Pengertian Globalisasi Adalah : Menurut Para Ahli, Proses, Faktor Penyebab, Dampak Positif dan Negatif Globalisasi


Pengertian Globalisasi

 Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Kemajuan infrastruktur transportasi dan telekomunikasi, termasuk kemunculan telegraf dan Internet, merupakan faktor utama dalam globalisasi yang semakin mendorong saling ketergantungan (interdependensi) aktivitas ekonomi dan budaya.

Meski sejumlah pihak menyatakan bahwa globalisasi berawal di era modern, beberapa pakar lainnya melacak sejarah globalisasi sampai sebelum zaman penemuan Eropa dan pelayaran ke Dunia Baru. Ada pula pakar yang mencatat terjadinya globalisasi pada milenium ketiga sebelum Masehi Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, keterhubungan ekonomi dan budaya dunia berlangsung sangat cepat.

Istilah globalisasi makin sering digunakan sejak pertengahan tahun 1980-an dan lebih sering lagi sejak pertengahan 1990-an. Pada tahun 2000, Dana Moneter Internasional (IMF) mengidentifikasi empat aspek dasar globalisasi: perdagangan dan transaksi, pergerakan modal dan investasi, migrasi dan perpindahan manusia, dan pembebasan ilmu pengetahuan. Selain itu, tantangan-tantangan lingkungan seperti perubahan iklim, polusi air dan udara lintas perbatasan, dan pemancingan berlebihan dari lautan juga ada hubungannya dengan globalisasi. Proses globalisasi memengaruhi dan dipengaruhi oleh bisnis dan tata kerja, ekonomi, sumber daya sosial-budaya, dan lingkungan alam.

 

Baca Juga: Pengertian ASI Adalah - Rasa ASI, Warna ASI, Kandungan, Hal-hal Yang Mempengaruhi Produksi ASI dan Manfaat ASI

 

Pengertian Globalisasi menurut para ahli :

  1. John Huckle, globalisasi adalah suatu proses dengan mana kejadian, keputusan, dan kegiatan adalah satu bagian dunia menjadi suatu konsekuensi yang signifikan bagi individu dan masyarakat di daerah jauh.
  2. Achmad Suparman Globalisasi adalah sebuah proses menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dan setiap individu di dunia ini tampa dibatasi oleh wilayah .
  3. Thomas L. Friedman Globalisasi memiliki dimensi idiology dan tekhnologi. Dimensi tekhnologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi tekhnologi adalah tekhnologi informasi yang telah menyatukan dunia.
  4. Malcom Waters Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma didalam kesadaran orang .
  5. Robert Cox, karakteristik globalisasi adalah kecebderungan menyatunya internasionalisasi produksi, pembagian kerja internasional yang baru, perpindahan penduduk dari selatan ke utara lingkungan kompetitif baru yang mempercepat proses itu dan internasionalisasi negara, membuat negara sebagai agen globalisasi baru.
  6. Emanuel Ritcher Globalisasi adalah jaringan kerja global secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar - pencar dan terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia .
  7. Anthony Giddens Globalisasi sebagai ‘intensifikasi hubungan sosial seluruh dunia yang menghubungkan daerah yang jauh dalam sedemikian rupa sehingga kejadian lokal dibentuk oleh peristiwa yang terjadi bermil-mil jauhnya dan sebaliknya’.
  8. Martin Albrown Globalisasi menyangkut seluruh proses dimana penduduk dunia terhubung ke dalam komunitas dunia tunggal, komunitas global .
  9. Princenton N. Lyman Globalisasi adalah pertumbuhan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antara Negara-negara didunia dalam hal perdagangan dan keuangan.
  10. Laurence E. RothenbergGlobalisasi adalah percepatan dan intensifikasiinteraksi dan integrasiantara orang-orang, perusahaan, dan pemerintah dari negarayang berbeda.
  11. ScholteGlobalisasi diartikan sebagai meningkatnya hubungan internasional.Dalam hal ini masing-masing negara tetap mempertahankan identitasnya masing-masing, namun menjadi semakin tergantung satu sama lain.
  12. Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan Globalisasi adalah proses yang meliputi penyebab, kasus, dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural kegiatan manusia dan non-manusia.
  13. Selo Soemardjan Globalisasi adalah suatu proses terbentuknya sistem organisasidan komunikasi antarmasyarakat di seluruh dunia. Tujuan globalisasi adalahuntuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama misalnya terbentuknya PBB, OKI Jadi Globalisasi merupakan kecenderungan masyarakat di kota-kota untuk menyatu dengan dunia, terutama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, pariwisata dan komunikasi.

