Materi Tentang Tumbuhan Beserta Soal Pilihan Berganda dan Essay Tumbuhan Lengkap Jawaban

Pengertian  Tumbuhan

Tumbuhan merupakan salah satu dari klasifikasi makhluk hidup. Tumbuhan memiliki klorofil atau zat hijau daun yang berfungsi sebagai media penciptaan makanan dan untuk proses fotosintesis. Dalam ilmu biologi, tumbuhan termasuk organisme yang disebut Regnum Plantaeyang merupakan organisme mu
ltiseluler atau terdiri atas banyak sel. Tercatat sekitar 350.000 spesies tumbuhan, dari jumlah tersebut 258.650 jenis merupakan tumbuhan berbunga dan 18.000 jenis termasuk tumbuhan lumut. Hampir semua anggota tumbuhan bersifat autotrof dan mendapatkan energi langsung dari cahaya matahari melalui proses fotosintesis.

Ciri yang sangat mudah dikenali pada tumbuhan adalah warna hijau yang dominan akibat kandungan pigmen klorofil yang berperan vital dalam proses penangkapan energi melalui fotosintesis sehingga tumbuhan secara umum bersifat autotrof. Beberapa perkecualian, seperti pada sejumlah tumbuhan parasit. Hal ini terjadi karena akibat adaptasi terhadap cara hidup dan lingkungan yang unik. Sifatnya yang autotrof, membuat tumbuhan selalu menempati posisi pertama dalam rantai aliran energi melalui organisme hidup (rantai makanan).

Tumbuhan bersifat stasioner atau tidak bisa berpindah atas kehendak sendiri, meskipun beberapa alga hijau bersifat motil (mampu berpindah) karena memiliki flagelum. Akibat sifatnya yang pasif ini tumbuhan harus beradaptasi secara fisik atas perubahan lingkungan dan gangguan yang diterimanya. Variasi morfologi tumbuhan jauh lebih besar daripada anggota kerajaan lainnya. Selain itu, tumbuhan menghasilkan banyak sekali metabolit sekunder sebagai mekanisme pertahanan hidup atas perubahan lingkungan atau serangan pengganggu. Pada tingkat selular, dinding sel yang tersusun dari selulosa, hemiselulosa, dan pektin menjadi ciri khasnya, meskipun pada tumbuhan tingkat sederhana kadang-kadang hanya tersusun dari pektin. Hanya sel tumbuhan yang memiliki plastida dan vakuola yang besar serta seringkali mendominasi volume sel.

 

Baca Juga: Materi Tentang Virus dan Soal Pilihan Berganda Virus Lengkap Jawaban Secara Lengkap

 

Pengertian Tumbuhan Menurut Para Ahli

Adapun definisi tumbuhan menurut para ahli, antara lain:

  1. Biology Online, Tumbuhan secara Etimologi berasal dari bahasa latin planta yang artinya (“tunas, pucuk, potong”) merupakan Setiap organisme eukariotik dari kerajaan biologis plantae, yang bercirikan fotosintesis dan memiliki dinding sel yang kaku.
  2. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang tumbuh  berinti sel mengandung klorofil atau segala yang hidup dan berbatang, berdaun, berakar, dan sebagainya (seperti rumput, bambu).

 

Ciri Tumbuhan

Tumbuhan memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan makhluk hidup lainnya, diantaranya yaitu:

  1. Autotrof

Autotrof artinya tumbuhan menghasilkan makanan sendiri. Mereka melakukannya melalui fotosintesis, yaitu proses membuat nutrisi seperti gula dari energi cahaya dan karbon dioksida. Fotosintesis terjadi pada organel sel yang disebut kloroplas, yang mengandung klorofil dan karotenoid, molekul yang menyerap energi cahaya dan mengubahnya menjadi bentuk yang dapat digunakan.

Sebaliknya, heterotrof adalah organisme yang tidak dapat membuat makanan sendiri dan harus memakan organisme lain untuk bertahan hidup seperti misalnya hewan dan manusia. Sehingga tumbuhan adalah produsen utama di banyak ekosistem yang berperan  penting dalam kelangsungan hidup sebagian besar organisme lain.

