Pengertian Resort Adalah : Faktor Penyebab, Fungsi dibangunnaya Resort, Jenis-jenis Resort dan Konsep Resort Sebagai Tempat Tujuan Wisata


Pengertian Resort

Resort adalah suatu perubahan tempat tinggal untuk sementara bagi seseorang diluar tempat tinggalnya dengan tujuan antara lain untuk mendapatkan kesegaran jiwa dan raga serta hasrat ingin mengetahui sesuatu. Dapat juga dikaitkan dengan kepentingan yang berhubungan dengan kegiatan olahraga, kesehatan, konvensi,keagamaan serta keperluanusaha lainnya.(Dirjen Pariwisata, Pariwisata Tanah Air Indonesia, Hal 13 November 1988)
Resort merupakan sebuah tempat untuk menginap dimana tempat tersebut mempunyai fasilitas khusus untuk kegiatan berolahraga seperti tennis, golf, spa, tracking dan juga jogging. Bagian concierge berpengalaman dan juga menegetahui betul lingkungan resrot agar tamu tyang datang dapat menikmati keindahan alam saat hitch-hiking di sekitar resort. Resort adalah tempat wisata atau rekreasi yang sering dikunjungi dimana pengunjung yang datang biasanya bertujuan untuk menikmati potensi alam yang ada . ( A.S Hornby, Oxford Leaner’s Dictionary of Current English, Ocford University Press, 1974)


Resort adalah sebuah kawasan terencana yang bukan hanya untuk sekedar menginap tetapi juga untuk istirahat dan rekreasi .(Chuck Y. Gee, Resort Development and Management, Watson Guptil Publication 1988) Resort adalah tempat peristirahatan di musim panas, di tepi pantai atu di pegunungan yang banyak dikunjungi.(John M. Echols, Kamus Inggris-Indonesia, Gramedia, Jakarta 1987). Sebuah resort sebaiknya mempunyai lahan yang ada kaitannya dengan obyek wisata, oleh sebab itu resort berada di perbukitan, pegunungan, lembah, pulung kecil, dan juga pinggiran pantai. . (Nyoman.S Pendit. Ilmu Pariwisata, Jakarta: Akademi Pariwisata) Dari beberapa pengertian tersebut dapat ditemukan beberapa kata kunci yang membentuk pengertian resort secara menyeluruh yaitu bangunan atau kawasan terencana yang berlokasi pada lahan yang ada kaitannya dengan obyek wisata. Bnagunan atau kawasan ini menyediakan jasa penginapan, makan dan minum, fasilitas rekreasi dan istirahat. Tmbahan fasilitas yang dapat disertakan yaitu fasilitas khusus dan fasilitas lain secara konvensional.

 

Baca Juga: Pengertian Asuransi Adalah: Prinsip-prinsip, Fungsi, Elemen dalam Asuransi, Jenis-jenis , dan Istilah- Istilah dalam Asuransi

 

 Faktor Penyebab munculnya Resort

Faktor timbulnya resort adalah sebuah alasan dibalik dibangunnya sebuah resort. Faktor penyebab ini penting untuk diketahui karena menjadi penyebab bagaimana seharusnya resort dibangun dan juga menjadi faktor- faktor dibangunnya resort dapat terpenuhi. Berikut faktor-faktor yang menyebabkan fasilitas resort, yaitu:

  • Berkurangnya waktu istirahat

Bagi masyarakat kesibukan mereka selalu menyita waktu sehingga membuat manusiacenderung kehilangan waktu untuk dapat beristirahat dengan tenang, sehingga pada saat-saat tertentu kebutuhan akan ketenangan menjadi sangat penting. Maka munculah resort sebagai sebuahpenginapan dengan konsep sebagai tempat berlibur dan melepas ketegangan atau kesibukan kerja dan juga bisa menikmati perubahan suasana sehari-hari dengan tujuan untuk mendapatkan pengalaman baru. Hal ini pun menjadi dasar munculnya bentuk-bentuk kegiatan yang disediakan resort berupa fasilitas-fasilitas rekreasi, olahraga dan sebagainya yang bertujuan sebagai sarana melepas ketegangan.

  • Kebutuhan manuisa akan rekreasi

Manusia pada umumnya cenderung membutuhkan waktu untuk rekreasi agar dapat bersantai dan juga menghilangkan kejenuhan yang diakibatkan oleh aktivitas mereka. Maka munculah resort yang dapat mengutamakan relaksasi, pengalaman yang unik dan atraksi yang ditawarkan. Resort dituntut agar bisa menyediakan fasilitas-fasilitas rekreasi dan mengisi waktu senggang. Bahkan para grup resor menjadikannya sebagai konsep utama, seperti sebuah resort yang ada di tengah perkebunan teh, dimana setiap harinya para pengunjung resort bisa mengikuti kegiatan para pemetik teh.

