Pengertian Teks Anekdot Melipti Struktur, Ciri dan Contohnya | Materi Lengkap

kumpulan contoh teks anekdot singkat

Pengertian Teks Anekdot

Teks Anekdot merupakan cerita singkat yang di dalamnya mengandung unsur lucu dan memiliki maksud untuk melakukan kritikan. Teks anekdot biasanya bertopik layanan publik, sosial, politik, lingkungan, dan sosial.

Pengertian Teks Anekdot Menurut Para Ahli

  • Pengertian Teks Anekdot Menurut Wikipedia

Anekdot adalah sebuah cerita singkat lucu dan menarik, yang mungkin menggambarkan kejadian atau orang sebenarnya. Anekdot sering dibuat berdasarkan pada kejadian sebenarnya, melibatkan orang-orang yang sebenarnya, apakah terkenal atau tidak, biasanya di suatu tempat yang dapat diidentifikasi.Tujuan utama dari anekdot adalah tidak hanya fokus untuk membangkitkan tawa penonton, tetapi untuk mengungkapkan suatu kebenaran yang lebih umum daripada kisah singkat itu sendiri, atau untuk menggambarkan atau melukiskan sifat karakter dengan ringan sehingga ia menghentak dalam kilasan pemahaman yang langsung pada intinya.
  • Pengertian Teks Anekdot Menurut KBBI

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:62) mengungkapkan, bahwaAnekdot merupakan sebuah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang-orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya.
  • Pengertian Teks Anekdot Menurut Mega Book Oleh Tim Guru Eduka

Di dalam Mega Book Pelajaran SMA/MA/IPA Kelas X, XI, & XII Oleh Tim Eduka  menyatakan, bahwaAnekdot adalah sebuah teks yang berisikan pengalaman seseorang yang tidak biasa, yang disampaikan dengan tujuan menghibur pendengar maupun pembaca.
  • Pengertian Teks Anekdot Menurut Kemendikbud

Teks Anekdot adalah sebuah cerita yang singkat serta menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang-orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya.
  • Pengertian Teks Anekdot Menurut Cuddon, J.A. (1992)

Anekdot adalah sebuah cerita singkat dan lucu atau menarik, yang mungkin menggambarkan kejadian/peristiwa orang sebenarnya.
  • Pengertian Teks Anekdot Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia (1976)

Anekdot adalah cerita singkat menarik, karena lucu dan mengesankan. Biasanya berkisar pada orang terkenal berdasarkan kejadian yang sebenarnya.
  • Pengertian Teks Anekdot Menurut Pembelajaran Bahasa Inggris Kurikulum 2004

Jenis anekdot bertujuan menceritakan suatu kejadian yang tidak biasa dan lucu.
  • Pengertian Teks Anekdot Menurut Wachidah (2004:1)

Jika dilihat dari tujuannya untuk memaparkan suatu kejadian atau peristiwa yang telah lewat, anekdot mirip dengan teks recount.
  • Pengertian Teks Anekdot Menurut Dananjaja (1997:11)

Anekdot adalah kisah fiktif lucu pribadi seorang tokoh atau beberapa tokoh yang benar-benar ada.
  • Pengertian Teks Anekdot Menurut Muthiah: 2012

Anekdot adalah sebuah teks yang berisi pengalaman seseorang yang tidak biasa. Pengalaman tersebut disampaikan kepada orang lain dengan tujuan untuk menghibur pembaca atau pendengar.
  • Pengertian Teks Anekdot Menurut Gerot dan Wignell

Teks anekdot pada umumnya terdiri atas lima bagian atau struktur. Lima bagian tersebut antara lain abstrak, orientasi, krisis, reaksi, dan koda.
  • Pengertian Teks Anekdot Menurut Graham dalam Rahmanadia (2010:2)

Kata anekdot digunaan memaknai kata "joke" dari bahasa Inggris yang bermakna suatu narasi atau percakapan yang lucu (humorous).
  • Pengertian Teks Anekdot Menurut Wijana (1995:24)

