Pengertian Pendapatan Nasional Adalah : Konsep, Penghitungan, Manfaat dan Faktor yang memengaruhi Pendapatan Nasional


Pengertian Pendapatan Nasional

Pendapatan nasional mengacu pada total pendapatan yang dihasilkan oleh semua faktor produksi (tenaga kerja, modal, dan tanah) dalam suatu negara selama periode waktu tertentu, biasanya dalam satu tahun. Ini mencakup semua pendapatan yang dihasilkan oleh individu, rumah tangga, perusahaan, dan pemerintah di dalam batas-batas geografis suatu negara.

Pendapatan nasional adalah ukuran penting dalam menilai kesejahteraan ekonomi suatu negara dan digunakan untuk menganalisis aktivitas ekonomi secara keseluruhan. Salah satu metode yang umum digunakan untuk mengukur pendapatan nasional adalah dengan menghitung Produk Domestik Bruto (PDB), yang merupakan nilai total dari semua barang dan jasa yang dihasilkan di dalam batas-batas geografis suatu negara selama satu periode waktu tertentu, biasanya dalam satu tahun.

Pendapatan nasional juga dapat diukur menggunakan pendekatan-pendekatan lain seperti Pendapatan Nasional Bersih (Net National Income), Pendapatan Nasional Kasar (Gross National Income), atau Pendapatan Nasional Riil (Real National Income), tergantung pada faktor-faktor seperti penyusutan, pajak, dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi pendapatan.

Informasi tentang pendapatan nasional digunakan oleh pemerintah untuk perencanaan ekonomi, kebijakan fiskal dan moneter, pemantauan pertumbuhan ekonomi, serta untuk membandingkan kesejahteraan ekonomi antara negara-negara.

 

Baca Juga: Pengertian Moral Adalah Menurut Para Ahli, Macam - Macam, Tujuan dan Fungsi Moral Secara Lengkap

 

Konsep Pendapatan Nasional

Salah satu konsep yang biasa digunakan dalam ilmu ekonomi yang merupakan alat pengukur kinerja perekonomian suatu negara secara keseluruhan adalah produk domestik bruto. Menurut Sukirno (2000:28) pendapatan nasional atau PDB adalah nilai barang akhir yang dihasilkan atau diproduksi suatu negara dalam satu tahun tertentu. Nilai pendapatan nasional suatu negara merupakan indikator ekonomi yang paling penting.
Terdapat beberapa konsep mengenai pendapatan nasional

  1. Produk Domestik Bruto atau Gross Domestic Product - Merupakan nilai barang-barang dan jasa yang diproduksi dalam negara dalam satu tahun dengan menggunakan faktor-faktor produksi yang dimiliki oleh negara tersebut dan penduduk atau perusahaan negara lain 
  2. Produk Nasional Bruto atau Gross National Product - Merupakan nilai barang dan jasa yang diproduksi oleh faktor-faktor produksi yang dimiliki oleh warga negara dari suatu negara. 
  3. Pendapatan Nasional atau National Income - Merupakan jumlah dari pendapatan faktor-faktor produksi yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa dalam satu tahun tertentu.  
  4. Pendapatan Nasional Neto dan Pendapatan Nasional Bruto - Pendapatan nasional yang masih meliputi depresiasi dinamakan produk nasional bruto, sedangkan pendapatan nasional yang dikurangi depresiasi dinamakan pendapatan nasional neto.

Menurut Mankiw (1999:21), dalam menunjukkan data pendapatan nasional yang dihitung dengan cara produksi neto atau nilai tambah, dikemukakan dua jenis data :

  1. PDB Rill/konstan adalah PDB yang menunjukkan apa yang akan terjadi terhadap pengeluaran pada output jika jumlah berubah tetapi harga tidak mengalamai perubahan. 
  2. PDB pada harga berlaku/nominal, nilai barang dan jasa yang diukur dengan harga yang berlaku pada periode tersebut.