  1. Organisme multisel dengan sel eukariotik

Sel eukariotik adalah sel yang relatif besar dengan inti sejati dan organel lain yang menjalankan fungsi spesifik. Tumbuhan, protista, jamur, dan hewan semuanya memiliki sel eukariotik.

Sel tumbuhan dibedakan dengan dinding selnya yang mengandung selulosa, kloroplas yang melakukan fotosintesis, dan vakuola sentral besar yang menahan air dan menjaga tumbuhan tetap segar. Sel prokariotik, di sisi lain, berukuran kecil tanpa inti atau organel sejati kecuali ribosom, yang menghasilkan protein. Bakteri dan archaea memiliki sel prokariotik.

  1. Kutikula

Tumbuhan memiliki kutikula artinya memiliki lapisan lilin di permukaannya yang melindungi dan menjaganya agar tidak mengering.

  1. Jaringan pembuluh/Pengangkut

Tumbuhan memiliki jaringan pembuluh/pengangkut yang disebut  xilem dan floem. Xilem berfungsi untuk yang membawa air dan dan mineral dari akar menuju daun, sedangkan floem berfugsi untuk membawa hasil fotosintesis dari daun menuju ke seluruh tubuh tumbuhan. Jaringan pembuluh darah ditemukan pada tumbuhan yang lebih “kompleks”.

  1. Bereproduksi baik secara seksual maupun aseksual

Tumbuhan bereproduksi baik secara seksual maupun aseksual dan memiliki apa yang dikenal sebagai pergantian generasi. Tahap haploid bergantian dengan tahap diploid. Haploid adalah saat sel mengandung satu set kromosom, sedangkan diploid adalah saat sel berisi dua set.

Pada tumbuhan, dua gamet haploid bergabung membentuk zigot diploid. Zigot diploid ini membelah melalui mitosis menjadi organisme multiseluler. Atas definisi inilah disebut sporofit, dan pada saat dewasa, secara aseksual menghasilkan spora haploid.

Spora haploid kemudian berkecambah menjadi organisme multiseluler yang disebut gametofit. Gametofit menghasilkan gamet haploid, yang berfusi untuk membentuk organisme diploid, dan pergantian antara diploid dan haploid dimulai dari awal lagi.

  1. Plastida

Keberadaan plastida di dalam sel eukariotik merupakan indikasi bahwa itu lebih mungkin merupakan tumbuhan daripada hewan. Terdapat beragam jenis plastida, misalnya adalah kloroplas. Kloroplas merupakan plastida yang mengandung klorofil (pigmen hijau) dan terlibat dalam fotosintesis.

Kromoplas mengandung pigmen selain hijau dan terlibat dalam sintesis dan penyimpanan pigmen, Leukoplas (misalnya amiloplas, elaioplas, proteinoplas) adalah plastida non-pigmen. Fungsinya terutama untuk penyimpanan makanan.

  1. Tidak memiliki organ indera

Tumbuhan tidak memiliki organ indera tetapi mereka dapat merasakan lingkungannya meskipun berbeda. Tumbuhan dapat “melihat”, “mendengar”, dan “mencium” meskipun tidak memiliki mata, telinga, dan hidung. Mereka dapat “merasakan” dan merespons dengan cara yang tidak sejelas pada hewan.

  1. Bernafas melalui stomata

Tanaman “bernafas” melalui stomata, karbon dioksida dari atmosfer memasuki sel tumbuhan. Melalui fotosintesis, karbon dioksida diubah menjadi oksigen, yang dilepaskan tanaman sebagai produk sampingan metabolik ke atmosfer melalui stomata.

