Pengertian Planet Mars - Ciri - Ciri, Proses Pergerakan Dan Kondisi Ekstrim Di Planet Mars

Apa Itu Planet Mars ?

Mars adalah anggota planet di tata surya. Nama planet ini berasal dari nama dewa perang Yunani. Berdasarkan namanya dalam astronomi Babel, planet ini dinamai Negral, dewa api, perang, atau penghancuran. Mars adalah planet kemerahan. Inilah yang mendasari penamaan planet Mars.
Orang Yunani menyamakan Negral dengan nama dewa perang mereka Ares dan menunjuk planet ini sebagai Areos Aster (bintang Ares). Mars ini adalah planet terdekat keempat dari matahari.
Planet ini juga sering disebut sebagai planet merah. Ini karena planet Mars tampak kemerahan dari kejauhan. Planet Mars juga disebut sebagai Planet Firestar. Ini masih terkait dengan warna planet dan namanya.

Planet ini tidak hanya memiliki relief yang mirip dengan Bumi. Ada beberapa kesamaan lainnya. Ini ditunjukkan oleh kecenderungan sumbu planet, lempengan-lempengan es yang terkandung dalam dua kutub, dan mineral-mineral yang membentuk tanah. Kemiringannya 25,5, yang membuat planet ini memiliki musim yang hampir sama di Bumi. Yang membedakannya adalah siklus. Siklus musim di Mars lebih panjang daripada di Bumi karena planet Mars lebih jauh dari matahari daripada bumi dari matahari.

Dalam pandangannya, planet Mars memiliki lingkungan yang ramah untuk kehidupan. Namun, situasinya masih belum cukup ideal untuk tempat tinggal manusia. Ini karena suhu dan tekanan udara cukup rendah. Kemudian diperburuk oleh komposisi udara, yang mengandung lebih banyak karbon dioksida. Jika Anda tinggal di tempat seperti ini, orang membutuhkan alat untuk bernafas.
Di planet Mars, ada keunikan yang berbukit dan terlihat seperti wajah manusia dari atas. Ini dilihat sebagai bukti bahwa kehidupan di Mars pernah membentuk peradaban. Tapi peradaban ini sudah lama hilang. Asumsi lain, bagaimanapun, adalah bahwa penampilan wajah di bukit hanyalah penampilan alam belaka.



Bisakah Manusia Tinggal di Mars ?

Jika kamu ingin bertempat tinggal di Planet Mars, maka kamu membutuhkan alat untuk membantu pernapasan kamu. Selain itu, misi misi luar angkasa ke Mars yang pernah berjalan berkali – kali untuk menemukan tanda keberadaan makhluk hidup ternyata tidak ada tanda kehidupan makhluk hidup di Mars, sekalipun tanda sederhana saja.


Ciri - Ciri Planet Mars

Planet Mars merupakan planet keempat terdekat dari Matahari. Jarak antara Mars dan Matahari adalah 228 juta kilometer. Jika kamu pernah mendengar misi ke planet Mars, hal yang mungkin terlintas di pikiran adalah, bagaimana bisa? Untuk tahu jawabannya, kamu harus tahu dulu ciri-ciri planet Mars, seperti berikut ini.
  • Suhu Mars hanya bekisar -5o C di musim panas dan -87o C saat musim dingin. Bisa dibilang, suhu terendahnya hampir sama dengan suhu di Benua Antarktika.
  • 95% atmosfer di planet Mars adalah karbondioksida, sisanya nitrogen dan argon.
  • Banyak mengandung material besi oksida (FeO).
  • Atmosfer Mars tipis, sehingga tidak mampu menyimpan panas berlebih.
  • Memiliki 2 buah satelit, yaitu Phobos dan Deimos.
  • Periode revolusi planet Mars adalah 687 hari.
  • Periode rotasi planet Mars adalah 24 jam 37 menit. Hampir sama dengan periode rotasi Bumi, kan?
Berdasarkan ciri-ciri di atas, nampaknya ada beberapa kesamaan antara Mars dan Bumi. Salah satunya suhu permukaan Mars masih memungkinkan untuk ditinggali oleh manusia. Mars juga memiliki cadangan air asin di bawah permukaan tanahnya.


