Pengertian Malaria Adalah : Penyebab, Gejala Klinis , Penyebaran dan aktor-faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Penyakit Malaria

Table of Contents


Pengertian Malaria

Malaria adalah penyakit menular yang disebabkan oleh parasit dari genus Plasmodium. Penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles yang terinfeksi oleh parasit tersebut. Malaria dapat menyebabkan gejala yang bervariasi, mulai dari demam tinggi dan menggigil hingga komplikasi serius seperti anemia, gangguan fungsi organ, atau bahkan kematian.

Plasmodium, parasit penyebab malaria, memiliki beberapa spesies yang berbeda, di antaranya Plasmodium falciparum, Plasmodium vivax, Plasmodium malariae, dan Plasmodium ovale. Plasmodium falciparum adalah spesies yang paling mematikan dan paling umum ditemukan di Afrika Sub-Sahara.

Gejala malaria bisa muncul dalam beberapa minggu hingga beberapa bulan setelah seseorang terinfeksi. Gejala awal malaria sering mirip dengan flu, seperti demam, menggigil, sakit kepala, dan mual. Malaria yang tidak diobati atau diobati terlambat bisa berkembang menjadi bentuk yang lebih parah, menyebabkan kerusakan organ, kejang, koma, atau kematian.

Pencegahan malaria mencakup penggunaan kelambu berinsektisida, penggunaan obat anti-malaria profilaksis jika bepergian ke daerah endemis, penggunaan obat anti-malaria untuk pengobatan dan terapi, dan kontrol populasi nyamuk vektor.

Malaria merupakan masalah kesehatan global yang serius, terutama di daerah tropis dan subtropis di Afrika, Asia, dan Amerika Latin. Upaya-upaya besar telah dilakukan untuk mengendalikan malaria, termasuk program pemberantasan nyamuk vektor, distribusi kelambu berinsektisida, pengobatan kasus malaria, dan pengembangan vaksin. Meskipun demikian, malaria masih menjadi penyakit yang mematikan dan menyebabkan beban kesehatan yang signifikan bagi banyak negara di seluruh dunia.

 

Baca Juga: Uterus atau Rahim Adalah - Fungsi, Anatomi, Bagian, Lapisan, Letak dan Ukuran Uterus Beserta Jenis-jenis Penyakit Rahim

 

 Penyebab Malaria

Manusia dapat terkena malaria setelah digigit nyamuk yang terdapat parasit malaria di dalam tubuh nyamuk. Gigitan nyamuk tersebut menyebabkan parasit masuk ke dalam tubuh manusia. Parasit ini akan menetap di organ hati sebelum siap menyerang sel darah merah.Parasit malaria ini bernama Plasmodium. Jenis Plasmodium bermacam-macam, dan akan berpengaruh terhadap gejala yang ditimbulkan serta pengobatannya.


Gejala Klinis Malaria dan Masa Inkubasi

Gejala klinis malaria meliputi keluhan dan tanda klinis merupakan petunjuk yang penting dalam diagnosa malaria. Gejala klinis ini dipengaruhi oleh jenis/strain Plasmodium, imunitas tubuh dan jumlah parasit yang menginfeksi. Waktu mulai terjadinya infeksi sampai timbulnya gejala klinis dikenal sebagai waktu inkubasi, sedangkan waktu antara terjadinya infeksi sampai ditemukannya parasit dalam darah disebut periode prepaten (Harijanto, 2000).

Gejala Klinis
Gejala klasik malaria yang biasanya terdiri dari tiga stadium (Trias Malaria), yaitu (Depkes, 2003) :
  • Periode dingin
Mulai menggigil, kulit dingin dan kering, penderita sering membungkus diri dengan selimut dan pada saat menggigil sering seluruh badan bergetar dan gigi saling terantuk, pucat sampai sianosis seperti orang kedinginan. Periode ini berlangsung 15 menit sampai 1 jam diikuti dengan meningkatnya temperatur.
  • Periode panas
Penderita muka merah, kulit panas dan kering, nadi cepat dan panas badan tetap tinggi dapat mencapai 40 0C atau lebih, respirasi meningkat, nyeri kepala, terkadang muntah-muntah, dan syok. Periode ini lebih lama dari fase dingin, dapat sampai 2 jam atau lebih diikuti dengan keadaan berkeringat.
  • Periode berkeringat
Periode berkeringat mulai dari temporal, diikuti seluruh tubuh, sampai basah, temperatur turun, lelah, dan sering tertidur. Bila penderita bangun akan merasa sehat dan dapat melaksanakan pekerjaan seperti biasa.
Di daerah dengan tingkat endemisitas malaria tinggi, sering kali orang dewasa tidak menunjukkan gejala klinis meskipun darahnya mengandung parasit malaria. Hal ini merupakan imunitas yang terjadi akibat infeksi yang berulang-ulang. Limpa biasanya membesar pada serangan pertama yang berat/setelah beberapa kali serangan dalam waktu yang lama. Bila dilakukan pengobatan secara baik maka limpa akan berangsur-angsur mengecil.
Keluhan utama malaria adalah demam, menggigil, dan dapat disertai sakit kepala, mual, muntah, diare dan nyeri otot atau pegal-pegal. Untuk penderita terangka malaria berat, dapat disertai satu atau lebih gejala berikut: gangguan kesadaran dalam berbagai derajat, kejang-kejang, panas sangat tinggi, mata atau tubuh kuning, perdarahan di hidung, gusi atau saluran pencernaan, nafas cepat, muntah terus-menerus, tidak dapat makan minum, warna air seni seperti teh tua sampai kehitaman serta jumlah air seni kurang sampai tidak ada (Depkes, 2003).

