Community Relations Adalah : Menurut Para Ahli, Alasan dilakukannya, Tujuan dan Contoh Aktivitas Community Relations


Community Relations

Komunitas adalah sekelompok orang yang hidup di tempat yang sama, berpemerintahan sama, dan mempunyai kebudayaan dan sejarah yang umumnya turun temurun. Orang hidup dalam komunitas dengan organisasi-organisasinya yang membuat mereka saling bergantung satu dengan lainny. Mereka tidak dapat menikmati kehidupan yang baik tanpa organisasi tersebut. Begitu pula organisasi tidak dapat hidup tanpa ijin mereka. Salah satu tujuan membangun hubungan komunitas adalah memberi informasi kepada komunitas tentang kebijaksanaan, kegiatan, dan masalah perusahaan dan menjadikan perusahaan sebagai factor penting dalam kehidupan komunitas melalui bantuan kepada lembaga lembaga setempat dan masalah lingkungan. Bentuk kegiatannya adalah sumbangan untuk kesejahteraan komunitas meliputi bantuan untuk pelayanan social, organisasi kesehatan dan medis, kelompok budayaan, peningkatan asosiasi kemasyarakatan dan rekreasi. Contohnya bantuan keuangan untuk sekolah dasar dan menengah umum dibatasi untuk proyek proyek yang biasanya tidak dibantu oleh pajak. Akan tetapi, beberapa perusahaan memberikan bantuan peralatan untuk sanggar latih-manual dan laboratorium sekolah lanjutan, serta menyediakan waktu bagi para pelaksana dan karyawan untuk menjadi anggota dewan sekolah dan kampanye perserikatan sekolah.

 

Baca Juga: Pengertian Pembuluh Balik atau Vena - Ciri-ciri, Jenis – Jenis, dan Proses Kerja Pembuluh Darah Vena

 

Community relations adalah upaya membina hubungan harmonis antara perusahaan atau organisasi dengan komunitas masyarakat untuk meningkatkan kepedulian sosial dan saling pengertian. 


Sedangkan community relation menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  1. Onong Uchajana Efendi (dalam kamus komunikasi, 1989) : “Kegiatan komunikasi dua arah secara timbal balik antara suatu organisasi, misalnya jawatan, perusahaan, lembaga, badan dan lain-lain dengan penduduk yang bertempat tinggal di sekitarnya dalam rangka membina kerjasama yang akrab demi kepentingan bersama, yang dilandasi asas saling pengertian dan saling percaya”. 
  2. Gregory, yang dikutip oleh Yosal Irianta dalam bukunya community relations (2004:21), community relations atau hubungan komunitas adalah hubungan bisnis yang saling menguntungkan dengan satu atau lebih stakeholders, untuk meningkatkan reputasi perusahaan menjadi sebuah perusahaan yang baik bagi masyarakat. 
  3. Jerold mendefinisikan community relations sebagai peningkatan partisipasi dan posisi organisasi di dalam sebuah komunitas melalui berbagai upaya untuk kemaslahatan bersama bagi organisasi dan komunitas.

Community Relations adalah praktik dan strategi yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau perusahaan untuk membangun, memelihara, dan meningkatkan hubungan dengan komunitas lokal, serta memahami dan menanggapi kebutuhan dan kepentingan komunitas tersebut. Tujuan utama dari kegiatan Community Relations adalah untuk menciptakan hubungan yang harmonis, saling menguntungkan, dan berkelanjutan antara organisasi dengan masyarakat di sekitarnya.

Beberapa komponen utama dari Community Relations meliputi:

  1. Pemahaman Komunitas: Organisasi perlu memahami karakteristik, nilai-nilai, kebutuhan, dan kepentingan komunitas di sekitarnya. Hal ini dapat dilakukan melalui riset, survei, dan interaksi langsung dengan anggota komunitas.

