Community Relations Adalah : Menurut Para Ahli, Alasan dilakukannya, Tujuan dan Contoh Aktivitas Community Relations


Community Relations

Komunitas adalah sekelompok orang yang hidup di tempat yang sama, berpemerintahan sama, dan mempunyai kebudayaan dan sejarah yang umumnya turun temurun. Orang hidup dalam komunitas dengan organisasi-organisasinya yang membuat mereka saling bergantung satu dengan lainny. Mereka tidak dapat menikmati kehidupan yang baik tanpa organisasi tersebut. Begitu pula organisasi tidak dapat hidup tanpa ijin mereka. Salah satu tujuan membangun hubungan komunitas adalah memberi informasi kepada komunitas tentang kebijaksanaan, kegiatan, dan masalah perusahaan dan menjadikan perusahaan sebagai factor penting dalam kehidupan komunitas melalui bantuan kepada lembaga lembaga setempat dan masalah lingkungan. Bentuk kegiatannya adalah sumbangan untuk kesejahteraan komunitas meliputi bantuan untuk pelayanan social, organisasi kesehatan dan medis, kelompok budayaan, peningkatan asosiasi kemasyarakatan dan rekreasi. Contohnya bantuan keuangan untuk sekolah dasar dan menengah umum dibatasi untuk proyek proyek yang biasanya tidak dibantu oleh pajak. Akan tetapi, beberapa perusahaan memberikan bantuan peralatan untuk sanggar latih-manual dan laboratorium sekolah lanjutan, serta menyediakan waktu bagi para pelaksana dan karyawan untuk menjadi anggota dewan sekolah dan kampanye perserikatan sekolah.

 

Baca Juga: Pengertian Pembuluh Balik atau Vena - Ciri-ciri, Jenis – Jenis, dan Proses Kerja Pembuluh Darah Vena

 

Community relations adalah upaya membina hubungan harmonis antara perusahaan atau organisasi dengan komunitas masyarakat untuk meningkatkan kepedulian sosial dan saling pengertian. 


Sedangkan community relation menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  1. Onong Uchajana Efendi (dalam kamus komunikasi, 1989) : “Kegiatan komunikasi dua arah secara timbal balik antara suatu organisasi, misalnya jawatan, perusahaan, lembaga, badan dan lain-lain dengan penduduk yang bertempat tinggal di sekitarnya dalam rangka membina kerjasama yang akrab demi kepentingan bersama, yang dilandasi asas saling pengertian dan saling percaya”. 
  2. Gregory, yang dikutip oleh Yosal Irianta dalam bukunya community relations (2004:21), community relations atau hubungan komunitas adalah hubungan bisnis yang saling menguntungkan dengan satu atau lebih stakeholders, untuk meningkatkan reputasi perusahaan menjadi sebuah perusahaan yang baik bagi masyarakat. 
  3. Jerold mendefinisikan community relations sebagai peningkatan partisipasi dan posisi organisasi di dalam sebuah komunitas melalui berbagai upaya untuk kemaslahatan bersama bagi organisasi dan komunitas.

Berdasarkan definisi di atas, dapat dilihat bahwa hubungan dengan komunitas berorientasi kepada kegiatan, yakni kegiatan yang dilakukan oleh lembaga, dalam hal ini humas sebagai pelaksananya, yang bersifat partisipatif. Dengan partisipasi itu maka keuntungan bukan hanya pada organisasi atau lembaga saja, tetapi juga pada lingkungan sekitarnya. Kegiatan yang dilakukan tidak sembarangan atau asal saja, tetapi dengan perencanaan yang matang, dan pelaksanaan rencana tersebut dilakukan secara aktif dan sinambung. Yang mana prinsip yang hendak dikembangkan melalui community relations adalah mengembangkan hubungan tetangga yang baik.

