Pengertian Artikel Adalah: Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri, Sistematika Penulisan, Karakteristik, Jenis, Tujuan dan Manfaat Artikel

Table of Contents


Pengertian Artikel 

Artikel adalah jenis tulisan yang biasanya diterbitkan di media cetak atau daring, seperti surat kabar, majalah, jurnal, atau situs web. Artikel ini bertujuan untuk menyampaikan informasi, pendapat, atau analisis tentang topik tertentu kepada pembaca. Artikel sering kali ditulis oleh jurnalis, peneliti, ahli, atau individu lain yang memiliki pengetahuan dan keahlian dalam bidang yang mereka bahas.

Secara umum, artikel memiliki struktur yang terdiri dari judul, pendahuluan, badan tulisan yang terdiri dari beberapa paragraf yang menguraikan informasi atau argumen, dan kadang-kadang diakhiri dengan kesimpulan atau ringkasan. Ada berbagai jenis artikel, termasuk artikel berita yang menyajikan informasi terbaru tentang peristiwa atau isu terkini, artikel feature yang mendalam dan menghibur, artikel opini yang menyajikan pandangan atau opini pribadi tentang suatu masalah, serta artikel ilmiah yang berbasis penelitian dan analisis data.

Artikel juga bisa berupa tulisan singkat atau panjang, tergantung pada kompleksitas topik yang dibahas dan media di mana artikel tersebut diterbitkan. Tujuan utama dari artikel adalah untuk menyampaikan informasi yang relevan, memberikan wawasan baru, atau memicu diskusi tentang suatu topik tertentu di antara pembaca.

 

Baca Juga: Bronkus Adalah - Struktur, Bagian, Beserta Fungsinya Secara Lengkap

 

Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa itu artikel, maka kita bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Rillan E. Wolseley

Menurut Rillan E. Wolseley, pengertian artikel adalah karangan tertulis yang panjangnya tidak dapat ditentukan, dimana tujuannya untuk menyampaikan gagasan maupun fakta dengan maksud meyakinkan, mendidik, ataupun menghibur.

2. Sumandiria

Menurut Sumandiria, pengertian artikel adalah suatu karya tulis lepas yang isinya berupa opini tentang masalah yang sifatnya aktual dan biasanya bersifat kontroversial dengan tujuan menghibur, memberitahu, mempengaruhi, dan meyakinkan para pembacanya.

3. Al – ‘Aqli

Menurut Al – ‘Aqli, artikel adalah karya tulis yang dibuat oleh setiap disiplin ilmu serta masing-masing pembahasan tersebut dikaji dan juga diselesaikan dengan tuntas, jelas, serta lugas sehingga pembaca dapat mengambil inti sarinya.

4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, arti artikel adalah suatu karya tulis yang dibuat secara lengkap, seperti esai pada majalah atau laporan surat kabar, dan lain sebagainya.

5. Cambridge Dictionary

Menurut Cambridge Dictionary, pengertian artikel adalah sebuah tulisan yang membahas subjek tertentu dan dipublish di berbagai media, seperti; koran, majalah, atau di internet.

 

Ciri-Ciri Artikel

Mengacu pada penjelasan arti artikel di atas, maka sebuah artikel dapat dikenali karakteristiknya. Adapun ciri-ciri artikel adalah sebagai berikut:

  1. Pada umumnya artikel dibuat secara ringkas, padat, jelas, dan tuntas.
  2. Isi yang disampaikan dalam sebuah artikel didasari oleh fakta, bukan fiksi atau mitos yang kebenarannya masih diragukan.
  3. Artikel bersifat informatif dan faktual, mengungkapkan informasi berdasarkan suatu penelitian dan dapat dipertanggungjawabkan.
  4. Sebuah artikel dapat mengandung opini dan analisis, namun harus berdasarkan teori dan data yang valid.
  5. Penulisan artikel menggunakan bahasa baku atau resmi, serta kalimat yang lugas, logis, denotatif, dan efektif.
  6. Metode penulisan artikel dibuat secara sistematis sehingga pembaca dapat mengerti isinya dengan mudah.

