Materi Suhu Dan Termometer Beserta Soal - Soal Dan Penyelesaian nya Secara Lengkap

 

Pengertian Suhu


Suhu adalah suatu besaran yang menunjukkan derajat panas benda. Suhu juga disebut temperatur yang diukur dengan alat termometer. Mudahnya, semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut. Secara mikroskopis, suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh suatu benda. Setiap atom dalam suatu benda masing-masing bergerak, baik itu dalam bentuk perpindahan maupun gerakan di tempat getaran. Makin tingginya energi atom-atom penyusun benda, makin tinggi suhu benda tersebut.

Secara kualitatif, kita dapat mengetahui bahwa suhu adalah sensasi dingin atau hangatnya sebuah benda yang dirasakan ketika menyentuhnya. Secara kuantitatif, kita dapat mengetahuinya dengan menggunakan termometer.

 

Baca Juga:   Materi Gerak Melingkar , Rumus dan Soal Dan Penyelesaian Gerak Melingkar


Pengertian Termometer

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu (temperatur), ataupun perubahan suhu. Istilah termometer berasal dari bahasa Latin thermo yang berarti panas dan meter yang berarti untuk mengukur (to measure). Prinsip kerja termometer ada bermacam-macam, yang paling umum digunakan adalah termometer air raksa. Jenis lainnya yang juga dikenal adalah Celsius, Reaumur, Fahrenheit dan Kelvin.

 


Jenis termometer menurut penggunaan

Termometer banyak jenisnya yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat, yakni:

  1. Termometer demam
  2. Termometer ruangan (dinding)
  3. Termometer maksimum-minimum
  4. Termometer differensial

Berikut penjelasannya:

  • Termometer demam

Termometer demam banyak digunakan oleh masyarakat dan biasanya selalu disimpan dirumah.Termometer demam dipakai untuk mengukur suhu badan saat panas. Termometer demam memiliki skala dari 35 derajat celsius hingga 42 derajat celsius.Karena suhu tubuh manusia tidak pernah kurang dari 35 derajat celsius atau tidak pernah lebih dari 42 derajat celsius.Bagian-bagian pada termometer demam terdiri atas tabung (terbuat dari kaca tipis), bagian sempit, batang kaca, dan air raksa.

  • Termometer ruangan

Termometer ruangan adalah termometer yang digunakan untuk mengukur suhu suatu ruangan. Skala termometer ruangan dari -20 derajat celsius hingga 50 derajat celsius.Biasanya diletakan menempel pada dinding. Itu untuk memudahkan pembacaan suhu.

  • Termometer maksimum-minimum

Termometer maksimum-minimum digunakan untuk mengukur suhu tertinggi dan suhu terenda di suatu tempat. Bahkan dapat mengukur suhu maksimum dan minimum sekaligus.Karena pada termometer tersebut terdiri atas raksa dan alkohol. Raksa digunakan untuk mengukur suhu maksimum, sedangkan alkohol untuk suhu minimum.

  • Termometer differensial

Termometer differensial merupakan termometer yang digunakan untuk menentukan selisih suhu dua tempat yang saling berdekatan.

 

Jenis termometer menurut skala

Pada termometer menurut skala ada beberapa jenis, yakni:

  1. Termometer celsius
  2. Termometer reaumur
  3. Termometer fahrenheit
  4. Termometer kelvin

Berikut penjelasannya:

  • Termometer Celcius

Titik tetap bawah diberi angka 0 dan titik tetap atas diberi angka 100. Di antara titik tetap bawah dan titik tetap atas dibagi 100 skala.

  • Termometer reaumur

Titik tetap bawah diberi angka 0 dan titik tetap atas diberi angka 80. Di antara titik tetap bawah dan titik tetap atas dibagi menjadi 80 skala.

  • Termometer fahrenheit

Titik tetap bawah diberi angka 32 dan titik tetap atas diberi angka 212. Di antara titik tetap bawah dan titik tetap atas dibagi 180 skala.

  • Termometer kelvin

Pada termometer Kelvin, titik terbawah diberi angka nol. Titik ini disebut suhu mutlak, yaitu suhu terkecil yang dimiliki benda ketika energi total partikel benda tersebut nol.Kelvin menetapkan suhu es melebur dengan angka 273 dan suhu air mendidih dengan angka 373.

