Materi Taksonomi Tumbuhan Rendah Beserta Soal Pilihan Ganda dan Essay Taksonomi Tumbuhan Rendah



Taksonomi Tumbuhan Rendah

Taksonomi tumbuhan rendah mengacu pada klasifikasi atau pengelompokan tumbuhan yang termasuk dalam kelompok tumbuhan dengan tingkat kompleksitas yang lebih rendah dibandingkan dengan tumbuhan yang lebih maju seperti tumbuhan berbunga (Angiospermae). Kelompok tumbuhan rendah ini biasanya terdiri dari tumbuhan yang memiliki karakteristik sederhana, seperti tidak memiliki jaringan vaskular yang berkembang dengan baik (xylem dan floem), tidak memiliki akar, batang, dan daun sejati, serta reproduksi yang lebih sederhana.

Taksonomi tumbuhan rendah mencakup beberapa kelompok utama, antara lain:

  1. Alga: Kelompok tumbuhan yang terdiri dari organisme fotosintetik yang hidup di air, baik air tawar maupun laut. Alga dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, mulai dari uniseluler hingga multiseluler, dan memiliki peran penting dalam ekosistem air.

  2. Bryophyta: Merupakan kelompok tumbuhan yang sering disebut sebagai lumut. Lumut tidak memiliki jaringan pembuluh (xylem dan floem) yang berkembang dengan baik dan tidak memiliki akar, batang, atau daun sejati. Mereka sering ditemukan di lingkungan lembab seperti hutan dan rawa-rawa.

  3. Hepatika: Merupakan kelompok tumbuhan yang sering disebut sebagai lumut hati. Seperti lumut, lumut hati juga tidak memiliki jaringan pembuluh yang berkembang dengan baik dan tidak memiliki akar, batang, atau daun sejati. Mereka sering ditemukan di lingkungan lembab seperti tepi sungai dan lembah yang teduh.

  4. Pteridophyta: Merupakan kelompok tumbuhan yang mencakup tumbuhan berpembuluh primitif, seperti pakis dan lumut tanduk. Mereka memiliki jaringan pembuluh (xylem dan floem) yang berkembang dengan baik dan dapat tumbuh di berbagai habitat, mulai dari hutan hujan tropis hingga daerah pegunungan.

Kelompok-kelompok tumbuhan rendah ini sering kali dianggap sebagai tahap evolusi awal dari tumbuhan yang lebih kompleks, seperti tumbuhan berbunga dan tumbuhan berbiji. Meskipun sederhana dalam struktur, mereka memiliki peran penting dalam ekologi dan ekosistem, serta memberikan pemahaman yang berharga tentang evolusi tumbuhan.


Tatanama Tumbuhan

  1. Unsur utama yang menjadi ruang lingkup Taksonomi Tumbuhan adalah pengenalan (identifikasi), pemberian nama dan penggolongan atau klasifikasi.

  2. Peraturan tentang pemberian nama ilmiah perlu diciptakan agar ada kesamaan pemahaman di antara ahli-ahli Botani di seluruh dunia tentang apa yang dimaksud.

  3. Nama ilmiah adalah nama-nama dalam bahasa Latin atau bahasa yang diperlakukan sebagai bahasa Latin tanpa memperhatikan dari bahasa mana asalnya.

  4. Setiap individu tumbuhan termasuk dalam sejumlah taksa yang jenjang tingkatnya berurutan.

  5. Tingkat jenis (species) merupakan dasar dari seluruh takson yang ada.

  6. Nama-nama takson di atas tingkat suku (familia) diambil dari ciri khas yang berlaku untuk semua warga dengan akhiran yang berbeda menurut tingkatnya.

  7. Nama suku (familia) merupakan satu kata sifat yang diperlakukan sebagai kata benda berbentuk jamak. Nama tersebut diambil dari nama salah satu marga yang termasuk dalam suku tadi ditambah dengan akhiran -aceae.

  8. Nama marga merupakan kata benda berbentuk mufrad atau suatu kata yang diperlakukan demikian. Kata ini dapat diambil dari sumber mana pun, dan dapat disusun dalam cara sembarang.

