Pengertian Email Adalah: Menurut Para Ahli, Jenis-Jenis, Cara Membaca, Keamanan, Manfaat dan Cara Kerja Email


Pengertian Email

Email adalah cara pengiriman surat dalam bentuk digital melalui jaringan internet. Hanya dengan berbekal laptop, komputer, atau telepon pintar, Anda bisa mengirimkan email dengan lampiran data yang juga berbentuk digital tanpa perlu menggerakkan badan sama sekali.Metode yang sangat mudah ini tentu jauh berbeda jika dibandingkan dengan cara konvensional. Anda, yang termasuk dalam generasi tua, pastilah pernah merasakan repotnya ketika ingin mengirimkan surat pada zaman dahulu.Selain harus memiliki amplop beserta perangkonya, Anda juga harus pergi ke kotak atau kantor pos terdekat. Belum lagi jika alamat yang dituju mengalami kendala, seperti pemiliknya pindah atau salah tulis alamat, maka suratnya akan kembali kepada pengirim.Penantian masa tunggu surat konvensional memang sangat menyiksa sekaligus membuang waktu. Karena hal itulah, penggunaan email semakin populer baik di dalam dunia kerja maupun dalam kegiatan sehari-hari.

Beberapa layanan yang memberikan layanan email diantaranya seperti:

  • Yahoo mail
  • AOL
  • Yandex
  • zoho
  • ICloud
  • Microsoft Outlook
  • Gmail

 

 

 Baca Juga: Pengertian Planet Mars - Ciri - Ciri, Proses Pergerakan Dan Kondisi Ekstrim Di Planet Mars

 

Pengertian E-mail Menurut Para Ahli

  1. Ali Zaki dan Smitdev Community - E-mail merupakan surat elektronik yang memungkinkan semua orang dapat saling berkirim pesan dengan jaringan internet.
  2. Happy Chandraleka - E-mail yakni surat yang disampaikan melalui perangkat elektronik yang dinamakan komputer.
  3. Jasmadi dan E-media Solusindo - E-mail ialah singkatan dari electronic mail. Secara singkat, e-mail merupakan metode berkirim pesan secara elektronik dengan atau melalui internet.
  4. Tyas Vanneza - E-mail ialah layanan yang bisa digunakan untuk mengirim pesan instan yang dilakukan secara elektronik.
  5. Darma, Jarot S, Shenia A - E-mail ialah singkatan dari electronic mail, mempunyai prinsip kurang lebih sama seperti saat kita berkirim surat, hanya saja dengan internet, bukan melalui pos.
  6. Erima Oneta dan Yosep. S - E-mail merupakan salah satu fasilitas di internet yang sangat populer dan merupakan fasilitas yang paling awal dikembangkan di internet. Dengan menggunakan e-mail, kita dapat menyusun, mengirimkan, membaca, membalas, dan mengelola pesan secara elektronis dengan mudah, cepat, tepat, dan aman.
  7. Indar Kertarajasa Furqon - E-mail ialah singkatan dari electronic mail yang dalam bahasa Indonesia artinya surat elektronik. Sesuai dengan namanya email digunakan untuk melakukan kegiatan surat-menyurat dengan jaringan internet.
  8. Jack Popo - Email ialah salah satu sarana untuk berbagi foto melalui internet. Yang dibutuhkan untuk melakukan hal ini ialah tentu saja koneksi ke internet dan sebuah account email yang masih aktif.

 

Jenis-Jenis Email

Mengacu pada pengertian email di atas, email dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu POP mail, Webmail, dan forward mail. Berikut penjelasan ketiganya:

1. POP Mail

Pengertian POP mail (Post Office Protocol) adalah jenis email yang didapatkan oleh pengguna dari ISP  yang menjadi langganan atau alamat email pekerja yang diberikan perusahaan kepada pegawainya.

2. Webmail

Pengertian webmail adalah email yang berbasis website. Dengan kata lain, pengguna email hanya bisa membuka email miliknya maka ia harus membuka halaman situs penyedia layanan email tersebut.

3. Forward Mail

Pengertian forward mail adalah jenis layanan email yang memforward atau meneruskan email yang diterima pengguna ke alamat email yang lain. Biasanya forward mail hanya digunakan oleh mereka yang sering berganti alamat email.

