Rawa Adalah - Pengertian, Ciri-ciri dan Manfaatnya Secara Lengkap

Pengertian Rawa-rawa

Rawa- rawa disebut juga dengan rawa merupakan suatu daerah rendah yang tergenang oleh adanya air. Pada dasarnya permukaan air rawa ini selalu di bawah lapisan atmosfer bumi atau juga setara dengan permukaan air laut, sehingga airnya selalu menggenang serta permukaan airnya itu selalu tertutup oleh tumbuhan- tumbuhan air. Pengertian lain dari rawa ialah suatu lahan yang tergenang pleh air dengan secara ilmiah dan terjadi dengan secara terus menerus atau juga terjadi secara musiman yang disebabkan karena drainase yang terhambat dan juga mempunyai ciri- ciri dengan khusus secara fisika, secara kimiawi, serta juga dengan secara biologis.
Ada pula definisi megnenai rawa lainnya adalah tanah berlumpur yang terbuat dengan secara alami, atau juga buatan manusia dengan cara dicampurkannya air tawar serta juga air laut yang dilakukan dengan secara permanen maupun sementara, termasuk juga pada daerah laut yang kedalaman airnya itu kurang dari 6 meter.Terkadang, rawa- rawa ini sangat sulit dibedakan dengan sungai. Terkadang juga kita menjumpai adanya sungai yang mirip sepetrti rawa- rawa. Sungai tersebut apabila dilihat akan sangat mirip dengan rawa.



Ciri-ciri rawa

Beberapa ciri-ciri rawa yakni
  • Warna air cenderung keruh bahkan terkadang merah
  • Pada umumnya terdapat di cekungan dengan topografi sekitar relatif datar
  • Airnya bersifat asam karena selalu terjadi penggenangan
  • Sifat kimia tanahnya anorganik dan mengandung pirit
  • Bagian dasar berupa tanah gambut
  • Bagian permukaan ditutupi oleh tumbuhan air seperti bakau dan eceng gondok
  • Terdapat banyak sarang nyamuk
 

Manfaat rawa

Rawa memiliki beberapa manfaat bagi makhluk hidup. Di antaranya yakni:
  • Sumber cadangan air
Rawa mampu menyerap dan menyimpan kelebihan air dari daerah sekitarnya. Terutama saat musim hujan.Pada musim kemarau, air itu akan tetap ada sehingga dapat dimanfaatkan oleh makhluk hidup di sekitarnya.
  • Pencegah banjir
Dengan ditampung air saat musim hujan, tidak seluruh air menjadi aliran permukaan dan menyebabkan banjir.
  • Pecegah intrusi air laut
Perairan rawa dapat mencegah perembesan air laut ke dalam lapisan tanah.Dengan demikian, air laut tidak ikut tercampur dengan air tanah dan air sungai.
  • Habitat tumbuhan dan hewan
Rawa menjadi tempat tinggal bagi banyak hewan dan tumbuhan. Hewan contohnya ular, buaya, burung, babi hutan, badak, ikan, dan cacing.Tumbuhan contohnya ramin, kayu putih, sagu, rotan, pandan, palem, rumput, dan lumut.
  • Sumber energi
Rawa yang terdapat di daerah tinggi bisa bermanfaat sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA).
Meskipun daya yang dihasilkan tidak terlalu besar.
  • Obyek wisata
Rawa juga bisa dikembangkan sebagai obyek wisata. Rawa bisa menjadi tempat pemancingan dan sarana olahraga air.


Macam- Macam Rawa

Tahukah Anda bahwasannya rawa ini mempunyai bererapa jenis? Ternyata rawa ini mempunyai beragam jenis dan tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Berbagai macam jenis rawa tersebut antara lain dibedakan dari segi kandungan airnya. Dari segi kandungan airnya ini rawa- rawa dibedakan menjadi tiga macam yakni:
  1. Rawa air tawar
Rawa memang terkenal memiliki air yang tawar. Rawa air tawar ini merupakan rawa yang airnya tawar dan airnya tidak mengalami pergerakan. Rawa yang demikian ini biasanya terdapat di area hutan- hutan dengan lokasinya dekat dengan aliran sungai. Air rawa jenis ini mempunyai sifat asam dikarenakan banyak sisa- sisa jasad makhluk hidup yang membusuk.
  1. Rawa air asin
Meskipun lebih dikenal dengan air tawar, namun ternyata ada pula jenis rawa yang mempunyai air yang asin. Rawa yang memiliki air asin ini biasanya terdapat di sekitar pantai. Pada jenis rawa yang demikian ini, air dapat mengalami pergerakan sehingga terjadi pergantian air. Hal ini terjadi karena adanya gelombang laut pasang yang merendam sebagian atau seluruh kawasan rawa. Air rawa jenis ini biasanya tidak terlalu asam seperti jenis rawa yang pertama.
  1. Rawa air payau
Rawa air payau ini merupakan rawa yang memiliki air yang bercampur dari air tawar dan juga air asin. Rawa yang seperti ini biasanya berada di dekat muara sungai dan air rawa ini dapat mengalami pergerakan, sehingga airnya dapat mengalami pergantian. Sama seperti rawa air asin, rawa jenis ini biasanya airnya tidak terlalu asin.