 

Proses Globalisasi

Proses globalisasi disebabkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Proses globalisasi ditandai dengan cepat dan pesatnya teknologi informasi dan komunikasi.Sepuluh perubahan dalam proses globalisasi menurut John Naisbitt dan Patricia Aburdene, yaitu :

  • perubahan dari masyarakat industri ke masyarakat informasi
  • perubahan dari teknologi yang mengandalkan tenaga (forced technology) ke teknologi canggih (hight technology)
  • perubahan dari ekonomi nasional ke ekonomi dunia
  • perubahan dari jangka pendek ke jangka panjang
  • perubahan dari sentralisasi ke desentralisasi
  • perubahan dari bantuan institusional ke bantuan diri sendiri
  • perubahan dari demokrasi refresentatif atau perwakilan ke demokrasi partisipatif
  • perubahan dari sistem hierarki ke jaringan kerjasama (network)
  • perubahan dari wilayah utara ke wilayah selatan
  • perubahan dari pilihan satu diantara dua menjadi banyak pilihan

 

Faktor Penyebab Globalisasi

Berikut pendorong terjadinya proses globalisasi:

  • Perkembangan teknologi informasi dan transportasi. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan transportasi membuat kegiatan jual beli antar negara menjadi lebih mudah. Kini kita bisa transaksi dengan pembeli/penjual di negara lain tanpa tatap muka lewat e-commerce.
  • Meningkatnya kerja sama internasional. Kerja sama internasional memudahkan terjadinya transaksi antar negara, yang kemudian turut meningkatkan jumlah produk yang masuk dari luar negeri dan juga sebaliknya. Proses globalisasi pun terus terjadi lebih perdagangan internasional ini.
  • Kemudahan Transportasi. Pengiriman barang dan jasa antar negara menjadi lebih mudah sehingga banyak produk asing yang masuk dan menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat. Tidak jarang produk asing ini kemudian diadaptasi oleh masyarakat setempat sehingga terjadi penggabungan kebudayaan.
  • Ekonomi Terbuka. Perdagangan global yang terjadi saat ini dikarenakan negara-negara di dunia semakin terbuka satu sama lain sehingga terjadi pertukaran produk dari satu negara ke negara lain. Produk ini sendiri tidak lepas dari elemen dan budaya negara asalnya, yang kemudian bisa saja mempengaruhi negara lain. Misalnya produk kecantikan asal Korea yang mengandung bahan-bahan yang tidak umum ditemukan di Indonesia, namun karena popularitas produk kecantikan ini membuat anggapan “cantik ala Korea” banyak diadaptasi oleh produk-produk lokal.

 

 Dampak Globalisasi

 Dampak Positif Globalisasi Terjadi di Berbagai Bidang

  • Dampak Positif Globalisasi pada Kendaraan dan Alat Transportasi

Hal yang menjadi dampak positif globalisasi dan bisa kita rasakan setiap hari adalah pada bidang transportasi.Dengan globalisasi yang terjadi pada banyak negara, maka bisa terjadi pertukaran pikiran dan ide dari negara lebih berpengalaman membuat berbagai alat transportasi kepada negara lainnya.Hasilnya, negara lain jadi memiliki pengetahuan untuk membuat alat transportasi yang canggih seperti negara lain.Selain pada kendaraan pribadi, dampak positif globalisasi juga bisa kita rasakan pada alat transpotasi umum yang digunakan.Globalisasi membuat setiap negara bekerja sama untuk membuat barang semakin murah, termasuk transportasi umum.Nah, hasilnya adalah membuat biaya untuk transportasi, termasuk biaya perjalanan seperti tiket menjadi lebih murah.

