Danau Adalah - Menurut Para Ahli, Penyebab, Jenis Jenis, Manfaat dan Contoh Danau Terkenal Yang Ada di Dunia

Apa Itu Danau ?

Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi udara, baik udara asin atau udara tawar, yang seluruh cekungan tersebut oleh daratan.
Ada sejumlah danau di negara-negara di dunia. Danau terbesar di dunia adalah Laut Kaspia, yang berukuran sekitar enam kali ukuran danau besar. Ada juga sejumlah danau di Indonesia, terdiri dari sekitar 840 danau besar dan 735 danau kecil. Danau terbesar di Indonesia adalah Danau Toba di provinsi Sumatera Utara.


Pengertian Danau Menurut Para Ahli

Adapun definisi danau menurut para ahli, antara lain:
  1. Encyclopedia Britaanica, Danau adalah suatu badan air yang relatif besar yang bergerak perlahan atau genangan air yang menempati lembah pedalaman dengan ukuran yang cukup besar.
  2. USGS, Danau sebenarnya hanyalah komponen lain dari air permukaan bumi. Danau adalah tempat limpasan air permukaan dan rembesan air tanah menumpuk di titik rendah, relatif terhadap pedesaan di sekitarnya.


Penyebab Terbentuknya Danau

Danau merupakan sebuah tempat di kerak Bumi sehingga merupakan salah satu bentuk permukaan Bumi. Meski danau adalah berupa perairan, namun karena letaknya ada di daratan maka danau merupakan bagian dari daratan. keberadaan danau bukan tanpa alasan. Memang sebagian danau yang kita jumpai adalah danau yang keberadaannya sudah dari jaman dahulu kala, kita pun tidak tahu pasnya kapan danau tersebut terbentuk. Lebih jauh lagi, bahkan terjadinya danau ini dihubungkan dengan cerita rakyat yang terkadang tidak masuk di akal manusia. Lalu, apakah keberadaan danau ini bisa djelaskan secara ilmiah? Tetu saja bisa. Ada beberapa faktor yang merupakan penyebab dari terbentuknya danau di permukaan Bumi. Faktor- faktor yang menyebabkan terbentuknya danau ini bisa berupa faktor alam maupun faktor buatan manusia. Beberapa faktor penyebaba terbentuknya danau diantaranya adalah:
  1. Adanya letusan gunung berapi
Salah satu faktor yang menjadi penyebab terjadinya danau adalah adanya aktivitas vulkanisme, khususnya letusan gunung berapi . Gunung berapi yang meletus terkadang akan menyisakan bekas yang berupa cekungan besar. Nah cekungan besar inilah yang nantinya akan menjadi cikal bakal terbentuknya danau. Cekungan yang terisi air akan menjadi sebuah danau. Danau ini terbentuk secara alami. Danau yang terbentu karena adanya letusan gunung berapi biasanya terdapat di sekitar gunung berapi juga. Mengenai ukuran danau maupun kedalamannya, hal ini tergantung pada besar kecilnya letusan tersebut.
  1. Adanya aktivitas penambangan
Selain karena letusan gunung berapi, ada hal lain yang menyebabkan terjadinya danau, yakni aktivitas penambangan yang dilakukan oleh manusia. Manusia sering melakukan aktivitas penambangan untuk dapat mengambil logam- logam yang ada di dalam bumi .Aktivitas penambangan ini dilakukan dengan menggali tanah. Apabila penambangan ini dilakukan dengan besar- besaran dan dalam waktu yang lama, maka yang terjadi adalah terbentuknya cekungan yang ada di permukaan Bumi. Cekungan yang dibuat di permukaan bumi ini apabila terisi oleh air maka akan menjadi sebuah danau. Air yang mengisi cekungan ini bisa didapat dari air hujan, maupun sumber air yang ada di dalam bumi. Dan apabila aktivitas penambangan yang dilakukan ini berganti- ganti tempat, maka tidak menutup kemungkinan bahwa danau yang akan terbentuk semakin banyak. Hal ini tentu tidak baik, maka dari itulah aktivitas penambangan yang dilakukan harus dilakukan sedemikian rupa sehingga akan meminimalkan dampak yang terjadi.
  1. Adanya kesengajaan dari manusia
Selain aktivitas penambangan, hal yang menyebabkan terbentuknya danau karena kesengajaan manusia adalah danau dibuat oleh manusia itu sendiri. Beberapamanusia sengaja membuat danau untuk tujuan tertentu. Danau tersebut dibuat karena berbagai macam alasan, beberapa alasan mengapa manusia menciptakan danau antara lain untuk tempat rekreasi, untuk tujuan memperbanyak cadangan air, dan lain sebagainya. Karena berbagai tujuan yang ingin diperoleh manusia tesebut, maka manusia sengaja membuat danau. Danau yang sengaja dibuat oleh manusia ini disebut dengan danau buatan.



