Pengertian Teks Tantangan dan Teks Tanggapan Kritis Beserta Perbedaannya [ LENGKAP ]

Teks Tanggapan Kritis: Pengertian, Contoh, Ciri dan Struktur

Pengertian Teks Tanggapan Kritis

Teks Tanggapan Kritis adalah teks yang berisi kritik tajam terhadap suatu hal yang mengenai kesalahan. Biasanya terjadi jika ada debat , orang B memberi kritik kepada orang A karena apa yang disampaikannya kurang pas. Bisa disebut juga dengan menganalisa suatu pendapat. Kita harus menerima semua tanggapan yang diberikan oleh orang atau teman kita saat kita memberikan pendapat. Karena setiap tanggapan yang mereka berikan pasti ada alasan dan bisa membuat kita menjadi lebih baik.

Ciri-ciri Teks Tanggapan Kritis

Ciri teks tanggapan kritis ini berfungsi agar kita dapat lebih mudah untuk mengenali apakah teks yang kita baca merupakan teks tanggapan kritis atau bukan. Jika suatu teks memiliki semua ciri teks tanggapan kritis, maka dapat dikatakan bahwa teks tersebut adalah sebuah teks tanggapan kritis. Berikut ciri teks tanggapan kritis.
  • Teks ini memuat tanggapan terhadap fenomena yang terjadi di sekitar dengan disertai fakta dan alasan.
  • Mempunyai  3 Struktur teks yaitu : Evaluasi , Deskripsi Teks , dan Penegasan Ulang.
  • Mengandung kaidah kebahasaan atau ciri kebahasaan yang dimiliki teks tanggapan kritis.


Tujuan Teks Tanggapan Kritis

Adapun tujuan teks tanggapan kritis yakni untuk memilih salah satu pernyataan, karena pada teks tanggapan kritis berisi alasan yang mendukung dan yang menolak.

Struktur Teks Tanggapan Kritits

  • Evaluasi,merupakan bagian pertama dalam Teks Tanggapan Kritis. Bagian Evaluasi berisi pernyataan umum tentang apa yang akan disampaikan penulis dalam teks.
  • Deskripsi Teks,merupakan bagian kedua atau lebih jelasnya adalah bagian isi dalam Teks Tanggapan Kritis. Bagian Deskripsi Teks ini memuat informasi tentang data-data dan pendapat pendapat yang mendukung pernyataan atau melemahkan pernyataan.
  • Penegasan Ulang,merupakan bagian ketiga teks atau lebih jelasnya adalah bagian terakhir teks yang berisi penegasan ulang terhadap apa yang telah dilakukan atau yang telah diputuskan.


Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

  • Kalimat kompleks, kalimat yang memiliki lebih dari dua struktur dan dua verba.
  • Konjungsi, kata penghubung yang menghubungkan setiap kata dan juga setiap struktur.
  • Kata Rujukan, sesuatu yang digunakan pemberi informasi (pembicara) untuk menyokong atau memperkuat pernyataan dengan tegas. Dikenal juga dengan sebutan referensi.
  • Pilihan Kata, pemilihan kata yang sesuai dalam penggunaan dan pembuatan teks tanggapan kritis


Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Teknologi

Smartphone
Orientasi
Smartphone adalah sebuah alat komunikasi yang canggih, alat ini tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi, tetapi juga digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan, aktivitas dan lain-lain.
EvaluasiCanggihnya smartphone membuat para remaja juga turut adil untuk menggunakannya, menurut mereka smartphone ialah kehidupan mereka. Alat canggih ini sudah seakan-akan tidak bisa hilang dari kehidupan mereka.
TafsiranNamun banyak orang tua yang tidak setuju anaknya menggunakn smartphone, dengan alasan smartphone belum terlalu penting bagi anak remajanya. Juga, smartphone dianggap membawa dampak negatif bagi remaja karena smartphone bisa digunakan untuk melihat situs-situs dewasa. Ada juga orang tua yang setuju anaknya menggunakan smartphone dengan smartphone bisa digunakan untuk mengakses aplikasi atau web yang berbau pembelajaran. Dan untuk dampak positif lainnya smartphone dapat digunakan untuk mencari teman-teman lama dan berkomunikasi jarak jauh.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Narkoba

Hukuman Mati Bagi Pengedar Barang Haram

Evaluasi :

Di zaman yang serba canggih, peredaran narkoba merajalela di negeri kita ini. Baik di kalangan pelajar, masyarakat, maupun pejabat negara. Yang menjadi pro dan kontra masalah ini adalah hukuman mati bagi para pengedar dan pemakai narkoba.