Dapat disimpulkan bahwa PDB nominal menggunakan harga-harga yang tengah berlaku sebagai landasan perhitungan nilai produksi barang dan jasa dalam suatu perekonomian. Sedangkan PDB rill menggunakan harga konstan pada tahun dasar untuk menghitung nilai total produksi barang dan jasa dari perekonomian. PDB atas dasar harga berlaku dapat digunakan untuk melihat pergeseran dan struktur ekonomi sedangkan PDB atas dasar harga konstan digunakan untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi dari tahun ke tahun.
Dalam konsep pendapatan nasional, salah satunya adalah GDP (Gross Domestic Product) atau Produk Domestik Bruto (PDB). Menurut pendekatan produksi, Produk Domestik Bruto (PDB) adalah jumlah nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh berbagai unit produksi di wilayah suatu negara dalam jangka waktu setahun. Kesempatan kerja dalam perekonomian akan menentukan tingkat kegiatan ekonomi dan tingkat produksi atau pendapatan nasional yang dihasilkan.
Tujuan PDB adalah meringkas aktivitas ekonomi dalam nilai uang tunggal dalam periode waktu tertentu. Ada beberapa jenis PDB, yaitu:
PDB nominal : Mengukur nilai dollar berlaku dari output perekonomian
PDB riil : Mengukur output yang dinilai pada harga konstan
PDB deflator : Mengukur harga output relatif terhadap harganya pada tahun dasar, yaitu rasio antara GDP nominal dengan GDP riil.

Secara teoritis, permintaan uang merupakan fungsi positif dari pendapatan nasional, demikian juga dengan hubungan antara uang kuasi dengan pendapatan nasional adalah positif, Menurut penelitian Boorman (dalam Azis, 2002:22), jika terjadi peningkatan pendapatan nasional maka jumlah uang kuasi akan meningkat, apabila faktor lain tetap (ceteris paribus) dan sebaliknya terjadinya penurunan pendapatan nasional akan mengurangi jumlah uang kuasi yang beredar. (www.Google.co.id).
Pendapatan nasional merupakan faktor penentu dalam menentukan tinggi rendahnya jumlah uang kuasi (berupa deposito, tabungan) yang dihimpun dalam lembaga perbankan. Pendapatan juga merupakan faktor penentu dalam pertumbuhan tabungan deposito dimana semakin meningkatnya pendapatan maka semakin meningkat pula tabungan deposito pada masyarakat dengan asumsi jumlah konsumsi tetap (Cateris Paribus). Dengan demikian jumlah uang kuasi juga akan mengalami peningkatan dimana pendapatan nasional merupakan ukuran dari tingkat perekonomian suatu negara.
Meningkatnya pendapatan nasional akan meningkatkan jumlah permintaan uang atau jumlah uang beredar akan mengalami peningkatan. Permintaan uang ini terbagi atas transaksi yang dipengaruhi oleh besar kecilnya pendapatan, semakin tinggi jumlah pendapatan akan menyebabkan banyaknya permintan uang untuk tujuan transaksi.

 
Sedangkan untuk motif berjaga-jaga atau transaksi yang tidak terduga, juga dipengaruhi jumlah pendapatan, semakin besar pendapatan maka akan semakin besar permintaaan uang untuk tujuan berjaga-jaga. Berdasarkan motif spekulasi yang ditentukan oleh tingkat bunga Bank, saldo bunga yang rendah akan menyebabkan kecilnya kecilnya jumlah saldo untuk spekulasi, dan suku bunga yang tinggi akan menghasilkan permintaan uang untuk berspekulasi menjadi lebih besar. Hal ini akan mendorong masyarakat untuk melakukan penyimpanan uang di Bank dengan harapan akan menambah jumlah uang mereka dari pada berspekulasi pada sektor perekonomian yang dianggap lebih produktif.
Makin besar jumlah pendapatan yang diterima oleh suatu rumah tangga makin besar jumlah konsumsi dan tabungan yang akan direalisasikan. Apabila jumlah pendapatan rumah tangga tidak mengalami perubahan, maka apapun yang terjadi pada tingkat bunga tidak akan mempunyai pengaruh yang berarti terhadap jumlah tabungan yang direalisasikan. Menurut pandangan keynes (dalam Sukirno, 1994:78)
Pendapatan nasional juga menggambarkan tingkat produksi suatu negara yang dicapai dalam suatu tahun tertentu atau perubahannya dari tahun ke tahun. Secara umum pendapatan nasional dapat didefinisikan sebagai suatu konsep arus yang dalam prakteknya diukur dengan jalan mencatat dan menjumlahkan transaksi-transaksi pendapatan individu yang terjadi dalam periode waktu tertentu.
Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), salah satu indikator penting untuk mengetahui kondisi ekonomi di suatu negara dalam suatu periode adalah data produk domestik bruto (PDB), baik atas harga berlaku maupun atas dasar harga konstan. PDB pada dasarnya merupakan jumlah nilai tambah yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam suatu negara tertentu.

