Pengertian Software Adalah : Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenisnya dan Beberapa Contoh Software atau Perangkat Lunak


 Pengertian Software

Software disebut juga dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.

Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.

 

Baca Juga: Pengertian Korupsi Adalah - Menurut Para Ahli, Jenis, Ciri – Ciri, Faktor Penyebab, Dampak dan Langkah Pemberantasan Korupsi

 

Pengertian Software (Perangkat Lunak) Menurut Para Ahli adalah sebagai berikut :

  1. Menurut R. Wilman & Riyan, software merupakan sebuah perangkat operasi kerja untuk menjalankan komponen hardware. Software bersifat maya, artinya software tidak terlihat, tetapi keberadaannya sangat dirasakan.
  2. Menurut Wiwit Siswoutomo, software merupakan nyawa dari sebuah komputer. Tanpa perangkat lunak, komputer hanya sebuah perangkat keras mati yang tidak ada gunanya.
  3. Menurut Wahana Komputer, software adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk melakukan kontrol dan manajemen hardware. Software dalam komputer meliputi sistem operasi dan aplikasi.
  4. Menurut Juntak Teamwork, software merupakan konstruksi atau bangunan program yang telah disusun dan diatur sedemikian rupa, demi peruntukkan sebuah sistem kerja yang dijalankannya.
  5. Menurut Fauziah, software adalah program untuk memasukkan data, mengecek data, menyimpan data, memperoleh data hasil, dan presentasi serta manipulasi data.
  6. Menurut ITL Education Solutions Limited, perangkat lunak atau software adalah istilah umum untuk koleksi data komputer dan instruksi yang terorganisir. Software bertanggung jawab untuk mengendalikan, mengintegrasikan dan mengelola komponen hardware dari sistem komputer untuk menyelesaikan tugas tugas tertentu.
  7. Menurut Sunarto, S,Kom., software merupakan nyawa sebuah komputer sehingga komputer tidak dapat digunakan bila tidak dilengkapi dengan software.

 

 

Fungsi Software Secara Umum

Pada dasarnya fungsi utama software adalah untuk membuat sebuah komputer dapat menjalankan perintah dari user. Mengacu pada pengertian software yang dijelaskan di atas, adapun beberapa fungsi software adalah sebagai berikut:

  • Menyediakan fungsi dasar dari sebuah komputer sehingga dapat dioperasikan. Misalnya ketersediaan sistem operasi dan sistem pendukung pada komputer.
  • Mengatur setiap hardware yang ada pada komputer sehingga dapat bekerja secara simultan.
  • Menjadi penghubung antara beberapa perangkat lunak lainnya dengan hardware yang ada pada komputer.
  • Perangkat lunak juga berfungsi sebagai penerjemah suatu perintah software lainnya ke dalam bahasa mesin, sehingga dapat dimengerti oleh hardware.
  • Software juga dapat mengidentifikasi suatu program yang ada pada sebuah komputer.


Dari penjelasan beberapa fungsi perangkat lunak, tidak salah bila software dianggap sebagai nyawa dari sebuah komputer. Bagaimanapun juga, sebuah komputer hanya dapat beroperasi bila memiliki perangkat keras dan perangkat lunak di dalamnya.

 

Pembagian Software Berdasarkan Jenisnya

Jika dilihat secara umum, perangkat lunak terbagi menjadi tiga jenis. Di bawah ini beberapa jenis tersebut:

  1. Sistem Operasi (Operating System)

    Perangkat lunak jenis ini digunakan untuk mengatur setiap perangkat keras yang sudah terhubung dengan CPU komputer. Selain itu, ia juga berfungsi dalam menerjemahkan aktivitas serta mengatur seluruh proses yang terjadi dan diperintahkan oleh user pada CPU sehingga perintah user tersebut dapat dikerjakan komputer dengan baik.

  2. Bahasa Pemrograman (Programming Language)

    Jenis perangkat lunak yang satu ini adalah bahasa yang digunakan dalam pembuatan sebuah program. Jika ditelusuri berdasarkan contohnya, terdapat beberapa macam bahasa yang bisa Anda ketahui. Seperti JAVA, PHP, HTML, C, C++, dan masih banyak lainnya. Dalam membuat bahasa pemrograman ini nantinya masih memerlukan perangkat lunak khusus untuk merancang program sesuai metode dan struktur yang ada pada bahasa pemrograman itu sendiri.

  3. Program Aplikasi

    Program aplikasi disini merupakan sebuah perangkat lunak yang umumnya sudah banyak digunakan dalam menyelesaikan tugas-tuigas tertentu. Dalam hal ini software dapat berfungsi sesuai dengan tujuan pembuatannya. Salah satu contohnya adalah Excel, Microsoft Word, Calculator, dan yang lainnya.

