Materi Bulu Tangkis dan Soal Bulu Tangkis Beserta Jawaban Secara Lengkap


Pengertian Bulu tangkis

“Badminton atau bulu tangkis adalah sebuah olahraga raket yang dalam permainannya dilakukan oleh dua orang yaitu satu lawan satu untuk permainan tunggal. Ataupun permainan ganda memakai dua pasangan yang saling berlawanan” Permainan olahraga ini hampir sama dengan tenis. Bulutangkis atau yang umum disebut dengan badminton bertujuan untuk memukul bola permainan yang disebut kok atau shuttlecock.


Sejarah Bulu Tangkis

Permainan bulu tangkis ini kemungkinan berkembang di Mesir Kuno sekitar 2000 tahun yang lalu, akan tetapi juga dapat disebut-sebut di negara India dan Republik Rakyat Tiongkok.
Dan seiringnya pada perkembangan sebuah permainan bulu tangkis dikenal luas oleh masyarakat dunia pada abad pertengahan di negara Inggris, yaitu sebuah permainan tradisional anak-anak setempat yang bernama sebagai battledore dan shuttlecocks.Anak-anak pada waktu itu biasanya akan menggunakan sebuah dayung atau tongkat dan dapat bersiasat bersama untuk menjaga kok agar tetap diudara dan mencegah untuk menyentuh tanah.Dan pada olahraga bulu tangkis diciptakan oleh para petugas tentara Britania di negara Pune, India pada abad yang ke-19 pada saat mereka akan menambahkan jaring dan memainkannya secara bersaingan.

Kemudian para tentara ini membawa sebuah permainan itu kembali ke negara Inggris pada tahun 1850-an. Dan pada tahun 1877 rancangan pada peraturan pertama kali ini ditulis oleh Klub Badminton Bath.Selanjutnya pada tahun 1893 Asosiasi pada bulu tangkis Inggris di bentuk dan kejuaraan internasional pertamanya pada tahun 1899 dengan sebuah kejuaraan All England.
Setelah itu bulu tangkis ini menjadi sebuah olah raga populer di dunia, terutama di wilayah Asia Timur dan Tenggara, yang saat ini untuk mendominasi olah raga ini dan di berbagai negara-negara Skandinavia.

Karena pada perkembangannya yang sangat pesat maka perlu didirikannya sebuah organisasi internasional untuk dapat mengatur kegiatan bulu tangkis internasional.Lalu diberi sebuah nama international badminton federation (IBF) pada tanggal 5 juli 1934 yang beranggotakan dari beberapa negara saja.Di negara Indonesia dapat dibentuk sebuah organisasi induk bulu tangkis tunggal nasional, yaitu pada persatuan bulu tangkis seluruh indonesia (PBSI) pada tanggal 5 mei 1951.
Kemudian pada tahun 1953 Indonesia ini menjadi anggota IBF dan berhak untuk dapat mengikuti pertandingan-pertandingan internasional.


Baca Juga: Materi Pencak Silat dan Soal Pencak Silat Beserta Jawabannya Secara Lengkap

Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis

1. Teknik Memegang Raket
  • Pegangan Geblok Kasur atau Pegangan Amerika
Cara memegang raket, dengan letakkan raket di lantai secara mendatar, kemudian ambillah dan peganglah sehingga pada bagian tangan antara ibu jari dan jari telunjuk dapat menempel pada bagian permukaan yang lebar.
  • Pegangan Kapak atau Pegangan Inggris
Cara memegang raket dengan miring di atas lantai, kemudian raket diletakkan dan diangkat pegangannya, sehingga bagian tangan antara ibu jari dan juga jari telunjuk menempel pada bagian permukaan pegangan raket yang kecil atau sempit.
  • Pegangan Gabungan atau Pegangan Berjabat Tangan
Pegangan jenis ini juga disebut dengan Shakehand grip atau pegangan berjabat tangan. Caranya ialah dengan memegang raket seperti orang yang berjabat tangan.
Caranya ini hampir sama dengan pegangan Inggris, tetapi setelah raket dimiringkan pada tangkai dipegang dengan cara ibu jari ini melekat pada bagian dalam yang kecil sedang jari-jari lain melekat pada bagian dalam yang sangat lebar.
  • Pegangan Backhand
Cara memegang raket, letakkan raket dengan miring di atas lantai kemudian ambil dan peganglah pada pegangannya.
Letak ibu jari dan menempel pada bagian pegangan raket yang lebar, jari telunjuk letaknya berada di bawah pegangan pada bagian yang sangat kecil.
Kemudian raket ini diputar sedikit ke kanan sehingga letak raket bagian belakang menghadap ke depan.

