Pengertian Upload Dan Download Meliputi Manfaat, Tujuan, Fungsi Serta Sistem dan Cara Kerja


Bicara tentang aktifitas Internet, pasti takkan luput dari yang namanya kegiatan Upload dan Download. Saya yakin anda semua sudah melakukan aktifitas yang satu ini dalam internet. Contoh kecil saja yang paling sering dilakukan adalah upload foto di jejaring sosial facebook dll, atau juga sering mencari lagu mp3 di internet. Nah postingan kali ini hanya sekedar informasi pembelajaran saja mengenai pengertian upload dan download, bagi yang masih awam dalam dunia internet.

Dalam Teknologi Informasi Upload dan Download adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses pemindahan data elektronik antara dua komputer atau sistem serupa lainnya.

1. Pengertian Upload

Upload adalah juga proses transmisi sebuah file dari sebuah sistem komputer ke sistem komputer yang lainnya dengan arah yang berkebalikan dengan download. Dari internet, user yang melakukan proses upload adalah proses dimana user mengirimkan file ke komputer lain yang memintanya. User yang men-share gambar,foto dengan yang user yang lainnya di bulletin board sytem (BBS), mengupload file ke BBS. File Transfer Protocol (FTP) adalah contoh Internet protokol untuk downloading and uploading files.

Arti istilah Upload dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut :
Mengirim file dari komputer Anda ke komputer lain. Kegiatan pengiriman data (berupa file) dari komputer lokal ke komputer lainnya yang terhubung dalam sebuah network.

Secara umum upload dapat diartikan proses transmisi data dari komputer client/pemakai ke internet.

 

Manfaat Upload

Adapun manfaat dari menupload ataupun mengunggah file kita dalam suatu server yaitu kita dapat menghemat jumlah total file yang ada dalam hardisk kita karena dalam server menyediakan kuota penyimpanan data untuk kita lalu manfaat lainnya kita dapat memberikan sebuah pengetahuan kepada pihak lain atau para pengguna internet seperti tips atau tutorial tentang sesuatu. Cara untuk mengupload pun sangat mudah kita hanya perlu memasuki sebuah situs atau web yang telah di sediakan oleh server di dunia maka dari itu kesimpulan dari pengertian upload ialah sebuah perpindahan data atau file yang bertujuan untuk kegunaan masyarakat luas khususnya para pengguna internet dengan menggunakan jaringan atau koneksi internet.


Baca Juga: Pengertian Virus Adalah : Ciri-ciri , Struktur, Macam Macam, Penyakit yang disebabkan oleh virus Beserta Soal (Esai) Virus Lengkap Jawaban 

 

2. Pengertian Download

Download adalah proses transmisi sebuah file dari sebuah sistem computer ke sistem komputer yang lainnya. Dari internet, user yang melakukan proses download adalah proses dimana seorang user meminta / request sebuah file dari sebuah komputer lain (web site, server atau yang lainnya) dan menerimanya. Dengan kata lain, download adalah transmisi data dari internet ke komputer client/pemakai.

Arti istilah Download dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut :
Menerima file dari komputer lain ke komputer Anda. Kegiatan penerimaan data (berupa file) dari komputer lainnya ke komputer lokal yang terhubung dalam sebuah network.

 

Tujuan Download

  • Memudahkan untuk mendapatkan sebuah data dari pihak lain.
  • Dapat menghemat waktu dan tenaga.
  • Untuk mempermudah pekerjaan kita dalam bertukar data dari komputer klien satu dengan lainnya.
  • Mencari atau menerima file yang diinginkan untuk digunakan sebagai mana mestinya.

 

Fungsi Download

  • Dapat memperoleh informasi yang kita butuhkan.
  • Mendapatkan berbagai data untuk keperluan.
  • Mempermudah dalam mencari informasi.

 

Sistem dan Cara Kerja Download

Kegiatan download itu dapat dijalankan dengan jalan mentransfer file yang ada di komputer lain dengan menggunakan jaringan internet.Oleh sebab itu, etika seorang pengguna komputer ingin mendownload data tersebut dari halaman web seseorang, maka jadi orang tersebut setidaknya harus melalui langkah berikut ini diantaranya ialah :Terhubung ke jaringan internet – Buka halaman website – Menuju ke halaman cloud storage – Proses pengunduhan akan melalui jaringan internet. 

 

Secara umum dapat diartikan bahwa download adalah untuk menerima file dan upload adalah untuk mengirimkan file.

Secara sederhana Upload itu proses meng copy file dari komputer pribadi ke jaringan internet sedangkan Download kebalikanya yakni proses meng copy file dari jaringan internet ke komputer pribadi.

 

 

Baca Juga: Materi Tentang Virus dan Soal Pilihan Berganda Virus Lengkap Jawaban Secara Lengkap

 

Demikian Penjelasan Tentang  Pengertian Upload Dan Download Meliputi Manfaat, Tujuan, Fungsi Serta Sistem dan Cara Kerja. Jangan Lupa selalu kunjungi referensisiswa.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

Penelusuran yang terkait dengan Definisi dan Pengertian Download serta Pengertian Upload

  • pengertian upload dan download
  • pengertian upload dan download brainly
  • pengertian download dan cara mendownload
  • fungsi download
  • fungsi upload
  • download upload
  • download adalah brainly
  • jelaskan apa yang dimaksud dengan upload download dan searching pada layanan internet