Teks anekdot adalah teks atau wacana yang bermuatan humor untuk menyindir, bersunda gurau, atau mengkritik secara tidak langsung segala macam kepincangan atau ketidakberesan yang tengah terjadi di kalangan masyarakat penciptanya.
  • Pengertian Teks Anekdot Menurut Setiawan (1990)

Teks anekdot merupakan cerita narasi ataupun dialog yang lucu dengan berbagi tujuan, baik hanya sekedar untuk hiburan atau senda gurau, sindiran, atau kritik secara tidak langsung. Hal-hal yang aneh dan nyeleneh dapat dijadikan humor, sehingga tidak menutup kemungkinan segala hal yang ada di dunia ini bisa dijadikan sebagai bahan lelucon.


Ciri-Ciri Teks Anekdot

Untuk membedakan teks ini dengan teks yang lain, kalian harus mengetahui ciri-cirinya. Adapun ciri-ciri teks anekdot yaitu :
  • Mengandung unsur humor atau lucu.
  • Bersifat menggelitik, membuat pembaca merasa terhibur.
  • Menampilkan tokoh-tokoh yang dekat dengan kehidupan sehari-hari atau juga orang penting
  • Terselip kata kata yang mengkritik atau tujuan.
  • Cerita yang disampaikan hampir serupa dengan dongeng.
  • Biasanya menceritakan karakter hewan dan manusia sering terhubung secara umum dan terlihat nyata.
 

Struktur teks anekdot

Selain ciri-ciri sebuah teks dengan bentuk anekdot juga memiliki struktur yang berbeda. Fungsi dari adanya struktur agar membuat teks menjadi lebih rapi dan sesuai, serta benar-benar berbentuk. Adapun struktur yaitu :
  1. Abstrak
Yang pertama abstrak, Abstrak ditaruh di awal paragraf dengan fungsi untuk menggambarkan mengenai teks tersebut secara umum agar pembaca bisa membayangkan.
  1. Orientasi
Orientasi adalah awal kejadian pada cerita atau juga bagian yang menjelaskan latar belakang mengapa peristiwa utama dalam cerita bisa terjadi.
  1. Krisis
Struktur yang ketiga adalah Krisis,  krisis adalah bagian yang menjelaskan pokok masalah utama dengan warna unik juga tidak biasa.
  1. Reaksi
Reaksi sangat berhubungan dengan struktur krisis. Reaksi merupakan bagian yang akan melengkapi berupa penyelasaian masalah menggunakan cara-cara yang juga unik dan berbeda.
  1. Koda
Koda ini seperti halnya penutup, Koda menjadi bagian yang menutup cerita dalam teks tersebut.



Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot

Adapun kaidah kebahasaan yang biasa digunakan dalam pembuatan teks ini, ciri-ciri nya:
  • Menggunakan pertanyaan retorik.
  • Menggunakan kalimat perintah.
  • Menggunakan penghubung.
  • Menggunakan verba atau kata kerja.
  • Menggunakan kata keterangan waktu lampau.
  • Urut berdasarkan kejadian waktu.

 

Tujuan Teks Anekdot

Seperti teks lainnya, teks ini juga mempunyai tujuan yang ditujukan kepada para pembaca terhadap setiap cerita singkat lucu dan menyindir nya.
Tujuan yang ingin dicapai merupakan latar belakang penulis atau pengarang untuk membuat teks anekdot yang lucu dan bisa menyindir. Berikut ini tujuannya:
  • Menghibur pembaca.
  • Membangkitkan tawa para pembaca.
  • Sarana untuk mengkritik dan menyindir.
  • Menggambarkan karakter-karakter dengan singkat dan langsung pada intinya.



Contoh Teks Anekdot Pendidikan, Sosial, Lucu

Ada banyak sekali contoh teks anekdot yang berkaitan dengan permasalahan sehari-hari. Melalui contoh-contoh ini, siapapun akan bisa lebih memahami apa dan bagaimana teks anekdot itu. Berikut ini contoh-contoh teks anekdot.