  9. Nama ilmiah untuk jenis harus bersifat ganda, artinya terdiri atas dua suku kata yang berbentuk mufrad yang diperlakukan sebagai bahasa Latin.

  10. Nama takson tingkat suku ke bawah diikuti nama orang yang memberikan nama ilmiah dalam bentuk singkatan.


 

Baca Juga: Materi Tentang Virus dan Soal Pilihan Berganda Virus Lengkap Jawaban Secara Lengkap

 

Klasifikasi

  1. Klasifikasi tumbuhan adalah pembentukan kelompok-kelompok dari seluruh tumbuhan yang ada di bumi ini hingga dapat disusun takson-takson secara teratur mengikuti suatu hierarki.

  2. Sifat-sifat yang dijadikan dasar dalam mengadakan klasifikasi berbeda-beda tergantung orang yang mengadakan klasifikasi dan tujuan yang ingin dicapai dengan pengklasifikasian itu.

  3. Takson yang terdapat pada tingkat takson (kategori) yang lebih rendah mempunyai kesamaan sifat lebih banyak daripada takson yang terdapat pada tingkat takson (kategori) di atasnya.

  4. Perbedaan antara istilah takson dengan kategori yaitu istilah takson yang ditekankan adalah pengertian unit atau kelompok yang mana pun, sedangkan istilah kategori yang ditekankan adalah tingkat atau kedudukan golongan dalam suatu hierarki tertentu.

  5. Dalam taksonomi tumbuhan istilah yang digunakan untuk menyebutkan suatu nama takson sekaligus menunjukkan pula tingkat takson (kategori).

  6. Ada tiga sistem klasifikasi dalam taksonomi tumbuhan yaitu sistem klasifikasi buatan, sistem klasifikasi alam, dan sistem klasifikasi filogenetik.

  7. Berdasarkan sejarah perkembangannya ketiga sistem klasifikasi tersebut dibagi menjadi empat periode yaitu periode sistem habitus, periode sistem numerik, periode sistem alam, dan periode sistem filogenetik.

  8. Sistem klasifikasi yang tinjauannya didasarkan modifikasi dari sistem yang telah ada dengan penambahan data yang baru, disebut sistem kontemporer.

  9. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi akan berpengaruh pula terhadap perkembangan ilmu taksonomi tumbuhan.

  10. Perubahan klasifikasi organisme hidup yang semula dua dunia kemudian menjadi empat dunia, atau dari empat dunia menjadi lima dunia, telah mengakibatkan sekelompok atau sebagian kelompok organisme yang semula termasuk dalam dunia tumbuhan dipindahkan ke dalam dunia (regnum) baru atau regnum yang lain.


Identifikasi

  1. Identifikasi tumbuhan adalah menentukan namanya yang benar dan tempatnya yang tepat dalam sistem klasifikasi.

  2. Tumbuhan yang akan diidentifikasikan mungkin belum dikenal oleh dunia ilmu pengetahuan (belum ada nama ilmiahnya), atau mungkin sudah dikenal oleh dunia ilmu pengetahuan.

  3. Penentuan nama baru dan penentuan tingkat-tingkat takson harus mengikuti aturan yang ada dalam KITT.

  4. Prosedur identifikasi tumbuhan yang untuk pertama kali akan diperkenalkan ke dunia ilmiah memerlukan bekal ilmu pengetahuan yang mendalam tentang isi KITT.

  5. Untuk identifikasi tumbuhan yang telah dikenal oleh dunia ilmu pengetahuan, memerlukan sarana antara lain bantuan orang, spesimen herbarium, buku-buku flora dan monografi, kunci identifikasi dan lembar identifikasi jenis.

  6. Flora adalah suatu bentuk karya taksonomi tumbuhan yang memuat jenis-jenis tumbuhan yang ditemukan dalam suatu wilayah tertentu.

  7. Monografi adalah suatu bentuk karya taksonomi tumbuhan yang memuat jenis-jenis tumbuhan yang tergolong dalam kategori tertentu. baik yang terbatas pada suatu wilayah tertentu saja maupun yang terdapat di seluruh dunia.

  8. Kunci identifikasi merupakan serentetan pertanyaan-pertanyaan yang jawabnya harus ditemukan pada spesimen yang akan diidentifikasi.