Masa Inkubasi
  • Masa Inkubasi pada Manusia (Ekstrinsik) (Harijanto, 2000)
Masa inkubasi bervariasi pada masing-masing Plasmodium. Masa inkubasi pada inokulasi darah lebih pendek dari infeksi sporozoit. Secara umum masa inkubasi Plasmodium falcifarum adalah 9 sampai 14 hari, Plasmodium vivax adalah 12 sampai 17 hari, Plasmodium ovale adalah 16 sampai 18 hari, sedangkan pada Plasmodium malariae bisa 18 sampai 40 hari. Infeksi melalui transfuse darah, masa inkubasinya tergantung pada jumlah parasit yang masuk dan biasanya bisa sampai kira-kira 2 bulan.
  • Masa Inkubasi pada Nyamuk (Intrinsik) (Harijanto, 2000)

Setelah darah masuk ke usus nyamuk maka protein eritrosit akan dicerna oleh enzim tripsin kemudian oleh enzim aminopeptidase dan selanjutnya karboksipeptidase, sedangkan komponen karbohidrat akan dicerna oleh glikosidase. Gametisot matang dalam darah akan segera keluar dari eritrosit selanjutnya akan mengalami proses pematangan dalam usus nyamuk untuk menjadi gamet (gametogenesis). Adapun masa inkubasi atau lamanya stadium sporogoni pada nyamuk adalah P vivax 8-10 hari, P palcifarum 9-10 hari, P ovale 12-14 hari dan P malariae 14-16 hari.

 

Penyebaran Malaria

Malaria adalah penyakit yang penyebarannya di dunia sangat luas, yakni antara garis bujur 600 di Utara dan 400 di Selatan yang meliputi lebih dari 100 negara yang beriklim tropis. Penduduk yang berisiko terhadap malaria berjumlah 2,3 miliar atau 41% dari penduduk dunia. Setiap kasus malaria berjumlah 300-500 juta dan mengakibatkan 1,5 sampai dengan 2,7 juta kematian, terutama di Afrika Sub-Sahara. Wilayah di dunia yang kini sudah bebas dari malaria adalah Eropa, Amerika Utara, sebagian besar Timur Tengah, sebagian besar Karabia, sebagian besar Amerika Selatan,Australia dan Cina (Harijanto, 2000). WHO mencatat setiap tahun tidak kurang dari 1 hingga 2 juta penduduk meninggal karena penyakit yang disebarluaskan nyamuk Anopheles itu (Ridad, 2003).
Di Indonesia saat ini, malaria juga masih menjadi masalah utama kesehatan masyarakat. Rata-rata kasus malaria diperkirakan sebesar 15 juta kasus klinis pertahun. Penduduk yang terancam malaria adalah penduduk yang umumnya tinggal di daerah endemik malaria. Diperkirakan sebesar 85,1 juta dengan tingkat endemisitas dari rendah, sedang, dan tinggi (Achmadi, 2005).
Penyakit malaria ini menyebar cukup merata dan yang paling banyak dijumpai adalah di luar Jawa-Bali, bahkan di beberapa tempat dapat dikatakan sebagai daerah endemis malaria yang tinggi (High Incidence Area = HIA). Menurut hasil pemantauan program diperkirakan sekitar 35% penduduk Indonseia tinggal di daerah endemis malaria. Perkembangan penyakit malaria ini beberapa tahun terakhir cenderung mengalami peningkatan di semua wilayah. Di Jawa-Bali ditandai dengan meningkatnya kasus insiden malaria dengan indikator API (Annual Parasite Incidece) sebesar 0,12 per 1000 penduduk pada tahun 1997, meningkat menjadi 0,62 per 1000 penduduk pada tahun 2001. Begitu juga dengan situasi yang terjadi di luar Jawa-Bali, dimana insiden malaria berdasarkan gejala klinis tanpa konfirmasi laboratorium cenderung meningkat, yakni dari 16,1 per 1000 penduduk tahun 1997 menjadi 26,2 per 1000 penduduk pada tahun 2001 (Pusdatin. Jurnal, 2003).
 

