Pengertian Ceramah Meliputi Unsur - Unsur, Tujuan, Ciri - Ciri, Struktur dan Contoh Teks Ceramah | Pembahasan Lengkap

Pengertian Ceramah : Ciri, Jenis, Tujuan, Unsur, Struktur

Secara umum, ceramah, khotbah, dan sambutan merupakan bagian dari pidato. Berarti ketiganya sama-sama kegiatan berbicara di depan umum untuk menyampaikan pikiran, gagasan, atau informasi kepada pendengar yang bersifat persuasif. Akan tetapi, topik yang disampaikan berbeda.
Ceramah dan khotbah adalah pidato yang menyampaikan atau menyiarkan ajaran-ajaran agama, sedangkan sambutan adalah pidato yang disampaikan sebagai pengantar atau pembuka dari suatu kegiatan. Nah, kali ini kita akan membahas secara lebih mendalam mengenai ceramah. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ceramah adalah pidato yang menyampaikan pidato ajaran agama. Ajaran-ajaran tersebut dapat berupa nasihat, petuah, petunjuk, ataupun kisah-kisah.



Pengertian Ceramah Menurut Para Ahli

  • Menurut Sumantri M. Dkk
Menurut Sumantri M, dkk, metode ceramah diartikan sebagai penyajian pelajaran oleh seorang penceramah dengan cara memberikan penjelasan secara lisan kepada orang yang mendengarkannya.Ceramah merupakan suatu metode yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh para pengajar atau guru di sekolah.Hal ini menunjukkan bahwa dalam ceramah ini mudah digunakan dan efektif dalam menyampaikan informasi.
  • Menurut Dimyati Dkk
Metode ceramah adalah sebuah bentuk interaksi belajar mengajar yang dilakukan melalui penuturan dan penjelasan secara lisan oleh seorang guru terhadap sekelompok anak didiknya.
Fakta bahwa ceramah itu sangat dipengaruhi oleh kepribadian dan kemampuan guru yang didapatkan dari pengalaman-pengalaman hidupnya serta bakat yang dimiliki dan penguasaan materi.
Seorang guru atau penceramah harus memiliki keterampilan yang baik dalam mengemas sebuah informasi dalam sebuah ceramah lisan dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
Kualitas ceramah ini dipengaruhi oleh gaya bahasa, penampilan suara, prosedur, kelancaran, dan sebagainya yang membuat para audiens lebih mudah menyerap informasi yang disampaikan.
  • Menurut M. Basyiruddin Usman
Metode ceramah adalah sebuah teknik penyampaian pesan dalam pelajaran yang sudah lazim disampaikan oleh seorang guru di sekolah.
Ceramah diartikan sebagai sebuah cara penyampaian dan penjelasan bahan secara lisan oleh seorang guru bila mana diperlukan.
  • Menurut Muhibbin Syah
Metode ceramah diartikan sebagai satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk menyampaikan informasi.
Selain itu, ceramah juga sangat efektif dalam mengatasi kelangkaan literatur atau rujukan yang sesuai dengan jangkauan daya beli dan daya paham siswa.
  • Menurut KBBI
Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang disebut dengan metode ceramah adalah salah satu cara belajar mengajar yang menekankan pada pemberitahuan satu arah dari seorang pengajar kepada para pelajar.




Jenis – Jenis Ceramah

  • Ceramah Umum
Ceramah umum merupakan pesan yang tujuannya untuk memberikan sebuah nasehat serta petunjuk-petunjuk yang ditujukan terhadap khalayak ramai, atau masyarakat luas. Pada umumnya ceramah umum bersifat menyeluruh, maksudnya tak ada batasan apapun baik itu dari audiens yang sudah tua maupun yang masih muda, materinya pun tidak ditentukan, sesuai dengan acara.
  • Ceramah Khusus
Ceramah khusus merupakan ceramah yang bertujuan untuk memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk terhadap mad’u atau khalayak tertentu dan bersifat khusus baik itu materinya ataupun yang lainnya. Pada ceramah khusus ini, banyak batasan-batasan yang dibuat contohnya materi yang menyesuaikan dengan keadaan. Misalnya Peringatan Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW.




