Letak geografis Indonesia Meliputi Keuntungan dan Kelemahan Letak Geografis Indonesia Secara Lengkap

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki luas wilayah sebesar 1,905 juta kilometer persegi. Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia berada pada posisi silang atau Cross Position. Indonesia ada di antara di antara Benua Asia dan Benua Australia serta Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Di bagian Utara, Indonesia berbatasan langsung dengan Malaysia, Singapura dan Filipina.
Sedangkan di bagian Selatan berbatasan dengan Australia, di Timur dengan Papua Nugini dan di Barat dengan Samudra Hindia. Secara geografis, posisi Indonesia terbilang sangat strategis dan menguntungkan.


Nah untuk lebih jelasnya, marikita simak pembahasan yang ada di bawah ini.



Letak geografis Indonesia:

1. Letak Wilayah Indonesia

Dikutip dari buku 'IPS Terpadu' terbitan Esis, letak astronomi Indonesia berada di antara 95° sampai dengan 141° Bujur Timur (BT) serta 6° Lintang Utara (LU) sampai 11° Lintang Selatan (LS). Sehingga berdasarkan posisi Bujur, Indonesia berada di belahan Timur dan posisi lintangnya berada di belahan bumi Selatan.
  • Batas paling Utara 6° 08'LU tepat melewati Pulau Weh (Provinsi Nanggroe Aceh Daruussalam) 
  • Batas paling Selatan 11° 15'LS tepat melewati pulau Rote (Provinsi Nusa Tenggara Timur) 
  • Batas sebelah Barat 95° 45'BT melewati pulau Beureuh (Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam) 
  • Batas sebelah Timur 141° 05'BT melewati Sungai Fly dan Sungai Merauke (Provinsi Papua)
Untuk letak Geografis, Indonesia berbatasan langsung dengan negara Malaysia, Singapura, dan Filipina pada bagian Utara. Kemudian, bagian Selatan berbatasan dengan Australia, Timur dengan Papua Nugini, dan Barat berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

2. Letak Geoglogis Indonesia

Geologis sendiri adalah letak suatu wilayah melihat keadaan geologi atau jenis bebatuannya. Di Indonesia sendiri, letak geologi dibagi menjadi tiga daerah, yakni daerah dangkalan Sunda, dangkalan Sahul, dan dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul.
Selanjutnya, Indonesia terletak di antara dua rangkaian pegunungan muda, yakni di bagian Barat ada Sirkum Mediterania dan bagian Timur ada Sirkum Pasifik. Akibat adanya letak geologis ini, Indonesia memiliki banyak pegunungan api yang aktif.
Kemudian, tanah Indonesia juga menyimpan banyak barang tambang mineral. Serta, wilayah Indonesia menjadi daerah yang sering mengalami gempa bumi tektonik dan vulkanik.

3. Dampak Letak Astronomi Indonesia

Akibat adanya letak astronomi, ada beberapa dampak atau pengaruh yang ditimbulkan, misalnya iklim tropis Indonesia. Pasalnya, wilayah Indonesia dilalui oleh garis khatulistiwa.
Dengan berada di garis tersebut, Indonesia memiliki suhu udara, curah hujan, kelembaban yang rata-rata tinggi, serta terjadinya hujan zenithal. Kemudian, iklim tropis menyebabkan adanya keanekaragaman flora dan fauna di beberapa wilayah.
Selain itu, dampak lainnya adanya perbedaan waktu menjadi tiga daerah, yakni Waktu Indonesia bagian Barat (WIB), Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia bagian Timur (WIT).



Keuntungan letak geografis Indonesia 

Keuntungan letak geografis Indonesia adalah letak yang strategis sehingga menimbulkan pengaruh bagi Indonesia, secara ekonomi, sosial dan budaya. Karena wilayah Indonesia sangat strategis sehingga dilalui jalur perdagangan dan pelayaran dunia. Antara lain negara-negara Asia Timur dengan negara-negara Eropa, Timur Tengah, dan India. Serta jalur perdagangan antara Asia ke Australia dan Selandia Baru. Kapal-kapal dagang dari Jepang, China dan negara Asia Timur lainnya yang menuju ke Eropa melalui Indonesia dan juga sebaliknya. Meski tampak rumit, bila disederhanakan, rute pelayaran utama pada jalur pelayaran di dunia adalah menghubungkan Amerika Utara, Eropa dan Asia Pasifik melalui Terusan Suez, Selat Malaka dan Terusan Panama. Baca juga: Iklim Indonesia Indonesia dilalui oleh jalur pelayaran utama dunia. Jalur utama ini adalah jalur pelayaran perdagangan paling penting dan melayani pasar utama dunia. Secara geografis, Indonesia terletak di Benua Asia yang mengalami perkembangan ekonomi yang sangat cepat saat ini. Karena Indonesia menjadi jalur lalu lintas pelayaran dan perdagangan dunia, dampaknya bangsa Indonesia telah menjalin interaksi sosial dengan bangsa-bangsa lain sejak lama. Selain interaksi dalam bidang perdagangan, terjadi interaksi dalam bidang sosial dan budaya di Indonesia. Sehingga pengaruh budaya asing masuk ke Indonesia.

Kelemahan Letak Geografis Indonesia

Setelah melihat penjelasan diatas, Letak Geografis dari negara Indonesia ini juga memberikan dampak negatif bagi Indonesia yaitu, sebagai berikut ini :
  • Menyebabkan kerusakan dari lingkungan fisik, seperti lahan kritis dan abrasi, pencemaran air dan juga udara.
  • Menyebabkan kerusakan dari lingkungan biotis seperti ilegal logging, penurunan flora dan juga fauna, kerusakan sistem pantai, danau, dan sungai.
  • Berdampak pada kerusakan dari SDA seperti illegal fishing, illegal mining, dan juga eksploitasi berlebihan.
  • Letak Geografis juga memberikan dampak negaif berupa bencana alam seperti gempa bumi, longsor, tsunami, erosi, banjir, kekeringan, badai, dan juga bencana yang dihasilkan dari teknologi.
  • Kurangnya pengembangan dari potensi seni dan juga budaya lokal dari setiap etnik dan memudarnya ciri kehidupan mulai dari bahasa, adat istiadat, bangunan rumah, serta tata cara pergaulan bangsa.
  • Menyebabkan tingkat pengangguran hingga mencapai 10,55 juta (9,75%) dan tingkat kemiskinan sebanyak 37,17 (16,58%) dari total warga yang ada di Indonesia.



Penelusuran yang terkait dengan Letak Geografis Indonesia
  • pengaruh letak geografis indonesia
  • sebutkan letak geografis indonesia
  • jelaskan letak geografis indonesia
  • keuntungan letak geografis indonesia
  • letak geologis indonesia
  • uraikan letak geografis indonesia
  • sebutkan dampak negatif dari letak geografis indonesia
  • dampak negatif letak geografis indonesia