Planet Merkurius - Karakteristik, Ciri-Ciri, dan Penjelasannya Secara Lengkap




Karakteristik Planet Merkurius

Permukaan Planet Merkurius hampir mirip dengan Bulan. Permukaannya memiliki banyak kawah sama halnya bulan (satelit alami bumi). Planet Merkurius tidak memiliki penghuni karena kondisi permukaannya yang tandus dan tidak memiliki atmosfer. Satu lagi informasi mengenai Merkurius adalah planet ini tidak memiliki satelit alami, tidak seperti planet bumi.
Planet Merkurius memiliki inti besi yang menciptakan sebuah medan magnet dengan kekuatan 0,1 % dari kekuatan medan magnet planet bumi. Dari tadi saya bilang suhu permukaan Merkurius panas sebenarnya berapa sih angka nya ? Menurut informasi yang saya dapat dari Wikipedia suhu permukaan Planet Merkurius berkisar antara 90 sampai 700 kelvin, atau 800 derajat Fahrenheit dan 430 derajat dalam Celsius Lebih panas dari air mendidih kan. Sedangkan pada malam hari suhu berubah menjadi -180 derajat Celcius.
Menurut sejarah, Merkurius paling awal disebut dari zaman orang Sumeria pada milenium ke 3 sebelum Masehi. Bangsa Romawi menamakan planet ini dengan nama salah satu dewa kepercayaan mereka, Merkurius disebut juga sebagai Hermes pada mitologi Yunani dan dikenal Nabu pada mitologi Babilonia.


Ciri-Ciri Planet Merkurius

Ciri-Ciri Planet Merkurius

Cincin Planet

Tidak memiliki, karena planet ini terdapat di bagian planet dalam, yang memiliki cincin adalah planet bagian luar seperti (jupiter, saturnus, uranus, neptunus)


Struktur Dari Planet Merkurius

  • Permukaan merkurius
Permukaan merkuri sekitar 7,48 x 107 km2. Di permukaannya ada banyak kawah yang mungkin telah dibentuk oleh dampak asteroid dan benda langit lainnya di planet ini. Kawah terbesar yang pernah dilihat disebut Prokofiev dan memiliki diameter sekitar 112 km. Kawah Prokofiev terletak di kutub utara Merkurius.
Kawah ini di permukaan merkuri memiliki sifat yang berbeda. Ada kawah yang terlihat lebih gelap karena jarang terkena sinar matahari langsung. Di Kawah Merkurius, ada juga daerah pegunungan yang panjangnya bisa mencapai ratusan kilometer. Gunung-gunung ini kemungkinan besar terbentuk ketika planet ini didinginkan di masa lalu.
  • Komposisi Merkurius
Hasil perhitungan massa merkuri memberikan nilai 3,3022 x 1023 kg. Kepadatan merkuri rata-rata adalah 5,430 g / cm3. Merkurius memiliki inti besi dan nikel, yang menyumbang dua pertiga dari total massa planet. Beberapa senyawa lain yang membentuk merkuri termasuk silikat, magnesium, aluminium dan kalsium.
  • Gravitasi Merkurius
Karena massa merkuri lebih kecil dari massa bumi, gravitasi permukaan merkuri lebih rendah daripada gravitasi bumi. Diperkirakan gravitasi dalam merkuri hanya sekitar 38% dari gravitasi Bumi. Jadi jika Anda menimbang 100 km di bumi, Anda memiliki berat 38 kg dalam air raksa. Nilai gravitasi dalam merkuri adalah 3,7 m / s2.
  • Struktur inti Merkurius
Hasil perhitungan kerapatan merkuri memberi angka 5,43 g / cm3. Kepadatan ini digunakan untuk memperkirakan struktur merkuri. Kepadatan bumi yang tinggi disebabkan oleh tekanan gravitasi. Namun, gaya gravitasi merkuri jauh lebih rendah, menunjukkan bahwa inti Merukius besar dan kaya akan zat besi.
Para ilmuwan memperkirakan bahwa intinya adalah 42 persen dari volume. Ada mantel tebal 600 km yang mengelilingi inti merkuri. Kerak air raksa hanya setebal 100-200 km. Merkuri adalah planet yang memiliki lebih banyak zat besi dibandingkan planet lain di tata surya.
  • Medan Magnet Merkurius
Medan magnet merkuri mirip dengan Bumi, tetapi lebih lemah. Medan magnet ini dihasilkan oleh pergerakan inti besi planet ini. Menentukan kekuatan medan magnet Merkurius. Para ilmuwan pernah mengorbankan alat penelitian yang disebut Messenger dan menabrak merkuri.
Kendaraan ini diluncurkan pada tahun 2004 dan telah memantau merkuri selama 4 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa medan magnet merkuri telah ada selama 4 miliar tahun. Kekuatan medan magnet ini hanya sedikit lebih lemah dari medan magnet Bumi.
  • Suasana Merkurius
Karena itu adalah planet yang sangat dekat dengan Matahari, atmosfer Merkurius sangat tipis, bahkan beberapa ilmuwan mengatakan bahwa Merkurius tidak memiliki atmosfer. Ini karena kombinasi panas dan aktivitas matahari dapat memengaruhi ketebalan atmosfer.
Isi di atmosfer ini termasuk oksigen, natrium, helium, dan kalium. Merkuri sangat sering terkena komponen seperti asteroid karena atmosfernya yang tipis dan gaya gravitasi yang lemah. Dalam tabrakan ini, banyak kawah terbentuk di permukaan merkuri.
  • Suhu, Cuaca, dan Iklim Merkurius
Suhu di planet Merkurius mencapai 430 derajat Celcius pada siang hari, pada -180 derajat Celcius pada malam hari. Anehnya, Anda masih bisa melihat keberadaan air di planet ini sementara air akan menguap ketika suhunya mencapai 100 derajat Celcius.
Atmosfer yang sangat tipis tidak memungkinkan Merkurius memiliki cuaca dan iklim, sehingga tidak akan ada badai, tsunami, dan fenomena lain yang terkait dengan cuaca dan iklim.



