Pengertian Renang Adalah : Sarana Dan Prasarana, Macam-macam Gaya Renang, Peraturan Renang dan Manfaat Berenang Bagi Kesehatan


Pengertian Renang

Renang merupakan salah satu dari gerakan yang dapat dilakukan di dalam air dan juga bisa dilakukan oleh manusia dan hewan.Umumnya hewan juga berenang untuk beberapa tujuan seperti mencari mangsa, mendinginkan suhu tubuh serta berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Sedangkan pada manusia menjadikan renang sebagai sebuah sarana olahraga dan rekreasi, ataupun mencari ikan, mutiara atau hewan air lainnya.Renang juga merupakan salah satu cabang olahraga aquatik. Renang yakni salah satu upaya untuk dapat menggerakkan (mengapungkan atau juga mengangkat) semua bagian tubuh ke atas permukaan air. Renang ini biasanya dilakukan tanpa perlengkapan bantuan apapun. Renang ialah salah satu cabang dari olahraga yang menggunakan bagian anggota tubuh terutama bagian tangan dan kaki untuk bergerak di dalam air.

Gaya renang yaitu salah satu cara melakukan sebuah gerakan lengan dan tungkai berikut koordinasi dari ke dua gerakan tersebut yang dapat memungkinkan orang dapat berenang maju di dalam air. Meskipun demikian, banyak orang juga dapat berenang hanya dapat dengan menggerakan kedua belah kaki sementara lengan tetap diam atau juga dengan hanya dengan kedua belah lengan sementara kaki tetap diam.

 

Baca Juga: Pengertian Pembuluh Nadi Atau Pembuluh Arteri - Struktur, Fungsi, Ciri-Ciri dan Jenis – Jenis Pembuluh Nadi (Arteri)

 

 

Pengertian renang menurut para ahli

  1. Menurut Muhajir (2004:166), renang merupakan olahraga yang menyehatkan.
    Sebab hampir semua otot tubuh bergerak sehingga seluruh otot berkembang dengan pesat dan kekuatan perenang bertambah meningkat.
  2. Menurut Budiningsih (2010:2), renang merupakan salah satu olahraga air yang dilakukan dengan menggerakkan badan di air.
    Seperti menggunakan kaki dan tangan sehingga badan terapung di permukaan air.
  3. Menurut Abdoelah (1981:270), Renang merupakan suatu jenis olahraga yang dilakukan di air. Baik di air tawar maupun di air asin atau laut.
  4. Menurut Erlangga (2010:75), Renang merupakan olahraga air yang sangat menyenangkan.
    Dan bermanfaat bagi kekuatan otot tubuh, jantung, paru-paru dan membangkitkan perasaan berani.

 

Sarana Dan Prasarana Renang

Berenang membutuhkan beberapa sarana dan prasarana, hal ini untuk menghindari resiko cedera ataupun tenggelam ketika berada di dalam air. berikut beberapa sarana dan prasarana yang diperlukan untuk berenang :

  •  Kolam Renan Terdapat dua ukuran kolam renang yang digunakan, yakni kolam renang sepanjang 50 meter untuk lintasan panjang. Serta ukuran 25 meter untuk lintasan pendek.Sementara untuk kedalaman kolamnya sendiri yaitu 1,35 meter, mulai dari 1,0 meter lintasan pertama hingga paling sedikit 6,0 meter.
  • Pakaian renang : pakaian renang wajib digunakan oleh atlet-atlet renang yang akan mengikuti kompetisi renang. Pakaian renang juga digunakan ketika berlatih renang
  • Papan pelampung : papan peampung berguna untuk berlatih meluncur dan mengapung di atas air bagi anda yang sedang berlatih renang
  • Alat bantu bernapas : Alat bantu pernapasan digunakan oleh orang yang baru belajar berenang dan penyelam.
  • Bagian dalam ban mobil bekas : Ban berguna untuk belajar mengambang dan terapung ketika berada di dalam air.
  • Kacamata renang : Kacamata renang digunakan agar mata tidak terkena air ketika berenag
  • Pelampung kaki dan sepatu katak : Pelampung kaki dan sepatu katak biasa digunakan untuk menyelam.

 

 Macam-macam Gaya Renang

  • Gaya Dada

Gaya dada banyak disebut sebagai gaya katak karena teknik renang gaya dada mirip dengan katak saat berenang.Gaya dada memiliki kecepatan yang lebih rendah dibandingkan dengan gaya bebas. Itulah mengapa, gaya dada sangat cocok bagi yang ingin berenang santai.Adapun kekuatan teknik gaya dada berada pada tangan dan kaki karena bagian tersebut bisa mendorong badan.Pada dasarnya, gaya ini memerlukan kemampuan tangan untuk mendorong ke bawah saat kepala ke atas untuk melakukan pernapasan.

