Pengertian Program Kerja Adalah : Tujuan Umum, Cara Menyusun dan Perencanaan Program Kerja


Program Kerja

Program Kerja adalah landasan bergerak suatu organisasi supaya dapat menjalankan kegiatan selama satu periode kepengurusan. Melalui rancangan program ini akan tergambarkan apa saja aktivitas suatu organisasi selama satu periode. Pembuatan program kerja disesuaikan dengan keperluan dan tujuan organisasi. Terutama poin-poin yang tercantum dalam visi dan misi organisasi. Apabila program untuk satu periode kepengurusan tidak sesuai dengan visi dan misi maka akan mengalami penolakan atau revisi.

Contoh program kerja salah satunya adalah perencanaan rekrutmen. Perusahaan setiap tahunnya membutuhkan tenaga bantuan dari kandidat terbaik untuk mendukung operasional dan tantangan dari lingkungan bisnis. HRD wajib memiliki kemampuan untuk mempromosikan perusahaan layaknya seorang marketing untuk menarik hati para kandidat potensial guna mengisi berbagai posisi yang tersedia.

 

 

 Baca Juga: Integrasi Nasional: Pengertian, Faktor Pembentuk, Penghambat dan Contohnya

 

Tujuan Umum Program Kerja

Adapun tujuan umum program kerja yaitu:

  • Membantu Pencapaian Visi Dan Misi

Jika program kerja dilaksanakan secara baik maka organisasi akan menjadi efektif dalam menjalankan kegiatannya sehingga dapat membantu dalam mencapai tujuan organisasi tersebut.Memang kepengurusan dalam organisasi memiliki jangka waktu tertentu, sering bergonta-ganti kepengurusan dan tujuannya tidak dapat tercapai dalam waktu yang dekat tapi dengan program kerja yang dilaksanakan dengan baik maka akan mendekatkan organisasi tersebut kepada tujuan utamanya.

  • Membantu menjawab Kebutuhan Organisasi

Program kerja yang terencana dan tepat akan memberikan solusi bagi semua persoalan yang akan dihadapi oleh organisasi, baik itu persoalan yang datangnya dari dalam maupun dari luar organisasi. Sehingga organisasi dapat membuat strategi yang tepat untuk memecahkan persoalan sehingga targetnya dapat tercapai.

  • Membantu Organisasi Bekerja Secara Sistematis dan Terstruktur

Dengan program kerja yang baik maka dapat membantu setiap anggota pada organisasi bekerja secara sistematis dan terstruktur, sehingga kinerja organisasi dapat meningkat.

 

 Cara Menyusun Program Kerja yang Efektif dan Berdampak

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, seseorang yang sukses adalah mereka yang memiliki program kerja yang efektif. Dalam "How to Create an Effective Action Plan", Brian Tracy mengungkapkan bahwa langkah dalam menyusun program kerja yang efektif dan berdampak adalah sebagai berikut.

  • Tentukan Tujuan dengan Jelas

Kejelasan (clarity) merupakan hal utama dalam membuat program kerja. Pertama-tama, Anda harus membuat sebuah tujuan yang jelas dan terukur. Tujuan yang tidak jelas dan tidak layak hanyalah akan menjadi penghambat kesuksesan.Mayoritas pebisnis tidak tahu apa yang sungguh mereka inginkan sehingga tujuannya menjadi kabur. Alih-alih mencari tujuan yang jelas, mereka sibuk memikirkan ketakutannya akan kegagalan.

  • Tuliskan dan Ukur Tujuan

Setelah memiliki tujuan, tuliskan tujuan Anda dengan jelas untuk mengukur kelayakan dari tujuan tersebut.Walaupun tampak sederhana, menulis tujuan akan lebih efektif karena secara tidak sadar Anda akan mengingatnya di alam bawah sadar. Hal ini meningkatkan probabilitas Anda mencapai lebih banyak daripada orang lain.

  • Tentukan Tenggat Waktu

Membuat tenggat waktu (deadline) akan membantu Anda untuk mengambil tindakan sesuai dengan rencana Anda. Bagaimana jika Anda melewati tenggat waktu? Tidak perlu khawatir, buatlah tenggat waktu baru secepatnya.Sesungguhnya, tenggat waktu hanyalah estimasi waktu dari pencapaian tujuan. Anda bisa saja meraihnya lebih cepat atau lebih lambat. Tetapi, pastikan tenggat waktu target yang tidak bisa lagi ditoleransi untuk mengantisipasi prokrastinasi.