Deskripsi Teks :

Sebagian masyarakat berpendapat bahwa mereka setuju dengan hukuman mati bagi pengedar dan pemakai narkoba. Ada banyak alasan yang membuat mereka setuju dengan hukuman tersebut. Alasan pertama yaitu narkoba dapat mempengaruhi pola pikiran pengguna sehingga berbahaya juga bagi orang lain. Seperti dapat menyebabkan kecelakaan karena halusinasi pikiran dan konsentrasi yang terganggu pada dirinya. Yang kedua, narkoba dapat merusak generasi muda bangsa.

Hal itu membuat remaja berakhlak tidak baik. Sedangkan bangsa kita memerlukan generasi yang dapat memikul tanggung jawab negara di masa depan. Yang ketiga, narkoba dapat menjadikan orang penasaran untuk mencobanya. Setelah seseorang itu mencobanya, ia akan kecanduan dan orang tersebut bergaul dengan orang lain yang mengakibatkan orang lain terpengaruh olehnya. Hal itu membuat peredaran narkoba semakin luas.

Yang keempat hukuman mati memberikan efek jera terhadap pengedar narkoba. Karena itulah, masyarakat setuju dengan hukuman mati tersebut.Yang kelima sebagian masyarakat menilai yang pantas di hukum mati adalah bandarnya bukan pengedarnya. Karena bandar itu memiliki dua misi yaitu mendapatkan keuntungan dan merusak akhlak orang lain.

Selain itu, ada sebagian masyarakat yang tidak setuju dengan hukuman mati. Ada beberapa alasan yang menjadi masyarakat tidak setuju dengan hukuman tersebut. Alasan pertama, masih ada hukuman lain yang lebih manusiawi dan hukuman mati merupakan pelanggaran hak asasi manusia. Hal ini sesuai dengan UUD 1945 pasal 28 A yang berbunyi: “setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan kehidupannya”.

Alasan yang kedua, hukuman mati membutuhkan biaya yang sangat besar. Karena hukuman mati tersebut, bisa menghabiskan uang negara. Yang seharusnya uang tersebut digunanakan untuk kebutuhan lain malah digunakan untuk hukuman mati yang tidak manusiawi itu.

Penegasan Ulang :

Setiap orang sudah diberikan haknya untuk hidup, tetapi hidupnya dipergunakan untuk kerugian diri sendiri dan juga orang lain. Dengan demikian, hukuman mati perlu ditegaskan kembali. Mengingat dampak  narkoba yang merusak masa depan generasi muda bangsa.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Pergaulan Bebas

Evaluasi :

Pada masa kini, banyak para remaja yang sudah mengenal yang namanya pergaulan bebas. Di Indonesia kita sebagai orang yang beradab sebaiknya tidak melakukan Pergaulan bebas . Pergaulan bebas sering ditemui di kalangan masyarakat masa kini yang berarti salah satu bentuk perilaku menyimpang, yang mana “Bebas“ yang dimaksud adalah melewati batas-batas norma ketimuran seperti orang luar yang ada.

Deskripsi Teks :

Pergaulan bebas mempunyai dampak negatif yaitu, seperti berteman dengan orang-orang yang kurang memahami norma contohnya, mabuk-mabukan, merokok, sex bebas, dan lain- lain.

Sebaliknya, ada juga dampak positif nya yaitu, mempunyai banyak teman, berbagi beberapa hal dari mulai cara berkomunikasi, cara menghormati, cara mengendalikan diri untuk berada di tengah-tengah masyarakat, dan lain-lain. Biasanya banyak orang-orang Indonesia yang meniru beberapa salam orang barat seperti berciuman, di barat contohnya amerika, mereka menganggap berciuman adalah hal yang wajar, tetapi di Indonesia apakah bangsa sekarang ini harus mengikuti cara salam orang lain?.

