Pengertian Manajemen Komunikasi Adalah : Menurut Para Ahli, Metode, Tujuan, Fungsi, Bentuk dan Contoh Manajemen Komunikasi


Pengertian Manajemen Komunikasi

Pada dasarnya manajemen komunikasi adalah perpaduan konsep komunikasi dengan teori manajemen untuk diaplikasikan dalam berbagai latar tempat terjadinya suatu komunikasi.

Manajemen komunikasi adalah perencanaan sistematis, penerapan, pemantauan, dan revisi semua saluran komunikasi dalam suatu organisasi, dan antar organisasi; ini juga mencakup organisasi dan penyebaran arahan komunikasi baru yang terhubung dengan organisasi, jaringan, atau teknologi komunikasi.Jadi, pengertian manajemen komunikasi adalah bagaimana cara orang mengelola proses komunikasi dalam hubungannya dengan pihak lain dalam konteks berkomunikasi.Manajemen komunikasi akan membentuk suatu alur komunikasi agar tercipta koordinasi yang tidak saling tumpang tindih dan untuk memberikan solusi jika terjadi perbedaan pendapat antar individu.

 

 Baca Juga: Pengertian Awan Adalah - Pembentukan Awan, Fungsi dan Beberapa Jenis Awan

 

 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

  • Michael kaye (1994), Communication management is how people manage their communication processes through construing meanings about their relationships with others in various setting. They are managing their communication and actions in a large of relationship – some personal some professional. Bagaimana orang-orang mengelola proses komunikasi dalam hubungannya dengan orang lain dalam setting atau konteks komunikasi.
  • Menurut Parag Diwan (1999), Manajemen komunikasi adalah proses penggunaan berbagai sumber daya komunikasi secara terpadu melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengontrolan unsur-unsur komunikasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  • Menurut Antar Venus, Manajemen komunikasi adalah proses pengelolaan sumber daya komunikasi yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pertukaran pesan yang terjadi dalam berbagai konteks komunikasi. Konteks komunikasi yang dimaksud disini berarti tataran komunikasi individual, interpersonal, organisasional, governmental, sosial, atau bahkan internasional.
  • Liebler dan Barker - Manajemen komunikasi merupakan proses sistematis antara anggota organisasi untuk menjalankan berbagai fungsi manajemen dalam rangka menyelesaikan tugas atau pekerjaan dengan proses negosiasi pemahaman antar satu individu atua lebih atau lebih untuk mencapai tujuan bersama.
  • Abidin (2015:132) Pengertian manajemen komunikasi menurut Abidin adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengoordinasian serta pengontrolan penyampaian pesan dari satu pihak kepada pihak lain untuk mencapai sasaran dengan efektif dan efisien agar saling mempengaruhi.
  • Harry Irwin - Manajemen komunikasi adalah proses yang menggunakan manusia, keuangan dan sumber teknik yang berfungsi membentuk komunikasi antar perusahaan dan antara perusahaan dengan publik.


Metode Komunikasi

Memahami proses komunikasi saja tidak akan menjamin kesuksesan bagi manajer atau organisasi. Manajer perlu mengetahui metode yang digunakan dalam proses komunikasi.Metode komunikasi standar yang banyak digunakan oleh manajer dan organisasi di seluruh dunia adalah metode tertulis atau lisan.Terlepas dari dua mekanisme ini, komunikasi non-verbal adalah metode penting lainnya yang digunakan untuk menilai komunikasi dalam organisasi.

Komunikasi non-verbal mengacu pada penggunaan bahasa tubuh sebagai metode komunikasi. Cara ini akan mencakup gerak tubuh, tindakan, penampilan fisik serta penampilan dan sikap wajah.Meskipun sebagian besar metode ini masih digunakan untuk sebagian besar organisasi, penggunaan e-mail dan media elektronik lainnya sebagai metode komunikasi telah mengurangi kebutuhan akan komunikasi tatap muka.Hal ini terkadang mengarah pada situasi di mana kedua pihak yang terlibat tidak percaya atau merasa nyaman satu sama lain dan juga pesan dapat dengan mudah disalahartikan.

 

Tujuan Manajemen Komunikasi Secara umum

Tujuan manajemen komunikasi secara umum adalah menjadi saran dalam berinteraksi dengan baik sehingga bisa saling memahami dan mengerti cara berkomunikasi dengan pihak lainnya.Selain itu, manajemen komunikasi dapat dijadikan sebagai alat informasi yang dapat membentuk cara berinteraksi dengan orang lain.

Berikut adalah beberapa tujuan manajemen komunikasi pada masyarakat :

  • Mengembangkan sistem interaksi yang berjalan profesional
  • Menciptakan suatu keinginan yang bagus
  • Menumbuhkan rasa toleransi
  • Mengembangkan sikap saling kerja sama
  • Menciptakan sikap saling menghargai satu sama lain
  • Memberikan opini yang menguntungkan baik itu dari dalam atau dari luar organisasi.
 

Fungsi Manajemen Komunikasi

Pada dasarnya, manajemen komunikasi memiliki dua fungsi yaitu untuk sarana menyamakan pemahaman seluruh anggota dalam perusahaan dan juga sebagai sarana untuk mejalankan serta menggerakkan anggota sesuai dengan informasi yang disampaikan.