Proses Pergerakan Dari Planet Mars

Mars mengorbit matahari selama 687 hari dengan jarak rata-rata 227.000.000 km. Planet yang mengorbit Mars ini berbentuk agak lonjong. Eksentrik adalah 0,093. Saat mengorbit mengelilingi matahari, planet Mars berputar di sekitar porosnya sendiri selama 24 jam, 36 menit 23 detik. Sumbu rotasi tegak lurus terhadap bidang orbitnya tetapi membentuk sudut 25 ke garis tegak lurus bidang itu. Sumbu kemiringan rotasi mengarah ke perubahan musiman, seperti yang terjadi di Bumi.
Mars adalah planet yang unggul dengan waktu sidereal 687 hari dan waktu sinode 780 hari. Inilah sebabnya mengapa Mars mengalami resistensi dan sangat mudah diamati setiap 26 bulan. Ketika Mars berada di posisi terdekat dengan Bumi, ini adalah resolusi terbaik yang dapat dicapai dengan panjang 25 detik atau jarak linier 100 km.
Dengan Mars di posisi ini, dapat dilihat bahwa ada penutup kutub yang cukup cerah dan perubahan permukaan yang menunjukkan adanya atmosfer yang cukup dinamis. Waktu seperti itu terjadi dua kali setiap 32 tahun, secara bergantian setiap 15 dan 17 tahun dan selalu antara akhir Juli dan akhir September.

Kondisi Ekstrim Di Planet Mars

Berikut Ini Beberapa Kondisi Ekstrim Di Planet Mars Yang Berbahaya Bagi Manusia.
  • Atmosfir Planet Mars Yang Tipis

Dengan tipisnya lapisan atmosfir di planet mars menyebabkan radiasi matahari mudah masuk hingga ke permukaan planet mars. Hal yang demikian merupakan sesuatu yang sangat berbahaya bagi kehidupan manusia karena radiasi cahaya matahari yang terlalu berlebihan dapat meenyebabkan penyakit yang serius bagi manusia. Diperkirakan pada masa lalu kondisi planet mars memiliki atmosfer yang cukup tebal, namun karena adanya radiasi matahari yang begitu kuat akhirnya atmosfer mars menjadi tipis. Tipisnya atmosfer mars dan juga tidak adanya medan magnet global menyebabkan pertahanan planet mars akan serangan kejatuhan meteor dan benda antariksa lainnya juga menjadi sangat lemah.
  • Suhu Temperatur Udara Yang Ekstrim
Untuk kondisi suhu rata-rata dipermukaan planet mars ialah 60 derajat celcius, suhu yang terbilang dingin tersebut sudah tentu akan membuat kondisi kehidupan manusia yang sulit untuk beraktivitas di permukaan planet mars tanpa pakaian khusus yang melindungi dari suhu udara ekstrim. Belum lagi apabila sedang musim panas suhu udaranya dapat meningkat tajam menjadi sekitar 68 derajat celcius.
  • Sering Mengalami Kondisi Badai Debu

Karena planet mars mempunyai perbedaan yang terbilang cukup besar antara satu tempat dengan tempat yang lain maka pergerakan angin besar pun tidak terelakkan. Pada planet mars ini sering dilanda badai debu yang berlangsung berhari-hari lamanya yang berlaku secara umum diseluruh tempat diplanet mars.
  • Sulit Air Bersih
Air bersih untuk mendapatkannya diplanet mars tidaklah mudah seperti yang kita dapatkan air bersih di planet bumi. Kondisi planet mars yang pada umumnya merupakan gurun kering yang tandus dan bersuhu dingin yang menyebabkan kemungkinan air hanya bisa ditemukan dalam bentuk beku didaerah-daerah tertentu saja. Bila untuk bisa mendapatkan air saja sulitnya bukan maen apalagi untuk bercocok tanam dan beternak sudah tentu sangat sulir sekali. Dengan begitu manusi pastinya akan menemukan kendala besar dalam memenuhi kebutuhan makan dan minum sehari-hari seperti diplanet bumi.