  9. Bila semua pertanyaan berturut-turut dalam kunci identifikasi ditemukan jawabnya, berarti nama serta tempatnya dalam sistem klasifikasi tumbuhan yang akan diidentifikasi dapat diketahui.

  10. Lembar Identifikasi Jenis adalah sebuah gambar suatu jenis tumbuhan yang disertai dengan nama klasifikasi jenis yang bersangkutan.


ALGAE
Taksonomi Algae

  1. Linnaeus membagi Cryptogamae menjadi 4 bangsa yaitu: Filices, Musci, Algae dan Fungi.
    De Jussieu membagi tumbuhan menjadi 3 golongan, Acotyledoneae, Monocotyledoneae, Dicotyledoneae.

  2. Tahun 1880 diperkenalkan suatu sistem yang membagi Cryptogamae menjadi Thallophyta, Bryophyta, Pteridophyta.

  3. Thallophyta yang terdiri dari dua anak kelas Algae dan Fungi dibedakan dari Bryophyta dan Pteridophyta berdasarkan pada struktur alat penghasil spora dan gamet serta perkembangan zigotnya.

  4. Dipermasalahkan mengenai keabsahan (validitas) dari Thallophyta.
    Algae dan Fungi mempunyai kesamaan ciri-ciri yang digunakan untuk memisahkan keduanya dari tumbuhan lain, atas dasar kesamaan ini dipertanyakan apakah fungi berasal dari algae? dalam kenyataan, tidak satu fungi pun berasal dari algae. Dengan demikian divisi Thallophyta tidak dapat dipertahankan, sehingga bukan merupakan divisi yang valid. Sebaiknya Algae dan Fungi ditempatkan dalam satu atau lebih divisi.

  5. Ciri-ciri yang akan digunakan sebagai dasar untuk memberi definisi algae:

    1. menurut Fritsch (1935): Algae harus holofitik yang gagal mencapai ciri deferensiasi Archegoniatae.

    2. Smith (1955 ) mendasarkan pada struktur organ seksualnya.

  6. Sampai permulaan abad 20 telah dikenal 4 kelas Algae, yaitu Chlorophyceae, Phaeophyceae, Rhodophyceae dan Myxophyceae (Cyanophyceae). Ahli Protozoologi menempatkan semua organisme bersel tunggal yang berkhlorofil, berflagella seta motil dalam kelas Mastigophora dari filum Protozoa. Para pakar botani mengeluarkan anggota-anggota tertentu dari deret (seri) Volvocin. Rabenhorst menempatkan seri Chlamydomonas-Volvox dalam ganggang hijau rumput dan diberi nama Chlorophyllaceae.
    Xanthophyceae (Heterokontae) dipisahkan dari Chlorophyceae pada permulaan abad 20 dan Fagellatae tertentu yang berpigmen dimasukkan dalam kelas Xanthophyceae.
    Berbagai macam kelompok yang semula oleh pakar Protozoologi dimasukkan dalam Mastigophora secara filogegenetik berhubungan dengan organisme yang bersifat algae sejati.

  7. Sistem klasifikasi algae ada bermacam-macam. Seiring dengan majunya ilmu pengetahuan terutama dalam penelitian fisiologi, biokimia, dan penggunaan mikros- kop elektron, maka klasifikasi algae ke dalam divisinya, kini didasarkan pada:

    1. pigmentasi,

    2. hasil fotosintesis,

    3. flagelasi,

    4. sifat fisik dan kimia dinding sel,

    5. ada atau tidak adanya inti sejati.


    Atas dasar hal tersebut, Smith membagi algae menjadi; Divisi: Chlorophyta, Euglenophyta, Pyrrophyta, Chrysophyta, Phaeophyta, Rhodophyta dan Cyanophyta. Pyrrophyta, Chrysophyta,dan Euglenophyta termasuk Protista (Protista algae); Cyanophyta termasuk Monera.

