Pengertian Wisata Alam Meliputi kegiatan Wisata Alam dan Tujuan Wisata Alam


Pengertian Wisata Alam

Wisata alam adalah sebuah bentuk kegiatan rekreasi dan pariwisata yang memanfaatkan potensi sumberdaya alam, baik itu dalam keadaan alami maupun dalam bentuk budidaya, sehingga memungkinkan para wisatawan agar bisa memperoleh kesegaran jasmaniah maupun rohaniah, manfaat lain dari wisata alam adalam agar bisa mendapatkan pengetahuan dan juga pengalaman serta menumbuhkan inspirasi dan cinta terhadap alam (Anymous, 1982 dalam Saragih, 1993).

 

Baca Juga:  Pengertian Ilmu Adalah Menurut Para Ahli, Karakteristik, Syarat-syarat, Jenis – Jenis dan Aspek Peninjauan Ilmu


Wisata alam merupakan kegiatan rekereasi dan pariwisata yang memanfaatkan potensi alam untuk menikmati keindahan alambaik yang masih alami ataupun sudah ada usaha budidaya., agar ada daya tarik wisatawan ke
tempat tersebut. Wisata alam biasanya digunkan untuk penyeimbang hidup setelah melakukan aktifitas yang padat, dan suasana keramaan di kota. Sehingga setelah melakukan wisata alam tubuh dan pikiran bisa menjadi segar kembali dan setelah itu bisa bekerja dengan lebih kreatif lagi karena dengan melakukan wisata alam kita bisa mendapatkan kesenangan jasmani maupun rohani. Dalam melakukan wisata alam melakukan wisata alami kita harus bisa melestarikan area yang masih alam, dan juga nbisa memberikan manfaat secara ekonomi serta mempertahankan kebutuhan budaya masyarakat setempat sehingga bisa menjadi tempat wisata yang memiliki poensi yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti alat transportasi atau penginapan (animous). Berikut adalah beberapa kegiatan wisata alam :


a. Atv Riding
Atv riding merupakan sebuah kegiatan yang menawarkan program untuk naik sepeda motor beroda empat dengan rute yang cukup menantang. Bali ATV Ride merupakan salah satu wisata petualang yang lagi di gemari oleh para wisatawan domestik maupun asing yang memang ingin mengadu nyali di Bali. Selama program ini,Andaakan mengendarai ATV Di tepi sungai Melangit dan mengikuti aliran sungai,melewati semak-semak di sekitarnya di mana terdapat banyak fauna di sekitarnya, termasuk monyet, burung dan banyak lainnya. Setelah selesai melintasi sungai melangit, petualangan akan dilanjutkan ke daerah-daerah pertanian dan perkebunan. akan mampu mengamati dari dekat dekat petani setempat mengolah tanah dan bekerja secara gotong royong. Setelah itu, anda akan menikmati suasana setempat bersama dengan penduduk dan kegiatan sehari-harinya. Jangan khawatir bagi anda yang belum bisa atau belum pernah mengendarai roda dua karena Motor ATV ini dibuat khusus sehingga mudah dikendarai oleh siapa saja, meski belum pernah naik motor sekalipun. Petualangan diakhiri dengan melalui Taman Gajah untuk menyaksikan kegiatan gajah yang sudah jinak dan terlatih yang tinggal di tengah-tengah masyarakat Desa Bakas. Selanjutnya, kita akan beristirahat sambil menikmati makan siang yang telah disediakan.

 

b.Jembatan Gantung
Si Anak dapat merasakan sensasi Jembatan goyang AWC dimana tidak hanya untukmemuaskan jiwa petualangan anak tetapi juga untuk melatih otok motorik anak anda melalui tangga naik menuju jembatan yang khusus diciptakan seperti layaknya attebing profesional. Tidak hanya itu saja jembatan ini bisa melatih keseimbangan badan anak andadalam menyusuri pijakan jembatan tersebut, dan jangan khawatir crew outbond AWCakan mendampingi anak anda untuk keselamatan.

 

c.Pemancingan
Memancing merupakan kegiatan yang menyenangkan cocok untuk anda dan keluarga menghilangkan penat bekerja sehari-hari dengan ditemani pemandu dari AWC( Alam Wisata Cimahi )yang sudah ahli dibidangnya kita akan diberikan pengetahuan tips memancing yang handal. Tidak ketinggalan kita dapat membawahasil pancingan anda kerumah atau crew AWC (Alam Wisata Cimahi) akan menyajikannya ditempat untuk anda santap langsung secara gratis tentunya. Selain untuk orang dewasa, kolam AWC (Alam Wisata Cimahi) ada untuk anak juga, dimana tujuan utama AWC (Alam Wisata Cimahi) adalah agar otot motorik anak dapat dilatih sedemikian efektif guna pertumbuhan anak yang maksimal dan menjadikan anak lebih aktif ke arah yang positif. Permainan seru yang di AWC (Alam WisataCimahi) sisipkan di kolam lumpur ini adalah lomba menangkap ikan dan belut didalam lumpur, bila ada penasaran ingin mencobanya untuk anak anda segera hubungi marketing AWC (Alam Wisata Cimahi).

 

 d. Flying Fox
Flying Fox adalah game tantangan individu yang diadaptasi dari pelatihan militer.Game ini dilakukan dengan cara meluncur dari ketinggian tertentu melalui wire(cabelbaja).Tidak usah khawatir jika Anda mau mencoba,sang peluncur nanti akanmemakaisejumlah pengaman berupa :

  • Carnmantel(ropes) sebagai alat safety dan belayer
  • seat harness alat pengaman tubuh dari ikatan tali
  • figure of eight sebagai alat safety dan i
  • carabiner sebagai kunci pengaman dan conector sling dan katrol

 

Tujuan Wisata Alam

  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi
  • Meningkatkan kesejahteraan rakyat
  • Melestarikan alam, lingkungan, dan sumber daya
  • Memupuk rasa cinta tanah air
  • Memperkukuh jadi diri dan kesatuang bangsa
  • Mempererat persahabatan antar bangsa

 

Baca Juga: Materi Sistem Saraf Manusia Beserta Soal Pilihan Ganda dan Esai Bab Sistem Saraf Manusia Lengkap Jawabannya

 

Demikian Penjelasan Tentang   Pengertian Wisata Alam Meliputi kegiatan Wisata Alam dan Tujuan Wisata Alam. Jangan Lupa selalu kunjungi referensisiswa.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

 Penelusuran yang terkait dengan pengertian wisata alam

  • pengertian wisata budaya
  • pengertian wisata buatan
  • pengertian wisata bahari
  • pengertian wisata alam dan contohnya
  • pengertian wisata religi
  • pengertian wisata pertanian
  • pengertian wisata alam menurut undang-undang
  • wisata budaya adalah