Menurut mantan staf community relations di Lllinois Bell Telephone, komunitas bukan lagi sekedar kumpulan orang yang tinggal pada lokasi yang sama tetapi juga menunjukkan terjadinya interaksi di antara kumpulan orang tersebut. Jadi, selain karena faktor-faktor fisik yakni tinggal di lokasi yang sama, komunitas itu juga bisa merupakan unit sosial yang terbentuk lantaran adanya interaksi di antara mereka. Dengan kata lain, komunitas itu bukan hanya menunjuk pada lokalitas saja melainkan juga pada struktur (Yosal, 2004: 20-22).

Community relations adalah hubungan publik yang memfokuskan diri pada komunitas yang berkaitan dengan keberlangsungan suatu lembaga. Misalnya, para pemilik lahan/tanah haruslah mendapat perhatian dan kepuasaan dari perjanjian pembelian tanah oleh lembaga yang membutuhkan tanah mereka untuk proyek pembangunan pondok pesantren. Jika tidak, maka komunitas yang tidak terpuaskan ini bisa menghambat proyek yang sedang dilaksanakan. Dengan bergeraknya masyarakat serta individu ke satu arah dan hubungan dengan masyarakat lokal. Reputasi suatu lembaga semakin tergantung pada bagaimana lembaga itu diterima masyarakat setempat. Reputasi akan menentukan keberhasilan yang berkesinambungan dari suatu lembaga/perusahaan (Gregory, 2004:104).

Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa community relations merupakan kegiatan-kegiatan menyangkut pengembangan kesepahaman melalui komunikasi dan informasi kepada para pihak yang terkait (stake holder) melalui komunikasi dan informasi, untuk peningkatan hubungan baik dengan kelompok masyarakat dan pemerintah setempat melalui bantuan konsultasi publik dan bantuan penyuluhan.


Alasan dilakukannya Community Relations

  • Perusahaan tumbuh dan berkembang atas partisipasi masyarakat. Oleh karena itu, perusahaan harus menyadari bahwa hubungan yang baik dengan masyarakat merupakan salah satu pilar pendukung keberlangsungan bisnis secara kontinyu.
  • Sebagai wujud nyata untuk terus menjalin hubungan dengan masyarakat sekitar, perusahaan turut serta memberikan apa yang bisa disumbangkan untuk kesejahteraan mayarakat sekitar

 

 Tujuan Community Relations

  • Terjalinnya hubungan timbal balik yang harmonis
  • Mencapai saling pengertian
  • Menciptakan rasa saling memiliki, saling percaya, mengurangi prasangka dan curiga.
  • Memperoleh dukungan dari komunitas
  • Meningkatkan kelancaran kegiatan operasional

 

Contoh Aktivitas Community Relations

1.Community Health:

  • Khitanan massal
  • Pelayanan kesehatan masyarakat gratis

2.Bantuan Bencana - Disaster Relief: perusahaan mewujudkan kepeduliannya terhadap korban bencana alam dengan memberikan bantuan baik berupa moril maupun materiil.

3.Donor Darah - Blood Charity

  •  Perusahaan secara kontinyu melaksanakan kegiatan donor darah, baik di kantor pusat maupun di setiap kantor cabangnya.

4.Kebersihan & Kesehatan Lingkungan - Health And Clean Environment

  • Untuk meminimalisasi terbentuknya limbah yang dapat mencemari lingkungan 
  • Memberikan prioritas kepada masyarakat sekitar dalam rekruitment karyawan
  • SponsorshiP
  • Bantuan renovasi tempat ibadah, pemberian hewan kurban, dll.

 

Baca Juga: Pengertian Masyarakat Multikultural – Ciri, Sebab, Bentuk, Faktor, dan Contoh Masyarakat Multikultural

 

Demikian Penjelasan Tentang  Community Relations Adalah : Menurut Para Ahli, Alasan dilakukannya, Tujuan dan Contoh Aktivitas Community Relations. Jangan Lupa selalu kunjungi referensisiswa.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

 Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Community Relations

  • contoh community relations
  • jenis program community relations
  • pengertian government relations
  • tujuan community relations
  • makalah community relations
  • manfaat community relations
  • pengertian customer relations
  • employee relations adalah