Unsur-unsur Ceramah

  • Penceramah
Penceramah adalah orang yang melakukan kegiatan ceramah. Untuk menjadi penceramah, seseorang harus memiliki ilmu yang mumpuni terhadap materi yang diberikan kepada pendengar.

  • Pendengar
Pendengar merupakan penerima nasihat-nasihat dari penceramah. Dalam hal ini, pendengar bisa siapa saja tidak terbatas status sosial, umur, jenis kelamin, latar belakang, dan lain-lain.

  • Materi
Materi dalam ceramah berasal dari ajaran-ajaran agama. Akan tetapi, ceramah yang bagus adalah ceramah yang mampu membuat pendengar tergugah dan terdorong untuk melakukan nasihat-nasihat yang disampaikan oleh penceramah. Selain itu, materi hendaknya disusun secara sistematis sehingga materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh pendengar.

  • Metode Ceramah
Metode ceramah adalah cara-cara yang digunakan seorang penceramah untuk menyampaikan materi. Metode ceramah terbagi menjadi:
  • Impromptu, yakni metode ceramah tanpa persiapan. Biasanya penceramah yang melakukan metode ini sudah memiliki jam terbang berceramah yang cukup tinggi.
  • Menghafal, yakni dilakukan dengan persiapan, kemudian menghafalnya.
  • Membaca naskah, yakni melakukan ceramah dengan naskah lengkap.
  • Ekstemporan, yakni metode ceramah yang menuliskan pokok-pokok pikiran sebagai catatan pengingat.
5. Media Ceramah
Media ceramah adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan materi kepada pendengar. Ceramah di zaman sekarang tidak hanya dilakukan di rumah ibadah, tetapi juga bisa di banyak tempat. Adapun kegiatan ceramah bisa dilakukan secara langsung ataupun direkam sehingga pendengar bisa melihat dari internet atau televisi.




Tujuan Ceramah


Adapun tujuan dari ceramah adalah seperti berikut ini:
  1. Informatif/instruktif: artinya untuk memberikan informasi kepada pendengar mengenai suatu hal sehingga pendengar dapat memahami atau mengerti isi informasi dengan jelas dan benar.
  2. Persuasif: artinya mengajak pendengar supaya mengikuti apa yang telah pembicara sampaikan agar keyakinan pendengar semakin bertambah untuk melakukan sesuatu kearah yang lebih baik lagi.
  3. Argumentatif: artinya untuk meyakinkan pendengar mengenai suatu hal.
  4. Deskriptif: artinya untuk menggambarkan atau melukiskan tentang suatu keadaan.
  5. Rekreatif: artinya untuk menghibur atau menggembirakan pendengar agar merasa puas.
  6. Naratif: artinya untuk menceritakan sesuatu hal kepada pendengar.

Ciri-ciri ceramah


Berikut ini adalah ciri-ciri teks ceramah:
  • Memiliki struktur yang lengkap, terdiri atas pendahuluan, isi, penutup.
  • Isi ceramah sesuai dengan kegiatan yang ada.
  • Isi ceramah harus objektif, jelas, dan benar.
  • Isi ceramah tidak akan menimbulkan pertentangan di masyarakat.
  • Bahasa yang digunakan penceramah mudah dipahami pendengar.
  • Bahasa yang digunakan penceramah harus santun dan rendah hati.

