Modem

Perkembangan teknologi berkaitan dengan perkembangan teknologi chip dan komputer. Modem adalah salah satu bukti perangkat yang mengalami perubahan sebagai akibat perkembangan dari teknologi tersebut. Pada proses pengiriman informasi antara dua lokasi, pengirim dan yang dituju pada dasarnya memerlukan perangkat pengirim (transmitter), perangkat penerima (receiver) dan media transmisi sebagai jalan untuk informasi yang akan dikirim oleh trasmitter untuk kemudian diterima reciever.Perangkat pengirim harus mempunyai kemampuan untuk menerjemahkan informasi dari suatu bentuk "antar muka" baik berupa kata yang ditulis, suara yang diolah maupun objek gambar diam maupun bergerak. Ataupun gabungan dari beberapa gambar diam dan yang bergerak, dan gabungan. 
Dalam istilah komunikasi proses ini diistilahkan dengan proses modulasi. Proses modulasi dalam konteks modem diartikan sebagai proses pengubahan sinyal data digital menjadi sinyal analog untuk dapat dikirimkan melalui media transmisi (jaringan telepon / PSTN)[1]. 
Setelah diterima oleh perangkat penerima sinyal hasil modulasi tersebut dikembalikan lagi ke bentuk informasi yang semula untuk kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa manusia kembali. Proses ini dikenal dengan istilah demodulasi. Proses demodulasi adalah kebalikan dari proses modulasi yaitu mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital untuk dapat diteruskan ke parangkat digital. Maka perangkat modem adalah sepasang perangkat transmisi untuk mengirimkan informasi dengan modulasi dan mendemodulasi kembali informasi tersebut.

 

 

 Baca Juga: Danau Adalah - Menurut Para Ahli, Penyebab, Jenis Jenis, Manfaat dan Contoh Danau Terkenal Yang Ada di Dunia

 

 Demikian Penjelasan Tentang   Pengertian Modem Adalah : Fungsi, Cara kerja, Jenis-Jenis, dan Perkembangan Modem. Jangan Lupa selalu kunjungi referensisiswa.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Modem

  • pengertian modem dan fungsinya
  • pengertian modem dan fungsinya beserta gambarnya
  • fungsi modem
  • cara kerja modem
  • jenis modem
  • gambar modem
  • pengertian modem internal
  • modem singkatan dari

Post a Comment