1. Contoh Teks Anekdot Tentang Penegakan Hukum

Judul : Nasib Maling Sandal

Asep baru saja siap makan soto di tempat pak Bambang. Setelah berbincang-bincang dengan Pak Bambang, Asep memutuskan untuk segera pulang. Perjalanan dari warung Pak Bambang ke rumah Asep cukup dekat dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Akhirnya Asep memutuskan untuk pulang berjalan kaki saja menuju ke rumah.Namun sayang sekali, di pertengahan jalan kaki asep terserempet sepeda motor. Untunglah kakinya tidak cedera. Walaupun kakinya tidak cedera, Asep merasa sedih. Hal ini dikarenakan sandal barunya putus. Asep sangat khawatir jika ia pulang, iya akan dimarahi oleh istrinya. Istri Asep memang sangat galak dan Asep tidak mau pulang tanpa sandal.
Setelah melanjutkan perjalanan, ternyata Asep melihat ada banyak sandal yang berada di depan masjid. Sebuah kebetulan yang sangat kebetulan karena di depan masjid tersebut ada sepasang sandal yang sangat mirip dengan milik Asep. Tanpa berpikir panjang Asep langsung mengambil sandal tersebut.

Tidak disangka, ternyata ada jamaah masjid yang mengetahuinya. Asep akhirnya di kejar warga dan diseret ke kantor polisi. Sesampainya di kantor polisi, Asep langsung diminta untuk segera mengikuti persidangan. Ketika Asep menunggu giliran di siding, ia melihat seorang koruptor sedang divonis hakim. Koruptor itu telah korupsi sebanyak 2 miliar rupiah dan dijatuhi hukuman 5 hari di penjara.
Ketika giliran Asep yang di sidang, Asep sangat kaget mendengar putusan hakim. Ia dijatuhi hukuman 5 tahun penjara. Asep tidak terima, ia pun protes pada hakim. Asep bingung mengapa ia yang hanya maling sandal dihukum 5 tahun dan koruptor yang korupsi 2 miliar dijatuhi hukuman hanya 5 hari.Hakim pun menyampaikan jika Asep mencuri sandal seharga 30 ribu rupiah dan merugikan 1 orang. Sedangkan koruptor korupsi 2 miliar namun kerugiannya dibagi-bagi ke seluruh rakyat Indonesia yang jumlahnya 200 juta. Ini artinya setiap rakyat hanya rugi 10 rupiah. Mendengar penjelasan hakim, Asep merasa sedih dan menyesal mengapa ia tidak jadi koruptor saja.

2. Contoh Teks Anekdot Tentang Lingkungan

Judul : Muka Tong Sampah

Bejo adalah seorang petugas kebersihan yang sangat rajin. Tugas Bejo ajalah menyapu pinggiran jalan trotoar. Bejo harus memastikan jika tidak ada sampah yang berserakan di sekitar jalanan. Hari itu, Bejo sedang menyapu trotoar seperti biasanya, namun tiba-tiba ada seseorang yang melemparkan sampah dari dalam mobil ke jalanan. Sampah tersebut tepat mengenai muka Bejo.
Kesal karena merasa pekerjaannya dihina, Bejo mengejar mobil tersebut. Bejo akhirnya berhasil membuat mobil tersebut berhenti dan pengendaranya turun dari mobil. Pengendara tersebut merasa kaget ketika melihat Bejo. Bejo langsung marah-marah pada pengendara mobil tersebut. Kemarahan Bejo semakin menjadi-jadi, ia mengatakan jika membuang sampah harus pada tempatnya tidak boleh sembarangan.
Pengendara mobil itupun akhirnya menjelaskan pada Bejo, kalau sebenarnya ia sudah berusaha membuang sampah pada tempatnya. Tadi, sang pengendara juga berusaha membuang sampah pada tong sampah. Begitu melihat ada tong sampah, sang pengendara langsung membuang sampah tersebut. Akan tetapi, sayang sekali sang pengendara salah kira, ia mengira bahwa Bejo adalah tong sampah.
Tidak terima dibilang mirip tong sampah, akhirnya kemarahan Bejo memuncak. Ia memukuli sang pengendara mobil dengan sapunya. Sang pengendara pun tidak bisa mengelak dan hanya bisa pasrah. Kali ini, ia benar-benar jera membuang sampah sembarangan.