 

 

Isi Dalam Artikel

Isi artikel dapat bermacam - macam, beberapa contoh yang sering kita baca:

  1. Sejarah
  2. Petualangan
  3. Argumentasi
  4. Hasil penelitian
  5. Bimbingan untuk melakukan/ mengajarkan sesuatu
 

Penulis artikel

Penulis Artikel adalah orang atau individu yang bertindak dalam pengarangan sebuah tulisan, penggabungan beberapa kata menjadi kalimat yang menarik dan enak dibaca sehingga membuat pembaca dapat mengetahui apa yang tidak mereka ketahui sebelumnya. Sebuah artikel berasal dari pengalaman seseorang, imajinasi, pengetahuan umum atau penelitian ilmiah.

Penulis artikel bermacam-macam kriterianya, sebagai berikut:

  • Penulis Artikel Buku
  • Penulis Artikel Berita
  • Penulis Artikel Marketing
  • Penulis Artikel Online
  • Penulis Artikel Narasi
  • Penulis Artikel Naskah

 

Sistematika Penulisan Artikel

  • Sistematika penulisan artikel hasil penelitian

  1. Judul, disusun maksimal 14 kata dalam tulisan bahasa Indonesia 10 kata dalam tulisan bahasa Inggris.
  2. Nama penulis, ditulis tanpa gelar akademik atau gelar kebangsawanan. Lembaga tempat penulis bekerja ditulis dalam catatan kaki disertai alamat yang bisa dihubungi, baik e-mail, alamat kantor, ataupun rumah.
  3. Abstrak, disusun dalam satu paragraf berisi latar belakang penelitian, tujuan, metode, dan hasil penelitian. Abstrak maksimal 100 kata.
  4. Kata kunci, berupa kata-kata penting (kata kunci dalam tulisan).
  5. Pendahuluan, berisi uraian tentang latar belakang, tujuan, manfaat, dan metode penelitian. Pendahuluan ditulis tanpa subjudul, disusun maksimal 10% dari keseluruhan tulisan.
  6. Tinjauan pustaka, hanya berisi teori yang relevan dengan penelitian. Maksimal 15% dari keseluruhan tulisan.
  7. Hasil penelitian, berisi uraian tentang hasil penelitian, disusun maksimal 20% dari keseluruhan tulisan.
  8. Pembahasan, berisi uraian tentang hasil penelitian dan implikasi yang dihasilkan dari penelitian. Pembahasan ini merupakan inti dari artikel jurnal, disusun maksimal 50% dari keseluruhan tulisan.
  9. Kesimpulan dan saran, disusun maksimal 5% dari keseluruhan tulisan.
  10. Pustaka rujukan, menggunakan sumber buku dan jurnal maksimal 10 tahun terakhir.
  • Sistematika penulisan artikel hasil pemikiran (nonpenelitian)

  1. Judul, disusun maksimal 14 kata dalam tulisan bahasa Indonesia 10 kata dalam tulisan berbahasa Inggris.
  2. Nama penulis, ditulis tanpa gelar akademik atau gelar kebangsawanan. Lembaga tempat penulis bekerja ditulis dalam catatan kaki disertai alamat yang bisa dihubungi, baik e-mail, alamat kantor, ataupun rumah.
  3. Abstrak, disusun dalam satu paragraf maksimal 100 kata.
  4. Kata kunci, berupa kata-kata penting (kata kunci) dalam tulisan
  5. Pendahuluan, berisi tentang uraian latar belakang, masalah tujuan, dan manfaat, ditulis tanpa subjudul, disusun maksimal 20% dari keseluruhan tulisan.
  6. Pembahasan, terdiri atas beberapa subjudul berisi uraian tentang masalah yang dibahas. Pembahasan ini merupakan inti dari artikel jurnal, disusun maksimal 70% dari keseluruhan tulisan.
  7. Penutup (kesimpulan dan saran), disusun maksimal 10% dari keseluruhan tulisan.Pustaka rujukan, menggunakan sumber buku dan jurnal maksimal 10 tahun terakhir.