Menurut factor-faktor penyebab terjadinya pergaulan bebas adalah rasa gengsi, nafsu, pengen tahu, broken home, hidup sendiri, faktor keluarga. Hal-hal tersebut tidak punya sopan santun kepada siapa saja, bahkan kepada orang tua mereka. Biasanya pergaulan bebas berasal dari anak-anak yang melihat saluran televisi yang  tidak baik, apalagi sekarang ini adalah jaman modern remaja saat ini bisa dengan mudah membuka situs-situs yang berbau pornografi yang akan memacu kenafsuan remaja saat ini untuk melakukan yang tidak-tidak .

Penegasan Ulang :

Sebaiknya para orang tua harus mengawasi dan mendidik anak nya agar tidak ke jalan yang salah, dan pilihlah tontonan yang mendidik dan gunakan internet sebaik mungkin, bukan untuk menonton yang tidak-tidak kalau belum cukup umur. Dan orang tua harus selalu bercanda atau berdiskusi setiap malam atau saat hari libur agar anak nya mendapat bimbingan yang bermanfaat.

Daftar Artikel Lainnya:

Teks Tantangan: Pengertian, Ciri, Struktur, Kaidah, Contohnya

Pengertian Teks Tantangan

Teks tantangan adalah teks yang mengandung informasi bantahan terhadap hal yang sedang kontroversial atau menjadi perdebatan.Di masyarakat yang dilengkapi dengan data-data dan argumen yang dapat memperkuat bantahan tersebut. Teks tantangan biasa dipergunakan sebagai sanggahan/penyangga saat debat.


Ciri-Ciri Teks Tantangan

Adapun ciri-ciri yang membedakan teks ini dengan teks eksemplum maupun teks lain, ciri-ciri nya adalah:
  • Struktur terdiri dari: Pengantar (Isu), Argumen (menentang), dan Simpulan atau Saran.
  • Mengandung informasi yang memuat bantahan terhadap hal yang menjadi perdebatan di masyarakat disertai dengan data-data dan argumen untuk memperkuat bantahan.
  • Ciri-ciri kebahasaan: Kalimat kompleks, kata hubung, kata rujukan, pilihan kata.

Struktur Teks Tantangan

Terdapat tiga struktur yang membangun teks tantangan sehingga menjadi utuh, inilah tiga yang menyusun teks ini.
  • Isu atau Masalah, berisi pernyataan tentang topik yang akan ditolak/ditentang. Biasanya, isu atau masalah ini berasal tentang hal-hal kontroversial yang berkembang di masyarakat atau media massa.
  • Argumen Menentang, berisi rangkaian bukti atau alasan untuk mendukung bantahan. Untuk memperkuat argumen, perlu disajikan data-data yang mendukung argumen tersebut.
  • Simpulan, berisi pernyataan yang menegaskan bantahan.

Kaidah Kebahasaan Teks Tantangan

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa teks ini mempunyai 4 kaidah kebahasaan yang mesti kamu tahu sebelum membuat sebuah teks tantangan:
  1. Kalimat kompleks: kalimat yang mempunyai lebih dari satu struktur dan satu kata kerja.
  2. Kata hubung: berfungsi untuk menghubungkan kata.
  3. Kata rujukan: kata yang menunjukkan rujukan sebagai pemberi informasi.
  4. Pilihan kata: supaya gagasan teks bisa disampaikan dengan baik.

 

Cara Menyusun Teks Tantangan

  1. Hal pertama yang dilakukan yaitu menentukan tema dan judul teks.
  2. Mencari sumber informasi yang akan dijadikan bahan pembicaraan.
  3. Menganalisis bahan dengan mengolah data atau informasi sehingga menjadi pernyataan berupa:
    • penyusunan kalimat berupa kalimat topik pada setiap struktur teks.
    • pengembangan kalimat topik dengan kalimat pengembang.
    • menyusun paragraf sesuai dengan struktur.
    • menyunting kalimat sesuai dengan unsur kebahasaan.
    • menggabungkan paragraf menjadi teks yang padu.
  4. Hasil analisis kemudian menyusun teks dengan urutan struktur sehingga menjadi teks tantangan yang utuh.