 

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Penyakit Malaria

 

Secara Epidemiologi (teori John Gordon), penyakit timbul akibat adanya tiga faktor penting, yaitu faktor Host (penjamu), faktor Agent (penyebab), dan faktor Environment (lingkungan). Ketiga faktor tersebut berinteraksi secara dinamis dan saling mempengaruhi satu sama lain (Page at all,1998).
Sedangkan menurut teori Hendrik L. Blum (1974), ada empat faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan manusia (paradigma sehat), yaitufaktor lingkungan, faktor perilaku, faktor pelayanan kesehatan, dan faktor genetik atau keturunan (Muninjaya, 1999). 
 
 Faktor Lingkungan
  • Lingkungan Fisik
1) Lingkungan fisik yang berhubungan dengan perkembangbiakan nyamuk, yaitu: a) Suhu udara. Suhu udara sangat mempengaruhi panjang pendeknya siklus sporogoni atau masa inkubasi ekstrinsik. Suhu yang hangat membuat nyamuk mudah untuk berkembang biak dan agresif mengisap darah. b) Kelembaban udara (relative humidity). Kelembaban udara yang rendah akan memperpendek usia nyamuk . Kelembaban mempengaruhi perilaku nyamuk, misalnya kecepatan berkembang biak,, kebiasaan menggigit, istirahat, dan lain-lain dari nyamuk. c) Hujan, berhubungan dengan perkembangan larva nyamuk menjadi bentuk dewasa. Besar kecilnya pengaruh tergantung pada jenis hujan, deras hujan, jumlah hari hujan, jenis vektor dan jenis tempat perindukan (breeding places) d) Angin, kecepatan angin pada saat matahari terbit dan terbenam merupakan saat terbang nyamuk kedalam atau keluar rumah dan salah asat faktor yang ikut menentukan jumlah kontak antara manusia dan nyamuk adalah jarak terbang nyamuk (flight range). Sutrisno, 2002 mengatakan dalam media cetak, nyamuk malaria itu bisa terbang sejauh satu km dan lebih jauh lagi kalau terbawa angin. e) Cahaya matahari, pengaruh sinar matahari terhadap timbulnya larva nyamuk berbeda-beda. An. hyrcanus spp lebih menyukai tempat terbuka. An. barbirotris dapat hidup baik ditempat yang teduh maupun di tempat yang terang (Depkes RI,2003).
 
  • Lingkungan fisik yang berhubungan dengan tempat tinggal manusia
Tempat tinggal manusia yang tidak memenuhi syarat, dapat menyebabkan seseorang kontak dengan nyamuk,diantaranya: a) Kontruksi dinding rumah. Dinding rumah yang terbuat dari kayu atau papan sangat memungkinkan lebih banyak lubang untuk masuknya nyamuk ke dalam rumah (Santoso, 1992). Dinding dari kayu tersebut juga tempat yang paling disenangi oleh nyamuk Anopheles (Day, 1998). Dinding rumah berkaitan juga dengan kegiatan penyemprotan (Indoor Residual Sprying) atau obat anti nyamuk cair, dimana insektisida yang disemprotkan ke dinding rumah akan menyerap sehingga saat hinggap akan mati akibat kontak dengan insektisida tersebut dan dinding yang tidak permanen atau ada celah untuk nyamuk masuk dan kontak dengan manusia (Setyaningrum, 1997). Suwadera (2003) menyebutkan bahwa ada hubungan antara kontruksi dinding rumah dengan kejadian malaria (OR: 2,74). b) Ventilasi rumah. Keadaan ventilasi rumah yang tidak ditutupi kawat kasa akan menyebabkan nyamuk masuk ke dalam rumah. Sedangkan Suwanda (2003) dalam penelitiannya mengatakan adanya hubungan antara penggunaan kawat kasa dengan kejadian malaria (OR:3,41). c) Kondisi/bahan atap rumah, empat tinggal manusia atau kandang ternak terlebih yang beratap dan yang terbuat dari kayu merupakan tempat yang paling disenangi oleh nyamuk Anopheles (Day. Jurnal Depkes, 2003).
Frits (2003) dalam penelitiannya menyatakan, kondisi fisik rumah yang kurang baik (nilai skor < median) yang diukur dari keadaan dinding, ventilasi, jendela, atap rumah, dan lain-lain, mempunyai risiko sebesar 4,44 kali dibanding kondisi fisik rumah yang dianggap baik (nilai skor ≥ median). Namun Masra (2002) dalam penelitiannya mengatakan, type rumah yang tidak baik mempunyai risiko hanya sebesar 1,57 kali dibanding type rumah yang dianggap baik 
 