 

Karakteristik Artikel dan Jenis Artikel

Sebagaimana dijelaskan di muka bahwa artikel adalah karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau buku kumpulan artikel yg ditulis dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati.
Artikel ilmiah dibedakan menjadi artikel penelitian dan artikel non penelitian. Kedua karakteristik artikel ilmiah tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.
  • Atikel Penelitian. Artikel adalah karya tulis ilmiah yg dirancang untuk dimuat dlm jurnal atau buku kumpulan artikel yg ditulis dg tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati atau ditetapkan. Berdasarkan pengetian ini ada beberapa ciri artikel ilmiah adalah: (1) anya berisi hal-hal penting saja, mencakup temuan penelitian, pembahasan hasil/temuan penelitian, dan kesimpulan; (2) sistematika penulisan terdiri atas bagian dan sub bagian, misalnya: kajian pustaka merupakan kajian awal dari artikel (tanpa judul subbag KajianPustaka.). Prosedur penulisan artikel dapat menempuh ada 3 cara, yaitu: (1). ditulis sebelum laporan teknis dengan tujuan untuk memperoleh masukan; (2) setelah laporan teknis, dan (3) artikel jurnal merupakan satu-satunya tulisan yang disusun yang biasanya untuk penelitian swadana, di mana sistem penulisan artikel tanpa menggunakan sistem angka maupun abjad. Sebagai karya tulis ilmiah, artikel ditulis dengan mengikuti sistematika sebagai berikut: Judul Nama Penulis, Sponsor, Abstrak dan kata kunci, Pendahuluan, Metode, Hasil, Pembahasan, Kesimpulan dan Saran., Daftar Rujukan/Dftar Pustaka
  • Artikel Non Penelitian. Artikel non penelitian mengacu kepada semua jenis artikel ilmiah yang bukan merupakan laporan hasil penelitian. Ketentuan penulisan artikel non-penelitian sama dengan ketentuan menulis makalah pendek (panjangnya tidak lebih dari 20 halaman), kecuali dalam makalah pendek abstrak dan kata kunci tidak harus ada. Sistematika penulisan artikel non-penelitian tidak menggunakan penomoran angka dan abjad. Artikel non penelitian berisi hal-hal yang sangat esensial saja dengan jumlah halaman antara 10-20 halaman. Unsur-unsur pokok yang harus ada dalam artikel non penelitian yaitu: (1) Judul, (2) Nama Penulis, (3) Abstrak dan Kata kunci, (4) Pendahuluan, (5) Bagian inti, (6) Penutup, (7) Daftar Rujukan.
Jenis Artikel berdasarkan dari siapa yang menulis (Tartono 2005: 85-86). Berdasarkan penulisnya, ada artikel redaksi dan artikel umum.
  • Artikel redaksi ialah tulisan yang di garap oleh redaksi dibawah tema tertentu yang menjadi isi penerbit.
  • Sedangkan artikel umum merupakan tulisan yang ditulis oleh umum.
Jenis Artikel berdasarkan dari fungsinya atau kepentingannya, ada artikel khusus dan artikel sponsor.
  • Artikel khusus adalah nama lain dari artikel redaksi.
  • Sedangka artikel sponsor ialah artikel yang membahas atau memperkenalkan sesuatu.
Makalah adalah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif. Makalah tersebut ditulis untuk disajikan dalam forum ilmiah atau tugas-tugas terstruktur.
Sementara Laporan Penelitian merupakan karyatulis ilmiah yang berisi paparan tentang proses dan hasil-hasil yang diperoleh dari suatu kegiatan penelitian.