Ciri-ciri Pembicara yang Baik


  1. Menjadi pembicara yang baik harus memandang sesuatu hal dari sudut pandang yang baru atau tak terduga pada hal-hal umum.
  2. Mempunyai cakrawala yang luas, memikirkan dan membicarakan isu-isu dari beragam pengalaman di luar kehidupannya sehari-hari. 
  3. Antusias, menunjukkan minat yang besar pada apa yang diperbuat dalam hidupnya.
  4. Tidak pernah membicarakan diri sendiri.
  5. Sangat ingin tahu.
  6. Menunjukkan empati, berusaha menempatkan diri pada posisi untuk memahami apa yang Anda katakan.
  7. Mempunyai selera humor, dan tidak keberatan mengolok-olok diri sendiri. 
  8. Mempunyai gaya bicara sendiri.

Struktur Teks Ceramah

1. Pendahuluan
  • Pembuka: bagian ini berisi salam pembuka, ucapan penghormatan, dan ucapan syukur.
  • Pengantar: bagian ini adalah paragraf pengantar yang mengarah pada topik. Biasanya pengantar berasal dari informasi atau berita yang faktual yang masih terkait dengan topik ceramah.
2. Isi Ceramah
  • Inti: berisi paparan dari penceramah, pandangan umum, ilustrasi dari materi yang disampaikan.
  • Gagasan: berisi ide besar yang ingin disampaikan kepada pendengar. Ceramah yang baik berisi satu gagasan besar yang kemudian dikembangkan dalam subtopik.
3. Penutup
  • Simpulan
  • Ucapan permintaan maaf
  • Salam penutup




Contoh Teks Ceramah

1. Contoh Teks Ceramah Tentang Sabar

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.Alhamdulilah, Puji Syukur Kehadirat Allah SWT yang telah memberikan curahan nikmatnya. Hingga pada hari ini kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan sedikit berceramah mengenai perlunya sabar.
Saudaraku, pertama saya akan membahas tentang apa itu sabar?. Pada dasarnya sabar berasal dari kata sobaro yasbiru yang artinya adalah menahan. Yang mana menahan disini mempunyai arti yang luas. Misalnya saat berpuasa,kita  menahan semua hawa nafsu untuk banyak hal.
Seperti menahan lapar dari adzan subuh hingga adzan magrib tiba untuk saat berbuka. Selain itu hendaknya kita juga diharuskan bersabar dalam menghadapi perilaku buruk seseorang kepada kita.Tetapi harus juga diketahui , bahwa tidak semua orang dapat menikmati sebuah kesabaran. Karena pada hakekatnya tidak semua orang dapat menahan rasa sabar tersebut.
Untuk itu semua saudaraku hendaknya kita selalu berdoa dan semakin mendekatkan diri pada Allah SWT agar diberi kesabaran melimpah dan tidak ada batasnya. Supaya kita semua mendapat pahala dari Nya yang seluas-luasnya. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqoroh ayat 153 yang artinya :
“Hai orang-orang yang beriman , jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”Bercermin dari ayat tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa Allah SWT akan selalu memberikan pertolongan untuk setiap hamba-hambanya yang mau menjalankan segala perintahNya dan menjauhkan diri dari segala laranganNya.
Didalam ayat Surat Al-Baqoroh tersebut disebutkan Keuntungan orang-orang yang mau mengerjakan sholat wajib 5 waktu. Serta mereka yang mampu menegakkan rasa sabarnya. Yaitu niscaya Allah SWT akan menjanjikan pertolongan  saat mendapat kesusahan.
Walaupun begitu saudaraku, sabar memang tidaklah mudah justru adalah sebuah ujian. Namun justru karena ketidak mudahan tersebut menjadikan sabar adalah sarana Allah SWT untuk menguji hambanya apakah bisa lolos atau tidak dalam ujianNya. Hendaknya kita harus selalu istighfar dan berfikir positif agar dapat lolos ujian kesabaran yang diberikan Allah SWT.
Dan Begitulah sedikit mengenai sabar yang bisa saya bagikan kepada saudara-saudara sekalian. Semoga setelah mendengar ceramah ini kita semua dapat lebih memahami arti penting dari sebuah kesabaran. Dan untuk kemudian mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk itu saya akhiri ceramah hari ini dan mohon maaf apabila ada terdapat salah kata saat penyampaian tadi. Wassalamualaikum Wr.Wb