Menurut Sukirno (2000:31), pendapatan nasional dapat dihitung dengan tiga macam pendekatan, yaitu :

  •  Pendekatan Pengeluaran / Perbelanjaan

Cara pengeluaran / perbelanjaan dilakukan dengan cara menghitung dan menaksir nilai aliran perbelanjaan yang dilakukan oleh rumah tangga, penanam modal, pemerintah dan sektor luar negeri. Aliran-aliran perbelanjaan ini merupakan nilai perbelanjaan yang dilakukan ke atas barang-barang akhir dan jasa akhir yang diproduksikan oleh sektor perusahaan. Barang akhir dan jasa yang dibeli rumah tangga meliputi barang yang digunakan untuk kebutuhan mereka. Jenis-jenis barang dan jasa tersebut meliputi bahan makanan dan minuman, berbagai jenis pakaian, barang-barang kebutuhan rumah tangga yang lain (seperti : radio, televisi, dan meja-kursi), dan jasa-jasa yang dibutuhkan rumah tangga, seperti : pengangkutan, pengobatan dan pendidikan.

  • Pendekatan Pendapatan

Cara pendekatan pendapatan menerangkan bahwa pendapatan nasional dapat dihitung dengan cara menjumlahkan balas jasa yang diterima oleh faktor-faktor produksi yang turut serta dalam proses produksi di wilayah suatu negara. Balas jasa faktor produksi yang dimaksud adalah upah dan gaji, sewa tanah, bunga modal dan keuntungan perusahaan. Semuanya sebelum dipotong pajak penghasilan dan pajak langsung lainnya. Dalam definisi ini pendapatan nasional mencakup juga penyusutan dan pajak tidak langsung neto (pajak tidak langsung dikurangi subsidi).

  • Pendekatan Produksi

Pendekatan produksi ini dilakukan dengan menghitung dan menaksir nilai tambah, yaitu pertambahan nilai uang dari sesuatu barang yang diwujudkan oleh setiap perusahaan dalam perekonomian. Oleh karena itu, cara ini memperhatikan pertambahan nilai dalam proses produksi. Unit-unit produksi tersebut dikelompokkan menjadi sembilan lapangan usaha (sektor), yaitu : 1) Pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan, 2) Pertambangan dan penggalian, 3) industri pengolahan, 4) listrik, gas, dan air bersih, 5) konstruksi, 6) perdagangan, hotel, dan restoran, 7) pengangkutan dan komunikasi, 8) keuangan, real estat dan jasa perusahaan, 9) jasa-jasa termasuk jasa pemerintah.

 

Penghitungan Pendapatan Nasional

Pendapatan negara dapat dihitung dengan tiga pendekatan, yaitu:

  • Pendekatan pendapatan, dengan cara menjumlahkan seluruh pendapatan (upah, sewa, bunga, dan laba) yang diterima rumah tangga konsumsi dalam suatu negara selama satu periode tertentu sebagai imbalan atas faktor-faktor produksi yang diberikan kepada perusahaan.
  • Pendekatan produksi, dengan cara menjumlahkan nilai seluruh produk yang dihasilkan suatu negara dari bidang industri, agraris, ekstraktif, jasa, dan niaga selama satu periode tertentu. Nilai produk yang dihitung dengan pendekatan ini adalah nilai jasa dan barang jadi (bukan bahan mentah atau barang setengah jadi).
Pendekatan pengeluaran, dengan cara menghitung jumlah seluruh pengeluaran untuk membeli barang dan jasa yang diproduksi dalam suatu negara selama satu periode tertentu. Perhitungan dengan pendekatan ini dilakukan dengan menghitung pengeluaran yang dilakukan oleh empat pelaku kegiatan ekonomi negara, yaitu: Rumah tangga (Consumption), pemerintah (Government), pengeluaran investasi (Investment), dan selisih antara nilai ekspor dikurangi impor.