2. Sikap Berdiri (Stance)
Beberapa bentuk dari sikap berdiri atau stance yang perlu diketahui dan dikuasai pada dasarnya terbagi menjadi tiga bagian, yaitu sebagai berikut :
  • Stance pada saat melakukan servis.
  • Stance pada saat menerima servis
  • Stance pada saat rally.

3. Kerja Kaki (Footwork)
Kerja kaki ini memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah permainan bulutangkis. Footwork yaitu dengan berbagai gerakan-gerakan langkah kaki yang mengatur badan untuk dapat menempatkan posisi badan sedemikian rupa sehingga memudahkan dalam melakukan sebuah gerakan memukul shuttlecock sesuai dengan posisinya.
Tujuan dari footwork yang baik ialah supaya pemain dapat bergerak seefisien mungkin ke segala bagian dari lapangan.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam sebuah teknik melangkah (footwork) dalam permainan bulutangkis yaitu :
  • Menentukan pada saat yang tepat untuk bergerak mengejar bola dan menentukan saat-saat yang tepat kapan harus berbuat dan memukul bola dengan tenang.
  • Tetap memiliki sebuah keseimbangan badan pada saat melakukan pukulan.

4. Pukulan (Strokes)
  • Pukulan Servis
Pukulan servis merupakan sebuah pukulan dengan raket yang menerbangkan shuttlecock kebidang lapangan lain secara diagonal dan juga bertujuan sebagai pembuka permainan dan merupakan suatu pukulan yang penting dalam permainan bulutangkis.
Teknik pada pukulan servis dapat dilakukan dengan beberapa jenis, yaitu seperti servis pendek, servis panjang, servis drive dan servis kedut.
  • Pukulan Lob
Pukulan lob yakni suatu pukulan dalam sebuah permaian bulutangkis yang dilakukan dengan tujuan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan.
Kegunaan utama dari pukulan lob untuk dapat membuat bola menjauh dari lawan anda dan membuatnya bergerak dengan cepat.
Dengan mengarahkan bola ke belakang lawan atau juga dengan membuat mereka bergerak lebih cepat dari yang mereka inginkan, akan membuat mereka kekurangan waktu dan akan menjadi lebih cepat lelah.
  • Pukulan Drive
Pukulan drive ialah sebuah pukulan yang dilakukan dengan cara menerbangkan shuttlecock secara mendatar, ketinggiannya menyusur di atas net dan penerbangannya harus sejajar dengan lantai.
Pukulan drive ini biasanya digunakan untuk dapat menyerang atau mengembalikan bola dengan cepat secara lurus maupun dari menyilang ke daerah lawan, baik dengan forehand maupun backhand.
  • Pukulan Dropshot
Pukulan dropshot merupakan salah satu dari pukulan yang lambat atau pelan yang jatuh tepat di muka jaring, di lapangan muka lawan anda dan juga sebaiknya di depan garis serve pendek.
Pukulan ini dapat memaksa lawan untuk dapat bergerak ke depan, sehingga lapangan belakang kosong. Hal ini akan memberikan sebuah kesempatan bagi pemain untuk mematikan lawan.
  • Pukulan Smash
Pukulan smash yakni suatu pukulan yang sangat keras dan curam ke bawah mengarah ke bidang lapangan pihak lawan. Pukulan smash merupakan sebuah usaha penyerangan yang dilakukan dengan suatu pukulan bola yang keras lurus ke bawah sehingga bola dapat bergerak dengan cepat dan menikuk melewati atas net menuju ke lapangan.
  • Pukulan Netting
Pukulan netting atau jaring yaitu salah satu jenis pukulan yang cukup sulit dalam sebuah permainan bulutangkis, karena pada permainan netting ini banyak memerlukan kecermatan yang penuh perasaan atau feeling.
Tujuan dari penempatan bola yang jatuh dekat net ialah agar lawan kesulitan untuk dapat mengembalikan bola, karena jatuhnya bola dekat dengan net, maka pengembalian bola lawan dapat kemungkinan tanggung.