  8. Algae mempunyai bermacam-macam bentuk tubuh:

    1. Bentuk uniseluler: bentuk uniseluler yang berflagela dan yang tidak berflagela.

    2. Bentuk multiseluler:

      1. a. koloni yang motil, b. koloni yang kokoid

      2. Agregasi: bentuk palmeloid, dendroid, dan rizopoidal.

      3. Bentuk filamentik: filamen sederhana, filamen bercabang, filamen heterotrikh, filamen pseudoparenkhimatik yang uniaksial dan multiaksial.

      4. Bentuk sifon/pipa.

      5. Pseudoparenkhimatik

  9. Reproduksi

    1. Vegetatif: fragmentasi, pembelahan sel, pembentukan hormogonia.

    2. Aseksual: pembentukan mitospora, zoospora, aplanospora, hipnospora, stadium pamela.

    3. Seksual: isogami, heterogami yang terdiri dari anisogami dan oogami, aplanogami, autogami.

  10. Pergantian keturunan

    1. Pergantian keturunan haplobiontik terdiri dari: pergantian keturunan yang haplontik dan diplontik.

    2. Pergantian keturunan yang isomorfik dan heteromorfik.


Divisi: Chlorophyta, Phaeophyta, Rhodophyta, Cyanophyta

I. Divisi Chlorophyta

Ciri-ciri

  1. Pigmen, khlorofil a dan b, santofil, dan karoten, khlorofil terdapat dalam jumlah yang banyak sehingga ganggang ini berwarna hijau rumput.
  2. Hasil fotosintesis berupa amilum dan tersimpan dalam khloroplas.
  3. Khloroplas berjumlah satu atau lebih; berbentuk mangkuk, bintang, lensa, bulat, pita, spiral dsb.
  4. Sel berinti sejati, satu atau lebih.
  5. Sel kembara mempunyai 2 atau 4 flagela sama panjang, bertipe whiplash.
  6. Dinding sel mengandung selulose.
  7. Bentuk talus/struktur vegetatif
    1. uniseluler motil/berflagela: Chlamydomonas sp.

    2. uniseluler nonmotil/kokoid: Chlorella sp.
    3. koloni motil (sel-sel dalam koloni mempunyai flagela) Volvox sp
    4. koloni nonmotil (kokoid ): Pediastrum sp., Hydrodictyon sp.
    5. palmeloid: Tetraspora sp.
    6. dendroid: Prasinocladus sp.
    7. berbentuk filamen: bercabang: Cladophora sp.
    8. tidak bercabang: Oedogonium sp., Spirogyra sp.
    9. heterotrikh: Coleochaeta sp., Stigeoclonium sp.
    10. berbentuk helaian/lembaran yang distromatik: Ulva sp.
    11. lembaran yang monostromatik: Monostroma sp.
    12. berbentuk silinder yang beruang di tengah: Enteromorpha
    13. berbentuk sifon/spnositik: Caulerpa sp., Codium sp.

Perkembangbiakan

  1. secara vegetatif: dengan fragmentasi talusnya

  2. secara aseksual: dengan pembentukan zoospora, aplanospora, hipnospora, autospora.
  3. secara seksual: isogami, Anisogami, oogami, aplanogami.

Chlorophyta dibagi menjadi 2 kelas, yaitu Chloropyceae dan Charophyceae
Menurut Smith (1955) Chlorophyceae dibagi menjadi 12 bangsa, yaitu: Volovocales, Tetrasporales, Ulothrichales, Ulvales, Schizogoniales (Prasiolales) Cladophorales, Oedogoniales, Zygnematales, Chlorococcales, Siphonales, Dasycladales dan Siphonocladales. Oleh beberapa penulis, Tetrasporales dan Volovocales sering disatukan menjadi satu bangsa, yaitu Volvocales dan Tetrasporales dianggap sebagai anak bangsa dan Volvocales. Dalam hal ini, mereka berpendapat bahwa kedua bangsa tersebut hanya mempunyai perbedaan kecil saja.

Tempat hidup

Sebagian besar ± 90% merupakan algae air tawar terdapat pula di tanah atau di dinding tembok yang lembab, di atas batang pohon dan dapat pula sebagai epifil (pada permukaan daun).