Contoh Teks Tantangan Kebijakan Mobil Murah

Pemerintah dalam waktu dekat akan mengeluarkan kebijakan pengadaan mobil murah. Mobil ini, rencananya, akan dioperasionalkan di wilayah perdesaan, Di samping murah, mobil ini dirancang ramah lingkungan. Supaya bisa berjalan dengan baik, pemerintah akan memberikan insentif pajak bagi pembeli mobil yang ramah lingkungan.

Sejumlah kalangan meminta pemerintah mencabut insentif pajak untuk mobil murah dan ramah lingkungan. Alasannya, kebijakan itu dinilai tidak tepat sasaran dan akan memperparah kemacetan lalu lintas di ibu kota.

Kritik terhadap kebijakan mobil murah dan ramah lingkungan itu disampaikan dalam bedah buku Mobil Murah dan Kemacetan Jakarta karya A.M Fatwa di MerDesa Institut, Jakarta Pusat, Rabu, 2 April 2014. Buku itu bersumber dari seminar “Mobil Murah dan Kemacetan Jakarta serta Keseimbangan Infrastruktur dan Moda Transportasi” yang digelar pada Desember 2013.

Menurut berbagai kalangan, munculnya mobil murah dan ramah lingkungan adalah contoh kebijakan yang tidak dibahas secara komprehensif. Akhirnya, kebijakan itu dapat menimbulkan masalah. Awalnya, usul mobil murah itu dilontarkan tim pemerintah setelah studi banding ke India. Gagasannya adalah pemerintah membuat mobil murah untuk kawasan perdesaan. Namun, kini mobil yang muncul adalah mobil-mobil kecil yang bentuknya lebih mirip city car. “Lebih baik kebijakan mobil murah dan ramah lingkungan ini dicabut dulu,” ujar seorang pakar transportasi.

 

Tidak mustahil, menurut berbagai kalangan, dalam program mobil murah dan ramah lingkungan akan semakin meningkatkan subsidi bahan bakar minyak (BBM). Ujungujungnya, beban pemerintah untuk membeli minyak dari luar negeri semakin meningkat. Hal itu akan berujung pada beban rakyat. Dengan demikian, kita perlu berhitung-hitung, apakah kebijakan ini menguntungkan rakyat atau tidak?

Sebagai gantinya, pemerintah diminta memikirkan kebijakan strategis yang lain. Pakar transportasi menyarankan bahwa pemerintah lebih baik membangun infrastruktur transportasi laut dan udara karena Indonesia merupakan negara kepulauan.

Contoh Teks Tantangan Larangan Hand Phone di Sekolah

Saat ini, Hand Phone atau yang sering disebut dengan HP sudah banyak digunakan di kalangan masyarakat Indonesia terutama anak-anak. Banyak anak-anak yang sudah berani untuk membawa HP ke sekolah, padahal sekolah sudah memberikan larangan tentang membawa HP ke sekolah. Sekolah memberikan larangan tersebut dengan alasan yang disertai bukti. Seringkali guru memergoki muridnya sedang asik bermain HP saat pelajaran berlangsung.

Menurut berbagai kalangan, munculnya larangan tersebut tidak tepat untuk kurikulum pendidikan yang dijalankan oleh Indonesia saat ini, yaitu kurikulum 2013 atau lebih tepatnya kurikulum nasional seperti siswa dituntut untuk mencari referensi tentang pelajaran apa yang sedang dipelajari sedangkan siswa tidak memiliki media yang dibutuhkan, yaitu HP. Banyak juga orang tua yang menyuruh anaknya untuk tetap membawa HP ke sekolah dengan alasan komunikasi.

Selain itu, banyak siswa yang membawa HP ke sekolah dengan alasan untuk berjaga-jaga jika bertemu dengan situasi yang darurat. Apakah sekolah melarang siswanya untuk mengantisipasi hal tersebut? Jika sekolah memberikan solusi untuk menggunakan HP wali kelasnya masing-masing, apakah itu tidak membutuhkan waktu? dan apakah wali tersebut selalu ada setiap waktu? Itu adalah alasan yang cukup kuat.