 

 

Daftar Rumus Skala Suhu

 


 

Terdapat kesalahan dalam peletakan rumus*

atau rumus yang dapat dipakai pada perubahan celcius ke fahrenheit yakni C x 1,8 + 32 serta dari fahrenheit ke celcius (F – 32)/1,8

Rumus skala pada thermometer:

  1. Untuk Mencari R dari C : R = 45 x C
  2. Untuk Mencari R dari F : R = (F – 32) x 49
  3. Untuk Mancari F dari R : F = (R x 94 ) + 32
  4. Untuk Mencari F dari C : F = (C x 95 ) + 32
  5. Untuk Mencari C dari R : C = 54 x R
  6. Untuk Mencari C dari F : C = (F – 32) x 59
  7. Untuk Mencari C dari K : C = K – 273
  8. Untuk Mencari K dari C : K = 273 + C

 

 

Alat ukur

Dengan secara kualitatif, kita dapat melihat bahwa suhu itu merupakan sensasi dingin atau juga hangatnya suatu benda yang dirasakan pada saat menyentuhnya, dengan ini kita dapat mengetahuinya dengan memakai alat ukur yakni termometer. Suhu tersebut bisa diukur dengan memakai alat termometer yang berisi air raksa atau alkohol. kata termometer ini diambil dari dua kata yakni “thermo” yang artinya “panas” serta meter yang artinya adalah “mengukur”.

 

 SOAL DAN PENYELESAIAN TERMOMETER


Soal 1: Suatu benda diukur suhunya dengan termometer Fahrenheit menunjukkan angka pengukuran 68oF. Tentukanlah angka hasil pengukuran jika benda tersebut diukur menggunakan termometer Celcius!
Penyelesaian Fisika:

 


Soal 2: Suatu benda diukur suhunya dengan termometer Celcius menunjukkan angka pengukuran 50oC. Tentukanlah angka hasil pengukuran jika benda tersebut diukur menggunakan termometer Fahrenheit!
Penyelesaian Fisika:

 


Soal 3: Suatu benda diukur suhunya dengan termometer Celcius menunjukkan angka pengukuran 90oC. Tentukanlah angka hasil pengukuran jika benda tersebut diukur menggunakan termometer Reamur!
Penyelesaian Fisika:

 


Soal 4: Suatu benda diukur suhunya dengan termometer Celcius menunjukkan angka pengukuran 60oR. Tentukanlah angka hasil pengukuran jika benda tersebut diukur menggunakan termometer Kelvin!
Penyelesaian Fisika:

 


 

Soal 5: Suatu termometer A mempunyai skala titik tetap bawah 20oA dan titik tetap atas 60oA. Jika suatu cairan dikur suhunya menggunakan termometer Fahrenheit menunjukkan 86oF, tentukanlah berapa skala yang akan ditunjukkan termometer A!
Penyelesaian Fisika:

 


 

Soal 6 :Suhu air dalam sebuah bejana adalah 40 °C. Jika suhu air diukur dengan termometer Fahrenheit akan menunjukkan suhu…

A. 40 K

B. 58 K

C. 104 F

D. 122 F

E. 125 F

Pembahasan / penyelesaian soal 

Cara menjawab soal ini sebagai berikut:

 


 

Soal 7: Suhu suatu benda adalah 60 °C. Suhu benda jika diukur dengan termometer Reamur adalah…

A. 12 R

B. 35 R

C. 40 R

D. 48 R

E. 50 R

Pembahasan / penyelesaian soal

Cara menjawab soal ini sebagai berikut:

 


 

Soal  8 : Suhu suatu zat 212 F. Suhu mutlak zat tersebut adalah …

A. 100 K

B. 373 K

C. 391 K

D. 452 K

E. 485 K

Pembahasan / penyelesaian soal

Cara menjawab soal ini sebagai berikut:


Soal  9 : Termometer Y dapat mengukur air membeku pada suhu – 30° dan air mendidih pada skala 120°. Jika suhu benda menunjukkan angka 40 °C, maka suhu yang ditunjukkan termometer Y adalah … °Y

A. 34

B. 60

C. 80

D. 90

E. 95

Pembahasan / penyelesaian soal

 

 


 

 

 Baca Juga: Pengertian Massa Jenis - Rumus, Dan Satuan + Contoh Soalnya (LENGKAP)

 

Penelusuran yang terkait dengan MATERI SUHU DAN TERMOMETER

  • pengertian suhu
  • pengertian suhu menurut para ahli
  • materi suhu dan kalor
  • rumus suhu
  • materi suhu dan kalor kelas 11 kurikulum 2013
  • konversi suhu pada termometer
  • apa yang dimaksud dengan suhu
  • pengertian suhu lengkap