  • Gaya Renang Bebas

Gaya bebas merupakan teknik berenang yang menggunakan kebebasan tangan dan kaki saat melakukan gerakan agar badan dapat meluncur dengan cepat. Meski disebut gaya bebas, teknik renang gaya tersebut tetap memiliki aturan.Jadi, saat melakukan gaya bebas, posisi badan berada di atas permukaan air. Tangan mengayuh ke depan, sedangkan kaki menendang atau melakukan gerakan seperti menggunting.Adapun teknik pengambilan napas dalam renang yang baik adalah saat tangan diangkat ke atas. Sedangkan kepala digelengkan ke samping kanan dan kiri.Setelah itu, lakukan tarikan napas menggunakan mulut atau hidung.

  • Gaya Renang Kupu-kupu

Gaya kupu-kupu merupakan teknik renang yang dikembangkan dari gaya dada. Teknik dasar renang gaya kupu-kupu yang harus dimiliki ialah kekuatan pada bagian lengan.Adapun gerakannya dapat seperti lumba-lumba yang masuk ke air, kemudian keluar saat tangan didorong ke bawah. Gaya renang kupu kupu juga kerap disebut dengan gaya lumba lumba.Kecepatan teknik gaya kupu-kupu memang lebih cepat daripada gaya bebas. Namun, untuk melakukannya Anda harus mengeluarkan tenaga yang lebih besar.

  • Renang Gaya Punggung

Gaya punggung merupakan teknik renang dengan posisi badan terlentang atau posisi pandangan melihat ke atas. Sedangkan punggung berada di permukaan air.Sementara, gerakan kaki dan tangan sama seperti gaya bebas, tetapi arahnya berlawanan. Teknik pengambilan napas gaya punggung dapat dilakukan kapan saja karena posisi wajah menghadap ke atas. Hal tersebut membuat Anda lebih mudah menarik dan mengembuskan napas saat berenang.

  • Gaya Renang Anjing

Mungkin sebagian besar orang tak banyak yang mendengar dan tahu tentang gaya renang anjing. Apalagi gaya renang tersebut memang bukan gaya renang yang diikutsertakan dalam perlombaan apa pun.Namun, jika Anda berlatih gaya renang ini akan menambah kemampuan Anda dalam berenang. Gaya anjing mirip dengan tingkah hewan tersebut saat berada di air.Anda bisa menirukan bagaimana cara anjing berenang dengan kepala berada di atas air.

  • Gaya Renang Samping

Gaya renang samping merupakan perkembangan dari gaya dada. Gaya renang yang satu ini memang jarang sekali dipakai para perenang.Teknik gaya tersebut bisa menggunakan sisi bagian samping tubuh untuk melakukan aktivitas berenang. Untuk posisi awal, apungkan satu di antara sisi tubuh Anda ke air.Buka kaki melebar seperti gunting. Luruskan bagian lengan yang berada di dalam air ke depan melewati kepala. Sedangkan lengan satunya rilekskan saja, tetap berada di samping atas badan. Bagian kepala setengah berada di air dan setengah berada di udara.Gerakkan lengan yang berada di bawah seolah menyapu air setengah melingkar. Koordinasikan dengan gerakan kaki yang bergerak seperti gunting.

  • Gaya Trudgen

Serupa gaya bebas, gaya trudgen ini memiliki gerakan kaki gunting. Pertama, renggangkan punggung di air dengan wajah di atas permukaan air.Kemudian, pertahankan pergelangan kaki Anda terkulai seperti sirip. Tendangkan kaki secara terus menerus secara bertolak belakang seperti gunting.Keluarkan satu lengan tangan ke luar air dengan gerakan memutar seperti kincir. Tarik lengan satunya ke bawah tubuh sampai paha.Ulangi gerakan tangan tersebut secara beraturan. Ambil napas kapan pun Anda mau.