Jarak Bumi ke 7 Planet Lainnya di Tata Surya

1. Merkurius
Merkurius adalah planet paling dekat dengan Matahari. Planet ini memiliki julukan Bintang Senja dan Bintang Pagi. Jarak Planet Merkurius dari Matahari, berjarak 57.9 juta km dengan waktu rotasi 59 hari dan waktu revolusi sekitar 88 hari. Jarak Merkurius ke Bumi sekitar 77.3 juta kilometer atau 8.17e-6 tahun cahaya.

2. Venus
Jarak Planet Venus dari Matahari adalah 108,2 juta km dengan waktu rotasi 143 hari dan waktu revolusi 22,4 hari. Jarak Venus ke Bumi sekitar 40 juta kilometer atau 4.23e-6 tahun cahaya.

3. Bumi
Jarak Bumi dari Matahari berjarak 150 juta km, dengan waktu rotasi 365,25 hari dan waktu rotasi 24 Jam.
Bumi memiliki satu satelit alami yang disebut dengan Bulan, yang merupakan satelit paling besar dalam Sistem Tata Surya.

4. Mars
Planet Mars sering dijuluki sebagai “Planet Merah” karena tampak dari jauh berwarna kemerah-kemerahan. Planet Mars memiliki 2 Satelit yaitu Phobos dan Deimos.
Jarak Planet Mars dengan matahari adalah 247.1 Juta km dengan waktu rotasi Mars 25,62 jam dan waktu revolusi 687 Hari. Jarak Mars ke bumi sekitar 55 juta kilometer atau 5.81e-6 tahun cahaya.

5. Jupiter
Planet ini adalah raksasa gas dengan massa 1/1000 massa Matahari dan dua setengah kali jumlah massa semua planet lain di Tata Surya. Jarak Planet Jupiter dari Matahari adalah 778 Juta km, dengan waktu rotasi 9jam 55 menit dan waktu revolusi 11.9 tahun. Jarak Jupiter dengan bumi adalah sekitar 588 juta kilometer atau 6.21e-5 tahun cahaya.

 6. Saturnus
Planet Saturnus di tata surya dikenal sebagai planet bercincin, dan merupakan planet terbesar kedua di tata surya setelah Jupiter. Saturnus memiliki 18 satelit dan yang paling besar bernama Titan.
Jarak Saturnus dari Matahari adalah 1.426 juta km, dengan waktu revolusi selama 29.5 tahun dan waktu rotasi 10.7 jam. Jarak Saturnus dari bumi adalah 1.2 miliar kilometer atau 0.00013 tahun cahaya.

7. Uranus
Planet Uranus merupakan planet terbesar ketiga di sistem tata surya dan merupakan planet terberat keempat. Atmosfer di Uranus memiliki unsur yang sama dengan Saturunus dan Jupiter, yaitu mengandung hidrogen dan helium.
Jarak Uranus dari Matahari adalah 2.880 Juta km, dengan waktu revolusi selama 84 tahun dan waktu rotasi 17 jam. Jarak Uranus dari bumi adalah 2.57 miliar kilometer atau 0.00027 tahun cahaya.

8. Neptunus
Neptunus merupakan planet yang terjauh (kedelapan) jika ditinjau dari Matahari. Neptunus merupakan planet terbesar keempat berdasarkan diameter (49.530 km) dan terbesar ketiga berdasarkan massa. Massa Neptunus tercatat 17 kali lebih besar daripada Bumi. Neptunus memiliki 8 satelit dan ada 3 yang terbesar yaitu: Triton, Nereid, dan Proteus.
Jarak Neptunus dari Matahari adalah 2.869 km, dengan waktu rotasi selama 6 jam dan waktu revolusi 165 tahun. Jarak Neptunus dari bumi yaitu 4.3 miliar kilometer atau 0.00045 tahun cahaya.




Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Planet Mars

  • pengertian planet mars dan ciri-cirinya
  • ciri-ciri planet mars
  • ciri ciri planet mars brainly
  • gambar planet mars
  • jarak mars ke matahari
  • suhu planet jupiter
  • diameter mars
  • pengertian planet mars brainly