Sebagai solusinya, pihak sekolah diminta untuk memikirkan ulang tentang kebijakan larangan Hand Phone di sekolah. Pihak sekolah seharusnya mempertimbangan dampak positif dan dampak negatif dari larangan tersebut karena pendidikan merupakan hal yang diutamakan.

Contoh Teks Tantangan Kenaikan Harga BBM

Sebanyak 10 ribu buruh yang tergabung dalam Majelis Pekerja Indonesia (MPBI), terdiri dari KSPI, KSPSI, KSBSI dan Federasi SP lainnya hari ini (17/6/2013) kembali turun aksi menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dengan mengepung gedung DPR RI, di mana akan dilakukan sidang paripurna DPR terkait pembahasan APBN-P 2013. Seperti diketahui, pemerintah memastikan akan menaikkan harga BBM subsidi jenis premium dan solar pada pekan ini. Rencananya harga premium akan naik Rp 2.000 menjadi Rp 6.500 per liter dan solar naik Rp 1.000 menjadi Rp 5.500 per liter. Saat ini kedua jenis BBM tersebut dijual dengan harga Rp 4.500 per liter.

Menurut para pendemo, langkah pemerintah menaikkan harga BBM, dibarengi pembagian Bantuan Langsung Sementara (BLSM) pada masyarakat miskin adalah tindakan pembodohan dan tidak produktif. Kenaikan harga BBM juga merupakan tindakan yang tidak pro rakyat kecil terutama buruh.

Kenaikan harga BBM itu membuat daya beli buruh turun. Kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) sebesar Rp 500 ribu- Rp 700 ribu akan tergerus atau sia-sia karena harga sembako naik, sewa rumah dan kontrakan naik, transportasi naik dan inflasi akan naik di atas 10%. Dampaknya pada 44 Juta buruh formal akan jadi miskin lagi jadi buruh akan makin menderita.

Kenaikan BBM juga menunjukkan bahwa pemerintah gagal dalam mengelola keuangan negara. Pemerintah dianggap gagal dalam mengoptimalkan potensi pajak, dari 60 juta orang dengan penghasilan kena pajak, baru sekitar 8.8 juta atau 14,7% yang membayar pajaknya. Dan dari 5 juta badan usaha yang mendaftarkan dirinya sebagai wajib pajak, baru 520 ribu atau 10,4 % saja yang membayar pajaknya. Penerimaan pajak penghasilan (pph ) turun dari Rp 584.9 triliun menjadi Rp 530,7 triliun, turun Rp 54,1 triliun ditambah kasus korupsi yang terjadi di Dirjen Pajak.


Berdasarkan pemeriksaan BPK 2012, dana bantuan sosial yang bermasalah sebesar Rp 31,66 triliun, jadi aparat yang korup yang jadikan rakyat sengsara. Untuk itu, masih banyak cara untuk menekan defisit anggaran.

Kenaikan BBM juga menunjukkan bahwa pemerintah gagal dalam mengelola kebijakan energi. Pemerintah telah mengorbankan rakyat untuk kepentingan asing, karena minyak yang dikelola oleh pertamina hanya sekitar 14% dari total yang ada dan selebihnya dikuasai swasta dan asing, sehingga Indonesia harus mengimpor minyak, di saat yang sama Indonesia juga mengekspor. Pemerintah juga tidak serius membangun kilang minyak untuk meningkatkan kapasitas produksi Pertamina dan tidak serius menyiapkan gas sebagai energi alternatif.

Pemberian BLSM Rp 150 ribu per bulan untuk setiap keluarga, artinya tiap keluarga dengan empat orang dapat bantuan Rp 1.250 per orang per hari. Sedangkan kenaikan BBM Rp 2.000 per liter, ditambah naiknya harga sembako, transportasi, dan kontrakan yang bila dihitung tidak akan kurang dari Rp 400 ribu per keluarga.

Rakyat miskin akan tekor Rp 250 ribu per bulan bila subsidi BBM diganti BLSM. BLSM hanya diberikan selama empat bulan. Sedangkan imbas dari kenaikan BBM akan selamanya dirasakan rakyat miskin dan buruh. Apalagi, kenaikan harga BBM ini menjelang bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri, pasti kenaikan harga akan berlipat-lipat.