2. Contoh Teks Ceramah Tentang Pentingnya Pendidikan Pendidikan Moral
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Segala puji bagi Allah SWT yang menguasai semesta alam  telah memberikan segenap limpahan rahmat serta karunianya. Sehingga kali ini kita dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat walafiat.
Tak lupa sholawat serta salam saya haturkan kepada junjungan Nabi Besar kita Nabi Muhammad Shalawahu Alaihi Wassalam. Karena  atas tuntunannya kepada kita semua sehingga sampai saat ini kita masih bisa berada pada jalan yang di ridoi Allah SWT. Dan tentunya dalam keadaan sehat wal-afiat.
Bapak/Ibu dan Para murid sekalian yang berbahagia.Pada kesempatan yang indah ini mohon Izinkan saya memberikan beberapa patah kata untuk menyampaikan sebuah ceramah singkat. Tema hari ini adalah  mengenai pentingnya pendidikan moral dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Bapak/Ibu guru dan sahabat –sahabat murid  yang saya cintai. Kita harus mengetahui bahwa sebuah bangsa atau negara sangat dipengaruhi oleh perilaku moral perilaku masyarakatnya. Bisa dikatakan sebuah bangsa atau negara akan menjadi lemah jika perilaku masyarakat tidak berlandaskan moral  dalam setiap tingkah laku perbuatannya.
Oleh karena itu wajib hukumnya bagi masyarakat sebuah bangsa dan Negara untuk selalu senantiasa menjaga moral perilaku. Yaitu beberapa pengaruh maupun efek buruk yang dapat merusak nilai kearifan kita semua. Hal tersebut tidak lain agar tercipta sebuah bangsa  dan negara yang kuat  dan tak lemah di mata dunia.
Apalagi di era globalisasi ini yang semakin mempermudah siapa saja untuk melakukan aktivitas apapun.Kemudahan Teknologi,Informasi dan komunikasi misalnya. Banyak media-media seperti televisi maupun internet yang memberikan informasi secara cepat tentang peristiwa apapun yang terjadi di seluruh belahan dunia.
Namun kita semua tidak sepatutnya terbuai dengan berbagai kenyamanan dan kemudahan yang diciptakan tersebut. Bisa jadi semua yang kita dapat secara mudah dan instan itu malah akan secara tidak langsung merusak moral kita. Ada baiknya kita semua yang ada disini untuk lebih pintar dalam memilih mana yang bisa dimanfaatkan untuk tujuan baik.
Salah satunya cara untuk menciptakan kehidupan masyarakat  yang bermoral demi kekuatan bangsa adalah dengan membentuk perilaku para generasi muda. Kita tahu bahwa anak-anak merupakan aset generasi muda yang begitu penting perannya dalam membangun kemajuan sebuah negeri. Untuk itu pengaruh orang tua sangat dibutuhkan dalam hal ini.
Orang tua sudah seyogyanya harus senantiasa melakukan pemantauan terhadap anak-anaknya agar terhindar dari pengaruh buruk yang dapat merusak moral mereka. Seperti melalui tayangan televisi maupun internet yang membawa pengaruh buruk pada mereka.
Selalu memberikan nasihat yang mendidik kearah yang benar adalah suatu kewajiban yang penting dilakukan.Sebaiknya pilih tayangan yang bisa membawa kearah positif dan membatasi tontonan dari luar yang sekiranya dapat merusak moral kearifan kita.Dan lakukan upaya untuk membentuk moral yang baik pada anak-anak.
Banyak cara yang dilakukan untuk membentuk moral baik pada anak-anak. Misalnya dengan memberikan pendidikan agama sejak usia dini. Para orang tua dapat juga memberikan ragam informasi yang bisa membuat mereka lebih bersemangat belajar.
Sebagai orang tua hendaknya kita juga harus bisa meluangkan waktu demi mendengar keluh kesah anak-anak agar mereka dapat menemukan solusi dari masalah yang dihadapi. Dan Dengan begitu agaknya mereka tidak salah melangkah atau terlalu mengikuti arus modernisasi yang bisa berdampak buruk bagi moralnya.
Sungguh penting arti sebuah moral. Bangsa Indonesia tidak akan mampu untuk menopang motto kokohnya yaitu Bhinneka Tunggal Ika saat budaya ketimuran yang ramah dan santun sudah hilang dan berganti karena globalisasi.Maka oleh sebab itu para hadirin, hendaknya kita perlu untuk menjunjung tinggi nilai moral dalam bermasyarakat.
Selalu budayakan gotong royong, nuansa tenggang rasa dan menghargai perbedaan. Hal ini bisa dimulai dengan kita para orang tua untuk mengajari anak-anak kita bermoral yang baik. Agar tercipta suasana berbangsa dan bernegara yang kokoh.
Dan itulah yang dapat saya sampaikan hari ini.Semoga kita semua dapat selalu dalam lindungan dan rahmat yang dianugerahkan oleh Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dan saya harap apa yang saya berikan hari ini dapat bermanfaat bagi semua.
Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati, saya mohon maaf sebesar-besarnya.Akhir kata, Wassalamualikum Wr.Wb

