Pengertian Pemasaran Adalah : Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan dan Konsep Pemasaran


Pengertian Pemasaran

Definisi marketing atau pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan suatu produk atau layanan yang mereka punya. Pemasaran ini mencakup pengiklanan, penjualan, dan pengiriman produk ke konsumen atau perusahaan lain.

Dalam melakukan promosi, mereka akan menargetkan orang-orang yang sesuai dengan produk yang dipasarkan. Biasanya mereka juga melibatkan selebriti, selebgram atau siapapun yang memiliki kepopuleran untuk mendongkrak produk tersebut. Tak hanya itu, dalam pemasaran, bagian yang memiliki tugas ini akan membuat kemasan atau desain yang menarik pada iklan sehingga akan banyak orang yang tertarik.

Selain itu, dengan adanya pemasaran juga sangat membantu para konsumen. Jadi mereka akan lebih mudah menemukan produk yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Ketika pemasaran sesuai dengan targetnya, perusahaan akan mendapatkan banyak pembeli dan kefuntungan bisa didapatkan.

 

Baca Juga: Materi Taksonomi Tumbuhan Rendah Beserta Soal Pilihan Ganda dan Essay Taksonomi Tumbuhan Rendah

 

beberapa definisi maupun pengertian mengenai pemasaran diantaranya adalah :
  1. Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
  2. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
  3. Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
  4. Menurut William J Stanton, pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusi-kan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli maupun pembeli potensial (Swasta dan Irawan, 2003:5).
  5. Wikipedia, Dalam wikipedia menyatakan bahwa pemasaran adalah suatu proses penyusunan komunikasi yang terpadu & tujuannya untuk memberikan informasi tentang barang atau jasa yang diperjualbelikan yang kaitannya untuk memuaskan keinginan & kebutuhan masyarakat.
  6. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Th.2008, Pemasaran ialah proses; cara; perbuatan dalam memasarkan barang dagangan; perihal menyebarluaskan di tengah-tenganh masyarakat pada umumnya.

 

 

Fungsi Pemasaran

  • Pengenalan Produk

Pengenalan menjadi fungsi utama dari sebuah pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Dengan adanya pemasaran, produk akan lebih mudah dikenal oleh pelanggan. Pemasar harus menonjolkan keunggulan dari produk yang di pasarkan. Sehingga bisa lebih menarik perhatian dibanding produk pesaing.

  • Riset

Riset memungkinkan pemasaruntuk mendapatkan informasi yang tepat mengenai pasar target sebuah produk. Beberapa hal yang biasanya harus diriset adalah kepopuleran, usia, jenis kelamin kebutuhan hingga keinginan dan lain sebagainya. Nantinya produk yang diproduksi bisa disesuaikan dengan apa yang sesuai dengan target pasarnya.

  • Distribusi

Dengan distribusi yang baik, akan memastikan bahwa produk dapat mudah dipindahkan dari lokasi produksi ke pasar luas menggunakan jalur darat, air dan laut. Selain itu juga memastikan bahwa produk dapat dengan mudah didapatkan oleh pelanggan. Sebagai pemasar juga harus merencanakan segala sesuatunya seperti armada, keuangan dalam proses distribusi.

  • Layanan Purnajual

Dalam sebuah penjualan, layanan setelah penjualan memang sangat dibutuhkan. Pemasar harus membantu pelanggan setelah mereka membeli produk. Misalnya seperti produk mesin, pelanggan mungkin akan merasa kesulitan ketika menemukan masalah pada mesin yang telah mereka beli. Tugas pemasar, memastikan dan membantu agar mesin itu berjalan dengan semestinya.

 

Tujuan Pemasaran

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa pemasaran merupakan ujung tombak dari kegiatan bisnilah yang di lakukan oleh instansi atau badan usaha baik yang bersekala kecil maupun skala besar. Sebagus apapun konsep produk yang anda buat, tidak akan sukses tanpa adanya strategi pemasaran yang baik untuk memasarkan produk atau layanan jasa yang anda buat.Sebenarnya apa tujuan pemasaran yang sebenarnya sehingga membuat aktifitas pemasaran itu penting dalam kegiatan usaha ? berikut adalah beberapa tujuan pemasaran yang kami rangkum dari buku - buku dan literatur yang membahas esensi tujuan pemasaran itu sendiri:

  • Promosi Produk atau Layanan Jasa

Tujuan yang pertama dalam pemasaran adalah memperkenalkan atau promosi produk yang telah di produksi kepada para calon konsumen secara umum. Promosi sendiri dapat kita artikan sebagai mengiklankan suatu produk atau merek atau suatu produk atau layanan jasa. Dalam melaksanakan aktifitas promosi banyak media yang dapat digunakan dan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan serta modal yang dimiliki.Upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen kepada produk kita. Setelah konsumen dapat mengenal produk yang telah di hasilkan oleh pengusaha, barulah perubahan prilaku konsumen diharapkan mampu di pengaruhi oleh iklan yang sudah di buat sehingga konsumen mau dan berkeinginan untuk mengkonsumsi atau menggunakan produk yang kita jual tersebut.