  2. Partisipasi dan Keterlibatan: Organisasi berupaya terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan komunitas, seperti acara sosial, kegiatan sukarela, atau program-program pengembangan masyarakat. Partisipasi yang aktif membantu membangun kepercayaan dan keterhubungan antara organisasi dengan komunitas.

  3. Komunikasi Terbuka: Komunikasi yang terbuka, jujur, dan transparan adalah kunci dalam menjalin hubungan yang baik dengan komunitas. Organisasi harus secara teratur berkomunikasi dengan komunitas mengenai kegiatan, program, dan proyek yang dilakukan, serta responsif terhadap masukan dan umpan balik dari komunitas.

  4. Pemberdayaan Komunitas: Community Relations juga mencakup upaya untuk memperkuat kapasitas dan kemandirian komunitas dalam memecahkan masalah dan mencapai tujuan mereka sendiri. Organisasi dapat memberikan dukungan dalam bentuk pelatihan, pendanaan, atau sumber daya lainnya untuk membantu komunitas mencapai potensi penuh mereka.

  5. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR): Sebagian besar kegiatan Community Relations terkait dengan program-program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang bertujuan untuk memberikan dampak positif bagi komunitas lokal. Ini bisa berupa program-program pendidikan, kesehatan, lingkungan, atau pembangunan ekonomi yang membantu meningkatkan kualitas hidup komunitas.

Dengan melakukan kegiatan Community Relations yang efektif, sebuah organisasi dapat memperkuat citra merek, memperoleh dukungan dan kepercayaan dari masyarakat, serta menciptakan lingkungan yang mendukung bagi operasi bisnis mereka.


Alasan dilakukannya Community Relations

  • Perusahaan tumbuh dan berkembang atas partisipasi masyarakat. Oleh karena itu, perusahaan harus menyadari bahwa hubungan yang baik dengan masyarakat merupakan salah satu pilar pendukung keberlangsungan bisnis secara kontinyu.
  • Sebagai wujud nyata untuk terus menjalin hubungan dengan masyarakat sekitar, perusahaan turut serta memberikan apa yang bisa disumbangkan untuk kesejahteraan mayarakat sekitar

 

 Tujuan Community Relations

  • Terjalinnya hubungan timbal balik yang harmonis
  • Mencapai saling pengertian
  • Menciptakan rasa saling memiliki, saling percaya, mengurangi prasangka dan curiga.
  • Memperoleh dukungan dari komunitas
  • Meningkatkan kelancaran kegiatan operasional

 

Contoh Aktivitas Community Relations

1.Community Health:

  • Khitanan massal
  • Pelayanan kesehatan masyarakat gratis

2.Bantuan Bencana - Disaster Relief: perusahaan mewujudkan kepeduliannya terhadap korban bencana alam dengan memberikan bantuan baik berupa moril maupun materiil.

3.Donor Darah - Blood Charity

  •  Perusahaan secara kontinyu melaksanakan kegiatan donor darah, baik di kantor pusat maupun di setiap kantor cabangnya.

4.Kebersihan & Kesehatan Lingkungan - Health And Clean Environment

  • Untuk meminimalisasi terbentuknya limbah yang dapat mencemari lingkungan 
  • Memberikan prioritas kepada masyarakat sekitar dalam rekruitment karyawan
  • SponsorshiP
  • Bantuan renovasi tempat ibadah, pemberian hewan kurban, dll.

 

Baca Juga: Pengertian Masyarakat Multikultural – Ciri, Sebab, Bentuk, Faktor, dan Contoh Masyarakat Multikultural

 

Demikian Penjelasan Tentang  Community Relations Adalah : Menurut Para Ahli, Alasan dilakukannya, Tujuan dan Contoh Aktivitas Community Relations. Jangan Lupa selalu kunjungi referensisiswa.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

 Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Community Relations

  • contoh community relations
  • jenis program community relations
  • pengertian government relations
  • tujuan community relations
  • makalah community relations
  • manfaat community relations
  • pengertian customer relations
  • employee relations adalah