 

 

Bagian-bagian tumbuhan

Bentuk tumbuhan beraneka ragam, tetapi secara umum tumbuhan memiliki bagian-bagian tubuh yang sama, yaitu akar, batang, daun, bunga dan buah.

a. Akar

Akar adalah bagian terpenting pada tumbuhan yang menghubungkan tubuh tanaman dengan tanah atau media tempat tanaman tumbuh.Akar umumnya tumbuh ke bawah ke tanah searah gaya gravitasi bumi. Akar juga mempunyai bentuk yang berbeda-beda. Akar juga terdiri dari akar tunggang dan akar serabut.

b. Batang

Batang adalah bagian tanaman yang menempel pada akar dan berada di atas permukaan tanah. Arah pertumbuhan batang berlawanan dengan akar. Umumnya batang tumbuh mengikuti arah sinar matahari.Batang merupakan bagian tanaman tempat keluar dan menempelnya bagian daun, bunga, dan buah. Beberapa jenis tanaman juga memiliki batang yang berkayu dan beberapa jenis yang lainnya tidak. Batang juga ada dua macam, yakni batang dikotil dan batang monokotil.

c. Daun

Umumnya, daun berwarna hijau. Daun adalah bagian dari tumbuhan yang memberikan warna hijau yang cukup dominan pada pohon.

Daun tumbuh dan menempel pada batang pohon. Daun yang sempurna memiliki 3 bagian yaitu pelepah daun, tangkai daun, dan helai daun.

  • Pelepah, ini merupakan pangkal dari tangkai daun yang bentuknya pipih dan melebar, gunanya sebagai penopang tangkai daun dan helai daun.
  • Tangkai berfungsi untuk menghubungkan pelepah dengan helaian daun. Tangkai berguna sebagai alat untuk menjauhkan daun dari helaian daun lainnya agar mendapat sinar matahari.
  • Helaian daun adalah bagian daun yang berguna untuk menerima cahaya matahari sebanyak-banyaknya. Pada bagian ini terdapat zat hijau daun yang disebut klorofil.

Di dalam klorofil inilah proses memasak makanan dengan bantuan sinar matahari berlangsung. Proses pembuatan makanan oleh daun dengan bantuan sinar matahari disebut proses forosintesis.

d. Bunga

Bunga adalah bagian dari tumbuhan yang berwarna-warni dan sangat indah. Bunga yang sempurna memiliki bagian-bagian sebagai berikut:

  • Tangkai
  • Dasar bunga
  • Kelopak
  • Mahkota
  • Benang sari
  • Putik

e. Buah

Ada banyak sekali buah di sekitar kita yang baik untuk kesehatan. Buah adalah bagian tumbuhan yang merupakan perkembangan dari bunga.Buah terdiri dari kulit buah, daging buah, dan biji. Biji buah berfungsi sebagai bakal tumbuhan baru. Daging buah bagi tanaman berguna untuk melindungi biji.

 

Fungsi tumbuhan

a. Fungsi akar

  • Mengerap air dan zat hara dari dalam tanah
  • Menunjang berdirinya tumbuhan
  • Menyimpan cadangan makanan

b. Fungsi batang

  • Tempat tumbuhnya daun, bunga dan buah
  • Menyimpan cadangan makanan
  • Jalur translokasi zat
  • Penyokong tubuh tumbuhan

c. Fungsi daun

  • Tempat terjadinya proses memasak makanan/fotosintesis
  • Tempat penguapan air
  • Alat pernapasan pada tumbuhan
  • Sebagai sumber makanan bagi manusia dan hewan

d. Fungsi bunga

Bagi tumbuhan, bunga berguna sebagai organ perkembangbiakan. Dengan adanya benangsari dan putik, bunga mengalami penyerbukan hingga akhirnya menghasilkan biji.Biji inilah yang dapat tumbuh menjadi tumbuhan baru. Selain itu, bunga dapat mempercantik tumbuhan, sehingga dapat menarik serangga dan manusia.

e. Fungsi buah

Ternyata buah berguna bagi semua makhluk hidup. Bagi tumbuhan, buah berguna untuk melindungi biji. Bagi manusia dan hewan, buah dapat digunakan sebagai sumber makanan.