Model Penulisan Artikel
  • Model penulisan popular. Ini adalah model yang paling mudah. Tulisan populer biasanya tulisan ringan yang tidak rumit dan bersifat hiburan. Selain itu, bahasa yang digunakan juga cenderung bebas (perhatikan, misalnya bahasa yang digunakan di majalah).
  • Model penulisan Ilmiah. Model yang paling sulit. Dari aspek bahasa, tentu saja tulisan ilmiah mensayaratkan bahasa yang baku,
  • Model penulisan yang berada di tengah-tengahnya yaitu model populer ilmiah. Model tersebut di kenal dengan penulisan ilmiah populer dan merupakan perpaduan penulisan populer dan ilmiah. Sebaliknya, artikel ilmiah populer di tujukan kepada para pembaca umum, dan kita perlu membedakan antara kosakata ilmiah dan populer. Kata-kata populer merupakan kata-kata yang akan di pakai dalam komunikasi sahari-hari, sedangkan kata-kata yang biasa di pakai oleh kaum pelajar terutama dalam penulisan ilmiah, pertemuan-peretmuan resm, diskusi-diskusi khusus disebut kata-kata ilmiah (Kepaf 2004 : 105-106).
klasifikasi artikel adalah :
  • Artkel Ilmiah : Artikel yang dibuat dirancang untuk dimuat dlm jurnal atau buku kumpulan artikel yg ditulis dg tata cara ilmiah biasanya ada dilingkungan pendidikan.
  • Artikel Populer : Bentuk-bentuk artikel lain yang kini sedang populer. Misalnya artikel-artikel kiat. Cukup banyak memburu artikel semacam ini. Banyak ragamnya, misalnya kiat kesuksesan, tips belajar yang baik, resep makanan, atau malah bisa saja kita membuat artikel cara hebat mensukseskan hubungan seksual misalnya. Ada satu lagi arikel, yang disebut sebagai resensi buku. Ini juga tergolong sebagai artikel. Hanya saja dalam resensi buku kupasan dibatasi oleh isi buku itu sendiri. Artinya, sama-sama menganalisa, tetapi seorang penulis resensi sudah dipatok untuk menganalisa sebuah buku. Menganalisa atau meresensi sebuah buku, menurut sastrawan Budi Dharma, bukan saja membuat abstraksi atau meringkas isi buku.Lebih dari itu, meresensi buku adalah merefleksikan isi buku dengan kondisi kekinian. Atau, sebisa mungkin kita berusaha mengaktualkan isi buku menjadi bagian yang penting dalam hidup kita. Contoh Resensi buku Maxhavelaar oleh Maria wartawati kompas.
  • Arikel Politik : Soal DPR, strategi militer, masa depan politik. Lahirnya sebuah gerakan,
  • Artikel sosial : Persoalan BLT, penanganan gempa, pengemis dan gelandangan.
  • Artikel ekonomi : perhitungan kebijakan kenaikan BBM, tanggapan terhjadap perhitungan RAPBN dan sebagainya.
  • Artikel budaya : di samping pentas kesenian persoalan humaniora, sejarah

 

Tujuan Artikel

Suatu artikel ditulis atau dikarang bukan tanpa tujuan sama sekali. Meskipun seseorang hobi menulis dan hobi membuat artikel, namun bukan berarti penulisan artikel tersebut dilakukan tanpa adanya tujuan sama sekali.Telah dikatakan sebelumnya bahwa terdapat berbagai macam dan jenis artikel, maka dari itu, tujuan dari artikel akan disesuaikan dengan jenis dan macam artikel yang sedang dibuat. Misalnya dalam artikel ilmiah, penulisan artikel ilmiah tidak hanya ditujukan guna pemenuhan tugas saja.Namun lebih pada apa yang ingin dicapai melalui penulisan artikel ilmiah yang bersangutan dengan cara mendeskripsikan dan menguraikan serta membahas suatu pokok masalah yang telah ditetapkan sebelumnya melalui serangkaian penelitian dan pembatasan ruang lingkup.

 

Manfaat Artikel

Manfaat dalam menulis artikel adalah :

  1. Dijadikan sebagai sarana untuk menyampaikan ide penulis agar dapat berkembang daya imajinasi dan kreatifitasnya.
  2. Dijadikan sebagai sarana berpikir yang sistematis agar dapat menghasilkan artikel berbahasa baku dan sesuai dengan EYD.
  3. Digunakan untuk memehami tujuan dari menulis yang berguna untuk menguasai kompetensi menulis dalam tingkatan tertentu.
  4. Digunakan sebagai sarana publikasi.
  5. Dapat memberikan suatu dampak yang sifatnya akademis bagi para pembaca sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan.

 

 

 Baca Juga: Uterus atau Rahim Adalah - Fungsi, Anatomi, Bagian, Lapisan, Letak dan Ukuran Uterus Beserta Jenis-jenis Penyakit Rahim

 

Demikian Penjelasan Tentang  Pengertian Artikel Adalah: Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri, Sistematika Penulisan, Karakteristik, Jenis, Tujuan dan Manfaat Artikel. Jangan Lupa selalu kunjungi referensisiswa.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Artikel

  • pengertian artikel dan contohnya
  • contoh artikel
  • struktur artikel
  • ciri-ciri artikel
  • jenis-jenis artikel
  • pengertian artikel populer dan contohnya
  • fungsi artikel
  • artikel ilmiah

Post a Comment