 

Cara Membaca Email

Terdapat dua cara untuk dapat mengakses email yang dikirim oleh orang lain ke alamat email anda, yaitu :

  1. Dengan cara perantara website seperti mozilla firefox yang disebut sebagai web based seperti halnya yahoo ataupun gmail. Untuk dapat memakainya, maka user harus dalam keadaan daring atau online. Layanan elektronik berbasis web ini disediakan oleh penyelenggara email secara gratis.
  2. Dengan cara pengakses email atau email client baik itu eudora mail, outlook express, mozilla thunderbird, dan lain sebagainya. Untuk dapat memakai program tersebut, user harus tahu konfigurasi yang diproleh dari ISP. Keuntungan cara kedua ini adalah anda dapat membaca email dengan tanpa harus terus menerus terhubung dengan internet dan puluhan email akan dapat diterima sekaligus dikirimkan secara langsung bersama sama. selain itu, program ini juga memberi fungsi penyuntingan dan pembacan email dengan cara luring yang dapat menghemat penggunaan koneksi internet anda.
 

Keamanan Dalam Email

Keamanan data dalam email tidak selalu terjamin dengan baik karena adanya risiko terbuka bagi umum yang artinya semua isi dalam email dapat terbaca oleh orang lain.Hal ini dikarenakan email akan melewati banyak sekali server sebelum akhirnya dapat diterima oleh penerima email tadi. Email dapat diamankan dengan memakai teknik enkripsi atau pengacakan yang disediakan oleh program populer bernama Pretty Good Privacy (PGP).Dengan begitu, hanya orang orang tertentu yang dituju sajalah yang dapat mendekripsi dan membaca isi dari email tersebut. hanya saja, program ini mempunyai kelemahan karena membuat repot pengirim dan penerimanya karena harus mempunyai kunci membuka enkripsi yang sama.

 

Manfaat atau kegunaan e-mail (Surat Elektronik)

  1. Media komunikasi, E-mail atau surat elektronik adalah media komunikasi yang biasa dilakukan secara persoal atau umum (komunitas).
  2. Media pengiriman, Dengan e-mail anda bisa melakukan pengiriman data ke seluruh dunia dan tentunya pengirim dan yang dikirimi data sama-sama menggunakan alamat e-mail, bukan alamat rumah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan e-mail anda bisa mengirimkan data ke banyak orang hanya dalam hitung menit bahkan detik.
  3. Media promosi, Jika anda bisa memiliki usaha di internet atau bisnis online, anda bisa mengirimkan promosi produk ke para pelanggan anda dengan memanfaatkan daftar e-mail pelanggan yang ada.
  4. Media informasi, Melalui e-mail, anda bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru dari seluruh dunia yang anda inginkan dengan cara menjadi pelanggan informasi dari media yang anda tentukan.
  5.  Alamat Media Identitas di Internet (Sosial media), Dengan e-mail, anda dapat mendaftar / menggunakan sosial media jejaring sosial seperti facebook, twitter, dll hingga bisa menjalin hubungan dengan teman atau orang lain. Dengan e-mail anda bisa membuat blog dan website.


Email juga berperan sangat penting bagi beberapa hal, salah satunya adalah untuk periklanan sebuah produk dan juga fungsi lainnya. Ada kalanya mungkin anda akan sering melihat ada iklan yang masuk kea kun anda. Tidak perlu kaget dengan hal ini karena itu berarti ada salah satu lembaga atau institusi tertentu maupun individu yang menggunakannya untuk keperluan tersebut. Rich Kawanagh, dalam artikelnya yang berjudul Top Ten Email Spam List, mengatakan bahwa email memang adalah sebuah media yang terbaik untuk komunikasi. Namun ada kalanya kita harus sangat hati-hati karena beberapa email tersebut ternyata adalah Spam!
Apa itu Spam Email? Spam adalah sebuah email yang akan mengganggu akun anda. Mengapa? Karena banyak sekali jumlahnya dan ini terkadang akan bisa memenuhi inbox. Adakah solusi untuk masalah yang satu ini? Tentu saja ada. Caranya adalah dengan melakukan non aktif spam di akun email anda. Hasilnya, spam yang masuk akan langsung dihapus dan masuk ke dalam recycling email. Semua itu mungkin perlu pembelajaran dan keterbiasaan anda untuk membuka email. Jika anda adalah orang yang sering membuka email anda setiap hari, ada baiknya jika anda melakukan hal yang satu ini. Siapa tau anda nantinya akan bisa semakin mudah berinteraksi dengan banyak pihak karenanya.

 

Cara Kerja Email

Secara konsep, mengirim email sama saja dengan mengirim surat secara konvensional. Anda harus memiliki alamat yang dituju, perangkat seperti laptop atau telepon genggam, dan tentunya jaringan internet. Berikut cara beberapa langkah kerja email secara singkat.