Peraturan Badminton

peraturan yang berlaku yaitu harus sesuai dengan peraturan IBF. Kebijakan ini bukan hanya berlaku untuk peralatan dan perlengkapan yang dipakai saja. tetapi, partai yang berkepentingan juga harus mengikutinya seperti contohnya produsen peralatan.
  1. Para pemain pada permainan badminton dibedakan menjadi beberapa partai. Partai itu diantaranya adalah partai tunggal dan partai ganda. Partai ini berlaku untuk putra maupun putri. tetapi, dalam partai ganda ada ganda campuran.
  2. Pertandingan dipimpin seorang wasit da dibantu 4 hakim garis. Jika bola keluar garis isyarat hakim garis yaitu dengan merentangkan kedua tangan ke samping.
  3. Sebelum permainan dimulai, akan diadakan undian untuk melakukan servis terlebih dahulu bagi tim yang menang dalam undiannya.

Perhitungan Angka

Perhitungan atau skorsing di permainan badminton memiliki ketentuan sebagai berikut:
Dilakukan dengan dua kali kemenangan. Sejak februari tahun 2006, semua partai permainan menggunakan sistem pemenang 2 dari 3 set yang masing-masing didapat dengan sistem penilaian rally point. Sistem ini dilakukan dengan jumlah setiap game 21.Dan jika terjadi kedudukan nilai 20-20, maka dinamakan yus. hingga untuk mencari kemenangan setelah kedudukan itu selisih dua poin lebih dulu harus bisa diraih. Bila pihak server melakukan kesalahan, maka penerima server dinyatakan pindah bola dan mendapat nilai 1 poin.
Bila penerima server melakukan kesalahan, maka pemain server mendapat nilai 1 poin.
Server melakukan kesalahan jika letak shuttlecock saat dipukul lebih tinggi dari pinggang server. Atau ketika shuttlecock dipukul badan raket tak diarahkan ke bawah, hingga semua bagian kepala raket tak secara jelas dan nyata ada di bawah tangan server yang memegang raket.


Lapangan Bulu Tangkis


Seperti yang telah kita tahu, lapangan bulu tangkis atau badminton ini berbentuk persegi panjang.
Yang kemudian dibagi menjadi dua bagian yaitu bidang permainan yang saling berhadapan serta terpisah dengan net yang membentang di tengah.
Dalam lapangan bulu tangkis ini terdapat beberapa garis yang meliputi:
  • garis servis depan
  • garis servis tengah
  • garis servis samping untuk permainan tunggal sisi kiri dan kanan, serta
  • garis servis belakang untuk permainan ganda.
Garis-garis tersebut mempunyai ketebalan sekitar 40 mm.
Dan warnanya pun harus kontras dengan warna lapangan, sehingga gampang untuk dilihat.
Alas dari lapangan ini berbahan dasar sintetis yang lunak dan juga kayu.
Serta tidak dibolehkan untuk menggunakan permukaan lapangan yang bahannya terbuat dari bahan sintetis keras seperti beton.
Sebab hal tersebut dapat mengakibatkan para pemain cidera.
Berikut ini adalah ukura lapangan bulu tangkis yang ditetapkan dengan standar internasional.
  • Panjang lapangan badminton yaitu 13,40 m.
  • Lebar lapangan badminton 6,10 m.
  • Jarak garis servis depan dari garis net 1,98 m.
  • Jarak garis servis tengah dari garis samping lapangan 3,05 m.
  • Jarak garis servis belakang (untuk permainan ganda) dari garis belakang lapangan 0,76 m.
  • Jarak garis samping permainan tunggal dari garis pinggir lapangan 0,46 m.
  • Tinggi tiang net 1,55 m.
  • Tinggi net 1,52 m.
Tak hanya itu, terdapat juga ukuran lapangan mini yang biasanya digunakan untuk anak usia di bawah 9 tahun. Yang memiliki ukuran panjang 10.05 meter dan dengan lebar 4,40 meter.
Dan setiap ukuran lapangan bulu tangkis ini berbeda, tergantung dengan jumlah dari pemainnya.