Charophycaea

  1. Tubuh merupakan talus yang tegak, beruas dan berbuku-buku dan bercabang. Cabang yang pertumbuhannya tak terbatas keluar dari buku-buku tersebut dan dari setiap buku keluar cabang yang pertumbuhannya terbatas, yaitu cabang lateral (filoid) yang letaknya melingkari buku tersebut. Tubuh ini sering diliputi oleh CaCO3.

  2. Reproduksi.

    1. secara seksual: dilakukan dengan oogami. Alat kelamin betina dikelilingi benang-benang steril yang letaknya melingkar hingga membentuk spiral. Alat kelamin jantan, terdiri dari satu sel, masing-masing anteridium disatukan dalam filamen yang uniseriate dan dibungkus oleh selubung yang terdiri dari 8 sel.

    2. secara vegetatif: dengan membentuk bintang-bintang amilum dan bulbus.

Dengan melihat struktur alat kelamin dan adanya stadium protenema dalam perkembangan zigot, struktur vegetatif dari tubuhnya, maka beberapa ahli mengatakan bahwa kedudukan Chara berada antara Thallophyta dan Bryophyta. Jenis-jenis yang masih hidup adalah Chara spp dan Nitella spp kesemuanya hidup di air tawar.

II. Divisi Phaeophyta
Hanya terdiri dari satu kelas : Phaeophyceae

Ciri-ciri

  1. Tubuh selalu berupa talus yang multiseluler yang berbentuk filamen, lembaran atau menyerupai semak/pohon yang dapat mencapai beberapa puluh meter, terutama jenis-jenis yang hidup di lautan daerah beriklim dingin.

  2. Set vegetatif mengandung khloroplast berbentuk bulat, bulat panjang, seperti pita; mengandung khlorofil a dan khlorofil c serta beberapa santofil misalnya fukosantin. Cadangan makanan berupa laminarin dan manitol. Dinding sel mengandung selulose dan asam alginat.

Reproduksi

Sel reproduksi yang motil baik zoospora ataupun zoogamet berflagela 2 buah, tidak sama panjang dan terletak dibagian lateral dari sel, bertipe whiplash dan tinsel. Reproduksi aseksual dilakukan dengan pembentukan zoospora atau aplanospora. Reproduksi seksual dilakukan secara isogami, anisogami atau oogami.

Daur hidup

Jenis-jenis dari bangsa-bangsa dalam Phaeophyceae mempunyai daur hidup dengan pergantian keturunan, kecuali jenis-jenis dari bangsa Fucales. Ada tiga tipe pergantian keturunan, yaitu: isomorfik (Dictyola sp.), heteromorfik (Laminaria sp). Dan diplontik (Sargassum sp.)

Tempat hidup

Sebagian besar hidup di laut hanya ada beberapa jenis saja yang hidup di air tawar.

III. Divisi Rhodophyta
Hanya mempunyai satu kelas, yaitu Rhodophyceae.

Ciri-ciri

  1. Sel mempunyai dinding yang terdiri dari selulose dan agar atau karagen.
    Rhodophyceae tidak pernah menghasilkan sel-sel berflagela.

  2. Pigmen
    Khlorofil: terdiri dari khlorofil a dan d.
    Fikobilin: fikoeritrin dan fikosianin yang sering disebut pigmen aksesoris.
    – karoten
    Pigmen-pigmen tersebut terdapat dalam kloroplas

  3. Cadangan makanan berupa tepung flaridea dan terdapat diluar khloroplas.

  4. Talus
    Hampir semuanya multiseluler, hanya 2 marga saja yang uniseluler. Talus yang multiseluler berbentuk filamen silinder ataupun helaian. Pada dasarnya talus yang multiseluler, terutama yang tinggi tingkatannya terdiri dari filamen-filamen yang bercabang-cabang dan letaknya sedemikian rupa hingga membentuk talus yang pseudoparenkhimatik. Talus umumnya melekat pada substrat dengan perantaraan alat pelekat. Pada Rhodophyta yang tinggi tingkatannya ada 2 tipe talus: monoaksial dan multiaksial.

Reproduksi

Reproduksi secara vegetatif dilakukan dengan fragmentasi. Rhodopyceae membentuk bermacam-macam spora, karpospora (spora seksual), sporta, netral, monospora. Tetraspora, bispora, dan polispora.