Jenis Jenis Dari Danau

Berdasarkan proses pembentukan danau yang berbeda, beberapa danau yang berbeda tampaknya terbentuk. Secara kasar, jenis danau dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu danau alami dan danau buatan.
Danau alami adalah danau yang dibentuk tanpa campur tangan manusia atau peristiwa alam. Berikut adalah jenis-jenis danau alami.
  • Danau Tektonik
Danau tektonik adalah danau yang dibentuk oleh proses tektonik, yang mengambil bentuk proses melipat, menghancurkan atau bahkan memindahkan kerak bumi, sehingga sebagian permukaan bumi telah berkurang. Contoh dari danau tektonik adalah Danau Toba di Sumatra.
  • Danau Gunung Berapi
Danau vulkanik adalah danau yang diciptakan oleh letusan gunung berapi. Erupsi ini dapat mengubah bentuk gunung dari bentuk kerucut menjadi cekungan. Contoh danau vulkanik adalah Danau Maninjau di Sumatra, Danau Matana di Sulawesi dan Danau Karimutu di Flores.
  • Danau Karst
Danau Karst adalah danau yang dibentuk dengan melarutkan batu kapur melalui air ke dalam sebuah baskom. Contoh dari danau karst adalah Bendogede Lokva di distrik Ponjong di daerah Gunung Kidul.
  • Erosi Laut
Erosi laut adalah danau yang terbentuk oleh erosi atau pendalaman lempengan oleh gletser (gumpalan es) dengan massa es yang besar. Contoh danau erosi adalah Great Lake di Amerika Utara dan Finger Lake di New York.
  • Danau Horseshoe
Danau Tapal Kuda adalah danau yang dibentuk oleh sungai yang berkelok-kelok yang melintasi daratan dan kemudian memotong pendek sehingga meninggalkan potongan. Sudut kiri dan terpotong akhirnya mengarah ke danau. Contoh dari danau tapal kuda adalah sebuah danau di daerah hilir Sungai Kalimantan Mahakam.
  • Danau Bendungan Alami
Reservoir alami adalah danau yang terbuat dari longsoran tebing yang menutupi sungai. Contoh waduk alami adalah Danau Pengilon di Dieng dan Danau Sarangan di wilayah perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.
  • Danau Vulkanik-Tektonik

Danau vulkanik-tektonik adalah danau yang terbentuk diakibatkan 2 aktifitas yang saling bersamaan. Aktifitas tersebut adalah pergerakan lempeng tektonik dan erupsi gunungapi. Contoh dari danau vulkanik-tektonik adalah Danau Toba.
  • Danau Glasial
Danau glasial adalah jenis danau yang terbentuk karena es. Es tersebut mengalami erosi glasial dan akhirnya membentuk cekungan. Cekungan tersebut lambat laun akan terisi air dan akhirnya membentuk danau glasial. Contoh dari danau glasial adalah Danau Michigan di Amerika Serikat.
  • Danau Sungai Mati
Danau sungai mati adalah jenis danau yang terbentuk karena pemutusan arus sungai sebagai akibat faktor alami dari pembelokan arus aliran sungai. Danau sungai mati terdapat di hilir sungai. Contoh dari danau sungai mati adalah danau yang terdapat di hilir Sungai Kapuas.
  • Danau Cirques
Danau Cirques adalah jenis danau yang terbentuk karena es yang mencair. Danau cirques banyak erdapat di pegunungan es benua Antartika. Perbedaan danau cirques dan danau glasial adalah dari materi pembentuknya yang mana danau glasial berasal dari erosi es sedangkan danau cirques terbentuk karena es yang mencair.
  • Danau Laguna
Danau laguna adalah jenis danau yang terbentuk karena akibat dari peristiwa abrasi. Abrasi adalah pengikisan tanah oleh air laut. Abrasi dapat dicegah dengan cara kegiatan reklamasi. Danau laguna terdapat di sekitar pantai.
  • Danau Industri
Danau industri merupakan danau buatan yang dibentuk untuk tujuan cadangan air bagi suatu pabrik industri. Penggunaan tendon air dalam kegiatan perindustrian dirasa tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan air pabrik industri. Penggunaan PDAM juga dirasa akan membuang-buang cadangan air saja jika dilakukan untuk kegiatan dalam pengertian industri.


Manfaat Danau bagi Kehidupan

Danau memiliki beberapa manfaat bagi kehidupan sehari-hari yaitu:
  1. Sebagai sumber air minum
  2. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)
  3. Sarana irigasi, penanggulangan banjir
  4. Tempat budidaya ikan
  5. Sebagai sarana rekreasi atau tempat wisata.

Danau terkenal

  • Danau terbesar di dunia adalah Laut Kaspia. Dengan luas permukaan 394.299 km², ia memiliki wilayah yang lebih besar dari enam danau terbesar berikut digabungkan menjadi satu.
  • Danau air tawar terbesar, dan kedua terbesar adalah Danau Superior dengan luas permukaan 82.414 km².
  • Danau terdalam adalah Danau Baikal di Siberia, dengan kedalaman 1.741 meter (5.712 kaki).
  • Danau tertinggi yang dapat dinavigasi adalah Danau Titicaca, pada ketinggian 3.821 m di atas permukaan laut. Dia juga merupakan danau terbesar kedua di Amerika Selatan.
  • Danau terendah di dunia adalah Laut Mati, pada 396 m (1.302 kaki) di bawah permukaan laut. Dia juga merupakan danau yang memiliki konsentrasi garam paling tinggi.
  • Pulau terbesar di tengah danau air tawar adalah Pulau Manitoulin di Danau Huron, dengan luas permukaan 2.766 km².
  • Danau terbesar yang terletak di pulau adalah Danau Nettiling di Pulau Baffin.
  • Danau Toba di pulau Sumatra kemungkinan terletak di kawah gunung berapi pasif terbesar di dunia



Penelusuran yang terkait dengan Danau Adalah
  • klasifikasi danau
  • contoh danau
  • jenis-jenis danau
  • danau air tawar adalah
  • pengertian danau menurut para ahli
  • danau dolina
  • contoh danau tektonik
  • danau buatan dibuat dengan cara