 

 

Manfaat Tumbuhan

Tumbuhan memiliki bnayak manfaat baik untuk manusia, hewan maupun lingkungan di sekitarnya. Manfaat yang dimiliki tumbuhan anatara lain adalah sebagai berikut:

  1. Tumbuhan sebagai penghasil oksigen, yang merupakan produk sampingan dari fotosintesis, dan banyak organisme bergantung pada oksigen untuk bertahan hidup.
  2. Tumbuhan sangat penting bagi kehidupan organisme lain karena tumbuhan adalah produsen dalam rantai makanan. Tumbuhan menyimpan pati. Selain itu, juga berfungsi sebagai sumber mineral dan senyawa penting.
  3. Tumbuhan berfungsi sebagai habitat bagi organisme tertentu (misalnya serangga dan organisme arboreal).
  4. Tumbuhan tertentu memiliki khasiat obat. Seperti misalnya Dandelion (Taraxacum officinale) sebagai pencahar ringan, daun pisang raja (Plantago mayor) untuk mengurangi peradangan dan nyeri, dan akar dan daun burdock (Arctium minus) untuk meredakan eksim atau kulit pecah-pecah, dan masih banyak lagi tumbuhan yang dpaat dijadikan obat.
  5. Sebagai bahan baku yang digunakan manusia untuk membuat beragam produk seperti minyak atsiri, pigmen, resin, tanin, alkaloid, amber, lilin, kosmetik, plastik, karet, pernis, pelumas, tinta, dan sebagainya.
  6. Tumbuhan digunakan sebagai bahan bangunan, misalnya ayu dari tanaman digunakan dalam konstruksi gedung, alat musik, perahu, dan furnitur. Ini juga digunakan dalam pembuatan kertas.
  7. Tumbuhan lumut memainkan peran penting dalam meminimalkan erosi di sepanjang badan air, melakukan siklus air dan nutrisi di hutan, dan mengatur suhu di permafrost.
  8. Tumbuhan sangat penting untuk menyediakan habitat bagi organisme lain, baik diatas, di dalam, maupun dibawah tanaman. Seperti misalnya tumbuhan menjadi tempat hidup bagi hewan.
  9. Tumbuhan dapat melestraikan tanah. Akar tumbuhan akan membantu menyatukan tanah sehingga dapat membantu dalam mengurangi erosi selain itu tumbuhan yang telah mati dan membusuk akan menyuburkan tanah.
  10. Tumbuhan dapat menjaga iklim dan mencegah polusi udara. Pada skala kecil tumbuhan akan memberi anungan dan melindungi organisme lain namun dalam skala besar seperti di hutan hujan tropis tumbuhan akan mengubah pola curah hujan. Selain itu keberadaan ruang hijau sangat penting untuk melawan polutan sehingga meningkatkan kualitas udara.

 