 

Jenis Software/Perangkat Lunak Berdasarkan Distribusinya

Selain beberapa jenis perangkat lunak yang dijelaskan di atas, Anda juga perlu mengetahui beberapa jenis software yang dibedakan berdasarkan distribusinya. Di bawah ini beberapa pengelompokannya yang bisa Anda simak:

  1. Firmware

    Merupakan jenis penyimpanan perangkat lunak yang hanya bisa dibaca. Anda tidak dapat mengubah sifat tersebut sehingga tidak perlu lagi melakukan modifikasi maupun pengembangan lebih lanjut meskipun terjadi masalah pada fungsinya.

  2. Freeware

    Merupakan salah satu jenis software yang tidak memiliki batas waktu tertentu. Akan tetapi, kebanyakan software jenis ini memiliki fitur yang tidak begitu lengkap sehingga penggunaannya pun kurang maksimal.

  3. Adware

    Jenis perangkat lunak ini dapat diperoleh serta digunakan tanpa biaya. Akan tetapi, perangkat lunak ini masih menyediakan kompensasi dengan adanya iklan yang muncul pada perangkat komputer yang digunakan.

  4. Opensource

    Yakni sejenis perangkat lunak yang dapat dibuka kode sumbernya. Anda juga bisa mengubah, meningkatkan, hingga menyebarluaskannya. Umumnya, software jenis ini diperoleh tanpa biaya dan dikembangkan oleh orang lain menggunakan lisensi yang bernama GPL (General Public License).

  5. Malware

    Merupakan salah satu jenis dari software yang dianggap berbahaya dan bisa merusak apabila disalahgunakan penggunaannya.perangkat lunak apa pun yang sengaja dirancang untuk menyebabkan kerusakan pada komputer, peladen, klien, atau jaringan komputer Berbagai jenis malware ada, termasuk virus komputer

  6. Shareware

    Shareware merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk keperluan tertentu. Anda bisa menggunakannya secara gratis. Pada umumnya, jenis perangkat lunak yang satu ini digunakan sebagai demonstrasi dengan fitur dan waktu pengguaan yang terbatas.

  7. Spyware

    Adalah software yang khusus digunakan dalam memata-matai setiap aktivitas pengguna komputer.teknologi informasi yang mengacu kepada salah satu bentuk program berbahaya yang memasang dirinya sendiri ke dalam sebuah sistem untuk mencuri data pengguna atau merusak sistem pengguna tersebut.

 

 Beberapa Contoh Software atau Perangkat Lunak

  • Google Chrome (fungsinya untuk masuk ke jaringan online/jaringan internet)
  • Mozilla Firefox (fungsinya untuk masuk ke jaringan online).
  • Microsoft Office Word (fungsinya untuk mengedit atau mengetik sebuah dokumen).
  • Microsoft Office Powerpoint (fungsinya untuk membuat suatu presentasi, membuat video, mengedit foto, dan lain-lain).
  • Microsoft Excell (fungsinya kurang lebih sama dengan Microsoft Word untuk membuat atau mengedit sebuah dokumen).
  • Format Factory (fungsinya untuk mengubah format pada foto, video atau musik/lagu).
  • VCL Media Player (fungsinya untuk memutar video/film).
  • AIMP3 (fungsinya untuk memutar musik/lagu).
  • FastStone Image Viewer (fungsinya untuk mengubah, mengedit, atau memotong gambar).
  • Recyle Bin (fungsinya untuk melihat atau mengambil file yang sudah dihapus).
  • CorelDraw (fungsinya untuk membuat, mengedit dan membuat gambar).
  • Photoshop (fungsinya untuk mengedit foto/gambar).
  • Opera mini (fungsinya untuk masuk ke jaringan online/jaringan internet).
  • CCleaner (fungsinya untuk membersihkan atau menghapus data yang tidak perlu).

 

 Baca Juga: Pengertian Kehamilan Adalah - Penyebab, Masa kehamilan, Proses Kehamilan , Diagnosa Kehamilan Beserta Perubahan Fisiologis dan Psikologis

 

Demikian Penjelasan Tentang  Pengertian Software Adalah : Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenisnya dan Beberapa Contoh Software atau Perangkat Lunak. Jangan Lupa selalu kunjungi referensisiswa.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Software

  • pengertian hardware
  • pengertian brainware
  • pengertian software dan contohnya
  • pengertian software dan hardware
  • fungsi software
  • jenis-jenis software
  • pengertian software aplikasi
  • macam-macam software