  • Faktor Kesehatan

Gejala-gejala stress dapat timbul akibat pekerjaan yang melelahkan sehingga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh manusia. Agar dapat memulihkan kesehatan dibutuhkan jiwa dan raga yang dapat di peroleh di tempat berhawa sejuk dan juga mempunyai pemandangan indah yang disertai dengan akomodasi penginapan sebagai sarana peristirahatan.

  • Keinginan menikmati potensi alam

Keberadaan potensi alam yang indah dan sejuk sanagat sulit ditemukan diperkotaan. Dengan demikian keinginan masayarakat untuk menikmati potensi alam menjadi permasalahan tersendiri. Oleh ksrens itu resort menawarkan pemandangan alam yang indah dan juga bebas polusi. Penciptaan lingkungan yang bisa bersahabat dengan alam biasanya dapat dilakukan dengan konservasi karakteristik sumbersumber alam dan juga poitensi yang ada, peningkatan mutu lingkungan, dan peningkatan pengenalan terhadap lingkungan.

 

Dengan demikian berdasarkan faktor penyebabnya, latar belakang untuk membangun sebuah resort dapat didasarkan pada hal-hal seperti kebutuhan akan rekreasi melepaskan diri dari rutinitas perkotaan. Inti dari faktor-faktor tersebut adalah masalah waktu istirahat, kebutuhan akan rekreasi, kesehatan dan keinginan untuk menikmati alam. Pada akhirnya perencanaan sebuah resort juga harus bersesarkan dari keempat inti persoalan tersebut.

 

 Fungsi dibangunnaya Resort

Resort dibagi menjadi 2 macam yaitu Resort umum dan juga Wedding Ressort. Untuk resort umum biyasa digunakan sebagaio tempat peristirahatan bagai para wisatawan, baik itu wisatawan dari dalam negri maupun dari luar negri. Sedangkan Wedding Resort merupakan resort yang dikhususkan bagi pasangan yang ingin berbulan madu

 

Karakteristik Resort

Terdapat empat karakteristik resort sehingga dapat dibedakan menurut jenisnya, yaitu:

  • Lokasi

Umumnya lokasi resort biyasanya berada di tempat-tempat yang mempunyai pemandangan indah, tepi pantai dan sebagainya, yang tidak dirusak oleh keramaian kota, lalu lintas yang padat dan bising. Pada resort kedekatan dengan atraksi utama yang berhubungan dengan kegiatan rekreasi dapat menjadikannya sebuah tuntutan pasar dan juga akan berpengaruh pada harga resort tersebut.

  • Fasilitas

Motivasi pengunjung untuk bersenang-senang dengan mengisi waktu luang akan menuntut ketersediaanya fasilitas pokok serta fasilitas rekreatif indoor atau outdooragar bisa meningkatkan kepuasan bagi para pengunjung. Fasilitas pokok adalah ruang tidur sebagai area privasi fasilitas rekreasi indoor merupakan ruang public seperti restoran, sedangkan fasilitas rekreasi outdoor meliputi kolam renang, lapangan tennis, dan juga penataan lanskap.

  • Segmen Pasar

Sasaran yang ingin dijangkau adalah wisatawan atu pengunjung yang ingin berlibur, bersenang-senang, meikmati pemandangan alam, pantai, gunung, dan juga tempat-tempat lainnya yang mempunyai panorama yang indah yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

  • Arsitektur dan Suasana

Tamu yang berkunjung biasanaya cenderung mencari akomodasi bernuansa khusus, baik susasananya maupun bentuk arsitekturnya.Hal ini diambil dengan alasan agar suasana liburannya juga terasa berbeda dengan aktifitas yantg dilakukan setiap harinya, sehingga tercipta kenyamanan yang tak mudah dilupakan. Oleh karena itu resort akan lebih dinikmati ketika tersedia ruang sebagai area privasi dan juga penataan lanskap yang menarik.

 

Jenis-jenis Resort

Resort memiliki beberapa jenis diantaranya adalah :

  • Mountain Resort, merupakan suatu resort yang berada di pegunungan dengan fasilitas utama yang diseseuaikan dengan keadaan fisik pegunungan tersebut. Misal: Ski es(pada pegunungan es), Berkuda, mendaki gunung agrowisata dan sebagainya.
  • Seaside Resort,Yaitu resort yang lokasinya berada di daerah tepi pantai dengan fasilitas utama wisata bahari yang disesuaikan dengan potensi yang ada di perairan setempat. Misal: Surfing, diving, fishing.
  • Spa’s and Health Resort, Yaitu kawasan wisata yang khusu untuk penyegaran fisik, maupun mental, dengan fasilitas pengunjung kesehatan yang lengkap.
  • Wedding Resort, Resort yang menampilkan tema wedding. Diman resort tersebut dikhususkan bagi pasanagan yang ingin berbulan madu, biasanya resort tersebut terdapatpaket pernikahan bagi pengantin yang ingin memesannya.