 

 

Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional

Pada dasarnya, menghitung pendapatan nasional dilakukan untuk mengetahui perkembangan ekonomi suatu negara. Lebih dari itu, menghitung pendapatan nasional adalah hal penting karena memiliki banyak manfaat, yaitu:

  1. Mengetahui tingkat kemakmuran suatu negara.
  2. Mengevaluasi kinerja perekonomian dalam skala tertentu.
  3. Mengukur perubahan perekonomian dari waktu ke waktu
  4. Membandingkan kinerja ekonomi antar sektor.
  5. Sebagai indikator kualitas hidup suatu negara.
  6. Sebagai indikator perbandingan kinerja ekonomi antar negara.
  7. Sebagai indikator perbandingan kualitas standar hidup satu negara dengan negara lain.
  8. Sebagai ukuran dan perbandingan pertumbuhan ekonomi dari waktu ke waktu.
  9. Sebagai ukuran dan perbandingan pertumbuhan ekonomi dan kekayaan antar negara.

 

Faktor yang memengaruhi  Pendapatan Nasional

  • Permintaan dan penawaran agregat

    Permintaan agregat menunjukkan hubungan antara keseluruhan permintaan terhadap barang-barang dan jasa sesuai dengan tingkat harga. Permintaan agregat adalah suatu daftar dari keseluruhan barang dan jasa yang akan dibeli oleh sektor-sektor ekonomi pada berbagai tingkat harga, sedangkan penawaran agregat menunjukkan hubungan antara keseluruhan penawaran barang-barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan dengan tingkat harga tertentu.

Jika terjadi perubahan permintaan atau penawaran agregat, maka perubahan tersebut akan menimbulkan perubahan-perubahan pada tingkat harga, tingkat pengangguran dan tingkat kegiatan ekonomi secara keseluruhan. Adanya kenaikan pada permintaan agregat cenderung mengakibatkan kenaikan tingkat harga dan output nasional (pendapatan nasional), yang selanjutnya akan mengurangi tingkat pengangguran. Penurunan pada tingkat penawaran agregat cenderung menaikkan harga, tetapi akan menurunkan output nasional (pendapatan nasional) dan menambah pengangguran.

  • Konsumsi dan tabungan

Konsumsi adalah pengeluaran total untuk memperoleh barang-barang dan jasa dalam suatu perekonomian dalam jangka waktu tertentu (biasanya satu tahun), sedangkan tabungan (saving) adalah bagian dari pendapatan yang tidak dikeluarkan untuk konsumsi. Antara konsumsi, pendapatan, dan tabungan sangat erat hubungannya. Hal ini dapat kita lihat dari pendapat Keynes yang dikenal dengan psychological consumption yang membahas tingkah laku masyarakat dalam konsumsi jika dihubungkan dengan pendapatan.

  • Investasi

Pengeluaran untuk investasi merupakan salah satu komponen penting dari pengeluaran agregat.

 

Baca Juga: Pengertian Ilmu Adalah Menurut Para Ahli, Karakteristik, Syarat-syarat, Jenis – Jenis dan Aspek Peninjauan Ilmu

 

Demikian Penjelasan Tentang  Pengertian Pendapatan Nasional Adalah : Konsep, Penghitungan, Manfaat dan Faktor yang memengaruhi  Pendapatan Nasional. Jangan Lupa selalu kunjungi referensisiswa.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

Penelusuran yang terkait dengan Pendapatan Nasional

  • materi pendapatan nasional
  • manfaat pendapatan nasional
  • konsep pendapatan nasional
  • komponen pendapatan nasional
  • contoh pendapatan nasional
  • rumus pendapatan nasional
  • rangkuman pendapatan nasional
  • metode perhitungan pendapatan nasional