  • Dampak Positif Globalisasi pada Bidang Perdagangan

Globalisasi juga berdampak pada perdagangan dan tingkat ekonomi pada suatu negara.Contohnya adalah kalau teman-teman pernah lihat benda yang hanya dijual di luar negeri tapi tidak dijual di Indonesia, seperti makanan.Karena globalisasi, maka makanan atau barang lain yang sebelumnya tidak ada di suatu negara, bisa tersedia dari negara asalnya.Hal ini disebabkan karena dua negara itu sudah menjalin kerja sama sebagai bentuk globalisasi, sehingga memudahkan barang lain untuk masuk ke sebuah negara.Sementara hal sebaliknya juga bisa terjadi, nih, teman-teman. Misalnya seperti barang kerajinan yang dibuat oleh pengrajin dari Indonesia, bisa dikirimkan ke luar negeri karena adanya kerja sama yang sudah disepakati.

  • Dampak Positif Globalisasi pada Bidang Kreativitas

Dampak positif dari globalisasi lainnya adalah pada kreativitas warga negara yang mengalami globalisasi.Ketika sebuah negara sudah mengalami globalisasi, maka ada berbagai barang dan orang asing yang masuk untuk bekerja.Nah, agar usaha yang dimiliki oleh warga negara tidak kalah dari warga negara asing yang masuk, maka pemilik usaha harus makin kreatif.Sifat semakin kreatif ini diperlukan agar usaha yang mereka miliki tetap bisa berkembang.Tidak hanya bagi pemilik usaha, setiap orang juga harus semakin kreatif, nih, salah satunya adalah agar mendapatkan pekerjaan.

  • Dampak Positif Globalisasi pada Bidang Pariwisata

Kalau sebuah negara sudah mengalami globalisasi dan menjalin kerja sama dengan negara lain, hal ini akan berdampak pada bidang pariwisata.Salah satu contohnya adalah meningkatnya jumlah turis yang datang ke negara itu.Dampak positif ini juga bisa terlihat saat seseorang ingin masuk ke negara tertentu, maka tidak diperlukan visa atau ijin masuk ke negara itu.Cukup dengan paspor yang dimiliki, maka seseorang bisa masuk ke sebuah negara, misalnya untuk berwisata.

  • Dampak Positif Globalisasi pada Bidang Keberagaman Budaya , Pola Pikir, dan Toleransi

 dengan adanya globalisasi, dampak yang diberikan kepada warga negara itu juga sangat besar.Salah satunya adalah mampu menambah wawasan kita mengenai suku dan budaya yang ada di seluruh dunia.Tidak hanya itu, pola pikir penduduknya juga menjadi lebih modern, karena mengetahui budaya dari negara lain.Toleransi pada kebudayaan, suku, maupun kebiasaan negara lain juga bisa meningkat, nih, karena sudah memahami bagaimana kebudayaan dari negara lain.

 

Dampak Negatif Globalisasi

Globalisasi, khususnya dalam bidang ekonomi membawa dampak yang sangat besar. Globalisasi perekonomian merupakan suatu proses kegiatan ekonomi dan perdagangan ketika negara-negara di seluruh dunia menjadi satu kekuatan pasar yang semakin terintegrasi dengan tanpa rintangan batas teritorial negara.Globalisasi perekonomian mengharuskan penghapusan seluruh batasan dan hambatan terhadap arus modal, barang, dan jasa. Ketika globalisasi ekonomi terjadi, batas-batas suatu negara akan menjadi kabur dan keterkaitan antara ekonomi nasional dengan perekonomian internasional akan semakin erat.Globalisasi perekonomian di satu pihak akan membuka peluang pasar produk dari dalam negeri ke pasar internasional secara kompetitif. Sebaliknya, juga membuka peluang masuknya produk-produk global ke dalam pasar domestik. Hal tersebut tentu saja selain menjadi keuntungan, juga menjadi ancaman bagi kedaulatan ekonomi suatu negara.