3. Contoh Teks Ceramah Tentang Sholat
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulilah, Puji Syukur Kehadirat Allah SWT yang telah memberikan curahan nikmatnya hingga pada hari ini kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Pada kesempatan yang berbahagia dan menyenangkan ini saya akan sedikit berceramah mengenai keutamaan sholat.
Saudaraku, kita semua tahu sholat merupakan tiang agama. Maka kita sebagai umat muslim yang beriman agaknya selalu dirikan lah sholat yang khusuk dan benar. Karena dengan kita khusuk saat menjalankan ibadah sholat, berarti kita telah menjalankan satu tiang kehidupan.
Sholat merupakan tiang agama. Hal tersebut bisa dianalogikan dengan sebuah tiang bangunan roboh maka seluruh bangunan pasti ikut hancur dan rusak. Begitu juga dengan kehidupan kita. Baik buruknya sholat kita merupakan cerminan perilaku kehidupan yang kita jalani.
Banyak orang yang berpendapat bahwa jika ingin melihat bagaimana seseorang maka cukup lihat cara sholat orang tersebut. Kalau Sholatnya baik, Insya Allah semua amalan yang dilakukan orang tersebut baik adanya.Karena kekhusukan sholat dapat mencerminkan bahwa seseorang telah dengan maksimal menjalankan perintah Allah dalam hal ini yaitu sholat.
Hal ini juga merupakan sebuah bukti ketakwaan kita terhadap Allah SWT.Lain halnya Saudaraku, jika kita selalu seenaknya dan tidak khusuk saat menjalankan sholat. Baik dalam soal waktu maupun bacaan sholat yang dilantunkan. Maka sudah dapat dipastikan amalan lain yang dilakukan orang tersebut akan tidak jauh berbeda.
Ada juga sebuah Hadist Nabi yang artinya bahwa sholat dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Hal ini menjadi sebuah kesimpulan yaitu sholat yang dikerjakan dengan baik dan khusuk akan dapat mempengaruhi jiwa dan hati nurani kita. Khususnya dari penyakit hati dan hal buruk yang bisa merugikan orang lain.
Dan sampailah kita di bagian akhir dari ceramah untuk hari ini, semoga dapat memberi banyak manfaat bagi semua hadirin yang hadir disini. Mohon maaf tak lupa saya haturkan bila terdapat salah salah kata. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