Selain dua fungsi diatas, manajemen komunikasi juga memiliki fungsi sebagai berikut :

  • Mengendalikan perilaku setiap anggota yang berdasarkan dari informasi (tata tertib atau peraturan)
  • Menjadi motivasi bagi setiap anggota untuk bekerja sesuai dengan standar organisasi
  • Membentuk pengungkapan emosi anggota
  • Menyampaikan informasi dan menentukan alternatif pilihan dalam pengambilan keputusan

 

Bentuk dan Contoh Manajemen Komunikasi

George R. Terry menjelaskan bahwa komunikasi terdiri dari 5 komponen yang penting, yaitu:

  • Komunikasi Formal

Komunikasi formal adalah komunikasi yang terjalin antara atasan dan bawahan tanpa memerlukan pengaturan tertentu. Jenis komunikasi yang digunakan pada jalur komunikasi formal ini mempunyai wewenang dan tanggung jawab melalui berbagai instruksi dalam bentuk tulisan ataupun lisan dengan memanfaatkan prosedur secara fungsional yang terjadi dari atasan ke bawahan atau sebaliknya.Contohnya adalah kebijakan peraturan perusahaan terkait jam kerja yang disampaikan dalam surat kontrak kerja.

  • Komunikasi Non-Formal

Komunikasi non-formal juga tidak memerlukan suatu pengaturan tertentu dan sering terjadi secara spontan saja. Seperti adanya saran terkait tanggung jawab atau tugas dalam suatu pekerjaan. Contohnya adalah anggota perusahaan yang memberikan saran dan masukan ketika menerima suatu tugas.

  • Komunikasi Informal

Komunikasi informal adalah komunikasi yang dilakukan untuk membahas hal lain diluar pekerjaan. Komunikasi jenis ini akan lebih menekankan hubungan antar manusia. Seperti dua orang karyawan yang curhat tentang masalah kehidupannya di luar pekerjaan.

  • Komunikasi Teknis

Komunikasi teknis adalah komunikasi yang dijalin untuk menyampaikan suatu strategi tertentu, seperti seorang manajer marketing yang memberikan arahan secara teknis tentang cara melakukan pemasaran dengan memanfaatkan media sosial.

 

Manajemen Komunikasi dalam Komunikasi Orang Dewasa

Dalam buku Communication Management karya Michael Kaye, terdapat model komunikasi orang dewasa yang dianalogikan dengan ”Russian Matouschka dolls”. Boneka terkecil merupakan bagian yang terdalam pada konsep komunikasi orang dewasa ini. Bagian ini merepresentasikan ”self”. Mengerti dan memahami diri merupakan tahap yang sangat penting dalam mencapai self-management yang efektif. Dalam hal ini, berarti kita melakukan komunikasi intrapersonal yang mencakup sensasi, persepsi, memori dan berfikir.Boneka yang membungkus ”self doll” adalah ”interpersonal doll”. Unsur interpersonal ini terfokus pada bagaimana ”self” atau diri, berhubungan dengan orang lain, bagaimana individu tersebut berinteraksi dengan individu lainnya dalam melakukan proses komunikasi yang bertujuan untuk membangun makna.Boneka ketiga adalah ”people-in-system doll”. Disini, perhatian kita mengenai bagaimana sistem sosial atau organisasi dimana seseorang bekerja, dapat memiliki efek pada orang tersebut dari cara berkomunikasi dengan orang lain di dalam sistem tersebut.


Boneka keempat yang membungkus seluruh boneka lainnya, merepresentasikan ”competence doll”.Sangatlah penting untuk mengerti bahwa model kompetensi ini bukan hanya terlihat sebagai bagian terluar atau sebagai casing saja, melainkan sebagai kompetensi manajemen komunikasi yang bisa terdapat di semua level model ”Russian Matouscha doll” ini. Seseorang menjadi kompeten dalam komunikasi intrapersonalnya ketika dia dapat memahami dirinya dan dapat menimbulkan ”self control” atau kontrol diri. Seseorang juga dapat terlihat kompeten ketika dia membangun, mengkoordinasi dan menjelaskan makna kepada orang lain. Dan terakhir, seseorang dapat dinyatakan kompeten ketika dia memperlihatkan kemampuan untuk mengubah salah satu sistem yang dia jalankan atau orang lain dalam sistem tersebut.

 

Baca Juga: 150 Kosakata Bahasa Arab Nama-Nama Profesi Terlengkap

 

Demikian Penjelasan Tentang  Pengertian Manajemen Komunikasi Adalah : Menurut Para Ahli, Metode, Tujuan, Fungsi, Bentuk dan Contoh Manajemen Komunikasi. Jangan Lupa selalu kunjungi referensisiswa.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Manajemen Komunikasi

  • pengertian manajemen komunikasi pdf
  • makalah manajemen komunikasi
  • prospek kerja manajemen komunikasi
  • pengertian komunikasi
  • jurusan manajemen komunikasi
  • ruang lingkup manajemen komunikasi
  • buku manajemen komunikasi pdf
  • jurnal manajemen komunikasi