 

Konsep Resort sebagai tempat tujuan wisata

Konsep resort pada dasarnya adalah mengolah keberadaan bangunan dalam lokasi sehingga dapat menciptakan lingkungan yang bisa meningkatakan dan juga menumbuhkan rasa tenang, menyenangkan dan
juga mendapatkan pengalaman baru. Perencanaan pada resort harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya adalah :

  • Rekreasi dan waktu senggang

Perbedaan dan tipe hotel lainnya adalah bahwa tamu yang berkunjung biasanya mengutamakan relaksasi dan juga menikmati aktifitas, hiburan, rekreasi, pengalaman unik, dan juga atraksi yang ditawarkan oleh resort tsersebut. Resort biasanya dituntut untuk menyediakan berbagai fasilitas rekreasi dan juga untuk mengisi waktu luang. Beberapa grup resort kemudian menjadikannya sebagai konsep utama dalam perancangan suatu resort.

  • Kepuasan Total Bagi Wisatawan

Prinsip dalam pengembangan resort pada dasarnya mencakup bebrapa hal yaitu faktor tuntutan ataupun kebutuhan wisatawan dan juga pelayanan. Agar dapat memberikan kepuasan bagi para wisatwan, mkaa yang perlu diketahui adalah alasan utama wisatawan memilih menginap di sebuah resort, yaitu untuk berlibur melepas ketegangan atau kesibukan kerja dan juga untuk menikmati perubahan suasana sehari-hari dengan tujuan agar dpat mendapatkan pengalaman baru. 

 

Alasan inilah yang menjadi dasar meunculnya tuntutan para wisatawan agar dapat ditranformasikan ke bentuk kegiatan-kegiatan yang disediakan resort berupa fasilitas meliputi: akomodasi, panagn, rekreasi, olahraga, kesehatan, dan juga pendidikan. Tuntutan wisatwan pada resort agar pengunjung bisa mendapatkan kepuasan total meliputi 3 hal :

  • Terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan dasar dalam bentuk kegiatan.
  • Mendapatkan pengalaman baru yang jarang ditemui di kegiatan seharihari
  • Mendapatkan pelayanan yang optimal

a. Pengalaman Unik
Pengalaman unik bagi wisatawan merupakan suatu perubahan tempat dan juga suasana berberda dalam kehidupan sehari-hari. Wisatawan biasanya mendapatkan pengalaman yang unik pada sebuah resort melaui :

  • Image fisik bangunan
  • Keaslian alam dan juga komunitas lingkungan sekitar

b. Image
Image bisa juga disebut dengan citra yang artinya adalah pantulan jiwa dan cita-cita manusia yang bisa menunjukkan pada tingkat kebudayaan, derajat, dan martabat manusia. Citra sebuah kawasan biyasanya ditentukan persepsi dan juga pengamat atau pengguna dan perasaannya terhadap lingkungan fisik kawasan tersebut. Citra resort harus murni berasal dari resort itu sendiri, dengan demikian akan memberikan identitas bagi resort tersebut. Untuk memberikan citra yang murni dapat dilakukan dengan cara diantaranya adalah :

  • Memanfaatkan dan memantulkan karakter lingkungan sekitar serta penggunaan bahan-bahan lokal.
  • Memanfaatkan potensi kebudayaan masyarakat setempat
  • Menonjolkan hal yang paling unik dari lokasi dilingkungan sekitar

c. Kontak Dengan Alam
Kontak dengan alam adalah interaksi antara wisatawan dengan alam, baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Interaksi secara langsung yaitu melalui aktifitas langsung dengan alam seperti renang,44 menyelam, sedangkan interaksi secara tidak langsung yaitu melalui pengamatan terhadap flora, fauna, dan juga keindahan alam lainnya. Alam sekitar berupa elemen-elemen maupun kebudayaan tradisiomnal setempat. Elemen-elemen alamn yang dapat memberikan pengalaman interaksi antara alam dan manusia meliputi elemen biostik (bentuk
lahan, bantuan, iklim, dan juga lingkungan binaan)

 

Baca Juga: Materi Sistem Saraf Manusia Beserta Soal Pilihan Ganda dan Esai Bab Sistem Saraf Manusia Lengkap Jawabannya

 

Demikian Penjelasan Tentang  Pengertian Resort Adalah : Faktor Penyebab, Fungsi dibangunnaya Resort, Jenis-jenis Resort dan Konsep Resort Sebagai Tempat Tujuan Wisata. Jangan Lupa selalu kunjungi referensisiswa.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

 Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Resort

  • fungsi resort
  • pengertian resort pdf.
  • pengertian villa
  • contoh resort
  • resort artinya dalam bahasa indonesia
  • konsep resort
  • klasifikasi resort
  • fasilitas resort