4. Contoh Teks Ceramah Mengenahi Narkoba 

Assalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.Para hadirin yang saya hormati, Bapak/Ibu Guru serta para murid sekalian.
Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.Karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Pada kesempatan yang berbahagia ini,saya akan sedikit membagikan ilmu melalui ceramah dengan tema Bahaya Narkoba.
Bapak/Ibu Guru serta para murid sekalian. Kita harus mengetahui bahwa di Indonesia Negara yang kita cintai ini ternyata memiliki jumlah pengguna narkoba yang sangat besar. Hal tersebut terjadi karena begitu lemahnya hukum di negeri ini. Bahkan banyak kasus pengedar luar negeri yang bekerja sama dengan warga Indonesia demi keuntungan berlipat ganda.
Penggunaan narkoba yang tidak semestinya dan zat adiktif lain tentu akan membawa dampak buruk yang sangat luas. Misalnya dalam aspek kesehatan seperti menurunnya imun tubuh, sakit yang berkepanjangan dan lain-lain. Juga aspek lainnya seperti menurunnya produktivitas kerja, serta semakin maraknya kriminalitas dan tindak kekerasan.
Setelah mengetahui berbagai dampak buruk yang terjadi akibat narkoba harusnya kita harus berpikir untuk mulai memerangi bahaya narkoba. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk terhindar dari barang haram tersebut. Misalnya dengan mengikuti program penyuluhan anti narkoba, tidak bergaul dengan pemakai, dan tentunya tidak mudah terpengaruh dengan bujuk rayu pengguna narkoba lain.
Masalah yang paling membuat miris adalah keterlibatan remaja dan anak sekolah yang lebih dominan menjadi pemakai.Tentu ini patut menjadi perhatian kita. Bagaimana generasi muda yang harusnya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan siap melanjutkan dunia. Malah dirusak masa depannya hanya karena Narkoba.
Tentu kita semua tidak berharap bahwa negeri kita yang tercinta ini suatu saat akan hancur hanya karena generasi muda yang rusak akibat narkoba.Di sinilah peran sekolah sangat dibutuhkan. Melalui lembaga ini perlu adanya program penyuluhan yang ditujukan pada para murid mengenai bahaya dan dampak dari pemakaian Narkoba.
Bisa melalui guru BP maupun diadakan acara khusus dengan mengundang narasumber terkait misalnya anggota BNN dan menjadikan murid sebagai peserta diskusi.Program lain yang bisa dilakukan yaitu mengenali lebih dalam tentang ciri-ciri siswa yang mengkonsumsi narkoba, atau bisa dilakukan dengan mengadakan razia dadakan.
Walaupun para pengedar dan pengguna mungkin sudah mengetahui dan memahami dengan benar apa saja program yang telah sekolah usahakan. Tak lain dan tak bukan untuk upaya mencegah peredaran narkoba di sekolah. Mereka para pengedar tentu dapat dengan mudah mengatasi sebaik yang mereka bisa.
Namun sepandai apapun cara-cara yang bisa dilakukan pengedar, yang terpenting adalah kita harus selalu optimis.Bahwa narkoba pasti mampu ditangkal dan dilawan. Setidaknya mampu diminimalisir dengan cara apapun sekuat tenaga.
Dan yang paling utama adalah cara-cara yang dapat kita lakukan tadi dapat membawa manfaat untuk para murid sekalian. Yaitu membentuk karakter dan perilaku yang baik jauh dari narkoba. Selain itu para murid dapat dengan mudah dan nyaman untuk terus melanjutkan aktivitas belajar.
Demikian ceramah yang dapat saya sampaikan. Tidak lupa saya mohon maaf sebesar-besarnya apabila tadi terdapat kesalahan kata-kata .Maka atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Wassalamualikum Waramatullahi Wabarakatuh.








Penelusuran yang terkait dengan Teks Ceramah
  • teks ceramah lucu
  • teks ceramah agama
  • contoh teks ceramah singkat beserta strukturnya
  • contoh teks ceramah beserta strukturnya
  • contoh teks ceramah tentang pendidikan
  • teks ceramah lucu tentang sholat
  • kumpulan teks ceramah
  • struktur teks ceramah