Adapun pengaruh negatif globalisasi ekonomi yang dapat menjadi ancaman kedaulatan Indonesia, khususnya dalam bidang ekonomi di antaranya sebagai berikut:

  • Indonesia akan dibanjiri oleh barang-barang dari luar negeri 

Dengan adanya perdagangan bebas yang tidak mengenal adanya batas-batas negara, akan mengakibatkan semakin terdesaknya barang-barang lokal terutama yang tradisional, karena kalah bersaing dengan barangbarang dari luar negeri.

  • Penguasaan Modal oleh Asing 

Cepat atau lambat perekonomian negara kita akan dikuasai oleh pihak asing, seiring dengan semakin mudahnya orang asing menanamkan modalnya di Indonesia.

  • Kesenjangan Sosial 

Persaingan bebas tersebut akan menimbulkan adanya pelaku ekonomi yang kalah dan yang menang. Pihak yang menang akan dengan leluasa memonopoli pasar, sedangkan yang kalah akan menjadi penonton yang senantiasa tertindas.

  • Berkurangnya Subsidi untuk Rakyat

Sektor-sektor ekonomi rakyat yang diberikan subsidi semakin berkurang, koperasi semakin sulit berkembang, dan penyerapan tenaga kerja dengan pola padat karya semakin ditinggalkan sehingga angka pengangguran dan kemiskinan sulit dikendalikan.

  • Memperburuk prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang

Apabila hal-hal yang dinyatakan di atas berlaku dalam suatu negara maka dalam jangka pendek pertumbuhan ekonominya menjadi tidak stabil. Dalam jangka panjang pertumbuhan yang seperti ini akan mengurangi lajunya pertumbuhan ekonomi.Pendapatan nasional dan kesempatan kerja akan semakin lambat pertumbuhannya dan masalah pengangguran tidak dapat diatasi atau malah semakin memburuk. Pada akhirnya, apabila globalisasi menimbulkan efek buruk kepada prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang suatu negara, distribusi pendapatan menjadi semakin tidak adil dan masalah sosial ekonomi masyarakat semakin bertambah buruk.

 

Dampak Negatif Globalisasi Bidang Sosial Budaya

Semakin mudahnya nilai-nilai barat masuk ke Indonesia baik melalui Internet, media televisi, maupun media cetak yang banyak ditiru oleh masyarakat menjadi satu dari dampak positif dan negatif globalisasi.Semakin memudarnya apresiasi terhadap nilai-nilai budaya lokal yang melahirkan gaya hidup individualisme.Contoh sederhana dengan teknologi internet, antene parabola dan TV, orang di belahan bumi manapun akan dapat mengakses berita dari belahan dunia yang lain secara cepat.Hal ini akan terjadi interaksi antarmasyarakat dunia secara luas, yang akhirnya akan saling mempengaruhi satu sama lain, terutama pada kebudayaan daerah,seperti kebudayaan gotong royong,menjenguk tetangga sakit dan lain-lain. Globalisasi juga berpengaruh terhadap pemuda dalam kehidupan sehari-hari, seperti budaya berpakaian, gaya rambut dan sebagainya.


 

 Baca Juga: Pengertian Beserta Contoh Kutipan langsung dan Tidak Langsung

 

Demikian Penjelasan Tentang   Pengertian Globalisasi Adalah : Menurut Para Ahli, Proses, Faktor Penyebab, Dampak Positif dan Negatif Globalisasi. Jangan Lupa selalu kunjungi referensisiswa.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Globalisasi

  • pengertian globalisasi menurut para ahli
  • pengertian globalisasi secara umum
  • pengertian globalisasi brainly
  • apa yang dimaksud globalisasi
  • pengertian globalisasi dan dampaknya
  • pengertian globalisasi dan contohnya
  • ciri-ciri globalisasi
  • dampak globalisasi