  • Lingkungan fisik yang berhubungan denga tempat perindukan nyamuk
Tempat perindukan nyamuk penular penyakit malaria (Anopheles) adalah di genangan-genangan air, baik air tawar atau air payau tergantung dari jenis nyamuknya (Depkes RI, 1999). Pada daerah pantai kebanyakan tempat perindukan nyamuk terjadi pada tambak yang tidak dikelola dengan baik, adanya penebangan hutan bakau secara liar merupakan habitat yang potensial bagi perkembangbiakan nyamuk An. Sundaicus dan banyaknya aliran sungai yang tertutup pasir (laguna) yang merupakan tempat perindukn nyamuk An. Sundaicu. (Pusdatin. Jurnal, 2003)

2. Lingkungan Kimiawi
Lingkungan kimiawi pengaruhnya adalah kadar garam pada suatu tempat perindukan naymuk, seperti diketahui nyamuk An.. sundaicus tumbuh optimal pada air payau yang kadar garamnya berkisar antara 12-18% dan dapat berkembang biak pada kadar garam 40% ke atas, meskipun di beberapa tempat di Sumatera Utara An. sundaicus sudah ditemukan pula dalam air tawar, An. letifer dapat hidup ditempat yang asam/ pH rendah ( Depkes RI,2003). Ketika kemarau datang luas laguna menjadi mengecil dan sebagian menjadi rawa-rawa yang ditumbuhi ilalang, lumut-lumut seperti kapas berwarna hijau bermunculan. Pada saat seperti inilah kadar garam air payau ini meninggi dan menjadi habitat yang subur bagi jentik-jentik nyamuk (Pikiran Rakyat, 2002).

3. Lingkungan Biologi
Tumbuhan bakau, lumut, ganggang dan berbagai jenis tumbuhan lain dapat mempengaruhi kehidupan larva karena dapat menghalangi sinar matahari yang masuk atau melindungi serangan dari makhluk hidup yang lain. Adanya berbagai jenis ikan pemakan larva seperti ikan kepala timah (panchax spp), gambusia, nila, mujair dan lain-lain akan mempengaruhi populasi nyamuk di suatu wilayah. Selain itu juga adanya ternak besar seperti sapi dan kerbau dapat mengurangi jumlah gigitan nyamuk pada manusia, apabila kandang hewan tersebut diletakkan di luar rumah ( Depkes RI.2003).
Beragai spesies ikan lokal (indigenous) Indonesia, seperti wader pari, ikan gendol, dan berbagai spesies ikan nila, cukup prosfektif untuk digunakan dalam program pengendalian vector malaria. Bisa juga dengan menempatkan hewan-hewan ternak, seperti sapi dan kerbau dalam kandang di luar rumah dekat dengan tempat perindukan nyamuk vector dan pada garis arah terbang nyamuk ke pemukiman penduduk, kata Prof. Sugeng (Indomedia, 2004).
 