Soal Pilihan Berganda dan Essay Tumbuhan Lengkap Jawaban 

Latihan Soal Pilihan Ganda Bab Tumbuhan 

  1. Ananas commosus dan Ananas sativus termasuk dalam famili Bromeliaceae, yang ada pada ordo...
    a. Bromeliales
    b. Bromeliaceae
    c. Poales
    d. Orchidales
  2. Marchantia polymorpha apabila dilihat dari skema metagenesis, maka merupakan fase ...
    a. Monokotil berakar tunggal
    b. Tulang daun dikotil melengkung
    c. Tumbuhan monokotil berakar serabut
    d. Ujung akar monokotil dilindungi koleoptil
  3. Tumbuhan paku yang merupakan bentuk peralihan antara heterospor dan homospor merupakan jenis..
    a. Selaginela
    b. Equisetum
    c. Marsilea
    d. Adiantum 
  4. Di bawah ini yang termasuk contoh tumbuhan perdu yaitu ...
    a. Krokot, lili, dan arbei
    b. Kelapa, jati, dan beringin
    c. Krokot, lili, dan mawar
    d. Kembang merak, mawar, dan kembang sepatu
  5. Hasil proses meiosis pada tumbuhan berbiji dengan struktur mikrosporangium yaitu berupa ...
    a. Mikrospora
    b. Sporofit
    c. Megaspore
    d. Saprofit
  6. Di bawah ini yang termasuk ciri khas tumbuhan berbiji tertutup yaitu ...
    a. Sporofit tersusun dalam strobilus yang berumah dua
    b. Biji tumbuh pada permukaan megasporofit
    c. Mikrosporagium dan makrosporagium terpisah satu sama lain
    d. Bakal bijinya diselubungi bakal buah
  7. Kelas Ginkgoinae memiliki ciri-ciri di bawah ini, kecuali ...
    a. Daunnya bertangkai panjang berbentuk pasak atau kipas
    b. Pohonnya bertunas pendek
    c. Batangnya terdiri dari hipokotil yang menebal
    d. Tulang daun bercabang menggarpu
  8. Berikut ini tidak termasuk contoh kelas dari subdivisi Gymnospermae adalah ...
    a. Ginkgoinae
    b. Pinaceae
    c. Gnetinae
    d. Cycadinae
  9. Tanaman Padi masuk ke dalam famili…
    a. Cannaceae
    b. Pandanaceae
    c. Musaceae
    d. Poaceae 
  10. Tumbuhan dengan ciri-ciri berkayu, bunga dengan mahkota seperti kupu-kupu, dan daun majemuk termasuk ...
    a. Orchidaceae
    b. Rubiaceae
    c. Myrtaceae
    d. Papilionaceae
  11. Jenis bunga yang memiliki mahkota, kelopak, putik, dan benang sari, misalnya bunga cabai, kecubung, sepatu, melati, mawar, dan jeruk yaitu termasuk bunga ...
    a. Tidak sempurna
    b. Lengkap
    c. Sempurna
    d. Tidak lengkap
  12. Pada tumbuhan paku, daun yang menghasilkan spora yaitu….
    a. Sporofil
    b. Tropofil
    c. Sporofit
    d. Sorus
  13. Ketika Anto mengamati tumbuhan, dia menemukan adanya berkas pembuluh pada sayatan batangnya, dan dia menemukan spora-spora di bagian daunnya. Tumbuhan tersebut yaitu tumbuhan….
    a. Berbunga
    b. Paku
    c. Berbiji terbuka
    d. Lumut
  14. Tumbuhan Gymnospermae yang berperan untuk bahan makanan yaitu….
    a. Dioon edule
    b. Ginkyo biloba
    c. Pinus merkusii
    d. Gnetum gnemon
  15. Tumbuhan berbunga (fertilisasi angiospermae) terjadi di dalam….
    a. Stigma
    b. Ovulum
    c. Stilus
    d. Karpelum
  16. Apakah Anteridum yang ada pada tumbuhan paku itu?
    a. Penyatuan 2 jenis gamet
    b. Cabang gametofit jantan
    c. Calon individu baru
    d. Alat kelamin jantan
  17. Lumut bagi manusia bermanfaat untuk ...
    a. Membersihkan kotoran
    b. Bahan bakar
    c. Papan
    d. Sandang
  18. Berikut ini yang termasuk klasifikasi lumut yaitu kelas ...
    a. Coniferae
    b. Musci
    c. Filicinae
    d. Equisetinae
  19. Kegunaan indusium dalam tumbuhan paku yaitu ...
    a. Sebagai pelindung dari siar ultraviolet
    b. Untuk melindungi sorus muda
    c. Sebagai kotak spora
    d. Untuk fotosintensis
  20. Berikut ini yang merupakan famili dari kelas monokotil yaitu famili ...
    a. Casuarinaceae
    b. Papilionaceae
    c. Malvaceae
    d. Poaceae

 

 Lebih Lengkapnya Bisa di Lihat di Bawah:

 

 Download Filenya DOCX

 

Baca Juga:  Pengertian Virus Adalah : Ciri-ciri , Struktur, Macam Macam, Penyakit yang disebabkan oleh virus Beserta Soal (Esai) Virus Lengkap Jawaban

 

Demikian Penjelasan Tentang  Materi Tentang Tumbuhan Beserta Soal Pilihan Berganda dan Essay Tumbuhan Lengkap Jawaban  . Jangan Lupa selalu kunjungi referensisiswa.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

Penelusuran yang terkait dengan Materi Tumbuhan

  • materi ipa tentang tumbuhan
  • macam macam tumbuhan dan penjelasannya
  • ciri-ciri tumbuhan
  • klasifikasi tumbuhan
  • jenis tumbuhan
  • pengertian tumbuhan menurut para ahli
  • nama tumbuhan
  • sebutkan ciri-ciri tumbuhan