3. Contoh Teks Anekdot Tentang Orangtua

Judul : Apakah Ibu Sudah Pernah Keliling Dunia?

Siang hari itu, Dodo sudah pulang dari sekolah. Tadi di sekolah Dodo mendapatkan pelajaran tentang berbagai negara di dunia ini. Tiba-tiba Dodo merasa penasaran apakah ibunya sudah pernah berkeliling dunia atau belum. Dodo mencari ibunya untuk bertanya tentang masalah ini. Ia akhirnya menemukan ibunya sedang tiduran di dalam kamar. Saat itu ibu Dodo memang sangat-sangat merasa mengantuk.Dodopun langsung bertanya pada  ibunya, “Bu, ibu apa sudah pernah keliling dunia?”. Ibupun menajawab, “ya sudah pernah!”. “Astaga, jadi ibu sudah pernah pergi ke Amerika?”, tanya Dodo makin penasaran. Ibu Dodo langsung menjawab “ya sudah pernah”. Mendengar jawaban ibunya, Dodo semakin semangat bertanya. Ia pun bertanya apakah ibunya itu pernah ke Brazil, Eropa, Bali, Kutub Utara dan berbagai tempat lainnya.
Merasa kesal dengan pertanyaan anaknya yang tidak berkesudahan akhirnya ibu Dodo naik pitam. Ia langsung berdiri dan membentak Dodo. “Sudah sana pergi, ganti baju dan makan! Semua negara sudah pernah ibuk injak, tinggal mulut bawelmu itu saja yang belum pernah ibu injak”, tegas ibu Dodo. Mendengar itu, Dodo langsung lari keluar kamar ibunya.

4. Contoh Teks Anekdot Tentang Kegiatan Di Pasar

Judul : Kotak Pensil Mahal

Suatu hari yang cerah, Marimar pergi ke pasar untuk membeli kotak pensil. Marimar bosan dengan kotak pensilnya  yang lama. Ia menginginkan kotak pensil yang ada gambar pokemonnya. Maka bergegaslah Marimar menuju ke pasar. Sesampainya di pasar, ia langsung mencari penjual kotak pensil.
Marimar langsung bertanya pada penjual apakah ada kotak pensil yang bergambar pokemon. Dengan cekatan, penjual kotak pensil menunjukkan dagangannya yang memiliki gambar pokemon. Dengan senang hati Marimar memilih kotak pensil yang ingin ia beli. Setelah mendapatkan kotak pensil yang mau dibeli Marimar pun bertanya harga kotak pensil tersebut.
“Berapa harga kotak pensil ini pak?”, tanya Marimar. Penjual kotak pensil langsung menjawab “Harganya 15.000 saja”. Mendengar jawaban dari penjual kotak pensil itu, tiba-tiba wajah Marimar merengut. Ia merasa harga kotak pensil ini sangat mahal karena ia merasa teman-temannya yang lain telah membeli dengan harga yang lebih murah.
Marimar mencoba untuk menawar harga kotak pensil tersebut. “Pak ini harganya terlalu mahal, teman-teman saya saja kemarin beli di sana lebih murah”, kata Marimar. Mendengar hal itu, penjual kotak pensil pun hanya bisa pasrah, dan menyuruh Marimar menawar. “Ya sudah, silahkan ditawar, maunya adik berapa”.
Mendengar hal tersebut, Marimar sangat senang, ia langsung bilang, “Ya sudah pak 18.000 saja ya!”. Marimar langsung memberikan uang 18.000 dan pergi membawa kotak pensil pokemonnya. Tukang jual kotak pensil hanya bisa bingung dan garuk-garuk kepala.


Demikian Penjelasan Tentang Teks Anekdot : Pengertian, Struktur, Ciri, Tujuan Dan Contohnya Lengkap Semoga Bermanfaat Bagi Semua Pembaca

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Teks Anekdot
  • sebutkan ciri-ciri teks anekdot
  • fungsi teks anekdot
  • kebahasaan teks anekdot
  • kaidah kebahasaan teks anekdot
  • pengertian teks anekdot bahasa jawa
  • jenis teks anekdot
  • isi teks anekdot
  • unsur teks anekdot