  • Realisasi Target Penjualan Produk atau Layanan Jasa

Suatu perusahaan baik itu sekala kecil maupun besar tentunya memiliki target-target yang harus terpenuhi dalam satu satuan waktu atau poeriode. Target tersebut dapat berupa target harian, bulanan, atau bahkan tahunan. Tujuan pemasaran yang kedua ini adalah melancarkan proses penjualan produk sesuai dengan target yang telah di tentukan oleh perusahaan. Karna dengan pemasaran yang efektif tersebut akan memperoleh penjualan yang maksimal (tergangtung strategi pemasarannya)Dalam sebuah pemasaran, terdapat devisi khusus yang bertugas untuk memasarkan produk. Devisi tersebut memiliki kemampuan lebih dalam mempromosikan produk dengan komunikasi yang baik, display yanng menarik, strategi penawaran harga yang mahir, bonus dan lain sebagainya, sehingga target yang di tetapkan oleh perusahaan dapat tercapai dengan baik.

  • Mengetahui Kepuasan Konsumen

Dalam strategi pemasaran masa kini yang umum dikenal dengan strategi pemasaran generasi tiga, tidak cukup hanya membuat produk yang berkualitas dengan harga yang kompetitif, namun juga kepuasan konsumen menjadi perhatian penting oleh setiap perusahaan. Hal tersebut di karnakan kepuasan konsumen menjadi masa depan pemasaran produk atas suatu perusahan. Jika kepuasan konsumen memiliki trend yang di miliki suatu perusahaan itu buruk, sudah pasti perusahaan tersebut akan segera gulung tikar.Strategi pemasaran yang baik selalu berorientasi pada kepuasan konsumen. Karna dengan begitu, para konsumen diharapkan bersedia menggunakan produknya lagi, lagi, dan lagi di lain waktu dan di masa yang akan datang.

 

 Konsep Pemasaran

Pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses bagi perusahaan akan mengetahui adanya cara dan falsafah yang terlibat didalamnya. Cara dan falsafah baru ini disebut konsep pemasaran (marketing concept). Konsep pemasaran tersebut dibuat dengan menggunakan tiga faktor dasar yaitu:

  1. Saluran perencanaan dan kegiatan perusahaan harus berorientasi pada konsumen/ pasar. 
  2. Volume penjualan yang menguntungkan harus menjadi tujuan perusahaan, dan bukannya volume untuk kepentingan volume itu sendiri.
  3. Seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan harus dikoordinasikan dan diintegrasikan secara organisasi.


Menurut Swastha dan Irawan, (2005 : 10) mendefinisikan konsep pemasaran sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan. Bagian pemasaran pada suatu perusahaan memegang peranan yang sangat penting dalam rangka mencapai besarnya volume penjualan, karena dengan tercapainya sejumlah volume penjualan yang diinginkan berarti kinerja bagian pemasaran dalam memperkenalkan produk telah berjalan dengan benar. Penjualan dan pemasaran sering dianggap sama tetapi sebenarnya berbeda.

Tujuan utama konsep pemasaran adalah melayani konsumen dengan mendapatkan sejumlah laba, atau dapat diartikan sebagai perbandingan antara penghasilan dengan biaya yang layak. Ini berbeda dengan konsep penjualan yang menitikberatkan pada keinginan perusahaan. Falsafah dalam pendekatan penjualan adalah memproduksi sebuah pabrik, kemudian meyakinkan konsumen agar bersedia membelinya. Sedangkan pendekatan konsep pemasaran menghendaki agar manajemen menentukan keinginan konsumen terlebih dahulu, setelah itu baru melakukan bagaimana caranya memuaskan.


Baca Juga: Materi Taksonomi Avertebrata Beserta Soal Pilihan Ganda dan Essay Taksonomi Avertebrata Lengkap Jawabannya

 
Demikian Penjelasan Tentang  Pengertian Pemasaran Adalah : Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan dan Konsep Pemasaran. Jangan Lupa selalu kunjungi referensisiswa.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Pemasaran

  • pengertian pemasaran menurut para ahli
  • pengertian manajemen pemasaran
  • tujuan pemasaran
  • pengertian pemasaran secara umum
  • apa yang dimaksud dengan pemasaran
  • konsep pemasaran
  • fungsi pemasaran
  • contoh pemasaran