  1. Setelah Anda mengetikkan email dan mengirimkannya ke alamat yang dituju, server akan mengidentifikasi alamat yang dituju.
  2. Setelah alamat penerima email ditemukan, server akan mengirimkan pesan kepada server email Pesan yang dikirim akan tersimpan di server email penerima sampai pengguna membukanya sendiri.
  3. Setelah pengguna email menyadari dan membuka pesan baru tersebut, aplikasi email akan mengunduh pesan yang tersimpan di dalam server ke dalam komputer.
  4. Setelah proses ini selesai, pengguna bisa membaca isi pesan yang sudah dikirim tersebut.

 

Kelebihan Email dan Kelemahannya

Kelebihan Email

Berikut akan kami jelasakan Kelebihan dan Kekurangan Email sebagai saran komunikasi terpecaya, yaitu :

  • Proses Pengiriman Pesan Cepat

Untuk kelebihan email pertama yaitu proses pengiriman pesan cepat, kita ketahui email merupakan salah satu sarana untuk mengirim surat eletronik dan beberapa jenis file lainnya. Hal yang menarik dari email adalah waktu pengiriman terbilang cepat, kalau dulu untuk mengirim sebuah surat diperlukan waktu hingga berhari hari bahkan berbulan-bulan. Dengan adanya email proses pengiriman dapat dilakukan dengan cepat dan praktis layaknya menggunakan aplikasi chatting. Bagaimana berminat ?

  • Dapat Mengirim File, Foto dan Video

Jika dulu email hanya digunakan sebagai sarana mengirim surat elektronik saja, karena perkembangan teknologi semakin maju dan banyaknya sarana pengirim surat eletronik yang ditawarkan mengakibatkan email harus mengalami perubahan. Salah satu perubahan yang sangat menonjol dan menjadi kelebihan dari email yaitu dapat mengirim file, foto dan video juga layaknya google dirve.

  • Mudah Digunakan

Kelebihan email lainnya adalah dapat dengan mudah diakses, pengguna hanya perlu mendaftarkan diri sesuai dengan KTP kemudian email dapat diakses secara penuh dan gratis.

  • Dapat Mengirim Dokumen Dengan Aman

Dengan adanya email, proses pengiriman dokumen pekerjaan ataupun dokumen tugas sekolah dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan aman. Tingkat pengamanan pada email tidak perlu diragukan lagi.

  • Dapat Diarsipkan

Kelebihan email selanjutnya adalah dapat melakukan arsip pengiriman atau surat yang diterima secara otomatis. Contohnya begini, apabila anda memiliki data pengiriman baik itu surat elektronik ataupun dokumen pihak email akan melakukan arsip secara otomasi jika data tersebut tidak anda hapus sebelumnya.

  • Dapat Mengirim Pesan Kepada Banyak Orang Sekaligus

Sama halnya dengan aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, Line dan Telegram. Email juga dapat melakukan pengiriman pesan kepada banyak orang sekaligus, jadi bisa sangat cocok nih sebagai salah satu sarana promosi produk.

  • Dapat Diakses Secara Gratis

Kelebihan emali lainnya adalah gratis apa iya ?  Dengan fitur proses pengiriman surat eletronik yang cepat, memiliki fitur arsip otomatis dan bisa menjadi sarana promosi produk. Benar sekali email menjadi salah satu saran pengiriman pesan yang dapat diakses full secara gratis, keren bukan?

  • Memiliki Keamanan Tinggi

Sama halnya dengan line dan wa, email juga menggunakan keamanan enkripsi sehingga orang lain tidak akan bisa melihat apa isi dari email kita. Bahkan keamanan ini akan sangat sulit dibobol oleh hacker sekalipun.
 

Kelemahan Email

  • Jika terjadi kesalahan dalam menulis alamat email, maka email yang kita kirim tidak akan terkirim
  • Tidak ada pemberitahuan ketika kita melakukan kesalahan menulis alamat email tujuan
  • Proses pengiriman yang terlalu besar atau file berukur besar sering gagal
  • Karene pengguna email sangat banyak, email sering mengalami down sehingga sangat lambat merespon
  • Sering terjadi pemalsuan identitas yang tidak sesuai dengan KTP.

 

 Baca Juga: Hujan Salju Adalah Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis, Akibat & Proses Terjadinya Terlengkap

 

Demikian Penjelasan Tentang  Pengertian Email Adalah: Jenis-Jenis, Cara Membaca, Keamanan, Manfaat dan Cara Kerja Email. Jangan Lupa selalu kunjungi referensisiswa.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Email

  • fungsi email
  • manfaat email
  • contoh email
  • sejarah email
  • jenis-jenis email
  • pengertian email dan cara membuat email
  • kelebihan dan kekurangan email
  • pengertian email menurut para ahli