Rawa Berdasarkan lokasi terjadinya

Jenis rawa dengan berdasarkan lokasi terjadinya antara lain sebagai berikut:

Rawa pantai

merupakan rawa yang terdapat di sekitaran pantai. Rawa ini selalu dipengaruhi oleh hal pasang surut air laut. Proses terjadinya juga karena bagian-bagian rendah di pinggir laut itu selalu digenangi air laut. Tanaman yang dapat tumbuh ialah pohon bakau.

Rawa payau

merupakan suatu rawa yang terdapat di muara sungai serta juga dipengaruhi oleh adanya pasang surutnya air laut. Rawa payau terjadi disebabkan karena bagian rendah di sekitar muara sungai itu selalu tergenang akibat peluapan air sungai serta juga pasang surutnya air laut. Rawa seperti tersebut banyak ditumbuhi rumput-rumputan dan juga pohon-pohon yang tahan air ialah seperti kayu ulin, bakau, dan juga sebagainya. Di Kalimantan Selatan serta Kalimantan Tengah, rawa payau banyak dijadikan oleh penduduk serta juga pemerintah ialah sebagai wilayah persawahan pasang surut.

Rawa sungai

merupakan suatu rawa yang terjadi disebabkan karena di bagian sisi kiri-kanan sungai itu terdapat daerah-daerah yang rendah yang mana air sungai itu selalu menggenanginya. Rawa seperti tersebut banyak terdapat pada daerah atau wilayah pedalaman sungai di Kalimantan serta bagian timur dari pulau Sumatera.

Rawa cekungan

merupakan suatu rawa yang terdapat pada wilayah atau-daerah cekungan tertentu yang selalu terisi oleh air. Terjadinya cekungan tersebut disebabkan karena penurunan atau pengangkatan oleh kekuatan endogen di sekeliling cekungan. Contoh seperti, rawa Pening yang ada Jawa Tengah.

Rawa danau

merupakan suatu rawa yang terjadi akibat pasang surut-nya air danau. Pada musim hujan, danau menggenangi daerah sekitarnya serta juga disaat musim kemarau air danau itu surut. Di daerah sekeliling danau yang mengalami pasang surut hal itulah rawa danau.


Jenis Rawa Berdasarkan Kondisi Air dan Tumbuhan Yang Hidup


  • Swamp
Swamp ialah lahan basah yang selalu digenangi air dengan jenis tumbuhan yang hidup seperti lumut, rumput-rumputan semak-semak, dan tumbuhan jenis pohon.

  • Marsh
Sama halnya seperti swamp, namun tumbuhan yang tumbuh yang hidup didominasi oleh jenis lumut-lumutan, rerumputan dan alang-alang.

  • Bog
Bog yaitu suatu lahan basah yang permukaan tanahnya relatif kering, sedangkan dalam tanah bersifat jenuh air. Genangan air dangkal hanya terlihat di beberapa tempat.

  • Rawa Pasang Surut
Rawa pasang surut yakni salah satu jenis rawa yang airnya berasal dari pasang surut air laut. Tumbuhan yang hidup subur di jenis rawa pasang surut yaitu tumbuhan bakau.




Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Ciri – Ciri Rawa. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami . Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Penelusuran yang terkait dengan Ciri Ciri Rawa
  • contoh rawa
  • jenis-jenis rawa
  • karakteristik rawa
  • sebutkan ciri-ciri rawa
  • rawa adalah
  • manfaat rawa
  • pengertian rawa menurut para ahli
  • klasifikasi rawa