 

Peraturan Renang

  • Seorang perenang yang mengganggu perenang lain dengan cara memotong jalan. Atau lintasan ataupun cara lain menyebabkan pelanggaran
  • Perenang harus berada pada lintasannya masing-masing sesuai dengan undian atau keputusan panitia
  • Bilamana suatu pelanggaran mengancam kesempatan untuk menang bagi peserta. Maka ketua pertandingan berkuasa untuk memperkenankan peserta tersebut berlomba kembali dalam babak berikutnya
  • Dalam semua nomor pertandingan, seorang perenang pada waktu berbalik harus menyentuh ujung kolam.
    Pembalikan harus dilakukan dari dinding dan tidak diperkenankan mengambil langkah dari dasar kolam
  • Berdiri pada dasar kolam pada waktu melakukan perlombaan tidak akan menyebabkan perenang didiskualifikasi. Kecuali apabila ia berjalan
  • Seorang peserta yang berenang sendiri saja harus menyelesaikan seluruh jarak renangnya dahulu untuk dapat dinyatakan menang
  • Dalam nomor estafet, suatu regu akan didiskualifikasikan apabila ada perenang yang kakinya telah terlepas dari tempat start sebelum peserta terdahulu menyentuh dinding. Kecuali apabila perenang yang melakukan kesalahan tadi kembali ke tempat start semula dan cukup pada dinding saja
  • Seorang perenang harus mengakhiri perlombaan dalam lintasan yang sama seperti pada waktu start

 

 

Manfaat Berenang Bagi Kesehatan

  • Mencegah Obesitas : Berenang adalah olahraga yang sangat baik dilakukan jika Anda ingin menurunkan berat badan dan mencegah obesitas. Olahraga ini membakar banyak sekali kalori dari dalam tubuh karena bermacam-macam bagian tubuh Anda saling bekerja sama untuk menyelesaikan gerakan renang. Rata-rata Anda akan membakar 800 sampai 900 kalori dalam waktu 1 jam berenang. Karena alasan inilah banyak orang memilih olahraga renang agar tetap langsing dan sehat.
  • Menyingkirkan Stress : Jenis olahraga aerobik ini dapat membuat Anda rileks dan meningkatkan energi tubuh. Banyak orang merasakan bahwa mereka seperti dibebaskan dari beban stress dan khawatir setelah menyelesaikan sebuah sesi renang.
  • Memperkuat Stamina : Orang-orang yang berenang secara teratur memiliki daya tahan jantung yang kuat serta stamina otot yang bagus. Mereka juga lebih mungkin untuk cepat sembuh dari cedera otot. Jika merasa tubuh Anda saat ini gampang capek, mungkin manfaat renang bagi tubuh ini dapat membantu memperkuat stamina tubuh.
  • Meringankan Sakit dan Nyeri : Karena renang tidak menegangkan jaringan-jaringan ikat dalam tubuh, maka olahraga ini sangat baik dilakukan oleh para penderita keterbatasan fisik. Aktivitas berenang juga dapat membantu meringankan sakit dan nyeri yang dialami oleh para penderita sakit punggung kronis, serta penderita artritis dan osteoporosis.
  • Bagus Untuk Kehamilan : Manfaat renang bagi tubuh memang tidak perlu diragukan lagi. Tetapi ternyata bukan hanya kesehatan tubuh Anda sendiri, melainkan juga kesehatan janin dalam kandungan Anda. Gerakan renang memperkuat otot perut sekaligus otot bahu. Karena itu berenang dapat meredakan nyeri sendi dan gejala-gejala tidak enak badan lainnya yang berhubungan dengan kehamilan. Sebuah penelitian oleh Melpomene Institute of Minneapolis menyatakan bahwa wanita hamil yang rutin berenang jadi lebih tahan terhadap bahaya keguguran.
  • Penyembuhan Kanker Payudara : Para ahli medis menunjukkan bahwa ada manfaat renang bagi para pasien kanker payudara yang telah menjalani operasi untuk menguatkan otot-otot mereka yang melemah. Akan tetapi, para ahli medis menyarankan agar semua pasien kanker payudara berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk rutin berenang

 

 Baca Juga: Pengertian Pembuluh Balik atau Vena - Ciri-ciri, Jenis – Jenis, dan Proses Kerja Pembuluh Darah Vena

 

Demikian Penjelasan Tentang  Pengertian Renang Adalah : Sarana Dan Prasarana, Macam-macam Gaya Renang, Peraturan Renang dan Manfaat Berenang Bagi Kesehatan. Jangan Lupa selalu kunjungi referensisiswa.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Renang

  • pengertian renang menurut para ahli
  • manfaat renang
  • pengertian renang gaya dada
  • pengertian renang brainly
  • teknik dasar renang
  • pengertian renang gaya bebas
  • gaya renang
  • peraturan renang