Kelebihan planet merkurius

  • Planet merkurius mengorbit matahari pada jalur orbitnya sendiri dengan jarak terjauh (aphelion) sejauh 69.816.900 km atau setara dengan 0,466697 dalam satuan astronomi. Sedangkan jarak terdekatnya (perihelion) sejauh 46.001.200 km atau setara dengan 0,387098 dalam satuan astronomi.
  • Planet merkurius juga memiliki sumbu semi mayor pada jarak 57.909.100 km atau setara dengan 0,387098 dalam satuan astronomi. Tingkat kepadatan planet atau eksentrisitas sebesar 0,205630 per meter kubiknya. Periode orbit planet merkurius sebesar 87.9691 hari atau setara dengan 0,240846 tahun. Planet merkuirus juga memiliki priode sinodis 115,88 d dan memiliki kecepatan rata-rata orbit sebesar 47,87 km per detiknya. Tingkat anomaly rata-rata planet merkurius adalah 174,796 derajat.
  • Inklinasi pada planet merkurius pada kisaran 7,005 derajat ke ekliptika, 3,38 derajat ke ekuator matahari dan 6,34 ke bidang invariabelnya. Planet merkurius memiliki bujur node menaik pada 48,331 derajat dengan argument perihelionnnya pada letak 29,124 derajat. Planet merkurius ini tidak memiliki satelit yang mengelilinginya. Planet merkurius merupakan yang terkecil di tata surya jika dibandingkan dengan planet lainnya dengan jari-jari rata-ratanya sebesar 2.439,7 ± 1,0 km atau setara dengan 0,3829 x dari besarnya bumi.
  • Kecepatan planet merkurius ini pada kurang dari 0,00006 dan luas permukaan planet mars seluas 7,48 x 10 pangkat tujuh km persegi atau setara dengan 0,108 dari luasnya permukaan bumi.
  • Volume planet merkurius berkisar pada 6.083 x 10 pangkat 2 km persegi atau sama dengan 0.108 x volume planet bumi serta massanya 3.3022 x 10 pangkat 23 kg atau sama dengan 0.055 dari bumi. Sedangkan massa jenis rata-ratanya 5.427 gram tiap centimeternya.
  • Gravitasi permukaan di khalutistiwa yang dimiliki oleh planet merkurius adalah 3,7 meter per detik dengan kecepatan lepasnya sebesar 4.25 km per detik. Planet merkurius memiliki jumlah hari sideris sebanyak 58,646 hari atau sama dengan 1407,5 jam. Kecepatan berputar atau rotasi yang dimiliki oleh planet merkurius sebesar 10.892 km per jam.
  • Suhu permukaan di planet merkurius minimal 100 k, maksimal 700 k dan suhu rata-ratanya 340 k. komposisi pembentuk planet merkurius terdiri dari 42% oksigen molekuler, 29% natrium, 22% hydrogen, 6% helium, 0,5% kalium dan lainnya terdiri dari senyawa-senyawa kecil seperti argon, nitrogen, uap, air, xenon, karbondioksida, neon dan krypton. Planet merkurius ini hampir sama dengan bulan karena memiliki banyak kawah di permukaannya. Hal ini disebabkan karena planet merkurius tidak memiliki lapisan atmosfer seperti bumi yang bisa melindungi tabrakan dengan benda lainnya. sehingga sering terjadi benturan antara planet merkurius dengan benda langit seperti meteor.




Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Merkurius
  • pengertian planet venus
  • diameter merkurius
  • satelit merkurius
  • jarak merkurius ke matahari
  • suhu planet merkurius
  • nama planet diameter dalam ribu kilometer
  • ciri-ciri planet merkurius
  • jumlah satelit merkurius