  • Buat Daftar Seluruh Tindakan yang Bisa Anda Lakukan untuk Mencapai Tujuan

Setelah memiliki tujuan yang jelas, buatlah daftar mengenai tindakan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Identifikasi juga segala tantangan dan rintangan yang mungkin Anda hadapi, lalu buat rencana cadangan untuk mengatasinya.Semakin komprehensif daftar tersebut, semakin termotivasi juga Anda nantinya dalam meraih kesuksesan.

  • Kombinasikan 4 Langkah Tadi dalam Sebuah Program Kerja

Buatlah prioritas tujuan dan tindakan secara terarah dalam sebuah program kerja. Namun, kegagalan merupakan suatu hal yang biasa dalam sebuah bisnis. Jangan biarkan kegagalan ini menghambat Anda meraih tujuan. Jika Anda mengalami kegagalan cari tahu solusinya dan buatlah program kerja baru.


Perencanaan Program Kerja

 Perencanaan program kerja merupakan salah satu bentuk praktek manajemen sebagai penyumbang efektivitas organisasi, karena kebijakan yang ditetapkan oleh pimpinan dalam mengatur dan mengendalikan organisasi sangat berpengaruh bagi pencapaian tujuan. Karena perencanaan program kerja yang strategis merupakan suatu perencanaan tentang bagaimana organisasi tersebut dalam hal ini Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Merauke menerapkan sumber daya yang telah tersedia dengan seoptimal mungkin dan produk-produk/jasa apa yang akan disediakan.
Betapa pentingnya manajemen bagi organisasi, maka bagi para pimpinan harus menajadi pimpinan yang dapat mengerti para pegawainya, menghargai mereka dan melibatkan mereka dalam proses perencanaan kerja. Bukan hanya keterlibatan mereka dalam perencanaan program kerja saja namun dalam rapat rutin bulanan dalam membahas hal-hal yang berkenaan dengan operasional organisasi sehingga pimpinan akan mengetahui hal apa saja yang sangat berpengaruh terhadap tujuan organisasi baik intern organisasi sendiri maupun ekstern organisasi.


Perencanaan terhadap program kerja yang jelas merupakan wujud dari kebijakan dan praktek manajemen yang dapat mempengaruhi efektivitas organisasi. perencanaan program kerja dapat dijadikan sebagai variabel yang menjelaskan kebijakan dan praktek manajemen, karena melalui suatu perencanaan program kerja yang baik dari masing-masing bagian akan terwujud suatu kebijakan pelaksanaan pemungutan pajak daerah dan retribusi daerah dengan menggunakan menejemen yang baik sehingga target dan realisasi keberhasilan peningkatan PAD dapat terwujud dan sangat berpengaruh terhadap efektivitas organisasi. Dengan adanya perencanaan yang baik dan menyangkut sekumpulan pilihan tentang bagaimana organisasi tersebut akan menerapkan sumber dayanya yang telah tersedia dan produk dan jasa apa yang akan disediakan terhadap program tindakan cenderung dirumuskan sebagai tanggapan terhadap mandat legal, tuntutan lingkungan, kesempatan atau prioritas yang ada. Program harus dirancang dan dikelola sedemikian rupa sehingga akan membangun dukungan bagi organisasi tersebut dan dipandang memberikan lebih banyak manfaat daripada ketidakpuasan sehingga dapat menarik dukungan dari masyarakat. Disamping itu adanya hubungan melalui pertemuan rutin untuk membahas rencana pelaksanaan tugas berpengaruh pula terhadap efektivitas organisasi, karena dengan adanya pertemuan rutin maka program organisasi dapat dengan seksama menilai tentang apa yang dapat diterima dan dibutuhkan masyarakat serta anggota organisasinya.

 

 Baca Juga: Galaksi Bima Sakti Adalah Pengertian, Ciri, Pembentukan, Fungsi Secara Lengkap

 

Demikian Penjelasan Tentang   Pengertian Program Kerja Adalah : Tujuan Umum, Cara Menyusun dan Perencanaan Program Kerja. Jangan Lupa selalu kunjungi referensisiswa.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

Penelusuran yang terkait dengan Program Kerja

  • contoh program kerja
  • contoh penyusunan program kerja
  • program kerja osis
  • contoh program kerja pdf
  • contoh rencana program kerja
  • download contoh program kerja organisasi
  • contoh program kerja perusahaan
  • contoh program kerja bidang keorganisasian