Pengertian Wisata Alam Meliputi kegiatan Wisata Alam dan Tujuan Wisata Alam

Table of Contents


Pengertian Wisata Alam

Wisata alam mengacu pada kegiatan yang berkaitan dengan eksplorasi dan pengalaman alam liar atau lingkungan alam, baik di daratan maupun di perairan. Ini melibatkan kunjungan ke tempat-tempat seperti taman nasional, hutan, pegunungan, dan pantai untuk menikmati keindahan alam, melihat flora dan fauna yang unik, serta berpartisipasi dalam berbagai kegiatan luar ruangan.

Pengertian wisata alam mencakup berbagai jenis kegiatan dan pengalaman, termasuk:

  1. Pendakian: Mendaki gunung atau jalur hiking untuk menikmati pemandangan alam dari ketinggian, dan untuk merasakan petualangan di alam bebas.

  2. Ekowisata: Melakukan perjalanan ke daerah-daerah yang mempertahankan dan melindungi keanekaragaman hayati dan lingkungan alam, dengan meminimalkan dampak negatif pada lingkungan.

  3. Observasi Satwa: Melihat binatang liar di habitat alami mereka, seperti burung, mamalia, atau hewan laut, untuk memahami kehidupan alam dan menghargai keanekaragaman hayati.

  4. Aktivitas Air: Berenang, snorkeling, menyelam, atau berperahu di perairan alami seperti laut, sungai, dan danau untuk mengeksplorasi keindahan bawah air dan kehidupan laut.

  5. Piknik dan Berkemah: Menghabiskan waktu di alam terbuka dengan berkemah, memasak di luar ruangan, dan menikmati waktu bersama keluarga atau teman-teman di sekitar api unggun.

Wisata alam sering kali menawarkan kesempatan bagi pengunjung untuk mengalami keindahan dan keajaiban alam yang jarang ditemui dalam kehidupan sehari-hari, serta memberikan kesempatan untuk terhubung dengan alam dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan.

 

Baca Juga:  Pengertian Ilmu Adalah Menurut Para Ahli, Karakteristik, Syarat-syarat, Jenis – Jenis dan Aspek Peninjauan Ilmu

. Berikut adalah beberapa kegiatan wisata alam :


a. Atv Riding
Atv riding merupakan sebuah kegiatan yang menawarkan program untuk naik sepeda motor beroda empat dengan rute yang cukup menantang. Bali ATV Ride merupakan salah satu wisata petualang yang lagi di gemari oleh para wisatawan domestik maupun asing yang memang ingin mengadu nyali di Bali. Selama program ini,Andaakan mengendarai ATV Di tepi sungai Melangit dan mengikuti aliran sungai,melewati semak-semak di sekitarnya di mana terdapat banyak fauna di sekitarnya, termasuk monyet, burung dan banyak lainnya. Setelah selesai melintasi sungai melangit, petualangan akan dilanjutkan ke daerah-daerah pertanian dan perkebunan. akan mampu mengamati dari dekat dekat petani setempat mengolah tanah dan bekerja secara gotong royong. Setelah itu, anda akan menikmati suasana setempat bersama dengan penduduk dan kegiatan sehari-harinya. Jangan khawatir bagi anda yang belum bisa atau belum pernah mengendarai roda dua karena Motor ATV ini dibuat khusus sehingga mudah dikendarai oleh siapa saja, meski belum pernah naik motor sekalipun. Petualangan diakhiri dengan melalui Taman Gajah untuk menyaksikan kegiatan gajah yang sudah jinak dan terlatih yang tinggal di tengah-tengah masyarakat Desa Bakas. Selanjutnya, kita akan beristirahat sambil menikmati makan siang yang telah disediakan.

 

b.Jembatan Gantung
Si Anak dapat merasakan sensasi Jembatan goyang AWC dimana tidak hanya untukmemuaskan jiwa petualangan anak tetapi juga untuk melatih otok motorik anak anda melalui tangga naik menuju jembatan yang khusus diciptakan seperti layaknya attebing profesional. Tidak hanya itu saja jembatan ini bisa melatih keseimbangan badan anak andadalam menyusuri pijakan jembatan tersebut, dan jangan khawatir crew outbond AWCakan mendampingi anak anda untuk keselamatan.

 

c.Pemancingan
Memancing merupakan kegiatan yang menyenangkan cocok untuk anda dan keluarga menghilangkan penat bekerja sehari-hari dengan ditemani pemandu dari AWC( Alam Wisata Cimahi )yang sudah ahli dibidangnya kita akan diberikan pengetahuan tips memancing yang handal. Tidak ketinggalan kita dapat membawahasil pancingan anda kerumah atau crew AWC (Alam Wisata Cimahi) akan menyajikannya ditempat untuk anda santap langsung secara gratis tentunya. Selain untuk orang dewasa, kolam AWC (Alam Wisata Cimahi) ada untuk anak juga, dimana tujuan utama AWC (Alam Wisata Cimahi) adalah agar otot motorik anak dapat dilatih sedemikian efektif guna pertumbuhan anak yang maksimal dan menjadikan anak lebih aktif ke arah yang positif. Permainan seru yang di AWC (Alam WisataCimahi) sisipkan di kolam lumpur ini adalah lomba menangkap ikan dan belut didalam lumpur, bila ada penasaran ingin mencobanya untuk anak anda segera hubungi marketing AWC (Alam Wisata Cimahi).

 

 d. Flying Fox
Flying Fox adalah game tantangan individu yang diadaptasi dari pelatihan militer.Game ini dilakukan dengan cara meluncur dari ketinggian tertentu melalui wire(cabelbaja).Tidak usah khawatir jika Anda mau mencoba,sang peluncur nanti akanmemakaisejumlah pengaman berupa :

  • Carnmantel(ropes) sebagai alat safety dan belayer
  • seat harness alat pengaman tubuh dari ikatan tali
  • figure of eight sebagai alat safety dan i
  • carabiner sebagai kunci pengaman dan conector sling dan katrol

 

Tujuan Wisata Alam

  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi
  • Meningkatkan kesejahteraan rakyat
  • Melestarikan alam, lingkungan, dan sumber daya
  • Memupuk rasa cinta tanah air
  • Memperkukuh jadi diri dan kesatuang bangsa
  • Mempererat persahabatan antar bangsa

 

Baca Juga: Materi Sistem Saraf Manusia Beserta Soal Pilihan Ganda dan Esai Bab Sistem Saraf Manusia Lengkap Jawabannya

 

Demikian Penjelasan Tentang   Pengertian Wisata Alam Meliputi kegiatan Wisata Alam dan Tujuan Wisata Alam. Jangan Lupa selalu kunjungi referensisiswa.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

 Penelusuran yang terkait dengan pengertian wisata alam

  • pengertian wisata budaya
  • pengertian wisata buatan
  • pengertian wisata bahari
  • pengertian wisata alam dan contohnya
  • pengertian wisata religi
  • pengertian wisata pertanian
  • pengertian wisata alam menurut undang-undang
  • wisata budaya adalah

Post a Comment