4. Lingkungan Sosial Budaya
Soaisal budaya (culture) setempat biasanya sangat berpengaruh terhadap terbentuknya perilaku seseorang. Faktor sosio-budaya ini merupakan faktor eksternal untuk membentuk perilaku seseorang (Notoatmodjo, 2005). Dengan demikian lingkungan sosial budaya tentunya juga erat kaitannya dengan kejadian suatu penyakit termasuk malaria. Beberapa faktor yang terkait dengan lingkungan sosial budaya adalah sebagai berikut:
1) Pendidikan dan pengetahuan
Tingkat pendidikan seseorang tidak berpengaruh secara langsung dengan kejadian malaria, namun pendidikan seseorang dapat mempengaruhi jenis pekerjaan dan tingkat pengetahuan orang tersebut. Secara umum seseorang yang berpendidikan tinggi akan mempunyai pekerjaan yang lebih layak dibanding seseorang yang berpendidikan rendah dan akan mempunyai pengetahuan yang cukup terhadap masalah-masalah yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Dengan pengetahuan yang cukup yang didukung oleh pendidikan memadai akan berdampak kepada perilaku seseorang tersebut dalam mengambil berbagai tindakan. Menurut Notoatmodjo (2000), pengetahuan tentang penyakit (termasuk malaria) merupakan salah satu tahap sebelum seseorang mengadopsi (berperilaku baru) ia harus tahu terlebih dahulu apa arti dan manfaatnya perilaku tersebut bagi dirinya atau keluarganya.
Banyak anggota masyarakat di beberapa daerah endemis malaria yang mengangap masalah penyakit malaria sebagai masalah biasa yang tidak perlu dikawatirkan dampaknya. Anggapantersebut membuat mereka lengah dan kurang berkontribusi dalam upaya pencegahan dan pemberantasan malaria. Di Indonesia, mendiagnosis, mengobati, dan merawat sendiri bila sakit malaria merupakan hal yang biasa. Masyarakat telah terbiasa mengkonsumsi obat-obatan yang dapat dibeli di warung-warng tanpa resep dokter (Pusdatin, 2003).
Tingkat pengetahuan penduduk tentang penyakit malaria, diukur dari beberapa pertanyaan, diantaranya mengenal gejala klinis malaria, mengetahui cara penularan, mengenal ciri nyamuk penular, mengetahui tempat perindukan nyamuk, mengetahui cara mencegah penularan, dan mengetahui tempat berobat bila sakit (Depkes RI, 2003).
2) Pekerjaan
Seseorang apabila dikaitkan dengan jenis pekerjaannya, akan mempunyai hubungan dengan kejadian malaria. Ada jenis pekerjaan tertentu yang merupakan faktor risiko untuk terkena malaria misalnya pekerjaan berkebun sampai menginap berminggu-minggu atau pekerjaan menyadap karet di hutan, sebagai nelayan dimana harus menyiapkan perahu dipagi buta untuk mencari ikan di laut dan lain sebagainya. Pekerjaan tersebut akan memberi peluang kontak dengan nyamuk (Achmadi, 2005).
3) Kebiasaan penduduk dan adat-istiadat setempat
Kebiasaan-kebiasaan penduduk maupun adat-istiadat setempat tergantung dengan lingkungan tempat tinggalnya, banyak aktivitas penduduk yang membuat seseorang dapat dengan mudah kontak dengan nyamuk. Kebiasaan masyarakat dalam berpakaian, tidur menggunakan obat anti nyamuk atau menggunakan kelambu, keluar rumah malam hari atau melakukan aktivitas di tempat-tempat yang teduh dan gelap, misalnya kebiasaan buang hajat, sangat berpengaruh terhadap terjadinya penularan penyakit malaria (Depkes Pusdatin, 2003).
Seperti yang dilaporkan oleh Susanna (2005) dalam disertasinya, kebiasaan keluar rumah pada malam hari yang dilakukan oleh masyarakat pesisir pantai Nongsa kota Batam seperti ngobrol di pinggir pantai, nonton televisi di warung-warung sampai larut malam atau berjalan-jalan malam hari dengan tubuh tidak tertutup secara keseluruhan, akan mendukung terjadinya penularan malaria.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh Masra (2002) menyebutkan penduduk yang mempunyai kebiasaan atau melakukan aktivitas di luar rumah malam hari, mempunyai risiko untuk terkena penyakit malaria sebesar 2,56 kali dibanding dengan penduduk yang tidak melakukan aktivitas di luar rumah malam hari. Sedangkan yang dilaporkan Sulistyi (2001) dalam penlitiannya, kebiasaan penduduk ke luar rumah malam hari yang tidak terlindung secara utuh mempunyai risiko sebesar hampir 2 kali (OR:1,927) dibanding dengan penduduk yang tidak mempunyai kebiasaan keluar rumah malam hari terhadap kejadian malaria.
Tindakan pencegahan perorangan yang utama adalah bagaimana seseorang tersebut dapat menghindari diri dari gigitan nyamuk (Kandun, 2000)

 

 Baca Juga: Pengertian Lelang Adalah - Klasifikasi, Fungsi, Jenis-jenis Lelang, Lembaga dan Dasar Hukum Lelang di Indonesia

 

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Malaria Adalah : Penyebab, Gejala Klinis , Penyebaran dan aktor-faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Penyakit Malaria . Jangan Lupa selalu kunjungi referensisiswa.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Malaria

  • malaria pdf
  • cara penularan malaria
  • penyebab penyakit malaria adalah brainly
  • masa inkubasi malaria
  • patofisiologi malaria
  • pencegahan malaria
  • malaria tertiana
  • penyebab penyakit malaria di indonesia adalah

Post a Comment