Selain itu, pemberian BLSM sebagai penganti subsidi BBM kepada rakyat miskin juga sarat kepentingan politis, pemberian BLSM ini akan dimanfaatkan partai penguasa untuk menarik dukungan masyarakat, kenaikan harga BBM dan pemberian BLSM hanya untuk kepentingan para politisi dan pencitraan para pejabat di mata rakyat.

Sebaiknya, pemerintah harus mempertimbangakan matang-matang saat memutuskan kenaikan harga BBM. Jangan terlalu tinggi dan harus dibarengi dengan kontrol yang kuat agar kenaikan itu tak berimbas pada kenaikan harga barang, transportasi, dan lain-lainnya. Pemerintah perlu memikirkan kebijakan strategis lain untuk memperbaiki perekonomian, bukan hanya memikirkan kenaikan harga BBM.

Perbedaan-Persamaan Teks Tantangan dan Teks Tanggapan Kritis

Perbedaan Teks Tantangan dan Teks Tanggapan Kritis


Teks Tantangan

  • Definisi - Dilihat dari pengertiannya: definisi teks tantangan adalah sebuah teks yang berisi tentang bantahan terhadap hal yang sedang kontroversial di kalangan masyarakat seperti harga BBM naik dan sebagainya.
  • Struktur Teks - Dilihat dari strukturnya: teks tantangan terdiri dari pengantar (isu),  argumen, kesimpulan.
  • Pengantar (isu) - Mengandung topik atau isu yang akan dibantah.
  • Argumen - Mengandung beberapa bukti dan alasan mengapa Anda membantah isu yang sedang terjadi.
  • Kesimpulan - Bagian ini disebut juga penegasan ulang bahwa Anda membantah isu yang diperbincangkan tersebut.

Sedangkan, teks tanggapan kritis:

Teks Tanggapan Kritis

  • Definisi - Dilihat dari pengertiannya: definisi teks tanggapan kritis adalah sebuah teks yang berisi tanggapan (komentar) terhadap suatu persoalan yang dianggap mempunyai kesalahan yang terjadi di sekitar kita dengan disertai fakta dan alasan berdasarkan cara berpikir kritis.
  • Struktur Teks - Dilihat dari strukturnya: teks tanggapan kritis terdiri dari evaluasi, deskripsi, penegasan ulang.
  • Evaluasi - Bagian ini berisi pernyataan-pernyataan umum tentang apa yang akan disampaikan penulis dalam teks.
  • Deskripsi - Bagian ini memuat informasi mengenai data-data dan pendapat-pendapat yang mendukung ataupun yang menolak.
  • Penegasan ulang - Bagian ini adalah penegasan ulang terhadap pendapat yang telah diputuskan atau dilakukan oleh individu.

Persamaan Teks Tantangan dan Teks Tanggapan Kritis


Adapun persamaan antara kedua teks tersebut adalah:

  • Keduanya sama-sama teks yang menanggapi suatu masalah.
  • Keduanya memiliki kaidah/unsur kebahasaan yang sama, yaitu kalimat kompleks, konjungsi, diksi, referensi.
  • Struktur argumen dan deskripsi sama-sama membahas tentang pendapat yang mendukung dan menentang suatu masalah disertai dengan bukti.
  • Struktur simpulan dan penegasalan ulang sama-sama berisi tentang solusi atau rekomendasi cara menyimpulkan masalah dengan mengambil jalan tengah.


Demikianlah artikel kali ini tentang perbedaan serta persamaan antara teks tantangan dan teks tanggapan kritis. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.


Penelusuran yang terkait dengan Teks Tantangan dan Teks Tanggapan Kritis
  • persamaan teks tantangan dengan teks tanggapan kritis
  • contoh teks tantangan
  • jenis-jenis teks tantangan
  • perbedaan teks tanggapan kritis dengan teks ulasan
  • contoh teks tanggapan kritis
  • penyusunan teks tantangan
  • jelaskan perbedaan teks tanggapan kritis dan teks tanggapan pujian
  • perbedaan teks tanggapan dan teks diskusi