Pergantian keturunan

Pada yang tinggi tingkatannya terdiri dari 2 tipe, yaitu bifasik dan trifasik.

  1. Bifasik: inti zigot langsung mengadakan meiosis; hingga menghasilkan karposporafit haploid yang tumbuh pada gametofitnya atau inti zigot membelah mitosis hingga membentuk karposporangium yang intinya diploid inti karposporangium mengadakan meiosis dan membentuk karpospora yang haploid. Karposporofit berada pada gametofit.

  2. Trifasik: inti zigot hanya membelah mitosis, membentuk karposporangium dengan karpospora yang diploid. Karposporofit terdapat pada gametofit, karpospora yang diploid tumbuh menjadi tetrasporofit yang diploid dan hidup bebas, tetrasporangium yang terbentuk intinya membelah meiosis dan menghasilkan 4 spora yang haploid (tertraspora). Tetraspora tumbuh menjadi gametofit. Gametofit dan tetrasporofit umumnya isomorfik.

 

 Soal Pilihan Ganda dan EssayTaksonomi Tumbuhan Rendah

Latihan Soal Pilihan Ganda Bab Taksonomi Tumbuhan Rendah
  1. Perkembangan makhluk hidup dari tingkat rendah sampai tingkat tinggi yang menggambarkan sejarah keturunan atau silsilah dari makhluk hidup yang sekarang ada, dinamakan....
    A. Ontogeni
    B. evolusi
    C. biogenetik
    D. Filogeni
  2. Berkaitan dengan adaptasi fungsi pada tumbuhan, terjadi ragam-ragam baru yang berubah bentuk dari bentuk aslinya. Fenomena ini dikenal sebagai..
    A. Metamorfosis
    B. Modifikasi
    C. Spesiasi
    D. Mutasi
  3. Pernyataan yang benar untuk klasifikasi tumbuhan adalah bahwa,...
    A. Klasifikasi tumbuhan dari waktu ke waktu selalu tetap
    B. Klasifikasi tumbuhan tidak mengikuti perkembangan IPTEK
    C. Klasifikasi tumbuhan mengalami perubahan sesuai dengan persepsi dan tingkat ilmu pembuat klasifikasi
    D. Sistem Klasifikasi tumbuhan hanya ada satu
  4. Ilmu yang mempelajari tentang identifikasi,tatanama, dab klasifikasi suatu objek dinamakan.....
    A. Sistemik
    B. Taksonomi
    C. Klasifikasi
    D. Taksonomi eksperimental
  5. Taksonomi tumbuhan sangat bermanfaat dalam kehidupan manusia, sebab....
    A. tumbuhan sebagai kebutuhan sampingan manusia
    B. penggolongan dan penamaan tumbuhan sangat berkaitan erat dalam kehidupan manusia
    C. taksonomi tumbuhan sebagai satu-satunya ilmu untuk mempelajari tumbuhan
    D. taksonomi tumbuhan merupakan ilmu yang mempelajari hubungan kekerabatan
  6. Kesimpulan dan perwujudan dari perincian takson disajikan dalam bentuk....
    A. deskripsi
    B. kunci identifikasi
    C. gambar diagnostik
    D. koding data
  7. Menentukan nama tumbuhan dengan benar dan tempatnya yang tepat dalam sitem klasifikasi merupakan kegiatan...
    A. pencirian
    B. klasifikasi
    C. identifikasi
    D. penamaan
  8. Linnaeus dikenal sebagai pencipta sistem tatanama ganda, sebab linnaeus adalah...
    A. Orang pertama kali yang menerapkan sistem nama ganda tumbuhan
    B. orang pertama kali yang konsisten menerapkan sistem nama ganda dalam buku pecies Plantarum
    C. yang menciptakan kode internasional tatanama tumbuhan
    D. ahli taksonomi yang konsisten menggunakan nama latin
  9. Dalam kode tatanama tumbuhan yang merupakan dari sistem tatanama adalah pada bagian...
    A. mukadimah
    B. asas-asas
    C. peraturan-peraturan
    D. saran-saran