Lapangan Bulu Tangkis Untuk Partai Tunggal
Pada permainan partai tunggal, lebar lapangan atau bidang permainan menggunakan garis lapangan samping bagian dalam.
Serta dalam panjangnya menggunakan garis belakang bagian luar.
Sementara area permainan partai ganda lebarnya menggunakan garis luar pada bagian samping. Dan panjangnya memakai garis belakang bagian luar.
Berikut rincian ukuran lapangan bulu tangkis untuk permainan tunggal:
  • Panjang bidang permainan yaitu 13,40 m.
  • Lebar bidang permainan yaitu 5,18 m.
  • Panjang bidang penerima servis yaitu 4,72 m.
  • Lebar bidang penerima servis yaitu 2,59 m.

Lapangan Bulu Tangkis Untuk Partai Ganda
Pada permainan partai ganda, lebar area permainannya mengenakan garis lapangan samping sisi dalam sementara untuk panjangnya menggunakan garis belakang sisi luar.
Lebar area permainan partai ganda memakai garis luar sisi samping serta untuk panjangnya memakai garis belakang bagian luar.
Berikut rincian ukuran lapangan bulu tangkis untuk permainan ganda:
  • Panjang bidang permainan yaitu 13,40 m.
  • Lebar bidang permainan yaitu 6,10 m.
  • Panjang bidang penerima servis yaitu 3,96 m.
  • Lebar bidang penerima servis yaitu 3,05 m.

 

Sarana dan Prasarana Bulu Tangkis

Berikut merupakan beberapa perlengkapan atau peralatan yang digunakan dalam permainan bulu tangkis:
  • Raket
Secara tradisional, raket terbuat dari bahan dasar kayu.Namun dalam zaman modern seperti sekarang, raket sudah menggunakan berbagai bahan pilihan seperti alumunium atau logam ringan.Dan hampis seluruh pemain bulu tangkis profesional menggunakan raket yang terbuat dari komposit serat karbon (plastik bertulang grafit).Serat karbon memiliki kekuatan yang hebat di dalam perbandingan sebab berat, kaku, dan juga memberi perpindahan energi kinetik yang hebat.Namun, beberapa model rendahan masih tetap memakai baja maupun aluminium pada sebagian atau keseluruhan bahan raket.
  • Senar
Senar merupakan salah satu alat atau peralatan yang sangat diperhatikan dalam permainan bulu tangkis.Jenis dari suatu senar memiliki beberapa ciri yang berbeda satu sama lainnya.Kuat serta kokoh atau keawetan pada senar tergantung pada kinerja yang dihasilkan.Biasanya senar mempunyai ketebalan 21 ukuran serta diuntai dengan ketegangan 18 sampai 30+ lb.
  • Kok (shuttlecock)
Bola atau kok yang digunakan dalam permainan bulu tangkis terbuat dari rangkaian bulu angsa.Yang kemudian disusun membentuk kerucut terbuka. Serta memiliki pangkal yang berbentuksetengah bola yang terbuat dari bahan gabus.Dan tak jarang, ada juga kok yang berbahan dasar plastik. 
  • Sepatu
Peralatan selanjutnya yang dibutuhkan dalam permainan bulu tangkis adalah sepatu.Sepatu ini gunanya untuk melakukan percepatan dalam permainan di sepanjang lapangan.Sepatu bulu tangkis memerlukan sol karet yang memiliki fungsi dalam cengkraman yang baik.Tak hanya itu, ada juga dinsing sisi yang bertulang pada sepatu yang fungsinya supaya tahan lama selama tarik menarik antar alas yang dilakukan.Selain memberikan dampak positif, sepatu juga mempunyai dampak negatif yaitu dapat menyebabkan stres atau ketegangan pada lutut dan juga pergelangan kaki.

 Soal Bulu Tangkis Beserta Jawaban

Bagi  para siswa ataupun guru yang sedang membutuhkan soal penjas materi badminton. Berikut ini kami akan sajikan 20 soal pilihan ganda dan 5 essay tentang Bulu Tangkis beserta jawabannya, yang sudah kami susun dari berbagai sumber, langsung saja kita lihat di bawah ini.






Penelusuran yang terkait dengan Materi Bulu Tangkis
  • materi bulu tangkis smp
  • materi bulu tangkis kelas 9
  • materi bulu tangkis forehand
  • materi bulu tangkis sd
  • materi bulu tangkis kelas 12 kurikulum 2013
  • materi bulu tangkis dan lompat jauh
  • peraturan bulu tangkis
  • sejarah bulu tangkis singkat