  10. Sifat dan ciri yang digunakan sebagai dasar dalam klasifikasi tumbuhan adalah....
    A. sama untuk semua takson
    B. sama dari masa ke masa
    C. bersifat baku
    D. berbeda-beda tergantung tujuan dan orang yang mengklasifikasi
  11. Klasifikasi tumbuhan berdasarkan habitus, tumbuhan semak meliputi kelompok tumbuhan...
    A. yang lebih kecil,pendek, dan berkayu
    B. berumur panjang, tinggi dan berkayu
    C. kecil-kecil, tidak berkayu
    D. berumur pendek
  12. Fitopalnkton merupakan komponen organisme yang penting dalam ekosistem perairan sebab fitoplankton merupakan
    A. konsumen primer
    B. tanaman sekunder
    C. produsen primer
    D. produsen sekunder
  13. Senyawa berikut adalah zat pengatur tumbuh sintetik dari kelompok sitokinin..…
    A. BA dan Kinetin
    B. IBA dan NAA
    C. Zeatin dan ZiP
    D. 2,4-D dan Dormin
  14. Embrio merupakan hasil dari proses..…
    A. pembesaran kantung embrio
    B. pembuahan
    C. penyerbukan
    D. pembesaran ovari
  15. Bentuk dan ukuran buah berbiji banyak sangat ditentukan oleh…..
    A. Pengguguran biji
    B. Jumlah biji yang berhasil terbentuk dan tumbuh mencapai kematangan
    C. Jenis biji
    D. Ketebalan lapisan kutikula pada kulit
  16. Iklim merupakan rangkuman dari statistik komponen-komponen iklim yang terjadi atas ..…
    A. cuaca, kelembaban, dan curah hujan
    B. suhu, kelembaban, tekanan atmosfir, curah hujan, angin, dan partikel atmosfir
    C. suhu, sinar matahari, dan curah hujan
    D. suhu, kelembaban, angin, dan curah hujan
  17. Jika udara mengalir dan mengalami kontak dengan permukaan yang lebih dingin, maka udara mengalami mekanisme pendinginan…..
    A. Konduktif
    B. Adiabatik
    C. Radiasional
    D. Evaporatif
  18. Dalam budidaya tanaman, tanah adalah bagian muka bumi yang terbentuk dari bantuan induk karena…..
    A. terpecah-pecah secara fisik dan kimia
    B. Faktor alam
    C. Terpecah-pecah secara fisik dan mekanik
    D. Terpecah-pecah secara kimia
  19. Proporsi air segar (fresh water) yang digunakan untuk pertanian diperkirakan sebesar…..
    A. 0 – 0,001%
    B. 1,7%
    C. 0,3%
    D. 70%
  20. Kebutuhan air bagi tanaman dihitung berdasarkan…..
    A. Jumlah air yang diperlukan per satuan bobot kering bahan pangan yang dihasilkan
    B. Jumlah air yang diperlukan per jumlah gula yang dihasilkan tanaman
    C. Jumlah air yang diperlukan per satuan bobot basah tanaman
    D. Jumlah air yang diperlukan per satuan bobot kering tanaman

 

 Soal dan Jawaban Selengkapnya Bisa di lihat di Bawah ini dan Bisa di Download Filenya:

 

Download File DOCx Nya

 

Baca Juga: Pengertian Virus Adalah : Ciri-ciri , Struktur, Macam Macam, Penyakit yang disebabkan oleh virus Beserta Soal (Esai) Virus Lengkap Jawaban

 

Demikian Penjelasan Tentang  Materi Taksonomi Tumbuhan Rendah Beserta Soal Pilihan Ganda dan Essay Taksonomi Tumbuhan Rendah . Jangan Lupa selalu kunjungi referensisiswa.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

 Penelusuran yang terkait dengan Taksonomi Tumbuhan Rendah

  • makalah tumbuhan tingkat rendah
  • botani tumbuhan rendah pdf
  • contoh tumbuhan rendah
  • download buku taksonomi tumbuhan pdf
  • ruang lingkup tumbuhan rendah
  • jurnal tumbuhan tingkat rendah pdf
  • pengertian botani tumbuhan rendah
  • jurnal taksonomi tumbuha